MAKALAH ARSITEK 5 halaman

PENDAHULUAN

Rumah tinggal merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan manusia. Hal ini disebabkan rumah merupakan hunian yang digunakan manusia untuk berlindung terhadap alam dan sekitarnya serta untuk melakukan aktivitas bersama keluarga. Oleh karena sangat pentingnya rumah bagi kehidupan manusia, maka manusia yang menempatinya, menginginkan rumah tersebut

nyaman sesuai dengan yang diidamkannya. Dari keinginan tersebut munculah model atau gaya arsitektur. Pada umumnya, gaya arsitektur rumah tinggal seseorang biasanya disesuaikan dengan selera si pemilik rumah. Pada kenyataannya, gaya arsitektur tidak bisa ditentukan dengan mudah karena gaya arsitektur suatu bangunan ditentukan tidak hanya oleh selera. Iklim atau keadaan cuaca juga menentukan gaya arsitektur bangunan. Fenomena yang terjadi adalah banyak bangunan di negara tropis justru bangunan yang sebenarnya paling layak jika dibangun di kawasan subtropis. Di Indonesia yang beriklim tropis dan memiliki curah hujan yang sangat tinggi semestinya arsitektur bangunan rumah tinggalnya berbeda dengan arsitektur bangunan di negara Eropa yang

wilayahnya memiliki iklim subtropis dan memiliki curah hujan yang cukup kecil.

letak relatif dengan kontinen atau lautan. Pengertian Arsitektur . banyak awan. sehingga perbedaan suhu hujan di Indonesia tidak mencolok. maka angin yang bertiup di Indonesia adalah angin musim yang menyebabkan terjadinya musim hujan dan musim kemarau. kondisi-kondisi geografis setempat. arus laut dan sebagainya. altitude. Iklim berbeda menurut garis lintang.ISI Pengertian iklim Iklim adalah rata-rata keadaan udara dari pergantian udara dalam waktu yang panjang (± 30 tahun) dan meliputi suatu daerah yang luas. karena letak Indonesia di daerah khatulistiwa. banyak curah hujan. • Indonesia berada di antara 100 LU dan 100 LS sehingga Indonesia bebas dari pengaruh angin taifun (siklon). Ada 4 sifat dasar iklim Indonesia yang ditentukan oleh faktor letak : • Suhu rata-rata tahunannya tinggi. • Dengan luas lautan 70% dibanding daratannya. menyebabkan kadar kelembapan udara selalu tinggi. • Indonesia berada di antara dua benua (Asia dan Australia).

Nilai-nilai Kristen. Dalam arti yang lebih luas. Hindu. arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan. tetapi semua negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan terutama Indonesia adalah penerima berbagai macam pengaruh budaya yang telah banyak diserap oleh budaya lokal selama beberapa periode sepanjang sejarah mereka yang panjang. Banyak negara Asia yang telah dijajah pada saat tertentu di dalam sejarah mereka. Penyebaran orangorang India dan Cina misalnya adalah sebuah bagian yang tidak dapat dipisahkan di dalam masyarakat Asia. Perpindahan masyarakat di seluruh Asia telah menghasilkan persilangan budaya. mulai dari level makro. Pengaruh Iklim Tropis Indonesia terhadap Gaya Arsitektur Rumah Tinggal Iklim adalah satu-satunya faktor yang tidak dapat diabaikan dalam mempertimbangkan bentuk bangunan. dan pengaruh orang-orang Eropa juga telah diserap. dan Islam telah meyentuh setiap negara sehingga pengaruh-pengaruh tersebut telah memasuki aspek arsitektur Pengaruh Iklim Tropis Indonesia terhadap Gaya Arsitektur Rumah Tinggal .Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Buddha.

Berdasarkan penelitian penulis. Selera masyarakat ini dipengaruhi oleh tren masa kini atau ketertarikan masyarakat dengan gaya arsitektur luar negeri. Iklim merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam menentukan arsiektur rumah tinggal agar rumah tinggal tersebut sesuai dengan alam. Hal ini pun berlaku pada iklim di Indonesia yang tergolong tropis sehingga dalam pemilihan gaya arsitektur rumah tinggal tidak bisa sembarangan. harus sesuai dengan iklim tropis itu sendiri. Rumah-rumah tinggal di Indonesia pun sekarang ini sudah banyak yang tidak memperhatikan iklim tropis Indonesia.Dari hasil penelitian. penulis menemukan bahwa iklim berpengaruh terhadap gaya arsitektur rumah tinggal. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam . arsitektur rumah tropis merupakan arsitektur yang sesuai dengan iklim tropis Indonesia. Fenomena arsitektur yang terjadi tinggal saat ini ialah penentuan gaya sudah tidak lagi rumah kebanyakan memperhatikan faktor iklim. Hal ini berlaku untuk pula untuk daerah beriklim tropis seperti di Indonesia. Kebanyakan penduduk mendirikan rumah tinggalnya dengan gaya arsitektur yang mereka inginkan. Arsitektur Rumah Tropis Merupakan Arsitektur yang Cocok dengan Iklim Tropis Pemilihan gaya arsitektur rumah tinggal harus sesuai dengan iklim di daerahnya tersebut. Iklim merupakan rata-rata cuaca pada suatu wilayah yang luas dan dalam waktu yang lebih lama.

Gaya adalah arsitektur rumah tropis sangat memperhatikan keadaan alam yang menjadi ciri dari iklim tropis sehingga gaya arsitektur ini baik .dalam membangun rumah dengan arsitektur tropis di wilayah Indonesia yang beriklim tropis antara lain: arah terik sinar matahari. Pengaruh iklim tropis Indonesia terhadap gaya arsitektur rumah tinggal memunculkan kriteria-kriteria arsitektur rumah tinggal di daerah beriklim tropis. Gaya arsitektur tropis Indonesia rumah tinggal yang sesuai dengan iklim gaya arsitektur rumah tropis. Iklim mempengaruhi dalam menentukan gaya arsitektur rumah tinggal. KESIMPULAN Dari penelitian yang telah penulis lakukan. penulis bisa menarik simpulan. dan debu serta hewan-hewan kecil yang banyak di lingkungan tropis.pergerakan arah angin. Kriteria-kriteria arsitektur tersebut antara lain rumah tinggal di daerah beriklim tropis harus memperhatikan lebih banyak daerah bukaan dan harus ramah serta sesuai dengan alam. curah hujan yang tinggi.

diterapkan di Indonesia. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful