ANDRI ZULFIKAR

MEMETIK HIKMAH DARI DASAR HATI [3]
[KUMPULAN STATUS FACEBOOK EDISI SEPTEMBER – NOVEMBER 2010]
1

MEMETIK HIKMAH DARI DASAR HATI
[KUMPULAN STATUS FACEBOOK EDISI SEPTEMBER – NOVEMBER 2010]

Oleh: Andri Zulfikar Copyright © 2011 by Andri Zulfikar

Penerbit Pustaka ‘Ibadurrahman www.museumkeikhlasan.blogspot.com e—mail : andrizul1972@gmail.com

Desain Sampul: Hendra Rivaie

Diterbitkan Oleh Pustaka ‘Ibadurrahman

2

Hadiah untuk kedua orang tuaku tercinta H. Anwar Manaf dan Hj. Habibah Ismail. (Lahir di Matur, 27 Maret 1931 – Wafat di Pontianak, 16 Oktober 2000)

“Ya Alloh, angkatlah derajat mereka, ampunkanlah dosadosa mereka dan kumpulkanlah kami semua bersama mereka di Kampung Halaman Syurga Jannatun-Na’im nanti. Amin”

Peluk cium ananda
3

Persembahan untuk Bangsaku di Hari Pahlawan
Bahwa pahlawan sejati adalah mereka yang melindungi alam ini dari tangan—tangan yang hendak berbuat kerusakan, mereka berkelana mengelilingi dunia ini untuk menghentikan manusia berbuat kerusakan di muka bumi ini, mereka menjaga alam ini dengan sebaik—baiknya, sebab alam ciptaan Alloh ini bukan untuk dirusak, melainkan untuk dijaga, dilindungi, sebab kita diturunkan ke alam ini bukan ditugaskan untuk merusak, melainkan untuk menjadi khalifah yang memanajemen bumi dan langit agar tetap terjaga, karena kita semuanya akan mati, dan apa yang kita kerjakan, pasti dipertanggungjawabkan. Profesi mereka mungkin saja petani, guru, mahasiswa, tukang sampah, pemulung, tukang becak, pedagang kecil, anggota dewan, hakim, jaksa, polisi, presiden, menteri, nelayan, buruh dan pelajar, tetapi ketika mereka memposisikan diri di garis depan, untuk menjadi pelindung dan penjaga alam ini dari kerusakan, maka merekalah pahlawan— pahlawan sejati, pahlawan—pahlawan yang terbarukan, yang tanda jasa pun takkan mencukupi untuk disematkan di dada mereka... Pontianak, 10 November 2009
4

Hai orang—orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang—orang yang sabar.
(QS. Al—Baqarah : 153)

Dan pada harta—harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tak mendapat bagian
(QS. Adz—Dzariyaat : 19)

5

UCAPAN SYUKUR
Kepada Alloh Swt yang telah membimbing diriku yang penuh kekurangan dan keterbatasan ini, tanpa petunjuk dan bimbingan—Mu hamba takkan berarti apa—apa. Terima kasih Ya Alloh, Engkau selalu temani hamba dengan dua Surah Agung, Al—Baqarah dan Ali Imran, yang selalu hamba dengarkan tatkala mengetik buku ini. Kepada Utusan Alloh, Suri Tauladan Agung, Nabiyyuna, Qudwatuna, Sayyiduna, Muhammad Rasulullullah Shollallahu ‘Alaihi Wa Salam. Tanpa wejangan nasehatnya dan ucapan —ucapannya yang dihimpun dalam Kitab—kitab Hadist. Tanpa kitab Sirohnya yang harum semerbak, hamba takkan pernah bertemu dengan mutiara—mutiara hikmah dalam hidup ini. Kepada Kedua orang Tua hamba, Ibunda Allahyarham Hj. Habibah Ismail, dan ayahanda tercinta, H. Anwar Manaf. Keduanya adalah orang yang paling besar jasanya dalam hidup hamba. Ya Alloh, balaslah kebaikan keduanya, angkatlah derajat mereka, kumpulkan kami bersama mereka kelak di Taman Syurga—Mu yang indah dan abadi. Amin… Untuk kedua mertuaku, Hj. Salmah dan Allahyarham H. Usman A. Syukur, semoga Alloh selalu membalas kebaikan keduanya berlipat ganda. Amin.
6

Kepada Guru—guruku seluruhnya yang tak dapat kusebutkan satu persatu. Kepada Istriku Tersayang, drg. Yeni Maryani, Ya Alloh, balaslah kebaikannya, angkatlah derajatnya dan jadikan dia sebagai istriku di Taman Syurga—Mu yang abadi. Amin. Dan untuk ketiga mujahid—mujahidahku, Rifqah Sajidah, Muhammad ‘Ibadurrahman, ‘Athifah Raihanah. Semoga Alloh mengumpulkan kami semua di kebun Syurga yang nikmat dan abadi. Amin. Untuk saudara—saudaraku, Uwak, Bude Ita (thanks ya atas pelajaran sedekahnya), Om Acol, Om Adek, Tante Olin, Om Budi. Jadikanlah mereka semua tetangga—tetangga hamba di Syurga Jannatun—Naim. Amin. Dan semua pihak yang telah menanamkan sahamnya untuk proyek kebaikan ini, dan tak mampu penulis sebutkan satu persatu. Semoga menjadi tabungan amal kebajikan untuk kita semua. Amin.®

7

DAFTAR ISI
UCAPAN SYUKUR, DAFTAR ISI, MUKADDIMAH, 6 8 9

MENGENAL ALLOH, MUSIK, PERTOLONGAN ALLOH,

11 46 80

BIODATA PENULIS, DAFTAR PUSTAKA,

119 121

8

MUKADDIMAH
“Wahai manusia! Sesungguhnya kamu telah bekerja keras menuju Tuhanmu, maka kamu akan menemui—Nya” [QS. Al—Insyiqaq : 6] Dunia maya telah menjadi bagian dalam kehidupan manusia ini. Kini hampir 70 juta manusia di dunia ini terhubung dengan internet. Dan dari 70 juta itu, Indonesia adalah pengguna internet terbesar di Asia, setelah China. Dalam situs pertemanan www.facebook.com, ada status—status yang selalu diperbaharui (update) oleh penggunanya. Ada yang isinya hujatan, makian, omelan, cinta, ratapan, kesedihan dan ada juga mutiara hikmah. Tanpa terasa sejak Juni 2010, penulis telah memulai langkah ini, dan hari ini, apa yang telah ditulis, dirangkum dalam sebuah buku. Hebatnya, semuanya gratis diunduh. Tidak ada harapan yang muluk—muluk dari apa yang saya tulis ini, melainkan hanya sekedar berbagi mutiara dalam hati ini, yang jika dibandingkan dengan mutiara di dasar lautan, tentu saja masih jauh. Ini hanyalah mutiara di darat, dari seorang hamba yang masih belajar dan belajar.
9

Selamat bernostalgia bagi yang sudah rajin membaca status saya. Insya Alloh buku ini akan terus berlanjut sampai akhir hayat saya. Pontianak, 18 Rabiul Awwal 1432 H 21 Februari 2011 Hamba yang fakir lagi mengharapkan ampunan —Nya

Andri Zulfikar

10

MENGENAL ALLOH
Alloh cemburu, saat hamba-Nya melanggar perintah-Nya (Mengenal Alloh 1) Tak harus selalu sempurna saat menghadap-Nya (Mengenal Alloh 2)
11

Terkadang Alloh menjatuhkan dirimu ke dalam keterpurukan, agar engkau sadar dan semakin mendekat kepada-Nya, dan semakin sadar, bahwa engkau hanyalah hamba-Nya, budak-Nya, setelah sebelumnya engkau berada di atas awang-awang, karena merasa dirimu lebih baik dari siapapun, jangan lupa dengan statusmu sebagai hamba-Nya, budak-Nya [Mengenal Alloh 3]
12

Alloh tak pernah melihat tampangmu, jasmu, gamismu, sorbanmu, topimu, jaketmu, rumahmu, mercymu, bmwmu, istanamu, gelarmu, panggilan kehormatanmu, keturunanmu, hidungmu, matamu. Alloh hanya melihat hatimu. Your heart. Deep down your heart! [Mengenal Alloh 4]

13

Kesombongan dan keangkuhan itu adalah jubah milik Alloh semata-mata, jangan coba-coba meminjam pakaian kebesaran-Nya! [Hadist Qudsi][Mengenal Alloh 5]

14

Saat aku menatap bintang dan gemintang, aku bertanya dalam hati, siapakah yang telah menciptakan alam yang begitu indah ini? Aku bertanya dan mencari. Akhirnya kutemukan jawabannya. Hanya Alloh lah pencipta semua ini. [Perjalanan Hidayah seorang Astronom yang mencari Tuhan] [Mengenal Alloh 6]

15

Ingatlah Alloh di waktu kalian senang dan bahagia, Insya Alloh, Dia akan mengingatmu di saat engkau susah dan sengsara. Jangan kerjakan sebaliknya. [Mengenal Alloh 7]

16

Alloh mencintaimu terlebih dahulu,sebelum engkau suatu saat entah mencintaiNya ataukah tidak hanya engkau tidak menyadari, bahwa engkau telah dicintai oleh-Nya lebih dahulu. [QS. 5:54] [Mengenal Alloh 8]

17

Ada yang bilang orang masih mengerjakan ini dan itu berarti Tauhidnya tak sempurna, dan tidak layak masuk Syurga. Emang yang punya Syurga ente? Kalo Alloh memberi orang itu rahmat dan memasukkannya ke Syurga, anda mau bilang apa?[Mengenal Alloh 9]

18

Mengenal Alloh adalah mengenal siapa Dia. Dia adalah yang Maha Pengasih Maha Penyayang. Jika engkau ingin semakin mengenalnya, bangunlah jiwamu dengan sifat pengasih dan penyayang kepada makhluk-Nya, apapun agama, partai dan golongannya [Mengenal Alloh 10]

19

Akan sangat mudah menemukan Alloh, di tengah-tengah orangorang miskin, fakir, yatim, di antara mereka ada yang meminta dan ada yang tidak meminta, diantara mereka ada yang sedang hamil dan ada juga yang sedang membesarkan bayinya, diantara mereka ada yang kekurangan gizi, dan yang beranjak menuju kematian karena kelaparan [Mengenal Alloh 11]
20

Barangsiapa mengenal Alloh, akan terasalah dalam hatinya yang terdalam betapa lemah dirinya, betapa banyak dosanya, betapa luas ampunan Tuhannya, betapa besar hajat dirinya kepada-Nya [Mengenal Alloh 12]

21

Jika kita mengenal Alloh, akan tumbuh kasih sayang kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang tertindas [Mengenal Alloh 13] Mengenal Alloh tandanya adalah, selalu mengingat Alloh dimanapun juga, kapanpun juga, dalam kondisi apapun juga. [Mengenal Alloh 14]

22

Banyak orang hanya mengingat Alloh saat sholat dan di mesjid saja, selebihnya tidak ingat lagi kpd-Nya. Berbeda dg yang mengenal-Nya, mrk selalu ingat Alloh dlm kondisi duduk, berdiri dan berbaring [3:190-191] [Mengenal Alloh 15]

23

Waktunya sudah datang untuk khusyuk mengingat-Nya dimanapun saja. Waktunya sudah datang, untuk mengingat-Nya sebanyak-banyaknya, jgn batasi ingatanmu kpd Allah hanya di Masjid saja, atau selesai sholat, ingatlah Alloh dimanapun, kapanpun, dlm kondisi bgmnpun, agar jiwamu selalu damai bersama-Nya [Mengenal Alloh 16]

24

Jika engkau mengenal Alloh, kemanapun engkau pergi, Alloh selalu menjagamu, dalam kesulitan bagaimanapun yang engkau hadapi, Alloh selalu memberimu solusi, saat engkau kehabisan uang di perjalanan, Alloh akan antarkan engkau uang untuk melanjutkan perjalanan, saat engkau ingin sesuatu, Alloh memberikan apa yg engkau inginkan. Hidup bersama Alloh memang seperti di Syurga! [Mengenal Alloh 17]
25

Saat engkau bersama Alloh dalam hidupmu, kesulitanmu seolah-olah mencair di depan pertolonganpertolongan-Nya, kesulitan-kesulitanmu seolah-olah mengalah dengan dirimu, kesulitan selalu saja menghampirimu, namun engkau seakan-akan tak pernah kehabisan ide dan solusi, setiap kali kesulitan menghampirimu. Hidup bersama Alloh, memang terasa seperti di Syurga! [Mengenal Alloh 18]
26

Jika engkau ingin selalu bahagia dalam hidup ini, maka jagalah hubunganmu dengan Alloh dan dengan yang serumah denganmu sebaik2nya. (Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik dengan keluarganya [Al-Hadist]) [Mengenal Alloh 19]

27

Jika engkau ingin bahagia selamalamanya, maka jagalah hubunganmu dengan Alloh dan jagalah hubunganmu dengan orangtuamu sebaikbaiknya. Walau mengalir keringat dan airmatamu untuk mengganti kebaikan mereka. (Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah)[Pepatah] [Mengenal Alloh 20]

28

Jika engkau ingin hidup menderita, sial, celaka, melarat, maka janganlah jaga hubunganmu dengan Alloh, berbuatlah sejahat dan sesadis mungkin dengan orang tua, anak dan istri, kakak adikmu. Insya Alloh kamu pasti celaka. [Mengenal Alloh 21]

29

Walau engkau hanya bersedekah 100 rupiah hari ini. Alloh akan mencatatnya. Asalkan ikhlas. [Mengenal Alloh 22] Walau engkau hanya menyeberangkan jalan seorang anak sekolah yang hendak menyeberang jalan, Alloh akan mencatatnya, asalkan ikhlas [Mengenal Alloh 23]

30

Allah berfirman, "Wahai Muhammad, jika kamu selesai shalat berdoalah, "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu semoga selalu bisa melakukan kebaikan, meninggalkan kemungkaran, dan mencintai orang-orang yang miskin. Jika Engkau menghendaki terjadinya fitnah pada hambahamba-Mu, cabutlah nyawaku untuk menghadap-Mu dalam keadaan tidak terkena fitnah". (HR. At-Tirmidzi) [Mengenal Alloh 24]
31

Untuk benar2 mengenal Alloh, ikutilah apa yang pernah diajarkan Alloh kepada beliau. Kamu pasti mengenal Alloh! [Mengenal Alloh 25] Mengenal Alloh adalah mengenal visi Alloh. Yakni agar kita menjadi orang yang bertakwa, menjadi khalifah-Nya di muka bumi ini, menjaga bumi dan langit dari tangan-tangan yang berbuat kerusakan. [Mengenal Alloh 26]
32

Jika engkau mengenalNya, mencintai-Nya, maka engkau takkan pernah bosan2 untuk membaca surat-surat cinta-Nya yang telah dipilihkannya untukmu [Al Quran][Mengenal Alloh 27] Engkau hanyalah debu dihadapan Maha KaryaNya [Mengenal Alloh 28]

33

Wahai Manusia! Sadarkah engkau, bahwa Oksigen yang engkau hirup dari lahir, diberikan Alloh cuma-cuma tak perlu engkau membayarnya. Tapi mengapa engkau masih tdk mengakui juga nikmat Tuhanmu? Engkau vonis Dia tidak adil kepadamu? [Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang hendak kamu dustakan?] (Di Surah Ar-Rahman, ayat ini diulang 231 kali!) [Mengenal Alloh 29]
34

Jika engkau mengenal Alloh, maka engkau akan menatap iba orangorang yang berada dalam kegelapan hidup, ingin rasanya hatimu agar mereka mengenal Alloh. Merasakan nikmatnya hidup bersama Alloh. Dan mendoakan agar Alloh mengeluarkan mereka dari kegelapan menuju cahaya. Itu dilakukan Nabi kepada Umar bin Khattab ra.. [Mengenal Alloh 30]
35

Terkadang Alloh tidak memberikan apa yang engkau minta, namun Dia memberikan kepadamu, sesuatu yang lebih mahal dari terkabulnya do'a, yakni sikap 'ubudiyahmu kepada-Nya. Penghambaanmu kepada-Nya. 'Ubudiyah ini lebih mahal nilainya daripada terkabulnya do'amu. [Mengenal Alloh 31]

36

Nabi berkata, "Aku melihat seseorang yang bolak balik di Syurga, ternyata di dunia dahulu, ia sering menyingkirkan penghalang di jalan". (Ternyata, memindahkan kayu yang melintang di jalan, menyingkirkan beling, paku, yang membahayakan orang lain, walau kelihatan sepele, tapi Alloh melihatnya bukan lah hal yang remeh. Alloh membalasnya walau teramat kecil dan terlihat hina). [Mengenal Alloh 32]
37

Dengan izin Alloh, tadi sore ada seorang sahabatku di FB yang sering dugem, tiba-tiba bertobat nggak ke dugem lagi. Aku yakin ini semua rekayasa Alloh, begitu mudahnya Alloh membolak balik hati seseorang. Hanya dalam hitungan jam, sahabatku di FB tersebut kembali ke jalan Alloh. Semoga Alloh selalu menjaga kita semua dan mematikan kita dalam hidayah-Nya. Amin. [Mengenal Alloh 33]
38

Ada sebuah tempat di Syurga, tak terasa indah taman Syurga, tak terasa cantik, bidadari Syurga, tak terasa lezat, makanan dan minuman yang disuguhkan, tak terasa luas, rumah istana yang dianugerahkan. Semuanya tak mampu mengalahkan KENIKMATAN MENATAP WAJAH ALLOH... [Mengenal Alloh 34]

39

“Ya Rasulullah, kami semua tak ada yang senang dengan kematian”. "Bukan begitu", kata beliau, "Sesungguhnya orang mukmin jika diberitahu bahwa dia akan mati, maka tentu dia akan suka bertemu dengan Alloh, dan Alloh juga senang bertemu dengannya". Terkadang dibalik sesuatu yang dibenci, ada hikmah lain yang menanti. [Mengenal Alloh 35]
40

Banyak manusia mencaricari kebahagiaan, dengan rumah maupun kendaraan yang bagus, banyak yang mencari-cari ketentraman dengan berjalan-jalan di tempat yang indah, namun kebahagiaan dan ketentraman tak kunjung diraih, karena hati hanya punya satu tambatan, Alloh. Kala hati sudah alpa mengingat Alloh, maka semua kehidupan kitapun memasuki kesuraman. [Mengenal Alloh 36]

41

Alloh ingin hatimu bersih dan suci, sucikan selalu niatmu karena Alloh. [Mengenal Alloh 37] Manusia mencela zaman, padahal Aku-lah yang menciptakan zaman.. [Al-Hadist] (Jangan cela zamanmu hari ini, karena Alloh yang menciptakannya seperti ini, justru kita hidup di zaman ini, dilahirkan di zaman ini, utk menguji kita, siapa yg terbaik amalnya) [Mengenal Alloh 38]
42

Jika engkau mengenalNya, maka engkau tidak pernah menagih pahala kepada-Nya, atau berhitung-hitung pahala sebelum beramal, sebab pahala adalah janji-Nya, pantaskah Anda menanyakan janji kepada-Nya? Padahal Dia selalu menepati janjiNya... [Mengenal Alloh 39]

43

Janganlah kalian mati dalam keadaan berburuk sangka kepada Alloh [AlHadist] (Dan dikatakan kepada orang-orang yang bertakwa: "Apakh yang telah diturunkan oleh Tuhanmu?" Mereka menjawab: "(Allah telah menurunkan) kebaikan". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa) [QS. 16:30]. [Mengenal Alloh 40-Habis]
44

MUSIK
Musik adalah pencapaian terakhir peradaban manusia. (Ibnu Khaldun) [Musik 1] Rasulullah dan para sahabatnya bersenandung saat menggali parit sebelum perang Khandaq. Dalam saat tertentu, nasyid bisa membangkitkan semangat jihad dan pengorbanan (Musik 2)
45

Terkadang tanpa engkau sadari, saat engkau bernyanyi, engkau telah mengucapkan kata-kata yang mengandung syirik, misalnya ada syair lagu : engkaulah segalanya, atau hidup matiku untukmu. Padahal segalanya hanya untuk Alloh, hidup matimu juga. [Musik 3]

46

Pemusik terkenal itu bercerita, "Hidupku tak pernah jauh dari Wanita, Alkohol dan Obat. Setiap malam aku bernyanyi dan menghabiskan harihariku seperti itu. Hingga Islam membuka mataku, kubaca AlQur'an setahun lamanya, dan Alloh membukakan mata hatiku. Kini hidupku bahagia dalam rengkuhan Islam, AlQuran dan Iman". [Cat Steven, beliau mengganti namanya menjadi Yusuf Islam][Musik 4]
47

Karya sastra sering menginspirasi para pemusik, lagu Layla yang dibawakan Eric Clapton, diinspirasi dari karya sastra Persia yang terkenal yang ditulis seorang Sufi bernama Nizhami di zaman Mu'awiyah, Layla dan Majnun [Musik 5]

48

Ayat-ayat Al-Quran dalam surah Yasin, menginspirasi Taufik Ismail untuk menuliskan lirik lagu yang diminta oleh almarhum Chrisye. Beliau beberapa kali berhenti menyanyikan lagu karena banyaknya menangis saat rekaman, lagu itu adalah "Ketika Tangan dan Kaki Bicara" [Musik 6]

49

Ada lagu-lagu yg lahir pada zamannya, sangat dilarang untuk dinyanyikan, apalagi di tempat umum, termasuk di dalamnya lagu Indonesia Raya, sangat dilarang dinyanyikan di zaman penjajahan, lagu tersebut dinyanyikan pertama kali di dalam ruangan, dipimpin WR. Supratman saat sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Terkadang sebuah lagu dapat mengobarkan perlawanan kepada kezholiman. [Musik 7]
50

Ada beberapa nasyid yang dibawakan saat Muhasabah, nasyid2 tersebut begitu menggugah rasa dan jiwa untuk kembali kepada Alloh [Musik 8]

51

Ada lagu2 yang diciptakan oleh para pemuja dan penyembah syetan, isi liriknya mengajak manusia utk berbuat jahat kepada orang tua, pembunuhan, perzinahan, bunuh diri, memuja syetan. Semoga anak cucu kita dilindungi dari hal yang demikian [Musik 9]

52

Nasyid Hamas adalah nasyid yang paling banyak didengar di seluruh dunia, saat Intifadhah meletus tahun 1987, dengan lagunya yang paling terkenal dan tetap diulang sampai hari ini "Biladil” [Musik 10]

53

Setelah Nasyid Hamas, di awal 90-an, generasi muda dakwah di Indonesia juga disegarkan dengan Nasyid Al Quds. Lagu2nya diputar seantero Jakarta. Lagunya yang terkenal adalah Li 'Uyunil Quds, Barudati, Marwan Hadid [Musik 11]

54

Tak hanya Nasyid dari Palestina yang membanjiri Indonesia, Nasyid Afghanistan juga masuk kesini, nasyid tersebut diisi dengan ceramah Alloh Yarham Abdullah Azzam, berpadulah, Nasyid dengan taushiah yang indah, menyirami jiwa2 yang baru tumbuh dalam dakwah dan pergerakan [Musik 12]

55

Ada yang bilang musik itu haram seluruhnya, kalo begitu guru2 TK dan PAUD yang juga bernyanyi sambil menggunakan iringan musik juga kena dosanya dong. Kasihan... banget guru2 itu, belajar sambil gembira dengan lagu aja divonis dosa. [Musik 13]

56

Bagaimana kita bisa mendengar suara tasbihnya Pegunungan dan Burung-burung yang sedang berkumpul? Nabi Daud as, diizinkan Alloh untuk mendengarkan merdu dan indahnya suara tasbih mereka (QS. Shaad : 17-20) [Musik 14]

57

Saat Nasyid Afghan dan Palestina membanjiri negeri ini, sebuah grup nasyid dari Malang merilis album pertama mereka yang tak terlupakan hingga hari ini, Suara Persaudaraan, Bara dalam Tazkiyah tahun '1994' [Musik 15]

58

Nasyid-nasyid Malaysia dari kelompok Darul Arqam juga masuk ke Indonesia, grup mereka yang terkenal adalah Nada Murni. Sepohon Kayu adalah salah satu lagu dari kelompok Arqam [Musik 16]

59

Nasyid generasi 90-an didominasi oleh acapella. Tak satupun yang menggunakan alat musik. Alat musik mulai dipergunakan di atas tahun 2000-an. Saat drum dipergunakan oleh Ruhul Jadid, nasyid berubah menjadi gegap gempita. [Nasyid 17]

60

Saat pelatihan dipadukan dengan musik, maka suasana pelatihan pun menjadi penuh semangat! Membangunkan jiwa yg malas, menghidupkan mimpi2 yg indah, dan potensi yg terpendam. [Musik 18]

61

Tatkala musik bergabung dengan sinema, ia bagaikan pertemuan dua sahabat yang telah lama tak bertemu. [Musik 19] Lagu Tuhan yang dibawakan Bimbo adalah lagu yang paling sering dibawakan saat Ramadhan, lagu-lagunya yang berkisah tentang para Nabi juga termasuk lagu yang sarat dengan pelajaran, hikmah dan nasehat. [Musik 20]
62

Ada lagu yang berisikan kritik atas pengrusakan lingkungan, lagu tentang lingkungan ini, dituangkan salah satunya oleh Michael Jackson dalam lagu Earth Song, dengan video klipnya yang sarat sindiran kepada perusak lingkungan. [Musik 21]

63

Saat The Beatles berada di ujung bubarnya grup mereka, ada kata-kata hikmah yang terselip dalam album terakhir mereka, sebuah katakata hikmah dari Ibu Marry yang menasehatinya saat menghadapi problem, "Let It Be". [Musik 22]

64

Saat Perang Bosnia pecah di tahun 90-an. Snada menuangkan keprihatinannya lewat album Air Mata Bosnia, sebuah album yang sarat dengan penggugah jiwa untuk selalu peduli dengan penderitaan saudara Muslim yang dibantai di negeri mereka sendiri [Musik 23]

65

Tatkala idealisme hidup disuguhkan, realitas hidup diungkapkan, kejujuran dipaparkan, jadilah ia dalam wujud lagu yang sarat idealisme seorang guru. Umar Bakri-Iwan Fals [Musik 23] Walt Disney, memasukkan suara dan musik untuk pertama kalinya dalam film kartun, di zaman semua film tanpa suara sama sekali. [Musik 25]
66

Internet, FB, Twitter pun bisa menjadi haram apabila dipergunakan untuk hal-hal yang menjatuhkan kita kepada kemaksiatan, begitu juga musik dan nyanyian. Semuanya kembali kepada dari perspektif mana kita melihatnya. [Musik 26]

67

Salah satu kenikmatan Syurga adalah kita mendengarkan nyanyian Bidadari (Dari Kitab Tamasya ke Syurga, Ibnul Qayyim alJauziyyah) [Musik 27]

68

Musik dan nyanyian dapat mempengaruhi emosional seseorang, tatkala seseorang diperdengarkan dengan suara burung, air terjun, air sungai yang mengalir di bebatuan, maka dia masuk dalam kondisi gelombang Theta di otaknya. Gelombang otak yang tepat untuk penyembuhan emosional [Musik 28]

69

Di rumah sehat Holistic Purwakarta, pasien yang sakit kanker, stroke, diabetes, mengalami kesembuhan salah satunya dengan ketenangan, suasana pemandangan indah, suara air dan tentu saja dengan dzikir, doa dan pola makan sehat. Suara harmoni alam terkadang menyembuhkan jiwa. [Musik 29]

70

Muncullah seorang ahli musik bernama Ibnu Misjah (w. 705 M). Setelah itu kaum muslimin banyak yang mempelajari bukubuku musik yang diterjemahkan dari bahasa Yunani dan India. Mereka mengarang kitabkitab musik baru dengan mengadakan penambahan, penyempurnaan, dan pembaharuan, baik dari segi alat-alat instrumen maupun dengan sistem dan teknisnya. [Musik 30]

71

Di antara pengarang teori musik Islam yang terkenal antara lain ialah: Yunus bin Sulaiman AlKhatab (wafat tahun 785 M). Beliau adalah pengarang musik pertama dalam Islam. Kitab-kitab karangannya dalam musik sangat bernilai tinggi sehingga pengarang-pengarang teori musik Eropa banyak yang merujuk ke ahli musik ini. [Musik 31]

72

Berikutnya adalah Khalil bin Ahmad (w. 791 .). Beliau telah mengarang buku teori musik mengenai not dan irama lalu Ishak bin Ibrahim AlMausully (w. 850 M.), telah berhasil memperbaiki musik Arab jahilliyah dengan sistem baru. Buku musiknya yg terkenal adalah Kitab-ulAlhan wal-Angham (Buku Not dan Irama). Beliau sangat terkenal dalam musik sehingga mendapat julukan Imam-ulMughanniyin (Raja Penyanyi). [Musik 32]
73

74

Selain dari penyusunan kitab musik yang dicurahkan pada akhir masa Daulah Umayyah. Pada masa itu para khalifah dan pejabat lainnya memberikan perhatian yang sangat besar dalam pengembangan pendidikan musik. Banyak sekolah musik didirikan oleh negara Islam di berbagai kota dan daerah, baik sekolah tingkat menengah maupun sekolah tingkat tinggi. [Musik 33]
75

Sekolah musik yang paling teratur adalah yang didirikan oleh Said Abd-ul-Mu'min (wafat tahun 1294 M). [Musik 34] Saat Eropa masih berada dalam kegelapan. Dunia Islam telah mengenal keindahan, keteraturan, seni dan arsitektur, musik dan administrasi, semua warisan tersebut adalah dari Dunia Islam [Musik 35]

76

Tahukah anda, sebagaimana diakui oleh sarjana barat maupun timur bahwa orang Arablah yang memperkenalkan not Do-Re-Mi-Fa-Sol-LaSi. Bunyi-bunyi itu diambil dari bunyi huruf-huruf arab : Dal, Ra, Mim, Fa, Shad, Lam, dan Sin. Adalah Hasan Ibn Nafi yang lebih dikenal dengan Ziryab yang mula-mula menemukannya. Ia seorang maula dari Irak, murid Ishak al-Maushuli. [Musik 36]

77

Musik hanya sebuah tools dalam hidup, jangan jadikan tujuan. Tujuan kita tak pernah berubah, mencari wajah Alloh. [Musik 37] Saat musik dan nyanyian bergabung dengan khamr, tarian yang memamerkan aurat wanita, campur aduk lelaki dan wanita, syairsyairnya menimbulkan syahwat dan gelora nafsu, disitulah Iblis dan sekutunya berpesta pora. [Musik 38]
78

