MAKALAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

DISUSUN OLEH METEOROLOGI 1B

:

LINDA FITROTUL MUZAYANAH MULYA AFRIYANTO DOSEN H.SUPANDI,SPd,MA

(13.10.2177) (13.10.2184)

AKADEMI METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA

i

BAB I PENDAHULUAN Dalam rangka mencapai serta mengerti rangkaian dari aspek alam semesta,kita harus mengerti bagaimana kita menghargainya selayaknya menghargai kehormatan kita sendiri.Alam semesta sering kita definisikan sebagai segala sesuatu yang ada di langit dan bumi. Sejak awal manusia senantiasa berfikir tentang hakikat dan sejarah terbentuknya alam semesta. Walaupun telah banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari jawaban tersebut, namun sampai sekarang jawaban tersebut kurang begitu memuaskan. Pendapat kedua menyatakan bahwa,alam semesta ini dahulunya telah ada dan sekarang ini sedang meunju kehancuran.sejalan dengan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin berkembang pesat, manusia berupaya untuk membuktikan kebenarannya. Sesungguhnya hal itu tidak perlu dilakukan sebab jauh sebelum para ilmuwan meneliti proses penciptaan alam semesta Allah telah lebih dahulu menginformasikannya melalui kitab Al-Qur’an. Kekuasaan Allah yang telah menciptakan alam semesta besrta isinya yang disebut makhluk. Allah menciptakan manusia di muka bumi ini sebagai khalifahdengan seijin Allah yang memudahkan jalannya yang bertugas untuk menjaga dan memelihara bumi.. Dibutuhkan keimanan untuk dapat melaksanakan ibadah dengan sungguh-sungguh. Oleh karena itu, dibutuhkan keyakinan yang kuat di dalam hati manusia. Selain itu manusia juga dibebankan untuk menyembah Allah dengan beribadah seperti shalat, puasa, zakat, menyantuni fakir miskin dan sebagainya. Tidaklah mudah diri seseorang untuk dapat melaksanakan kewajiban menyembah Allah dengan sebaik-baik penyembahan kecuali Caranya adalah dengan mengucapkannya dengan lisan dan diyakini dalam hati serata dibuktikan dalam perbuatan sehari-hari yaitu dengan melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi larangannya. Shalat adalah ibadah yang utama, sebagaimana sering kita dengar bahwa shalat adalah tiang agama, apabila baik shalatnya maka akan baik seluruh amalannya. Selain itu ahalat merupakan amalan yang pertama kali dihisab. Di dalam shalat pun terdapat ketentuanketentuan yang wajib kita perhatikan demi kualitas ibadah kita kepada Allah.

ii

BAB II KATA PENGANTAR Segala puji hanya milik Allah. Sholawat dan salam kepada Rasulullah. Berkat limpahan rahmat-Nya penyusun mampu menyelesaikan tugas makalah ini. Agama sebagai sistem kepercayaan dalam kehidupan umat manusia dapat dikaji melalui berbagai sudut pandang. Islam sebagai agama yang telah berkembang selama empat belas abad lebih menyimpan banyak masalah yang perlu diteliti, baik itu menyangkut ajaran dan pemikiran keagamaan maupun realitas sosial, politik, ekonomi dan budaya. Dalam makalah ini kami akan mengulas BAB I yang terdiri dari dua pokok pembahasan yaitu 1.Alam Semesta 2.Syahadatain dan Shalat. Semoga makalah ini bermanfaat untuk memberikan kontribusi kepada calon taruna dan calon taruni jurusan meteorologi sebagai bekal melakukan muamalah. Dan tentunya makalah ini masih sangat jauh dari sempurna. Untuk itu kepada dosen pembimbing kami minta masukannya demi perbaikan pembuatan makalah kami di masa yang akan datang.

iii

.. 2............................. 1... Syahadatain dan Shalat…………………………………………......................... A.Kesimpulan……………………………………………….......DAFTAR ISI BAB I....................................................................................................... Alam Semesta……………………………………………………..........Daftar isi……………………………………………………………................ BAB III……………………………………………………………........ BAB IV……………………………………………………………............................................................................................................................Kata Pengantar……………………………………………………... B............... Penutup ……………………………………………………………….. Daftar Pustaka………………………………………………………................... 2....... 1...... C. Pembahasan…………………………………………………………................ Saran……………………………………………………………...................................................................................... BAB II………………………………………………………...............Pendahuluan………………………………………………………...................................................................... 37 24 24 26 1 1 6 ii iii iv iv ............. A........... A..

kemudian Kami pisahkan antara keduanya.Karena mengmbangnya materi di alam maka suhu menurun sehingga proton dan neutron berkumpul membentuk inti atom.Kecepatan mengembung ini menetukan macam atom yang terbentuk.Pada waktu kita memandang galaxy yang jauh.menurut teori evolusi.sedang beberapa galaxy beberapa juta tahun cahaya jauhnya.Kami jadikan segala sesuatu yang hidup.Sebelum itu.buksn dengan kilometer.Kecepatan cahaya adalah 300.transformasi diantara keduanya bisa terjadi sesuai rumus einstein.Setelah juta tahun maka massa dari materi dn sinar menjadi sama.ALAM SEMESTA Langit dan bumi dengan sgala isi dan peristiwa yang terkandung didalamnya merupakan suatu kenyataaan yang sangat mengesankan akal dan sanubari makhluk manusia.pengembangan seperti dibuktikan oleh adanya “red shift” bahwa alam semesta ini dimulai dengan satu ledakan dasyat.Dan daripada air.000 km per detik. Penemuan dalam bidang astronomi menyebbkan ahli kosmologi dalam dua kelompok yaitu berangggapan statis dan dinamis.hal ini berarti bahwa beberapa milyar tahun yang lalu bumi dan bulan itu satu.S Al Anbiya’ 21:30 “Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasannya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu.Itulah alam semesta disebut alkaun.energi sinar dominan terhadap materi.Mka mengapakah mereka tiada juga beriman” Dalam mempelajari “red shift” jarak ukur dengan tahun cahaya.Kita mengetahui bahwa bulan bergerak menjauhi bumi.sebetulnya kita meneropong jauh ke masa yang silam. Selama 250 juta tahun sesudah ledakan dasyhat.dan bulan merupakn pecahan dari bumi yang memisahkan diri. Proses kondensasi bintang dan pembentukan planet membutuhkan waktu beberapa ratus juta tahun.Dalam mempelajari galaxy yang jaunya satu milyar v .tidak dibayangkan bawa materi larut dalam panas radiasi seperti garam.larut dalam air.Firman Allah Q.

tetapi menurut semua petunjuk tekanan itu sungguh sangat tinggi.Bentuk kehidupa banyak hampir dapat dipastikan merupakan perkembangan dai bersel sel bentuk tunggal. Memang teori evolusi pasa hewan dianggap cukup kua.Segera setelah kepadatan masa ala semesta itu mencapai tititk maksimum.Besar kemungkinan seluruh masa alam semesta yang mrmpunyai kemungkinan bentuk yang bagaimanapun dalam masa pra kehancuran telah memusnahkn scara sempurna. Kita idak mengetahui secara pasti bagaimana besarnya tekanan yang tercapai pada kepadatan yang maksimum itu.Cenophores yang memiliki dasar-dasar bagi organ-organ dan sel-sel yng telah mendapatkan fungsi-fungsi urat syaraf telah terbentuk kira-kira kurang dari satu milyar tahun yang lalu. dengan segala sifat kesempurnaannya.Hal ini berarti pula ahwa kita berada di alam semesta yang dinamis.jadi tak ada satupun yang bisa dituturkan tentang masa sebelum pemadatan alam semesta itu.Berdasarkan adanya persamaaan bentuk morfologis dan fisiologis pada abad ke 19 tumbuh suatu pemahaman tentang asal usul manusia yang dikaitkan dengan primata.neutron dan elektron serta parteklir dassar lainnya.tahun cahaya.kepadatan yang tinggi itu hanya bertahan dalam waktu sebentar saja. Segala sesuatu yang berada dalam alam semesta adalah merupakan ciptaan aklah SWT sebagai refleksi dan manifestasi dari wujud Allah SWT.sebenarnya membuktikan bahwa satu milyar satu milyar tahun yang lalu alam semesta ini mengembung dengan kecepatan yang tinggi dari sekarang. karena itu manusia tidak habis-habisnya mengagumi isi Al Kaun ini dan terus mengambildan ibarat yang akan bermanfaat daripadanya. ASAL-USUL KEJADIAN MAKHLUK Asal-usul kejadian manusia dikaitkan dengan keberadaaan alam semesta.Hewan-hewan tak bertulang belakaang mungkin telah muncul 500 atau 600 juta tahun yang lalu bersamadengan bangsa kerang-kerangan.bukan statis.dan bahwa atom-atom dan intinya telah dipecahkan menjadi proton.cacing gelang dan serangga vi .

tidak tampak/kelihatan atau gaib.dsb b. -SIFAT-SIFAT MAKHLUK Jin adalah makhluk gaib juga dan termasuk golongan makhluk halus.QS Al A’raf 7:10 ‫ﻮﻠﻘﺪﻤﻛﻨﺎﻜﻡﻔﻰﺍﻻﺮﺾﻮﺠﻌﻟﻨﺎﻟﻜﻢﻔﯿﻬﺎﻤﻌﺎﻴﺶﻘﻠﻴﻼﻤﺎﺘﺷﻜﺮﻮﻦ‬ “Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi itu (sumber) penghidupan Amat sedikitlah kamu bersyukur.Manusia berasal dari zat padat.) Makhlukn nyata meliputimansia. Asal kata malaikat iaalah malak jamaknya malaai’ka. -MACAM-MACAM MAKHLUK Makhluk dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu: a.Dan manusia.agar tidak putus tali persaudaraannya dan diberi tugas agar bertaqwa.surga.Akar katanya ialah a’lak atau a’luuka berarti risalah atau menyampaikan pesan.hewan.air.bulan.) Makhuk gaib meliputi malaikat.neraka.taat.tumbuh- tumbuhan.matahari.virus.wujudnya nyata.tanah.ujudnya tidak nyata.roh.dan lainnya.dan patuh kepada Allah selaku Penciptaannya.Sebagai ruh ia tidak dapat disentuh oleh paanca indera tetapi dia dapat menjelmakan dirinya sehingga dapat ditangkap oleh panca indera. vii .Jin dan malaikat tidak berasal dari zat padat .” Maka oleh karena satu keturunan dan satu penciptaan manusia dibebani kewajiban untuk memelihara kasih sayang diantara sesamanya.jin. Manusiaadalah sebagian dari makhluk yang hidup diatas bumi dengan tersedianya sarana kebutuhan hidupnya dan fasilitas secukupnya.Hewan-hewan bertulang belakang datang sesudahnya skitar 450 juta tahun yang lalu dna begitu pula ikan-ikan tertentu yang terus berkembang setelah itu.tidak dapat melihat malaikat.pertama.bakteri.

Malaikat mencatat laku perbuatan manusia.Keptusan akal melahirkan kemauan dan kemauan manusia bebas. g. Malaikat mencabut nyawa manusia. Adapun perincian tugasnya adalah sebagai berikut : a. Kedudukan dan hubungan tiap-tiap Makhluk Funsi pokok malaikat ialah menyampaikan pesan Allah kepada manusia. Gerak jahat atau baik itu dipertimbangkan oleh akal. Malaikat memberikan pertolongan kepada manusia dalam perkembangan rohaninya. Malaikat sebagai perantara dalam menyampaikkan wahyu Allah. Manusia dan jin di dunia ini diciptakan agar menyembah Allah. sedangkan malaikat adalah menggerakkan manusia berbuat sholeh. Syetan adalah penggerak manusia berlaku jahat. viii . Sewaktu-waktu dapat ditangkap suaranya. c.Kadang-kadang ia memperlihatkan irinya sebagai manusia biasa seperti binatang atau makhluk hidup lainnya yang luar biasa dan mengerikan. Malaikat sebagai penolong dan mendoakan manusia e. Kiranya makhluk halus yang dipergunakan dalam perdukunan adalah dari bangsa jin.Dalam kehidupan ini banyak sekali ilmu untuk menyekutukan Allah Kalau tergerak hati manusia untuk berbuat jahat. Malaikat sebagai perantara dalam melaksanakan hukum Allah. telah dibisiki syetan. tanda hati itu. d. tanda malaikat telah menyampaikan ilhamnya.Mungkun turut bisikan setan atau mungkin menentangnya. f. b. Sedangkan apabila hati tergerak untuk berbuat amal sholeh. Malaikat sebagai perantara untuk menambahkan dan menguatkan hati orangorang yang beriman.

dn lain sebagainya.manusia bergerak kepada taqwa. QS Adz dzariyat 56 ‫ﻭﻤﺍﺨﻠﻘﺖﺍﻠﺠﻦﻭﺍﻻﻧﺲﺇﻻﻟﻴﻌﺑﺪﻭﻦ‬ “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku Islam membagi alam menjadi 3 kategori : 1. Manusia sering menyekutukan Allah dengan cara y6ang bermacam-macam misalnya menyembah batu.Apabila iaman telah menerangi hati dan ilmu telah menerangi budi. Alam gaib hakiki (mutlak) ix .Atas kejahatannya. An-nisa’4:118 ‫ﻠﻌﻧﻪﺍﻠﻠﻪﻭﻘﺎﻞﻻﺗﺧﺫﻦﻤﻥﻋﺑﺎﺪﻚﻨﺻﻴﺑﺎﻤﻔﺮﻮﻀﺎ‬ “Yang dilaknat Allah dan syaitan itu mengatakan:”Saya benar-benar akan mengambil dari hamba-hamba Engkau bahagian yang sudah ditentukan (untuk saya).Hanya taqwalah yang akan menjadi banteng terhadap tipu muslihat setan.Dan hanya dengan taqwaq itulah yang dapat mngekang kecenderungan jahat dan mengembang kecenderungan baik dalam diri manusia. Alam nyata 2. Untuk menjaga tipuan dan kicuhan setan.matahari.Setan ialah jenis makhluk jahat yang selalu memperdayakan manusia untuk berbuat sesat dari suruhan juga larangan Allah.setan dikutuk Allah dengan firman-Nya:QS.akal manusia perlu diisi oleh iman dan ilmu agar dapat memberikan daya tahan terhadap kecenderungan jahat dan lebih memperkokoh kecenderungan. Alam gaib idhafi (nisbi) 3.

masuk ke dalam gaib idhafi.Kadang-kadang berarti konkrit atau nyata.Tuhanlah yang memberikan pengetahuan yang pasti dan benar.Suatu ketika gaib nisbi ini akan dijadikan alam nyata oleh ilmu.Allah menyampaikan berita bahwa Maryam akan melahirkan anak melalui jibril.Peengetahuan kita tentang malaikat sejauh yang diinformasikan oleh Alqur’an an menerimanya. tetapi belum diteliti .Dia tidak lafi jadi Tuhan Yang Esa.Seandainya Allah langsung menyampaikan wahyu-Nya.dengan akal yang sehat.sebab Rasul itu adalah alam.Akibatnya Tauhid dan Islam sebagai Ad-diin yang benar akan runtuh SYAHADATAIN PENGERTIAN SYAHADATAIN 1. Pengetahuan manusia tentang ghaib hakiki adalah bersifat spekulasi atau dugaan.Semua masalah yang berada dalam medan empiri(wilayah pengalaman)manusia. Bentuk dn kata haruslh bersifat alami untuk dapat ditangkap ole manusia .Tuhan akan berserikat.Dua kalimah syahadah (syahadatain ) ialah x .Alam gaib dan alam nyata adalah lapangan ilmu dan kebudayaan sedangkan alam gaib hakiki merupakan lapangan agama.hilanglah ke esaan-Nya.Syahadatain berasla dari kata syahadah yang berarti persaksian atau pengakuan.Jadi syahadatain artinya dua persaksian/pengakuan yaitu syahadah ilayah dan syahadah dan kerosulan.Jika tidak demikian.karena rosul bersifat alamai pula.yang bagi Nasrani disebut Ruh kudus. Allah menyampaikan wahyu-wahyu-Nya kepada Rasul-Nya melalui malaikat jibril.

menjelaskan bahwa umat Islam tidak dibenarkan hanya sekadar mengucapkan atau melafalkan dua kalimat syahadah. Karena jika kita tak memahami hakikat kalimat syahadah. Kenyataan akan jumlah yang banyak tidak berkorelasi dengan pemahamannya kepada Islam secara benar..‫ﭐﺸﻬﺪﺃﻦﻻﺇﻠﻪﺇﻻﺍﻟﻟﻪﻭﺃﺸﻬﺪﺃﻦﻤﺤﻣﺪﺍﺭﺴﻭﻞﺍﻟﻟﻪ‬ “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi tiada bahwa Muhammad adalah utusan Allah. orisinil dan utuh. tetapi seharusnya betul-betul memahaminya. tetapi dengan yang pada gilirannya akan membentuk keyakinan (i’tiqad) dalam hati. Muhammad: 19) Jumlah umat Islam kini sangat banyak.Allah Tuhan Yang Maha Esa. xi . Hakikat memahami Islam dimulai dari memahami inti sari ajarannya yaitu dua kalimat syahadah (syahadatain). Jika fondasinya tidak kuat maka rumahnya pun tidak akan kuat bertahan. Sebagian besar mereka terkategorikan sebagai Islam keturunan atau kebetulan terlahir sebagai muslim dari orang tua.Maha pencipta yang dapat dibuktikan ciptaan-Nya. Kalimat tersebut terdiri dari Laa Ilaaha Illallah dan Muhammadun Rasulullah. Syahadatain merupakan fondasi atau asas dari bangunan keislaman seorang muslim.Maha Kuasa (seluruh makhluk bergantung kepada-Nya ). ilmuilah….meskipun orang tidak dapat melihat Allah dengan penglihatan mata biasa. Memahami keduanya sangat penting dan mendasar. Ayat di atas.tidak melahirkan dan tidak dilahirkan dan tak ada sekutu bagi-Nya. (QS.” Artinya Allah memerintahkan untuk mengilmui atau memahami kalimat Laa Ilaaha Illallah bukan sekadar mengucapkannya.” Dua kalimah syahadat diatas mengandung pengertian bahwa Allah itu nyata ada-Nya. Maka ketahuilah. kita dapat terjerembab ke dalam penyakit kebodohan dan kemusyrikan. sesungguhnya tidak ada Tuhan melainkan Allah…. Kata fa’lam berarti “maka ketahuilah.

Hal ini berlaku baik bagi kaum muslimin atau non muslim. Pertama. dan Allah memerintahkan setiap muslim untuk masuk secara kaaffah. kalimat syahadatain merupakan pernyataan proklamasi kemerdekaan seorang hamba bahwa ibadah itu hanya milik dan untuk Allah semata (Laa ma’buda illallah). Artinya. Keimanan yang kuat. kekafiran dan api neraka. perut. Intisari doktrin Islam (Khulashah ta’aliimil Islam) Intisari ajaran Islam terdapat dalam dua kalimat syahadah. Mengimani bahwa Allah-lah Robb semesta alam. yaitu syahadatain. pemahaman Islam yang benar dimulai dari pemahaman kalimat itu. Para ulama menyimpulkan kalimat ini dengan istilah Laa ilaaha illallah ‘alaiha nahnu. Kita tidak mengabdi kepada bangsa. 2. Untuk memasukinya akan melalui sebuah pintu gerbang. wanita. harta. baik secara pribadi maupun kolektif (berjamaah). Pintu gerbang masuk ke dalam Islam (madkholu ilal Islam) Islam ibarat rumah atau bangunan atau sistem hidup yang menyeluruh. Rasulullah juga bersabda “Sebaik-baik perkataan. Kemerdekaan yang bermakna membebaskan dari segala bentuk kemusyrikan. Sebaliknya. membuat hamba menyikapi semua perintah Allah dengan mudah. Pemahaman yang benar atas kedua kalimat ini mengantarkan manusia ke pemahaman akan hakikat ketuhanan (rububiyah) yang benar juga. negara. “di atas prinsip kalimat laa ilaaha illallah itulah kita hidup.Pentingnya Syahadatain Kalimat syahadah sangat penting dipahami karena beberapa hal: 1. kita mati dan akan dibangkitkan”. perintah Allah akan selalu terasa berat di xii . melainkan Allah-lah yang disembah (al-ma’bud). aku dan Nabi-nabi sebelumku adalah Laa ilaaha illallah” (Hadist). Maka sering mengulang kalimat ini sebagai dzikir yang diresapi dengan pemahaman yang benar ¾ bukan hanya melisankan ¾ adalah sebuah keutamaan yang dapat meningkatkan keimanan. Asyhadu allaa ilaaha illallah (Aku bersaksi: sesungguhnya tidak ada Ilaah selain Allah) dan asyhadu anna muhammadan rasulullah (Aku bersaksi: sesungguhnya Muhammad Rasul Allah).

saat iman kita melemah. Sebagaimana Dia berfirman dalam Al-Qur’an: Kedua. Diawali dengan memahami syahadatain dengan benar dan mengajak manusia meninggalkan kejahiliyahan dalam semua aspeknya kepada nilai-nilai Islam yang utuh. Selanjutnya hal ini berlaku untuk semua aspek ibadah di dalam Islam. pemikiran. Sebagaimana disabdakan Nabi SAW: “Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihat aku shalat…”. Hakikat Dakwah para Rasul (Haqiqatud Da’watir Rasul) xiii . dari bodoh menjadi pandai. merubah perekonomian riba menjadi sistem Islam tanpa riba. dan seterusnya. di bidang ibadah. Kalimat syahadatain juga akan membuat keimanan menjadi bersih dan murni. 3. yaitu perubahan dari kegelapan (jahiliyah) menuju cahaya (Islam). Syahadatain mampu merubah manusia. Allah akan memberikan dua keuntungan bagi mereka yang beriman dengan bersih. Dalam bidang ekonomi. baik secara individu maupun masyarakat. Secara masyarakat. berubah dari ahli maksiat menjadi ahli ibadah yang taqwa. Secara individu. minazh zhuluumati ilan nuur. merubah penyembahan komunal berbagai berhala menjadi menyembah kepada Allah saja. sebagaimana ia telah merubah masyarakat di masa Rasulullah dan para sahabat terdahulu. dan begitu seterusnya di semua bidang. Karena beliau adalah orang yang paling mengerti cara (kaifiyat) beribadah kepada-Nya. berarti kita seharusnya meneladani Rasulullah dalam beribadah kepada Allah. 4. kita bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Dasar-dasar Perubahan (Asasul inqilaab) Perubahan yang dimaksud adalah perubahan mendasar dalam kehidupan manusia. dari kufur menjadi beriman. dan hidupnya secara keseluruhan. ibarat air yang suci. Perubahan yang dimaksud mencakup aspek keyakinan. yaitu hidup aman atau tenteram dan mendapat petunjuk dari Allah.

mengajak manusia pada doktrin dan ajaran yang sama yaitu untuk beribadah kepada Allah saja dan meninggalkan Thogut. menjanjikan keutamaan yang besar. Sumpah (al-Qassam) Seseorang yang bersyahadah berarti juga bersumpah – suatu kesediaan yang siap menerima akibat dan resiko apapun – bahwa tiada Ilaah selain Allah saja dan Muhammad adalah utusan Allah. Seperti difirmankan Allah SWT: Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja) dan jauhi thagut itu” (QS 16:36) 5.s sampai Muhammad saw. sejak Adam a. kebahagiaan di dunia juga di akhirat. Pernyataan atau Ikrar (al-I’laan atau al-Iqraar) Seorang yang bersyahadah berarti dia berikrar atau menyatakan – bukan hanya mengucapkan – kesaksian yang tumbuh dari dalam hati bahwa Tidak Ada Ilaah Selain Allah. berdakwah dengan misi yang sama. 3. Itu merupakan inti yang sama dengan kalimat syahadatain. Janji tersebut kelak akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah (QS ?). Keutamaan itu dapat berupa moral maupun material. xiv . Janji (al-Wa’du atau al-‘Ahdu) Yaitu janji setia akan keesaan Allah sebagai Zat yang dipertuhan. Keutamaan yang Besar (Fadhaailul ‘Azhim) Kalimat syahadatain. Makna “Asyhadu” Kata “asyahdu” yang terdapat dalam syahadatain memiliki beberapa arti. antara lain: 1. 2. mendapatkan jaminan surga serta dihindarkan dari panasnya neraka. bahwa tiada Ilaah selain Allah semata.Para nabi. jika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Apa yang ada dalam hati akan dicerminkan dalam perkataan dan perbuatan. Sedangkan hati orang mukmin itulah yang dimaksud Rasulullah SAW sebagai tanah yang subur yang dapat menumbuhkan pohon keimanan yang baik. membagi hati manusia menjadi tiga. Dikatakan dengan lisan (al-Qaul) Syahadah diucapkan dengan lisan dengan penuh keyakinan. tetapi mencakup 3 hal: 1. Hakikat Iman Keimanan itu bukanlah angan-angan.Syahadah muslim yang dinyatakan dengan kesungguhan. yang merupakan janji suci. tidak menumbuhkan juga tidak menampung”. Semua yang keluar dari lisan digerakkan oleh hati. ada jenis tanah yang subur menumbuhkan tanaman. hati orang kafir (QS 2: 7) dan hati orang munafik (QS 2: 10). ada tanah yang tidak menumbuhkan hanya menampung air. Perbuatan (al-‘Amal) xv . kepercayaan terhadap semua keputusan Allah (QS 49:15). 2. Allah. Iman adalah keyakinan tanpa keraguan. sekaligus sumpah kepada Allah SWT. Semua perkataan yang keluar dari lisan mukmin senantiasa baik dan mengandung hikmah. yaitu hati orang mukmin (QS 26: 89). penerimaan tanpa keberatan. serta buah nilainilai ihsannya dapat bermanfaat untuk manusia yang lain. ada jenis tanah yang gersang. Dalam hadits Bukhari digambar oleh Nabi SAW bahwa: “Ilmu (hidayah) yang Aku bawa ibarat air hujan. Dibenarkan dengan hati (at-tashdiiq) Hati adalah lahan menyemai benih-benih keimanan. Akar keyakinannya menjulang kuat ke tanah. Hati orang kafir yang tertutup dan hati munafik yang berpenyakit takkan mampu membenarkan keimanan (at-tashdiiqu bil qalb). merupakan ruh keimanan. dalam al-Qur’an.

Sebagaimana dijelaskan dalam QS 41:30. Lawan keberanian adalah sifat pengecut.Perbuatan (amal) digerakkan atau termotivasi dari hati yang ikhlas dan pembenaran iman dalam hati. Mukmin mustaqim akan mendapatkan karunia dari Allah berupa: • Keberanian (asy-Syajaa’ah). teguh dan konsisten. Perkataan. Tidak mudah dalam pelaksanaannya. bila berjanji ia ingkar. sikap istiqamah merupakan proses yang terus berjalan bersama keimanan. Sifat seperti itu dikategorikan sebagai orang munafik. yang lahir dari keyakinan kepada Allah. Lawannya adalah sifat bersedih hati. tidak akan diterima amalnya. Makna Syahadatain xvi . Ketiga karunia Allah kepada orang mustaqim akan dilengkapi Allah dengan anugerah kebahagiaan hidup (as-Sa’aadah). Berani menghadapi resiko tantangan hidup. yang lahir dari keyakinan bahwa Allah akan selalu membela hamba-Nya yang mustaqim secara lahir batin. yang selalu bicara dengan lisannya bukan dengan hatinya. karena kita berharap agar Allah memberikan kesabaran dalam memahaminya. Seseorang yang hanya bisa mengucapkan dan mengamalkan tanpa membenarkan di hati. Karena munafik memiliki tiga tanda: bila berbicara ia berdusta. tetap. baik di dunia dan akhirat. siap berjuang meskipun akan mendapatkan siksaan. • Optimis (at-Tafaa’ul). Orang yang optimis akan tenteram akan kemenangan hakiki. Ketiganya akan melahirkan sifat istiqamah. lahir dari keyakinan terhadap perlindungan Allah dan ganjaran Allah yang Maha sempurna. bila diberi amanah ia berkhianat. yaitu mendapatkan keridhaan Allah (mardhatillah). pembenaran di hati dan amal perbuatan adalah satu kesatuan yang utuh. Inilah pemahaman terhadap konsep syahadah. • Ketenangan (al-Ithmi’naan).

dalam hal xvii . "Laa" yang terdapat pada kalimat "Laa Ilaaha Illallah" adalah merupakan muruf nafi (penghilangan) yang menghilangkan segala jenis. membenarkan dengan sungguh-sungguh di hati (tashdiq). Al Hujurat (49) : 15) Syahadatain atau dua kalimah syahadat merupakan kalimat yang utama dan pertama yang harus diucapkan dan dipahami apabila seseorang masuk Islam dan bagi seluruh umat Islam pada umumnya. Bagi seseorang yang mengucapkan kalimah syahadat ini ada 3 syarat yang diperlukan agar syahadatnya diterima oleh Allah SWT yaitu : mengetahui ma’nanya dengan benar. Juga di dalam surat Az Zukhruf ayat 86 Allah berfirman : "Kecuali mereka yang menyaksikan kebenaran dan mereka mengerti" (QS Az Zukhruf (43) : 86) Dua kalimah syahadat ini merupakan satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan. dan ikhlas yakni mengerti apa yang dia persaksikan dengan benar."Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Ma’na Laa Ilaaha Illallah Secara umum kalimat ini terdiri atas dua bagian yaitu Laa Ilaaha (tiada Ilah) dan Illallah (selain Allah). Ini berarti bahwa apabila seseorang bersaksi tiada Ilah selain Allah maka ia juga harus mempercayai bahwa Muhammad SAW adalah pembawa risalah yang harus diikuti. Syahadatain ini mengandung dua pengertian yang sangat mendasar yaitu bahwa tiada Ilah selain Allah dan Muhammad SAW adalah Rasulullah. Muhammad(47) : 19). Allah berfirman di dalam Al Qur’an : "Maka ketahuilah bahwa sesungguhnya tiada Ilah kecuali Allah" (QS. mereka itulah orangorang yang benar" (QS.

mengagungkan. Yang Memberi rizqi (Ar Raziq) dan Dia pula yang Mengelola (Al Mudabbir). dan Dia lah yang menjadi tumpuan harapan dan kepada-Nya- xviii .ini yang di nafi-kan adalah segala jenis Ilah. dan taukid (menguatkan). "Ilah" di dalam bahasa Arab memiliki akar kata alaha yang berarti antara lain : tenteram. Dengan demikian ‘Laa Ilaaha Illallah’ berarti membuang seluruh ilah dan illahllah berarti menetapkan Allah sebagai satu-satunya Ilah yang sebenar-benarnya berhak di sembah. Al Baqarah(2) : 67) Jika seseorang memperhambakan diri terhadap sesuatu maka ia akan mengikutinya. Allah Ta’ala adalah satu-satunya yang wajib di taati jadi Dialah yang menentukan segala hukum dan segala aturan (Al Hakim). Kata Illa telah meng"itsbat"kan kalimat yang negatif (manfi). Jadi kedua hal itu tidak dapat dipisahkan. Ar Ra’ad(13) : 28) "Adapun orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah" (QS. cinta. mematuhi dan tunduk kepadanya serta bersedia mengorbankan kemerdekaan yang dimiliki. Allah SWT adalah satu-satunya Yang Memiliki dan Yang Menguasai langit dan bumi dan segala isinya. dan sembah. Ingatlah bahwa hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram"(QS. Hal ini sesuai dengan firman Allah : "Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Bentuk kalimat seperti ini disebut kalimat manfi (negatif) lawan dari kalimat mutsabat (positif). memuliakan.Oleh karena itu Dialah yang menciptakan (Al Khaliq). Dalam bahasa Arab. Al Baqarah(2) : 165) "Aku berlindung kepada Allah bahwa aku termasuk golongan orang-orang yang jahil" (QS. lindungan. Oleh karena itu nafi (menghilangkan) ilah-ilah yang ada harus disertai dengan itsbat (menetapkan) Allah sebagai ilah yang tunggal dalam kehidupan. Yang Melindungi (Al Wali). itsbat setelah nafi mempunyai maksud membatasi (Al Hasru). Illa adalah huruf istisna (pengecualian) yang mengecualikan Allah dengan segala jenis Ilah yang di nafi-kan.

Maka Laa Ilaaha Illallah juga dapat diartikan sebagai ‘Tiada segala sesuatu yang mendominasi diri kita selain daripada kekuasaan Allah semata’. Laa Ma’buda Illallah (Tiada Sesembahan kecuali Allah). Laa Ghayata Illallah (Tiada Tujuan kecuali Allah). Dari uraian diatas maka dapatlah disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Ilah adalah segala sesuatu yang mendominasi dan menguasai diri kita. Ma’na Muhammadurrasulullah Persaksian Laa Ilaaha Illallah diatas tidak akan terwujud secara benar dalam kehidupan sehari-hari tanpa mengikuti petunjuk yang diberikan Rasulullah Muhammad SAW maka persaksian terhadap kerasulan Nabi Muhammad SAW dijadikan sebagai salah satu dari dua kalimah syahadat yang merupakan pintu gerbang untuk memasuki Dienul Islam. Sebagai suatu ilustrasi apabila seseorang mendengar panggilan untuk beribadah kepada Allah tetapi dia tidak segera menyambutnya hanya karena sesuatu hal yang bersifat duniawi maka baginya masih terdapat suatu ilah selain Allah dan ia belum mengamalkan syahadatain dengan sebenar-benarnya karena ia masih mendekati apa yang disebut dengan thaghut.. Laa Raziqa Illallah (Tiada Pemberi Rizqi kecuali Allah).. Laa Mudabbira Illallah (Tiada Pengelola kecuali Allah).lah ditujukan segala amalan (Al Ghayah) dan pada puncaknya Dialah yang Maha disembah satu-satunya (Al Ma’bud) Jadi dengan demikian maka kalimat Laa Ilaaha Illallah mengandung beberapa pengertian sebagai yaitu : Laa khaliqa Illallah (Tiada Pencipta kecuali Allah). Laa Waliyya Illallah (Tiada Pelindung kecuali Allah)." (QS. An Nahl(16) : 36) Thaghut adalah merupakan syaitan dan apa saja yang disembah selain Allah SWT. Rasulullah merupakan contoh teladan yang xix . Laa Hakima Illallah (Tiada Pembuat Hukum kecuali Allah). Di dalam Al Qur’an Allah berfirman : "Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap ummat (untuk menyerukan) : Sembahlah Allah (saja) dan jauhilah thaghut itu...

Mencintai anak.utama bagi setiap muslim dan keteladanan ini bersifat total baik secara vertikal kepada Allah yang berupa ibadah-ibadah khusus maupun yang bersifat horisontal kepada sesama makhluk yang berupa ibadah-ibadah yang bersifat umum. maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusannya’. Di dalam Al Qur’an Allah berfirman : "Katakanlah : ‘Jika bapak-bapak. dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya. Seorang muslim harus memberikan cintanya yang tertinggi kepada Allah SWT kemudian kepada Rasulullah SAW dan berjihad di jalan Allah SWT. kamudian kepada Rasulullah SAW dan jihad fi sabilillah di atas segala-galanya. yang antara lain dapat diukur dari sikap yang lahir darinya yaitu cinta (mahabbah) dan Ridho. keluarga. dan cinta kepada segala sesuatu yang bersifat duniawi tidaklah boleh melebihi cintanya kepada Allah. Di dalam surat Al Baqarah ayat 165 Allah berfirman : xx . Hal ini difirmankan oleh Allah di dalam surat Al Ahzab ayat 21 yaitu : "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah" (QS. dan lain-lain yang bersifat duniawi tidaklah dilarang tetapi diletakkan pada tataran cinta yang kedua. harta kekayaan yang kamu usahakan. Rasul. anak-anak. perniagaan yang kamu khawatiri karugiannya. isteri-isteri. isteri. dan Jihad fi sabilillah. kaum keluargamu. saudara-saudara. Al Ahzab(33) : 21) Dampak persaksian Syahadatain Ma’na Syahadatain jika dipahami dengan benar maka akan mendatangkan dampak yang positif bagi setiap pribadi muslim. suami. perniagaan. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasiq" (QS At Taubah(9) : 24) Jadi di dalam kehidupan seorang pribadi muslim cinta pertama dan yang paling utama mestilah kepada Allah SWT.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Saw :"Barangsiapa mengatakan. Al Baqarah(2) : 165).Dengan demikian jelaslah bahwa persaksian dua kalimah syahadat itu membawa dampak yang sangat baik bagi seorang pribadi muslim. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah" (QS. ridha lahir bathin tanpa ada sedikitpun rasa tidak puas di dalam dirinya. dan Muhammad sebagai Nabi dan Rasul yang diikutinya. Allah mengutus Rasul pada setiap umat agar ditaati ajaran yang disampaikannya. Setiap muslim hendaknya ridha Allah sebagai Rabb-Nya. dan Muhammad Nabi (Rasul) ku’ wajib baginya masuk surga" (HR. Abu Dawud) Cinta dan ridho itu diwujudkan dengan tha’at kepada Allah dan Rasul-Nya."Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah : mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Islam sebagai agamanya. dan Islam agamaku. Seorang pribadi muslim akan selalu menyertakan Allah SWT dan Rasulnya di dalam setiap tindakannya dan selalu mengembalikan segala sesuatu yang terjadi hanya kepada kekuasaan Allah semata sehingga akan tercipta seorang pribadi muslim yang kuat lahir dan bathin. SHOLAT Etimologi xxi . ketha’atan ini sebagai bukti rasa cinta yang mendalam sehingga mau melakukan apapun yang diperintahkan oleh yang dicintainya dan meninggalkan apapun yang dilarang olehnya.’Aku Ridla Allah Rabbku. untuk membawa manusia menuju kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Disamping itu setiap muslim harus ridha dengan segala aturan dan keputusan Allah dan Rasul-Nya.

seperti salat dua hari raya. Salat Fardhu terbagi lagi menjadi dua. Salat nafilah terbagi lagi menjadi dua. seperti salat sunnat Rawatib dan salat sunnat yang sifatnya insidentil (tergantung waktu dan keadaan. Seperti salat jenazah. seperti salat kusuf/khusuf hanya dikerjakan ketika terjadi gerhana). yaitu : o Fardhu ‘Ain : ialah kewajiban yang diwajibkan kepada mukallaf langsung berkaitan dengan dirinya dan tidak boleh ditinggalkan ataupun dilaksanakan oleh orang lain. Hukum salat dapat dikategorisasikan sebagai berikut : • Fardhu. dan salat jumat(Fardhu 'Ain untuk pria). • yaitu o Nafil Muakkad adalah salat sunnat yang dianjurkan dengan penekanan yang Nafilah (salat sunnat). Sedangkan menurut istilah salat bermakna serangkaian kegiatan ibadah khusus atau tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. o Nafil Ghairu Muakkad adalah salat sunnat yang dianjurkan tanpa penekanan yang kuat. Akan tetapi bila tidak ada orang yang mengerjakannya maka kita wajib mengerjakannya dan menjadi berdosa bila tidak dikerjakan. Rukun Salat xxii . do'a. Kewajiban itu menjadi sunnah setelah ada sebagian orang yang mengerjakannya.Secara bahasa salat berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti. o Fardhu Kifayah : ialah kewajiban yang diwajibkan kepada mukallaf tidak langsung berkaitan dengan dirinya. Salat fardhu ialah salat yang diwajibkan untuk mengerjakannya.Salat Nafilah adalah salat-salat yang dianjurkan atau disunnahkan akan tetapi tidak diwajibkan. salat sunnat witir dan salat sunnat thawaf. kuat (hampir mendekati wajib). seperti salat lima waktu.

Artikel utama untuk bagian ini adalah: Rukun Salat 13 Rukun Salat : 1. 4. 13. • Salat yang dapat dilakukan secara berjama'ah antara lain : xxiii . dan yang lain akan berlaku sebagai Makmum. 5. 2. 9. Pada salat berjama'ah seseorang yang dianggap paling kompeten akan ditunjuk sebagai Imam Salat. 7. Berdiri Niat Takbiratul ihram Membaca surat Al Fatihah pada tiap rakaat Ruku' dengan thuma'ninah I'tidal dengan thuma'ninah Sujud dua kali dengan thuma'ninah Duduk antara dua sujud dengan thuma'ninah Duduk dengan thu'maninah serta membaca tasyahud akhir dan sholawat kepada nabi berlindung kepada Allah dari siksa jahannam &kubur serta fitnah hidup dan mati dan kekejian fitnah dajjal 12. Membaca salam yang pertama Tertib (melakukan rukun secara berurutan) Salat Berjama'ah Salat tertentu dianjurkan untuk dilakukan secara bersama-sama(berjama'ah). 8. 10. 3. 11. 6.

Misalkan saat seseorang sakit dan saat berada dalam perjalanan (safar). ia diperkenankan menggabungkan (jama’) atau meringkas (qashar) salatnya. Salat Qashar. Sedangkan bila seseorang sedang dalam perjalanan. bila dengan berbaring ia tidak mampu melakukan gerakan tertentu ia dapat melakukannya dengan isyarat.ashar.isya) menjadi 2 rakaat. Salat dalam Al Qur'an xxiv . Bila seseorang dalam kondisi sakit hingga tidak bisa berdiri maka ia dibolehkan melakukan salat dengan posisi duduk. Mengqasar salat berarti meringkas salat yang tadinya 4 raka'at (dzuhur.o o • o o o Salat Fardhu Salat Tarawih Salat yang mesti dilakukan berjama'ah antara lain: Salat Jumat Salat Hari Raya (Ied) Salat Istisqa' Salat Wajib yaitu salat yang tidak wajib berjamaah tetapi sebaiknya berjamaah Salat dalam kondisi khusus Artikel utama untuk bagian ini adalah: Safar (perjalanan). sedangkan bila ia tidak mampu untuk duduk maka ia diperbolehkan salat dengan berbaring. Menjama' salat berarti menggabungkan dua salat pada satu waktu yakni dzuhur dengan ashar atau maghrib dengan isya. dan Salat Jama’ Dalam situasi dan kondisi tertentu kewajiban melakukan salat diberi keringanan tertentu.

Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Dia mengetahui bahwa akan ada di xxv . atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. turunlah ayat berikutnya. kecuali orang-orang yang mengerjakan salat. pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan salat dan memperturutkan hawa nafsunya. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh-kesah.Berikut ini adalah ayat-ayat yang membahas tentang salat di dalam Al Qur'an. menafkahkan sebahagian rezki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada hari itu tidak ada jual beli dan persahabatan (QS. karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. Setelah beberapa lama kemudian. dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir. kitab suci agama Islam.Ibrahim :31)14:31 • Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji (zinah) dan mungkar. maka mereka kelak akan menemui kesesatan (Maryam: 59)19:59 • Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat lain) Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan (al-‘Ankabut : 45) 29:45 • Maka datanglah sesudah mereka. maka Dia memberi keringanan kepadamu. yang mereka itu tetap mengerjakan salatnya (al-Ma’arij : 19-23)70:19 Sejarah Salat Fadhu Salat yang mula-mula diwajibkan bagi Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya adalah Salat Malam. yaitu ayat 20: Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam. • Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: Hendaklah mereka mendirikan salat. yaitu sejak diturunkannya Surat al-Muzzammil (73) ayat 1-19.

Al Mu’minuun 1-2)  Bersedekap . Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Ikrimah. hukum Salat Malam menjadi sunat. ruas tulang punggung. maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang. meletakkan telapak tangan kanan d atas pergelangan tangan kiri merupakan istirahat paling sempurna bagi kedua tangan  Ruku’. Qatadah. Dan mohonlah ampunan kepada Allah. xxvi . Ibnu Abbas. dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah. ruas tulang leher.antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah. Hikmah shalat Shalat merupakan ibadah yang penting dan utama bagi umat Islam. Dengan turunnya ayat ini. ruas tulang pinggang dan sebagainya. sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (yaitu) orang-orang yang khusu’ dalam sembahyangnya" (QS.Hal ini tampak jelas dalam firma Allah SWT : "Sesungguhnya shalat itu mencegahdari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar. "Sesungguhnya ayat ini menghapus kewajiban Salat Malam yang mula-mula Allah wajibkan bagi umat Islam. dan ulama salaf lainnya berkata mengenai ayat 20 ini. Mujahid. sikap yang demikian ini akan mencegah timbulnya penyakit yang berhubungan dengan ruas tulang belakang. al-Hasan. tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik.Begitu pentingnya shalat sehingga untuk memberikan perintah shalat Allah berkenan memanggil sendiri Rasulullah SAW untuk menghadap-Nya secara langsungShalat merupakan benteng hidup kita agar jangan sampai terjerumus ke dalam perbuatan keji dan munkar.

Untuk menjadi imam atau pemimpin adalah credible atau amanah. ada yang namanya leadership (imam) dan     Seorang imam harus diterima dan disukai oleh ma’mumnya. Seorang imam ketika membaca takbir atau tahmid harus jelas terdengar oleh ma’mum Tugas dari seorang ma’mum    Ta’at pada imam Mengingatkan imam apabila berbuat salah Mengganti imam jika imamnya batal itulah hikmah bisa dipelajari dari shalat berjama'ah.Pada hakikatnya shalat berjama’ah itu. Seorang imam haruslah orang yang terpercaya Seorang imam adalah harus capable atau memiliki kemampuan yang mumpuni Tugas dari seorang imam   Tugas dari seorang imam adalah merapikan barisan. xxvii . Mudah-mudahan ini bisa menginspirasi dan memotivasi kita untuk menggali 'ilmu-'ilmu Allah yang sedemikian luasnya.

al-Furqan. Al Qur’an menggunakan istilah “as-samaawaat wa al-ardh wa maa baynahumaa” untuk alam semesta. Maryam. al.Maidah dan Shaad tiga kali. al-Sajdah. xxviii .Syu’ara. al-Shaffat. al-Dukhan dua kali. al-Rum. surat al-Hijr.BAB III PENUTUP KESIMPULAN ALAM SEMESTA Jadi bisa disimpulkan bahwa alam semesta itu adalah Apa atau rangkaian kalimat seperti apa yang cocok dan identik dengan pengertian “alam semesta” atau “universe” didalam Al Qur’an? Menurut Sirajuddin Zar. Istilah ini ditemui didalam beberapa surat Al Qur’an seperti dalam surat Al. Thaahaa.

tandatanda mereka tampak pada muka mereka dari berkas sujud.Alqur’an)yang disampaikan oleh Jibril dari Allah kepada Rasul-Nya. Menurut buku “Kamus Islam Menurut Quran & Hadis” karya Hussein Bahreisy yang dikutip Sirajuddin Zar.akibat logisnya akan yakin pula kepadakitab-kitab-Nya (zabur.Kadang-kadang berarti konkrit atau nyata.saling toleransi terhadap sesama serta memupuk tali persaudaraan kita.al-Zukhruf. xxix . Tidak sepantasnya kita menyia-nyiakan karunia yang telah diberikan Tuhan kepada kita. istilah ini secara harfiah berarti “alam semesta adalah langit dan bumi dan segala isinya”.Karena kita sebagai khlaifah di muka bumi in bertugas untuk menjaga bumi dengan sepenuh hati.Tak rugi juga kita menjaga .Demikian sifat-sifat mereka dalam Taurat dan injil yaitu tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan kuat lalu menjadi besarlah dia tegak lurus diatas pokoknya.Maha Tinggi an Maha Agung untuk langsung berhubungan dengan alam manusia dan lainnya. SYAHADATAIN Syahadatain berasla dari kata syahadah yang berarti persaksian atau pengakuan.injil. al-Ahqaf. “Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadapa orang-orang kafir .Apabilakita sudah yaki adanya malaikat.tetapi berkasih sayang sesama mereka :kamu lihat mereka rukudan sujud mencari karunia Allah dan kejadian-Nya . Sehingga kita harus menjaga serta memmelihara alam ini dengan baik.taurat.yaitu para malaikat. Tuhan adalah Maha Besar .Karena itulah Allah tidak langsung bertindak terhadap alam manusia melainkan memakai perantara.Jadi syahadatain artinya dua persaksian/pengakuan yaitu syahadah ilayah dan syahadah dan kerosulan. Qaf dan al-Naba masing-masing satu kali.

Selain itu kita juga harus rajin sholat apalagi sholat wajib.pertama kali kita masuk islam adalah mengucapkan kalimah syahadah.Muhammad adalah pembawa risalah yaitu agama sebagai ketentuan dan petunjuk Allah merupakan sistem nilai dan norma yaitu ketentuan dasar dan peraturan pelaksanaan yang disebut aqidah dan syari’ah.Berkaitan dengan shalat ini ayat-ayat Alqur’an dan hadist Nabi sekaligus juga menjelaskan hikmah. Petunjuk-petunjuk tersebut antara lain berupa perintah mengerjjakan shalat wajib lima waktu dan beberapa shalat sunah (shalat yang dianjurkan )serta tata cara mengerjakan shalat-shalat tersebut. SARAN Kami berharap dengan adanya makalah ini dapat menambah semangat teman –teman untuk melestarikan alam semesta dan sekitar lingkunagn kita khususnya agar terjaga dan terlindungi. Sedangkan menurut istilah salat bermakna serangkaian kegiatan ibadah khusus atau tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.ditambah dengan sholat sunnah itu malah lebih baik.penting juga syahadat. SHOLAT Secara bahasa salat berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti. do'a.manfaaat dan daya guna dari shalat itu untuk peningkatan kualitas diri. Dan juga dapat mengembangkan sesuatu yang telah diamanahkan oleh Allah. xxx .

ac..Mirip www.1986) xxxi .1983) www.(Ed).staff.Tembolok .html ..Dasar – Dasar Agama Islam(Jakarta:Universitas Terbuka..1995) Zakiah Derajat.Kontekstualisasi Doktrin Islam dalam Sejarah (Jakarta:Paramadina.(Bandung:Mizan.dakwatuna.ugm./syahadat.id/.Penulis sadaar bahwa makalah ini masih banyak memiliki kekurangan maka dari itu penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembimbing dan teman-teman agar makalah ini bisa lebih sempurna lagi DAFTAR PUSTAKA Ahmad Hasan.1984) Ali Syari’ati.dkk.Pintu ijtihad Pra-Tertutup (Bandung:Pustaka.Kritik Islam atas Marxisme dan sesat Pikir Barat Lainnya.f-adikusumo.com Budy Munawar Rachman.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful