1 Pengenalan Microsoft Acces 2007 Created By handoko

A. Pengenalan Microsoft Acces 2007 Pertama tama anda buka program Microsoft acces 2007 terlebih dahulu dengan Klik Start Klik All Programs - Klik Microsoft office klik Microsoft office Access 2007. Setelah itu segera tampil jendela Microsoft Access 2007. B. Pengertian Data Base

Database (basis data) merupakan kumpulan data-data yang saling berhubungan. Hubungan antara data-data dapat ditunjukan dengan adanya field dari tiap file yang ada. Dalam satu file atau table terdapat record-record yang merupakan satu kumpulan entitas yang seragam. Satu record umumnya terdiri dari field yang saling berhubungan menunjukan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan disimpan dalam satu record.
Dalam konteks pembangunan suatu sistem aplikasi sangat dipengaruhi oleh arsitek struktur database. Hal ini sangan penting, agar dapat berinteraksi dengan cepat dan tepat. Struktur database yang rapuh akan dapat mengakibatkan suatu proses interaksi antar sistem-sistemnya padahal ketika suatu proses pengolahan data mengalami masalah bukan tidak mungkin sistem aplikasi akan menghasilkan output yang tidak efektif. Akibatnya output data yang dihasilkan menjadi tidak akurat.

Contoh : database ibarat sebuah rumah. Dan table ibarat sebuah ruang di rumah tersebut dan field merupakan nama dari barang yang ada dalam ruang tersebut. Misal rumah deva terdapat ruangan kamar tidur didalamnya terdapat meja, kursi, dan lain ± lain. Adapun Struktur Database adalah: Database File/Table Record field

jika, disimpulkan bahwa database (basis data) mempunyai beberapa kriteria, yaitu : 1. Bersifat data oriented dan bukan program oriented. 2. Dapat digunakan untuk beberapa program aplikasi tanpa perlu mengubah basis datanya. 3. Dapat diperbaharui dan dikembangkan dengan mudah dan cepat, baik volume maupun strukturnya. 4. Dapat memenuhi kebutuhan sistem-sistem yang baru secara sederhana 5. Dapat digunakan dengan cara-cara yang berbeda. C. Prinsip utama database Prinsip utama database adalah pengaturan data dengan tujuan utama fleksibelitas dan kecepatan pada saat pengambilan data kembali. Adapun ciri-ciri Data Base diantaranya adalah sebagai berikut : 1. Efisiensi dalam kecepatan, ukuran, dan ketepatan 2. Penginputan Data dalam jumlah besar.

report. lalu klik icon create new folder untuk membuat folder baru . seperti gambar dibawah ini b. form. Mengurangi dan menghilangkan terjadinya duplikasi data dan ketidakkonsistenan data. data access page. atau lainnya yang Anda ciptakan dalam database itu juga disimpan dalam file ini. Cara membuat database baru dengan nama penjualan. Dapat dipakai bersama sama/Sharebility. a. maka akan muncul layout blank database. satu file berisi semua objek dalam database Anda. 1. Pilih lokasi di Local Disk ( D ).accmdb. tiap database tersimpan dalam sebuah file dengan ekstensi . Caranya : a.2 Pengenalan Microsoft Acces 2007 Created By handoko 3. Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk membuat database baru. klik blank database b. query. Klik icon folder . lalu di file name ketik penjualan c. Jadi. Dalam Microsoft Access 2007. Setelah itu buat folder lokasi penyimpan data base. 4. Tiap objek baik itu tabel. Maka akan muncul layout File New database c.

Catatan : Dalam membuat nama database jangan mengunakan spasi. daftar pemasok. Setelah itu klik ok. b. d. D. daftar inventaris. a. Urutan kolom tidak diperhatikan. c. Tiap baris dalam tabel harus dibedakan. f. sehingga pertukaran baris tidak akan berpengaruh terhadap isi informasi pada tabel. Tiap perpotongan baris dan kolom hanya berisi nilai atribut tunggal. sehingga nilai atribut ganda tidak diperbolehkan. dsb. sehingga tidak mungkin ada dua beris dalam tabel mempunyai nilai atribut yang sama secara keseluruhan. Cara membuat table Setelah membuat database otomatis akan muncul sebuah table dengan nama table . misalnya daftar vcd. 1. Oleh karena itu dibuat beberapa ketentuan dalam penyusunan tabel sebagai berikut: Urutan baris tidak diperhatikan. Table Tabel-tabel tersebut berfungsi untuk menyimpan data dan merupakan suatu kumpulan data yang berhubungan dengan topik tertentu. Ketik dengan nama masing masing ( misal : deva ) e. Langkah terakhir klik Create maka kita sudah membuat database baru.3 Pengenalan Microsoft Acces 2007 Created By handoko d. karena akan membuat database ganda. Identifikasi kolom dibedakan dengan jenis atribut.

Double klik table1 . maka tabel_barang telah dihapus c. merupakan tempat di mana data atau informasi dalam kelompok yan sama atau sejenis dimasukkan. pilih delete 3. Pilih design view 3. Ingat !!! nama tabel tidak boleh ada spasi a. seperti tampak dibawah ini. klik kolom yang kosong. Membuat field didalam tabel Field. tutup terlebih dahulu tabel_barang nya. Maka.klik tanda X 2. klik view 2. misal tabel_barang 1. Menghapus table Untuk menghapus table. 1. Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk membuat field baru. ganti table1 menjadi table_barang. Maka dilembar kerja access 2007 akan terlihat table dengan nama table_barang. Pada tabel_barang.kemudian klik ok. Pada menu ribbon design. b. setelah itu klik kanan tabel_barangnya. Field itu pada umumnya tersimpan dalam bentuk kolom vertikal pada tabel.kemudian isi dengan  Field name(nama field) : kode_barang dengan data type : Text  Field name(nama field) : nama_barang dengan data type : Text . maka akan muncul layout Save As .4 Pengenalan Microsoft Acces 2007 Created By handoko 1.

Lalu akan tanpil toolbar ribbon design. Dapat berupa objek seperti gambar atau bahkan suara Untuk menyimpan data hyperlink d. Membuat primary key 1. Klik kode_barang yang ada di tabel_barang 2. klik primary key . nama barang Untuk menyimpan data bilangan Untuk menyimpan deretan karakter dengan ukuran yang besar (melebihi 256 karakter) Untuk menyimpan data jam dan tanggal Untuk menyimpan data dalam betuk mata uang Untuk menyimpan data logika (benar atau salah) Untuk menyimpan OLE.5 Pengenalan Microsoft Acces 2007    Created By handoko Field name(nama field) : harga_beli dengan data type : Currenry Field name(nama field) : harga_jual dengan data type : Currency Field name(nama field) : stok_barang dengan data type : Number Ingat!! Nama_field tidak boleh ada spasi Jenis Type Data Type Data Text Number Memo Date/Time Currency Yes/No Ole Obcject Hyperlink Fungsi Menyatakan tipe data untuk menyimpan deretan karakter seperti nama orang atau nama mobil. pilih design 3. Pada menu ribbon office.

Lalu akan tanpil toolbar ribbon design. www. klik view 2. http://kur2003. Menghapus record 1.itb. 1.6 Pengenalan Microsoft Acces 2007 e. Pada menu ribbon design. Pilih datasheet view 3.pdf . klik primary key kembali Created By handoko f. Record( Mengisi data didalam tabel) Record.ac. Klik kode_barang yang ada di tabel_barang 2. Pada menu ribbon office.com/pengertain-database 2.id/file/Adttabv2.aurino. Kemudian input data barang dibawah ini: g. Kemudian klik delete record Ref : 1. Menghapus primary key 1.if. Pada tabel barang. Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk mengisi data tabel barang. klik kanan record yang dihapus 2. merupakan data lengkap dalam jumlah tunggal yang biasanya tersimpan dalam bentuk baris secara horizontal pada tabel. pilih design 3.

Created By handoko .7 Pengenalan Microsoft Acces 2007 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful