Introduce GUI Blender2.

5

Pada tampilan awal saat membuka aplikasi Blender2.5 akan ditampilkan secara default dari Blender itu sendiri seperti contohnya di bawah ini :

Keterangan : – Header : Menu utama Blender yang terdiri dari File, Add, Render, dan Help. – Viewport : tampilan yang terdiri dari objek 3D dan objek lainnya. – Toolbar : terdiri dari daftar tools yang memiliki sifat dinamis menurut objeknya. – Outliner : struktur data dari objek pada Blender. – Properties : panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodifikasi objek atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif. – Timeline : instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer.

by gadulz

Screen Layouts Disaat anda membuka Blender2.5, maka akan ditampilkan layar secara default. Namun, anda bisa mengganti tampilan default tersebut sesuai kebutuhan anda, misalnya kebutuhan anda untuk merancang animasi, maka anda bisa memilih layout Animation. Selain itu, juga bisa menciptakan layout sesuai dengan kebutuhan anda dengan cara klik tanda (+), maka akan muncul default.001 kemudian ganti dengan My Screen atau sesuai selera anda setelah itu tekan Enter.

Resizing Windows
Jika anda ingin merubah ukuran tampilan dari setiap window pada Blender2.5 ini cukup mudah.

Step 1 Arahkan cursor mouse anda pada kotak yang berwarna merah pada gambar di atas, maka cursor anda akan berubah arah panah atas dan bawah.
by gadulz

Step 2 Klik LMB (Left Mouse Button) atau tombol kiri mouse anda, kemudian tahan dan geser ke atas atau ke bawah sesuai yang anda inginkan. Note : “Begitu pula dengan window yang bersampingan, bisa di geser ke kanan maupun ke kiri”

Splitting Windows
Splitting windows adalah membagi menjadi 2 windows dalam type yang sama, dimana bisa dilakukan secara horizontal maupun vertical. Bagaimana caranya melakukan splitting windows? Cukup simpel untuk melakukan splitting windows, perhatikan contoh gambar di bawah ini : Step 1 Arahkan cursor mouse pada sudut window yang dilingkari merah, maka cursor akan berubah menjadi (+) tanda plus. Step 2 Klik LMB (Left Mouse Button) atau tombol kiri mouse, kemudian tahan dan geser sesuai yang anda inginkan, seperti gambar di atas. Note : ”Untuk splitting windows secara vertical, sama halnya seperti splitting window secara horizontal, namun pada hasil splitting window secara vertical akan mendapatkan 2 window atas dan bawah”

by gadulz

Joining Windows
Menggabungkan 2 windows menjadi satu windows adalah kebalikan dari splitting windows. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

Step 1 Untuk trik yang pertama yaitu bisa anda lihat pada gambar diatas yang no.1, arahkan cursor mouse pada sudut window yang dilingkari warna merah, maka cursor akan berubah menjadi tanda (+), kemudian klik LMB (Left Mouse Button) atau tombol kiri mouse, tahan dan geser menurut garis panah yang no.1, setelah itu akan tampil tanda panah besar yang mucul diantara window dan arahkan tanda panah tersebut pada window yang ingin digabungkan. Step 2 Untuk trik yang kedua yaitu bisa nada lihat pada gambar diatas yang no.2 dan mengenai langkahnya sama halnya pada step 1. Note : ”Untuk joining window secara vertical, sama halnya seperti joining window secara horizontal, namun pada hasil joining window secara vertical akan mendapatkan 2 window yang digabungkan antara atas dan bawah”

by gadulz

Changing the Editor Type
Ada beberapa jenis editor yang secara default tidak ditampilkan oleh Blender2.5, anda dapat mengganti jenis editor setiap saat sesuai yang anda inginkan. – – – – – – – – – – – – – – – – Console : untuk display python scripting File Browser : untuk membuka atau menyimpan data file Info : menu header utama User Preferences : mensetting aplikasi Blender anda Outliner : list data pada scene Blender Properties : panel utama setiap objek dan data Logic Editor : editor pembuatan game dan simulasi Node Editor : meliputi texture, image compositing dan material compositing Text Editor : text editor dan sekaligus untuk scripting python Video Sequence Editor : untuk editing video dan sound UV/Image Editor : UV editor dan image painting NLA Editor : animasi nonlinear DopeSheet : editor keyframe Graph Editor : curva editor dan driver animasi Timeline : berfungsi play animasi 3D View : tempat utama objek 3D

Shortcut of Numpad
Bagi para pengguna netbook atau laptop disarankan untuk mengaktifkan Emulate Numpad, karena berfungsi untuk menggantikan tombol Numpad, sehingga bisa menggunakan perintah Numpad dengan menekan tombol angka pada keyboard bagian atas, selain itu anda juga bisa mengaktifkan function numlock jika tersedia. Untuk mengaktifkan Emulate Numpad bisa langsung menuju File > User Preferences atau bisa dengan shortcut CTRL+ALT+U.

by gadulz

[1] Tampak Atas [3] Tampak Kanan [7] Tampak Atas [2] Putar Bawah “15derajat” [8] Putar Atas “15derajat” [4] Putar Kiri “15derajat” [6] Putar Kanan “15derajat” [5] Orthographic atau Perspektif [0] Camera Perspektif [CTRL][2] menggeser view objek ke atas [CTRL][8] menggeser view objek ke bawah [CTRL][4] menggeser view objek ke samping kanan [CTRL][6] menggeser view objek ke samping kiri

Object Select
Secara default, untuk melakukan seleksi objek pada Blender menggunakan tombol kanan mouse. Melalui menu User Preferences, anda dapat mengubah menjadi tombol kiri mouse sebagai default untuk melakukan seleksi objek. Untuk mengubah default tersebut, langsung menuju File > User Preferences atau dengan menggunakan shortcut keyboard CTRL+ALT+U, kemudian pilih Input lalu pilih Left pada menu Select With selanjutnya klik Save As Default.

by gadulz

2-button or 3-button Mouse
LMB RMB MMB The Left Mouse Button ( Tombol Kiri Mouse ) The Right Mouse Button ( Tombol Kanan Mouse ) The Middle Mouse Button ( Tombol Tengah Mouse ), jika anda hanya mempunyai 2-button mouse yaitu LMB dan RMB, gunakan ALT+LMB untuk menggantikannya. Untuk scrolling pada

SCROOL

ALT+LMB Tips : • Jika anda memiliki mouse 2-button, secara otomatis anda tidak bisa memperbesar (Zoom In) atau memperkecil (Zoom Out) objek pada 3D View, untuk itu anda perlu mengetahui tipsnya dengan menggunakan shortcut keyboard dan tombol kiri mouse yaitu CTRL+ALT+LMB. • Jika anda memiliki mouse 2-button, secara otomatis anda tidak bisa memindahkan atau menggeser view objek pada 3D View, oleh karena itu anda perlu mengetahui tipsnya dengan menggunakan shortcut keyboard dan tombol kiri mouse yaitu SHIFT+ALT+LMB. Note : “Bilamana anda menggunakan ALT+LMB Tips, anda harus mengatur terlebih dahulu pada User Preferences yang tepatnya pada File>User Preferences atau dengan shortcut keyboard CTRL+ALT+U , kemudian pilih menu Input dan beri tanda check pada Emulate 3 Button Mouse” Snap 3D Cursor Pada dasarnya 3D Cursor digunakan untuk menentukan letak objek, sedangkan Snap merupakan sebuah alat bantu dalam menemukan titik acuan atau yang biasa dilakukan dengan menekan SHIFT+S. Selain itu, Snap juga bisa bisa digunakan saat mentransformasi objek, dengan cara menekan CTRL sambil mentransformasi objek, sehingga objek akan bertranformasi dengan skala tertentu.

3D Cursor

Snap

by gadulz

Adding Object Add merupakan sebuah menu untuk menambahkan objek pada bidang 3D. Cara menggunakannya, dengan cara menekan SHIFT+A atau memilih menu Add pada header menu. Dalam menambahkan objek pada Blender, anda akan menemui dua macam modus, yaitu Object Mode dan Edit Mode. Kedua modus tersebut memiliki fungsi yang berbeda, yakni pada Edit Mode digunakan untuk melakukan pengeditan pada objek dengan memilih titik terntentu, sedangkan Object Mode digunakan untuk pengeditan secara objek keseluruhan. Untuk memilih modus antara Object Mode atau Edit Mode, dapat menekan tombol Tab pada keyboard.

Transformation Dalam mengoperasikan objek dalam Blender, anda harus mengerti tentang dasar transformasi dalam Blender, meliputi : ~ Grab / Move : menggeser objek dengan menekan tombol [G] ~ Rotation : memutar objek dengan menekan tombol [R] ~ Scale : menskala (memperbesar atau memperkecil) objek dengan menekan tombol [S] Untuk mentransformasikan objek berdasarkan sumbu ( x, y, z ), anda dapat menggunakan shortcut keyboard, semisal : Grab / Move [G] ~ [G]+[X] : objek akan geser pada sumbu X. ~ [G]+[Y] : objek akan geser pada sumbu Y. ~ [G]+[Z] : objek akan geser pada sumbu Z. ~ [G]+[Shift]+[X] : objek akan geser pada sumbu Y dan Z karena sumbu X telah dikunci untuk tidak berubah.
by gadulz

~ [G]+[Shift]+[Y] : objek akan geser pada sumbu X dan Z karena sumbu Y telah dikunci untuk tidak berubah. ~ [G]+[Shift]+[Z] : objek akan geser pada sumbu X dan Y karena sumbu Z telah dikunci untuk tidak berubah. Rotation [R] ~ [R]+[X] : objek akan berputar pada sumbu X. ~ [R]+[Y] : objek akan berputar pada sumbu Y. ~ [R]+[Z] : objek akan berputar pada sumbu Z. ~ [R]+[Shift]+[X] : objek akan berputar pada sumbu X dan Y karena sumbu Z telah dikunci untuk tidak berubah. ~ [R]+[Shift]+[Y] : objek akan berputar pada sumbu X dan Z karena sumbu Y telah dikunci untuk tidak berubah. ~ [R]+[Shift]+[Z] : objek akan berputar pada sumbu X dan Y karena sumbu Z telah dikunci untuk tidak berubah. Scale [S] ~ [S]+[X] : objek akan menskala pada sumbu X. ~ [S]+[Y] : objek akan menskala pada sumbu Y. ~ [S]+[Z] : objek akan menskala pada sumbu Z. ~ [S]+[Shift]+[X] : objek akan menskala pada sumbu X dan Y karena sumbu Z telah dikunci untuk tidak berubah. ~ [S]+[Shift]+[Y] : objek akan menskala pada sumbu X dan Z karena sumbu Y telah dikunci untuk tidak berubah. ~ [S]+[Shift]+[Z] : objek akan menskala pada sumbu X dan Y karena sumbu Z telah dikunci untuk tidak berubah. Jika anda menginginkan transformasi dengan menggunakan perhitungan angka yang pasti, seperti halnya memutar objek 90o pada sumbu x, anda dapat menggunakan Transform Properties dengan menekan tombol [N] pada area 3D View. Seandainya anda masih belum terbiasa dengan menggunakan shortcut keyboard, telah tersedia Transform Widget yang berfungsi sama dengan perintah shortcut keyboard di atas. Cara menggunakannya, pilihlah salah satu tombol transformasi, kemudian akan muncul garis bantu 3 warna sesuai warna sumbu (merah = sumbu x, hijau = sumbu y dan biru = sumbu z) untuk melakukan transformasi berdasarkan sumbu tertentu.

by gadulz

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful