You are on page 1of 5

c c

   

 P 

akan tetapi konsep dari komunikasi dengan menggunakan cahaya telah diketahui sejak akhir abab ke 19.    . Pada tahun itu Ô   Ô mengajukan ide dari sistem pendistribusian cahaya untuk rumah dan kantor.   Penemuan transmisi optik merupakan pemikiran yang serovolusioner. Transmisi optik telah dipikirkan sejak tahun 1881. Pada tahun 1937.

Tetapi ia juga mengenal kabel optik yang berisi batang-batang dari gelas dan kwarsa. Media transmisi yang diusulkan dibuat dari tabung dengan sebuah permukaan yang memantulkan pada sisi dalamnya.   mengajukan sistem telepon optik lengkap dengan Wavelength Devision Multiplexing. Batang-batang atau pipa pemantul juga diajukan sebagai media transmisi oleh .

  dan   .

8 ȝm. Serat optik menjadi menarik setelah perkembangan dari Laser semikonduktor yang pertama dan setelah      berhasil dalam memproduksi serat optik dengan redaman hanya 4 dB per kilometer pada tahun 1972.5 ȝm. Pada tahun 1980 pengembangan serat optik kembali bergeser ke kabel serat optik  !  dengan mengingat keuntungan kapasitas pada jarak yang jauh. Meskipun beberapa laboratorium mencoba mengembangkan kaber serat optik single   dengan diameter   ( inti) lebih kecil dari 10 ȝm. Tetapi cahaya dengan panjang gelombang ini mempunyai keterbatasan untuk jarak yang jauh dan kapasitas yang besar. Perkembangan laser memungkinkan untuk mentransfer komunikasi Link radio dalam      kedalam komunikasi optik melalui atmosfir      telah digunakan dalam percobaan tahun 1960-1970. teknologi pembuatannya masih sangat sulit ada saat itu dan usaha yang diarahkan pada konstruksi kabel serat optik     dengan   50 ȝm.   pada tahun 1950.3 ȝm sampai 1. Pada generasi pertama transmisi serat optik menggunakan cahaya dengan panjang gelombang 0. . yang pada waktu itu dimasukkan untuk mengirimkan signal televisi. Laser-Laser semikonduktor yang dihasilkan dari percobaan lebih lanjut adalah Light Emitting Dioda (LED). Generasi kedua menggunakan cahaya dengan panjang gelombang sekitar 1.

Perkembangan baru untuk mencari material dengan tembus pandang yang sangat baik adalah dalam range antara 2 sampai dengan 12 ȝm.8 ȝm. '. Gambar 1. Juga cara pengkodean dan modulasi dari informasi akan memberikan kemungkinan untuk menambah jarak jangkauan dan kapasitas transmisi. Daya optik yang besar akan menyebabkan (intermodulasi) dan akan menyebabkan redaman yang besar bila dilewatkan pada kabel  optik. Perbaikan dari pemilihan menawarkan kemungkinan untuk menggunakan       # "$  % #) atau Ô        # "$   %Ô#& pada jarak yang jauh. Gambar 1.2 tinjauan evolusi dari sistem optik fiber yang digunakan adalah fiber yang terbuat dari silica. bahan ini mempunyai tembus pandang sampai 1.  "      tersebut akan dibatasi kapasitas transmisi dan akan melebarkan pulsa. Dengan prinsip     akan dapat dicapai deteksi signal yang lebih baik dari sisi penerima.3 ȝm  "      dari  sangat rendah. Pada 1. Generasi selanjutnya adalah generasi ketiga sistem transmisi optik. Dalam hal demikian. Kemungkinan laser dengan daya besar tidak berperan lagi untuk jarak yang jauh. bahan dari spectra yang sempit menjadi    . sehingga kapasitas akan jauh lebih besar dari pada menggunakan transmisi laser dengan  ! .3 ȝm.1 memperlihatkan sejarah survey dari perkembangan kabel serat optik dalam hubungan dengan redaman. Oleh karena itu dikembangkan laser dengan spectra yang sempit. tetapi  "      lebih tinggi dari 1. Ñahaya dengan panjang gelombang sekitar 1.  "     tidak berpengaruh.5 ȝm redaman sangat rendah.

'        " %(& .

'.

)      "   £   £ .

 Lebar pita frekuensi sinyak besar Frekuensi pembawa optik tergantung dari panjang gelombang dari suatu material berkisar 1012 ± 1017 Hz atau berada sekitar infra merah. dan fleksibel .5 dB/km. 3. ringan. Redaman kecil dan konstan Perkembangan kabel serat optik semakin hari semakin meningkat dengan berbagai penelitian sehingga menghasilkan redaman yang sangat kecil dengan ferekuensi yang sangat tinggi dengan panjang gelombang 500 ± 1500 nm dengan redaman 0. Dimensi kecil. 2.2 ± 0. sehingga informasi yang disalurkan lebih banyak. P £       £    1.

5. Kemampuan serat optik menyalurkan signal frekuensi tinggi. Kabel serat optik mempunyai diameter inti sangat kecil sekitar mikro meter. sangat cocok dengan pengiriman sinyal digital pada sistem multipleks digital dengan kecepatan mega  persekon hingga giga  persekon. Sebagai isolator terbuat dari bahan plastik. baru digunakan "  kembali dengan redaman yang standarisasi atau yang diperbolehkan. Kapasitas transmisi sinyal besar 9. Jarak transmisi jauh jarak transmisi bisa mencapai 25 ± 50 km dengan frekuensi 1011 ± 1017 Hz.tahan terhadap temperatur tinggi Bahan silika mempunyai titik leleh 1900 derajat Ñelcius dan sangat jauh dari titik leleh tembaga dan besi sehingga sangat cocok dipergunakan rawan atau daerah yang mempunyai temperatu tinggi.  £   . 10. 12. sehingga aman dipakai dimana saja dan dalam satu kaber banyak sekali urat serat optik. 7. kaca. nano meter. dan silika. Dapat menyalurkan informasi digital dengan kecepatan yang tinggi. Penyadapan informasi sukar Penyadapan informasi dengan induksi tidak mungkin terjadi 8. tidak konduktif. Kebal terhadap ganguaan EMP dan EMI Bebas dari interferensi medan magnet dan medan listrik.Tidak berkarat dan sistem pemeliharaannya mudah 11. 4. frekuensi radio dan noise listrik 6.   rendah Kemungkinan terjadi kebocoran cahaya antara serat optik sangat kecil. sehingga tidak dapat dialiri arus listrik dan terhindar dari hubung singkat.

1. Dalam menginstalasi jaringan  optik sangat sukar dalam hal penyambungan.1. 3. 2. . Redaman cukup besar bila pembengkokan kabel serat optik disesuaikan standar sudut berapa yang diijinkan. harus mempunyai keahlian khusus dan ketelitian. Perkembangan bahan serat dan sumber serat optik pada tabel 1. bila hal itu tidak diindahkan kemungkinan redamannya bisa besar. Konstruksi serat optik cukup lemah. maka dalam pemakaiannya diperlukan lapisan penguat sebagai pelindung (proteksi).