Tugas Praktikum Perancangan Basis Data SQL

Di Susun Oleh : Bayu Wiguna (18090464)

D3 Manajemen Informatika Akademi Bina Sarana Informatika Jl. Wolter Monginsidi No.156 Jakarta Selatn

sebab semua database tersebut akan mengerti jika menggunakan SQL. Pertama kali dikembangkan sebagai bahasa di produk database DB2 yang sampai saat ini merupakan produk database andalan IBM. Microsoft SQL Server. Sybase. mengelola. Saat ini organisasi standar America (ANSI) menetapkan standar bahasa SQL yaitu ANSI92 standard. Database Relationals yang menggunakan bahasa SQL diantaranya Oracle. Ingres dan MYSQL Secara umum. Saat Anda ingin mendapatkan informasi dengan spesifikasi dan kategori tertentu. Kumpulan tabel yang saling berhubungan akan membentuk sebuah database (basis data) dan disimpan dalam komputer. SQL juga merupakan bahasa standar yang digunakan untuk RDBMS (Relational DataBase Management Systems). SQL merupakan data-data penting disimpan dalam bentuk tabel yang terdiri dari field (kolom) dan record (baris). Secara singkat. . SQL dibangun di laboratorium IBM-San Jose California sekitar akhir tahun 70-an. Masing-masing vendor database memiliki dialeknya sendiri sebagaian besar spesifikasinya mengacu pada standar ANSI tersebut dengan berbagai ekstensi tambahan. Dengan SQL kita tidak perlu memperdulikan Database apa yang akan kita gunakan.A. maka Anda bisa menggunakan bahasa SQL. contohnya sintaks SELECT dan INSERT. Supaya DBMS yang Anda gunakan bisa berkomunikasi dengan DDBMS dari produsen lain. sedangkan Oracle menggunakan PL/SQL. serta melakukan pencarian datanya adalah DBMS (Data Base Management System). dan menyajikan kembali datadata tersebut. SQL merupakan bahasa yang digunakan untuk berinteraksi dengan basis data. biasanya Anda harus mengistal driver khusus yang disebut ODBC (Open Database Connectivity). SQL sering di lafalkan dengan sequel . FireBird. Pengnalan SQL Structured Query Language (SQL) merupakan script yang digunakan untuk melakukan komunikasi dengan Database. ODBC akan mengitegrasikan basis antar-DBMS dan menterjemahkan beragam sintaks SQL. Peranti lunak yang akan mencerna dan menterjemahkan permintaan bahasa SQL tersebut. Data-data tersebut tidak akan ada artinya tanpa adanya bahasa SQL untuk mengatur. Acces. SQL Server menggunakan bahasa Transact-SQL dalam produknya.

MySQL mendukung operasi basisdata transaksional maupun operasi basisdata non-transaksional. DO. dan Michael "Monty" Widenius. B. dan sejenisnya. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL). SQL tidak mengenal bahasa kondisional seperti IF. semacam C. . Pengenalan MYSQL MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread. Pascal. Namun demikian pada modus non-transaksional tidak ada jaminan atas reliabilitas terhadap data yang tersimpan.Jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Bedanya. tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL. Allan Larsson. Sebagai peladen basis data. hanya saja sebagai konsekuensinya unjuk kerja MySQL pada modus transaksional tidak secepat unjuk kerja pada modus non-transaksional. dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. Untuk kebutuhan sistem yang ditujukan untuk bisnis sangat disarankan untuk menggunakan modus basisdata transaksional. Bahasa SQL banyak menggunakan yang mudah dimengerti. CMS. MySQL dapat dikatakan unggul dalam hal unjuk kerja dibandingkan perangkat lunak peladen basisdata kompetitor lainnya. Pada modus operasi non-transaksional. karenanya modus non-transaksional hanya cocok untuk jenis aplikasi yang tidak membutuhkan reliabilitas data seperti aplikasi blogging berbasis web (wordpress). FOR. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark. SQL bisa disisipkan ke dalam bahasa pemrograman lain untuk keperluan mengakses data. Kehandalan suatu sistem basisdata (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja pengoptimasi-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL yang dibuat oleh pengguna maupun program-program aplikasi yang memanfaatkannya. Meski begitu. dan Java. maka SQL memiliki sintaks bahasa yang lebih manusiawi . dan penulisannya menggunakan bahasa Inggris. multi-user. dan GOTO untuk mengontrol programnya.

dan ZEROFILL. Atribut yang dibolehkan adalah AUTO_INCREMENT. INT Berarti integer dengan range yang normal yaitu 2 sampai 2. dan ZEROFILL. Atribut yang dibolehkan adalah AUTO_INCREMENT. -1 jika UNSIGNED.C. Atribut yang dibolehkan adalah AUTO_INCREMENT. Harga default adalah NULL jika bisa atau 0 jika NOT NULL dengan peyimpanan 2 byte. TINYINT Berarti integer dengan range yang sangat kecil yaitu 2 sampai 2 . UNSIGNED. MEDIUMINT Berarti integer dengan range yang sangat kecil yaitu 2 sampai 2. Harga default adalah NULL jika bisa atau 0 jika NOT NULL dengan peyimpanan 3 byte. -1 atau 0 sampai 2. MySQL juga mengerti notasi scientific yaitu integer atau floating-point yang diikuti tanda e atau E . BIGINT Berarti integer dengan range yang sangat kecil yaitu 2 sampai 2. 2. . Jika diberikan atribut UNSIGNED berarti angka tidak boleh negatif. -1 atau 0 sampai 2. UNSIGNED. Tipe ini untuk harga integer dan floating-point. Harga default adalah NULL jika bisa atau 0 jika NOT NULL dengan peyimpanan 8 byte. -1 jika UNSIGNED. UNSIGNED. -1 jika UNSIGNED. Harga default adalah NULL jika bisa atau 0 jika NOT NULL dengan peyimpanan 4 byte.34E+12 atau 3.. -1 jika UNSIGNED. Atribut yang dibolehkan adalah AUTO_INCREMENT. -1 atau 0 sampai 2. Sedangkan atribut ZEROFILL menandakan bahwa angka diawali dengan angka nol. Misalnya angka 1. UNSIGNED. SMALLINT Berarti integer dengan range yang kecil yaitu 2 sampai 2. 5. Atribut yang dibolehkan adalah AUTO_INCREMENT. 6. dan ZEROFILL. dan ZEROFILL. UNSIGNED.23e-5. Tipe Data Pada MySql 1. -1 jika UNSIGNED. 3. tanda + atau . -1 atau 0 sampai 2. Harga default adalah NULL jika bisa atau 0 jika NOT NULL dengan peyimpanan 1 byte. 4. Untuk integer kolom haruslah PRIMARY KEY atau indeks yang unik jika ia diberi atribut AUTO_INCREMENT (dapat otomatis mengurutkan angka). -1 atau 0 sampai 2. Numerik MySQL dapat menerima masukan berupa angka-angka yang dibagi atas integer (angka tanpa pecahan) dan floating-point (angka dengan pecahan). dan ZEROFILL.

DOUBLE Berarti floating-point dengan range besar yaitu antara +2.7976931348623157E308 serta dengan double presisi. Tempat penyimpanan sebanyak panjang harga plus 3 byte. Tempat penyimpanan sebanyak panjang harga plus 1 byte. Harga default NULL jika bisa atau 0 jika NOT NULL. Range harga sama seperti DOUBLE. . Harga default adalah NULL jika bisa atau byte. a. Harga default adalah NULL jika bisa atau jika NOT NULL. atau tanda . Harga default NULL jika bisa atau 0 jika NOT NULL. Tempat penyimpanan sebanyak panjang harga plus 2 byte. Atribut yang dibolehkan adalah BINARY. Harga default adalah NULL jika bisa atau d.175494351E-38 sampai +3. Tempat pemyimpanan Mbyte. Harga default adalah NULL jika bisa atau jika NOT NULL. tanda desimal. Tempat penyimpanan 8 byte. 10. TEXT Teks yang normal dengan panjang 0 sampai 2.402823466E+38 serta dengan single presisi. -1 byte. Tempat penyimpanan sebesar Mbyte. Tempat pemyimpanan M+1 jika NOT NULL. TINYTEXT Teks berukuran kecil dengan panjang 0 sampai 2. String/Karakter Merupakan deretan huruf yang membentuk kata yang diapit oleh tanda petik ( ) atau tanda petik ganda ( ). Atribut yang dibolehkan adalah ZEROFILL. c. Harga default adalah NULL jika bisa atau b. -1 byte. 8. MEDIUMTEXT Teks berukuran sedang dengan panjang 0 sampai 2. Atribut yang dibolehkan adalah ZEROFILL.D) atau NUMERIC(M. CHAR(M) Karakter dengan panjang 0 sampai Mbyte.). jika NOT NULL. VARCHAR Variabel karakter dengan panjang 0 sampai Mbyte. Atribut yang dibolehkan adalah ZEROFILL. DECIMAL(M. e.7. FLOAT Berarti floating-point dengan range kecil yaitu antara +1.D) Berarti floating-point yang tersimpan sebagai string (1 byte untuk setiap digit. Jika D diisi 0 berarti tidak punya nilai desimal.22507385072014E-308 sampai +1. Tempat penyimpanan 4 byte. 9. Atribut yang dibolehkan adalah BINARY. -1 byte. jika NOT NULL.

Tempat penyimpanan 3 byte. -1 byte. 11. h. Harga default adalah NULL jika bisa atau 0000. TIME Untuk kolom jam dengan format hh:mm:ss atau -hh:mm:ss untuk harga negatif. SET( harga1 . Tempat penyimpanan 8 byte. 13. DATETIME Gabungan antar hari dan jam dengan format YYYY-MM-DD hh:mm:ss dan range antar 1000-0101 00:00:00 sampai 9999-12-31 23:59:59 . Tempat penyimpanan adalah 1 byte untuk enumerasi dengan anggota 1 sampai 255 dan 2 byte untuk enumerasi dengan anggota 256 sampai 65535. Waktu Merupakan data yang berisi tanggal (date) dan jam (time) misalnya 2001-10-15 untuk tanggal dengan format YYYY-MM-DD dan 12:45:15 untuk jam dengan format hh:mm:ss. Harga default adalah NULL jika bisa atau jika NOT NULL. 2 byte untuk set dengan anggota 9 sampai 16. 4 byte untuk set dengan anggota 25 sampai 32. 3 byte untuk set dengan anggota 17 sampai 24.01-01 sampai 9999-12-31 .f. harga2 . Tempat penyimpanan adalah 1 byte untuk set dengan anggota 1 sampai 8. ) Berarti kolom hanya boleh diisi dengan salah satu dari harga yang ada. Harga default adalah NULL jika bisa atau harga1 jika NOT NULL. . ) Berarti kolom boleh dikosongi atau diisi dengan beberapa harga dari daftar harga yang ada. Harga default adalah NULL jika bisa atau 0000-0000 00:00:00 jika NOT NULL. Tempat penyimpanan sebanyak panjang harga plus 4 byte. atau 8 byte untuk set dengan anggota 33 sampai 64. Harga default adalah NULL jika bisa atau 00:00:00 jika NOT NULL. 14.00-00 jika NOT NULL. g. 12. ENUM( harga1 . DATE Untuk kolom tanggal dengan format YYYY-MM-DD dan range antara 1000. Harga default adalah NULL jika bisa atau jika NOT NULL. LONGTEXT Teks berukuran besar dengan panjang 0 sampai 2. Tempat penyimpanan 3 byte. harga2 . Range harga antara -838:59:59 sampai 838:59:59 .

data yang hilang ataupun yang lainnya . Harga default adalah hari dan jam saat itu. Data kosong (NULL) NULL berarti kosong atau tidak diisi data atau bisa juga berarti data yang tidak jelas. TIMESTAMP Hampir sama dengan DATETIME tapi dengan format YYYYMMDD hhmmss dan range antara 19700101000000 sampai suatu saat di tahun 2037. Harga default adalah NULL jika bisa atau 0000 jika NOT NULL.15. 17. Tempat penyimpanan 4 byte. 16. Tempat penyimpanan 3 byte. YEAR Untuk kolom tahun denga format YYYY dan range antara 1900 sampai 2155.

´tidak Tetap´) ket Primary key 5. Hapus field status 8. Ubah typedata status menjadi varchar(20) 7. Tambahkan field lama_pinjam varchar(10) . Tambahkan primary key pada no_ref 14. Buat table Nasabah Nama_field Kd_nasabah Nama_nasabah Alamat Telepon Status Tipe data Char varchar varchar varchar enum size 5 35 35 15 (³tetap´.CONTOH SOAL 1. Ubah nama_nasabah dengan kd_nasabah 00012 menjdi Indriyani 12. Lihat database 3. Isi table nasabah Kd_nasabah 00011 00012 00013 Nama_nasabah Andri Ira abdul Alamat Depok Depok Pasar Minggu Telepon 08562356789 08586789380 021986782 9.pilkan nasabah yang beralamat di depok 11. Tampilkan data pada table nasabah 10. Ganti tempo menjad tgl_tempo 15. Buat Data Base baru dengan enterprise koperasi 2. Masuk ke data base koperasi 4. Ta. Lihat struktur tabl nasabah 6. Buat tabel Pinjaman Nama field No_Ref Kd_nasabah Jml-pimjam tempo Tipe data char char int date ³0000-00-00´ size keterangan 13.

Lihat table pada database koperasi . Hapus isi field dengan no_ref03 20.16. Lihat jumlah pinjam pada kd_nasabah 00012 19. Isikan table pinjaman No_ref Ref01 Ref02 Ref03 Kd_nasabah 00011 00012 00013 Jml-pinjam 5000000 2000000 1500000 Tgl_tempo 2010-06-14 2010-08-25 2010-10-20 Lama_pinjam 6 12 3 17. Hapus table pinjaman 21. Lihat jumlah pinjam di atas 3000000 18.

.Jawaban Dengan command promp.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful