ARSITEKTUR KOMPUTER “BUS AGP (Accelerated Graphic Port)”

Anggota Kelompok 5 : Hamzah Eka Novia Prakasa I Putu Ramaditya M Galih Haryo Kd Dwi Praseptia P Fuad Adi Pradana Putu Agung Ananta Wijaya Gde Adi Pramana I Wayan Agus Wirayasa Elsyantri Nana S Michael Senna S Mathias Danang Kadek Lina Handayani Bintari Susilowati Praditya H.R Aan Masduki A.A Lawa Iswara Putra (1008605053) (1008605054) (1008605055) (1008605056) (1008605057) (1008605058) (1008605059) (1008605060) (1008605061) (1008605062) (1008605063) (1008605064) (1008605065) (1008605066) (1008605067) (1008605068)

Program Studi Teknik Informatika Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana

2011

KATA PENGANTAR

Om Swastiastu,

Puja dan puji syukur kami panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa, atas segala rahmat dan karunianyanya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas paper yang kami buat dengan mengambil bahan materi yaitu “Bus AGP (accelerated graphic port)” Kami menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan yang terkandung dalam paper yang kami kerjakan ini, maka dari itu kritik dan saran yang konstruktif dari para dosen mata kuliah Arsitektur Komputer yang berguna sangat kami harapkan. Semoga pikiran yang baik datang dari segala penjuru.

Om Shantih, Shantih, Shantih Om

Jimbaran, april 2011

2

.......................................................................................................3 1........................................1 Sejarah Perkembangan BUS................................15 2....................1 Daftar Isi.............................2 BUS System............4 BAB II:Pembahasan..............21 3 .....................3 1...............13 2...................................2 Rumusan Masalah...........5 2......................................13 2...................................................................................5 2...............20 DAFTAR PUSTAKA...........2 BAB I:Pendahuluan...........8 2.................6 Perbandingan antar BUS AGP dan BUS PCI.............7 2......................DAFTAR ISI Kata Pengantar..................................8 Perbandingan AGP dan PCI........................................................................10 2........................................................................4 Pengertian BUS AGP...............3 Sejarah BUS AGP............19 BAB III: Kesimpulan............................................................1 Latar Belakang...................................................................................................................................5 Karateristik BUS AGP...............................7 Data Transfer......................

tergantung dari arsitektur sistem komputer yang digunakan. bus dapat dibedakan menjadi bus yang khusus menyalurkan data tertentu. bus ISA (yang digunakan oleh keyboard dan mouse).BAB I PENDAHULUAN 1. seperti dalam kasus bus USB. Bus disusun secara hierarkis. Tidak seperti hubungan titik-ke-titik. agar dapat berjalan. karena setiap bus yang memiliki kecepatan rendah akan dihubungkan dengan bus yang memiliki kecepatan tinggi. dan bus-bus lainnya. bus AGP. Beberapa perangkat lainnya (utamanya chipset atau kontrolir) akan bertindak sebagai jembatan antara bus-bus yang berbeda. Sebuah komputer memiliki beberapa bus. contohnya paket data saja. jenis ini disebut dedicated 4 . Sebagai contoh. Setiap bus mendefinisikan set konektornya ke alat colok fisik. Latar Belakang Dalam arsitektur komputer. System bus atau bus sistem.Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus. sebuah bus secara logika dapat menghubungkan beberapa alat dalam satu set kabel yang sama. Berdasar jenis busnya. atau kabel bersamaan.Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer. Bus komputer awal merupakan bus listrik paralel dengan banyak hubungan. Setiap perangkat di dalam sistem juga dihubungkan ke salah satu bus yang ada. kartu grafis AGP akan dihubungkan ke bus AGP. tetapi istilah ini sekarang digunakan untuk pengaturan fisik yang menyediakan fungsi logika yang sama dengan sebuah bus listrik paralel. bus USB. dan dapat dihubungkan dengan kabel dalam sebuah topologi multidrop atau daisy chain atau dihubungkan oleh hub switch. dalam arsitektur komputer merujuk pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponennya dalam menjalankan tugasnya.Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih.1. bus PCI. sebuah bus adalah sebuah subsistem yang mentransfer data atau listrik antar komponen komputer di dalam sebuah komputer atau antar komputer. kartu. atau alamat saja. Sebagai contoh.Banyaknya bus yang terdapat dalam sistem. sebuah komputer PC dengan prosesor umumnya Intel Pentium 4 memiliki bus prosesor (Front-Side Bus).

Apakah kelemahan dan keunggulan BUS AGP (ACCELERATED GRAPHIC PORT). 5 . Rumusan Masalah Adapun permasalahan yang kami akan bahas pada bab pembahasan sebagai berikut : Bagaimanakah sejarah dari BUS AGP (ACCELERATED GRAPHIC PORT).. untuk mengetahui apakah pengertian dari BUS AGP (ACCELERATED GRAPHIC PORT) c. 1.? d.... 1. Apakah pengertian BUS AGP (ACCELERATED GRAPHIC PORT).bus. Untuk mengetahui bagaimanakah kelemahan dan keunggulan BUS AGP (ACCELERATED GRAPHIC PORT) a.? a.2. Untuk mengetahui bagaimana kinerja dari BUS AGP (ACCELERATED GRAPHIC PORT) d. Bagaimanakah kinerja dari BUS AGP (ACCELERATED GRAPHIC PORT).? b.3. Namun apabila bus yang dilalui informasi yang berbeda baik data. Tujuan Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penyusunan paper adalah sebagai berikut : Untuk mengetahui bagaimana sejarah dari BUS AGP (ACCELERATED GRAPHIC PORT) b. dan sinyal kontrol dengan metode multipleks data maka bus ini disebut multiplexed bus. alamat.? c.

pengontrol disk drive memberikan sinyal interupsi ke CPU. dari segi pengaksesan perangkt keras maupun memori. Seluruh peralatan 6 .seluruhnya dibawah kendali CPU. yang mana data dibaca dan ditulis dari device. Umpamanya. Hampir semua mikrokomputer dibangun dengan menggunakan metode ini. yakni dimulai dengan bus S-100 di Altair.Komputer menangani interupsi (permintaan dari modul I/O) tersebut dengan menunggu sampai looping pada interupsi tersebut selesai dan perangkat external komputer kembai siap untuk bekerja. Sistem bus yang sederhana ini memiliki permasalahan yang serius ketika digunakan pada komputer untuk kepentingan umum (generaL purpuse computer). Memori dan device lainnya akan ditambah ke bus dengan mnggunakan alamat yang sama dan pin – pin data yang ada pada CPU secara paralel.1 Sejarah perkembangan BUS Generasi pertama Beberapa dari masalah yang ditemui instruksi .Sistem bus pada mikrokomputer hakekatnya terhubung langsung ke pin – pin pada CPU atau dengan cara melewati amplifier untuk menghubungkannya. Bahkan dadangkala hal terbut dilakukan dlm 1 waktu. terus bekerja keras untuk mengembangkan metode pntransferan data yang ada pada komputer sebelumnya dengan mengimplementasikan bus – bus I/O secara terpisah. yaitu diantaranya memberitahukan kepada CPU bahwa data yang ada pada memori tersebut telah siap dibaca.instruksi. Seperti yang pernah dibicarakan sebelumnya. diantaranya ialah adanya interupsi.Dalam hal ini. Dengan begitu CPU akan memindahkan data dengan membaca alamat memori yang diberikan oleh disk drive ersebut.BAB II PEMBAHASAN 2. sebagian besar tokoh di PC IBM. komputer akan mmprioritaskan pentransferan data mellui bus ke bagian program yang diinterupsi. Komunkasi antar device tersebut dikontrol oleh CPU. Beberapa waktu setelah itu.device yang ada baik dari maupun ke memori. hal tersebut tidak meningkat terlalu signifikan. device – device komputer mengeluarkan interupsi (pemintaan pelayanan) ke CPU dengan cara memberikan sinyal – sinyal melalui pin – pin pada CPU. meskipun jika dilihat secara keseluruhan. Dalam pengumpamaan yang sama.beberapa komputer mulai untk mentransfer data dari memori ke seluruh bagian CPU.

maka CPU akan bekerja lebih lambat untuk sementara demikian pula kecepatannya untuk berhubungan dengan device . Contoh dari masalah ini adalah kartu video yang sangat cepat seperti bus baru yaitu PCI.yang ada pada bus memiliki kemampuan untuk berkomunkasi dengan kecepatan yang sama dan dalam waktu yang sama pula. dan akhirnya digantikan oleh keberadaan bus baru PCI Express. hingga 16 atau 32 bit perdetik.bus ini dapat memindahkan lebih banyak data disesuaikan dengan besarnya data yang akan dipindahkan. Ini akan membuat CPU menjadi lebih cepat tanpa dipengaruhi BUS. meninggalkan banyak slot pada sistem modern. ini akan ditambahkan ke CPU dengan sebuah kartu ke dalam bus. sebagai penyelesaian dari berbagai masalah. Bagaimanapun juga sistem baru ini memberikan suatu kualitas yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Sementara itu bus sistem juga bekerja lebih berat untuk mengkonfigurasikan ketika dibangun dari perlengkapan yang biasa.device tersebut. Karna membutuhkan penambahan kartu ekspansi dan membutuhkan banyak jumper dalam satu set alamat memory. Jadi perangkat keras pada BUS dapat terhubung ke setiap bagian tanpa intervensi dari CPU.NuBus memisahkan komputer menjadi dua yaitu (CPU dan memory) dan perangkat keras lainnya. mulai dari 8 bit perdetik secara paralel pada generasi pertama. karena yang pertama kali harus ditingkatkan kecepatannya ialah keselurukan kerja dari device – device komputer yang ada dengan sebaik mungkin. dan komputer mulai memasang AGP hanya untuk digunakan sebagai kartu video.CPU dan Memory dapat meningkatkan kecepatan lebih cepat dari bus. Oleh karena itu setiap bus dapat terhubung dalam kecepatan yang sama.Sekarang terdapat 5 bus berbeda dalam suatu komputer yang didukung oleh berbagai macam perangkat keras. Pada tahun 2004 AGP terus berkembang menjadi lebih besar sebagai kartu video high-end. dengan sebuah bus controller di antaranya.( sekarang menjadi suatu standar dari plug-n-play) untuk menggantikan jumper. Komputer menjadi lebih berat dalam menyalurkan data. I/O. prioritas interupsi dan nomor interupsi Generasi kedua Sistem bus generasi kedua dinamakan NuBus. Oleh karena itu komputer – komputer memiliki banyak slot diatas bus. Jadi kecepatan bus sekarang lebih lambat dari pada apa yang sistem modern butuhkan. Generasi ketiga 7 . Dengan penambahan jumlah dari perangkat keras external ini akan membuat sistem bus bekerja dengan baik.Tapi pada pertengahan tahun 1980 dan 1990. Ketika kerja device – device yang ada tidak dapat dipercepat secepat kerja komputerbaik secara praktek maupu ekonomis. Ketika CPU dan Memory dirancang terpisah CPU pun terus berkembang sehingga dapat meningkatkan kecepatannya. sistem baru seperti SCSI dan IDE diperkenalkan untuk melayani kebutuhan tersebut. Semakin waktu semakin baik sejalan dengan perkembangan software setupnya. Ini menyebabkan lebih banyak beban untuk memindahkan data keluar dari CPU dan masuk kedalam kartu melalui bus Controller. Ketika disk drive pertama kali diperkenalkan. Meningkatkan kecepatan komputer merupakan pekerjaan yang berat.

apabila dimungkinkan menggunakan beberapa 8 .Bus ini dapat digunakan bersama seperti internal bus. dan kontrol.Sinyal kontrol menetapkan apakah operasi baca tulis yang dilakukan. karena tidak sesuai dengan perangkat keras itu sendiri. alamat. jalur ini dapat juga untuk komunikasi dua buah komputer atau lebih. Sebaik sambungan mesin bersama ini akan menyelesaikan permasalah ketika mencoba meminta service atau pelayanan yang berbeda. memori utama. yaitu jalur data. dan perangkat I/O dapat dinterkoneksikan dengan menggunakan bus bersama yang fungsi utamanya adalah menyediakan jalur komonikasi untuk transfer data. menyatakan sinyal kontro.Bus dapat disebut sebagai lintasan umum/bersama yang digunakan untuk transfer data.Pada generasi ketiga ini bus telah muncul di pasaran sejak tahun 2001 yang menyertai Hyper Transpord dan InfiniBand. Prosesor.Bus ini sangat flexible dalam menghubungkannya.Skema interkoneksi bus Jalur bus yang digunakan untuk mentransfer data dapat dikelompokkan menjadi tiga tipe. Pembuat software berkerja keras untuk menyesuaikan dengan sistem ini. Bus tersebut menyediakan jalur yang diperlukan untuk mendukung interrupt dan arbitrasi. 2. Gambar 1. Jalur tersebut menetapkan Read pada saat diset 1 dan Write pada saat diset 0.2 Bus System Inti sebuah Motherboard (chipset) adalah beberapa bus yang menghantarkan sinyal antar masing – masing komponen.Untuk komunikasi data. umumnya bus pada generasi ketiga ini cenderung untuk suatu network dari pada konsep dasar suatu bus. Protokol bus adalah set aturan yang mengatur kelakuan berbagai perangkat yang terhubung ke bus yaitu kapan harus meletakkan informasi je dalam bus. bus dengan protokol tinggi lebih dibutuhkan dari sistem yang juga memberikan multiple device untuk digunakan dalam satu bus.Biasanya digunakan jalur R/W tunggal. dan lian sebagainya.

3. Sinyal tersebut menetapkan waktu kapan prosesor dan perangkat I/O dapat meletakkan bus atau menerima data dari bus. jumlah saluran dikaitkan dengan lebar bus data. Umumnya sebuah bus terdiri dari sejumlah lintasan komunikasi atau saluran. Bus tersebut mayoritas terdapat dalam komputer komersial. maka jumlah saluran menentukan 9 . Sinyal kontrol bus juga membawa informasi timing. Dalam setiap operasi transfer data. Menurut fungsinya. maka ukuran data yang diminta juga diindikasikan. Umumnya bus data terdiri dari 8. 16. 32 saluran. yaitu: 1. Masing-masing saluran dapat mentransimisikan signal yang menunjukkan biner 1 dan biner 0. Bus merupakan media transmisi yang dapat digunakan bersama. dan suatu signal yang ditransmisikan oleh salah satu perangkat ini dapat diterima oleh salah satu perangkat yang terhubung ke bus. Karena pada suatu saat tertentu masingmasing saluran hanya dapat membawa 1 bit. atau long word. bus diklasifikasikan menjadi 3. Serangkaian digit biner dapat ditransmisikan melalui saluran tunggal. maka signal-signalnya akan bertumpang tindih dan menjadi rusak. Kecepatan transfer data pada bus asynchonous yang dikontrol oleh full handshake dibatasi oleh fakta bahwa tiap transfer melibatkan dua jeda round trip. 2. suatu perangkat memainkan peranan sebagai master. Keuntungan bus asynchrinous adalah proses handshake menghilangkan kebutuhan sinkronisasi clock sender dan reciever sehingga menyederhanakan desain timing. Skema telah ditemukan untuk transfer data melalui bus dapat dikalsifikasikan sebagai skema synchronous dan asynchronous. PENGERTIAN BUS SISTEM Bus merupakan lintasan komunikasi yang menghubungkan dua atau lebih perangkat.Misalnya bus pada famili prosesor 68000 memiliki dua mode operasi yaitu satu asynchronous dan satu synchronous. Bus Data Saluran yang memberikan lintasan bagi perpindahan data antara dua modul system. Bila dua buah perangkat melakukan transmisi dalam waktu yang bersamaa. Sejumlah perangkat yang terhubung ke bus. Misalnya sebuah satuan data 8 bit dapat ditransmisikan melalui bus 8 saluran. Dengan mengumpulkannya beberapa saluran dari sebuah bus dapat digunakan mentransmisikan digit biner secara bersamaan (secara paralel). word. ini adalah perangkat yang menganisiasi transfer data dengan mengeluarkan perintah baca atau tulis.ukuran operand seperti byte.

maka CPU harus 2 kali mengakses modul memori dalam setiap siklus instruksinya. maka harus ada alat untuk mengontrol penggunaannya. misalnya CPU akan membaca sebuah word (8. saluran kontrol meliputi : • Memory Write : menyebabkan data pada bus akan dituliskan ke dalam lokasi alamat. • Memory Read : menyebabkan data dari lokasi alamat ditempatkan pada bus • I/O Write : menyebabkan data pada bus di output kan ke port I/O yang beralamat. 10 . Bus Alamat Digunakan untuk menandakan sumber atau tujuan data pada bus data. Selain itu umumnya saluran alamt juga digunakan untuk mengalamati port-port I/O. maka CPU akan menaruh alamat word yang dimaksud pada saluran alamat. • Clock : digunakan untuk mensinkronkan operasi-operasi. dan setiap instruksi panjangnya 16 bit. Lebar bus data merupakan factor penting dalam menentukan kinerja system secara keseluruahan. penggunaan data dan saluran alamat. Bus Kontrol Digunakan untuk mengontrol akses ke saluran alamat. • I/O Read : menyebabkan data dari port I/O yang beralamat ditempatkan pada bus. Bila bus data lebarnya 8 bit. • Interrupt Request : menandakan bahwa sebuah interrupt ditangguhkan. Reset : menginisialisasi seluruh modul. Signal-signal pewaktuan menunjukkan validitas data dan informasi alamat. 2. 32 bit) data dari memori.jumlah bit yang dapat diindahkan pada suatu saat. 3. Karena data dan saluran alamat digunakan bersama oleh seluruh komponen. • Transfer ACK : menunjukkan bahwa data telah diterima dari bus atau telah ditempatkan di bus. Signal-signal kontrol melakukan transmisi baik perintah mauun informasi pewaktuan diantra modul-modul system. Umumnya. 16. • Interrupt ACK : memberitahukan bahwa interrupt yang ditangguhkan telah diketahui. Lebar bus alamat menentukan kapasitas memori maksimum sitem.

5. Secara fisik. dan 2 memindahkan data melalui bus. Pada saat ini setiap modul memiliki periode waktu tertentu untuk menalin alamat dan menentukan apakah alamat tersebut merupakan modul beralamat. Konduktorkonduktor ini berupa kawat logam yang berakhir pada kartu atau papan PCB. alamat ditempatkan pada bus dan ?Address Valid Control? diaktifkan. Kemudian modul harus menunggu modul kedua untuk mengirimkan data.4. • Multiplexed : Alamat dan informasi data dapat ditransmisikan melalui sejumlah saluran yang sama dengan menggunakan saluran ?Address Valid Control?. hanya terdapat sedikit parameter dasar atau elemen rancangan yang dapat dipakai untuk mengklasifikasikan dan membedakan bus. 1. Jenis-Jenis Bus • Dedicated : Saluran data dan alamat terpisah. terdapat juga penurunan 11 .2. Bila sebuah modul akan meminta data dari modul lainnya. Kemudian alamat dihapus dari bus. Kerugiannya adalah diperlukan rangkain yang lebih kompleks dalam setiap modul. Keuntungan time multiplexing adalah hanya memerlukan saluran sedikit sehingga menghemat ruang dan biaya. maka modul itu harus melakukan dua hal : 1. Pada awal pemindahan data. dan koneksi bus yang sam adigunakan untuk transfer data pembacaan atau penulisan berikutnya. Metoda penggunaan saluran yang untuk berbagai keperluan ini dikenal sebagai time multiplexing. Bus melintasi seluruh komponen system yang masing-masing disambungkan ke beberapa atau semua saluran bus. dan 2 memindahkan sebuah request ke modul lainya melalui saluran kontrol dan saluran alamat yang sesuai. sebenarnya bus system merupakan sejumlah konduktor listrik parallel. memperoleh penggunaan bus. ELEMEN-ELEMEN RANCANGAN BUS Walaupun terdapat bermacam-macam perbedaan implementasi bus. OPERASI BUS Bila sebuah modul akan mengirimkan data ke modul lainnya. 2. maka modul itu harus 1 memperoleh penggunaan bus.

CPU mengeluarkan signal awal untuk menandai keberadaan alamat dan informasi control pada bus. Karena pada satu sat hanya sebuah unit yang berhasil mentransmisikan data melalui bus. 3. sebuah perangkat hardware yang dikenal sebagai pengontrol bus atau arbitrer bertanggung jawab atas alokasi waktu pada bus. Sebagian besar event mengisi suatu siklus waktu. tidak terdapat pengontrol sentral. terjadinya event pada bus ditentukan oleh sebuah clock. Timing Timing berkaitan dengan cara terjadiya event dikoordinasikan pada bus. 2. Metode Arbitrasi Didalam semua system kecuali system yang paling sederhana. Sebuah transmisi 1-0 dikenal sebagai siklus waktu atau siklus bus dan menentukan besarnya slot waktu. setiap modul terdiri dari acces control logic dan modulmodul bekerja sama untuk memakai bus bersama-sama. 12 . Modul memori mengetahui alamat itu. Semua perangkat lainnya pada bus dapat membaca saluran waktu. Bus meliputi sebuah saluran. dan setelah delay 1 siklus menempatkan data dan signal balasan pada bus. Pada metode tersentralisasi. Mungkin perangkat berbentuk modul atau bagian CPU yang terpisah.kinerja yang cukup besar karena even-even tertentu yang menggunakan saluran secara bersama-sama tidak dapat berfungsi secara paralel. Dengan timing yang synchronous. • Timing Sinkron Signal bus lainya dapat berubah pada ujung muka signal waktu (dengan sedikit reaksi delay). waktu tempat timing mentransmisikan rangkaian bilangan 1 dan 0 dalam durasi yang sama. Pada metode terdistribusi. dengan tanpa mengirimkan data ke CPU. maka diperlukan beberapa metode arbitrasi. dan semua event dimulai pada awal siklus waktu. Metode Arbitrasi dapat digolongkan sebagai metode tersentralisasi dan metode terdistribusi. lebih dari satu modul diperlukan untuk mengontrol bus. Misalnya I/O mungkin diperlukan untuk membaca atau menulis secara langsung ke memori. CPU mengeluarkan signal baca dan menempatkan alamat memori pada bus alamat.

Jenis Transfer Data Suatu bus mendukung bermacam-macam jenis transfer data. CPU menempatkan alamat dan membaca signal bus. maka system tidak dapat memanfaatkan peningkatan kinerja. 4. Namun timing ini kurang flexible dibandingkan dengan timing asinkron. Dengan menggunakan timing asinkron. baik dengan menggunakan teknologi lama maupun baru. semakin besar bit yang dapat ditransferkan pada suatu saat. Baik bagi operasi baca maupun tulis.• Timing Asinkron Terjadinya event pada bus mengikuti dan tergantung pada event sebelumnya. Pada multiplexed addres/data bus. Untuk operasi baca. kemudian mengambil alih lagi bus untuk membentuk operasi baca atau tulis). semakin lebar bus data. dapat menggunakan bus secara bersama-sama. mengambil alih bus untuk melakukan request baca atau tulis. Lebar bus alamat mempunyai pengaruh pada kapasitas system : semakin lebar bus alamat. Karena semua perangkat pada bus sinkron terkait dengan kelajuan pewaktu yang tetap. Semua bus mendukung transfer baca (master ke slave) dan transfer tulis (slave ke master). 5. Modul memori memberikan respons dengan data dan signal SSYN (slave syn) yang menunjukan respon. Timing sinkron lebih mudah untuk diimplementasikan dan ditest. biasanya terdapat waktu tunggu pada saat data sedang diambil dari slave untuk ditaruh pada bus. CPU mengeluarkan signal MSYN (master syn) yang menandakan keberadaan alamat yang valid dan signal control. 13 . Lebar Bus Lebar bus dapat mempengaruhi kinerja system. Setelah berhenti untuk memberi kesempatan signal ini menjadi stabil. semakin besar range lokasi yang dapat direferensi. pertama-tama bus digunakan untuk mengspesifikasikan alamat dan kemudian melakukan transfer data. mungkin juga terdapat delay bila hal itu diperlukan untuk melalui arbitrasi agar mendapatkan kontrol bus untuk sisa operasi (yaitu. campuran antara perangkat yang lamban dan cepat.

3 Volt. Bagi operasi tulis. alamat ditaruh pada bus alamat dan tetap berada disana selama data tersimpan pada bus data.0 dirilis 14 .0 bekerja dengan kecepatan 66 MHz (AGP 1x) atau 133 MHz (AGP 2x). menggantikan bus ISA. 32-bit. 2.6. Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot. Operasi read-after-write merupakan operasi yang tidak dapat dibagibagi yang berisi operasi tulis yang diikuti oleh operasi baca dari alamat yang sama. dalam sebuah sistem. hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja. sebuah siklus alamat diikuti oleh n siklus data. Bagi operasi baca. Alamat hanya dibroadcast satu kali saja hanya pada awal operasi. Terdapat pula beberapa kombinasi operasi yang diizinkan oleh sebagian bus. Sebagian sistem bus juga mendukung transfer data blok.AGP versi 2.0) dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996. master menaruh data pada bus data begitu alamat telah stabil dan slave telah mempunyai kesempatan untuk mengetahui alamatnya. butir-butir data lainnya ditransfer ke alamatalamat berikutnya atau ditransfer dari alamat-alamat berikutnya. Dalam hal ini. bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan. Selain itu. secara fisik. Sejarah BUS AGP (ACCELERATED GRAPHIC PORT). logis dan secara elektronik. AGP bersifat independen dari PCI. singkatan dari Accelerated Graphics Port adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi. dan menggunakan pensinyalan 3. slave menaruh data pada bus data begitu slave mengetahui alamatnya dan telah mengambil data. Butir data pertama ditransfer ke alamat tertentu atau ditransfer dari alamat tertentu. Suatu operasi baca-modifikasi-tulis merupakan sebuah operasi baca yang diikuti oleh operasi tulis ke lamat yang sama. Spesifikasi AGP 1. Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI. Biasanya urutan operasi secara keseluruhan tidak dapat dibagi-bagi untuk menjaga setiap akses ke elemen data oleh master-master bus lainnya. tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. Spesifikasi AGP pertama kali (1.Pada alamat dedicated dan bus-bus data. Operasi baca dibentuk tujuan pemeriksaan. Tujuan utama dari kemampuan ini adalah untuk melindungi sumber daya memori yang dapat dipakai bersama didalam sistem multiprogramming. Bus AGP.

alasan mengapa Intel mendesain AGP adalah untuk mengizinkan kartu grafis dapat mengakses memori fisik secara 15 .Versi terakhir dari AGP adalah AGP 3. Meskipun demikian. tapi tidak sebaliknya. karena slot AGP Pro lebih panjang.pada Mei 1998 menambahkan kecepatan hingga 266 MHz (AGP 4x). semacam ATi FireGL atau NVIDIA Quadro. AGP Pro tidaklah kompatibel dengan AGP biasa: kartu grafis AGP 4x biasa memang dapat dimasukkan ke dalam slot AGP Pro. Selain empat spesifikasi AGP di atas. 1.Meskipun demikian. karena beberapa alasan teknis. yakni hingga 110 Watt. AGP Pro memiliki slot yang lebih panjang dibandingkan dengan slot AGP biasa.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada November 2000.1a pada bulan April 1999.Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz sehingga mengizinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte/detik (dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x). lebih besar 25 Watt dari AGP biasa yang hanya 85 Watt. kartu grafis AGP 1x atau AGP 2x dapat tidak benar-benar masuk ke dalam slot sehingga dapat merusaknya. ada lagi spesifikasi AGP yang dinamakan dengan AGP Pro. serta tegangan yang lebih rendah. pada kenyataannya kinerja yang ditunjukkan oleh AGP 8x tidak benar-benar dua kali lebih tinggi dibandingkan AGP 4x. Selain faktor kinerja video yang lebih baik. Versi 1.0 dari AGP Pro diperkenalkan pada bulan Agustus 1998 lalu direvisi dengan versi 1. Selain itu. dengan tambahan pada daya yang dapat didukungnya. banyak vendor motherboard menambahkan retensi pada bagian akhir slot tersebut: Jika hendak menggunakan kartu grafis AGP Pro lepas retensi tersebut.5 Volt. Untuk menghindari kerusakan akibat hal ini. terlihat dengan jelas bahwa AGP Pro dapat digunakan untuk mendukung kartu grafis berkinerja tinggi yang ditujukan untuk workstation graphics. Jika dilihat dari daya yang dapat disuplainya.

langsung. secara fisik. Selain itu. PengertianBUS AGP (ACCELERATED GRAPHIC PORT). Mulai tahun 2006. 133 MHz (mode AGP 2x). dengan biaya integrasi yang relatif lebih rendah. dalam sebuah sistem. menggantikan bus ISA.) 2. dengan kebutuhan daya yang lebih sedikit (voltase hanya 800 mV saja. 16 . singkatan dari Accelerated Graphics Portadalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi. tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. Bus AGP. logis dan secara elektronik. tanpa harus menambah chip memori lagi. Gambar Interface AGP Card Bus AGP (Accelerated Graphic Port). Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI.Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot.bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan. sehingga bandwidth maksimum yang dapat diraih adalah 2133 MByte/s. yang dapat meningkatkan kinerja secara signifikan. AGP telah mulai digeser oleh kartu grafis berbasis PCI Express x16. yang dapat mentransfer data hingga 4000 Mbyte/detik.7. sehingga kartu grafis on-board dapat langsung menggunakan memori fisik. hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja. yang hampir dua kali lebih cepat dibandingkan dengan AGP 8x. atau 533 MHz (mode AGP 8x) pada lebar jalur 32-bit. Bus ini merupakan bus yang didesain secara spesifik untuk kartu grafis. Bus ini berjalan pada kecepatan 66 MHz (mode AGP 1x). meski harus dibarengi dengan berkurangnya memori untuk sistem operasi. AGP mengizinkan penggunaan kartu grafis yang langsung mengakses RAM sistem. AGP bersifat independen dari PCI.

32. dan menggunakan pensinyalan 3.1a pada bulan April 1999. Meskipun demikian.5 Volt. pada kenyataannya kinerja yang ditunjukkan oleh AGP 8x tidak benar-benar dua kali lebih tinggi dibandingkan AGP 4x.0 bekerja dengan kecepatan 66 MHz (AGP 1x) atau 133 MHz (AGP 2x). Sebuah sistem hanya dapat menampung satu buah bus AGP.0 dari AGP Pro diperkenalkan pada bulan Agustus 1998 lalu direvisi dengan versi 1.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada November 2000.3.5 Volt bit Selain empat spesifikasi AGP di atas. 1. 32. karena beberapa alasan teknis. Versi terakhir dari AGP adalah AGP 3. Versi 1. AGP versi 2.5 Volt bit 2x Juli1996 4x Mei1998 8x 533 MHz (8 x November2000 66 MHz). atau NVIDIA nForce SPP). AGP Pro memiliki slot yang lebih panjang dibandingkan dengan slot AGP biasa. Jika dilihat dari daya yang dapat 17 .3. ada lagi spesifikasi AGP yang dinamakan dengan AGP Pro.3 Volt bit 133 MHz (2 x 66 MHz). 32.3 Volt.1. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz sehingga mengizinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte/detik (dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x). Intel Memory Controller Hub. 32-bit. Spesifikasi Diperkenalkan AGP Kecepatan Tegangan Maksimum troughput 266 MByte/detik 533 MByte/detik 1066 MByte/detik 2133 MByte/detik 1x Juli1996 66 MHz (1 x 66 MHz). Spesifikasi AGP 1. dengan tambahan pada daya yang dapat didukungnya.0 dirilis pada Mei 1998 menambahkan kecepatan hingga 266 MHz (AGP 4x). yakni hingga 110 Watt.1. bus ini terkoneksi ke chipset pengatur memori (Northbridge. lebih besar 25 Watt dari AGP biasa yang hanya 85 Watt.Umumnya.3 Volt bit 266 MHz (4 x 66 MHz). 32. serta tegangan yang lebih rendah.

kartu grafis AGP 1x atau AGP 2x dapat tidak benar-benar masuk ke dalam slot sehingga dapat merusaknya. semacam ATi FireGL atau NVIDIA Quadro. yang dapat meningkatkan kinerja secara signifikan. Gambar 16 . meski harus dibarengi dengan berkurangnya memori untuk sistem operasi. Slot BUS AGP 18 . banyak vendor motherboard menambahkan retensi pada bagian akhir slot tersebut: Jika hendak menggunakan kartu grafis AGP Pro lepas retensi tersebut. alasan mengapa Intel mendesain AGP adalah untuk mengizinkan kartu grafis dapat mengakses memori fisik secara langsung. karena slot AGP Pro lebih panjang. terlihat dengan jelas bahwa AGP Pro dapat digunakan untuk mendukung kartu grafis berkinerja tinggi yang ditujukan untuk workstation graphics. dengan biaya integrasi yang relatif lebih rendah. Meskipun demikian.disuplainya. Selain faktor kinerja video yang lebih baik. AGP mengizinkan penggunaan kartu grafis yang langsung mengakses RAM sistem. Selain itu. tanpa harus menambah chip memori lagi. Untuk menghindari kerusakan akibat hal ini. tapi tidak sebaliknya. AGP Pro tidaklah kompatibel dengan AGP biasa: kartu grafis AGP 4x biasa memang dapat dimasukkan ke dalam slot AGP Pro. sehingga kartu grafison-board dapat langsung menggunakan memori fisik.

) 2. tanpa perlu mengirimkan data tekstur terlebih dahulu ke memory lokal yang dimiliki graphic card. frame rate menjadi lebih halus dan kemampuan untuk menampilkan grafik 3D lebih realistik serta kualitasnya lebih tinggi. anda tigak memerlukan prosesor Pentium II untuk memanfaatkan teknologi AGP. KarakteristikBUS AGP (ACCELERATED GRAPHIC PORT). kerja graphic card menjadi lebih ringan: Semuanya dapat dilakukan lebih cepat berkat kerja sama antara memory utama dan memory graphic card. Meskipun AGP dibuat untuk motherboard Pentium II dan memakai arsitektur Dual Independent Bus (DIB). Dengan demikian.8. Accelerated Graphics Port. yang hampir dua kali lebih cepat dibandingkan dengan AGP 8x. 19 . Hasil akhirnya.Skema Bus AGP pada PC Mulai tahun 2006. yang dapat mentransfer data hingga 4000 Mbyte/detik. AGP memungkinkan graphic card untuk menjalankan pemetaan tekstur (texture mapping) secara langsung dimemory system. memakai teknologi pipelining yang dapat memberikan bandwith maksimum sampai 4x yang dapat dicapai oleh PCI.Ini karena pemakaian AGP tidak tergantung pada jenis CPU. AGP telah mulai digeser oleh kartu grafis berbasis PCI Express x16. AGP. dengan kebutuhan daya yang lebih sedikit (voltase hanya 800 mV saja.

Kenyataannya.2. Walaupun begitu. 20 . AGP vs. kemauan AGP.000 atau lebih.9. yang hanya bisa ditemukan di workstations dengan harga $20. Satu hal yang perlu diyakini dari pernyataan tersebut bahwa harga dari teknologi AGP yang baru ini lebih mendekati $20. karena penggunaan dari AGP tidak tergantung pada tipe dari CPU. PCI AGP Pipelined requests Address/data de-multiplexed Peak at 533MB/s in 32 bits Single target. Hal in memungkinkan kartu grafik untuk menangkap tekstur gambar secara langsung dari memori sistem. Walaupun AGP sesuai dengan Pentium III dan berarsitektur bus dual independen. Intel mengklaim bahwa sekarang pengguna PC dapat mencari pengalaman dengan berbagai jenis grafik 3 dimensi yang memukau dan video yang berkualitas tinggi. no other I/O operations High/low priority queues PCI Non-pipelined Address/data multiplexed Peak at 133MB in 32 bits Multi-target. pengalamatan dan transfer data yang dlakukan per detik. VIA memiliki chip baru yang seharusnya dapat segera sesuai untuk socket 7 pada motherboard-motherboard yang didukung oleh AGP. Perbandingan antar bus AGP dan bus PCI Perancangan untuk Pentium III berdasarkan motherboard – motherboard.000 untuk setiap workstation. diantara begitu banyak manfaat yang ada yaitu dapat menyalurkan bandwith empat kali lebih cepat dibandingkan bus PCI yang menggunakan pemrosesan pipelining. multi-master Link to entire system No priority queues AGP memiliki kelebihan yaitu dapat menghasilkan tekstur gambar yang lebih halus.1 standard yang berkekuatan 66 MHz sesuai dengan kecepatan bus PCI. dan bahkan mengambil gambar tersebut untuk disalurkan kembali ke grafik yang ada di memori lokal. single master Memory read/write only. mampu untuk menampilkan gambar 3 dimensi dan video yang gamarnya terlihat lebih nyata dan berkualitas tinggi daripada PC yang pernah ditemukan sebelumnya. pengguna tidak memerlukan prosedur Pentium III untuk memanfaatkan teknologi baru ini. AGP dibuat berdasarkan PCI 2.

bus PCI cocok untuk melakukan transfer data dari 132 MB keatas. 21 . AGP membuat permintaan berganda untuk data selama pengaksesan bus atau memori. Hal ini karena AGP memiliki kemampuan untuk mentransfer data 66 MHz per waktu dan melewati desain baru yang lebih maju yang membuat mode pentransferan lebih efisien. bahkan AGP (berfrekuensi 66 MHz) mampu mentransferkan data hingga 533 MB lebih.PCI membuat satu permintaan dan tidak membuat permintaan lainnya sampai data tersebut selesai di transfer. Diagram Arsitektur AGP DIME mungkin merupakan ciri-ciri yang paling utama dari AGP. AGP menyediakan kartu grafik dengan dua metode dari pengaksesan pemetaan gambar secara langsung di memori sistem.Di pipelining.10 Data Transfer Zaman sekarang. yaitu metode pipelining dan pengalamatan.2. Chip grafik AGP memiliki kemampuan untuk mengakses memori utama secara langsung untuk operasi yang rumit dari pemetaan gambar. AGP Architecture Diagram Gambar 26 .

akan terjadi kemacetan yang disebabkan oleh software dan PC umumnya. Pengembang software sadar akan kebutuhan untuk peningkatan aplikasi gambar. icons. BUS tersebut dapat dioperasikan pada Bandwidth 66 MHz. terutama dalam proses grafik. Ini membutuhkan bandwith dan memori untuk menampilkan setiap layar dan gambar. dan grafis ke dalam PC. seperti kartu video. Sebuah terobosan penting terjadi pada tahun 1993 ketika itu Intel memperkenalkan PCI BUS. Jika ketersediaan bandwidth dan memori terbatas. Sekarang ini kita membutuhkan bisnis. Perbedaan utama keduanya adalah kecepatan. 22 .Program ini memberikan gambar yang intensif.Gambar 27 . entertainment dan educational software yang mengesankan kita dengan gambar indah. yang telah meninggalkan hari diman hanya terdapat huruf dan nomor yang simpel. sound. beberapa usaha telah dilakukan untuk mengatasi kemacetan asosiasi dengan menggunakan graphic processing. menjadi lebih lambat ketika pemrosesan gambar. grafik. Dahulu. yang mengizinkan CPU dan Kartu Ekspansi untuk memproses informasi bersamaan. Mereka berniat untuk menciptakan teknologi yang menghasilkan gambar yang besar dan lebih kompleks dalam suatu program.g. dan grafik 3D. textures. Diagram DIME AGP PCI dan AGP adalah dua teknologi yang berbeda yang digunakan untuk menghubungkan kartu ekspansi. dan Kartu PCI dapat berkomunikasi dengn PC menggunakan 32 atau 64 bit data. PCI Standart menggunakan sebuah teknik yang dikenal dengan nama BUS Masterin.

Tektur data memproduksi gambar digiral dari luar sebuah objek dan beberapa properti umum seperti transparency. akan tetapi Peripherals diveces harus dilengkapi dengan PCI Provides untuk Bandwidth. AGP juga mendukung 2 mode cepat. juga menyebabkan peningkatan kenyataan. Sebagian data ini adalah memori intensif. tetapi PCI tidak dapat menampilkan 3 dimensi secara baik itulah sebabnya muncul AGP. yang membuat objek terlihat lebih nyata.Pipelining adalah proses yang mengizinkan kartu grafik untuk mengirimkan instruksi-instruksi umum bersamaan dalam waktu yang sama. Intel memperkenalkan AGP pada tahun 1996 sebagai usaha menyelesaikan dilema ini.dan informasi Z. AGP memiliki kemampuan bandwidth empat kali lebih besar dari Bus PCI sekarang. Ini tidak diperuntukan untuk mengganti PCI yang digunakan sebagai BUS I/O pada umumnya. Spesifikasi AGP berdasarkan spesifikasi PCI 2. terkadang bersaing dalam space memory yang sama. mengizinkan tekstur data untuk disimpan dalam memori utama. Fitur-fitur seperti teksturing dan Pipeling selanjutnya mempertinggi kemampuan pemrosesan grafik dari AGP.fungsi utamanya adalah untuk mengirim graphic performa tinggi yang menyertakan gambar 3 dimensi. yang menerjemahkan ke keseluruhan Bandwidth dari 266 Mbps.1. Saat ini AGP Channel 32 Bit lebih besar dan bekerja pada 66 MHz. PCI dapat digunakan untuk mengatasi gambar 2 dimensi dan graphic bussines yang cukup berkompeten pada umumnya.Buffer. Dan peningkatan performa ini dicapai dengan memperkenalkan sebuah dedicated point to point channel yang memberikan akses langsung dari controller grafik ke sistem memori utama. video dan aplikasi multimedia. yang masing-masing berkecepatan 533 Mbps dan 1.graphic controller harus dapat digunakan untuk mengurus tekstur data. PCI BUS adalah BUS yang memenuhi performa yang paling tinggi daripada BUS I/O pada umumnya dan providesnya memiliki akselerasi yang cukup memadai dan memiliki features unutk memproses beberapa game.PCI menyediakan informasi yang lebih cepat diantara CPU dan Peripherals. Z-Buffer dalam informasi ZBuffer. Teksturing juga dikenal dangan mode Direct Memory Executed. AGP didesain untuk digunakan sebagai kartu graphic. tapi tidak seperti PCI.07 Gbps. Untuk membuat gambar 3 Dimensi. dan memiliki potensi kemampuan lebih tinggi. 2x dan 4x. 23 .

Hal ini akan menyebabkan eksekusi lebih cepat dari Bus PCI yang tidak memiliki Pipeline AGP mempunyai Address/data. Oleh karena itu. akses ke RAM dapat dilaksanakan secara bersamaan dengan pembacaan RAM pada graphic card AGP. sehingga ia dapat sekaligus membaca tekstur dari memory AGP sambil membaca/menulis informasi 3D dan pixel dari memory lokal.2 GB/s dengan memanfaatkan kedua port secara bersamaan.Sedangkan PCI berbagi bandwidth antara sesama pemakai PCI lainnya. Jadi Pipeline AGP dapat bekerja dengan data yang didapat dari de-mux. chip LAN. dan mungkin pula perangkat video capture. Selain itu. Dalam pipelining. PCI bus melayani kontroler disk. Selain itu. tetapi tanpa tergantung padanya. AGP membuat permintaan data berganda saat mengakses memory atau bus. Memungkinkan CPU untuk menulis secara langsung ke memory sistem AGP ketika ia memerlukan data grafik. Port tambahan bagi chip grafik untuk mengakses memory.Direct Memory Execute (DiME) mungkin merupakan kemampuan terpenting dari AGP. Memiliki kemungkinan kecil untuk bentrok debgan CPU dan piranti I/O saat memakai bus dan saat mengakses memory. karena adanya sistem antrian data. AGP memberikan 2 pilihan metoda bagi graphic card untuk secara langsung mengakses peta tekstur dalam memory sistem: Pipelining dan sideband addressing.11 Perbandingan AGP dan PCI AGP mempunyai Pipelined. yaitu de-muxed. keuntungan AGP adalah sebagai berikut: • • • • • Bandwidth maksimum 4x bus PCI dan mampu mempertahankan transfer rate yang tinggi melalui sideband addressing dan pipelining Memanfaatkan Direct Memory Execute untuk pemetaan tekstur. Sedangkan Address/data remained muxed pada Bus PCI yang tidak memilike Pipeline bekerja dengan data dari mux. 2. AGP adalah sebuah port ( hanya menghubungkan dua node ) sedangkan PCI adalah sebuah Bus 24 - - . seperti perintah atau tekstur animasi. dan tidak meminta lainnya sampai data yang diminta selesai ditransfer. permintaan di eksekusi secara paralel. Chip graphic mampu mencapai bandwidth samap 1. PCI hanya mengajukan 1 permintaan data. Chip grafik AGP memiliki kemampuan untuk mengakses memory utama secara langsung untuk keperluan operasi pemetaan tekstur. Secara ringkas. AGP tidak berbagi bandwith dengan piranti lainnya. AGP bekerja bersamaan dengan sebagian besar transaksi PCI.

BUS AGP lebih cepat. AGP adalah Connection yang berdiri sendiri. AGP dan PCI juga berbeda dalam persyaratan minimum panjang dan garis untuk transaksi AGP harus memiliki panjang 8 bit dan garis 8 bit. AGP membuat permintaan ganda untuk data selama sebuah bus atau akses memori. AGP tidak membagi bandwidth dengan device lainnya.video lebih jelas dan memiliki kualitas lebih tinggi dari sebelumnya yang terdapat di PC AGP memiliki performa yang tinggi. Gambar yang dihasilkan AGP lebih halus dan kemampuan untuk menampilkan gambr 3D. Sedangkan PCI membagi bandwidth. sedangkan PCI harus memiliki 4 bit dan garis max 4 bit BUS PCI mendukung transfer data sampai 133Mbps. pipelining dan sideband addressing. - - - - 25 . AGP menyediakan kartu grafik dengan dua metode akses langsung tekstur MAPS dalam sistem memori. kualitas 3D yang tinggi dengan menghiangkan kemacetan melalui akses langsung ke sistem memori. sedangakan PCI membuat satu permintaan dan tidak melakukan hal proses lain sampai data yang diminta di transfer. Fitur yang sangat penting dari AGP adalah DIME (Direct Memory Execute) ini memberikan chip AGP memiliki kemampuan untuk mengakses main memori secara langsung untuk operasi kompleks dari pemetaan tekstur.- AGP tidak dapat menggantikan sebuah Bus PCI. sedangkan AGP (66Mhz) mendukung hingga 533Mbps. yang membuat. dan hanya bisa digunakan sebagai sub sistem grafik.

frame rate menjadi lebih halus dan kemampuan untuk menampilkan grafik 3D lebih realistik serta kualitasnya lebih tinggi. Bus disusun secara hierarkis. Hasil akhirnya. 533Mbyte/s(2x). Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Setiap perangkat di dalam sistem juga dihubungkan ke salah satu bus yang ada. dan 2133Mbyte/s(8x). 1066Mbyte/s(4x).Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer. Dengan demikian. kartu grafis AGP akan dihubungkan ke bus AGP. termasuk pada sistem bus yang menggunakan timing secara Sinkron. tanpa perlu mengirimkan data tekstur terlebih dahulu ke memory lokal yang dimiliki graphic card. Beberapa perangkat lainnya (utamanya chipset atau kontrolir) akan bertindak sebagai jembatan antara bus-bus yang berbeda. Bus System AGP. Sebagai contoh. 26 . karena setiap bus yang memiliki kecepatan rendah akan dihubungkan dengan bus yang memiliki kecepatan tinggi. AGP memungkinkan graphic card untuk menjalankan pemetaan tekstur (texture mapping) secara langsung dimemory system. BUS sendiri terbagi menjadi bermacam-macam jenis. kerja graphic card menjadi lebih ringan: Semuanya dapat dilakukan lebih cepat berkat kerja sama antara memory utama dan memory graphic card. BUS merupakan suatu port yang menghubungkan antara device-device ke computer itu sendiri sehinnga dapat dikenali oleh system. dan salah satunya adalah AGP (Accelerated Graphics Port). merupakan jenis bus Dedicated (nonMultiplexer).BAB 3 KESIMPULAN Bus sangat penting peranannya dalam memacu kinerja computer. lebar AGP sebesar 32-bit. System bus atau bus sistem dalam arsitektur komputer merujuk pada bus yang digunakan oleh sistem komputer agar dapat berjalan. kecepatan transfer data pada Bus AGP sebesar 266Mbyte/s(1x). metode Arbitrasi pada AGP termsuk pada metode tersentralisasi . AGP memakai teknologi pipelining yang dapat memberikan bandwith maksimum sampai 4x yang dapat dicapai oleh PCI.

umd.blog.htm http://www.umd.html http://www.wikipedia.DAFTAR PUSTAKA http://id.scribd.edu/~meesh/cmsc411/website/projects/agp/pci_vs_agp.com/Design_Connector_AGP.org/wiki/AGP http://egiewendra.interfacebus.cs.edu/ http://www.upi.com/doc/20951460/Sistem-Bus-Komputer http://www.edu/~meesh/cmsc411/website/projects/agp/pci_vs_agp.htm 27 .cs.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful