TANAMAN AIR DI GREEN HOUSE 1.

Salvinia natans

Photo by Tina

Klasifikasi Ilmiah Kerajaan : Plantae Divisi Kelas Bangsa Suku Marga Jenis : Pteridophyta : Pteridopsida : Salviniales : Salviniaceae : Salvinia : Salvinia natans

Kiambang (dari ki: pohon, tumbuhan, dan ambang: mengapung) merupakan nama umum bagi paku air dari genus Salvinia. Tumbuhan ini biasa ditemukan mengapung di air menggenang, seperti kolam, sawah dan danau, atau di sungai yang mengalir tenang. Kiambang memiliki dua tipe daun yang sangat berbeda. Daun yang tumbuh di permukaan air berbentuk cuping agak melingkar, berklorofil sehingga berwarna hijau, dan permukaannya ditutupi rambut berwarna putih agak transparan. Rambut-rambut ini mencegah daun menjadi basah dan juga membantu kiambang mengapung. Daun tipe kedua tumbuh di dalam air berbentuk sangat mirip akar, tidak berklorofil dan berfungsi menangkap hara dari air seperti akar. Orang awam menganggap ini adalah akar kiambang. Kiambang sendiri akarnya (dalam pengertian anatomi) tereduksi. Kiambang tidak menghasilkan bunga karena masuk golongan paku-pakuan.

di Dayak dikenal dengan nama Ilung-ilung. Ujung dan pangkalnya meruncing.Sebagaimana paku air (misalnya semanggi air dan azolla) lainnya. kecuali sebagai sumber humus (karena tumbuhnya pesat dan orang mengumpulkannya untuk dijadikan pupuk). Eceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. memiliki dua tipe spora: makrospora yang akan tumbuh menjadi protalus betina dan mikrospora yang akan tumbuh menjadi protalus jantan. kadang-kadang dipakai sebagai bagian dari dekorasi dalam ruang. Karena dapat tumbuh sangat rapat hingga menutupi permukaan sungai atau danau. keadaan akan kembali seperti semula. seorang ahli botani berkebangsaan Jerman pada tahun 1824 ketika sedang melakukan ekspedisi di Sungai Amazon Brasil. kelopaknya berbentuk tabung. Eceng gondok hidup mengapung di air dan kadang-kadang berakar dalam tanah. 2. Paku air ini tidak memiliki nilai ekonomi tinggi. kiambang juga bersifat heterospor. Eceng gondok dengan mudah menyebar melalui saluran air ke badan air lainnya. muncul pepatah Melayu "biduk berlalu. Daunnya tunggal dan berbentuk oval. Selain dikenal dengan nama eceng gondok. yang berarti setelah gangguan berlalu. atau sebagai tanaman hias di kolam atau akuarium. eceng gondok mempunyai nama lain seperti di daerah Palembang dikenal dengan nama Kelipuk.[1] Eceng gondok pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang ilmuan bernama Carl Friedrich Philipp von Martius. Bunganya termasuk bunga majemuk. pangkal tangkai daun menggelembung. di Manado dikenal dengan nama Tumpe. berbentuk bulir. kiambang bertaut".4 – 0. Bijinya berbentuk . Permukaan daunnya licin dan berwarna hijau. Tingginya sekitar 0. di beberapa daerah di Indonesia. di Lampung dikenal dengan nama Ringgak.8 meter. Tidak mempunyai batang. Eichornia crassipes Photo by Photo by Tina Tina Eceng gondok atau enceng gondok (Latin:Eichhornia crassipes) adalah salah satu jenis tumbuhan air mengapung.

bulat dan berwarna hitam. d) Mengganggu lalu lintas (transportasi) air. Buahnya kotak beruang tiga dan berwarna hijau. aliran air yang lambat. c) Tumbuhan eceng gondok yang sudah mati akan turun ke dasar perairan sehingga mempercepat terjadinya proses pendangkalan. temperatur dan racun-racun dalam air. pH. Akarnya merupakan akar serabut Habitat Eceng gondok tumbuh di kolam-kolam dangkal. Tumbuhan ini dapat mentolerir perubahan yang ektrim dari ketinggian air. terutama yang kaya akan nitrogen. Dampak Negatif Kolam yang dipenuhi eceng gondok yang sedang berbunga Akibat-akibat negatif yang ditimbulkan eceng gondok antara lain: a) Meningkatnya evapotranspirasi (penguapan dan hilangnya air melalui daun-daun tanaman). tempat penampungan air dan sungai. danau. . tanah basah dan rawa. di mana eceng gondok akan bertambah sepanjang musim hujan dan berkurang saat kandungan garam naik pada musim kemarau. [3] Pertumbuhan eceng gondok yang cepat terutama disebabkan oleh air yang mengandung nutrien yang tinggi. fosfat dan potasium (Laporan FAO). Kandungan garam dapat menghambat pertumbuhan eceng gondok seperti yang terjadi pada danau-danau di daerah pantai Afrika Barat. dan perubahan ketersediaan nutrien. karena daun-daunnya yang lebar dan serta pertumbuhannya yang cepat. e) Meningkatnya habitat bagi vektor penyakit pada manusia. khususnya bagi masyarakat yang kehidupannya masih tergantung dari sungai seperti di pedalaman Kalimantan dan beberapa daerah lainnya. laju air. b) Menurunnya jumlah cahaya yang masuk kedalam perairan sehingga menyebabkan menurunnya tingkat kelarutan oksigen dalam air (DO: Dissolved Oxygens). f) Menurunkan nilai estetika lingkungan perairan.

Deskripsi Ini adalah monokotil perennial dengan tebal serta daun yang lunak yang membentuk suatu roset. dan tersembunyi di tengah tanaman di antara daun.3. sering disebut kubis air atau selada air. it was first described from the Nile near Lake Victoria in Africa . yang terdiri dari spesies tunggal. margin bergelombang dan tercakup dalam rambut pendek yang membentuk struktur keranjang seperti yang memerangkap gelembung udara. Sekarang ini banyak terdapat. baik secara alami atau melalui pengenalan manusia. Berwarna hijau muda. Buah . Pistia stratiotes Photo by Tina Photo by Tina Klasifikasi Ilmiah Kerajaan : Plantae Divisi Kelas Bangsa Suku Marga Jenis : Magnoliophyta : Magnoliopsida : Alismatales : Araceae : Pistia : Pistia stratiotes Pistia adalah genus tanaman air dalam keluarga Araceae . di hampir semua saluran air segar tropis dan subtropis. but probably pantropical. Daun bisa sampai 14 cm panjang dan tidak memiliki batang. dengan urat paralel. Bunga adalah dioecious . meningkatkan daya apung pabrik. Its native distribution is uncertain. Mengapung di permukaan air akar-akarnya menggantung terendam di bawah daun mengambang. Pistia stratiotes. Distribusi aslinya kemungkinan dari daerah pantropis itu pertama kali dijelaskan dari Nil dekat Danau Victoria di Afrika .

membunuh tanaman terendam asli. Kumbang affinis Neohydronomous dewasa dan larva dari Amerika Selatan memakan daun Pistia. 4. dan mengubah komunitas tanaman direndam dengan menghancurkan mereka. dan larva ngengat Spodoptera pectinicornis dari Thailand . Tikar dari pertukaran gas blok Pistia di udara. mengurangi oksigen dalam air dan membunuh ikan . khususnya di Florida di mana ia dapat menyumbat saluran air. Perairan herbisida juga dapat digunakan. Tumbuhan ini juga dapat mengalami reproduksi aseksual . Mereka juga memblokir cahaya. Dua serangga juga sedang digunakan sebagai kontrol biologis . Echinodorus palaefolius Photo by Tina Photo by Tina . membentuk tikar padat. Ini adalah gulma air umum di Amerika Serikat . Ekologi Kebiasaan pertumbuhan dapat membuatnya menjadi gulma di perairan. sehingga mencegah perkembangan ganggang besar. Pistia dapat dikontrol oleh pemanen mekanis yang menghapus selada air dari air dan mengangkutnya ke pembuangan di pantai. Induk dan anak tanaman dihubungkan dengan singkat Stolon . Selada air sering digunakan dalam akuarium tropis untuk memberikan perlindungan bagi benih dan ikan kecil. Keduanya terbukti menjadi alat yang berguna dalam pengelolaan Pistia.hijau kecil terbentuk setelah pembuahan berhasil. Ini memiliki potensi untuk mengurangi keanekaragaman hayati dari sebuah saluran air. Hal ini juga membantu karena ganggang member nutrisi dalam air.

daun lainnya masih bisa berkembang dan bagus tampilannya. Yang paling laku adalah melati air nomor 3. daun ini lalu dipotong dan ditancapkan ke media tanam.Tanaman ini punya banyak kelebihan. Bahkan. Ini supaya ketika satu rusak. Bunganya dobel. sementara tunasnya langsung ditanam. Setelah mekar dan keluar tunasnya. nomor 2 dan nomor 3. Sebetulnya kondisi lembap pun sudah cukup. sekeliling daunnya bergelombang. melainkan ciri melati air nomor 3. Perawatan melati air relatif gampang. Nah. sebaiknya harus selalu tergenang. Jadi. pasti stres. Kalau dipecah. satu kuncup bisa muncul beberapa bunga. ada yang biasa disebut dengan melati air nomor 1. dan batang lebih panjang. Bisa langsung ditanam sekaligus. kemudian keluar daun. dilempar pun bisa hidup. sebaiknya hati-hati. Begitu tumbuh . Bunga inilah yang digunakan untuk perbanyakan. Ada 3 jenis melati air yang dikenal secara awam. Masing-masing memiliki ciri berbeda. Yang harus diingat. Perbedaannya. melati air (Echinodorus palaefolius) juga punya bentuk daun yang eksotis. kalau mau memecah bunga. Depok. Cuma. bisa pula dipecah satu-satu. Kalau sudah terbiasa tergenang air. Bunga melati air berwarna putih dan muncul sepanjang waktu. Satu pucuk bisa berisi 3 tunas. tidak kering kerontang. tidak perlu dipecah-pecah. Bunganya juga dobel. Yang penting cukup air. Tompel ini bukan penyakit atau kelainan pada tanaman. makin ke atas makin melebar. Daun yang stres ini sebaiknya dipotong. Sementara melati air nomor 3 daunnya lebih kecil dengan corak kehitaman semacam tompel. Daun dan batangnya berwarna merah. melati air nomor 1 memiliki bentuk daun lebih tebal dan lebar seperti mangkuk. Ada lagi melati air variegata dan melati air daun merah. Bedanya. tergantung kebiasaan. Paling daunnya hangus atau kering dan kita berharap ke daun baru untuk keluar tunas baru. Selain rajin berbunga tak kenal musim. Menurut Muslim dari Duta Lotus Sawangan. tanpa gelombang di sekeliling daunnya. Bentuk daun melati air nomor 2 mirip dengan nomor 1. meskipun nggak sampai mati. sementara bunganya putih besar. kadar stres melati air cukup tinggi.

5.akar. Eropa . Yang penting tanaman air bisa berdiri tegak. lithuanica . Queensland . dan H. H. H. asiatica . Hydrilla verticillata Photo by Tina Photo by Tina Klasifikasi Ilmiah Kerajaan : Plantae Divisi Kelas Bangsa Suku Marga Jenis : Magnoliophyta : Magnoliopsida : Alismatales : Hydrocharitaceae : Hydrilla : Hydrilla verticillata Hydrilla adalah tanaman air genus. di Eropa. and H. H. Sinonim termasuk H. japonica. dilaporkan dari Irlandia . Hydrilla verticillata. ovalifolica . asiatica. dan dalam Australia dari Northern Territory . setelah itu ia akan menyesuaikan sendiri. meskipun beberapa ahli botani membaginya menjadi beberapa spesies. Afrika dan Australia . Jerman . dan New South Wales . Tumbuhan ini asli dari perairan hangat dan sejuk dari Dunia Lama di Asia . H. . ovalifolica. biasanya hanya ada satu spesies. Inggris . japonica . dengan tipis. lithuanica. melati air akan mencari sendiri tanah yang sesuai untuknya. distribusi yang tersebar. dan Negara-negara Baltik .

Hydrilla mirip beberapa terkait tanaman air lainnya.7-2 mm luas. kelopak 3-5 mm panjang. setiap tepi daun 5-20 mm dan 0. Inggris-satunya situs di mana itu asli. Batang tumbuh hingga 1-2 meter. Chromium dan Lead . bunga-bunga yang kecil. dengan bunga jantan dan perempuan diproduksi secara terpisah pada tanaman tunggal. Nama Esthwaite Waterweed berasal dari kejadian di Esthwaite Air di barat laut Inggris . sedangkan pelepah daun sering kemerahan jika segar. termasuk Egeria dan Elodea . Fitoremediasi Sumber melimpah dari biomas adalah dikenal bioremediasi hiperakumulator dari Mercury . dengan gerigi kecil atau duri di sepanjang daun. dan dengan demikian dapat digunakan dalam fitoremediasi . karena tidak pernah terlihat sejak tahun 1941. Hal ini berumah satu (kadang-kadang dioecious ). Daun tersebut diatur dalam lingkaran dari 2-8 sekitar batang.Memiliki bagian yang tidak putih kekuningan rimpang tumbuh di sedimen di bawah air sampai dengan kedalaman 2 m. Cadmium . tapi sekarang dianggap punah. 6. Ini terutama mereproduksi vegetatif dengan fragmentasi dan rimpang dan bunga yang jarang terlihat Hydrilla memiliki resistensi yang tinggi terhadap salinitas (> 9-10ppt) dibandingkan dengan air tawar lain yang terkait tanaman air. dengan tiga sepal dan tiga kelopak. transparan dengan garis-garis merah. Lemna minor Photo by Tina Klasifikasi Ilmiah Kerajaan : Plantae Divisi Kelas Bangsa Suku Marga : Magnoliophyta : Magnoliopsida : Alismatales : Araceae : Lemna .

Tumbuh dalam air dengan kadar gizi tinggi dan pH antara 5 dan 9. kecuali untuk Arktik dan iklim subarctic.Jenis : Lemna minor Lemna minor adalah spesies Lemna dengan distribusi subcosmopolitan. dengan tiga (jarang lima) urat. terjadi di mana-mana bahwa air tawar kolam dan lambat-bergerak aliran terjadi. panjang 1-8 mm dan 0. secara optimal antara 6. pertumbuhan ini memulai kembali dan melayang kembali ke permukaan. yang menjadi aktif dan tenggelam ke dasar air untuk musim dingin. seperti daun lebih tumbuh. Asia . saat suhu mulai turun di bawah 6 sampai 7 ° C itu berkembang kecil. Ini adalah sumber makanan yang penting bagi banyak ikan dan burung (terutama bebek ). memungkinkan tanaman untuk mematuhi yang bulu atau kaki sementara burung terbang dari satu kolam ke yang lain. padat. Eropa dan Amerika Utara . Daun berbentuk oval. dan pabrik sering membentuk karpet lengkap di masih kolam ketika kondisi yang cocok. . Burung juga penting dalam penyebaran spesies ke situs baru. Pertumbuhan koloni cepat.6-5 mm luas. yang kaya protein dan lemak . Di daerah beriklim sedang.5 dan 7. hijau muda. Besar biji adalah 1 mm. dan ruang udara kecil untuk membantu flotasi. Merambat terutama oleh divisi. bergaris dengan 8-15 rusuk. dengan satu. organ pati penuh disebut 'turions'. dan suhu antara 6 dan 33 ° C. ketika diproduksi. dengan membran berbentuk skala-gelas yang berisi bakal biji tunggal dan dua benang sari. asli di sebagian besar Afrika . dua atau tiga daun masing-masing dengan satu akar menggantung di dalam air. musim semi berikutnya. dan bunga jarang diproduksi. tanaman membagi dan menjadi individu yang terpisah.5. Tumbuhan ini adalah air tawar terapung tanaman air . meskipun adalah dinaturalisasi di sana. mereka sekitar 1 mm diameter. Hal ini tidak dilaporkan sebagai asli di Australasia atau Amerika Selatan . akar adalah lengket.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful