SILABUS MATA KULIAH HOCKEY

Dosen Pengampu: Mohammad Faruk, S.Pd., M.Kes. PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA JURUSAN PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2011

(2008). PB. S. Jakarta. Field Hockey : Step to success. www. Human Kinetic Pertemu Kompetensi Dasar Materi Pokok Indikator Alokasi an waktu 1 2 3 4 5 1 Setelah mengikuti perkuliahan ini Sejarah (pada akhir pertemuan) mahasiswa hockey mampu memahami tentang sejarah hockey internasional (30%) dan sejarah perkembangan Sejarah perkembangan hockey 100 menit internasional Sejarah perkembangan hockey nasional Sejarah Perkembangan peraturan . (1999).com 3. Hockey the skill of the Game. dan peraturan permainan serta memiliki keterampilan dalam tehnik dasar cabang olahraga hoki dengan baik dan benar. John Cadman. Standart Kompetensi : Setelah menyelesaikan mata kuliah ini. Anders Elizabeth. mahasiswa memiliki pengetahuan dasar tentang sejarah. : Pemahaman teori meliputi sejarah nasional dan internasional cabang olahraga hockey.DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN JURUSAN PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA PROGRAM STUDI S-1 PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA SILABUS Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Bobot Mata Kuliah Prasyarat Mata Kuliah Dosen Pembina Deskripsi Mata Kuliah : (T/P) HOCKEY : 47524207 : 2 SKS : Wajib Lulus dengan Nilai Minimal Dua (C) : Mohammad Faruk.hockeyindonesia. Buku Sumber : 1.Pd..PHSI. US of America. peraturan permainan dan konsep tehnik dasar permainan olahraga hoki serta mampu mepraktekkan tehnik dasar dalam suatu permainan dengan peraturan permainan dengan baik dan benar. Peraturan Hoki (2007-2008) Edisi Bahasa Indonesia. (2009). 2.Kes. M.

2 Setelah mengikuti perkuliahan ini Individual ball control (pada akhir pertemuan) mahasiswa memahami dan mampu melakukan tehnik control bola secara individu dengan baik dan benar Setelah mengikuti perkuliahan ini Menggiring bola (pada akhir pertemuan) mahasiswa (dribbling) memahami dan mampu melakukan tehnik dribble dengan baik dan benar Setelah mengikuti perkuliahan ini Mengumpan bola (passing (pada akhir pertemuan) mahasiswa the ball) memahami dan mampu melakukan tehnik passing dengan baik dan benar Setelah mengikuti perkuliahan ini Menerima bola (receive (pada akhir pertemuan) mahasiswa and controlling the ball) memahami dan mampu melakukan tehnik menerima bola dengan baik dan benar - permainan hoki Tehnik grip (cara memegang stick) 100 menit Tehnik vision (pandangan dan posisi tubuh saat menguasai bola) Tehnik footwork (pergerakan kaki) Close dribble (cara menggiring 100 menit tertutup) Open dribble (cara menggiring tertutup) Indian dribble (cara menggiring zig zag) Push (mengumpan dengan mendorong 100 menit bola) Reverse (mengumpan kearah kanan) Taping dan Hitting (mengumpan dengan memukul bola) 100 menit Menerima dari depan Menerima dari kiri Mnerima dari kanan Menerima dari belakang Menghambat bola Dari depan Dari open side Dari reverse side 100 menit 3 4 5 6 Setelah mengikuti perkuliahan ini Merebut bola dari lawan (pada akhir pertemuan) mahasiswa (tackling) memahami dan mampu melakukan tehnik tackling dengan baik dan benar Setelah mengikuti perkuliahan ini Peraturan permainan hoki (pada akhir pertemuan) mahasiswa memahami peraturan permainan dengan baik dan benar Ujian Tengah Semester Tehnik dasar dribble Tehnik dasar passing Tehnik dasar receive - 7 Peraturan permainan field hockey (hoki 100 menit lapangan) Peraturan permainan indoor hockey (hoki ruangan) 100 menit 8 .hockey nasional (70%) dengan baik.

9 Tehnik dasar tackling Peraturan permainan Flick (menembak ke gawang) 100 menit Scoop (mengumpan lambung melalui udara) Setelah mengikuti perkuliahan ini Flick dan scoop (pada akhir pertemuan) mahasiswa memahami dan mampu melakukan tehnik menaikkan bola dengan baik dan benar Setelah mengikuti perkuliahan ini Menembak ke gawang (pada akhir pertemuan) mahasiswa memahami dan mampu melakukan tehnik goal scoring dengan baik dan benar Setelah mengikuti perkuliahan ini Pola penyerangan (pada akhir pertemuan) mahasiswa memahami dan mampu melakukan taktik dalam penyerangan dengan baik dan benar Setelah mengikuti perkuliahan ini Pola pertahanan (pada akhir pertemuan) mahasiswa memahami dan mampu melakukan taktik dalam pertahanan dengan baik dan benar Setelah mengikuti perkuliahan ini Game 1 (pada akhir pertemuan) mahasiswa memahami dan mampu mempraktikkan permainan hoki dengan baik Setelah mengikuti perkuliahan ini Game 2 (pada akhir pertemuan) mahasiswa memahami dan mampu 10 - Menembak dengan hit Menembak dengan flick 100 menit 11 - Taktik ketika Penalty corner Taktik ketika Long corner Set piece 100 menit 12 - Close down Taktik ketika penalty corner Taktik ketika long corner 100 menit 13 - Strategi permainan hoki Etika dilapangan 100 menit 14 - Peraturan pertandingan Bermain efektif 100 menit .

S. 19810115 200604 1 001 . Kes. M. Mohammad Faruk..Pd.mempraktikkan dengan baik 15 permainan hoki Signal wasit dalam hoki Kepemimpinan wasit 100 menit Setelah mengikuti perkuliahan ini Perwasitan hoki (pada akhir pertemuan) mahasiswa memahami dan mampu mempraktikkan perwasitan dalam hoki dengan baik UJIAN AKHIR SEMESTER PERTANDINGAN ANTAR KELAS (PRAKTEK) SELURUH MATERI PERKULIAHAN (TEORI) 16 100 menit Surabaya. NIP. 15 Januari 2011 Dosen Penanggung Jawab Mata kuliah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful