http://cahyasadewa.wordpress.

com/mikrotik/ MikroTik
1. Wireless Point to Point dengan Mikrotik Router Board Kadang-kadang, pengembangan jaringan komputer pada sebuah kantor membutuhkan koneksi antar gedung untuk mendapatkan koneksi jaringan lokal yang stabil. Koneksi jaringan komputer antar gedung tersebut bisa menggunakan kabel UTP, FO (serat optik), atau wireless connection. Disini Kita akan membahas koneksi jaringan dengan menggunakan perangkat wireless point to point untuk menghubungkan jaringan komputer antar gedung. A. Uji coba koneksi dilakukan dengan kondisi lapangan sebagai berikut: 1. Gedung A telah memiliki jaringan lokal dan koneksi internet. 2. Gedung B telah memiliki jaringan lokal tapi belum terhubung dengan jaringan lokal yang ada di Gedung A. Sehingga jaringan lokal Gedung B tidak dapat mengakses server-server lokal yang ada di jaringan Gedung A. 3. Jarak Gedung A dengan Gedung B ± 50 meter. B. Peralatan yang digunakan untuk uji coba: 1. Dua buah Mikrotik Router Board. 2. Kabel UTP secukupnya yang sudah terpasang konektor RJ45 di ujung-ujungnya. C. Langkah uji coba pemasangan: 1. Konfigurasi Mikrotik Router Board. o Kedua Mikrotik Router Board channelnya disamakan. o Masing-masing Mikrotik Router Board diberi nomor IP address (tentu saja IP address yang dipasang harus berbeda namun masih dalam lingkup satu lokal jaringan). o Mikrotik Router Board untuk Gedung A di setting sebagai Access Point (default setting Mikrotik Router Board). o Mikrotik Router Board untuk Gedung B di setting sebagai Bridge dengan mencantumkan nomor mac address dari Mikrotik Router Board Gedung A. Untuk setting ini masuk ke halaman administrasi Mikrotik Router Board pilih menu Setup > AP Mode. Pilih opsi Wireless Bridge kemudian masukkan nomor mac address Mikrotik Router Board Gedung A ke salah satu kotak isian pada Wireless Bridge o Nomor mac address Mikrotik Router Board dapat ditemukan pada sticker yang tertempel di bagian bawah Mikrotik Router Board. Atau dalam halaman administrasi Mikrotik Router Board pada menu Setup > AP Mode. o Jangan lupa disimpan setiap kali melakukan perubahan setting pada Mikrotik Router Board.

Juga usahakan jangan sampai ada penghalang antar Mikrotik Router Board (misal: tembok yang tebal) sehingga dapat menghalangi sinyal komunikasi kedua Mikrotik Router Board tersebut.Sampai disini komputer-komputer yang ada di Gedung B sudah menjadi bagian dari lokal jaringan Gedung A. Konfigurasi Pada Access Point 1. Mikrotik RouterOS sendiri didesain bekerja dengan sangat baik pada mode routing. Tes koneksi: Untuk melakukan tes koneksi. Buatlah sebuah interface bridge yang baru. mode bridge ini akan membuat traffic wireless meningkat. mengingat akan ada banyak traffic broadcast dari network yang satu ke jaringan lainnya. gunakan PoE (Power over Ethernet) yang sudah banyak dijual di toko-toko komputer. Mikrotik Wireless Bridge Sering kali. jika jaringan wireless kita sudah cukup besar. berilah nama bridge1 . Setelah konfigurasi dan pemasangan MIKROTIK ROUTER BOARD selesai. o Sambungkan Mikrotik Router Board Gedung A ke jaringan lokal yang ada di Gedung A dengan menggunakan kabel UTP. langkah terakhir tinggal menyesuaikan IP address komputer-komputer yang ada di Gedung B dengan IP address komputer-komputer yang ada di Gedung A sehingga menjadi satu lokal jaringan. 1. kita menyarankan penggunaan mode routing. Kita perlu melakukan beberapa hal supaya link wireless kita bisa bekerja untuk mode bridge.1. Namun. 2. Untuk jaringan yang sudah cukup besar. A. Setelah muncul ³ping reply´ nya maka selesailah pemasangan Mikrotik Router Board. yang paling mudah adalah dengan menggunakan perintah ³ping´ dari komputer yang ada di Gedung B ke IP address Mikrotik Router Board Gedung A. Begitu juga dengan Mikrotik Router Board Gedung B disambung ke jaringan lokal Gedung B dengan kabel UTP. Mode bridge memungkinkan jaringan yang satu tergabung dengan jaringan di sisi satunya secara transparan. o Jika pemasangan Mikrotik Router Board jauh dari sumber daya listrik. o Usahakan Mikrotik Router Board ditempatkan pada titik paling luar yang saling berdekatan antara Gedung A dengan Gedung B. Namun. tanpa perlu melalui routing. Berikut ini adalah diagram jaringannya. Pemasangan alat. 1. kita ingin menggunakan Mikrotik Wireless untuk solusi point to point dengan mode jaringan bridge (bukan routing). D. sehingga mesin yang ada di jaringan yang satu bisa memiliki IP Address yang berada dalam satu subnet yang sama dengan sisi lainnya.

Jangan lupa mengaktifkan default authenticated (8) dan default forward (9). Pilihlah mode AP-bridge (4). Pengecekan link Jika link wireless yang kita buat sudah bekerja dengan baik. dan frekuensi yang akan digunakan (7). band 2. Masukkan IP Address pada interface bridge1 1. 1. pilihlah tab WDS (1). 6. Klik pada menu wireless (1). Masukkan ethernet ke dalam interface bridge 1. namun harus menentukan scan-list di mana frekuensi pada access point masuk dalam scan list ini. maka matikanlah fitur default authenticated pada wireless. D. frekuensi tidak perlu ditentukan. 7. Jika penginputan access-list telah dilakukan. Selain itu. akan muncul status R (lihat gambar di bawah).Bukalah kembali konfigurasi wireless seperti langkah di atas. Lalu tekan tombol OK. cara paling mudah untuk menjaga keamanan jaringan adalah dengan mendaftarkan Mac-address Wireless pasangan pada access list. maka tuliskanlah scan-list 2400-2500. lalu pilihlah interface wireless yang kita gunakan untuk WDS ini.1. Jika WDS telah ditambahkan. Berikutnya adalah konfigurasi WDS pada wireless interface yang digunakan. Tambahkan interface. maka pada menu wireless. maka akan tampak interface WDS baru seperti pada gambar di bawah. Konfigurasi keamanan jaringan wireless Pada Mikrotik. mode yang digunakan adalah station-wds. Lalu aktifkankanlah interface wireless (10) dan klik OK (11). pilih tab interface (2) lalu double click pada nama interface wireless yang akan digunakan (3). Lalu tekan OK. Konfigurasi pada Wireless Station Konfigurasi pada wireless station hampir sama dengan langkah-langkah di atas. mac-address dari wireless yang terkoneksi juga bisa dilihat pada jendela registration (lihat gambar di bawah). WDS baru seperti pada gambar.4GHz-B/G (6). Pada konfigurasi station. maka wireless lain yang Mac addressnya tidak terdaftar tidak akan bisa terkoneksi ke jaringan kita. tentukanlah ssid (5). Misalnya pada access point kita menentukan frekuensi 2412. . Langkah selanjutnya adalah menambahkan virtual interface WDS. Hal ini harus dilakukan pada sisi access point maupun pada sisi client. Tentukanlah WDS Mode dynamic (2) dan pilihlah bridge interface untuk WDS ini (3). kecuali pada langkah memasukkan IP Address dan konfigurasi wirelessnya. Selanjutnya adalah setting wireless interface. C.

lebih baiknya semua paket dengan cara menandainya (mark). Pada PC harus ada minimal 2 ethernet. gunakan syndrom next-next dan default 6. 2. Ikuti petunjuk yang ada. minimal Pentium II juga gak papa RAM 64. salah satunya adalah bandwidth manajemen. Boot dari CDROM. B. 8. 3. Langkah yang dilakukan untuk konfigurasi mikrotik untuk bandwidth manajemen. 5. Setelah instalasi selesai.3. Siapkan PC. Install paket-paket utama. 1 untuk koneksi internet dan 1 Untuk konenksi ke Network local yg akan di management BandWidthnya. Setelah masuk ke promt ketikkan command: .HD 500M atau menggunakan flash memory 64. PC akan restart kemudian akan muncul tampilan login. 7. Mikrotik OS Untuk Bandwidth Management MikroTik RouterOS adalah sistem operasi dan yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router jaringan yang handal. Konfigurasi Dasar Mikrotik Langkah awal dari semua langkah konfigurasi mikrotik adalah setting ip. 4. mencakup berbagai fitur lengkap untuk jaringan dan wireless. Setelah semua paket ditandai maka untuk menginstallnya tekan ³I´. A. 2. Burn Source CD Mikrotik OS masukan ke CDROM. Login sebagai admin dengan default password (password kosong) langsung Enter. Install Mikrotik OS 1. Hal ini bertujuan agar mikrotik bisa di remote dan dengan winbox dan memudahkan kita untuk melakukan berbagai macam konfigurasi 1.

Masuklah ke menu paling atas (interface).address=192. Setting Bandwidth limiter 1. login sebagai admin password kosong 4. Klik link Download it untuk download winbox yg digunakan untuk diremot mikrotik secara GUI 3. 4. Tambahkan pula interface ³bridge´ untuk memfungsikan mikrotik Sebagai bridge D.2 (atau ip yg ingin di limit) Pada tab Action : Action = mark connection. Lakukan ³ping´ ke dan dari komputer lain 5. Konfigurasi Lanjutan 1. C. Setelah konek lanjutkan ke langkah berikutnya. Klik menu ip>firewall>magle y Buat rule (klik tanda + merah) dengan parameter sbb: o Pada tab General: Chain=forward.0. tambahkan interface yang belum ada dengan mengklik tanda 5. Jalankan winbox.21.168. Akses ip mikrotik lewat browser.[root@admin] > ip address add address=222. .26/29 interface=ether1 3. maka akan muncul halaman welcome Dengan login 2. Src.124. Ganti ip address anda dan interface yg akan digunakan untuk meremote sementara. kalau belum ulangi lagi.

Queue. seperti yang kita buat pada magle. Connection mark = pilih nama connection mark yang kita buat Pada tab Action: Action = mark packet. Paket Mark= pilih nama packet kita dari dropdown. Klik menu Queues>Queues Tree Buat rule (klik tanda + merah) dengan parameter sbb: y Buat rule dengan parameter sbb: o Pada tab General: Name=isi nama bandwidth. Klik aplly dan Ok. Klik Apply dan OK y Buat rule lagi dengan parameter sbb: o Pada tab General: Chain = forward. Priority=8 (untuk bandwidth minimum). New pcket Mark = pilih nama packet mark yg kita buat Klik Apply dan OK 2.New connection mark= pilih nama dari mark conection yang kita buat. Parent=ether2 (adalah interface yang arah keluar). Max limit=64k (untuk setting bandwith brustable). . y Buat rule lagi dengan parameter sbb: o Pada tab General: Name=ropix-Upstrem (contoh).

Cobalah browsing dan download dari ip yg kita limit tadi. Queue. Login mikrotik dengan menggunakan Winbox.langkah tadi 4. Priority=8. Rate pada Queues rule tadi harus mengcounter. . Klik IP > ADDRESS > Add (+) > kemudian masukan IP untuk koneksi ke Internet (101. berbeda dengan switch yang juga merupakan penghubung tetapi sebagai penghubung untuk membuat suatu jaringan Local Area Networking (LAN). Max limit=64k (untuk seting bandwith brustable). 1. A. Sehingga tampilan pada address list: y IP public yang diberikan ke Client. Icon hijau menandakan bandwidth kurang dari batasan. Paket Mark= pilih nama packet mark dari dropdown. Limit At=8k (untuk bandwidth minimum upstrem).Parent=ether1 (adalah interface yg arah kedalam).101. proses ini dikenal dengan routing. 4. kalo belum periksa lagi langkah. Router dengan Mikrotik OS Router adalah perangkat pada jaringa komputer yang berada pada layer network yang digunakan untuk mengirimkan paket data melalui sebua jaringan atau internet menuju tujuan paket data tersebut. Install mikrotik OS 2. Router berfungsi sebagai penghubung antara dua atau lebih jaringan.XXX) > pilih ether1 > apply > OK. Konfigursi Router dengan Mikrotik OS 1. seperti yang kita buat pada magle. 3. Setting IP ethernet y IP untuk router ( IP untuk koneksi dengan Internet ). Klik aplly dan Ok.exe maka akan muncul jendela 3.101. Icon berubah kuning berarti bandwidth mendekali full dan merah berarti full.

Sehingga tampilan pada address list berubah menjadi: 4. Masukkan Primary DNS dan Secondary DNS. Interface pilih ether1 > Pilih tab Action kemudian pilih masquerade > Klik Apply > OK. Pembuatan Link dengan Mikrotik Router Board Kadang-kadang. pengembangan jaringan komputer pada sebuah kantor membutuhkan koneksi antar gedung untuk mendapatkan koneksi jaringan lokal yang stabil. FO (serat optik). Klik IP > DNS > Add (+) > kemudian masukan IP DNS sebagai koneksi dengan internet (202.1.168. A.168. Sehingga akan pada route list akan tertampil: 5. 1.0. Cek koneksi Router Untuk melakukan pengecekan apakah router kita telah dikonfigurasi dengan benar maka pada winbox. Disini akan dibahas tentang pembuatan Link jaringan dengan Mikrotik Router Board. 2.1. Sehingga jaringan lokal Gedung Client tidak dapat mengakses server-server lokal yang ada di jaringan Gedung Server. atau wireless connection.152.XXX) > apply > OK. Gedung Server telah memiliki jaringan lokal dan koneksi internet. Koneksi jaringan komputer antar gedung tersebut bisa menggunakan kabel UTP. Gedung Client telah memiliki jaringan lokal tapi belum terhubung dengan jaringan lokal yang ada di Gedung Server. Uji coba koneksi dilakukan dengan kondisi lapangan sebagai berikut: 1. . 6. 5.Klik IP > ADDRESS > Add (+) > kemudian masukan IP untuk koneksi ke Client (192. Jarak Gedung Server dengan Gedung Client ± 5 Kilometer. Klik IP > Firewall > klik pada tab NAT > Pilih tab General kemudian pada Chain pilih srcnat kemudian pada Out. Setting Firewall. Setelah itu coba lakukan koneksi internet (browsing) dengan menggunakan komputer pada client.XXX) > pilih ether2 > apply > OK. B. Setting IP Gateway sebagai jalur routing dari client ke Internet Klik IP > Routes > Add (+) > kemudian masukan IP Gateway sebagai jalur Routing (192. 3.XXX) > apply > OK.exe pilih terminal kemudian lakukan pengecekan dengan melakukan ³ ping´ ke IP Gateway apabila ada ³Replay´ maka lanjutkan dengan ³ping´ ke IP DNS apabila ada balasan ³replay´ maka router telah selesai dikonfigurasi.

o y y Setting IP Wlan1 pada Mikrotik Aktifkan Wlan1 ( agar dapat memancarkan sinyal wireless ) Check koneksi pada acces point server. Langkah uji coba pemasangan: Pada saat pemasangan alat : 1. 1. Sambungkan Mikrotik Router Board Gedung Server ke jaringan lokal yang ada di Gedung Server dengan menggunakan kabel UTP. Peralatan yang digunakan untuk uji coba: 1. Juga usahakan jangan sampai ada penghalang antar Mikrotik Router Board (misal: tembok yang tebal) sehingga dapat menghalangi sinyal komunikasi kedua Mikrotik Router Board tersebut. C. Begitu juga dengan Mikrotik Router Board Gedung Client disambung ke jaringan lokal Gedung Client dengan kabel UTP. 1. o Setting IP DNS. 1. Usahakan Mikrotik Router Board ditempatkan pada titik paling luar yang saling berdekatan antara Gedung Server dengan Gedung Client. 1. D.B. . o Sharing data ke client 1. 3. 2. Konfigurasi Mikrotik Router Board pada Server sebagai acces point. Kabel UTP secukupnya yang sudah terpasang konektor RJ45 di ujung-ujungnya. gunakan PoE (Power over Ethernet) yang sudah banyak dijual di toko-toko komputer. Konfigurasi Mikrotik Router Board untuk membuat Link. 1. o y Setting IP ether1 pada Mikrotik ( digunakan untuk koneksi ke internet ) Setting IP Default Gateway 1. 2. Jika pemasangan Mikrotik Router Board jauh dari sumber daya listrik. o Login Mikrotik pada Server. Dua buah Mikrotik Router Board.

yang paling mudah adalah dengan menggunakan perintah ³ping´ dari komputer yang ada di Gedung Client ke IP address Mikrotik Router Board Gedung Server. Setelah muncul ³ping reply´ nya maka selesailah pemasangan Mikrotik Router Board. Cek koneksi internet dari gedung Client. 1. Konfigurasi Mikrotik Router Board pada Client sebagai station. Tes koneksi dari Client Untuk melakukan tes koneksi. Kemudian coba koneksi internet dari gedung Client. Conecting Check koneksi Link Setting Ip default Gateway untuk jalur routing Setting IP DNS pada Client Check koneksi internet pada Client D.1. o y y y y y y y Login Mikrotik pada Client Setting IP Wlan1 pada Client Enablekan Wlan1 agar dapat menangkap sinyal dari server.Sampai disini komputer-komputer yang ada di Gedung B sudah menjadi bagian dari lokal jaringan Gedung Server. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful