Angin adalah gerakan massa udara secara horizontal (gerakan vertikal dapat diabaikan karena setara dengan gaya

gravitasi). Parameter yang digunakan dalam mengukur angin ada dua, yaitu kecepatan angin dikur dengan anemometer dan arah angin yang diukur dengan menggunakan panah angin (wind vane) serta kantong angin (wind sack). Arah angin dibatasi sebagai arah asal angin tersebut bertiup. Gaya primer yang menyebabkan terjadinya aliran udara horizontal adalah gaya gradien tekanan. Gaya ini timbul karena perbedaan tekanan yang disebabkan oleh perbedaan suhu. Udara yang memiliki suhu tinggi maka akan mengembang dan bergerak ke atas sehingga tekanannya akan lebih rendah dari sekitarnya. Perbedaan tekanan ini ngakibatkan adanya gradien tekanan yang memicu terjadinya angin. Udara bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah. Semakin tinggi perbedaan tekanan tersebut maka udara yang bergerak akan makin besar pula kecepatannya. Selain itu terdapat juga gaya-gaya sekunder yang mempengaruhi angin diantaranya gaya coriolis, gaya sentrifugal, dan gaya gesekan. Kecepatan Angin Rata-rata (knots)

Berdasarkan grafik di atas diperoleh kecepatan angin rata-rata tertinggi adalah pada tahun 1987 yang besarnya mencapai 3,9 knots, sedangkan kecepatan angin terendah terjadi pada tahun 1983 yaitu 1,1 knots. Dari grafik terlihat nilai kecepatan angin rata-rata relatif stabil. Kecepatan Angin Terbesar (knots)

Berdasarkan grafik di atas diperoleh bahwa kecepatan angin terbesar terjadi pada tahun 1987 dengan rata-rata kecepatan angin terbesar adalah 17,27 knots dan kecepatan angin terkecil terjadi pada tahun 1983 yang besarnya 4,9 knots. Diketahui

timur dan barat. terjadi sedikit pergeseran waktu kejadian dan perubahan data. Excel bahwa kecepatan angin terbesar yang terjadi di Jakarta Observatorium terjadi pada bulan Oktober dengan kecepatan mencapai 14.29 knots. serta perubahan musim yang tidak beraturan.dari tabel pada MS. . Suhu udara yang meningkat. namun secara keseluruhan relatif stabil.Excel bahwa arah angin yang bertiup selama 12 bulan adalah angin yang menuju utara. Hal ini dikarenakan sudah terjadi perubahan iklim di permukaan bumi. musim hujan yang tidak menentu. Arah Angin Terbanyak Diketahui dari tabel pada MS. Meskipun hal ini terjadi tidak terlalu signifikan namun dapat mempengaruhi keadaaan lingkungan di wilayah tersebut. karena dipengaruhi oleh topografi di selatan Jakarta. Dari semua unsur iklim yang dianalisa dan dibandingkan dengan data iklim yang ada.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful