BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis Novel Mata Rantai yang Hilang Karya Agatha Cristie, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Struktur novel terdiri dari tema, alur atau plot, penokohan dan karakter dimana hubungan antar unsur dalam novel ini menunjukkan hubungan yang begitu padu sehinggga menghasilkan jalinan cerita yang sangat menarik. 2. Tema dari novel ini mengisahkan bahwa keadilan dan kebenaran akhirnya akan terungkap, siapa yang salah dan benar akan terlihat. 3. Penokohan dalam novel Mata Rantai yang Hilang Karya Agatha Christie menunjukkan karakter yang beragam dan logis sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing dalam gagasan utama. Ada yang mencari kebanaran, ada yang menutupi kebenaran 4. Alur atau plot pada novel Mata Rantai yang Hilang karya Agatha Christie ini bersifat misterius dan intelektual menampilkan kejadian-kejadian yang mengandung konflik yang mampu menarik atau bahkan mencekam pembaca. Sifat misterius alur atau plot tersebut tampaknya tak berbeda kaitannya dengan pengertian suspense, rasa ingin tahu pembaca. Ini merupakan ciri khas dari

62

63

karya-karyanya Agatha Christie yang kisahnya penuh misteri dan tak terduga pada endingnya. 5. Struktur naratif secara tekstual bersifat dinamis, tidak meloncat-loncat sehingga kisah pada novel Mata Rantai yang Hilang karya Agatha Christie ini mudah diikuti dan menarik. 6. Adapun aplikasinya dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra di SMA, maka siswa membedakan dan membandingkan ciri khas dari si pengarang, baik secara struktural juga bentuk bahasanya serta penambahan wawasan mengenai karyakarya sastra baik dari pengarang dalam negeri maupun dari luar negeri. Sehingga kemampuan membaca pemahamannya juga dapat dikatakan mencapai pada taraf rata-rata yang cukup tinggi.

B. Saran Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis pada Novel Mata Rantai yang Hilang Karya Agatha Christie, terdapat beberapa hal yang disarankan kepada berbagai pihak, antara lain:

1. Bagi peneliti lanjutan Penelitian ini menganalisis susunan struktural sebuah novel tidak secara menyeluruh. Bagi peneliti lanjutan diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan unsur-unsur lain yang membangun sebuah novel.

64

2. Bagi Pembaca Dapat mengembangkan wawasan dalam memahami sebuah novel karya luar dan dapat dijadikan bahan referensi untuk memilah novel-novel yang baik dan bermutu. Penelitian ini diharapkan bisa digunakan sebagai wahana untuk menggali makna di dalam sastra yang bisa dijadikan sebagai acuan untuk berpikir tentang hakikat kehidupan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful