Pemanfaatan Biomassa Dalam Pembuatan Bioetanol Melalui Simulteneous Sacharification and Fermentation (SSF) Menggunakan Saccharomyces cerivisiae

Kelompok : INTAN RENITYA P. RIZKI DWI S. ANITA ARIFIANTI ARIEF ANDRIANTO MELANIA LILIK S.

H0908030 H0908075 H0908088 H0908091 H0908119

. (2004) biofuel adalah bahan bakar yang dapat diperbaharui berasal dari bahan nabati hidup .Fulton et al.

S. saki. 2009) Mikroorganisme: Clostridium acetobutylicum. Endomyces lactis. Torula sp.. cerevisiae. . Neurospora crassa. Aspergillus oryzae.ellipsoideus..S. S. Tsaki.Bioetanol Cairan hasil proses fermentasi gula dari sumber karbohidrat (pati) menggunakan bantuan mikroorganisme (Assegaf. Rhizopus sp.

Pengaplikasian etanol : industri bahan bakar (spiritus) farmasi kosmetik laboratorium bahan bakar alternative .

Medium Yang Digunakan ‡ Bagas : Limbah padat perindustrian gula ‡ Kandungan lignoselulosa pada bagas : 52.7% selulosa 20% hemiselulosa 24.2% lignin ‡ Bagas >> lignoselulosa >> hemiselulosa >> Ethanol .

Cara Pembuatan Proses .

‡ Reaksi Sakarifikasi C5H8O4 + H2O Xilan C5H10O5 Xilose Fermentasi C6H12O6 2 C2H5OH + 2 CO2 .

mikrobia yang paling banyak digunakan pada fermentasi alkohol. karena:  berproduksi tinggi  tahan kadar alkohol yang tinggi  tahan kadar gula yang tinggi  tetap aktif pada suhu 4 32oC .Mikroorganisme yang Digunakan ‡ Saccharomyces cerevisiae Kelas : Hemiascomycetes Ordo : Endomycetales Famili :Saccharomycetaceae Sub famili : Saccharoycoideae Genus : Saccharomyces ‡ Saccharomyces cerevisiae.

Tahap Pembuatan Bioetanol ‡ ‡ ‡ ‡ Persiapan Sampel Stock pembiakan Saccharomyces Cerevisiae Persiapan yeast inoculum Proses Sakarifikasi dan Fermentasi Serentak Bikinin hyperlink ya. yang bagus .

‡ Produksi bioetanol dari dapat dilakukan beberapa metode diantaranya dengan hidrolisis asam dan secara enzimatis. ‡ Bioetanol merupakan cairan hasil proses fermentasi gula dari sumber karbohidrat (pati) menggunakan bantuan mikroorganisme. dan termasuk keduanya bentuk cair seperti bioethanol atau biodiesel dan bentuk gas seperti atau hydrogen.Kesimpulan ‡ Biofuel adalah bahan bakar yang dapat diperbaharui berasal dari bahan nabati hidup. . ‡ Pada metode terdahulu proses hidrolisis dan fermentasi dilakukan secara terpisah atau Separated Hydrolisys and Fermentation (SHF) dan yang terbaru adalah proses Simultaneous Saccharification and Fermentation (SSF) atau Sakarifikasi dan Fermentasi Serentak (SFS).

Oleh karena itu digunakan enzim xylanase untuk memecah monomer-monomer xylan pada hemiselulosa menjadi xylosa.‡ Enzim yang digunakan harus sesuai dengan polisakarida yang akan dihidrolisis. . ‡ Pengembangan bioetanol dari biomassa yang banyak mengandung lignoselulosa seperti bagas merupakan salah satu energi alternatif yang cukup berpotensi untuk diterapkan di Indonesia. ‡ Hemiselulosa terbentuk dengan kandungan paling banyak pada bagas adalah xylosa. ‡ Monosakarida yang terbentuk difermentasi oleh Saccharomyces cerevisiae menjadi alkohol (etanol) dan karbondioksida.