Somewhere Over The Rainbow adalah lagu tidur yang paling sering dinyanyikan para ibu-ibu di dunia Barat, sebagai lagu pengantar tidur bagi anak-anak mereka. (Sebuah lagu yang sebenarnya memotivasi anak-anak untuk mewujudkan impiannya menjadi kenyataan dan untuk tidak takut bercita-cita setinggi langit) [Musik 39]

79

Menurut penelitian DR. Stephen Carr Leon yang meneliti komunitas Yahudi selama 8 tahun, salah satu sebab orang Yahudi cerdas adalah, saat dalam kandungan, Ibunya sering memperdengarkan musik kepada anaknya. [Disaat yang sama para ibu di Palestina memperdengarkan calon bayinya dengan suara alQur'an, agar kemudian anaknya menjadi Hafidz dan lebih cerdas daripada Yahudi.] [Musik 40-Habis]
80

PERTOLONGAN ALLOH
Bukan masalah pertolongan Alloh datang atau tidak kepada kita, pertanyaannya adalah apakah kita sudah layak ditolong oleh Alloh? [Pertolongan Alloh 1]

81

Saat-saat hidup teramat sulit menyesakkan dada, kesusahan datang bertubi-tubi, maka mereka yang rajin berbuat baik kepada sesama, mendapatkan rahmat-Nya, pertolongan-Nya, bahkan di saat lisannya belum lagi sempat terucap mohon pertolongan-Nya [Pertolongan Alloh 2]

82

Saat-saat genting dalam perjalanan dakwah, saatsaat tak ada lagi kekuatan dan daya, saat-saat tak ada satupun manusia yang mendengar kegundahan isi hati, hanya ada satu tempat bergantung, tempat mengadu, memohon pertolongan, disitulah Pertolongan Alloh datang tak terduga [Pertolongan Alloh 3]

83

Saat bibit-bibit dakwah itu tumbuh dalam kemanjaan, jauh dari kesulitan, kepahitan, kepahitan, maka ia takkan pernah berumur panjang, namun di saat bibit-bibit itu tumbuh dalam penderitaan, ujian yang bertubi-tubi, cobaan, badai dan topan fitnah, disitulah kita temukan bibit-bibit unggul, yang selalu mengharapkan pertolongan Alloh. [Pertolongan Alloh 4]
84

Dalam sebuah peperangan Rasulullah bergantian naik unta dg 6 sahabat. Jika 1 naik, yg lainnya berjalan kaki smp membuat kaki-kaki mereka terluka, bahkan beberapa kuku Abu Musa tanggal, sehingga mereka-pun membalut kaki mereka dengan potongan-potongan kain. Peristiwa ini terjadi saat Perang Dzatur Riqa’. [Demikianlah bibit dakwah dibangun dengan tempaan ujian, disitulah pertolongan Alloh turun] [PA 5]
85

Takutlah kalian kepada dosa-dosa kalian, daripada musuh-musuh kalian, karena Alloh memberikan pertolongan kepada kalian karena kalian menjaga diri dari dosa, dan musuh kalian tertimpa kekalahan karena banyaknya perbuatan dosa mereka (Pidato Khalifah Abu Bakar ash Shiddiq ra sebelum melepas pasukan ke Syam) [Pertolongan Alloh 6]

86

Tentara Alloh berwujud Angin Badai pun dikirimkan untuk menolong Rasulullah dan 3000 pasukannya setelah 1 bulan lamanya dalam kondisi genting saat Perang Khandaq. Pertolongan Alloh datang pasti datang kepada yang sabar dalam kesulitan [Pertolongan Alloh 7]

87

Jika kalian tidak sabar dengan ujian dari-Ku, maka pergilah dari kolong langit ini, dan carilah Tuhan selain Aku! [Al-Hadist] (Kita harus tegar saat ujian cobaan menerpa diri, dan bangsa ini, pertolongan Alloh hanya turun kepada yang sabar dan istiqamah)[PA 8]

88

Alloh dan malaikat selalu dalam posisi siaga untuk menolong mereka rajin berbuat taqwa dan berbuat baik. [Pertolongan Alloh 9]

89

Tidak perlu kaya, tapi saat perlu sesuatu, selalu saja ada, saat ingin sesuatu, selalu saja dimudahkan jalannya, inilah nikmatnya hidup mrk yg berjuang utk menjadi taqwa dan senantiasa berbuat baik, pertolongan Alloh dekat kepadanya [PA 10]

90

Salah satu sebab tidak turunnya pertolongan Alloh adalah ketika kita merasa sombong dengan otak, skill, pengalaman, jam terbang, jumlah pengikut, wewenang, gelar, uang dan semua atribut duniawi. Alloh tak butuh apa yang kita banggakan itu! [Pertolongan Alloh 11]

91

Permintaan [doa] adalah salah satu senjata untuk menggapai pertolongan Alloh. Namun takkan diijabah doa, kala makanan haram meracuni tubuh kita. Makanan haram adalah hijab dari doa. [Pertolongan Alloh 12]

92

Saat pagi diawali dengan Sholat Shubuh berjama'ah, saat sebelum Shubuh diawali dengan Tahajjud dan Witir, maka hari itu jiwa terasa segar, kemalasan pergi, semangat tumbuh, ide cemerlang mengalir, pertolongan Alloh pun terasa dekat. Namun saat shubuh kesiangan, tahajjud ditinggalkan, kemalasan datang, jiwapun menjadi jelek. [Pertolongan Alloh 13]

93

Ketika Kota Madinah dikepung dari Utara dan Selatan, 10.000 tentara Quraisy dan Yahudi bersatu padu, dalam kegentingan selama 28 hari pengepungan, ada berita-berita gembira takluknya Byzantium, Persia dan Yaman. Dalam gelap fitnah, huru hara ujian. Pertolongan Alloh turun kepada mereka yang sabar dan terus bertahan dalam kesabarannya. [Pertolongan Alloh 14]
94

Saat dijamu makan oleh salah seorang sahabat Anshar utk makan roti, Rasulullah memanggil 3rb sahabatnya untuk makan, sahabat Anshar itu kaget, "Ya Rasulullah, ini hanya untukmu". Beliau hanya tersenyum. Lalu 3rb orang itu makan, dan masih tersisa banyak utk tuan rumahnya. Pertolongan Alloh selalu datang pada saat genting. Peristiwa ini terjadi saat Perang Khandaq. [Pertolongan Alloh 15]
95

Tolonglah agama-Nya terlebih dahulu, Insya Alloh Dia pasti menolongmu kapanpun jua. Ingatlah Dia di saat senang, Dia akan ingat dirimu dikala susah. [Pertolongan Alloh 16]

96

Pertolongan Alloh tidak diberikan secara gratis, namun diberikan kepada mereka yang rajin bertaqwa dan rajin juga berbuat baik kepada sesama. Jika kita tidak berjuang untuk menjadi orang yang bertakwa dan tidak juga mau untuk berjihad untuk berbuat baik, maka jangan pernah berharap untuk mendapatkan pertolongan-Nya [Pertolongan Alloh 17]

97

Sudah menjadi tabiat manusia, senang berkeluh kesah, apalagi di saat pertolongan Alloh tak kunjung tiba. Di saat itulah iblis memainkan perannya dengan cantik untuk membuat praduga macam2 kepada Alloh. [Pertolongan Alloh 18]

98

Saat telah berada pada titik puncak ikhtiar, tak menemukan lagi jalan untuk usaha, karena semua upaya telah dijalankan, segala metode sudah diterapkan, segala munajat telah dipanjatkan, segala kesungguhan telah ditumpahkan, segala strategi telah diaplikasikan. Hanya ada satu harapan. Tawakkal kepada Alloh, lalu pertolongan Alloh datang. Sepasang merpatipun menutupi Gua Tsur. Dan laba-laba pun membuat sarangnya. [Pertolongan Alloh-19]
99

Perhatikan apa yang masuk ke dalam perut kita, jangan sampai sesuatu yang haram masuk ke dalamnya, yang akan menghalangi turunnya pertolongan Alloh [Pertolongan Alloh 20]

100

Berbuat baik (ihsan) lah kepada orang yang serumah dengan kita terlebih dahulu, sebelum berbuat baik kepada yang di luar rumah. Apa artinya berbuat baik di luar rumah rajin, namun kepada anak istri, orang tua kita justru kebalikannya? Lalu bagaimana Alloh akan memberikan pertolongan-Nya kepada kita? [Pertolongan Alloh 21]

101

Sudah menjadi kebiasaan manusia, bersifat tergesa-gesa. Saat berdoa, mereka tergesagesa ingin dikabulkan. Saat punya keinginan, tergesa-gesa juga untuk terpenuhi. Saat dalam kesulitan, tergesa-gesa juga untuk mendapatkan pertolongan dari Alloh. Saat kondisi tak menentu, tergesa-gesa juga untuk merubahnya dalam sehari semalam. [Pertolongan Alloh 22]

102

Alloh menolong Musa dan Harun dari kejaran Fir’aun, walau di hadapan terbentang laut, dengan izin Alloh, terbelahlah laut, saat dipukul dengan tongkatnya. Pertolongan Alloh selalu datang pada saat yang tepat, dan tempat yang tepat. [Pertolongan Alloh 23]

103

Alloh menolong Nabi Nuh as, ketiga anaknya yang sholeh, yang bakal menjadi nenek moyang manusia Sam, Ham dan Yafits dari banjir raksasa. Naiklah ke kapal Nabi Nuh wahai manusia, agar engkau selamat dari banjir fitnah dan bencana. Alloh pasti menolong hambahamba-Nya yang kembali kepada-Nya. [Pertolongan Alloh 24]

104

Alloh mengirimkan tentara langit pada saat Perang Badar berwujud hujan, rasa kantuk, dan 5.000 Malaikat berbaju putih-putih, bergabung bersama 313 sahabat untuk melawan 1000 tentara Kafir Quraisy. Pertolongan Alloh selalu datang pada saat yang tepat, dan tempat yang tepat. [Pertolongan Alloh 25]

105

Salah satu kesalahan terbesar manusia adalah, saat hendak memulai sesuatu, tidak memohon petunjuk-Nya, bimbingan-Nya. Lalu saat urusan itu mentok, timbul masalah, barulah di tengah jalan ingat kepada Alloh. Mestinya dari awal sudah mohon pertolongan dan bimbingan-Nya. Jangan saat muncul masalah saja baru ingat kepadaNya. [Pertolongan Alloh 26]
106

Salah satu kesalahan manusia berikutnya yang lebih besar adalah manakala berhasil, sukses, makmur, mulai cuek-cuek dengan Alloh, dia kemudian membangga-banggakan dirinya sendiri, dan puncaknya adalah menganggap Tuhan tidak penting, tidak punya saham atas keberhasilannya. Saat itulah pertolongan Alloh kian jauh darinya, kecuali dia bertaubat. [Pertolongan Alloh 27]
107

Telfon segera 24434 setiap harinya. Untuk koneksi lebih bening, jernih dan traffic tidak terlalu padat, hubungi 22223. Passwordnya untuk malam ‘Mohon Ampun’. [Pertolongan Alloh 28]

108

Lemparkan selimut tidurmu! Campakkan bantal kemalasanmu! Bangunkan jiwamu sebelum shubuh! Berdzikirlah saat bangun, berwudhu dan sholatlah walau hanya 1 rakaat! Mohon ampun pada-Nya! Semoga jiwamu segar, hari itu engkau penuh semangat! Dan pertolongan-Nya menjadi kian dekat! [Pertolongan Alloh 29]

109

Memperbanyak istighfar adalah salah satu jalan untuk memudahkan datangnya pertolongan Alloh. Rasulullah Saw dalam sehari beristighfar 100x banyaknya. [Pertolongan Alloh 30]

110

Saat Nabi Yunus bin Matta as meninggalkan kaumnya dalam kondisi marah, beliau melarikan diri ke laut dan naik ke kapal. Badai pun datang. Kapal nyaris tenggelam. Lalu diundilah siapa yang mesti terjun meninggalkan kapal. Beliaulah yang terpilih. Hati pun teringat akan harapan pertolongan pada-Nya [Pertolongan Alloh 31]

111

Saat timbul tenggelam dalam lautan badai, Alloh kirimkan hambaNya ikan Paus untuk menelan Nabi Yunus bin Matta as. Beliau ditelan ikan. Dalam kegelapan di perut ikan, kegelapan laut, kegelapan malam dan kegelapan kesalahan. Beliau berdoa,"Tiada Ilah selain Engkau, Maha Suci Engkau, sungguh aku termasuk hamba yang zholim". Lalu Alloh menolong beliau. [Pertolongan Alloh 32]
112

Jangan remehkan menolong orang utk menyampaikannya kepada hajatnya, boleh jadi Alloh akan membalasnya dengan menyampaikan hajatmu karena sikapmu yg mulia utk menyampaikan hajat manusia tsb [Pertolongan Alloh 33]

113

Menolong sahabat itu biasa, menolong musuh bebuyutan itu yg luar biasa. Mudah2an Alloh mudahkan urusan kita, angkat derajat kita karena menolong musuh2 kita sendiri. Sholahuddin al Ayyubi, menolong Penguasa Palestina yang sakit cacar dengan tim dokternya. Nabi menolong Abu Jahal dan Abu Lahab yang minta tolong utk menyimpankan barang2 berharganya. [Pertolongan Alloh 34]

114

Saat engkau rajin menolong orang lain, dan itu dikerjakan dengan tulus ikhlas, maka di saat itulah Alloh dan Malaikat-Nya akan memberikan pertolongan kepadamu dengan tanpa terduga-duga. [Pertolongan Alloh 35]

115

Menolong orang yang kelaparan, kehausan adalah salah satu jalan untuk mendapatkan pertolongan Alloh yang paling cepat. Asalkan dikerjakan dengan Ikhlas [Pertolongan Alloh 36] Pertolongan Alloh akan terasa sekali, saat berada dalam tugas2 safari dakwah. Alloh terasa begitu dekat [Pertolongan Alloh 37]

116

Saat dalam kesempitan hidup, jgn pernah menyerah, jgn berburuk sangka kpd Alloh, jangan berfikir kita sudah gagal, teruslah berusaha, kerahkan semangatmu, mantapkan niatmu, meraih apa yang kamu impikan. Karena pertolongan Alloh selalu tak terduga. [Pertolongan Alloh 38]

117

Nabiyallah Ibrahim as, saat detik2 akan dilemparkan beramai2 oleh kaumnya, mereka mengolok2, mencaci maki dirinya, merendahkannya, lalu saat telah jatuh dalam kobaran api, api menjadi dingin atas izin Alloh. Pertolongan Alloh datang dalam saat dan tempat yang tepat. [Pertolongan Alloh 39]

118

Takkan berputus asa, kecuali mereka yang hatinya tertutup, berburuk sangka kepada Alloh, tidak yakin akan rahmat Alloh yang begitu luas. Mulai sekarang, hapus lah kata-kata putus asa dalam hatimu, hidupmu. Semua yang tak mungkin menurut kita, dapat saja terjadi dengan izin-Nya. Rahmat pertolongan Alloh amat dekat kepada yang berbuat baik. [Pertolongan Alloh 40Habis]
119

BIODATA PENULIS

Nama lengkap : Andri Zulfikar bin H. Anwar Manaf, A. Md. Lahir : Pontianak, 10 Januari 1972. Kedua orang tua beliau adalah H. Anwar Manaf bin Abdul Manaf—Hj. Habibah binti Ismail (almarhumah). Ayah yang dikarunia 4 orang anak ini (satu orang meninggal), menikah dengan drg. Yeni Maryani, yang juga asli Pontianak. Anak—anak beliau adalah Rifqah Sajidah, Muhammad ‘Ibadurrahman dan ‘Athifah Raihanah. Sehari—hari beliau bertugas sebagai Direktur di tiga perusahaan yang diwariskan orang tuanya, PT. Techno Karya Sejahtera, PT. EMKL Dharma Bahari dan CV. Techno Sejahtera Advertising. Pernah menjabat sebagai anggota di DPRD Kota Pontianak mewakili Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, periode 2004—2009. Selain terlibat di partai sebagai Ketua Bidang Kesra DPD PKS Kota Pontianak (2006—2008) dan Lembaga Pendidikan Islam Terpadu Ridho Ilahi sebagai sekretaris (1999—sekarang) beliau juga aktif sebagai Ketua RT di kediamannya. Pengalamannya menimba ilmu sejak dari surau di belakang rumahnya hingga perguruan tinggi di STIE Perbanas Jakarta Program Diploma III
120

Jurusan Akuntansi dan pelatihan maupun kursus serta mengisi pengajian dari RT sampai ke Hotel berbintang dengan total pendengar lebih dari 25.000 orang, telah membawanya semakin mensyukuri arti hidup ini. “Semua ini karena kasih sayang Allah kepada hamba”, tatkala ditanya tentang perjalanan hidupnya. Motto hidup beliau yang sering diulang— ulang adalah “Hiduplah Mulia Matilah sebagai Syuhada”. Bagi yang ingin mengirimkan kritik dan sarannya atas buku yang telah diterbitkan ini, dapat disampaikan melalui e—mail beliau di : andrizul1972@gmail.com atau ke website : www.museumkeikhlasan.blogspot.com atau selular beliau : 0812—56—178—172 Facebook : Andri Zulfikar

121

DAFTAR PUSTAKA
Abul Laits As—Samarqandy, Tanbihul Ghafilin Aidh Al—Qarny, Jangan Takut Al—Lu’lu’u wal Marjan Al—Qur’an dan Terjemahannya, Departemen Agama RI Al—Qur’an Digital Amru Khalid, Hiduplah Dengan Nama—Nama Alloh Amru Khalid, Kisah Para Nabi Hadist Shahih Bukhari Hadist Shahih Muslim Hasan al—Banna, Kumpulan Ceramah Hasan al—Banna, Risalah Pergerakan, Era Intermedia Ibnu Hisyam, Siroh Nabawiyah, Darul Falah Ibnul Qayyim Al—Jauziyyah, Madarijus Salikin Imam Ghazali, Ihya Ulumuddin Imam Nawawi, Al—Adzkar Imam Nawawi, Riyadush Sholihin, Al—I’thisom KH. Rahmat Abdullah, Warisan Sang Murobbi Quraish Shihab, Tafsir Al—Misbah

122

Sa’id Hawwa, Mencapai Maqam Shiddiqun dan Robbaniyun Sa’id Hawwa, Pendidikan Spiritual Sa’id Hawwa, Tazkiyatun Nafs Sayyid Quthb, Fii Zhilalil Qur’an Syaikh Muhammad Al—Ghazali, Tafsir Qur’an Tematik Yusuf Qaradhawy, Ibadah Dalam Islam

123

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful