BIOLOGI

LAPORAN HASIL PENGAMATAN TERHADAP JARINGAN MERISTEM DAN JARINGAN EPIDERMIS SERTA DERIVATNYA PADA SEL TUMBUHAN

OLEH: KADEK DWIKA YUNDARANI

SMA NEGERI 1 SINGARAJA 2010

B. lonjong. dan 3. dan polygonal 2.I. Preparat jaringan meristem pada akar bawang b. ujung batang. Macam-macam jaringan meristem berdasarkan a. Jawaban pertanyaan 1. Mikroskop C. Bahan dan Alat a. Tujuan Mengamati dan mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan yaitu jaringan meristem. Menggambar hasil pengamatan dan member keterangan D. Amati preparat jaringan meristem pada mikroskop dengan menggunakan perbesaran lemah terlebih dahulu kemudian diperjelas dengan menggunakan perbesararan yang lebih kuat b. cirri-ciri jaringan meristem adalah : y y y y y y Ukuran sel kecil-kecil Dinding sel tipis Inti sel besar Terdiri atas sel muda (aktif membelah) Kaya akan sitoplasma Bentuk sel bulat. Jaringan meristem pada tumbuhan dapat ditemukan pada ujung akar. Asal terbentuk . Cara kerja a. Hasil pengamatan GAMBAR KETERANGAN JARINGAN MERISTEM E. Berdasarkan pengamatan. KEGIATAN I (JARINGAN MERISTEM) A. pangkal ruas batang rumput.

Letak y y Meristem primer Meristem sekunder : terbentuk langsung oleh sel embrional : terbentuk dari jaringan dewasa yang terdiferensiasi Meristem apical Meristem interkalar : terletak pada ujung akar dan ujung batang : terletak pada jaringan dewasa.y y b. pangkal ruas batang rumput y Meristem lateral : terletak sejajar dengan permukaan tempat ditemukannya .

II. Menggambar hasil pengamatan dan member keterangan D. Gelas objek dan cover glass C. Bahan dan Alat a. B. Mikroskop d. Tujuan Mengamati dan mengidentifikasi struktur jaringan pada tumbuhan yaitu jaringan epidermis dan derivatnya. Pipet tetes e. Akuades c. Cara Kerja a. Daun Rhoe Discolor dan daun tembakau b. Hasil Pengamatan GAMBAR KETERANGAN JARINGAN EPIDERMIS DERIVAT EPIDERMIS PADA DAUN RHOE DISCOLOR . Mengiris tipis epidermis bawah daun Rhoe Discolor dan daun tembakau menggunakan silet b. Silet f. Menaruh hasil irisan pada kaca objek kemudian menetesi akuades dengan pipet tetes c. Mengamatai jaringan epidermis dan derivatnya di bawah mikroskop dengan menggunakan perbesaran lemah terlebih dahulu kemudian diperjelas menggunakan perbesaran yang lebih kuat d. KEGIATAN II ( JARINGAN EPIDERMIS BAWAH DAN DERIVATNYA) A.

. Fungsi dari jaringan epidermis adalah melindungi jaringan di bawahnya.DERIVAT EPIDERMIS PADA DAUN TEMBAKAU E. Derivate epidermis selain pada daun Rhoe Discolor juga dapat ditemukan pada semua jenis daun tumbuhan lain 3. cirri-ciri jaringan epidermis adalah : y y y y y Tersusun atas sel hidup Tersusun atas satu lapisan sel tunggal Memiliki beragam bentuk Tersusun rapat Tidak memiliki klorofil 2. Jawaban Pertanyaan 1. Berdasarkan pengamatan.