Revolusi Hijau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi, cari Revolusi Hijau adalah sebutan tidak resmi yang dipakai untuk menggambarkan perubahan fundamental dalam pemakaian teknologi budidaya pertanian yang dimulai pada tahun 1950-an hingga 1980-an di banyak negara berkembang, terutama di Asia. Hasil yang nyata adalah tercapainya swasembada (kecukupan penyediaan) sejumlah bahan pangan di beberapa negara yang sebelumnya selalu kekurangan persediaan pangan (pokok), seperti India, Bangladesh, Tiongkok, Vietnam, Thailand, serta Indonesia, untuk menyebut beberapa negara. Norman Borlaug, penerima penghargaan Nobel Perdamaian 1970, adalah orang yang dipandang sebagai konseptor utama gerakan ini. Revolusi hijau mendasarkan diri pada empat pilar penting[1]: penyediaan air melalui sistem irigasi, pemakaian pupuk kimia secara optimal, penerapan pestisida sesuai dengan tingkat serangan organisme pengganggu, dan penggunaan varietas unggul sebagai bahan tanam berkualitas. Melalui penerapan teknologi non-tradisional ini, terjadi peningkatan hasil tanaman pangan berlipat ganda dan memungkinkan penanaman tiga kali dalam setahun untuk padi pada tempat-tempat tertentu, suatu hal yang sebelumnya tidak mungkin terjadi. Revolusi hijau mendapat kritik sejalan dengan meningkatnya kesadaran akan kelestarian lingkungan karena mengakibatkan kerusakan lingkungan yang parah. Oleh para pendukungnya, kerusakan dipandang bukan karena Revolusi Hijau tetapi karena ekses dalam penggunaan teknologi yang tidak memandang kaidah-kaidah yang sudah ditentukan. Kritik lain yang muncul adalah bahwa Revolusi Hijau tidak dapat menjangkau seluruh strata negara berkembang karena ia tidak memberi dampak nyata di Afrika. Revolusi Hijau Revolusi Hijau merupakan pengembangan teknologi pertanian untuk meningkatkan produksi bahan pangan sebagai sumber karbohidrat, lemak, protein, mneral dan vitamin. Sejarah Revolusi Hijau Pada tahun 1950, di Mexico dimulai usaha revolusi hijau. Tujuannya untuk peningkatan prodksi pangan terutama serelia yang merupakan makanan pokok sebagian besar penduduk dnia seperti gandum, beras, jagnung dan sagu. Pada tahun 1960 berhasil dilepas varietas gandum unggul yang pertama kali. Pada tahun 1966-1967 IRRI (Internasional Rice Research Institute) yang berkedudukan di Filipina memperkenalkan varietas padi unggul seperti IR5, IR6, dan IR8. Kemudian varietas-varietas padi unggul tersebut dikembangkan di india. Ternyata dari 50% areal ertanian yang ditanami padi unggul tersebut, produksi padinya mencapai 75 % dari total produksi seluruh areal. Penggunaan varietas padi unggul di Indonesia yang pertama kali juga berasal dari hasil IRRI. Dengan nama khusus peta baru, PB5 dan PB8 yang sesuai dengan jenis tanah di Indonesia.

Hasil yang nyata adalah tercapainya swasembada ( kecukupan penyediaan ) sejumlah bahan pangan disejumlah negara yang sebelumnya dilanda kelaparan. dari semula mengimpr gandum pada 1943. kerusakan dipandang bukan karena revolusi ijau tetapi karena ekses daam penggunaan teknologi yang tidak memandang kaidah-kaidah yang sudah ditentukan. Meksiko bahkan sudah mengekspor gandum ke negara lain. penerima penghargaan nobel perdamaian 1970. dua perubahanbesar secara politik di dua negara musuh bebuyutan AS itu. delapan tahun kemudian. Oleh para pendukungnya. Karena perubahan itu dianggap berhasil maka Ford dan Rockefeller foundation kemudian membawa teknologi yang sama ke berbagai dunia. Norman Borlaug. Vietnam. adalah orang yang dipandang sbagai bapak gerakan ini. Perubahan yang oleh Gaud yang disebut revolusi itu dimulai dari Meksiko. mantan direktur USAID. Kritik lain yang muncul adalah bahwa revolusi hijau tidak dapat menjangkau seluruh strata negara berkembang karena iatidak memberi dampak nyata di Afrika. Revolusi hijau mendapat kritik sejalan dengan meningkatnya kesadaran akan kelestarian lingkungan karena mengakibatkan kerusakan lingkungan yang parah. Penduduk terus bertambah sementara produksi gandum terus berkurang. untuk menyebut beberapa negara. serta Indonesia. dan pembangunan infrastruktur yang didanai Ford dan Rockefeller foundation.suatu hal yang tidak mungkin tanpa ketiga pilar tersebut. penyuluhan. Merekapun menggenjot pertaniannya melalui riset. Thailand. Negara Amerika latin itu mengubah system pertanian secara radikal pada 1945. SEJARAH REVOLUSI HIJAU Diperkenalkan pertama kali oleh William Gaud pada tahun 1968. Kalau di Meksiko mereka focus pada . Revolusi hijau mendasarkan diri pada tiga pilar penting : o Penyediaan air melalui system irigasi o Pemakaian pupuk kimia o Penerapan pestisida untuk menjamin produksi. Salah satu alasannya adalah karena berbanding terbaiknya pertambahan jumlah penduduk dengan kapasitas produksi gandum. negara ini bisa memenuhi kebutuhan gandumnya pada 1956.Revolusi Hijau REP | 25 November 2010 | 12:01 495 0 Nihil Revolusi hijau adalah sebutan tidak resmi yang dipakai untuk menggambarkan perubahan fundamental dalam pemakaian teknologi budidaya pertanian yang dimulai pada tahun 1950-an hingga 1980-an dibanyak negara berkembang terutama di Asia. Bangladesh. lembaga donor milik pemerintah AS. ini membandingkan masifnya perubahan di bidang pertanian itu dengan revvolusi merah di Soviet dan revolusi putih di Iran. Hsilnya. Tiongkok. dan beberapalembaa besar lainnya. dan o Penggunaan varietas unggul sebagai bahan baku berkualitas Melalui penerapan teknologi non-tradisional ini terjadi peningkatan hasil tanaman pangan berlipat ganda dan memungkinkan penanaman tiga kali dalam setahun untuk padi. seperti India.

maka di negara lain mereka focus pada padi. . kuda laut. Bahan makanan atau pangan yang termasuk dalam revolusi hijau adalah yang termasuk dalam kelompok serelia atau sereal/cereal yaitu seperti beras. udang. Sumber daya laut dapat dibagi menjadi dua macam atau jenis antara lain ialah : . . Revolusi Biru Revolusi biru adalah usaha manusia dalam meningkatkan produksi pangan atau makanan dengan jalan meningkatkan produksi pangan yang berasal dari laut (sumber daya laut). Salah satunya dengan mendirikan International Rice Research Institute ( IRRI ) di Los banos. Filipina.sumber laut hayati / biotik contohnya seperti tumbuhan laut seperti alga. cumi-cumi. dan lain sebagainya.gandum. sotong. Dari pusat riset padi inilah ditemukan varietas baru bernama IR 46 dan IR 36 yang disebar ke dunia. Pada perjalanannya.Ilmu Biologi Sun. Hewan laut seperti ikan.Sumber daya non hayati / abiotik contohnya seperti garam mineral. termasuk di idonesia. termasuk Indonesia. kerang. gandum. Ini terutama ketika perusahaan-perusahaan besar seperti Monsanto dan Syingenta juga masuk di Indonesia. rumput laut. dan lain-lain. revolusi hijau kemudian hanyalah jadi alat perusahaan pertanian untuk menjerat petani. melalui Litbang pertanian deptan. Produk mereka inilah yang menjangkau hamper separuh penduduk duniadan kemudian menggantikan padi local. sagu. 14/05/2006 . dan lain sebagainya.9:25am godam64 1. endapan nodul untuk bahan industri. dan lain sebagainya. kentang. 2. termasuk Indonesia. IRRI yang punya perwakilan di 14 negara mulai bekerjasama dengan Indonesia pada tahun 1972. gurita. jagung. energi laut. Revolusi Hijau Revolusi hijau adalah usaha manusia dalam meningkatkan produksi pangan atau makanan dengan jalan melakukan pengembangan pada teknologi pertanian untuk mencukupi kebutuhan pangan dan kesejahteraan penduduk dunia. plankton. Revolusi Hijau dan Revolusi Biru .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful