Cara Make Over wajah dengan mudah

Posted by Sigit eko on Sep 19th, 2008 in Belajar Photoshop, Photoshop Intermediate | 64 comments Mau foto kamu di make Up tapi gak perlu pake make up ? malahan kita bisa berkreasi sendiri warna nya.. tapi ini khusus buat foto cewe yaa.. kalo foto cowo di make up-in bisa-bisa« yuuuuu.. hehehe.. caranya gampang aja kok : pertama buka file foto yang mau di make over ( saya pake foto adik ipar -red ) :

Langkah pertama seleksi bibir nya , untuk diwarnai.

setelah terseleksi, klik Select > Feather atau select > modify > feather untuk CS3.

Klik Edit > Copy ( atau Tekan CTRL + C ) terus klik lagi edit > paste ( atau tekan ctrl + V) , maka nanti akan terbentuk layer 1.

Klik Image > Adjustment > Selective color , setting seperti dibawah :

Setelah itu gunakan brush tool untuk membuat garis biru di atas mata :

Klik Filter > Blur > gaussian blur . setting seperti di bawah :

Atur Opacity nya :

Sekarang buat layer baru lagi dan gunakan brush tool dengan diameter 5, gambar dengan warna hitam garis di sekitar mata :

.Klik Filter > blur Gaussian Blur Gunakan Blending Soft light Bikin layer baru lagi buat pipi nya. terus gambar titik yang agak besar warna merah yaa. .

klik Filter > Blur > Gaussian Blur atur Opacity atau transparancy nya : Hasilnya bakalan kayak gini : .

Setelah itu buat dokumen baru : . jadi bisa langsung di cetak ke tempat cetak foto. kalo mau praktis yaa pake SMS. biasanya orang-orang saling kirim kartu lebaran lewat email. Photoshop Intermediate | 42 comments Karena bentar lagi Idul Fitri alias Lebaran. Atau bisa juga buat dikirim lewat email.Membuat Kartu Lebaran Sederhana Posted by Sigit eko on Sep 16th. atau post . Yang penting cara-cara bikinnya kita jadi tau. tekan D dan X untuk membuat settingan background hitam dan foreground putih seperti di postingan sebelumnya.. 2008 in Belajar Photoshop. Tapi tradisi kirim kartu lebaran masih ada kok. Sebelum membuka dokumen baru. Kita coba bikin kartu lebaran dengan ukuran 4R .

) Drag file gambar tadi ke dokumen baru dan setting letak dan besarnya seperti ini : Posisi layer di layer ketupat.. Klik gradient tool lalu setting seperti dibawah : . ( gambar saya dapet search di google dari websitenya lupa euy..buka file gambar ketupat Klik untuk memperbesar dan klik kanan trus save. maaf ya. klik Layer > layer mask > Reveal All .

Buat layer baru lalu letakkan garis di layer baru. .Hasilnya akan seperti ini : Klik Single Row marque tool untuk membuat garis horizontal.

dikira-kira aja letaknya . Simplenya Tekan tombol ALT dan putar garis tersebut . Klik layer paling atas terus tekan ctrl + E untuk menggabungkan semua layer dan hasilnya menjadi layer 2 doang. Copy dan letakan garis sampe bawah kartu.. Layer yang terbentuk kan jadi banyak. Caranya Sambil menekan tombol ALT . lalu Copy dan Putar layer 2 atau garis-garis tadi. Copy garis tersebut ke bawah.Klik Edit > stroke Ctrl + d untuk menghilangkan Seleksi. drag garis ke bawahnya.

. .Drag titik tengah di garis paling bawah ke bawah kartu. hasilnya seperti ini : Set Opacity atau transparan nya menjadi 50 %.

< Klik Kanan trus Save . saya menggunakan font MISTRAL. Lalu kasih tulisan ³Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1429 H ³ . Download disini.Hapus garis yang menghalangi gambar dengan Eraser Tool.

Selamat Puasa. Buka file gambar yang mau diedit... Sederhana tapi lumayan membuat foto atau gambar menjadi lebih tajam.. Mungkin ini cara umum yang dipake orang orang-orang editing.. atau kirim aja lewat email. 2008 in Belajar Photoshop. atau mungkin juga blom pada tau « Saya share aja deh. . Cara mudah mempertajam gambar Posted by Sigit eko on Jul 9th.Hasil Akhir nya Seperti ini : Selamat mencoba yaa. Kalo mo dikirim lewat pos musti di cetak dulu ke tempat cetak foto ukuran 4R. cuman buat yang blom tau. saya kasih salah satu caranya. Photoshop Basic | 49 comments Ada beragam cara untuk mempertajam gambar.. trus kirim deh.

lalu duplikat dengan menekan ctrl + J Desaturate gambar dengan menekan Ctrl + Shift + U atau image > adjustment > desaturate .

filter > blur > gaussian blur FIlter layer ganti sama HardLight .Blur pake gaussian blur.

. sekarang gimana kalo ternyata kita punya foto paling keren untuk dijadiin pasfoto tapi background nya pemandangan? Cara Cropping nya gimana yaaa????? gampang juga kok.Hasilnya : Membuat Pasfoto Sendiri Posted by Sigit eko on May 7th.. Photoshop Intermediate | 48 comments Merubah atau menghilangkan background di sebuah foto itu gampang banget kalo backgroundnya cuman 1 warna. 2008 in Belajar Photoshop. dan malah banyak banget caranya.

. terus crop 4×6 seperti yang sudah saya jelaskan di SINI : Gunakan Polygonal Lasso tool untuk seleksi foto yang mau diambil.. . punya kamu pasti lebih rapi.... buka foto nya di Adobe Photoshop.Oia.. minum dulu sono ! hasinya musti gini yaa« yang saya malah blepotan« ayo kalahkan saya« ! hehehe. Zoom fotonya biar hasilnya bagus. tapi gak usah stress gitu dong. Sekarang kita buat pasfoto yang berbackground beraneka warna dan bau . buat yang blon tau : kalo background nya warna putih doang atau 1 warna saja kita langsung pake MAGIC WAND TOOL aja atau ketik di keyboard huruf ³W´ buat seleksinya. ini butuh ketelitian.

Terus hapus Background layer nya.Setelah seleksi selesai. .. Duplikasi background layer dengan mendrag ke bawah (tombol create new layer).

Sekarang tinggal buat background nya« klik Create new layer lalu pindahkan layer baru ke bawah background copy. Select > Feather kasih radius 1. Delete deh background nya. terus perhalus pinggirnya dengan feather. jadi sekarang yang ke seleksi background nya bukan orang nya.Sekarang kita Inverse selection . hasilnya seperti ini« Tekan ctrl + D untuk menghilangkan seleksi. .seperti gambar.. Klik Select > Inverse.

yaa tinggal UNDO aja. tarik gradient dari tengah mata ke atas. kalo kurang oke.. biar keliatan ada bias cahaya dikit dari belakang.. kalo gak salah warna pasfoto kan biasanya merah ati gitu kan. coba-coba aja yaa.Abis gitu Klik gradient setting warna nya.... . salah. (posisi kursor ada di layer 1. hehehe... bukan di background copy. jadi deh.

trus Pindahkan kursor ke Layer Backround copy. .. trus hapus pinggirnya dikit-dikit.tapi kayaknya kurang halus yaa gambarnya. pake Erase tool settingannya dirubah ke ³Airbrush Soft Round´.. yang rapi yaa..

kalo masih kurang puas. bisa Klik Image > Adjusment > Brigthness & Contras. atur-atur disana sampe kira-kira cahaya nya pas. kira -kira jadinya nanti seperti ini nih« . atau cahayanya kurang pas....

gmna sii caranyaaedit foto pake photoshop d bingkai bingkai byk2 . mudah-mudahan bisa puas. 2008 at 10:54 am e aii . misalnyaa didalam foto itu ada 5 foto . Saya gak jelas nangkep maksudnya.atau psd buat cadangannya. SELAMat Mencoba«....save as deh di format JPG. Pertama kita musti tentukan mau dicetak ukuran brapa ? 3R ? atau 4R atau R-R yang lain. 2008 in Photoshop Intermediate | 60 comments Ada suatu komentar.. yuk kita buat yang Fanny minta.. tapi saya akan coba tanggapin. Posted by Sigit eko on Apr 28th. jadi satu . Saya gak ngerti maksudnya. Desain Foto buat di cetak. di kasih bingkai bingkai ... Saa kasih bayangan untuk ukuran-ukuran foto nya : . gmna carnyaa ?? Begitu kira-kira komentar nya. sebenarnya bukan komentar tapi nanya tentang bagaimana cara membuat bingkai. # 1 fanny Says: April 26th. apakah mau dibingkai banyak? atau cukup 1 bingkai buat semua foto ? Ok.

2cm 5R : 12.3×25.5×40. gini caranya..3cm 10R : 20. kalo ada gambar yang kebesaran dan kita mau CROP. gak bakalan kepotong banyak. ini mendekati aja. .3cm 14R : 28.4×30.4×35. Sekarang kita coba membuat desain dengan ukuran 10R aja yaa« Buka 5 file foto yang mau digabung. Atur foto-foto nya sedemikian rupa« Tips : untuk resize secara manual jangan lupa sambil tekan tombol SHIFT biar Compatibility ukurannya gak berubah..5cm 19R : 30..2×15.7×20. jadi kalo nanti ter crop.. gunakan Rectangle marquee tool buat nyeleksi.. alias gak menyon-menyon ( menyon bahasa apa ya ? ) gak menceng-menceng maksudnya.3×30.8cm 5RS: 12.5×45.7×17.9×12.3cm 17R : 30.2×20..5cm catatan : tiap-tiap perusahaan cetak beda-beda lho.2R : 6x9cm 3R : 8.3cm 6R : 15.4cm 10RS : 20.7cm 4R : 10..5cm 12R : 25.. klik layer gambar yang mau kita crop.. lalu drag satu-satu file foto yang mau digabung tadi ke dokumen yang baru dibuat.

.Setelah terseleksi lalu Klik SELECT > INVERSE (jangan lupa kursor masih di layer yang tadi di seleksi). lalu tekan CTRL +D untuk menghilangkan seleksi. Tekan delet untuk hapus bagian gambar yang gak dibutuhkan.

MEMBERI BINGKAI / EFEK SEDERHANA TIAP FOTO Klik kanan layer foto pertama.. Untuk member Efek foto mengapung di atas background.. kalo mau ngikut juga gpp. abis gitu klik Ok. ..jangan dulu di OK yaa« sekarang untuk memberi garis pinggir di foto nya klik stroke. Parameternya experiment sendiri aja. klik Blending Option.... parameter atur sendiri aja. klik DROP SHADOW.

. Sekarang klik kanan layer foto yang belum di beri efek lalu Klik PASTE LAYER STYLE.Sekarang gimana caranya biar foto yang laen memiliki Efek sama dengan foto pertama? Gampang banget! Klik kanan Layer pertama yang sudah diberi EFEK lalu klik COPY LAYER STYLE. sama kan Efek nya? Save ke JPG jangan lupa pake quality yang paling bagus biar hasil cetaknya bagus juga.

sesuai dengan persamaan matematika : ³sering experimen = cepet pinter!´.... 2008 in Belajar Photoshop... gak ada yang ngelarang. gpp kok.. silahkan aja. . kalo saya pake gambar tembok seperti dibawah.Ok.. Setuju ? Kalo dimiring-miring : Tutorial Photoshop: Membuat foto di dalam Text Posted by Sigit eko on Apr 1st. Photoshop Basic | 36 comments Buka file gambar. kalo mau fotonya di miring-miring... kalo ada pertanyaan di Komentar aja ya. gambar apa aja deh. kamu experimen aja.

.Klik Text tool di toolbox Tulis kata-kata terserah kamu aja. Maka muncul duplikat background. Klik layer background terus tekan ctrl + J. Saya tulis kata TEMBOK.

hasilnya si background jadi putih. Tekan Ctrl+ Alt+ G ( untuk Clipping mask) .. kita teruskan« Tukar posisi background color copy ke paling atas dengan cara men-drag. Hasilnya : .Setelah itu klik layer background yang aseli lalu tekan ctrl + backspace untuk menetralkan gambar suatu layer (dalam hal ini layer background) menjadi background color. catatan: kalo untuk mereset suatu layer ke foreground color tekan alt+backspace. Terus. aktifkan layer background copy.

Insya Alloh di jawab... Kamu bisa coba otak atik di tool blending Option ini. Tool-tool lain yang penting di Adobe Photoshop . hasilnya musti kayak gini yaa Ada pertanyaan ..Aktifkan layer ³TEMBOK´ lalu klik 2x untuk menampilkan blending Option. Selesai deh. Contreng Drop shadow dan bevel and embos.?? di form komentar aja yaa. Itu untuk memberikan efek 3D.

Rotate 90 CW : untuk memutar gambar sebesar 90 derajat searah jarum jam Rotate 90 CCW : untuk memutar gambar sebesar 90 derajat berlawanan arah jarum jam. Dan bisa pula untuk menentukan warna ( Hue/Saturation ) 6. 4. TRANSFORM Edit > Transform Tool ini untuk mentransformasi gambar di dalam layer tertentu. Warna bisa diatur didalam windows option nya.Posted by Sigit eko on Mar 21st. 3. distorsi. 2. CANVAS SIZE Image > canvas size Untuk merubah besar kecilnya background. Bedanya dengan di tool transform adalah seluruh image berubah nilai besar kecilnya. Photoshop Theory | 105 comments Masih ada beberapa tool yang mungkin berguna 1. Scale : untuk merubah besar kecilnya suatu gambar Rotate : untuk memutar gambar Skew. warp : untuk merubah bentuk gambar sesuai keinginan kita. Flip horizontal : untuk memirror gambar kearah Horizontal Flip Vertikal : untuk memirror gambar kearah Vertikal. Green. 2008 in Belajar Photoshop.Grayscale : untuk warna Hitam Putih. . Blue . Dan ini akan membuat gambar di layer menjadi terpotong. 5.CMYK : Cyan Magenta Yellow Black . 7. MODE Image > Mode Untuk merubah system pewarnaan.RGB : Red. Rotate 180 : untuk memutar gambar sebesar 180 derajat. FILL Edit > fill Berfungsi untuk memberi warna di dalam area seleksi atau warna keseluruhan kalau tidak ada seleksi. IMAGE SIZE Image > image size Untuk merubah besar kecilnya suatu gambar. perspektif. Ketebalan dan warna bisa diatur di dalam window option nya. STROKE Edit > stroke Berfungsi untuk mewarnai garis di area seleksi. ADJUSTMENT Image > adjustment Untuk menentukan terang gelapnya gambar ( Brightness/Contrast. diantaranya : .

Insya Allah akan saya jelasin. RULER View > ruler Untuk menampilkan ukuran di area gambar. Ini biasanya digunakan pada saat pemisahan suatu objek gambar dengan background nya. Tool-tool photoshop. 9. Dan garis bantu ini tidak akan tercetak kalau kita print. FEATHER Select > feather Untuk memperhalus atau membuat blur suatu gambar yang sudah terseleksi. history. Untuk cara penggunaan lebih detil masing-masing tools akan dijelaskan secara terpisah. Kalau kita drag ruler ke dalam area gambar maka akan muncul suatu garis bantu berwarna biru terang. di pinggir atau pada garis bantu. sekarang ke area ToolBox. dll. Photoshop Theory | 47 comments Sambungan dari tool-tool photoshop yang pertama... SNAP View > snap Untuk menempatkan gambar dengan pas sesuai dengan keinginan kita. 11. Berikut ini akan dijelaskan mengenai fungsi dari masing-masing tools yang terdapat pada toolbox Adobe Photoshop . Seperti pixel. ROTATE CANVAS Image > Rotate Canvas Untuk memutar background beserta gambar yang ada didalam area gambar. MENAMPILAKAN TOOL Untuk menampilan tool kita cukup dengan mengklik toolbar windows maka akan muncul tool yang akan kita pakai. 2008 in Belajar Photoshop. Toolbox fungsinya sangat penting karena memudahkan kita. .sambungan Posted by Sigit eko on Mar 19th. 13. cm . inches. Seperti layer. Tool ini berfungsi hanya jika ada image atau layer yang terseleksi. brush dll. 12. 14. Ukuran bisa disetting dengan cara klik kanan di ruler area gambar maka akan muncul satuan ukuran yang akan digunakan. color. 10.8. Kalau kita drag suatu objek gambar dan kita sudah mengaktifkan tool snap ini maka kita tidak perlu susah-susah untuk menempatkan gambar. INVERSE Select > inverse Untuk menyeleksi yang bukan area seleksi sebelumnya. Kita bisa menempatkan gambar pas ditengah. EFFECT Tool untuk membuat effect ini ada semua di dalam toolbar filter. Kalau ada yang masih kurang dan mau tanya tool yang belom dimengerti silahkan tanya aja langsung melalui komentar.

atau Shift + M) Digunakan untuk membuat area selection berbentuk elips atau lingkaran pada image. atau Shift + L untuk mengubah jenis Lasoo) Terdiri dari 3 jenis yaitu: 1. .A. Single Column Marquee Digunakan untuk membuat area selection satu kolom pada image (ukuran lebar selection adalah 1 pixel). 2. 3.3. Polygonal Lasoo Digunakan untuk membuat area selection berbentuk polygon 3. Magnetic Lasoo Digunakan untuk membuat area selection dengan cara menempelkan tepi selection pada area tertentu pada image. A.1. atau Shift + M) Digunakan untuk membuat area selection berbentuk segi empat pada image.2. Elliptical Marquee (Shortcut keyboard: M. Single Row Marquee Digunakan untuk membuat area selection satu baris pada image (ukuran tinggi selection adalah 1 pixel) 4. dan guides. Marquee Tool Saat kita klik Marquee Tool kita bisa melihat ada 4 jenis marquee tool 1. SELECTION TOOL y y y A. Move Tool Shortcut keyboard: V Digunakan untuk menggeser/memindah selection. Rectangular Marquee (Shortcut keyboard: M. A. Lasoo Digunakan untuk membuat area selection dengan bentuk bebas 2. layers. Lasoo Tool (Shortcut keyboard: L.

y

A.4. Magic Wand Tool Shortcut keyboard: W Digunakan untuk membuat area selection yang memiliki warna serupa.Perbedaan toleransi warna dapat diatur pada tool option bar.

B. CROP & SLICE TOOL
y

B.1. Crop Tool Shortcut keyboard: C Digunakan untuk memangkas image (memotong dan membuang area tertentu dari image) B.2. Slice Tool (Shortcut keyboard: K, atau Shift + K untuk mengubah slice) Terdiri dari 2 jenis yaitu: 1. Slice Tool Digunakan untuk membuat potongan-potongan dari suatu image 2. Slice Select Tool Digunakan untuk memilih potongan pada suatu image

C. RETOUCHING TOOL
y

y

C.1. Patch/Healing Brush Tool (Shortcut keyboard: J, atau Shift + J mengubah tool) 1. Patch Tool Digunakan untuk mengecat/melukis pada area tertentu image dengan pola (pattern) atau sample tertentu. Cocok untuk memberbaiki image yang rusak. 2. Healing Brush Tool Digunakan untuk mengecat/melukis image dengan pola atau sample tertentu. Cocok untuk memperbaiki image yang agak rusak. C.2. Stamp Tool (Shortcut keyboard: S, atau Shift + S untuk mengubah tool) terdiri dari 2 jenis yaitu: 1. Clone Stamp Tool Digunakan untuk melukis image dengan sample image tertentu 2. Pattern Stamp Tool Digunakan untuk melukis image dengan menggunakan pola tertentu C.3. Eraser Tool (Shortcut keyboard: E, atau Shift + E untuk mengubah jenis eraser) Terdiri dari 3 jenis yaitu: 1. Eraser Digunakan untuk menghapus pixel image dan mengembalikannya ke state tertentu. 2. Background Eraser Digunakan untuk menghapus area tertentu image menjadi transparan. 3. Magic Eraser Digunakan untuk menghapus area tertentu image yang memiliki warna yang serupa menjadi transparan dengan satu kali klik. C.4. Sharpen, Blur, Smudge Tool (Shortcut keyboard: R, atau Shift + R) 1. Sharpen Tool Digunakan untuk menajamkan area tertentu pada image.

y

y

y

2. Blur Tool Digunakan untuk menghaluskan/mengaburkan area tertentu pada image. 3. Smudge Tool Digunakan untuk menggosok/mencoreng area tertentu pada image C.5. Dodge, Burn, Sponge Tool (Shortcut keyboard: O, atau Shift + O) 1. Dodge Tool Digunakan untuk menerangkan warna di area tertentu pada image 2. Burn Tool Digunakan untuk menggelapkan warna di area tertentu pada image 3. Sponge Tool Digunakan untuk mengubah saturation di area tertentu pada image.

D. PAINTING TOOL
y

y

y

D.1. Brush Tool (Shortcut keyboard: B, atau Shift + B untuk mengubah tool) Terdiri dari 2 jenis yaitu: 1. Brush Tool Digunakan untuk melukis image dengan goresan kuas 2. Pencil Tool Digunakan untuk melukis image dengan goresan pencil D.2. History Brush Tool (Shortcut keyboard: Y, atau Shift + Y untuk mengubah jenis) Terdiri dari 2 jenis yaitu: 1. History Brush Tool Digunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari Image 2. Art History Tool Digunakan untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari image, dengan model artistik tertentu. D.3. Gradient, Paint Bucket Tool (Shortcut keyboard: G, atau Shift + G) 1. Gradient Tool Digunakan untuk mengecat area yang dipilih (selected area) dengan perpaduan banyak warna. 2. Paint Bucket Tool Digunakan untuk mengecat area yang dipilih dengan warna foreground atau pola tertentu.

E. DRAWING AND TYPE TOOL 1. E.1. Selection Tool (Shortcut keyboard: A, atau Shift + A untuk mengubah jenis) Terdiri dari 2 jenis yaitu: 1. Path Selection Tool Digunakan untuk melakukan selection path 2. Direct Selection Tool Digunakan untuk mengubah anchor dan direction point dari path. E.2. Type Tool (Shortcut keyboard: T, atau Shift + T untuk mengubah jenis) Terdiri dari 4 jenis yaitu: 1. Horizontal Type Tool

Digunakan untuk membuat tulisan secara horizontal 2. Vertical Type Tool Digunakan untuk membuat tulisan secara vertikal 3. Horizontal Type Mask Tool Digunakan untuk membuat selection berbentuk tulisan secara horizontal 4. Vertical Type Mask Tool Digunakan untuk membuat selection berbentuk tulisan secara vertikal 2. E.3. Pen Tool 1. Pen Tool (Shortcut keyboard: P, atau Shift + P) Digunakan untuk membuat path dengan lengkung-lengkung yang halus 2. Freeform Pen Tool (Shortcut keyboard: P, atau Shift + P) Digunakan untuk membuat path berbentuk bebas (sesuka kita ) 3. Add Anchor Point Tool Digunakan untuk menambah anchor point atau titik editor pada path 4. Delete Anchor Point Tool Digunakan untuk menghapus anchor point tertentu pada path 5. Convert Point Tool Digunakan untuk mengubah anchor dan direction point tertentu pada path
y

E.4. Shape Tool (Shortcut keyboard: U, atau Shift + U untuk mengubah jenis) 1. Rectangle Tool Digunakan untuk menggambar bentuk segi empat 2. Rounded Rectangle Tool Digunakan untuk menggambar segi empat melengkung 3. Ellipse Tool Digunakan untuk menggambar ellipse 4. Polygon Tool Digunakan untuk menggambar polygon 5. Line Tool Digunakan untuk menggambar garis lurus 6. Custom Shape Tool Digunakan untuk menggambar bentuk tertentu dari daftar bentuk yang ada

F. ANNOTATION, MEASURING & NAVIGATION TOOL
y

y

F.1. Notes Tool (Shortcut keyboard: N, atau Shift + N untuk mengubah jenis) 1. Notes Tool Digunakan untuk membuat catatan pada image seperti copyright. 2. Audio AnnotationTool Digunakan untuk membuat suara/audio pada image F.2. Eyedropper, Measure Tool (Shortcut keyboard: I, atau Shift + I) 1. Eyedropper Tool Digunakan untuk mengambil sample warna pada image untuk warna foreground

Edit Menu editing secara umum seperti cut. . 2008 in Belajar Photoshop. Select Berkaitan dengan selection image. dan cetak.. menambah efek pada layer. File Berkaitan dengan file seperti menyimpan. export. seperti menambah layer.4. 4.y y y y y 2. import. ibu-ibu« hehehe. membuka. Photoshop Theory | 38 comments Menu 1. Zoom Tool Shortcut keyboard: Z Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan image. (masih Bersambung) Tool-tool photoshop Posted by Sigit eko on Mar 19th. Image Berisi editing image untuk mengatur warna. Measure Tool Digunakan untuk mengukur jarak atau sudut pada image F. brightness/contrast. Quickmask Mode : fungsi brush bisa dipakai untuk seleksi cuman jika setelah proses quickmask maka yang diseleksi malah dibagian luar nya. F. F. hue/saturation.3. Normal and Quickmask Mode Normal Mode : Semua fungsi seperti brush akan berjalan seperti biasanya. ukuran. Hand Tool Shortcut keyboard: H Digunakan untuk menggeser/memindah bidang pandang image di dalam window view area. 2. Untuk menukar warna background dan foreground tekan tombol X. F. serta untuk mengatur preferences Adobe Photoshop.5. Layer Berkaitan dengan manajemen layer pada image. F. menghapus. 5. paste. Background and foreground color Supaya default tekan tombol D maka warna foreground dan background menjadi putih dan hitam. transform image.. 3. lumayan pegel juga bapak-bapak.7. Huaa. Screen Mode Untuk melihat tampilan area kerja windows. copy. serta masking.6. Color Sampler Tool Digunakan untuk mengambil berbagai sample warna pada image 3.

Filter Berhubungan dengan pada Photoshop yang dapat digunakan untuk memberi Efek tertentu pada image. Help Untuk menampilkan help dan tutorial Adobe Photoshop. menampilkan skala. yang ditampilkan pada Tool Option bar. View Digunakan untuk pengaturan view seperti zooming image. Tool Option Bar Hampir semua tool pada Toolbox memiliki options.6. 8. Options tersebut digunakan untuk mengatur nilai parameter atau . 2. Window Digunakan untuk mengatur / menampilkan window 9. 7. dan sebagainya.

pilih Reset All Tools. (kita dapat mengembalikannya lagi menjadi nilai default (nilai semula). Membuat Foto Text .option dari tool yang sedang aktif/dipilih. kemudian klik tombol . Apabila ingin mengembalikan nilai default semua tools. Yaitu dengan memilih icon tool yang ada di sebelah kiri. Sebagai contoh : Setelah nilai parameter pada tool option bar diubah-ubah . Pada context menu yang muncul. pilih Reset Tool untuk mengembalikan nilai default dari tool yang sedang dipilih.

. iwan adik budi´ juga boleh..Posted by Sigit eko on Dec 9th.. hehehe. Tekan CTRL + E untuk menggabungkan dengan background . cara nya klik Type tool terus klik di ujung kiri atas lalu DRAG sampe ujung kanan bawah.. Photoshop Intermediate | 54 comments Main-main dengan foto lagi ah« sekarang kita coba buat foto dengan dasar Text. Buat dokumen baru seperti dibawah : Buat tulisan pake warna putih .. masih inget kan pelajaran SD ? Klik kanan layer text > klik rasterize. langsung aja nih juragan. fungsi kotak itu buat lingkup text nya supaya gak keluar. ketik apa aja deh.. sehingga nanti terbentuk kotak. mau ketik ´ ini budi.. ini ibu budi. 2008 in Belajar Photoshop. wati kakak budi.

hehehe. Saya pake foto « ehem. Klik Layer>New adjustment Layer>posterize lalu tekan CTRL+SHIFT+U atau KLIK image > adjustment >desaturate untuk menjadikan foto jadi hitam putih.. Cantik kan ? ya iya lah.) Pindah lagi ke file gambar text tadi lalu klik :Layer > duplicate layer pilih destination file foto tadi yaa. ...Sekarang buka file foto yang mau dibuat text.... Istri saya nih. ( jangan lupa layer masih di background. kalo udah dibuka CROP sebesar file text tadi yaitu 400 px X 400 px dan resolusi 72.

Klik Select > Color Range . lalu klik layer background.Sekarang posisi di layar layer begini : Hide layer text nya. . Nyakalan lagi layer text nya dan tekan tombol DELETE. Setting seperti dibawah : klik Ok...

. tapi tidak bisa merubah bentuk.. Photoshop Basic | 61 comments Berhubung saya lagi suka animasi.. bingung ya? langsung aja deh. jadi kita bisa ubah-ubah bentuknya sebelum dijadiin animasi. karena pake cara manual.. 2009 in Belajar Photoshop.. Sekarang saya coba pake cara mengimport dari Layer .Postingan animasi pertama adalah yang bergerak.. saya bikin yang animasi lagi aja yah.Hasil akhirnya kayak gini : Membuat Animasi Berubah bentuk dengan Photoshop Posted by Sigit eko on Jun 23rd. Buka dokumen baru : . hehehe.

biar bagus. pake yang Heart yaa... hehe Klik Path selection tool« Klik kanan gambar heart lalu pilih Make selection. ..Klik CUstom Shape tool .

Settingannya gini : ..Buat layer baru. pake gradient tool untuk warnain Heart tadi.

) Duplikat lagi layer yang barusan jadi.. lalu Kecilin... ( bahasanya ribet amat ya.. lalu kecilin lagi. jangan lupa sambil tekan tombol SHIFT + ALT biar letak hasil pengecilan nya tetep. cara nya sama ya.DUplikat gambar heart dengan menekan tombol CTRL + J .. Duplikat sekali lagi..dan kecilin ..

Sekarang buat layer baru diatasnya layer background. Delete layer background. Klik kanan layer background > delete layer Posisi terakhir di Layer Palette .

Sekarang buka jendela Animasi . Klik Windows> animation Klik Tombol menu yang ada dipojok jendela animasi lalu Klik Make Frames from Layer. ..

Klik File > Save for web & Devices . Delay Time nya Jadiin 0. Sekarang Save Hasilnya.. alias gak ada gambar nya alias blank.1 second semua.. Hapus Frame yang kosong..Semua layer terbagi rata berdasarkan Urutan dari layer bawah ke layer atas.

Hasil a : .

..Menguruskan Badan dengan Mudah. ada lho cara supaya cepet turun berat badan.. ini buat photoshop yang udah CS aja yaa« yang 7 kayaknya nya blom ada tool ini.. Buka gambar yang mo dikuruskan.. yuk kita kuruskan« ... mo turun 5 kilo aja susahnya minta ampun. Photoshop Intermediate | 62 comments Diet emang susah yaa.. saya pilih gambar RONALDO yang skarang ini emang udah mulai gemuk.. pake photoshop aja. tapi gak real :p Yuk kita ngurusin badan. dan dilapangan udah gak lincah lagi nih. 2008 in Belajar Photoshop.. Posted by Sigit eko on Nov 27th.

Klik filter > liquify Di jendela Liquify setting seperti dibawah yaa.. ikutin panah2 nya yaa... ( klik untuk gedein gambar) sekarang liqufy in ronaldonya. .

klik OK .Kalo udah kira-kira langsing. hasilnya gini kira-kira. Liat perbedaanya : ...

Gambar yang dikirim : Gambar Pertamax : .. abis lemot sih. By Request:Membuat Foto Wedding ( Menggabungkan 2 gambar) Posted by Sigit eko on Jun 19th.com ini juga).... Terus terang biasanya saya buat tutorial itu di kantor ( Luar jam kerja Tentunya ) dengan komputer yang cepetnya lumayan mantep. Photoshop Basic | 85 comments Dengan komputer seadanya yang Lemot dan koneksi internet yang lemot juga.saya bikin tutorial ini ... . Loh kok malah curhat ? *!^$!^!^( Tutorial ini by request yang diminta seorang temen (pengunjung web ilmuphotoshop. 2009 in Belajar Photoshop. makanya saya males bikin tutorial kalo dirumah.Selamat mencoba.

Gambar kedua : .

hasilnya mau kayak gini : .

Cara buat nya : buka kedua gambar yang masih mentah di atas .. sekarang tampilannya seperti ini : . Kita edit gambar pengantennya : Seleksi yang warna putih nya dengan Magic wand Tool kan ada seleksi yang masuk ke dalem tuh.. sambil menekan tombol ALT. kita seleksi ulang dalem nya ( yang kena seleksi ) dengan direct selection tool..

Kita drag (tarik sambil menekan mouse) gambar orang ke gambar bunga.Klik Select > Feather untuk memperhalus seleksi. lalu klik Select > inverse sehingga sekarang yang terseleksi adalah gambar orang nya.. .

lalu klik kanan Blending OPTION layer 1 atau layer gambar orang .. lalu setting seperti ini: .Nanti hasilnya gini : Sekarang atur deh foto nya.

sekitar 300 -600 an. Hapus bagian bawah dan samping layer 1 .Sekarang Klik Eraser tool lalu Klik kanan di layar gambar maka keluar Hardness nya yang gede yaa .

Hasilnya : .

Setelah saya liat.Selamat Mencobaa« Fiuuuhhh« Realistic Photo Object Posted by Sigit eko on May 13th. Ide nya cemerlang. keren juga.. mungkin beliau dapet ide dari tutorial 3D Realistic yang saya buat beberapa waktu lalu. dan saya disuruh ngasih saran hasil editan dia (id facebooknya ellu macz). 2009 in Photoshop Intermediate | 118 comments Tadi ada message di Facebook saya... wihh. Kalo ada yang penasaran mau liat Hasil editan foto dari Ellu Macz. ..

foreground hitam) terlebih dulu dengan menekan tombol D.. simak aja tutorial ini.. si Foreground color sama background color nya diubah DEFAULT ( background putih . Pertama buka foto yang mau diedit.. sebelumya saya ucapin makasih buat Ellu Macz (gak tau nama asli nya) hehehe. ( saya pake Jepretan saya waktu maen ke Bandung ± Anak-anak bandung udah pada jago maen Skateboard hehehe. Klik di background lalu tekan CTRL+backspace untuk mengubah gambar menjadi putih.. Oia lupa... . keren ) Tekan Ctrl + J untuk menduplikat gambar. oia.Kalo ada yang mau tau cara bikinnya.

Klik kotak di pojok lalu drag sambil tekan tombol SHIFT (supaya dimensi nya tetep sama).Klik layer 1. . Kecilin gambarnya dengan MOVE TOOl. Untuk menampilkan kotak dipojok gambar ( transform control) contreng Show transform control (CS3 ke atas) atau Show bouncing box ( CS2 kebawah).

Buat kotak dengan Rectangle Marquee tool . tekan CTRL C (untuk copy hasil seleksi ) dan tekan CTRL +V untuk paste.Bawa gambar ke tengah. . Warnai dengan warna putih menggunakan paint bucket tool. CTRL+klik layer 2 untuk membuat seleksi. Buat layer baru dan simpan di bawah layer 2. Maka terbentuk layer baru dengan gambar baru hasil seleksi tadi.

lalu klik Select > inverse untuk menyeleksi kebalikan nya.Pilih layer 2 lagi. Klik Select > Modify > Contract. .

hasilnya gini Sekarang matikan layer 2 dan layer 3 ( dengan mengklik gambar Mata di layer palette). sehingga yang tampil sekarang hanya layer 1.Lalu tekan Delete. .

.Seleksi objek gambar diluar layer 2 tadi.

tidak ada gambar mata = lenyap) . Simpan layer 4 di paling atas.Klik Select > modify > feather (CS3 ke atas) atau Select > feather ( CS2 kebawah). dan Lenyapkan layer 1 !! hehehe. ( ada gambar mata = muncul . Supaya hasil crop nya bagus dan tidak kaku. Tekan CTRL + C (copy) terus tekan CTRL+ V (paste) sehingga muncul layer baru (layer 4) secara otomatis. Munculin lagi layer 2 dan layer 3 .

lalu tekan CTRL+E . sekarang Putar kanvas nya. Klik Image > Rotate canvas > 90 CW ( CW=searah jarum Jam) .Klik layer 2.. terbentuk layer 3.hehehe. Mumpung rame-rame nya pemilu nih. supaya Layer 2 Ber Koalisi dengan layer di bawahnya dalam hal ini layer 3.

Pilih layer 3 . . Klik Filter > Distort > Shear . Lengkungkan sedikit.

Sekarang pilih layer 5 . Layer baru ini disimpan dibawah gambar. sama Klik Filter > Distort> Shear. Buat layer baru . Klik Image > Rotate canvas > 90 CCW ( CCW= berlawanan arah jarum jam). bikin Kotak sesuai gambar lalu warnai dengan warna hitam ( ini buat bikin bayangan nya). . Lengkungan musti sama persis ( biasanya udah otomatis sama dengan yang sebelumnya) Sekarang Putar lagi canvas nya.

Klik Filter>Blur> Gaussian Blur geser dikit-dikit supaya bayangan keliatan realistis dengan menggunakan panak di Keyboard. hasilnya : Yang lain .

Selamat Mencoba! .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful