Nama

:

1. Sinta Ariyani

(1215086055) 2. Virzha Aulianna (1215081041) 3. Yuanita C (1215086064)

MYELIN

Myelin

merupakan

lapisan

berwujud

seperti

karet

gelang

yag

membungkus dua rantai sel. Lapisan itu bisa terdiri dari 5 helai, 50 helai bahkan lebih. Menurut para ahli, semakin seseorang terlibat dalam latihan yang mendalam, semakin tebal lapisan itu. Myelin, dalam tubuh manusia berwarna putih alias “white matter” of the brain, merupakan insulator yang berfungsi meningkatkan kecepatan arus informasi (dalam bentuk impulse) dan menyebarkannya ke jaringan otot.

Kekonsistenan inilah yang melatih myelin di dalam Blue Bird itu sendiri. Tidak hanya warna taksi saja yang konsisten tetapi juga pelayanan yang dilakukan. Jadi. Ada banyak nama orang dan nama perusahaan yang disebutkan di dalam buku ini. semakin sering seseorang terlibat dalam suatu latihan. Karena ada beberapa perusahaan taksi yang ibaratnya “lagu lama kaset baru” yang melakukan perubahan bukan pada sistem melainkan pada warna taksinya. Yang kami tangkap dari cerita Blue Bird ini adalah kekonsistenan yang dilakukan oleh Blue Bird itu sendiri. semakin mahir manusia itu karena sinyal keahlian yang dibawa dibungkus rapi dan bergerak lebih powerful. Dan semakin tebal lapisan myelin. Setiap minggunya pasti ia rutin berlatih mengangkat beban sampai akhirnya terbiasa dan menganggap beban yang diangkat tidak terasa berat. Misalnya seorang atlet angkat besi. Mutiara Djokosoetono selaku founder telah mampu membuktikannya. salah satunya Blue Bird. semakin besar lapisan myelin yang membungkus syaraf-syaraf keahlihannya. Ucapan sakti tersebut adalah suatu saat nanti Blue bird akan ada dimana-mana. Berbeda dengan perusahaan transportasi lain yang belum sepenuhnya memahami bahwa dalam usaha transportasi yang dikelola .Myelin di dalam buku Rhenald Kasali ini yang kami tangkap adalah seperti budaya yang terjadi dari pembiasaan-pembiasaan yang rutin dilakukan. Tanpa adanya faktor pemicu. seseorang tidak termotivasi untuk melakukan hal-hal baru yang lebih baik untuk dijadikan kebiasaan. Hal itu karena adanya faktor pemicu. Apabila beban dinaikkan beratnya maka otak akan sedikit terganggu dalam merespon berat beban yang dinaikkan tersebut. Misalnya warna biru yang digunakan sebagai warna taksi yang dari dulu selalu berwarna biru. Hal-hal yang rutin kita lakukan pastinya akan cepat direspon oleh otak kita untuk dilakukan. baik terhadap konsumen maupun terhadap pegawai Blue Bird (pengemudi).

khususnya transportasi. Jadi kalau dulu blue bird mencari pelanggan. hingga di kemudian hari tamu akan menggunakan jasa kita lagi. sedangkan yang dijual adalah pelayanan. memuaskan serta menyenangkan pelanggan tarif akan terasa murah. Sehingga Blue Bird hingga kini pun masih tetap lebih unggul walaupun taksi lain menyamakan warna dan logo blue bird. . sekarang pelanggan mencari blue bird. bukanlah semata-mata ditentukan oleh murah atau mahalnya tariff yag dikenakan pada konsumen pada hakikatnya: “jika kita bisa melayani tamu denga baik.adalah pengemudi. Maju mundurnya perusahaan jasa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful