BAB I PENDAHULUAN

Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik (mechanical and electronic) untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Computer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik (mechanical) maupun elektronik (electronic) Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Computer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan mathematics biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telephone yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang berbagai tempat di dunia. Sejarah Komputer menurut periodenya adalah: * Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik * Komputer Generasi Pertama * Komputer Generasi Kedua * Komputer Generasi Ketiga * Komputer Generasi Keempat * Komputer Generasi Kelima

1

BAB II PEMBAHASAN
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer. Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

2

Jenis
Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan di masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.

Komputer benam
Pada sekitar 20 tahun , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik.

3

komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann. yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann. minikomputer.Komputer kerangka utama. dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU). memori. Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat. "bus" 4 . Komputer pribadi Komputer pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang dikenal dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saaja yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesBagaimana komputer bekerja Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail). dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). unit kontrol.

suara. video. memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali . Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar.Memori Di sistem ini. daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus. dan berbagai macam informasi. Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali. masing-masing berisi sepotong kecil informasi. 5 . Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte. Setiap slot mungkin berisi salah satu. memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"). Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Secara umum.

Unit Aritmatika dan Logika. sampai matriks magnet permanen. NOT). dan pelaksanaan perbandingan (misalnya. Berkas:CPU with pins. ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk. ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika. dan jumlah sel. pelaksanaan logis (AND. dan semacamnya). berubah secara hebat dari komputer ke komputer. Pemrosesan Unit Pengolah Pusat atau CPU berperanan untuk memproses arahan. membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Sekali yang terjadi. atau Arithmetic Logic Unit (ALU). kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC . Dalam komputer-komputer modern. kecuali kalau 6 . unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya. dan sebuah Unit Kontrol. ke setiap transistor. Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer. ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.Integrated Circuit). Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input . melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer.Ukuran masing-masing sel.jpg Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukkan kaki-kakinya. memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu. dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat dari relay elektromekanik. OR. output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan. yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata. pengurangan. Dalam arsitektur von Neumann yang asli. adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan. dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai.

perintah berikutnya anda di sel 345". dari yang akrab keyboard. Ada berbagai macam alat I/O. Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin. orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler). Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Input dan hasil I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar. "menambahkan isi sel 666 ke sel 042. di sisi lain. Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor .kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123. dan tempat akibat di sel 013". Dalam pengertian ini. dan "jika isi sel 999 adalah 0.Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi) 7 . sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data. ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web. dan menaruh hasil kerjanya di sana. dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). misalnya. men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer.perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain). dan sebagainya. Alat output. Dalam praktiknya. scanner. printer. Instruksi Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. seperti assembler (bahasa tingkat rendah). monitor dan disk drive. dan tempat tiruan di sel 456".

sudah berbeda secara signifikan dari model di atas. Biasanya. hasil disimpan. barangkali dengan data di dalam tabel." "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya. kemudian setelah beberapa saat." Dewasa ini. menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain. CPU beralih ke program 8 . Tetapi. Banyak program komputer berisi jutaan perintah. Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama .mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Program Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai. Sebuah komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. CPU melakukan perintah dari satu program. dan perintah berikutnya dicapai. "programmer. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial. Terlebih lagi. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan. yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah. Pada kenyataannya. memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. beberapa komputer. kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.Arsitektur Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.

CSIR Mk 1/CSIRAC.kedua dan melakukan beberapa perintahnya. seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis. Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer. Sistem operasi. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Komputer di masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. setelah bertahun-tahun. memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). ENIAC. memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Penggunaan komputer Komputer digital pertama. programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi. misalnya 9 . Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU di antara program. suatu proyek pembangkitan Hidroelektrik besar. mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains. menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. komputer pertama Australia. komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri). Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan Sistem operasi Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. menentukan program yang mana dijalankan. kapan. yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch.

mobil. 10 . PC menjadi populer untuk banyak tugas. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus. komputer kecil. Namun. menulis dan mencetak dokumen. biasanya dengan mengatur memprogram. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan spreadsheet. dan kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping komputer. membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian. Orangorang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia . kebanyakan bentuk angkutan bertenaga. organisasi. dan perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah. perkembangan anti-kunci rem di mobil).komputer elektronik digital yang pertama. Saat abad kedua puluh satu dimulai. pesawat terbang. Colossus. dibuat selama Perang Dunia II. Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an. Internet. menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server. ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain. berhubungan dengan e-pos dan.misalnya. visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur. Dalam bidang pendidikan. Sekaligus. termasuk menyimpan buku. mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah. memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Akan tetapi. kebanyakan alat listrik. memindahkan gambar dan penggunaan lain. Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis. dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar.

D. slot untuk masukan kartu tambahan grafis IDE/SCSI/SATA. seperti monitor dan printer E. koordinasi input. Sistem operqsi Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data Memori RAM. media penyimpanan semi permanen Perangkat masukan.Bagian-bagian komputer Perangkat keras A. B. slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan. output. dan Mac OS. serta instalasi software. seperti mouse. Windows. slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis AGP/PCIe. Program komputer Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya Slot pada komputer A. B. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya. artinya Jenis komputer A. C. memori. keyboard. tempat menyimpan data sementara Hard drive. Perangkat lunak A. C. slot untuk hard drive/ODD USB. dan tablet Perangkat keluaran. ISA/PCI. B. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux. pemrosesan. Komputer analog Komputer pulsa 11 . media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU. media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU. B.

Mikrokomputer 1. Komputer rumah (home computer) Komputer pribadi (PC) Server D. Computer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik (mechanical) maupun elektronik (electronic) aat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. Sejak dahulu kala. Computer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan mathematics biasa. yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Para 12 .C. proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik (mechanical and electronic) untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. sentral telephone yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi. 2.Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Sejarah Komputer menurut periodenya adalah: Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik Komputer Generasi Pertama Komputer Generasi Kedua Komputer Generasi Ketiga Komputer Generasi Keempat Komputer Generasi Kelima ALAT HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIKA bacus. 3. E. F. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja. Minikomputer Mainframe computer Superkomputer SEJARAH KOMPUTER Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala.

arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Charles Babbage (1791-1871). abacus kehilangan popularitasnya Setelah hampir 12 abad. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. pengurangan. 13 . Dengan menggunakan tenaga uap. perkalian. Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. kalkulator mekanik mulai populer. yang pada waktu itu berumur 18 tahun. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukanperhitungan persamaan differensial. terutama di Eropa. menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline. arithometer. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan Tahun 1694. Pada tahun 1642. seorang matematikawan dan filsuf Jerman. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz. Kalkulator mekanik Colmar. Tahun 1812. menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Barulah pada tahun 1820. alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan kemampuannya. Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan. dan pembagian. Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal. Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris. Blaise Pascal (1623-1662). Dengan mempelajari catatan dan gambargambar yang dibuat oleh Pascal. Sama seperti pendahulunya. mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan. Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan.

Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Asisten Babbage. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis. Mesin uap Babbage.mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. disain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun. Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. mencari pendanaan dari pemerintah Inggris. Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama. Pada 1889. Dengan berkembangnya populasi. Selain itu. Pada tahun 1980. Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus. tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualnya ke 14 . yang disebut Analytical Engine. dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. Terdiri dari sekitar 50. pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut. Ia membantu merevisi rencana. kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. walaupun tidak pernah selesai dikerjakan. Bagaimanapun juga.000 komponen. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat.

Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dn pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. untuk mendisain pesawat terbang dan peluru kendali. John V. Vannevar Bush (18901974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus. KOMPUTER GENERASI PERTAMA Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua. Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Konrad Zuse. Pada masa berikutnya. Pada tahun 1941.masyarakat luas. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger. Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer Z3. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi 15 . Pada tahun 1903. Tahun 1943. yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah.

Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Pertama. 70. colossus bukan merupakan komputer serbaguna general-purpose computer). Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator.Pada pertengahan 1940-an. ia hanya didisain untuk memecahkan kode rahasia. Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.000 resistor. Perkembangan komputer lain pada masa ini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Howard H. UNIVAC I 16 . Kedua. dan 5 juta titik solder. Mauchly (19071980). keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Tahun 1951. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU). atau Mark I. seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM. Aiken (1900-1973). Terdiri dari 18.000 tabung vakum. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. merupakan komputer relai elektronik.

IBM membuat superkomputer bernama Stretch. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom. Transistor menggantikan tube vakum di televisi. sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. KOMPUTER GENERASI KEDUA Pada tahun 1948. dan komputer. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. radio. California. lebih cepat. Akibatnya. sehingga membatasi kepopulerannya. ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.C. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis. dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952. dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.(Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore. menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. dapat menangani sejumlah besar data. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. 17 . penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. lebih dapat diandalkan. Komputerkomputer ini. Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC.

dan program. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer. mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. yang dapat berpotensi merusak bagianbagian internal komputer. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Jack Kilby. Hasilnya. Pada tahun 1965. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. dan ahli sistem komputer). Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer. Dengan konsep ini. di universitas. dan di pemerintahan. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. analyst. Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini. dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. sistem operasi. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponenkomponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.Pada awal 1960-an. KOMPUTER GENERASI KETIGA Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata. kalimat. komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar. seorang insinyur di Texas Instrument. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. penyimpanan dalam disket. memory. mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan 18 .

Tidak lama kemudian. dan kendali input/output) dalam sebuah chip yangsangat kecil.dalam chip. Pada awal 19 . memori. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit. Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Pada tahun 1980-an. setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven. televisi.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Komputer-komputer ini. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. yang disebut minikomputer. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Sebelumnya. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaanperusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja. efisiensi dan kehandalan komputer. tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. KOMPUTER GENERASI KEEMPAT Setelah IC. Sekarang.

video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.5 juta unit di tahun 1982. atau kabel telepon. jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar. informasi. kantor. Sepuluh tahun kemudian. Pentium III. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. dsb. Pentium II. dan sekolah. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network. Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). LAN). Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer 20 . IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer.Pada tahun 1981. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Juga kita kenal AMD k6. IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah.1980-an. piranti lunak. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil. kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil. KOMPUTER GENERASI KELIMA Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Athlon. komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori. 65 juta PC digunakan. cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan. Pentium. Pada masa sekarang. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5. dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop). Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya. atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil. HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung. Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Fasilitas ini tampak sederhan. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. menggunakan masukan visual. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. yang akan menggantikan model von Neumann. namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. banyak fungsifungsi yang dimilikinya sudah terwujud. 21 .fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal. dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Sedangkan komponen hardisk digunakan untuk menyimpan program atau data secara permanen. sedangkan untuk menghasilkan informasi dibutuhkan alat keluaran ( output device ) diantaranya yaitu monitor. Pada saat kita menggunakan salah satu program aplikasi maka data akan disimpan sementara dalam memori ini selama komputer masih hidup. Alat input output tersebut menyatu dengan komponen yang lain melalui I/O. Dalam melakukan pengolahan data tersebut maka komputer terdapat beberapa komponen yang mempunyai tugas sendiri – sendiri. dan lain – lain. microphone. Komponen tersebut yaitu komponen input. dan hardisk. Komponen I/O digunakan untuk menerima input dan menghasilkan data sedangkan untuk memproses data agar menghasilkan informasi yang berguna dibutuhkan komponen utama yaitu CPU ( Central Prosessing Unit ). Untuk memasukan data kedalam komputer digunakan input device ( alat masukan ) diantaranya yaitu keyboard. output. Peralatan yang digunakan 22 .Peralatan Komputer Komputer merupakan alat elektronik yang mampu menerima input berupa data dan mengolah data tersebut sehingga menghasilkan output yang berupa informasi. Dari semua komponen elektronik bekerja bersama – sama sehingga menghasilkan informasi yang berguna dan dapat dikenali oleh manusia. printer dan speaker. RAM ( Random Access Memory ). Komponen ROM yaitu jenis penyimpan program yang hanya dapat dibaca. Program BIOS dibuat oleh vendor komputer dan tidak dapat diganti oleh pengguna. Jika komputer mati maka data atau program yang ada dimemori ini akan hilang. mouse. RAM merupakan jenis memori yang isinya dapat diganti – ganti selama komputer hidup dan mempunyai sifat mengingat data atau program selama terdapat arus listrik. scanner. Pada hardisk inilah semua program seperti program system operasi dan program aplikasi disimpan. Disamping komponen tersebut terdapat komponen lain antara lain ROM ( Read Only Memory ). pemroses dan penyimpan. ROM ini berisi program BIOS ( Basic Input Output Sistem ) yang dipergunakan untuk mendeteksi komponen – komponen perangkat keras pada saat komputer mulai dihidupkan.

Sebelum

melakukan

perakitan

perangkat

keras

komputer,

maka

harus

dipersiapkan peralatan yang digunakan untuk melakukan perakitan tersebut. Peralatan ini dipergunakan untuk memasang komponen – komponen seperti motherboard, kartu grafis, kartu suara, hardisk, disk drive dan CD room pada casing. Komponen – komponen ini dipasang pada casing dengan memakai baut. Sedangkan peralatan – peralatan yang diperlukan yaitu : Obeng plus ( + ) Obeng Minus ( - ) Tang Baut dan mur yang diperlukan 2.Hardware yang dipersiapkan casing Casing merupakan tempat yang dipergunakan untuk meletakkan komponen komputer agar komputer dapat bekerja. Jika membeli casing yang baru maka dalam casing tersebut sudah terdapat power supply yang menghubungkan antara sumber tegangan dengan komponen pada komputer tersebut dan terdapat kabel indicator. Pada power supply terdapat kabel yang menghubungkan power supply dengan motherboard, disk drive, hardisk dan CD room. Kabel ini berfungsi untuk memberikan arus pada komponen – komponen tersebut. Sedangkan kabel indicator hardisk, indicator power, kabel untuk tombol reset, dan kabel keylock. Disamping dipergunakan untuk meletakkan power supply, casing juga untuk meletakkan seperti motherboard, hardisk, disk drive, CD room, kartu grafis, kartu suara, dan lain – lain. Pemilihan jenis casing sangat penting, karena sangat menentukan penampilan komputer setelah selesai dirakit. Terdapat dua jenis casing yaitu jenis desktop dan jenis tower. Untuk komputer lama biasanya menggunakan jenis desktop, sedangkan untuk komputer yang sekarang biasanya menggunakan jenis tower. MotherboardMotherboard merupakan rangkaian komponen elktronik utama pada sebuah komputer. Pada motherboard tersebut terdapat jalur – jalur yang menghubungkan antara komponen yang satu dengan komponen yang lain. Motherboard ini sangat penting sekali karena semua komponen pada komputer dihubungkan dengan motherboard ini baik secara langsung atau dengan melalui kabel. Yang terhubung secara langsung diantaranya yaitu mouse, keyboard, kartu grafis, kartu suara dan CPU, sedangkan yang melalui kabel atau komponen lain yaitu hardisk, CD room, disk drive, monitor, speaker dan lain – lain. Terdapat dua jenis motherboard yang sampai sekarang ini yaitu jenis onboard dan offboard. Perdedaan dari jenis ini yaitu pada jenis onboard biasanya komponen seperti kartu grafis, kartu suara, port com, port PS2, port

23

USB, dan port jaringan sudah menjadi satu rangkaian dengan motherboard, sedangkan jenis yang tidak onboard komponen – komponen tersedut belum ada, sehingga harus dipasang sendiri. Perkembangan motherboard saat ini terdapat beberapa merk misalnya yaitu merk ASUS, IWIL, GigaByte, Intel Triton, Eagle, SIS dan lain – lain. Memori Kecepatan komputer disamping ditentukan oleh kecepatan CPU juga ditentukan oleh kecepatan memori yang digunakan. Semakin tinggi kecepatan memori semakin cepat dan canggih komputer yang digunakan. Kecepatan memori yang tinggi ini biasanya berguna jika pada komputer tersebut digunakan untuk program aplikasi grafis yang memerlukan kecepatan tinggi seperti program Coreldraw, Photoshop, dan Page Maker. Kecepatan memori dinyatakan dengan satuan megabyte misalnya RAM berukuran 32MB, 64MB, 128MB, dan 256MB. Terdapat 2 modul memori yaitu SIMM dan DIMM. SIMM ( Single Inline Memori Module ) yaitu memori yang memiliki chip RAM hanya pada satu sisi papan. DIMM ( Dual Inline Memori Module ) yaitu memori yang mempunyai chip RAM pada kedua sisi papan. Processor Kecepatan, kehandalan, stabilitas, kredibilitas dari komputer sangat ditentukan oleh prosessor yang digunakan. Fungsi dari prosessor ini diantaranya yaitu untuk mengendalikan seluruh komponen dalam komputer dan melakukan operasi – operasi perhitungan aritmatika. Terdapat beberapa prosessor yang beredar dipasaran saat ini diantaranya yaitu jenis Intel, IBM, Cyrix dan AMD. Dari masing – masing jenis ini mengalami perkembangan yang mempunyai kecepatan yang lebih cepat mulai dari keluaran ( produk ) paling lama sampai keluaran paling baru. Kecepatan dari prosessor dinyatakan dalam satuan Mhz atau Ghz. Kartu Grafis ( VGA Card ) Kartu grafis ini dipergunakan untuk menghubungkan antara motherboard dengan monitor yang digunakan. Baik dan tidaknya gambar yang ditampilkan tergantung dari kartu grafis yang digunakan, sehingga untuk memilih kartu grafis yang digunakan harus disesuaikan jenis monitor yang digunakan. Untuk pemasangan kartu grafis pada motherboard dapat melalui slot ISA, slot PCI, atau slot AGP. Pemasangan tersebut tergantung kartu grafis yang digunakan. Kartu Suara ( Sound Card ) Kartu suara dipergunakan untuk menghubungkan antara motherboard dengan speaker dan microphone yang digunakan. Dengan kartu suara inilah maka pada komputer dapat menghasilkan suara kedalam

24

komputer. Hardisk Hardisk dalam computer dipergunakan untuk menyimpan data dan program yang terinstal dalam komputer. Untuk menyimpan data maka bahan dari hardisk ini digunakan piringan magnetic yang mampu menyimpan data yang kapasitasnya besar. Bagian – bagian dari hardisk diantaranya yaitu : 1) Plate Bagian yang menyimpan data. Bagian ini berbentuk piringan yang dilapisi dengan bahan magnetic sehingga mampu menyimpan data. 2) Read Write Head Sebuah mekanisme yang bertugas membaca dan menulis data dari atau kepiringan hardisk. 3) Access Arm Sebuah tungkai yang memegang head. Tungkai ini menggerakan head keseluruh permukaan piringan. 4) Drive Motor Sebuah motor yang menggerakan piringan hardisk pada porosnya. Motor inilah yang menentukan kecepatan piringan hardisk. Disk Drive Disk drive dipergunakan sebagai tempat untuk floppy disk, sehingga floppy disk tersebut dapat terdeteksi oleh komputer. Disk drive terdapat dua jenis, yaitu disk drive yang dipergunakan untuk tempat floppy disk yang berukuran 5.25 inci dan berukuran 3.5 inci. Floppy disk yang biasa dipakai saat ini yaitu yang berukuran 3.5 inci karena kapasitasnya lebih besar dibandingkan floppy disk yang berukuran 5.25 inci. Floppy disk yang berukuran 5.25 inci mempunyai kapasitas 360 Kb, sedangkan yang berukuran 3.5 inci mempunyai kapasitas 1.4 Mb. Keyboard Keyboard dipergunakan untuk memasukan data yang dapat mengubah huruf, angka atau kode lain menjadi isyarat listrik sehingga dapat diproses oleh komputer. Keyboard ini dihubungkan dengan motherboard dengan melalui I/O. Secara garis besar system keyboard biasanya terdiri atas tombol – tombol huruf, angka, fungsi dan control. Mouse Mouse adalah piranti penunjuk yang dipergunakan pada program aplikasi grafis. Mouse digunakan untuk menunjuk objek yang ditampilkan pada layar monitor. Monitor Monitor dipergunakan untuk menampilkan gambar yang dihasilkan proses komputer. Monitor ini dihubungkan melalui kartu grafis yang telah terhubung dengan motherboard. Terdapat dua jenis monitor yaitu monitor LCD ( Liquid Cristal Display ) dan monitor CRT ( Catode Ray Tube ). Monitor CRT memiliki layar yang terbuat dari tabung hampa, sama seperti pada pesawat

25

televisi. Ada beberapa cara menghilangkan virus dari komputer anda bila sudah terlanjur terinfeksi virus ini. Saat ini hampir tiap pengguna komputer pasti memiliki flash disk yang merupakan media penyimpanan data yang sangat portable dan mudah digunakan karena sifatnya seperti disket namun dengan kapasitas besar dan tidak mudah rusak. Tidak perlu membahas terlalu panjang sejarah kemunculan virus ini. Folder. Hal ini membuat para pengguna yang kurang paham komputer terkadang tertipu karena menjalankan virus yang disangkanya adalah file lain seperti file dokumen Microsoft Word. Padahal yang sedang dibuka adalah program virus yang memiliki icon sama dengan file-file tersebut. Sinyal listrik yang dilewatkan melalui cairan kristal tersebut akan membuat kristal yang ada didalamnya mencegat cahaya yang lewat. Seiring perkembangan teknologi maka perangkat mobile teknologi informasi juga berkembang. Kalau dahulu pengguna internet saja yang dipusingkan oleh virus karena penyebarannya yang masih terbatas melalui email dan jaringan. Biasanya masyarakat umum yang tidak memiliki akses internet di komputernya akan lebih mudah terkena virus karena antivirus yang tidak up to date sehingga antivirus miliknya tidak mengenali virus-virus baru. Layar LCD memanfaatkan dua keping bahan yang terpolarisasi. sehingga ukurannya menjadi lebih besar. Namun kepopuleran flash disk di pengguna komputer memancing para pembuat virus untuk membuat virus yang menyebar melalui media penyimpanan ini. Teknik-teknik berikut dibahas pada sistem operasi Windows XP karena OS inilah 26 . CD Room Drive CD room drive dipergunakan sebagai tempat dari CD sehingga dapat dibaca oleh komputer. dengan ditambah cairan kristal diantara keping tersebut. atau bentuk file lainnya. CD room drive ini dihubungkan dengan motherboard dengan memakai kabel data Home > IT > IT Solution > Langkah-langkah menghilangkan virus komputer Langkah-langkah menghilangkan virus komputer Beberapa tahun belakangan banyak bermunculan virus-virus yang mulai merepotkan masyarakat pengguna komputer. namun buat pengguna yang sudah terkena virus maka sebenarnya langkah pembasmian virus-virus tersebut hampir sama.

yang paling umum terinfeksi dan paling banyak digunakan. 27 . Virus terkadang masih meninggalkan jejak tidak berbahaya. Efektifnya sama dengan menghapus virus dengan antivirus di komputer lain contoh diatas. Setelah selesai hardisk tersebut sudah dapat dipasang kembali dikomputer dan jalankan sistem seperti biasa.) lalu lakukan full scanning dengan antivirus terbaru. Menghapus dengan sistem operasi lain Pada laptop atau komputer yang tidak dapat dilepas harddisknya maka cara lain adalah menjalankan sistem operasi lain yang tidak terinfeksi virus dan melakukan full scan terhadap seluruh harddisk. Selain itu bisa juga menggunakan LiveCD atau OS Portable seperti Knoopix dan Windows PE ( Windows yang telah diminimazed dan dapat dibooting dari media penyimpanan portable seperti flash disk atau CD. Cara ini ampuh membersihkan virus sepanjang antivirus di komputer lain tersebut dapat mengenali dan menghapus virus di hardisk yang terinfeksi. Lakukan full scanning pada hardisk sistem yang terinfeksi dan hapus semua virus yang ditemukan. Berikut adalah teknik teknik tersebut: Menghapus dengan antivirus di komputer lain Dengan melepaskan hardisk komputer yang telah terinfeksi virus kemudian dipasangkan ke komputer lain yang memilki antivirus yang terbaru atau setidaknya mampu mengenali virus di sistem yang telah terinfeksi. Namun virus masih meninggalkan jejak berupa autorun atau startup yang tidak berfungsi. Jejak ini terkadang memunculkan pesan error yang tidak berbahaya namun mungkin sedikit mengganggu. Lakukan pemeriksaan kembali apakah komputer masih menunjukkan gejala yang sama saat terkena virus. Biasanya ada beberpa pengguna yang menggunakan dual OS seperti Linux dan Windows atau Windows XP dan Windows Vista dsb.

Saya biasa menggunakan Process Explorer dari http://www. Virus yang aktif pasti memiliki process yang berjalan pada sistem.Menghapus secara manual Bila anda kesulitan melakukan hal diatas masih ada cara lain yaitu dengan cara manual.com/ . Kenali terlebih dahulu proses yang dianggap virus lalu matikan semuanya dengan cepat. Matikan process yang dijalankan oleh virus.exe yang meniru Explorer.exe 3.exe 28 . C:\WINDOWS\system32\csrss. Biasanya virus menyamar menyerupai proses windows tapi tentu ada bedanya seperti IExplorer. atau restart sistem. Langkah-langkah tersebut adalah: 1. C:\WINDOWS\system32\smss.exe 6. C:\WINDOWS\system32\lsass. C:\WINDOWS\system32\svchost. Berikut adalah proses windows yang bisa dijadikan referensi proses yang dikategorikan aman: 2. Process ini biasanya memantau aktifitas sistem dan melakukan aksinya bila ada kejadian tertentu yang dikenali virus tersebut. process virus akan mengenali aksi tersebut dan menginfeksi flash disk dengan virus yang sama. Cara lain adalah menggunakan tool lain untuk melihat dan mematikan proses virus. Contohnya pada saat kita memasang flash disk.exe 4.exe 5.exe 7. C:\WINDOWS\system32\winlogon. Karena itu mematikan process virus harus dengan cepat sebelum proses yang dimatikan dihidupkan lagi oleh proses lainnya. C:\WINDOWS\system32\services.exe.sysinternals. Dengan tool ini anda bisa mematikan process yang dianggap virus. Bila 1 proses dimatikan maka proses tsb akan dihidupkan lagi dengan proses lainnya. Pada saat mematikan proses milik virus perlu diperhatikan terkadang proses milik virus terdiri atas lebih dari 1 proses yang saling memantau. Proses ini harusnya bisa dilihat dari task manager yang bisa diaktifkan dengan tombol Ctrl + Alt + Del namun terkadang virus akan memblokir aksi ini dengan melakukan log off. menutup window Task Manager.

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SafeB oot] 20.exe" 29 .exe" 17. "AlternateShell"="Cmd.00 10. [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Control\SafeBoot ] 16. 15. "SuperHidden"=dword:00000000 13. Anda bisa mencari di google tools sejenis. 8.exe" 21.exe" 19. 22. Kemudian eksekusi file tersebut dengan mengklik 2 kali. Bila ada konfirmasi anda bisa menjawab Yes/Ok. [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion \Explorer\Advanced] 11. Berikut file registry tersebut: 9. "AlternateShell"="Cmd. Windows Registry Editor Version 5. "Shell"="Explorer. "Hidden"=dword:00000000 12. "AlternateShell"="Cmd.reg. Parameter tersebut berada pada registry windows yang bisa di reset dengan nilai defaultnya.C:\WINDOWS\Explorer.exe Selain process explorer anda bisa menggunakan tools lainnya yang mungkin lebih mudah dan bisa menghapus process sekaligus. [HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon] 23. [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet002\Control\SafeBoot ] 18. "ShowSuperHidden"=dword:00000000 14. Contoh lain adalah HijackFree. Simpan file berikut dengan nama apa saja dengan extention file . Setelah proses mematikan virus berhasil lakukan pengembalian nilai default parameter sistem yang digunakan virus untuk mengaktifkan dirinya dan memblokir usaha menghapus dirinya.

com karena sifatnya free dan scanner virus yang sama tangguhnya dengan antivirus komersil seperti Symantec atau Kaspersky. Saya menyarankan avira yang bisa didownload dari http://www.com untuk menghapus entry autorun dan startup milik virus tsb. dan reset parameter lain untuk mencegah virus jalan lagi. 32. "Userinit"="C:\WINDOWS\system32\userinit." 25. @="\"%1\" %*" 36.exe \"%1\"" 28. 38. Download antivirus terbaru dan lakukan full scanning pada sistem agar antivirus memeriksa keseluruhan sistem dan menghapus semua virus yang ditemukan. mencegah virus mencangkokkan dirinya pada sistem. Jangan lupa periksa folder StartUp pada menu Start Menu -> Programs -> Startup dan pastikan tidak ada entry virus tsb. 29. @="\"%1\" %*" 31. 30 . Setelah proses virus dimatikan dan parameter sistem di reset.free-av. [HKEY_CLASSES_ROOT\regfile\shell\open\command] 27. Cegah virus aktif kembali dengan menghapus entry virus pada autorun dan startup Windows. 26. [HKEY_CLASSES_ROOT\comfile\shell\open\command] 35. [HKEY_CLASSES_ROOT\piffile\shell\open\command] 33. 37. Bisa menggunakan tool bawaan windows MSConfig atau mengedit langsung pada registry dengan Regedit. @="regedit.sysinternals.24.exe. @="\"%1\" %*" 34. [HKEY_CLASSES_ROOT\exefile\shell\open\command] @="\"%1\" %*" File registry diatas akan membuka blokir regedit. Untuk lebih mudahnya gunakan tools pihak ketiga seperti autoruns dari http://www. [HKEY_CLASSES_ROOT\scrfile\shell\open\command] 30.

Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Karena bila tidak maka pada saat restart maka sistem akan kembali seperti pada saat terinfeksi virus dan sia-sia semua langkah yang anda lakukan sebelumnya. Bila ada maka anda terlewat beberpa autorun virus atau reset parameter sistem diatas tidak berhasil. Berhati-hati pada saat membuka flash disk. Semoga artikel ini membantu dan mencegah anda terinfeksi virus komputer. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen 31 . Pastikan file word adalah betul-betul word dan folder betul-betul folder bisa dengan melihat detail atau properties dari file tsb. Perangkat Keras dan Fungsinya Secara fisik. Buka dengan klik kanan lalu pilih menu Open agar fitur autoplay pada flash disk tidak menjalankan virus secara ototmatis. Bila anda mengenali program yang hendak mengakses sistem anda maka anda bisa mengijinkan akses tersebut namun bila tidak sebaiknya tolak dan blokir akses tersebut karena ada kemungkinan program tersebut adalah virus. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Walaupun iconnya sama perhatikan bahwa file yang anda buka buka tipe application atau program. Sebelum restart pastikan anda tidak melewatkan virus baik dari proces atau autorun dan startup sistem. Jangan membuka flash disk dengan klik 2 kali. 40.39. Jadi walaupun virus tersebut tidak dikenali akan tetapi sebelum masuk maka pengguna akan diperingatkan oleh aplikasi pencegah. Untuk mencegah virus datang kembali sebaiknya anda rajin update antivirus atau memasang aplikasi pencegah seperti WinPooch atau Comodo Firewall yang akan memperingatkan pengguna bila ada program lain yang akan memodifikasi sistem. Itulah langkah-langkah penghapusan virus pada sistem Windows XP. akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Jangan lupa perhatikan file yang anda buka. Setelah restart periksa kembali komputer anda dan perhatikan apakah gejala yang muncul pada saat komputer terinfeksi masih ada atau tidak. Lakukan langkah diatas dan periksa lebih cermat tiap langkah anda sebelum melakukan restart sistem. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi.

Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Periferal ( unit tambahan) komponen dasar komputer yang terdiri dari input. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk 32 . input divice (unit masukan) 2. Selain itu terdapat joystick. Capture Card. Berdasarkan fungsinya. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse. Output device (unit keluaran) 4. Unit Masukan ( Input Device )Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Internal Communication. Kemudian scanner. CD ROM. dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Registers dan control section). Process device (unit Pemrosesan) 3. Modem. keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Output device terdiri dari monitor dan printer. output dan storage. Backing Storage ( unit penyimpanan) 5. process. Input device terdiri dari keyboard dan mouse. Floppy drive. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Magnetic tape. Touch panel. untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Storage external memory terdiri dari harddisk. Process device adalah microprocessor (ALU. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card.perangkat keras (hardware). Microphone. yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. untuk merekam suara ke dalam komputer. perangkat keras komputer dibagi menjadi : 1.

sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. digitizer graphics tablet. pada tahun 1973. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer. peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu : Peratalan input langsung. touch screen. Contohnya : keyboard. karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan.) DVORAK 3. Berdasarkan sifatnya.signal input dan maintenance input. harddisk. usb dan wireless. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY. mouse. Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu : Keyboard Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. seperti menyimpan file dan membuka file. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. ps2. Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. angka. keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Peralatan input tidak langsung. Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868. disket. light pen.) QWERTY 2. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf. Jenis-Jenis Keyboard : 1. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port. Contohnya : punched card. input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. yaitu port serial. scanner.) KLOCKENBERG Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard 33 .

Typewriter Key Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. dan Alt. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. 34 . hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital. Function Key Tombol ini terletak pada baris paling atas. bila lampu indicator caps lock mati. special function key. tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12.Numeric Key Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key. Home Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar Insert Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character. Page Up Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor layar ke atas Page Down Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah Tab Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan. yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :Back Space Tombol ini berfungsi untuk menghapus character di kiri cursor Caps Lock Bila tombol ini ditekan. Delete Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor EscTombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu. function key 4.jenis QWERTY. Shift. Special Function Key Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. typewriter key 2. End Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja Enter Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah. numeric key 3. maka huruf akan menjadi kecil. maka lampu indikator caps lock akan menyala. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu : 1. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key.

Barcode Barcode termasuk dalam unit masukan (input 35 . dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik. Joy Stick dan Games PaddleAlat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. usb dan wireless. sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball Light PenLight pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Joy Stick biasanya berbentuk tongkat. umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial. dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk. yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Touchpad Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook. tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.Misalnya. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser.Mouse adalah salah unit masukan (input device). Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse. Selain itu. dimana letak tombol ini terletak ditengah. mouse ps/2. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll).

dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer. perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy. disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Dari memori komputer selanjutnya. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B. Kamera Digital Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Kamera 36 . Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Scanner Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Sekarang ini. tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader). alat elektronik dan buku. setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik. yang dapat mengenali jenis pensil 2B. minuman. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.device). Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan. Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotakkotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.

Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file. Pertama. menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan. kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Menurut suatu penelitian dari Panda Software virus Bagle BC ini menyusup ke dalam e-mail dengan subyek antara lain : Re:. menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. kemudian ditulisi dengan pensil. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara. MACAM-MACAM VIRUS & ANTI VIRUS Virus Bagle. Beberapa jam sejak keluarnya virus ini. 37 . Kedua.BC Virus Bagle BC ini termasuk salah satu jenis virus yang berbahaya dan telah masuk peringkat atas jenis virus yang paling cepat mempengaruhi komputer kita. Graphics Pads Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan. jaringan komputer dan aplikasi P2P. mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. mesin mobil. rumah. Virus ini menyebar melalui e-mail dengan berbagai subyek berbeda. Mikropon dan Headphone Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Dengan mikropon. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. sudah terdapat 2 buah varian Bagle ( Bagle BD dan BE )yang menyebar melalui e-mail.

Merupakan salah satu virus backdoor yang jika berhasil menginfeksi komputer akan mampu melakukan akses dari jarak jauh dan mengambil segala informasi yang diinginkan oleh si penyerang. Virus Compiler virus yang sudah di compile sehingga dapat dieksekusi langsung. Re:Thanks.scr. . Windows NT dan Windows XP. Attachment-nya juga bermacammacam. Windows 98. assembler.Re:Hello.cpl. Virus Bagle BC juga mampu untuk menghentikan kerja program-program antivirus.exe. Virus ini berukuran sebesar 57. Memang bahasa ini cocok untuk membuat virus namun sangatlah susah menggunakannya. Beberapa jam sejak keluarnya virus ini.856 byte. antara lain : . . Keunggulan dari virus ini adalah mampu melakukan hampir seluruh manipulasi yang mana hal ini tidak selalu dapat dilakukan oleh virus jenis lain karena lebih terbatas. Virus Bagle BC virus ini ini termasuk salah satu jenis virus yang berbahaya dan telah masuk peringkat atas jenis virus yang paling cepat mempengaruhi komputer kita.com" dan ditandatangani secara digital. . Windows Me. Re:Hi. Trojan di Linux Para pengguna linux Red Hat diharapkan untuk berhati-hati terhadap PATCH yang dikirm melalui e-mail dengan alamat "security@redhat. jaringan komputer dan 38 . dan mengalami perkembangan pesat sekarang.com" karena itu sebenarnya bukannya patch security tetapi virus Trojan yang bisa mengacaukan sistem keamanan. sudah terdapat 2 buah varian Bagle ( Bagle BD dan BE )yang menyebar melalui e-mail. Windows 95. Virus ini juga pernah menyerang sistem keamanan Windows tahun 2003 dengan subyek menawarkan solusi keamanan.com. Ini adalah virus yang pertama kali muncul di dunia komputer. Backdoor Alnica Virus yang juga berbahaya ini merupakan salah satu tipe virus Trojan Horse. Sistem operasi yang diserang oleh virus tersebut antara lain : Windows 200. Re:Thank you. Virs pertama ini sangatlah sulit dibasmi karena dibuat dengan bahasa rendah. E-mail peringatan dari Red Hat biasanya selalu dikirim dari alamat "secalert@redhat.

com yang menjadi aktif ketika program berjalan. *. . Satu program Dropper bisa terdapat beberapa jenis Virus. maka program tersebut dapat disebut virus.scr.com. Re:Thank you.Apabila pada boot sector terdapat suatu program yang mampu menyebarkan diri dan mampu tinggal di memory selama komputer bekerja. Jenis Virus ini dapat berpindah dari satu media ke semua jenis media penyimpanan dan menyebar dalam sebuah jaringan. Virus ini menyebar melalui e-mail dengan berbagai subyek berbeda. Sering terdapat di disket/tempat penyimpanan tanpa sepengetahuan kita. Biasanya file *. . . Virus Sistem atau lebih dikenal sebagai virus Boot. Menurut suatu penelitian dari Panda Software virus Bagle BC ini menyusup ke dalam e-mail dengan subyek antara lain : Re:.SYS. Re:Hello.OVL dan *.OVY. *. maka virus akan menyebar tetapi Dropper tidak ikut menyebar. Virus File adalah virus yang memanfaatkan file yang dapat diijalankan/dieksekusi secara langsung. Kenapa begitu karena virus ini memanfaatkan file-file yang dipakai untuk membuat suatu sistem komputer.EXE atau *. Dropper bisa berupa nama file seperti Readme. Virus Bagle BC juga mampu untuk menghentikan kerja programprogram antivirus.cpl. Virus Boot Sector virus yang memanfaatkan hubungan antar komputer dan tempat penyimpanan untuk penyebaran virus. Re:Thanks. Virus Dropper suatu program yang dimodifikasi untuk menginstal sebuah virus komputer yang menjadi target serangan. Saat akan menggunakan komputer(restart).COM. Re:Hi.BIN.DRV.exe atau melalui Command. antara lain : . *.exe. 39 . Tapi bisa juga menginfeksi file *. Virus boot sector terbagi dua yaitu virus yang menyerang disket dan virus yang menyerang disket dan tabel partisi. setelah terinstal.aplikasi P2P. Attachment-nya juga bermacam-macam. maka virus ini akan menginfeksi Master Boot Sector dan System Boot Sector jika disket yang terinfeksi ada di drive disket/tempat penyimpanan.

worm tidak menyerupai virus karena tidak menginfeksi program komputer lainnya. Akan tetapi. Virus Macro virus yang dibuat dengan memanfaatkan fasilitas pemrograman modular pada suatu program aplikasi seperti Ms Word. Ukuran-ukuran file tidak berubah setelah virus menginfeksi file. file *. Oleh karena itu.Virus Script/Batch awalnya virus ini terkenal dengan nama virus batch seperti yang dulu terdapat di file batch yang ada di DOS. Corel WordPerfect dan sebagainya. VBscript. Virus Stealth virus ini menggunakan cara cerdik. yakni dengan memodifikasi struktur file untuk meyembunyikan kode program tambahan di dalamnya. Ms Excel. Virus Polymorphic dapat dikatakan virus cerdas karena virus dapat mengubah strukturnya setelah melaksanakan tugas sehingga sulit dideteksi oleh Antivirus. Dalam perkembangannya Worm mengalami “mutasi genetik” sehingga selain membuat suatu file baru. 40 . Semua jenis virus lain juga memanfaatkan kode ini. Worm tidak digolongkan ke dalam virus. Walaupun virus ini terdapat didalam aplikasi tertentu tetapi bahaya yang ditimbulkan tidak kalah berbahanya dari virus-virus yang lain.Virus script biasanya sering didapat dari Internet karena kelebihannya yang fleksibel dan bisa berjalan pada saat kita bermain internet. virus jenis ini biasanya menumpang pada file HTML (Hype Text Markup Language) dibuat dengan menggunakan fasilitas script seperti Javascript. ia pun akan file *.4 maupun gabungan antara script yang mengaktifkan program Active-X dari Microsoft Internet Explorer.COM berjalan sebelum Worm ini adalah sebuah program yang bersifat parasit karena dapat menduplikasi diri. Penyebarannya pada komputer lainnya melalui jaringan. Mainframe adalah jenis komputer yang sering diserang Worm. Alasannya.EXE. Kode ini memungkinkan virus ini dapat menyembunyika diri. Virus Companion virus jenis ini mencari file EXE untuk membuat sebuah file COM dan menyalin untuk meletakkan virus.

com" karena itu sebenarnya bukannya patch security tetapi virus Trojan yang bisa mengacaukan sistem keamanan. Windows NT dan Windows XP. misalnya melakukan format Backdoor Alnica virus yang juga berbahaya ini merupakan salah satu tipe virus Trojan Horse. Windows Me. Namun akhirnya virus menjadi berbahaya. ini biasa disebut virus Hybrid.com" dan ditandatangani secara digital. Trojan menginfeksi komputer melalui file yang kelihatannya tidak berbahaya dan biasanya justru tampaknya melakukan sesuatu yang berguna. Virus ini berukuran sebesar 57. Virus ini juga pernah menyerang sistem keamanan Windows tahun 2003 dengan subyek menawarkan solusi keamanan.berusaha menempelkan dirinya sendiri ke suatu file. hardisk. E-mail peringatan dari Red Hat biasanya selalu dikirim dari alamat "secalert@redhat. Sistem operasi yang diserang oleh virus tersebut antara lain : Windows 200. Windows 95. Trojan horse disebut juga kuda troya. Salah satu contoh virus ini adalah virus Mystic yang dibuat di Indonesia. 41 . Windows 98. Virus Hybrid virus ini merupakan virus yang mempunyai dua kemampuan biasanya dapat masuk ke boot sector dan juga dapat masuk ke file.856 byte Trojan di Linux Para pengguna linux Red Hat diharapkan untuk berhati-hati terhadap PATCH yang dikirm melalui e-mail dengan alamat "security@redhat. Merupakan salah satu virus backdoor yang jika berhasil menginfeksi komputer akan mampu melakukan akses dari jarak jauh dan mengambil segala informasi yang diinginkan oleh si penyerang.

Basis data virus signature ini dapat diperoleh dari vendor antivirus dan umumnya dapat diperoleh secara gratis melalui download atau melalui berlangganan (subscription). Cara ini terbilang cepat dan dapat diandalkan untuk mendeteksi virus-virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus. daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya. Cara ini sering disebut juga sebagai Behavior-blocking detection. Cara ini menggunakan policy (kebijakan) yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika ada kelakuan perangkat lunak yang “tidak wajar” menurut policy yang diterapkan. Umumnya. Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja: Cara kerja antivirus seperti ini merupakan pendekatan yang baru yang dipinjam dari teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS). Keuntungan dari cara ini adalah antivirus dapat 42 . maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak tersebut. yang mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. tapi tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga basis data virus signature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem. dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya. atau ketika disimpan). Antivirus juga dapat mengisolasi kodekode yang dicurigai sebagai virus hingga administrator menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya. dimodifikasi. perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka. ukurannya. Sebagian besar antivirus bekerja dengan beberapa metode seperti di bawah ini: Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature database): Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional.ANTI VIRUS Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. seperti halnya perangkat lunak yang mencoba untuk mengakses address book untuk mengirimkan e-mail secara massal terhadap daftar e-mail yang berada di dalam address book tersebut (cara ini sering digunakan oleh virus untuk menularkan virus melalui e-mail). Disebut juga Virus Protection Software.

com Quick Heal http://www.com. DataMedic.com SpIDer Guard http://www.au 43 .de ViRobot.grisoft.com/virusinfo/ waVe Antivirus http://www. Live-Call http://www.com F-Prot Antivirus http://www.asw.dials.ansav.ro AntiVir dan AntiVir Personal Edition http://www. Beberapa antivirus juga menggunakan dua metode di atas secara sekaligus.cz Anyware AntiVirus http://www.com.mendeteksi adanya virus-virus baru yang belum dikenali oleh basis data virus signature.rav.com RAV AntiVirus http://www.helpvirus.html eTrust http://www.centralcommand.ikarus-software.kaspersky.com Avast http://www. Tabel berikut berisi beberapa antivirus yang beredar di pasaran Produk Situs Web eSafe http://www.com/command/index.cyber. Antivirus yang menggunakan behavior-blocking detection ini masih sedikit jumlahnya.authentium.quickheal.hauri.fsecure.com Ansav http://www.com Command AntiVirus http://www.hiwire.co.ru NOD32 http://www.com Vexira Antivirus http://www.nod32. terjadi false positive. Beberapa produsen menyebut teknik ini sebagai heuristic scanning. kemungkinan besar semua antivirus akan menggunakan cara ini.com/ AVG Anti-Virus http://www.leprechaun.com VirusBUSTER II http://www. tapi di masa yang akan datang.sg Die Klinik http://www. maka seringnya antivirus membuat alarm palsu atau “False Alarm” (jika konfigurasi antivirus terlalu “keras”).at Kaspersky Anti-Virus (AVP) http://www. jelas karena antivirus memantau cara kerja perangkat lunak secara keseluruhan (bukan memantau berkas).ca.f-prot.kr WinProof dan ExcelProof http://www.aks. Kekurangannya. atau bahkan mengizinkan virus untuk berkembangbiak di dalam sistem (jika konfigurasi antivirus terlalu “lunak”).antivir.com F-Secure Anti-virus http://www.

bitdefender.sophos.no Panda AntiVirus dan NanoScan http://www.com Trend Virus Control System dan PC-Cilin http://www.mks.com ZoneAlarm AntiVirus http://www.microworldtechnologies.safe.com atau http://www.messagelabs.bullguard.com Norman Virus Control http://www.com/ BullGuard Antivirus http://www.live.htm Protector Plus http://www.symantec.vbuster.com VirusNet PC and VirusNet LAN http://www.com Sophos Anti-Virus http://www.com Per AntiVirus http://www.trendmicro.pl McAfee Anti-Virus dan McAfee Virus Scan http://www.invircible.email scanning services http://www.sybari.com/viruseye/ eScan http://www.com Antigen for Microsoft Exchange http://www.com/2008/10/macam-macam-virus-komputer.com/ sumber:http://mujitea.org PCMAV Windows Live OneCare dan Microsoft ForeFont http://onecare.clamav.pandasoftware.com VirusBuster http://www.pspl.com Norton Antivirus dan Symantec Antivirus Corporate Edition http://www.blogspot.mcafee.zonealarm.com InVircible AV http://www.html 44 .net BitDefender http://www.com/antivir.com.norman.nai.hu ClamAV http://www.persystems.com MKS Vir http://www.

Setelah anda mengetahui apa itu komputer. komputer adalah suatu perangkat elektronik yang terdiri dari berbagai macam komponen yang semuanya saling mendukung kerja sistem komputer. Komputer memiliki banyak manfaat yang tujuannya untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan lebih mudah bahkan semua pekerjaan yang seharusnya kita kerjakan dapat dikerjakan oleh komputer seperti robot yang sudah di program untuk melakukan suatu pekerjaan-pekerjaan khusus atau ada juga robot yang dikendalikan dengan remote control. dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat maka merupakan kewajiban bagi kita untuk selalu bersikap dinamis dalam menyikapi perkembangan tersebut. Yang pertama adalah tentu harus ada CPU karena semua pusat kendali berada 45 . maka sekarang saatnya anda juga harus mengetahui komponen-komponen yang ada pada komputer. seperti kita lihat bahwa berbagai peralatan elektronika sekarang tidak menggunakan sistem analog lagi seperti dulu tetapi sekarang banyak peralatan elektronika yang sudah beralih ke sistem digital yang memiliki fungsi dan filtur yang lebih canggih. Zaman sekarang komputer merupakan sesuatu yang mutlak yang harus diketahui oleh setiap orang karena komputer erat kaitannya dengan perkembangan teknologi di dunia. Komponenkomponen pada komputer ada 2 yaitu komponen internal & eksternal. Ada 4 komponen eksternal yang harus ada untuk bisa mengoperasikan sebuah komputer.Pengenalan Dasar Tentang Komputer Tentu anda sudah mengetahui apa itu yang namanya komputer.

... kalau tumpul bisa diraut. selalu kunjungi blog ini agar anda bisa mendapatkan informasi-informasi menarik dari saya. modem terdiri dari modem GPRS. yang kedua adalah Monitor karena monitor berfungsi untuk menampilkan semua proses yang dilakukan oleh CPU sehingga kita bisa melihat data-data yang ada pada komputer tersebut. Komputer juga bisa untuk lemparlemparan. Komputer tumpul. Pensil bisa menulis di atas air. yang ketiga adalah mouse. Pensil bisa untuk main lempar-lemparan. Untuk penjelasan tentang komponen-komponen internal pada komputer akan saya tulis pada posting saya yang akan datang. Pensil bisa diselipkan di telinga. Ujung pensil. apa kabar ? 3. Pensil harganya murah. ADSL. tapi siapa mau coba rasa lemparan komputer ? 46 . dan yang keempat adalah keyboard karena semua teks yang dimasukkan maupun perintah bisa dilakukan dengan menekan tombol pada keyboard. Komputer juga bisa. 13 Keunggulan Pensil lawan Komputer 1. disebut mouse karena memang mirip dengan tikus. speaker yang berfungsi untuk bisa mendengarkan sound pada komputer. dan masih banyak lagi komponen eksternal yang bisa kita tambahkan. Komponen-komponen eksternal lainnya yang merupakan pendukung adalah Printer yang berfungsi untuk mencetak teks atau gambar dari komputer ke atas kertas. pensil masih bisa dipakai nulis. asal bayarnya pakai potong gaji 4. Pada kejadian yang sama. komputer malah digondol maling 6... CD/DVD-Rom/RW yang berfungsi untuk membaca atau menulis Disk CD/DVD. atau berbagai jenis modem lainnya yang fungsinya untuk bisa terhubung ke internet. fungsi mouse adalah untuk menggerakkan kursor pada monitor sehingga kita mengoperasikan komputer tersebut. tapi telinga siapa ? 2. Listrik padam. Komputer juga murah..pada CPU. Komputer ? hehehe… 5.

Mempermudah pekerjaan. jawaban mereka antara lain : 1. Pensil bisa dipakai korek-korek hidung.7. Setiap orang memiliki alasan yang berbeda bila mereka di tanya tentang apa fungsinya komputer. tidak keras bunyinya. tapi bantalnya tidak boleh ditiduri 11. tanpa dibuatkan program. Pensil basah. Itulah. Komputer tanpa program. nyetrum ! 13. Apa bisa ? 10. Komputer juga boleh. tapi jangan hidung saya ya ? 8. 2. Kuno dan gaptek. kata orang yang baru bisa beli pensil! Fungsi dan Manfaat Komputer oleh Dunia Komputer pada 28 Oktober 2009 jam 2:51 Pada zaman sekarang bila seseorang tidak mengerti komputer dibilang ketinggalan zaman. Jatuhkan komputer Anda. Pensil boleh ditaruh di bawah bantal. apa jadinya ? 12. karena komputer merupakan sarana mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan. bisa untuk nulis dan menggambar. Komputer kayaknya bisa. bisa dijemur. Pensil ngga bisa kena virus Michael Angelo. kemudian Anda tidur. Komputer basah. Komputer gudangnya virus 9. Sementara di bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer. Pensil. Sebagai Alat komunikasi 47 . Pensil jatuh. tidak mengganggu orang tidur.

Kompter Sebagai Sarana Komunikasi Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita. Di dalam dunia komputer semua hal. tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita. Sekarang mari kita bahas apa fungsi dan manfaat komputer bagi kita : 1. 2.3. mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang. kita dapat menggunakan fasilitas telepon. Komputer sebagai sarana mempermudah kerja : Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah. sehingga mereka tidak menganggap komputer itu penting dan hasilnya pada generasi penerusnyapun mereka tidak menekankan atau mendidik anak-anak mereka untuk dan harus mengerti bidang komputer. selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali. dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali. semua bidang mata pelajaran. sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen. Juga banyak orang tua yang di lahirkan pada zaman tempo dulu tidak mengerti sama sekali manfaat komputer. perkuliahan dan usaha ada di komputer. bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik. Dengan komputer kita dapat : • • • • • Berbicara dengan teman atau saudara kita Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating) Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email) Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll 48 . Sebagai alat untuk hiburan Sebagian besar orang akan menjawab 3 alasan diatas. bahkan pendidikan dan ilmu pengetahuan lebih komplit bila diperoleh dari komputer dengan media Internet dibandingkan dengan pelajaran atau Ilmu yang di dapatkan dari Sekolah.

Setiap aplikasi yang kita install pasti ada menu bantuannya (Help) yaitu tutorial cara menggunakan program dan pelatihan. Komputer sebagai Alat Hiburan Dahulu alat hiburan kita hanyalah Radio. Power Point . • Selain dari aplikasi yang kita install. dan tempat-tempat kursus. dengan aplikasi ini kita menjadi seorang yang mahir di bidang persentasi. atau Webcam Nonton TV. dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir di bidang disain arsitektur dll. dari saluran TV Reciver yang kita pasang pada komputer atau melalui TV Chanel Online dengan Internet • • 4. Dengan menggunakan Komputer yang terhubung dengan Internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan Ilmu pengetahuan. • Aplikasi yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang seperti : Adobe photoshope. bila kita terhubung dengan Internet kita dapa memperoleh pendidikan atau Ilmu pengetahuan seperti : Sejarah. Dengan komputer kita dapat mengghibur dirikita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer antara lain : • • • Mendenar lagu-lagu atau musik melalui CD/DVD atau melalui Internet Menonton Vidoe lewat kaset CD/DVD atau melalui Internet Bermain Game. dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir bidang grafis. antara lain : • Dari aplikasi yang kita Install. 49 . Televisi dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. dengan aplikasi game yang kita Install sendiri atau Game online dengan Internet. Televisi. Koran.3. tape. Autocad . Berhubungan dengan teman melalui fasilitas Chating. Komputer Sebagai Alat Pendidikan Dahulu fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui Sekolah. dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media Radio.

Sosial. Bahasa (segala Bahasa dapat di peroleh). Informasi Pekerjaan. Ekonomi. mencari kejadian atau berita dalam dan luar negeri Informasi Cuaca. Biologi. Politik. Kedokteran atau Kesehatan. Website Designe. mencari peluang untuk membuka usaha dan masih banyak lagi informasi yang dapat kita peroleh dari Komputer yang terhubung dengan Internet. Komputer Sebagai Sarana Informasi Dengan komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan seperti : • • • • • • • • • Informasi pendidikan. Komputer Sebagai Sarana Usaha Selain untuk komunikasi. Informasi Berita. mencari tips kesehatan serta tempat2 untuk pengobatan. Mempermudah pekerjaan. komputer juga dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan penghasilan bagi kita antara lain : • • • Membuat Rental Komputer Membuat Warnet Membuat Usaha percetakan 50 . pengetahuan Agama dll. 5. Matematika. mencari produk yang kita inginkan. serta alat hiburan. Tempat-tempat Pendidikan Informasi Hiburan. Informasi Politik Informasi Perdagangan Informasi Usaha. menjari lowongan kerja. mengetahui situasi lalulintas Informasi Kesehatan. • • • • 6.Kebudayaan. mengetahui keadaan cuaca saat ini Informasi Lalulintas. mencari tempat-tempat Hiburan Informasi Travel. mencari dan memesan tiket transprotasi Informasi Produk.

Membuka Usaha disain Grafis untuk periklanan Membuka Usaha disain Website Membuka Usaha programer akounting dan keuangan Membuka Usaha Kursus Komputer Membuat Jasa Website sebagai media Informasi Mengarang dan membuat buku Online yang dapat di jual dll 7. Komputer Sebagai Sarana Kontrol Dibeberapa pabrik. Dengan adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan seperti chating dan game. Perhotelan. banyak sisi negatif yang di timbulkan oleh pengguna komputer antara lain : 1. orang banyak yang terlena sehingga mereka lupa terhadap tugas dan tanggung jawap mereka.• • • • • • • • • • • • Membuat usaha Vidoe Editing Membuat Usaha Ringtone dan Wallpaper ke Hp Membuat Usaha Sablon Membuat usaha Service dan Install Komputer Software Membuka usaha Disain Arsitektur. bekerja dll. 51 . dan perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau mengoperasikan system seperti : • • • • • • • • Mengontrol kamera security Mengontrol pengoperasian mesin Robot pabrik Mengontrol Escalator Pengontorlan pencahayaan untuk lampu Studio rekaman Pengontrolan peralatan Editing Video Pengontrolan tata lampu traffic jalan Pengontrolan system jaringan Network dll Tapi dari segala hal-hal yang positip yang dapat diperoleh dari komputer. seperti belajar.

soft-copy (ke monitor). Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas). I/O Ports Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. 3. Programer yang terkenal dengan sebutan Hacker. Dengan mengakses situs2 yang menampilkan gambar serta video porno dapat merusak akhlak seseorang.2. Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Banyak terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah. 3. Adapun fungsi dari masingmasing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut: 1. Input Device (Alat Masukan) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer 2. tetapi untuk membantu manusia dalam mempermudah segala bidang pekerjaan Struktur dan Fungsi Komputer 12 Nov Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait. ataupun berupa suara. Output Device (Alat Keluaran) 2. 4. Tapi kesemuanya itu baik dan buruknya fungsi komputer tergantung kepada si pemakainya. 52 . serta dapat merusak system orang. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini. yang dapat mengambil data seseorang untuk diperjual belikan. dan saya yakin bahwa komputer di ciptakan bukanlah untuk membuat hal yang buruk. Fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masingmasing komponen sebagai bagian dari struktur.

Control Bus Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus.4. 8. yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data. artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel. Pada jalur ini. dan memiliki dua bagian fungsi operasional. Data BusAdalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Address Bus Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.Address bus biasanya terdiri atas 16. Memori Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. 16. 32. 20. atau 64 jalur paralel. atau 32 jalur paralel. 5. 53 . Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data. maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Sifatnya bidirectional. 7. Data bus biasanya terdiri atas 8. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. 24. dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer. CPU (Central Processing Unit) CPU merupakan otak sistem komputer. 6.

Cara menggunakan komputer dengan baik Komputer memiliki prosedur yang harus kita perhatikan. Standbay. Membuat server di komputer lokal bisa dilakukan dengan install software server di hardisk lokal komputer tersebut. MySQL. * Hidupkan CPU (Central processing unit) dengan menekan tombol on atau power di casing. 2 Turn Off. 3. * Tunggu hingga booting selesai.Restart. * Hidupkan Monitor dengan menekan tombol on pada monitor. sehingga lebih hemat. cepat dan aman 54 . Manfaat membuat server di komputer lokal umumnya untuk pengembangan aplikasi berbasis PHP dan Perl. lalu akan muncul tampilan windows yang kita pergunakan. * setelah muncul tampilan yang menampilkan 3 pilihan yaitu : 1. Software server yang cukup populer dan gratis adalah XAMPP (singkatan dari Cross-Platform (X) Apache. PHP and Perl) yang merupakan software open source. Langkah pertama yang harus anda ketahui adalah bagaimana cara mengaktifkan dan mematikan komputer dengan benar. Prosedur untuk mematikan komputer dengan baik dan benar adalah: * Klik tombol start yang berada pada taskbar. * Lalu klik tombol Turn Off Computer. Prosedur untuk mengaktifkan komputer dengan baik dan benar adalah: * Pastikan semua kabel power sudah terhubung dengan aliran listrik. tanpa harus menyewa server atau hosting berbayar (selain butuh modal lokasinya juga jauh). * Nah anda pilih yang turn off.

Untuk pemula pilih saja “Basic Package“. 3. Pilih versi “Installer” dan download ke komputer dengan klik “Save File“. 1.7.Langkah-langkah install server XAMPP di server tergantung sistem operasi komputer yang kita gunakan. Pilih bahasa yang ingin kita gunakan. 4.html pilih versi software XAMPP 2.bekerja di komputer sendiri tanpa koneksi internet. 55 .exe“).org/en/xampp. Langkah instalasi server XAMPP berikut lebih ditujukan pada pengguna Microsoft Windows Vista maupun XP. Download software XAMPP terbaru di: http://www. WordPress adalah salah satu aplikasi berbasis PHP sehingga nantinya server ini bisa kita manfaatkan untuk membuat blog tanpa koneksi internet. 5. Paket ini sudah berisi beragam aplikasi berguna dan tambahannya seperti phpMyAdmin (yang akan kita gunakan untuk install wordpress nantinya). jadi sebaiknya pilih “English” saja.1installer.apachefriends. Jalankan file yang telah kita download tadi (contohnya: “xampp-win32-1. Pilih paket yang kita inginkan. Sayangnya belum ada pilihan bahasa Indonesia.

XAMPP menyarankan agar tidak menginstall software ini di folder “Program Files” (misalnya C:\Program Files\xampp).XAMPP Setting Instalasi 6. Pada halaman berikutnya biarkan pilihan default yang ada. Defaultnya adalah di lokal hardisk. 56 .exe” di folder instalasi XAMPP. Instalasi selesai. 8. Silahkan di cek dengan membuka aplikasi “XAMPP Control Panel” melalui menu program “Start > All Programs > Apache Friends > XAMPP > XAMPP Control Panel” atau klik file “xampp-control. Pilih lokasi instalasi yang kita inginkan. dan klik “Install“ 9. Klik “Next” pada halaman pertama “XAMPP Setup Wizard“ 7.

Buka aplikasi server XAMPP 10. 11. Klik “Unblock” untuk mengijinkan aplikasi software ini berjalan. mozilla firefox. Cek server lokal yang telah kita buat dengan mengetikkan “localhost” (http://localhost) di browser yang kita gunakan (internet explorer. akan muncul tampilan berikut.ditandai dengan warna hijau dan tulisan running di sampingnya. Indikator kedua aplikasi “Apache” dan “MySQL” sudah jalan . Tampilan Sofware Server XAMPP 13. Bila berhasil di install. sebelum kita benar-benar siap untuk membuat blog kita. Jika instalasi benar harusnya muncul tampilan seperti berikut. opera. Klik “start” satu per satu yang ada di samping “Apache” dan “MySQL“. Terutama kita akan gunakan untuk ngeblog tanpa koneksi internet. Dalam tulisan selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara install wordpress di komputer lokal. dll). Pada setiap tombol “start” yang diklik akan muncul peringatan dari windows firewall bila sedang aktif. MENGATASI KOMPUTER LEMOT 57 . Sekarang kita sudah memiliki web server di komputer lokal yang bisa kita gunakan untuk beragam hal.

Memang yang paling mudah adalah menginstal ulang seluruh sistem Anda. Anda harus perhatikan apakah heatsink fan prosesor masih bekerja dengan baik untuk menjamin panasnya prosesor bukan disebabkan oleh pendinginnya yang bekerja kurang optimal. ini tentu bukan jalan yang terbaik. baik dalam membuka suatu aplikasi. Setelah bekerja secara terus menerus. apakah masih bekerja secara optimal. Beragam sebab bisa menjadi pemicu kelambatan PC tersebut. Maklum. Cek Hardware Anda Anda juga bisa mengecek perangkat-perangkat yang terpasang. 1. Kalau kondisinya begini. Untuk mengatasi masalah ini. Update-lah secara berkala agar virus-virus baru bias terdeteksi sekaligus dibunuh sehingga kinerja PC tidak terganggu. Suhu prosesor juga perlu Anda periksa. Power supply misalnya. Kalau Anda rasa aplikasi yang Anda jalankan makin banyak. makin lama PC terasa semakin lambat. Anda bisa membunuh virus-virus ini dengan antivirus yang bagus. Memori juga demikian. Apalagi virus yang menyerang aplikasi-aplikasi tertentu dan menyebabkan kerusakan. Agar tidak terjadi hal demikian. makin panas prosesor tentu kinerjanya akan semakin berat. Beberapa virus memang bisa bikin kinerja PC menurun. kemungkinan terjadi penurunan kinerja. Penggunaan thermal grease juga dianjurkan untuk mengatasi panas prosesor. apakah perlu memori tambahan agar kinerja sistem bisa lebih baik. ganti power supply-nya dengan yang baru. cara yang paling ampuh adalah dengan menggunakan antivirus. beragam cara bisa dilakukan. 2. Cara paling efektif buat mengidentifikasi sekaligus mengatasi masalah semacam ini adalah dengan menempuh beberapa langkah. Namun. maupun ketika mencari data? Apakah ini Cuma perasaan saja? Bisa jadi ini bukan perasaan. Anda bias mengkalkulasikan. tapi kenyataan yang Anda hadapi. Anda juga tidak akan tambah pintar troubleshooting. Scan dengan Antivirus Salah satu penyebab paling umum PC jadi mengendor kerjanya adalah virus. Selain merepotkan. 58 .Pernahkah Anda rasakan. Tentunya ini akan mempengaruhi kecepatan proses kerja sistem. bisa karena hardware maupun software-nya. Biasanya langkah-langkah ini cukup jitu untuk meningkatkan kembali performa PC Anda agar kembali seperti sediakala. Untuk mengatasinya.

Anda juga bisa mengupdate beberapa driver vital untuk memperbaiki performa kerja perangkat.3. Trik lainnya adalah menguninstall aplikasiaplikasi yang tidak terlalu dipakai namun Anda punya software-nya. semisal fitur Top Performance diatur pada posisi enable. Pengusaha bernama Naomi Susan kala itu tercatat sebagai pembeli laptop termahal di Indonesia. Komputer Termahal Di Dunia Beberapa waktu silam. Untuk menanggulanginya. Cek Setting di BIOS Langkah lain yang bisa dilakukan adalah memperhatikan beragam setting pada BIOS di motherboard Anda. Apalagi kalau file tersebut berada pada posisi yang terpencar-pencar di dalam harddisk. seorang pengusaha Indonesia namanya tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI). 6. Anda bisa membuang file-file yang tidak perlu. Laptop itu 59 . dan lain-lain.Untuk mengurangi masalah kelambatan PC yang disebabkan oleh hal ini. Defrag Harddisk Banyaknya file yang sudah membebani harddisk juga akan mempengaruhi kecepatan sistem dalam beroperasi. Apabila terdapat konflik driver. Tak tanggung-tanggung. Pastikan kecepatan prosesor. Hapus File-File Sampah Harddisk yang terlalu disesaki dengan beragam file juga akan memperlambat sistem. Anda bias uninstall dulu untuk kemudian menginstal kembali driver yang sesuai. 4. Update BIOS dengan yang terbaru juga bias mengurangi kelambatan sistem Anda. memori. Ini akan sangat terasa jika space kosong harddisk tinggal beberapa MB lagi. dan lain-lain sudah sesuai. Cek Driver Anda juga bias memperhatikan driver-driver yang terpasang untuk masingmasing perangkat. Anda bisa mendefrag harddisk secara reguler. 5. Jangan lupa pula untuk menghapus secara berkala beberapa file cookies dan filefile yang tidak berguna lainnya yang biasanya tersimpan dalam folder Temp atau Temporary Internet Files. Di sini Anda juga bias mengatur beberapa setting agar kecepatan kerja bisa bertambah. Kalau diperlukan baru diinstal kembali.Begitu pula untuk memori Anda bisa tingkatkan CAS Latencynya.

dan graphics card Nvidia 7200 GS. dan juga berlian. Komputer buatan perusahaan Jepang Zeus Computers ini harganya dibandrol USD600 ribuan atau setara dengan sekitar Rp5. disc reader 24-in-1. Namun.00 Ghz. berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut. Perangkat lunak komputer berfungsi untuk : 1. Tak hanya ratusan juta. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol. platina. Yang berlapis emas diberi nama Mars. sedangkan yang berlapis platina dinamai Jupiter. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer. sebenarnya PC ini tak jauh beda dengan PC-PC biasa. Harganya sekitar Rp140 jutaan. jika dibelikan PC biasa. motherboard ASUS P5KPL MATX.berlapiskan emas dan berlian. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. uang sejumlah itu bisa digunakan untuk membeli 30-an PC terkini. 60 . Dengan spesifikasi ini. PC ini memang sepertinya hanya untuk “pajangan” untuk menunjukkan gengsi pemiliknya saja. Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. para pecinta game tidak mungkin bermain game-game berat semacam Crysis. Komponen prosesornya Intel Core 2 Duo 3. kalau dari segi kemampuan. Jadi. Tapi. PC termahal di dunia ini dilapisi dengan emas murni. Karena logam dan batu mulia inilah harga PC tersebut jadi supermahal. CD/DVD/Blu-Ray player. RAM 2 GB. Dengan harga setara. Call of Duty.5 miliar lebih! Diberitakan oleh Sofpedia. Mengidentifikasi program 2. rupanya rekor yang ditorehkan itu belum apa-apa jika dibandingkan dengan personal computer (PC) yang satu ini.

Microsoft Windows. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien. memori. / 2000/XP Memelihara keamanan sistem. 3. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Sistem Operasi (Operating System). Windows ’95″. Sistem Operasi (Operating System) Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input.3. Program Aplikasi (Aplication Programs) 61 . output. yaitu : 1. penjadwalan prosesor. tabel pengkodean. dan Unix. Bahasa Pemrograman (Programming Language). Linux. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah : • • • • • Menyimpan program dan aksesnya Membagi tugas di dalam CPU Mengalokasikan tugas-tugas penting Merekam sumber-sumber data Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan. Program Aplikasi (Application Programs). Windows NT”. Macam-macam Perangkat Lunak Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam. menghapus dan mendapatkan data Memeriksa kesalahan sistem Multitugas pada OS/2″. Program Bantu (Utility) 1. misalnya : Disk operating System (DOS). 4. 2. dan lain-lain. Windows ’98″. 2. khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID • • • Contoh Sistem Operasi.

Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu. Contoh software ini adalah : Visual Basic. Delphi. PASCAL. Program Bantu (Utility) 62 . agar diterima oleh komputer. yaitu : • Bahasa tingkat rendah (low level language) Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler). program presentasi. mengelola lembar kerja. • Bahasa generasi keempat (4 GL) Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Visual C++ 4. COBOL. Contohnya : BASIC. dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1. • • Bahasa tingkat tinggi (high level language) Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Ada 3 level bahasa pemrograman. dan lain-lain. design grafis. 3. misalnya program pengolah kata. Bahasa Pemrograman (Programming Language) Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu. FORTRAN.

dan 320 GB.2 Gigabyte (GB). Jika hardisk dibuka. 160 GB. Adayang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Hardisk Harddisk drive (HDD) merupakan tempat menyimpan data pada CPU. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. kebetulan yang akan di share hanya perangkat keras komputer untuk pemakaian pribadi bukan untuk pemakaian kantoran: A. ada yang 1.1. maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. adalah: A. Perangkat keras yang biasanya terdapat pada CPU. 63 . Contoh software ini diantaranya : • • • • Norton Utility Winzip Norton Ghost Antivirus Perangkat Keras Komputer dan Jenisnya . Satu GB sama dengan 1000 Megabyte. CPU (Central Processing Unit) Central Processing Unit jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Unit Pengolah Pusat.Kemaren rencananya saya mau membeli komputer atau laptop. mengkompres file. dan lain-lain. 80 GB. laptop mudah dibawabawa alias mobilitas tinggi sedangkan komputer (PC) bisa di gonta-ganti onderdilnya dengan mudah tapi mobilitas nol. Di dalam CPU terdapat berbagai macam perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan komputer. Kecepatan putarannya bervariasi.Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer. mengopi data. sedangkan 1 Megabyte sama dengan 1000 Kilobyte. Dengan google kerja menjadi mudah. ragu juga memilihnya. Besarnya bervariasi. Karena hoby saya oprekoprekan maka saya cobalah melihat jeroan dari PC alias Perangkat Keras Komputer. ini ada sedikit tentang Perangkat Keras Komputer dan Jenisnya yang saya rangkum dari berbagai sumber. misalnya memformat disket.

Floppy Disk Drive Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Prosesor Nah.4.2. Jika komputer dihidupkan.4 GHz (Giga Hertz).A. AMD dan IBM. CD-ROM drive CD-ROM (singkatan dari Compact Disc . maka data di RAM akan hilang. inilah Brain (otaknya) komputer. Kecepatan membaca data RAM ini lebih cepat jika dibandingkan dengan Harddisk. Gunanya adalah untuk penyimpanan data sementara sewaktu digunakan oleh prosesor. dan tidak dapat ditulisi). Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW. seperti 550 MHz (Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang mencapai 1. Sebuah magnet akan membaca atau menulis data pada disket itu.Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Oleh karena itu setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (heat sink) dan kipas pendingin. A. Cara kerja floppy disk hampir sama dengan harddisk. A. Jikakomputer di matikan. CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca.4 Megabyte. Plat bundar berisi data dalam disket akan diputar oleh motor dalam floopy disk drive. masih banyak orang yang menggunakan floppy disk berukuran 5 1/4 inchi (disket besar).3. Saat ini prosesoryang banyak digunakan adalah Intel. Prosesor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya. A. alat utamayang diperlukan adalah CD Drive. yang menyimpan data sebanyak 700 Kilobyte.5. 64 . Untuk dapat membaca isi CD-ROM. Memori Memori dikenal juga dengan sebutan RAM (Random Acces Memory). Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita. Beberapa tahun lalu. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran (3 1/2 inchi) dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1. maka prosesor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya.

Mouse Mouse adalah peralatan input yang mempunyai sejumlah tombol.Perangkat Input Komputer B. Tombol pada mouse digunakan untuk memilih item. Kartu Grafis (VGA Card) Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Perpindahan dengan tangan sepanjang permukaan mouse. sehingga kita seolah-olah berada ditempat kejadian. Kartu Suara (Soundcard) Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara. Kalau kita sedang mendengar musik ataupun bermain game.Motherboard Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk berfungsi untuk tempat semua alat utama CPU yang telah disebutkan di atas. dan membuat pilihan pada layar.2. B. Motherboard menghubungkan semua peralatankomputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar. A. Suaranya bisa stereo. 32 hingga 128 Megabyte. Tetapi perangkat ini kurang lengkap jika tidak ada speaker. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.A. Mouse secara significant dapat mereduksi input yang imasukkan oleh pemakai melalui serangkaian 65 . kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya.7. A. akan merubah posisi tampilan pada layar yang merefleksikan perpindahan tersebut.8. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Karena itu kita perlu menghubungkan speaker dengan soundcardyang telah terpasang dengan sebuah kabel yang disambung langsung ke soundcard.6.1. surround (berputar) bahkan suara 3 dimensi. Keyboard Keyboards memungkinkan seorang user untuk memasukkan perintah dan data ke dalam system komputer. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Saat ini ada VGA dengan memori 16. perangkat ini sangat bermanfaat. B. Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan perusahaan Nvidia.

Monitor dengan resolusi screen yang lebih tinggi semisal 1024x768 membutuhkan ukuran monitor yang lebih lebar missal 21" (jika tidak maka akan kelihatan kecil sekali gambarnya jika ditampilkan dalam monitor berukuran 14"). 15". resolusi screen yang berbeda yang merujuk pada jumlah titik yang bisa ditampung dalam koordinat X dan Y (640 x 480. Printer berwarna lebih lambat dan lebih mahal daripada printer hitam putih. untuk mencegah tampilan gambar pada screen terlihat berkedip-kedip (flickering). atau 800 x 600). Perangkat Output C. dan juga membutuhkan refresh rate yang lebih tinggi semisal 72Hz. maka semakin mahal. yang menunjukkan berapa kali per detik suatu gambar dapat ditampilkan pada screen (60Hz berarti 60 kali per detik). C. dan semakin luas gambar yang dapat ditampilkan pada monitor. Printer ada yang berwarna (color) dan ada yang hitam putih (black and white). Monitor memiliki beberapa variasi bentuk. C.pengetikan perintah pada keyboard dengan mengklik pada tombol mouse atau item yang tampil pada layar monitor. 17" dan lainnya.1. dan refresh rate. 14". Monitors mempunyai ukuran yang bervariasi. Perangkat Input Penunjuk Macam-Macam Perangkat Penunjuk (Pointer) Oleh Faisal Akib 66 .2. dalam bentuk teks maupun grafik. Semakin besar ukurannya (dalam inch). Juga teknologi yang digunakan untuk mencetak informasi pada kertas bervariasi tergantung tipe printer. Printer Printer digunakan untuk mencetak pada kertas apa yang ditampilkan pada screen atau untuk mencetak data yang dioleh oleh komputer. Monitor Monitor adalah peralatan yang memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi balik ke pemakai/user.

yaitu Windows 3.GAMBAR: Perangkat Input Mouse Mouse Mouse digunakan sebagai interface titik dan click. Pergerakan mouse menghasilkan suatu gerakan yang berhubungan dengan pointer pada layar monitor. Pada umumnya mouse digunakan dalam aplikasi yang berorientasi grafis. Perangkat ini pertama kali diperkenalkan oleh Macintosh dan sangat disenangi oleh pemakai. misalnya Windows produksi Microsoft. 67 . Penggunaan mouse baru marak setelah Windows muncul dengan tampilan Graphical User Interface (GUI).1.

jika ingin menggerakkan pointer mouse di layar diperlukan pergeseran mouse. yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Jenis perangkat ini perlu sering dibersihkan karena lebih mudah ditempeli kotoran dari jari tangan pengguna.GAMBAR: Trackball Trackball Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse. Bedanya. 68 . Untuk menggerakkannya dilakukan dengan menekannya dan menggerakkannya ke arah yang dikehendaki. karena dapat ditempelkan langsung pada laptop. sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki. Trackball biasanya digunakan pada komputer laptop karena dapat menghemat ruang gerak. GAMBAR: Trackpoint Pointing Stick Jenis perangkat yang biasa juga disebut stylus atau track point merupakan penunjuk yang berbentuk seperti penghapus karet pada ujung sebatang pensil yang biasanya terletak pada bagian tengah laptop.

GAMBAR: Touchscreen Touch Screen 69 . pada touch pad biasa dilengkapi dengan tombol dekat touch pad tersebut atau cukup dengan memberikan ketukan halus pada touch pad tersebut. Jenis pointer ini juga kebanyakan digunakan pada komputer jenis laptop karen menghemat ruang gerak.GAMBAR: Touchpad Touchpad Touchpad merupakan perangkat penunjuk yang berupa tempat datar guna menggeser pointer pada layar monitor dengan menempelkan jari di atasnya lalu digeser ke arah yang dikehendaki. Untuk melakukan “click”.

Lokasi sinar infra merah yang terputus oleh tekanan jari ini yang memberitahukan komputer tentang lokasi perintah yang diinginkan oleh pemakai. Pada prinsipnya sama seperti cara kerja mouse. GAMBAR: Pen-Stylus Berbentuk pena 70 . GAMBAR: Joystick Joystick Joystick biasa digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan (game). Fungsinya sama dengan mouse atau jenis pointer lainnya.Touch screen atau layar sentuh merupakan perangkat penunjuk berupa monitor yang diberi lapisan yang peka terhadap sentuhan. Layar sentuh ini biasanya terbungkus oleh bahan plastik yang dibelakangnya terdapat sinar inframerah yang tidak tampak. Hanya saja penggerak penunjuk pada layar berupa tongkat kecil.

Contoh pemanfaatan light pen yaitu pada alat pengendali lalu lintas udara pada bandara. Light pen memungkinkan pemakai menunjuk langsung ke layar di mana pemekai menghendaki pilihan atau perintah yang dijalankan. memasukkan perintah.Sistem berbasis pena elektronik memungkinkan seseorang memilih. Contoh pemanfaatan sistem komputer berbasis pena adalah pena untuk input pada PDA dan berbagai jenis komputer yang dapat digenggam. Pen based computer system: GAMBAR: Lightpen Light pen Light pen adalah perangkat penunjuk yang berupa pena dan dapat menghasilakan cahaya. 71 . yang digunakan bersamaan dengan sebuah layar yang peka cahaya (photoelectric). dan bahkan menerima input berupa tulisan tangan. jika menggunakan perangkat lunak yang dapat mengenali dan menerjemahkan tulisan tangan. Light pen biasa digunakan untuk menampilkan informasi lebih rinci mengenai sebuah pesawat dengan menunjuk perangkat input ini pada obyek tertentu yang muncul pada radar.

GAMBAR: Digitizer Digitizer Digitizer tablet merupakan salah satu perangkat digitizer yang dapat mengkonversi gambar atau foto menjadi data digital. 72 . Perangkat ini berbentuk seperti papan plastik elektronis yang dilengkapi dengan mouse atau pena elektronis. Tablet akan dapat mengkonversi gerakan tangan pemakai menjadi sebuah sinyal digital input bagi komputer.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful