P. 1
ambang lebar

ambang lebar

|Views: 453|Likes:
Published by Radinal Muchtar

More info:

Published by: Radinal Muchtar on May 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/12/2013

pdf

text

original

Radinal muchtar 0904105106 Tugas Hidrolika

Bendung untuk Channel Arus PengukuranBuka
Efektif menggunakan air untuk irigasi tanaman membutuhkan aliran tarif dan volume diukur dan dinyatakan secara kuantitatif. Pengukuran laju aliran pada saluran terbuka sulit karena seragam dimensi saluran dan variasi kecepatan di saluran tersebut. Bendung memungkinkan air untuk diteruskan melalui struktur dimensi dikenal, memungkinkan tingkat aliran yang akan diukur sebagai fungsi dari kedalaman aliran melalui struktur. Dengan demikian, salah satu metode yang paling akurat dan paling sederhana untuk mengukur aliran air pada saluran terbuka adalah dengan penggunaan bendung. Dalam bentuknya yang paling sederhana, bendung terdiri dari sekat kayu, logam, atau beton dengan pembukaan dimensi tetap memotong ujung atasnya. pembukaan ini disebut bendung insisura; tepi bawah adalah puncak bendung, dan kedalaman aliran atas puncak (diukur pada jarak tertentu dari sekat hulu) disebut kepala (H). Lembar luapan air dikenal sebagai tutupan itu.

Jenis bendung Dua jenis yang ada bendung: bendung kecil jambul-jambul tajam dan bendung luas. Hanyajambul bendung tajam dijelaskan di sini karena mereka biasanya hanya jenis yang digunakan dalam pengukuran air irigasi puncak. Tajam tepi dalam menyebabkan air untuk musim semi jelas dari puncak, dan pengukuran yang akurat sehingga dapat dibuat. Broad-crested bendung biasanya dimasukkan dalam struktur hidrolik berbagai jenis, meskipun kadang-kadang digunakan untuk mengukur aliran air, ini biasanya merupakan fungsi sekunder. Komponen dari bendung jambul tajam diperlihatkan pada Gambar 1.

Yang umum sebagian besar jenis-Jambul bendung tajam persegi panjang, trapesium (Cipolletti), dan 90? V-notch bendung. Ini ditunjukkan pada Gambar 2.

adalah trapesium dalam bentuk. Kepala harus tidak kurang dari 0. laju aliran dapat diharapkan secara kasar diperkirakan di muka dan digunakan untuk memilih kedua tipe yang akan digunakan dan dimensi bendung yang harus.0 meter untuk tingkat yang diharapkan aliran. Cipolletti Weir Bendung Cipolletti. kepala tidak boleh melebihi sepertiga dari panjang bendung. Metode yang tepat untuk mengukur H ditunjukkan dalam Gambar 1. Kemiringan sisi.5 kaki. Pengukuran dibuat dengan cara yang akurat bendung hanya bila bendung telah diatur. dan ketika kepala dibaca pada jarak beberapa titik hulu dari puncak. Untuk batang dan bendung Cipolletti. Weir panjang harus dipilih sehingga kepala untuk debit desain akan dekat maksimum. Rumus yang berlaku umum untuk menghitung debit melalui Cipolletti bendung adalah: equation (2) where parameters are as defined in equation (1) .2 meter dan tidak lebih dari 2. tunduk pada keterbatasan dalam 1 dan 2. sehingga membaca tidak akan terpengaruh oleh kurva ke bawah air. Berikut ini fakta-fakta harus dipertimbangkan ketika jenis tertentu bendung dipilih untuk aplikasi tertentu. konstruksi yang sederhana membuatnya menjadi yang paling populer. diilustrasikan pada Gambar 4. Persegi-Notch Weir The-takik bendung segi empat yang diilustrasikan pada Gambar 3. cenderung luar dari puncak. harus menjadi salah satu sampai empat vertikal horisontal. Biasanya. Ini adalah jenis tertua bendung sekarang digunakan.The bendung harus dipilih yang paling disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lokasi pengukuran bendung. Persamaan debit untuk-takik bendung empat persegi panjang adalah: Persamaan 1 memberikan nilai debit untuk bendung lekukan panjang-persegi panjang hingga 4 meter dan kedalaman aliran atau kepala hingga 1. persamaan (2) dimana .

Tabel memberikan nilai debit untuk 90 °-takik bendung V untuk kepala mencapai 1. equation (1) . dan dengan kecepatan rata-rata tidak melebihi 0. Puncak dari Cipolletti bendung dan harus persegi panjang dan sisi tingkat harus dibangun tepat pada sudut yang tepat dengan puncak.5 meter.5 kaki diberikan dalam Tabel 2. Weir 90 ° V-Notch ° V-takik bendung 90. bebas dari pusaran. Debit maksimum yang dapat diukur secara akurat adalah sekitar 5.000 gpm. Sisi lekukan yang cenderung di luar 45 ° dari vertikal.3 kaki per detik. dan parameter lain adalah sebagai didefinisikan sebelumnya 3.parameter adalah sebagai didefinisikan dalam persamaan (1). Puncak dan sisi bendung harus lurus dan tajam. Panjang dipilih dari takik (L) harus setidaknya 3H dan lebih 4H atau lebih. nilai Discharge untuk panjang bendung Cipolletti takik hingga 4 meter dan kedalaman aliran sampai 1. puncak tersebut harus ditempatkan lebih tinggi dari permukaan air hilir maksimum untuk memungkinkan udara masuk di bawah tutupan tersebut. Konstruksi dan Penempatan Aturan umum berikut ini harus diamati dalam pembangunan dan pemasangan bendung. Saluran hulu harus cukup besar untuk memungkinkan air untuk pendekatan bendung di aliran mulus. Rumus dasar untuk debit melalui takik V ° bendung 90 adalah: persamaan (3) dimana H = jarak vertikal (kaki) antara elevasi dari titik (bagian terendah dari takik) dan permukaan air setidaknya 4H hulu dari bendung. Setiap sisi-takik bendung V harus membuat sudut 45 a ° dengan garis vertikal melalui titik dari takik tersebut. Gambar 5. Bendung seharusnya ditetapkan pada sudut kanan ke arah mengalir dalam saluran yang lurus untuk jarak dari hulu bendung setidaknya sepuluh kali panjang krista bendung. Hindari pembatasan dalam saluran di bawah bendung yang akan menyebabkan penyelaman. persamaan (1). adalah yang paling akurat ketika mengukur debit kurang dari 500 gpm. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->