Praktikum Biokimia Darah

SAA

Tujuan
‡ Mengetahui sifat-sifat darah ‡ Membuktikan kandungan zat dalam darah ‡ Memahami berbagai fenomena biokimia darah dalam kondisi fisiologis

Filosofi Praktikum ‡ ‡ ‡ ‡ Laboratorium : tempat bekerja Ora et labora : berdoa dan bekerja Praktikum : praktek atau berlatih Membuktikan teori secara kualitatif dan kuantitatif ‡ Melalui percobaan dengan cara kerja yang sudah baku .

Jenis Percobaan ‡ Percobaan koagulasi darah ± Mengapa darah bisa membeku dan bisa dicegah pembekuannya ? ± Bagaimana teori pembekuan darah? ± Apa buktinya bahwa darah bisa membeku dan bisa dicegah pembekuannya ? ± Apa yang diperlukan untuk membuktikan proses pembekuan darah ? ± Mengapa darah tetap cair dalam pembuluh darah dan membeku ketika ada luka di pembuluh darah ? .

Pengaruh ion Ca dan Fibrin dalam koagulasi ‡ Proses pembuktian ± Melalui percobaan/ekperimen ± Bahan yang diperlukan : ‡ Darah oksalat : darah yang ion kalsiumnya terikat oleh oksalat (tidak bebas) ‡ Darah bebas fibrin : telah kehilangan faktor koagulasi fibrinogen ‡ CaCl2 .Pipet .Alat yang diperlukan : .Tabung .Timer/jam .

Cara Kerja ‡ Masukan dalam tabung 1 ± 2 cc darah oksalat + CaCl2 ± Amati hasilnya dengan menggoyanggoyangkan ± Hitung waktunya ‡ Masukan dalam tabung 2 ± 2 cc darah bebas fibrin + CaCl2 ± Gojog-gojok ± Amati hasilnya .

Pembahasan ‡ Tabung 1 : darah menjendal/membeku (coagulation) ± Why ? ‡ Pahami dulu darah oksalat itu ‡ Pahami maksud penambahan CaCl2 ‡ Pahami proses koagulasi menurut teori howell ‡ Tabung 2 : darah tetap cair ± Why ? ‡ Tidak adanya fibrinogen menyebabkan penambahan CaCl2 darah tetap cair .

Percobaan pembuktian protein serum ‡ ‡ ‡ ‡ Mereview apa itu protein ? Mengenalkan apa itu serum dan plasma ? Membedakan protein serum dan protein plasma Dasar teori : ± protein utama dalam serum darah adalah globulin dan albumin ± Apa itu globulin dan albumin ? ± Berapa kadar normalnya ? ± Dari mana asalnya dan dimana dibuat ? ± Untuk apa itu ? .

Proses Pembuktian ‡ Pembuktian adanya protein globulin ± Reaksi pengendapan Globulin ± Bahan ‡ Protein serum ‡ Ammonium Sulfat Jenuh ‡ Air ± Alat ‡ Tabung ‡ Penyaring ‡ Corong .

Cara Kerja ‡ Masukan ke dalam tabung 5 cc Protein serum + 5 cc Ammonium Sulfat ‡ Saring endapannya ‡ Filtratnya disimpan untuk percoban pengendapan albumin ‡ Endapan digojog dengan sedikit air ‡ Sambil diamati tambahkan air berlebihan ‡ Laporkan hasilnya : tampak endapan lagi .

Pembahasan ‡ Pahami sifat-sifat globulin ‡ Apa maknanya globulin itu ? ‡ Jenis-jenis globulin ± Alfa globulin ± Beta globulin ± Gamma globulin .

Proses Pembuktian adanya Albumin ‡ Bahan ± Filtrat percobaan 3 ± Amonium sulfat padat ± Air ‡ Alat ± Tabung ± Penyaring ‡ Cara Kerja ± Masukan amonium sulfat padar berlebihan ke dalam filtrat percobaan 3 ± Saring endapan yang terbentuk ± Larutkan endapan dengan air kembali dan amati hasilnya .

Pembahasan ‡ Albumin larut lagi dengan pemberian air berlebihan ‡ Why ? ± Sifat albumin .

Percobaan pembuktian adanya zat non protein dalam darah ‡ Melakukan proses deproteinisasi terlebih dahulu ‡ Proses deproteinisasi : ± upaya untuk membuang atau menghilangkan semua unsur protein dalam darah ± Melalui denaturasi dengan pemanasan dan pemberian asam ± Pengendapan dan penyaringan .

Pembuktian Zat Non Protein dalam darah ‡ Klorida ‡ Fosfat ‡ Kalsium ‡ Glukosa Bahan Semua menggunakan filtrat hasil deproteinisasi HNO3 pekat AgNO3 Ammonium Molibdat K ±Oksalat Gliserol Na2CO3 dan CuSO4 Alat (tabung dan pipet) .

Cara Kerja ‡ Pembuktian Klorida ± Masukan 1-2 cc filtrat + HNO3 + AgNo3 ± Amati adanya endapan putih (AgCl) ± Klorida yang ada dalam filtrat serum darah berikatan dengan Ag+ ‡ Pembuktian Fosfat ± Masukan 1-2 cc filtrat + 5 tts HNO3 + 5 tts Ammomium molibdat ± Akan terbentuk warna kuning jeruk seela dipanaskan .

oksalat ± Akan terbentuk kekeruhan ‡ Pembuktian adanya glukosa ± Masukan 3 cc filtrat + 3 tts gliserol + Na2CO3 tidak berair + 2 tts larutan CuSO4 ± Dimasak 1 menit ± Akan terbentuk kekeruhan kuning .Cara Kerja ‡ Pembuktian adanya kalsium ± Masukan 1-2 cc filtrat + K.

Pembahasan ‡ Diskusikan dengan asisten ‡ Mekanisme reaksi tidak terlalu penting ‡ Kepentingan biomedis masing-masing zat dalam darah .

Pembuktian adanya pigmen darah ‡ Pemecahan eritrosit ‡ Percoban benzidin ‡ Percobaan Hemin .

Cara Kerja ‡ Pemecahan eritrosit ± Satu tetes darah + 10 cc air dimasak ± Dipakai untuk percobaan benzidin ‡ Percobaan benzidin ± 2 ml reagen tauber + 2 cc hidrogen peroksida + tetes demi tetes darah yang sudah dipecah ± Terbentuk warna hijau biru ‡ Pembentukan hemin Melihat kristal hemin .

Pembahasan ‡ Diskusi dengan asisten ‡ Kepentingan biomedis pigmen darah .

Penutup ‡ Selamat Bekerja .