BAB III PERANCANGAN SISTEM

3.1 Hasil Pengamatan
3.1.1 Kegiatan Selama Kerja Praktik Kegiatan program kerja praktik ini akan dilaksanakan selama 1 bulan dari tanggal 20 September 2010 sampai tanggal 13 Oktober 2010 di SMA Negeri 1 Sekayu adalah dari hari Senin sampai dengan Jumat, dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00. Secara umum, kegiatan yang dilakukan selama kerja praktik adalah sebagai berikut: 1. Minggu pertama : • Pengenalan ruang lingkup tempat kerja praktik. • Pencarian segala informasi tentang database. • Membantu aktifitas kerja di labor komputer, seperti input data, perbaikan komputer, penulisan surat Dinas, perbaikan jaringan LAN. 2. Minggu kedua : • Mencari contoh rancangan sistem dan aplikasi yang membantu aktivitas para staf. • Menentukan OS dan aplikasi apa yang akan digunakan untuk sistem absensi staf . • Membantu aktifitas kerja staf, seperti input data, perbaikan komputer dan perbaikan jaringan LAN. 3. Minggu ketiga : • Membuat rancangan sistem aplikasi absensi yang akan dikembangkan.

20

2 Sumber daya computer yang ada di SMA Negeri 1 Sekayu • Personal Komputer Komputer merupakan komponen penting dalam suatu komunikasi antar jaringan. Sistem Operasi Windows XP Profesional.1. 6. Kecanggihan suatu computer atau pc yang digunakan dalam jaringan sangat menentukan juga kerja dari dari jaringan sebab komputer akan mampu mengirim dan mengakses data dalam bentuk cepat dan akurat. 5.21 • Menyajikan rancangan pengembangan sistem absensi. penulis menemukan beberapa masalah antara lain : 1. Monitor intel Pentium. Flopy disk. 3.3 Masalah-masalah yang Ditemukan Berdasarkan pengamatan penulis selama mengadakan kerja praktik di SMA Negeri 1 Sekayu. Harddisk berkapsitas 2 GB. CD ROOM. Minggu keempat : • Melakukan proses pelaporan dan evaluasi kerja praktik • Membantu aktifitas kerja staf. • Membantu aktifitas kerja staf. 2. Bagian Tata Usaha masih kesulitan dalam mengabsensi pegawai dan staf . 4. Adapun peripheral pc yang digunakan pada SMA Negeri 1 Sekayu: 1. 4. Memory berkapasitas 256-512 MB. 3.1. 3.

Barcode telah terbukti cukup akurat.2. 3. Karena masih menggunakan system manual ini bagian tata usaha sering kehilangan daftar absensi. 2.1. Belum adanya sistem atau suatu program yang mempermudah kinerja tata usaha dalam mengabsen pegawai dan staf di SMA Negeri 1 Sekayu. 3. maka penulis mencoba memberikan solusi : • Perlu adanya alat yang bias menyimpan data kehadiran pegawai dan staf di SMA Negeri 1 Sekayu dalam jangka waktu yang lama.1 Konsep Dasar Barcode Teknologi barcode adalah alat untuk memudahkan para pegawai dalam melakukan presensi dan juga menghindari adanya manipulasi data presensi yang sangat mudah dilakukan apabila presensi masih dilakukan secara manual.2 Landasan teori 3. Kelebihan menggunakan barcode adalah : 1.4 Solusi yang Ditawarkan Untuk mengatasi salah satu masalah di atas.22 karena masih menggunakan system manual. aman. mudah dan nyaman untuk dipakai sebagai identifikasi bila dibandingkan dengan system lainnya. Sistem absensi yang akurat . • Perlu adanya sebuah system atau program yang mana data pegawai dan staf di SMA Negeri 1 Sekayu tersimpan dan tertata rapi dalam system database. 3.

Juga karena manufaktur – manufaktur berbeda memilih processor yang berbeda pula. Tekhnologi universal untuk segala kebutuhan dan keinginan. 5. titip absen. Mesin ini sering disebut . Niklaus Wirth.3 JAVA 3. Menghindari kecurangan. 3. pencipta bahasa Pascal telah merancang bahasa portabel yang menghasilkan intermediate code untuk mesin hipotesis. Proses data kehadiran cepat dan mudah serta cara penggunaan yang sangat mudah 7. Proyek diberi nama kode ”Green”. Meningkatkan Kinerja Instansi dengan mengoptimalkan Jam Kerja pegawai dan staf. kecil.3.23 2. Menunjang kelancaran pelaksanaan tugas 3.1 Sejarah Singkat Java Pada 1991. 8. Meningkatkan produktivitas penghitungan dan pelaporan otomatis 6. Karena perangkat tersebut tidak memiliki banyak memori. Kebutuhan untuk fleksibilitas. untuk siapa saja baik perorangan ataupun instansi pemerintah dan swasta. Menampilkan data otentik. bahasa harus berukuran kecil dan mengandung kode yang liat.dan lain-lain. maka bahasa harus bebas dari manufaktur manapun. seperti: pulang lebih cepat. sekelompok insinyur Sun dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling ingin merancang bahasa komputer untuk perangkat konsumer seperti cable TV Box. liat dan kode yang netral terhadap platform mengantar tim mempelajari implementasi Pascal yang pernah dicoba. 4.

interpreter.. sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain. Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Kode ini kemudian dapat digunakan di sembarang mesin yang memiliki interpreter. teknologi Java menyediakan banyak tools : compiler. web dan lainnya.24 dengan mesin maya (virtual machine). desktop. Akhirnya mereka sepakat untuk memberikan nama bahasa pemrograman tersebut dengan nama Java. Java dapat membuat seluruh bentuk aplikasi. namun dikarenakan nama Oak sendiri merupakan nama bahasa pemrograman yang telah ada sebelumnya. 3. tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source. Nama JAVA sendiri terinspirasi pada saat mereka sedang menikmati secangkir kopi di sebuah kedai kopi yang kemudian dengan tidak sengaja salah satu dari mereka menyebutkan kata JAVA yang mengandung arti asal biji kopi. Java Merupakan Development Environment Sebagai sebuah peralatan pembangun.3. paket kelas dan sebagainya. kemudian SUN menggantinya dengan JAVA. b. Perkembangan Java tidak hanya terfokus oada satu sistem operasi. . Proyek Green menggunakan mesin maya untuk mengatasi isu utama tentang netral terhadap arsitektur mesin. Mulanya bahasa yang diciptakan diberi nama ”Oak” oleh James Gosling yang mendapat inspirasi dari sebuah pohon yang berada pada seberang kantornya. penyusun dokumentasi.2 Teknologi Java a. Java Merupakan Bahasa Pemrograman Sebagai sebuah bahasa pemrograman.

yang terdapat pada paket J2SDK. Sun kemudian menjadikan NetBeans open source pada bulan Juni tahun 2000. Java Merupakan Deployment Environment Terdapat dua komponen utama dari Deployment Environment. komunitas yang terus tumbuh. mengandung kelas – kelas untuk semua paket teknologi Java yang meliputi kelas dasar dari Java. Praha. d. Sebuah perusahaan kemudian dibentuk untuk proyek tersebut dan menghasilkan versi komersial NetBeans IDE hingga kemudian dibeli oleh Sun Microsystem pada tahun 1999.4 Net Beans Pengembangan NetBeans diawali dari Xelfi. Hampir seluruh Web Browser komersial menyediakan interpreter dan runtime environment dari teknologi Java. dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah!). Java Merupakan Sebuah Aplikasi Aplikasi dengan teknologi Java secara umum adalah aplikasi serba guna yang dapat dijalankan pada seluruh mesin yang memiliki Java Runtime Environment (JRE). sebuah proyek mahasiswa tahun 1997 di bawah bimbingan Fakultas Matematika dan Fisika Universitas Charles.3. . NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas. Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Yang pertama adalah JRE. Komponen yang lain terdapat pada Web Browser. komponen GUI dan sebagainya. Sejak itu komunitas NetBeans terus berkembang. 3.25 c.

5 MySQL MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang di distribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License).26 Saat ini terdapat dua produk : NetBeans IDE dan NetBeans Platform. yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data.namun dapat mendukung bahasa pemrograman lain. NetBeans IDE adalah sebuah lingkungan pengembangan . Terdapat banyak modul untuk memperluas Netbeans IDE. Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL.sebuah kakas untuk pemrogram menulis. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama. mencari kesalahan dan menyebarkan program. Mitra ISV menyediakan plug-in bernilai tambah yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam Platform dan dapat juga digunakan untuk membuat aplikasi dan solusi sendiri. Netbeans IDE adalah sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimana digunakan. 3. NetBeans Platform adalah sebuah fondasi yang modular dan dapat diperluas yang dapat digunakan sebagai perangkat lunak dasar untuk membuat aplikasi desktop yang besar. SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database. Netbeans IDE ditulis dalam Java . mengompilasi. Keandalan suatu sistem database (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja optimizer-nya dalam melakukan proses .3. namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat closed source atau komersial. yaitu SQL (Structured Query Language).

4. MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. yang dibuat oleh user maupun program-program aplikasinya. NIP Nama Jenis Kelamin Alamat Jabatan simpan batal Gambar 3. .4 3.3 menunjukkan rancangan tampilan Pegawai dan Staf melakukan registrasi atau pendaftaran. Tampilan Absensi Gambar 3.5 menunjukkan rancangan tampilan saat Pegawai dan Staf melakukan absensi menggunakan barcode.27 perintah-perintah SQL. Tampilan Registrasi Gambar 3.1 Rancangan Sistem Yang Diusulkan Rancangan Tampilan a. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user. kecepatan query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih cepat dibandingkan Interbase. 3. Sebagai database server.3 Tampilan Registrasi b.4 dan gambar 3.

Laporan Kehadiran Gambar 3.28 SMA Negeri 1 Sekayu Silahkan Melakukan Absensi Gambar Scan NIS Nama : Tanggal : : Jam Masuk : Jam Pulang : Gambar 3.7 menunjukkan rancangan laporan kehadiran dan rekap kehadiran yang akan dicetak setiap bulan.6 dan gambar 3.4 Tampilan Absensi c. .

6 Laporan Kehadiran Pegawai dan staf SMA Negeri 1 Sekayu Bulan : Gambar 3.29 SMA Negeri 1 Sekayu Bulan : Gambar 3.7 Rekap Kehadiran Pegawai dan Staf .

4.8 Flowchart Registrasi . Mla ui Rg t ai Dt e isr s aa Ms k n a aua d t a Dt Pg wi a ea a a d nsa a tf Sle a e si Gambar 3.30 3.8 menunjukkan flowchart untuk pendaftaran atau registrasi data. Flowchart registrasi data Gambar 3. yaitu sebagai berikut : a.2 Flowchart Dalam perancangan sistem absensi menggunakan Barcode ada 2 buah flowchart yang dibuat.

31 b. . Gambar 3.9 menunjukkan flowchart untuk proses pencatatan kehadiran. Flowchart pencatatan kehadiran.

9 Flowchart Pencatatan Kehadiran 3.4.3 Data Flow Diagram Berikut adalah Data Flow Diagram ( DFD ) yang digunakan pada perancangan sistem absensi menggunakan barcode untuk membantu memahami sistem secara keseluruhan. Diagram Konteks Diagram konteks yang menggambarkan masukan ( input ) ke sistem . a.32 M la u i T m ilk n a p a Tngl aga D nJ m a a As n be Mn g n k n e g u aa b rc d a oe Sdh ua M n a d ta a e e c ri a b s T a B rh s id k e a il a aa s d h pkh ua te a r rd fta B lu e m H b n iA m u u g d in u tu re is s n k g tra i *flo c a w h rt 1 B rh s e a il T m il D ta a p a d ta a khd n e a ira S le a e si Gambar 3.

10 Diagram Konteks b. Data pegawai dan staf P egawai dan staf 1.0* B laporan uat kepala sekolah 3.0* Cetak Laporan Laporan Gambar 3.4.10 dibawah ini. Data Flow Diagram Level 1 Keseluruhan aliran data dan proses yang dilakukan sistem dapat dilihat pada gambar 3.11 dibawah ini.33 ataupun keluaran ( output ) dari sistem ditunjukan pada gambar 3. d a tap e g a w a i _ Pegaw ai dan S ta f S is te m A b se n si B a rco d e d a tak e h a d ir a n _ la p o r _kne h a d ir a n a k e p a la s e k o la h Gambar 3.4 ERD (Entity Relationship Diagram) .0* A bsensi m enggunakan barcode data _kehadiran 3.11 Data Flow Diagram Level 1 3.0* registrasi data _siswa data _kehadiran 2.

5 Perancangan Database Untuk menyimpan data para pegawai/staf dan data kehadiran pegawai/staf diperlukan suatu rancangan database. Tabel registrasi data Pegawai/staf Tabel registrasi data pegawai/staf digunakan untuk menyimpan data barcode dan data para Pegawai/staf.34 Adapun rancangan ERD yang di usulkan adalah: Nm a a A mt la a Jn e is NP I P g w i d ns a ea a a tf Tn g l aga NP I Ms k au Klu r e a _Kla in e m A s ni be s A s ni be s Lp r n a oa NP I Nm a a Tng l a ga a sn be J m au a ms k Jm e a a k lu r Gambar 3.4. Nama Tabel : data_pegawai/staf Primary Key : NIP Tabel 3. Adapun perancangan database yang diperlukan adalah sebagai berikut : a.12 ERD Aplikasi Absensi 3.1 Data Pegawai/staf No Field Name Type Size Description .

Tabel absensi atau kehadiran pegawai dan staf Tabel absensi atau kehadiran pegawai digunakan untuk menyimpan datadata kehadiran Pegawai dan staf saat berhasil melakukan scan barcode. 3. 4.3 Halaman Login . Nama Tabel : absensi Primary Key : NIP Tabel 3. Field Name tanggal_absen jam_masuk jam_keluar nip Type Date Time Time Varchar Size 15 15 15 11 Description ID : Password : login delete Gambar 3. 3.35 1.2 Kehadiran Pegawai No 1. 4 NIP nama_Pegawai/staf jenis_kelamin Alamat Varchar Varchar Varchar Varchar 11 25 11 50 Primary Key b. 2. 2.

36 Tambah Absensi No 1 Tanggal NIP Nama Jam Jam Masuk Pulang Aksi edit delete 2 edit ` Gambar 3.4 Menu Data Absensi Admin delete .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful