BAB V HASIL PENELITIAN

Pada bab ini akan diuraikan hasil penelitian yang berjudul gambaran tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang manfaat ASI di Desa Kandung Kecamatan Winongan dengan jumlah responden 25 orang. Penelitian ini dikelompokkan menjadi data umum dan data khusus. Data umum akan menjelaskan karakteristik responden yang meliputi : umur, pendidikan dan pekerjaan. Sedangkan data khusus menjelaskan data tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang manfaat ASI pada tingkat tahu dan paham.

5.1. Data Umum Data ini menggambarkan data umum responden di Desa Kandung Kecamatan Winongan yang meliputi : umur, pendidikan dan pekerjaan.

5.1.1 Usia Table 5.1 Distribusi Frekuensi usia ibu menyusui di Desa Kandung Kecamatan Winongan tahun 2006. No. 1 2 3 4 Umur 20-25 tahun 26-30 tahun 30-35 tahun > 35 tahun Jumlah Frekuensi (F) 7 9 6 3 25 Prosentase (%) 28 % 36 % 24 % 12 % 100 %

Sumber : Data Primer 2006

Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa dari 25 Responden yang mempunyai prosentase terbesar adalah responden yang mempunyai umur 26-30 tahun dengan

Karena pada usia tersebut merupakan usia produksi sehat secara psikis maupun fisik telah siap hamil. No.3 Pekerjaan Tabel 5. 5. Pekerjaan 1 Guru 2 Ibu rumah tangga Jumlah Sumber : Data Primer 2006 Frekuensi (F) 2 23 25 Prosentase (%) 8% 92 % 100 % .3 Distribusi frekuensi pekerjaan ibu menyusui di Desa Kandung Kecamatan Winongan tahun 2006.2 diatas dapat dilihat bahwa dari 25 responden berpendidikan SD dengan jumlah 19 orang (76%) dengan pendidikan yang kurang akan mempengaruhi responden untuk menerima informasi tentang manfaat ASI.2 Distribusi frekuensi tingkat pendidikan ibu menyusui di Desa Kandung Kecamatan Winongan tahun 2006. No.1. 5. melahirkan dan menyusui karena alat reproduksinya sudah matang.jumlah responden 9 orang (36 %).1.2 Tingkat Pendidikan Tabel 5. 1 2 3 4 5 Tingkat Pendidikan SD SLTP SLTA D2 S1 Jumlah Sumber : Data Primer 2006 Frekuensi (F) 19 3 1 1 1 25 Prosentase (%) 76 % 12 % 4% 4% 4% 100 % Dari tabel 5.

1 2 3 4 Pengetahuan Baik Cukup Baik Kurang Baik Tidak Baik Jumlah Sumber : Data Primer 2006 Frekuensi (F) 17 5 3 25 Prosentase (%) 68 % 20 % 12 % 100 % Dari tabel 5.5 Distribusi frekuensi tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang manfaat ASI pada tingkat paham di Desa Kandung Kecamatan Winongan.4 diatas diketahui bahwa dari 25 responden.4 Distribusi frekuensi tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang manfaat ASI pada tingkat tahu di Desa Kandung Kecamatan Winongan. 5.2 Data Khusus Data ini menggambarkan data khusus responden di Desa Kandung Kecamatan Winongan tentang tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang manfaat ASI.2. Tabel 5. 3 responden (12 %) dalam kriteria kurang baik. yang termasuk dalam kriteria tidak baik tidak dijumpai (0 %). Gambaran responden berdasarkan tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang manfaat ASI pada tingkat tahu dan paham. No. 17 responden (68%) memiliki tingkat pengetahuan tentang manfaat ASI pada tingkat tahu dalam kriteria baik.3 diatas menunjukkan bahwa dari 25 responden prosentase yang paling banyak yaitu ibu rumah tangga/tidak bekerja dengan jumlah responden 23 orang (98 %). 5 (20 %) dalam kriteria cukup baik.1 Tingkat pengatahuan ibu menyusui tentang manfaat ASI Tabel 5.Dari tabel 5. . 5.

dapat diuraikan dalam pembahasan berikut : . 1 responden (4 %) dalam kriteria kurang baik. dan 2 responden (8 %) dalam kriteria tidak baik.No. BAB VI PEMBAHASAN Dari hasil penelitian gambaran tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang manfaat ASI di Desa Kandung Kecamatan Winongan. 1 2 3 4 Pengetahuan Baik Cukup Baik Kurang Baik Tidak Baik Jumlah Frekuensi (F) 9 13 1 2 25 Prosentase (%) 36 % 52 % 4% 8% 100 % Sumber : Data Primer 2006 Dari tabel 5. 13 responden (58 %) dalam kriteria cukup baik.5 diatas diketahui bahwa dari 25 responden 9 responden (36 %) memiliki tingkat pengetahuan tentang manfaat ASI pada tingkat paham dalam kriteria baik.

Dan dalam usia tersebut seseorang masih memiliki kemampuan yang bagus dalam menerima. mengingat serta melakukan segala pengetahuan baik yang baru didapat atau yang telah dimiliki pada dirinya. dapat dikatakan tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang manfaat ASI pada tingkat paham dalam kriteria cukup yaitu 13 orang (52 %) Tinkat pendidikan seseorang sangat besar pengaruhnya terhadap pengetahuan.5 dapat diketahui bahwa dapat 25 responden ibu menyusui yang teliti. Hal ini menunjukkan bahwa ibu-ibu menyusui yang ada di Desa Kandung Kecamatan Winongan mempunyai kemampuan yang baik untuk mengingat materi tentang manfaat ASI yang telah diketahui atau dipelajari sebelumnya.6. Dari data yang diuraikan pada tabel 5. Dari data yang diuraikan pada tabel 5.2 Tingkat pengetahuan Ibu menyusui tentang manfaat ASI pada tingkat paham. 6. Menurut Koentjoroningrat (1997) semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang . Usia juga dapat mempengaruhi pengetahuan seseorang dilihat dari karakteristik umur yang dimiliki responden sebagian besar adalah usia produktif yaitu berkisar 20-30 tahun dengan prosentase 64 % menurut Hurloek (1998) yang dikutip oleh Nursalam dan Siti Pariani bahwa semakin cukup usia.1 Tingkat Pengetahuan Ibu Menyusui Tentang Manfaat ASI Pada Tingkat Tahu. tingkat kematangan dan kekuatan seseorang akan lebih baik dalam berfikir dan bekerja.4 dapat diketahui bahwa dari 25 responden ibu menyusui yang teliti dapat dikatakan tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang manfaat ASI pada tingkat tahu dalam kriteria baik yaitu 17 orang (68 %).

Sebaliknya pendidikan yang kurang akan menghambat sikap seseorang terhadap nilai-nilai yang baru diperkenalkan.1 Tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang manfaat ASI .1. Tingkat pendidikan terlalu rendah akan sulit menerima pesan yang disampikan.1 Kesimpulan Dari hasil penelitian yang telah diuraikan dan dibahas pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan sebagai berikut : 7. Dengan melihat karakteristik pendidikan yang dimiliki responden sebagian besar adalah SD.semakin mudah menerima informasi sehingga semakin banyak pengetahuan yang dimiliki. BAB VII KESIMPULAN 7. yaitu 19 orang dengan prosentase 76 %.

pengetahuan cukup 13 responden (52 %).Pada tingkat tahu yang terdiri dari 25 responden yang mempunyai pengetahuan baik sebanyak 17 responden (68 %).1 Bagi masyarakat Khususnya ibu menyusui. pengetahuan kurang baik 1 responden (4 %).2 Tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang manfaat ASI Pada tingkat paham yang terdiri dari 25 responden yang mempunyai pengetahuan baik 9 responden (36 %).2.2. Pengetahuan cukup 5 responden (20 %). Jadi tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang manfaat ASI pada tingkat paham dalam kriteria cukup. Pengetahuan kurang baik 3 responden (12 %). 7. 7. 7.2. Jadi tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang manfaat ASI pada tingkat tahu dalam kriteria baik.2 Saran 7.1. dan pengetahuan tidak baik 2 responden (8 %).2 Bagi Peneliti Untuk mendapat hasil penelitian yang lebih memuaskan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan waktu yang cukup dan bekal teori yang memadai serta memperhatikan factor-faktor yang dapat menunjang penelitian tersebut. 7.3 Bagi Tempat Penelitian . untuk meningkat pengetahuannyadalam mempeoleh informasi tentang manfaat ASI sehingga itu benar-benar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Poltekkes. . Budijanto Didik dan Prajoga (2005). DAFTAR PUSTAKA Arikunto S. Metodologi Penelitian. (2000).Bagi petugaskesehatan sebaiknya meningkatkan penyuluhan tentang manfaat ASI sehingga dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya ibu menyusui tentang manfaat ASI. Jakarta : Rineka Cipta. Surabaya : UPPM.

Ramaiah Savitri(2006). Bahan Bacaan Manajemen Laktasi. Ilmu Kebidanan. Manuaba IBG (1998). Hand Out dan Bahan Kuliah. NAA.P. Jakarta : Rineka Cipta. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan.Fatmawati (2005). PROPOSAL PENELITIAN GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU MENYUSUI TENTANG MANFAAT ASI Studi di Desa Kandung Wilayah Kerja Puskesmas Winongan Kabupaten Pasuruan . (1999). Jakarta : Salemba Medika. Metodologi Penelitian Kesehatan. ASI dan Menyusui. (2005). Veralls Silvia (2003). RI. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta : EGC Moody Jane. Anatomi dan Fisiologi Terapan dalam Kebidanan. Jakarta : BIP. Menyusui Praktis dan Nyaman. Jakarta : Program Manajemen Laktasi Perkumpulan Perinatologi Indonesia. Jakarta : CV Info Medica. Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan. Britten Jane. (2004). Jakarta : Arcan. Jakarta : EGC Cara Mudah. Notoatmodjo S. Aziz Alimul (2006). Nursalam dan Pariani S. Jakarta : Japan Internasional Cooperation Agency. (2003). Pedoman Penyuluhan Cara Menyusui Yang baik. Depkes. Notoatmodjo S. Suradi Rulina dan Tobing Hesti K. and Hogg Karen (2006). Jakarta : Rineka Cipta. Asuhan Kebidanan III (Nifas). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. (2001).

Oleh : CHOLIFATUL FATMA EKA PUSPANINGTYAS EFI CANDRA ANDARI IIN MAKHRUDINAH WIWIK DEWI S AKADEMI KEBIDANAN SAKINAH PUKUL KRATON PASURUAN 2010 KARYA TULIS ILMIAH GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU MENYUSUI TENTANG MANFAAT ASI Studi di Desa Kandung Wilayah Kerja Puskesmas Winongan Kabupaten Pasuruan .

Diajukan Sebagai Syarat Pelaksanaan Penelitian Untuk Menyelesaikan Program Pendidikan Diploma III Kebidanan Oleh : CHOLIFATUL FATMA EKA PUSPANINGTYAS EVI CANDRA IIN MAKHRUDINAH WIWIK AKADEMI KEBIDANAN SAKINAH PUKUL KRATON PASURUAN 2010 MOTTO Segala hal yang dijalani dengan kesabaran .

orang tuaku. . Dan keluargaku tercinta yang Telah memberiku dukungan.Dan kesungguhan tidak akan Berlalu dengan sia-sia Segala puji bagi Allah. doa Dan memberikan yang terbaik Unntukku. dengan nikmatnya sempurnalah Segala kebaikan dan dengan pertolongan tercapailah Semua tujuan Kupersembahkan karya tulis ini Untuk diriku sendiri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful