P. 1
Aplikasi Fisika Inti

Aplikasi Fisika Inti

|Views: 804|Likes:
Published by Dian Antasari

More info:

Published by: Dian Antasari on May 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/27/2013

pdf

text

original

10 APLIKASI FISIKA INTI

Woen Welly (10208060) Tri Puspita Pratiwi (10208067) Dian Antasari (10208087)

RADIASI GAMMA SEBAGAI DETEKTOR KEBOCORAN
Partikel gamma dapat dengan mudah melewati materi padat seperti alpha dan beta. Jika kita menggunakan sumber yang tidak mengeluarkan radiasi gamma sangat banyak, maka kita dapat menggunakannya sebagai ¶tracer· di lingkungan. Sebagai contoh, kita tahu ada pipa yang bocor tetapi tidak tahu persis dimana letaknya. Untuk mengetahuinya, suatu pemancar gamma dicampur dengan minyak. Minyak membawa emitor untuk kebocoran. Radiasi gamma pada minyak akan menembus tanah dan akan terdeteksi dengan detektor gamma sehingga dapat diketahui letak kebocoran.

yang sejak tahun 1985 telah berkembang metoda pembedahan dengan menggunakan radiasi pengion sebagai pisau bedahnya (gamma knife). Dengan menggunakan pesawat pemercepat partikel generasi terakhir telah dimungkinkan untuk melakukan radioterapi kanker dengan sangat presisi dan tingkat keselamatan yang tinggi melalui kemampuannya yang sangat selektif untuk membatasi bentuk jaringan tumor yang akan dikenai radiasi. Dengan teknik ini kasus-kasus tumor ganas yang sulit dijangkau dengan pisau bedah konvensional menjadi dapat diatasi dengan baik oleh pisau gamma ini. Sel kanker atau tumor ternyata lebih sensitif dan lebih mudah dirusak.THREE DIMENSIONAL CONFORMAL RADIOTHERAPHY (3D CRT) Berbagai jenis tumor atau kanker dapat diterapi dengan radiasi. Perkembangan teknik elektronika maju dan peralatan komputer canggih dalam dua dekade ini telah membawa perkembangan pesat dalam teknologi radioterapi. Oleh karena itu sel kanker atau tumor dapat dimatikan dengan mengarahkan radiasi secara tepat pada sel-sel kanker tersebut Terapi Radiasi dengan menggunakan sumber radiasi tertutup atau pesawat pembangkit radiasi telah lama dikenal untuk pengobatan penyakit kanker. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi 3D-CRT . bahkan tanpa perlu membuka kulit pasien dan yang terpenting tanpa merusak jaringan diluar target . Radiasi dapat menghambat pembelahan sel. memformulasikan serta memberikan paparan radiasi dengan dosis yang tepat pada target.

yang selanjutnya dapat digunakan untuk pembuatan vaksin dari penyakit tertentu Vaksin yang diperoleh dari cara diatas dikenal sebagai ·radiovaksin· Contohnya antara lain : radiovaksin untuk penyakit tidur di afrika dan radiovaksin untuk penyakit cacing pada ternak .PEMBUATAN VAKSIN YANG DIKENAL DENGAN RADIOVAKSIN Radiasi dapat melemahkan mikroorganisme ataupun penyakit.

Sterilisasi dengan cara tersebut sangat efektif.serta biayanya sangat murah.RADIASI DAN STERILISASI HAMA Alat/bahan yang digunakan di bidang kedokteran pada umumnya harus steril. bersih dan praktis. Satu-satunya jalan adalah sterilisasi dengan radiasi. Demikian pula sterilisasi dengan gas etilen oksida atau bahan kimia lain dapat menimbulkan residu yang membahayakan kesehatan. serta amnion chorion untuk luka bakar. juga disterilkan dengan radiasi . sehingga tidak bisa disterilkan dengan uap air panas atau dipanaskan. Banyak di antara alat atau bahan tersebut yang tidak tahan terhadap panas. dengan sinar gamma dan Co-60 yang dapat memberikan hasil yang memuaskan. Untuk transplantasi jaringan biologi seperti tulang dan urat.

Teknik ini bermanfaat untuk membantu mendiagnosis kekeroposan tulang (osteoporosis) yang sering menyerang wanita pada usia menopause (mati haid) sehingga menyebabkan tulang muda patah . Berdasarkan banyaknya radiasi gamma atau sinar-x yang diserap oleh tulang yang diperiksa maka dapat ditentukan konsentrasi mineral kalsium dalam tulang.PENENTUAN KERAPATAN TULANG DENGAN BONE DENSITOMETER Pengukuran kerapatan tulang dilakukan dengan cara menyinari tulang dengan radiasi gamma atau sinar-x. Perhitungan dilakukan oleh komputer yang dipasang pada alat bone densitometer tersebut.

'Pendingin' ini membawa energi panas dari reaktor untuk boiler. Generator dapat diputar dengan menggunakan turbin uap. MEMBUAT AIR MENDIDIH Sejauh ini kita telah belajar bahwa untuk pasokan energi listrik kita perlu menggunakan generator.REAKTOR NUKLIR DAPAT MENYEDIAKAN PANAS. Air yang direbus menjadi uap tidak dipanaskan oleh reaksi nuklir secara langsung. . Pendingin Transfer energi panas melalui pipa-pipa boiler ke turbin air. yang direbus menjadi uap. Sebuah reaktor nuklir dapat memberikan energi panas untuk mendidihkan air menjadi uap bertekanan tinggi. Turbin air melewati boiler dalam pipa. Panas reaksi nuklir air yang berbeda atau gas atau bahkan logam cair terlebih dahulu.

dan gamma merupakan penyebab ionisasi. Kabel tegangan tinggi menarik elektron tersebut. beta. mempercepat elektron dan knock off elektron dengan lebih dari atom lain.TABUNG GEIGER-MULLER Radiasi alfa. Ionisasi ini dapat dideteksi untuk menunjukkan radiasi yang ada. Ketika sebuah partikel alfa atau beta memasuki tabung yang menyebabkan beberapa ionisasi dan pembebasan elektron. Di tengah-tengah tabung ada kawat tipis yang berada pada tegangan tinggi dan terisi dengan gas tekanan rendah. Tabung GM memiliki ¶jendela· tipis dari mineral mika yang memungkinkan partikel alfa melewatinya. . Tabung geiger-muller (GM) merupakan salah satu pendeteksi radiasi dengan menggunakan geiger counter.

000 tahun yang lalu. karbon 14 terus meluruh dan tak tergantikan. Hal ini menyebabkan perbandingan karbon 14 dan karbon 12 tetap sepanjang hidup suatu makhluk hidup. membentur atom-atom nitrogen di atmosfer atas sehingga jumlahnya di udara tetap. Maka. namun ia terus menerus terbentuk karena sinar kosmis. Spektrometer massa akselerator menghitung jumlah karbon 14 yang ada .CARBON : MENGUNGKAP UMUR MAKHLUK HIDUP YANG PERNAH ADA Karbon 14 meluruh menjadi karbon 12. Setelah mati. perbandingan karbon 14 dan karbon 12 dapat mengungkapkan umur tumbuhan atau hewan yang pernah hidup sampai 40.

Diantaranya neutron yang dapat bereaksi terhadap inti hidrogen dalam atmosfer dan membentuk radiokarbon dengan pemancaran proton. Sinar kosmik merupakan inti atomik berenergi tinggi terutama terdiri dari proton yang bergerak menembus galaksi kita kira ² kira 1018 diantaranya sampai ke bumi tiap detik.PENENTUAN UMUR RADIOMETRIK Dengan menggunakan metode peluruhan radioaktif memungkinkan penentuan umur batuan dan benda yang mempunyai asal biologis. Karena peluruhan radioaktif berlangsung dengan laju tetap dan tak bergantung kondisi luar maka rasio antara jumlah nuklide dan nuklide anak stabil dalam benda yang diselidiki akan menunjukkan umurnya. . Ketika memasuki atmosfer bumi menumbuk inti atom sehingga menimbulkan hujan partikel sekunder.

8 bilyun tahun yang lalu. Setelah 5600 tahun benda ini memiliki setengah jumlah radiokarbon asal. C 14 6 Kebanyakan batuan purba umurnya ditentukan dari yang didapatkan pada tanaman hijau dan dipercaya berumur 3. Dengan mengetahui radiokarbonnya umur suatu benda dapat ditentukan.Sesaat setelah dihasilkan atom menempel pada molekul oksigen dan membentuk CO2 radioaktif. Binatang makan tanaman sehingga binatangpun menjadi radioaktif. . Tanaman hijau mengambil CO2 supaya tetap hidup sehingga setiap tanaman mengandung karbon radioaktif. Setelah mati binatang tidak menyerap radiokarbon dan radiokarbon yang dikandungnya terus meluruh menjadi 14N.

Penyebab terdapat empat deret adalah peluruhan alfa mereduksi nomor massa sebuah inti dengan 4. .Kebanyakan unsur radioaktif yang ada di alam adalah anggota dari empat deret radioaktif.

.

.

juga pakan tambahan yang terbukti dapat meningkatkan produktifitas ternak. . aplikasi nuklir yang dikembangkan di dalam negeri selain telah melahirkan beberapa jenis vaksin. dan manajemen ternak. efektif dan efisien. serta ekonomis. Di bidang peternakan. yaitu kepekaan deteksi tinggi. Keuntungan pengggunaan teknik nuklir dalam bidang peternakan. aman. kesehatan. akurat untuk perunutan. Dengan menekankan ke arah penggunaan teknik nuklir dan teknik terkait lainnya. perbaikan sistem reproduksi. Peternakan akan lebih mengarah pada peningkatan produksi ternak.Radioaktivitas Dalam Peternakan dan Pertanian PETERNAKAN Teknologi nuklir merupakan salah satu teknologi moderen yang berkembang pesat dalam berbagai bidang .

Yang perlu diperhatikan adalah waktu paruh fisika. † . Yang perlu diperhatikan adalah waktu paruh biologis. Teknik perunutan dapat menggunakan isotop atau radioisotop. Aplikasi perunut secara in vivo bertujuan untuk menggambarkan proses biologi yang terjadi di lingkungan asalnya atau langsung menggunakan hewan ternak. tetapi di laboratorium. yaitu pemanfaatan yang bersifat in vivo dan in vitro.Teknik Perunut Radioaktivitas † Perunutan merupakan suatu proses pemanfaatan senyawa yang telah ditandai dengan isotop atau radioisotop untuk menjadi bagian dari sistem biologi/mekanik sehingga diketahui mekanisme yang terjadi atau diperoleh suatu hasil pengukuran. Pemanfaatan teknik nuklir untuk perunutan berdasarkan sifat pengaplikasiannya dibagi menjadi dua. yaitu waktu yang diperlukan (radio) isotop untuk keluar atau diekskresikan keluar tubuh. yaitu waktu yang diperlukan oleh radioisotop untuk meluruh hingga mencapai separuh aktivitasnya. Sedangkan aplikasi perunut secara in vitro bertujuan untuk menggambarkan proses biologi yang terjadi di luar tubuh hewan.

Ciri khas dari ternak ruminansia adalah adanya rumen yang merupakan ekosistem mikroba yang berperan dalam penguraian bahan pakan dan mikroba pun berfungsi sebagai bahan protein bagi ternak. Hasil-hasil teknologi Badan yang memanfaatkan teknik perunut adalah suplemen pakan urea ultinutrient molasses block (UMMB) dan radioimmuno assay (RIA). seperti sapi. rumput lapangan dan berbagai jenis hijauan lainnya.Salah satu masalah umum yang dihadapi oleh peternak tradisional adalah rendahnya mutu pakan dengan kandungan serat kasar yang tinggi. berupa jerami. domba dan lainnya. kerbau. . Kenyataannya jenis pakan ternak tersebut sulit dicerna dan tidak dapat memberikan zat-zat nutrisi yang berimbang untuk mendukung produktifitas yang maksimal. Suplemen pakan UMMB merupakan suplemen pakan (SP) untuk ternak ruminansia. kambing.

UMMB memiliki lebih dari 10 formula agar saat penerapan di daerah lebih mudah karena setiap daerah memiliki potensi yang berbeda-beda. Pakan lokal berupa hasil samping pertanian. onggok. maka suplemen tersebut dibuat dalam bentuk padat dari komposisi bahan tertentu (urea. bungkil kelapa. dedak. Hasil industri pertanian berupa dedak padi. ampas tahu dan ampas kecap. bungkil biji kapok. gandum/pollard. tepung kedelai. dan kapur). pucuk tebu. garam dapur. bungkil kelapa sawit.Agar teknologi suplemen tersebut dapat diterapkan oleh peternak dan mudah dalam penyimpanan serta transportasinya. sorghum. Pakan komersial yang dijual di toko pakan ternak mempunyai potensi untuk mendukung ketersediaan pakan lokal. . Hasil samping pertanian meliputi daun singkong. industri pertanian dan pangan. bagase dan daun kedelai. jagung. sumber karbohidrat berserat kasar tinggi (jerami padi. tepung tulang. mudah didapat dan spesifik di daerah setempat. molases kulit coklat (sumber karbohidrat berserat kasar rendah). onggok. lakta mineral. kacang tanah (sumber protein). sedangkan yang sumber protein yaitu bungkil kedelai. sorghum. kulit kedelai).

Hasil limbah/samping industri pangan berupa produk-produk roti. bubur bayi dan susu bubuk yang waktu berlaku penjualannya sudah habis. . Pemberian SP merupakan strategi untuk meningkatkan konsumsi pakan oleh ternak pada kondisi pemeliharaan tradisional. dan kegiatan mikroba secara efisien di dalam rumen. SP tersusun dari kombinasi bahan limbah sumber protein dengan tingkatan jumlah tertentu yang secara efisien dapat mendukung pertumbuhan. perkembangan.

TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->