P. 1
laporan fismektan

laporan fismektan

|Views: 149|Likes:
Published by Dandan Fardan

More info:

Published by: Dandan Fardan on May 13, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2012

pdf

text

original

Nama NPM

: M. Arief Ma`ruf : 240110090086 BAB 1 Pendahuluan

I.i Latar Belakang Air mempunyai fungsi yang penting dalam tanah. Antara lain pada proses pelapukan mineral dan bahan organik tanah, yaitu reaksi yang mempersiapkan hara larut bagi pertumbuhan tanaman. Selain itu, air juga berfungsi sebagai media gerak hara ke akar-akar tanaman. Akan tetapi, jika air terlalu banyak tersedia, hara-hara dapat tercuci dari daerah-daerah perakaran atau bila evaporasi tinggi, garam-garam terlarut mungkin terangkat kelapisan tanah atas. Air yang berlebihan juga membatasi pergerakan udara dalam tanah, merintangi akar tanaman memperoleh O2 sehingga dapat mengakibatkan tanaman mati. Kandungan air tanah dapat ditentukan dengan beberapa cara. Sering dipakai istilah-istilah nisbih, seperti basah dan kering. Kedua-duanya adalah kisaran yang tidak pasti tentang kadar air sehingga istilah jenuh dan tidak jenuh dapat diartikan yang penuh terisi dan yang menunjukkan setiap kandungan air dimana pori-pori belum terisi penuh. Jadi yang dimaksud dengan kadar air tanah adalah jumlah air yang bila dipanaskan dengan oven yang bersuhu 105oC hingga diperoleh berat tanah kering yang tetap. Dua fungsi yang saling berkaitan dalam penyediaan air bagi tanaman yaitu memperoleh air dalam tanah dan pengaliran air yang disimpan ke akar-akar tanaman. Jumlah air yang diperoleh tanah sebagian bergantung pada kemampuan tanah yang menyerap air cepat dan meneruskan air yang diterima dipermukaan tanah ke bawah. Akan tetapi jumlah ini juga dipengaruhi oleh faktor-faktor luar seperti jumlah curah hujan tahunan dan sebaran hujan sepanjang tahun.

I.ii Tujuan Tujuan dari praktikum kali ini adalah 1. Mahasiswa mampu menghitung kadar air dalam tanah. 2. Mahasiswa mampu menghitung porositas tanah 3. Mahasiswa mampu menghitung angka pori dalam tanah. 4.

(Hardjowigeno. Faktor tumbuhan dan iklim mempunyai pengaruh yang berarti pada jumlah air yang dapat diabsorpsi dengan efisien tumbuhan dalam tanah. Kadar air (0) dihitung secara gravimetrik dengan satuan g / g. hambatan listrik dan pembauran neutron. (Pairunan. Kelakukan akan ketahanan pada kekeringan. tegangan atau hisapan. Begitupula pada tanah Alfisol pada umunya. (Syarief. 1986). Daya pengikat butir-butir tanah Alfisol terhadap air adalah besar dan dapat menandingi kekuatan tanaman yang tingkat tinggi dengan baik begitupun pada tanah Inceptisol dan Vertisol. Arief Ma`ruf : 240110090086 BAB 2 Tinjauan Pustaka Air terdapat di dalam tanah Alfisol ditahan (diserap) oleh massa tanah. Karena itu contoh tanah dengan kadar air harus disaring. dan biasanya satu kali contoh tanah akan dianalisis untuk penerapan suatu sifat. dkk. Baik kelebihan air ataupun kekurangan air dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Kadar air selalu berubah sebagai respon terhadap faktor-faktor lingkungan dan gaya gravitasi.Nama NPM : M. Kehilangan berat sama dengan berat air yang terdapat dalam contoh tanah.. atau karena keadaan drainase yang kurang baik. 1985) Kadar air dalam tanah Alfisol dapat dinyatakan dalam persen volume yaitu persen volume air terhadap volume tanah. (Hakim.. keadaan dan tingkat pertumbuhan adalah faktor tumbuhan yang berarti. dkk. yaitu berat air yang terdapat di dalam suatu massa tanah kering (0 = tanah lembab-berat kering oven). 1998). diukur. Cara ini mempunyai keuntungan karena dapat memberikan gambaran tentang ketersediaan air pada pertumbuhan pada volume tanah tertentu. dasar penentuannya adalah pengukuran kehilangan berat dari suatu contoh tanah yang lebih lembab setelah dikeringkan pada suhu 105oC selama 24 jam.. Cara penetapan kadar air tanah dapat digolongkan dengan beberapa cara penetapan kadar air tanah dengan gravimetrik. tertahan oleh lapisan kedap air. 1992). Temperatur dan perubahan udara merupakan perubahan iklim dan berpengaruh pada efisiensi penggunaan air tanah dan . S. karena itu tidak semua air tanah dapat diamati dan ditanami oleh tumbuhan. Fungsi air tanah yaitu sebagai pembawa unsur hara dalam tanah serta keseluruhan bagian tanaman. Jumlah air yang ditahan oleh tanah dapat dinyatakan atas dasar berat dan isi.

strata dan lapisan tanah..Nama NPM : M. Arief Ma`ruf : 240110090086 penentuan air yang dapat hilang melalui saluran evaporasi permukaan tanah. kadar garam. 1982). Banyaknya kandungan air tanah berhubungan erat dengan besarnya tegangan air (moisture tension) dalam tanah tersebut. Tanah -tanah yang bertekstur kasar mempunyai daya menahan air yang lebih kecil dari pada tanah yang bertekstur halus. S. Pasir umumnya lebih mudah kering dari pada tanah-tanah bertekstur berlempung atau liat. Diantara sifat khas tanah yang berpengaruh pada air tanah yang tersedia adalah hubungan tegangan dan kelembaban. (Buckman dan Brady. (Hardjowigeno. Kemampuan tanah dapat menahan air antara lain dipengaruhi oleh tekstur tanah. 1992). . kedalaman tanah.

Porositas =    =        . Samahalnya dengan berat basah. Volume air dibandingkan dengan volume padatan (volume ring dikurangi volume air) kemudian dipersentasekan. sehingga didapat berat volume basah tanah. Kemudian berat tanah dikurangi berat ring sampler. berat basah didapat dari volume awal tanah saat masih dalam ring dikurangi dengan berat ring. Persentase kadar air diperoleh dari massa air berbanding dengan berat kering dan kemudian dipersentasekan.Nama NPM : M. terebih dahulu dihitung volume air dari tanah tersebut dan volume ring sampelnya. Massa air disini adalah selisih dari berat basah dan berat kering. cara perhitungan berat kering pun sama. Berdasarkan hasil diatas. Kemudian tanah di keringkan dengan menggunakan oven selama 2x24 jam. Arief Ma`ruf : 240110090086 BAB V Pembahasan Pada praktikum kali ini kita mencoba menghitung kadar air dalam tanah. Volume total didapat dari V1-V0. Kemudian kita menimbang ring sampler lalu kita menimbang tanah.  Untuk menghitung porositas terebih dahulu dihitung volume air dari tanah tersebut dan volume ring sampelnya lalu dibandingkan dengan volume total. Berat basah tanah yang masih mengandung air dikurangi dengan berat tanah yang telah dikeringkan. Apabila persentase melebihi 50% maka terdapat kesalahan pada data perhitungan berat basah dan berat kering.     Untuk menghitung angka pori. kehilangan air pada saat pengeringan tersebut adalah massa air tanah. yang berbeda hanyalah tanah untuk berat kering adalah tanah yang telah dikeringkan terlebih dahulu di dalam pengering (oven). Pertama kita mengambil sampel tanah. dengan menggunakan ring sampler.

4. antara lain: 1. Nilai-nilai tersebut selanjutnya dapat digunakan sebagai informasi awal tanah untuk pengolahan tanah selanjutnya. . Adanya factor penguapan pada sampel tanah. Dan jika dilihat. Kesalahan pada saat perhitungan. Arief Ma`ruf : 240110090086 Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kesalahan dalam perhitungan hasil. nilai-nilai karakteristik tanah diatas menendakan tanah tersebut cukup baik digunakan untuk kegiatan pertanian. Adanya kesalahan pada saat pengambilan sampel tanah 2. Terjadinya kesalahan pada saat penyimpanan sampel. Adanya factor kesalahan alat 5. 3.Nama NPM : M.

3.i Kesimpulan 1. Sebaiknya modul praktikum dibagikan ke seluruh mahasiswa. Maka tanah tersebut tidak baik untuk pertanian. 4. 5. Jumlah peralatan diperbanyak kembali. Arief Ma`ruf : 240110090086 BAB VI Penutup VI.Nama NPM : M. gas dan cair. 2. Sebaiknya tanah yang diambil bener-benar bersih dari akar. Karakteristik tanah dapat dilihat antara lain dari ketersediaan air. 5. Tanah terdiri dari tiga komposisi/fase yang berbeda yaitu partikel padat. Semakin besar volume air maka semakin besar pula angka porinya.ii Saran 1. angka pori dan porositasnya. 4. . Semakin berat bobot isi tanah maka semakin sulit untuk tanah meneruskan air dan tidak mudah ditembus akar tanaman. Berdoa sebelum memulai praktikum. batu dan lainya. Kadar air tergantung dari banyaknya air yang terdapat dalam tanah berbandingdengan berat tanah dalam keadaan kering VI. 2. 3. Asisten diharapkan menerangkan lebih detail sehingga praktikan tidak kesulitan dalam pelaksanaan praktikum.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->