Real Time Information, Application & Business Solution

Wisma Antara 7 Floor, Jl. Merdeka Selatan No. 17, Jakarta 10110 – Indonesia Phone : (62-21) 386 5323 / 25, Fax : (62-21) 3865327

th

IMQ – LKBN ANTARA
www.IMQ21.com

Sekilas Tentang IMQ
IMQ adalah unit bisnis strategis dari Perum LKBN-ANTARA (Kantor Berita Nasional Indonesia) yang menyediakan informasi Real-Time, Aplikasi, dan Solusi Bisnis untuk pasar Finansial dan Umum. Kami menyediakan informasi lengkap mengenai pasar finansial Indonesia dan Regional, serta Solusi Total untuk Perusahaan Sekuritas dalam hal kegiatan perdagangan instrumen investasi, yaitu ; Online Trading System, Remote Trading System, Order & Risk Management, serta Back Office System. Disamping itu, kami juga menyediakan beberapa sistem informasi untuk mendukung konsep Electronic Business, diantaranya adalah Document Management System (DMS), Customer Relationship Management (CRM), HR Management System, Payroll System, dan IT Solution.

Kepemilikan
IMQ adalah salah satu Strategic Business Unit (SBU) dari Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN ANTARA). IMQ didirikan sejak 27 Maret 1996, awalnya IMQ dimiliki oleh 2 kantor berita, yaitu LKBN ANTARA dan Australian Associated Press (AAP). Namun sejak bulan Juni 2002, kepemilikan IMQ seluruhnya diambil alih oleh LKBN ANTARA. IMQ saat ini menjadi perusahaan negara (state owned company) seiring dengan telah resminya LKBN ANTARA menjadi Perum pada tahun 2007. Visi Menjadi perusahaan terkemuka yang menyediakan informasi, aplikasi dan solusi terpadu bagi komunitas pasar finansial & umum. Misi Menyediakan produk & jasa yang berkualitas bagi komunitas pasar finansial & umum. Menggunakan sumber daya, pengetahuan dan pengalaman kita untuk mencerdaskan masyarakat Indonesia & masyarakat global lainnya. Memenuhi kepuasan stakeholder (pemegang saham, pelanggan, pemasok & karyawan).

Garis Bisnis IMQ
IMQ menyediakan layanan informasi untuk pasar finansial dan umum dalam garis bisnis sebagai berikut; Informasi Real-time Finansial (Pasar Finansial Indonesia dan Pasar Finansial Global). Aplikasi (Aplikasi Finansial seperti; online trading, remote trading, back office). Solusi Bisnis (Hardware, software dan dokumentasi digital).

Jaringan Kerja
IMQ memiliki 4 kantor cabang tersebar di 4 kota besar di Indonesia, dimana tiap wilayah memiliki potensi dan komunitas finansial yang cukup besar. Disamping itu, IMQ didukung oleh kantor cabang ANTARA yang terletak di 34 propinsi di Indonesia dan 5 negara di dunia.

Sebagai upaya untuk menciptakan pengembangan pasar, IMQ yang didukung oleh beberapa perusahaan media cetak dan elektronik nasional, saat ini telah membangun hubungan kerjasama dengan National Technology Group (NTG), yaitu perusahaan penyedia informasi Finansial & IT Solution terkemuka di Timur Tengah yang memungkinkan terciptanya Investment Gateway bagi Indonesia dengan 18 Negara di Timur Tengah, baik untuk komunitas perdagangan finansial maupun retail. Untuk memperkuat jaringan kami ke seluruh dunia, LKBN ANTARA memiliki beberapa hubungan kerjasama dengan:

AAP (Australia) Reuters (England) AFP (France) DPA (Germany) Kyodo (Japan)

Bernama (Malaysia) Xinhua (China) PTI (India) Ria Novosti (Russia) NAMPA (Namibia)

Sebagai upaya untuk memperluas jaringan global, ANTARA juga aktif dalam beberapa organisasi, seperti: ANEX (Asean News Exchange) OANA (Organization of Asia Pacific News Agencies) NANAP (Non-Aligned News Agencies Pool)

Produk Layanan i-WEB
I. Pendahuluan Internet merupakan jaringan komunikasi yang tanpa batas ruang dan waktu, sehingga banyak potensi yang bisa kita peroleh baik secara langsung maupun tidak langsung. Perkembangan teknologi dan sumber informasi dari seluruh media, ternyata media internetlah yang saat ini lebih digemari oleh masyarakat. Informasi yang didapat selain cepat, akurat juga menciptakan efektifitas dan efisiensi waktu, tenaga dan dana dapat ditekan semaksimal mungkin. Ini membuktikan bahwa masyarakat semakin tidak mau disibukan dengan keterbatasan waktu dan kesempatan untuk melihat informasi. Mengutip pernyataan Bill Gates, Chairman of Microsoft Corp, “Internet akan menyapu kita seperti sebuah gelombang pasang yang akan menenggelamkan setiap orang yang dilewatinya yang tidak siap untuk hidup dalam sebuah masyarakat informasi. i-WEB adalah media online (website) yang dibuat oleh IMQ - LKBN ANTARA yang menyediakan berita update dan lengkap Seputar Finansial. Sejak online pada tanggal 26 Mei 2000 dan last updated pada tanggal 1 Februari 2011. Seiring dengan semakin banyaknya traffic berita dan informasi yang masuk kedalam i-WEB maka hal ini membuat semakin banyaknya pengunjung yang mengakses, dan hingga kini terus

mengalami peningkatan traffic yang signifikan. Dengan didukung oleh sumberdaya manusia yang kompeten menjadikan i-WEB sebagai media online finansial terdepan di Indonesia. i-WEB menyediakan banyak pilihan bagi perusahaan atau anda pemilik produk barang dan jasa, situs portal, website, dll untuk memasang iklan dalam bentuk banner, link, advertorial, dan jenis iklan online yang lain sesuai kebutuhan dengan beragam space yang disediakan iWEB. Saat ini beriklan melalui media online menjadi salah satu pilihan yang populer untuk menunjang upaya promosi dan branding perusahaan. Dengan terus meningkatnya pengguna internet di Indonesia yang juga memberikan indikasi yang kuat terhadap efektifitas penggunaan media online sebagai sarana beriklan, menjadikan i-WEB sebagai pilihan yang tepat dan efisien. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang menyatakan bahwa sebagian besar perusahaan memilih media promosi online dibandingkan dengan media cetak dikarenakan promosi online telah terbukti lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan prospek penjualan. II. Ruang Lingkup Produk Layanan i-WEB memiliki jangkauan yang sangat Luas, tidak hanya pasar dalam negeri tetapi juga pasar Internasional. Terutama pengakses website kami adalah investor, baik institusi, perorangan maupun perusahaan sekuritas. Isi (content) dari produk i-WEB ini dapat disesuaikan dan diseleksi oleh pengguna sendiri, sesuai dengan kebutuhan.

III. Keuntungan Beriklan di i-WEB Keunggulan Produk ini adalah sebagai berikut: 1. Menjangkau Target Konsumen & Jangkauan Konsumen Lebih Banyak Beriklan online sangat tepat untuk pengiklanan yang menargetkan konsumen menengah keatas. Hal ini dikarenakan karakteristik pengguna Internet, pada umumnya adalah: 1. Dapat mengunakan komputer dan akses internet 2. Dari kalangan intelektual (minimal pelajar dan mahasiswa) 3. Memiliki kemampuan belanja yang cukup tinggi 2. Efisiensi Promosi Iklan online merupakan gabungan iklan dari media televisi maupun media cetak. Dengan beriklan online berarti kita telah menggunakan keunggulan keduanya. Dengan demikian kita akan menghemat waktu, tenaga maupun ruang. Disamping itu IMQ LKBN ANTARA merupakan unit bisnis strategis dari PerumLKBN ANTARA, sehingga i-WEB akan memiliki kekuatan yang menarik sebagai media promosi. 3. Tampilan Iklan lebih Menarik, Update Dan Selalu Tersedia Selain Tampilan Iklan yang menarik, Iklan online juga tersedia selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, tercepat di dalam menjangkau konsumen dibandingkan harus melihat Koran secara fisik atau menunggu penampilan di televisi.

4. Jangkauan Lokal dan Internasional Iklan dapat ditempatkan lintas Negara dan wilayah, yang memungkinkan promosi anda menembus pasar global. Hal ini juga penting karena karakteristik portal-portal di Indonesia rata-rata memiliki 40% pengakses dari luar negeri, yang diperkirakan juga adalah orang Indonesia yang bermukim di luar negeri. 5. Mendapatkan umpan balik dari konsumen Ini merupakan salah satu keuntungan beriklan online yang tidak dapat ditandingi dengan cara beriklan lainnya. Konsumen yang tertarik dengan iklan dapat dilacak dan dihitung, tingkah laku konsumen dan dapat dianalisa, sehingga anda biasa mendapat masukan yang lebih akurat daripada sekedar asumsi hasil sebuah iklan. 6. Cost Saving. Iklan website jauh lebih murah jika dibandingkan dengan iklan di TV atau koran.

Gambar Tampilan i-WEB
1. Homepage

2. New Detail

3. Cover/ Flay out Ads

Informasi Tampilan i-WEB
LAYANAN BERIKLAN PADA i-WEB Tipe Banner : Nama Across Simple Cover Deskripsi Ditampilkan pada setiap halaman Ditampilkan pada satu halaman/kategori tertentu, seperti Market, News, Detail, etc. Ditampilkan pada halaman muka, dan secara otomatis akan tertutup sendiri dalam hitungan waktu tertentu atau dapat pula ditutup sendiri oleh pengguna. Posisi Top, Bottom Side, Top, Middle, Bottom Flyout

Posisi Banner: Nama Top Middle Bottom Side Flyout Ukuran Banner: Nama 1 Column 1.5 Column 2 Column 3 Column Special-1 Special-2 Deskripsi 300 x 50, 300 x 75, 300 x 200, 300 x 250 475 x 50, 475 x 75 625 x 50, 625 x 75 960 x 50, 960 x 75 600 x 75 900 x 550 Posisi (-) (-) (-) (-) Bersebelahan dengan logo website Covering Deskripsi Pada bagian atas halaman website Pada bagian tengah halaman website Pada bagian bawah halaman website Pada bagian sebelah kiri atau kan halaman website Pada bagian keseluruhan halaman website Posisi Special-1, 3 Column 1 Column, 1.5 Column, 2 Column 3 Column 1 Column Special-2

Spesifikasi Teknis Beriklan di i-WEB
Ketentuan produk/ jasa yang diiklankan di i-WEB 1. Format file - File animasi dalam format SWF (15 fps), ukuran file yang dianjurkan ± dibawah 50kb. - File statis berupa gambar (.gif, .png, atau .jpg), ukuran file yang dianjurkan ± dibawah 20kb. - Format file (dapat disesuaikan sesuai pesanan) 2. Pemasang iklan menyediakan file banner iklan sesuai resolusi yang ditentukan (dapat disesuaikan sesuai pesanan) 3. Apabila belum memiliki desain banner iklan, tim kreatif i-WEB akan membantu membuatkan desain banner sesuai dengan spesifikasi i-WEB. 4. Konten iklan tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, kekerasan, dan hal-hal yang melanggar hukum atau bertentangan dengan term of use i-WEB.

TOP Advertisement
Penelitian source forrester research, inc ,(Association Of National Advertisers) mengenai Persentase promosi iklan tahun 2010, sebagai berikut:

Bisa dilihat bahwa Web Advertising sangat efektif sebagai sarana promosi. Terbukti pada diagram di atas bahwa target beriklan menggunakan media online pada tahun 2010 mencapai 73%, sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan media online sebagai pilihan berpromosi merupakan pilihan yang tepat.

Produk & Harga
Rinciannya meliputi :

NO

SPACE CODE 1C 1C 1C 1C 1.5 C 1.5 C 2C 2C 3C

Size (PIXEL) 300 X 50 300 X 75 300 X 200 300 X 250 475 X 50 475 X 75 625 X 50 625 X 75 960 X 50

POSITION (Supported
Size)

Rate/ 1 Mounth Rp1,500,000

Rate/ 3 Mounth

Rate/ 6 Mounth

Rate/ year

1 2 3 4 5 6 7 8 9

Rp4,500,000 Rp5,250,000 Rp9,750,000 Rp10,500,000 Rp6,000,000 Rp6,750,000 Rp8,250,000 Rp9,000,000 Rp12,000,000

Rp9,000,000 Rp10,500,000 Rp19,500,000 Rp21,000,000 Rp12,000,000 Rp13,500,000 Rp16,500,000 Rp18,000,000 Rp24,000,000

Rp18,000,000 Rp21,000,000 Rp39,000,000 Rp42,000,000 Rp24,000,000 Rp27,000,000 Rp33,000,000 Rp36,000,000 Rp48,000,000

Middle (left/right)

Rp1,750,000 Rp3,250,000 Rp3,500,000

Middle Middle Middle Middle TOP/ BOTTOM TOP/ BOTTOM TOP FLYOUT

Rp2,000,000 Rp2,250,000 Rp2,750,000 Rp3,000,000 Rp4,000,000

10 27 28

3C ATS-1 ATS-2

960 X 75 600 X 75 900 X 550

Rp4,500,000 Rp7,000,000 Rp5,000,000

Rp13,500,000 Rp21,000,000 Rp15,000,000

Rp27,000,000 Rp42,000,000 Rp30,000,000

Rp54,000,000 Rp84,000,000 Rp60,000,000

Keterangan :
Harga diatas belum termasuk PPN 10%.

Penutup
Produk Layanan i-WEB ini merupakan salah satu alternatif solusi Iklan yang efektif. Produk ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengusaha maupun bagi masyarakat umum. Hormat kami, IMQ – LKBN ANTARA

HEMPI N. PRAJUDI CEO

Contact Us
IMQ – LKBN ANTARA Wisma Antara, Lantai 7 Jl. Merdeka Selatan No. 17,Jakarta 10110 Telp. : 021 386 5323 Fax. : 021 386 5327 www.IMQ.co.id www.IMQ21.com

Contact Person : Aris Prasetyo Business development Email: aris@imq21.com, Phone: +62 21 3865323 Mobile : 085780045148 Fax: +62 21 3865327

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful