INTERPERSONAL RELATIONSHIP

Kelompok 6

‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡

Hendra sukmana Hasan Chabibie Galih Noor M.Rosit Lury Alex Novallina Prani Pramudita Epsttian Andi Siagian

µThe easiest kind of relationship is with ten thousand people, the hardest is with the one¶ (Joan Baez)

Kelompok 6 .

Hubungan antar personal antara dua orang yang saling tergantung yang saling produktif dan ditandai dengan kebersamaan secara positif ‡ Persahabatan haruslah produktif dan tidak merusak satu dengan lainya ‡ Persahabatan ditandai dengan memperoleh manfaat satu dengan yang lainnya Kelompok 6 .Persahabatan ‡ Persahabtan -.

3 karakterisrik persahabatan  Kepercayaan  Dukungan emosional  Berbagi kepentingan .

Tipe Persahabatan ‡ Persahabatan timbal balik tipe yang ideal dan ditan dai dengan kesetiaan. pengorbanan diri. dokter dan pasien ‡ Persahabatan Asosiasi lebih bersifat sementara. menggambarkan kondis yang ramah daripada persahabatan sejati. biasanya pola ini terjadi pada guru dan murid. atau rekan kerja Kelompok 6 . mengasihi dan kemurahan hati serta berprinsip pada kesetaraan ‡ Persahabatan penerimaan terdapat ketidak seimbangan dalam memberi dan menerima. biasanya terjadi pada teman sekelas.

Nilai apa yang dicari dalam persahabatan ? ‡ Utility ± berdasarkan bakat khusus dan kompetensi ‡ Affirmasi ± menegaskan nilai pribadi dan membantu mengenali pribadi anda ‡ Ego support ± memiliki sikap supportif. mengembangkan cara pandang. ‡ Security . mendorong dan membantu ‡ Stimulasi ± mengenalkan dengan ide-ide baru.seseorang yang dapat memeberikan efek negarif tentang kita .

dan mulai berani mengekspresikan diri secara terbuka ‡ Persahabatan yang dekat dan intim relatih sudah saling mengetahui satu dengan yang lain dengan tingkat akurasi yang cukup Kelompok 6 .Tahapan Komunikasi dalam Persahabatan ‡ Awal kontak dan perkenalan ‡ Persahabatan yang kasual ada kesadaran bersama tentang suatu kebersamaan.

‡ Seiring perkembangan waktu juga menjadi lebih berbeda antara pria dan wanita dalam menyikapi persahabatan Kelompok 6 .Persahabatan. Budaya & Gender ‡ Persahabatan akan sangat dipengaruhi oleh budaya dan jenis kelamin ‡ Umumnya persahabatan akan dekat dengan mengumpulkan kebudayaan dari hal-hal yang individual.

dan komitmen  Cinta dapat hancur maupun berkembang seiring dengan intensitas komunikasi Kelompok 6 .A  Dari semua kualitas hubungan antarpersonal.I.C. juga dengan keintiman.T.N. gairah. tidak ada yang lebih penting dari cinta atau kasih sayang  Cinta adalah perasaan yang dapat dikarakteristikan dengan kedekatan dan perhatian.

A  Eros: Beauty and sexuality.T. dan memberikan pengorbanan diri Kelompok 6 . Tipe pecinta mania dapat dikarakteristikan dengan naik turun yang ekstrim  Agape: Compassionate and selfless.I. tidak egois. Tipe pecinta pragma sesuai namanya bersikap praktis dalam suatu hubungan.  Storge: Peaceful and slow. Agape dijelaskan sebagai penuh kasih sayang. Tipe pecinta eros lebih berfokus pada ketertarikan secara fisik. Tipe pecinta storge (familial love) tidak menekankan hubungan pada gairah dan intensitas.6 tipe C. Tipe pecinta ludus memandang cinta sebagai sebuah permainan.N.\  Mania: Elation and Depression.  Ludus: Entertainment and excitement.  Pragma: Practical and traditional.

dewasa. menyayangi. tidak jujur. pengorbanan diri. terobsesi. berencana. perhatian. menyayangi = agape  Orientasi keluarga. egois. pengertian = storge  Cemburuan. kerja keras. hati-hati. setia. posesif. emosional. tergantung = mania  Seksual. memberi. menyayangi. perhatian. berahasia. optimis = eros  Komit.Beberapa kepribadian yang terkait dengan tipe cinta  Kurang perhatian. semangat. kuatir = pragma . gembira. bahaya = ludus  Jujur.

N.A & Komunikasi  Bagaimana anda berkomunikasi saat jatuh cinta?  Berisi pesan-pesan yg hanya dapat dimengerti secara tepat oleh orang-orang yang terlibat dalam hubungan tersebut dan kadang-kadang (Knapp.C. williams.T.I. ellis. 1980)  Dapat pula diungkapkan secara non verbal lewat gesture tubuh .

I.C.T.N. amerika.A Budaya dan Gender  Percintaan sangat dipengaruhi kuat oleh Budaya dan gender  Sangat berbeda katakter budaya baik di asia. eropa maupun mexico dalam mengungkapkan perasaan cinta .

dan pasangan hidup) Kelompok 6 . yang lebih mementingkan ikatan daripada perasaan (Patterson 2000. pasangan-kekasih.Keluarga  Hubungan berkomitmen adalah tujuan dari kebanyakan orang. 2004 . fitzpatrick & caughlin 2002)  Primary relationship : Hubungan antara kedua belah pihak antara suami-istri.

Karakteristik dalam Keluarga  Pembagian peran  Tanggung jawab  Sejarah dan masa depan bersama  Berbagi ruang hidup  Peraturan yang ditetapkan Kelompok 6 .

Tipe Keluarga  Tipe hubungan tradisional  Berbagi sistem kepercayaan  Dua pribadi yang melebur  Kebebasan individual harus dikorbankan demia kebaikan bersama  Memainkan peranan gender  Saling responsif. saling membutuhkan dan saling berbagi .

Tipe Keluarga  Tipe Hubungan Mandiri     Menekankan kebebasan individual Tidak membuat jadwal rutin untuk bersama Mengkombinasikan peranan gender Hubungannya bersifat terbuka dan responsif .

tetapi pada hal-hal yang ritual Masing-masing membutuhkan kesendirian Mengetahui peranan gender masing-masing Melihat komponen keluarga sebagai µsaya¶ nukan µkita¶ .Tipe Keluarga  Tipe Hubungan terpisah     Mempunyai hasrat bersama.

Komunikasi keluarga  Setiap keluarga pastilah memiliki aturan komunikasi yang berbeda-beda. baik yang bersifat eksplisit maupun implisit  Seharusnya aturan keluarga dapat lebih fleksibel agar berbagai situasi bisa terakomodir (Noller & fitzpatrick 1993) Kelompok 6 .

keputusan. ada pihak yang mengarahkan dan diarahkan) .4 Pola komunikasi Keluarga  Equality pattern ± pola kesetaraan  Balance split pattern ± bentuk pembagian yang seimbang (peranan. resolusi konflik)  Unbalanced splitt pattern ± Pembagian yang tidak seimbang (salah satu pihak mengambil peran yang lebih dominan.

Workplace relationship  Hubungan di dunia kerja  Ada 3 pola hubungan :  Hubungan romantis  Hubungan pembinaan  Hubungan jejaring Kelompok 6 .

klub olahraga.Romantic ‡ ‡ ‡ ‡ Dalah realitasnya dapat menimbulkan kerumitan Dapat menciptakan krisis manajemen Lebih memprioritaskan pertemanan Dapat diupayakan lewat family gathering. dan acara kebersamaan yang lain Kelompok 6 .

menuntut kita untuk lebih aktif berinisiasi ‡ Informal ± lebih pada kondisi sehari-hari ‡ Dapat banyak akses untuk informasi spesifik Kelompok 6 . terencana dan berstrategi.Networking ‡ Teknik yang paling sederhana dalam menyelamatkan pekerjaan ‡ Ada 2 pola : ‡ Formal ± lebih sistematis.

Mentoring ‡ Biasanya bersifat senioritas dimana terjadi hubungan antara satu rekan dengan yang lain antara yang berpengalaman dan tidak berpengalaman ‡ Adanya µtransfer of knowledge¶ ‡ Hubungan ini paling dinamis untuk menciptakan keselarasan dalam lingkungan kerja Kelompok 6 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful