Magnesium (Mg) Magnesium adalah kation nomor dua paling banyak setelah natrium didalam cairan intraseluler.

Magnesium di dalam alam merupakan bagian dari klorofil daun. Peranan magnesium dalam tumbuh tumbuhan sama dengan peranan zat besi dalam ikatan hemoglobin dalam darah pada manusia, yaitu untuk pernafasan. Magnesium terlibat dalam berbagai proses metabolisme. Kurang lebih 60% dari 20-28 mg magnesium di dalam tubuh terdapat di dalam tulang dan gigi, 26% di dalam otot, dan selebihnya di dalam jaringan lunak lainnya serta cairan tubuh. Konsentrasi magnesium rata-rata di dalam plasma sebanyak 0,75-1 mmol /L (1,5-2,1mPq/L). Konsentrasi ini dipertahankan tubuh pada nilai yang kobanyanstan pada orang sehat. Magnesium didalam tulang lebih merupakan cadangan yang siap dikeluarkan bila bagian lain dalam tubuh membutuhkan. Fungsi Magnesium Magnesium memegang peranan penting dalam lebih dari 300 jenis sistem enzim didalam tubuh. Magnesium bertindak dalam semua sel jaringan lunak sebagai katalisator dalam reaksi-reaksi biologik termasuk reaksi yang berkaitan dengan metabolisme energi, karbohidrat, lipida, protein dan asam nukleat serta dalam sintesis, degradasi, dan stabilitas bahn gen DNA. Sebagian besar reaksi ini terjadi dalam mitokondria sel. Di dalam cairan sel ekstraseluler magnesium berperan dalam transmisi saraf, kontraksi otot dan pembekuan darah . Dalam hal ini peranan magnesium berlawanan dengan kalsium. Kalsium merangsang kontraksi otot, sedangkan magnesium mengenorkan otot. Kalsium mendorong penggumpalan darah sedangkan magnesium mencegah. Kalsium menyebabkan ketegangan saraf, sedangkan magnesium melemaskan saraf. Magnesium mencegah kerusakan gigi dengan cara menahan kalsium di dalam email gigi. Absorpsi Magnesium Magnesium terutama diabsorpsi di dalam usus halus, kemungkinan dengan bantuan dari alat angkut aktif dan secara difusi pasif. Pada konsumsi magnesium yang tinggi hanya sebanyak 30% magnesium diabsorpsi, sedangkan pada konsumsi rendah sebanyak 60%. Bila kalsium dama makanan turun, absorpsi magnesium meningkat. Didalam darah sebagian besar magnesium terdapat dalam bentuk ion bebas, atau dalam bentuk molekul kompleks hingga molekul kecil. Keseimbangan magnesium di dalam tubuh terjadi melalui penyesuaian ekskresi magnesium melalui urin. Ekskresi magnesium menigkat oleh hormon tiroid, asidosis, aldosteron, serta kekurangan fosfor dan kalsium. Ekskresi magnesium menurun karena pengaruh kalsitonin, glukagon, dan PTH terhadap resorpsi tubula ginjal. Demikian pula pada hiperkalsemia dan hipermagnesemia. Karena cairan lambung banyak mengandung magnesium. Muntah belebihan menyebabkan kekurangan magnesium dalam jumlah besar. Faktor-faktor yang mempengaruhi Absorpsi Magnesium Semakin tinggi kebutuhan dan semakin rendah persediaan magnesium dalam tubuh semaki efisien n absorpsi magnesium dalam tubuh. Peningkatan kebutuhan terjadi pada pertumbuhan, kehamilan, menyusui, defisiensi magnesium dan tingkat aktivitas fisik yang meningkatkan densitas tulang.

Akibat kekurangan Magnesium Kekurangan magnesium jarang terjadi karena makanan. lambung. klor akan membentuk ion klor yang bermuatan negatif (Cl-) Absorpsi dan Ekskresi Klor Klor hampir seluruhnya diabsorpsi di dalam usus dan diekskresikan melalui urin dan keringat. Penyakit yang menyebabkan muntah-muntah. mudah tersinggung. juga merupakan sumber magnesium yang baik. gugup. Penyerapan akan meningkat bila magnesium yang dikonsumsi menurun. Kelebihan magnesium biasanya terjadi pada penyakit gagal ginjal. gangguan sistem saraf pusat. terlalu lama mendapat makanantidak melalui mulut (intavena). Daging. susu. Konsentrasi klor tertinggi adalah dalan cairan serebrospinal (otak dan sumsum tulang belakang). Klor merupkan 0. serealia tumbuk. diare. Akibat kelebihan Magnesium Akibat kelebihan magnesium belum diketahui dengan pasti. . endokrin. Produk-produk Fortifikasi magnesium Klor (Cl) Klor merupakan anion utama cairan ekstraseluler. kejang/tetanus. Sumber Sumber utama magnesium adalah sayuran hijau. Kekurangan magnesium bisa terjadi pada kekurangan protein dan energi serta sebagai komplikasi penyakit-penyakit yang menyebabkan gangguan absorpsi dan atau penrunan fungsi ginjal. Bila bereaksi dengan natrium atau hidrogen. halusinasi. klor berperan dalam memelihara keseimbangan cairan dan elektrolit. 15% berat badan.Jumlah magnesium yang dikonsumsi mempengaruhi absorpsi magnesium. Kehilangan klor mengikuti kehilangan natrium. koma dan gagal jantung. dan hasilnya serta cokelat. biji-bijian dan kacang-kacangan. Kebanyakan keringat dihalangi oleh aldosteron yang secara langsung berpengaruh terhadap kelenjar keringat. Fungsi Klor Sebagai anion utama dalam cairan ekstraseluler. Klor akan bergerak secara bebas melintasi membran sel dan berasosiasi dengan natrium atau kalium. penggunaan diuretika (perangsang pengeluaran urin) juga dapat menyebabkan kekurangan dalam pertumbuhan. dan pankreas.

Absorpsi dan ekskresi Kalium . kalium terdapat di dalam sel. kalium berfungsi sebagai katalisator dalam banyak reaksi biologik. Diduga klor mengatur sistem renin-angiostensinaldosteron yang mengatur keseimbangan cairan tubuh. Di dalam sel. Perbandingan natrium dan kalium di dalam cairan intraseluler adalah 1:10. ASI mengandung lebih banyak klorida daripada susu sapi. Sebagian besar klor diperoleh dari makanan olahan yang diberi garam dapur. Sumber Klor Klor terdapat bersamaan dengan natrium di dalam garam dapur. Suasana asam ini diperlukan untuk memelihara suasana asam di dalam lambung. Kalium berperan dalam pertumbuhan sel. Suasana asam ini di[erlukan untuk bekerjanya enzim enzim pencernaan. Bersama unsur-unsur pembentuk asam lainnya seperti fosfor dan sulfur. hal mana mengganggu keseimbangan asam basa di dalam tubuh. akan tetapi berbeda dengan natrium. Taraf kalium dalam otot berhubungan dengan masa otot dan simp anan glikogen. kalium berperan dalam transmisi saraf dan relaksasi otot.Di dalam lambung klor merupakan bagian dari asam lambung. Tekanan darah normal memerlukan perbandingan antara natrium dan kalium yang sesuai di dalam tubuh. Kalium (K) Seperti halnya natrium. sedangkan di dalam cairan ekstraseluler 28:1. oleh karena itu bila otot berada dalam pembentukkan diperlukan kalium dalam jumlah cukup. Fungsi Kalium Bersama natrium. Kekurangan klor dapat terjadi pada muntah-muntah. Kekurangan hanya bisa terjadi oleh kesalahan manusia. Bersama kalsium. dan keringat berlebihan. kalium memegang peranan dalam pemeliharaan keseimbangan cairan dan elektrolit serta keseimbangan asam basa. Ion klor dengan mudah dapat keluar dari tubuh. kalium merupakan ion bermuatan positif. akan terjadi kekurangan klor yang dapat membawa kematian. Pada muntah-muntah banyak asam kloridadikeluarkan dari lambung. Beberapa sayuran dan buah -buahan merupakan sumber klor. diare kronis. Akibat kekungan Klor Dalam keadaan normal kekurangan klor jarang sekali terjadi. Bila klorida tidak ditambahkan dalam pembuatan formula bayi. Sebanyak 95% kalium tubuh berada di dalam cairan ekstraseluler. terutama dalam metabolisme energi dan sintesis glikogen dan protein. sebagai anion klor membantu pemeliharaan asam basa.

Kandungan Kalium beberapa bahan makanan Bahan Makanan Beras giling Singkong Kentang Kacang tanah Kacang merah Kacang hijau Kacang kedelai Jambu monyet. Kebanyakan kehilangan melalui ginjal adalah karena penggunaan obat-obat diuretik terutama untuk pengobatan hipertensi. Jantung akan berdebar detaknya dan menurunkan kemampuannya untuk memompa darah. kehilangan nafsu makan. Akibat Kekurangan kalium Kekurangan kalium karena makanan jarang terjadi. Sumber utama adalah makanan mentah/ segar. Kalium dikeluarkan dalam bentuk ion dengan menggantikkan ion natrium melalui mekanisme pertukaran di dalam tubula ginjal. mengigau. dan konstipasi. Taraf kalium normal darah dipelihara olah ginjal melalui kemampuannya menyaring. Sebanyak 80-90% kalium yang dimakan diekskresikan melalui urin. Kehilangan banyak melalui saluran cerna dapat terjadi karena muntah -muntah. Kelebihan kalium juga dapat terjadi bila ada gangguan fungsi ginjal. Dokter sering memberikan suplemen kalium bersamaan dengan obat-obatan ini. terutama buah. Hiperkalemia akut dapat menyebabkan gagal jantung yang berakibat kematian. Sumber kalium Kalium terdapat di semua makanan berasal dari tumbuh-tumbuhan dan hewan. biji Kelapa Apokat Pisang mg 241 394 396 421 1151 1132 1504 420 555 278 435 Bahan Makanan Pepaya Mangga Durian Anggur Jeruk manis Nenas Semangka Selada Bayam Tomat Wortel mg 221 214 601 111 162 125 102 254 461 235 245 . Kekurangan kalium menyebabkan lemah.Kalium diabsorbsi dengan mudah dalam usus halus. selebihnya dikeluarkan melaui feses dan sedikit melalui keringat dan cairan lambung. Akibat kelebihan Kalium Kelebihan kalium akut dapat terjadi bila konsumsi melalui saluran cerna (enternal) atau tidak melalui saluran cerna (paternal) melebihi 12. kelumpuhan. mebabsorpsi kembali dan mengeluarkan kelium di bawah pengaruh aldosteron. sayuran dan kacang -kacangan.0 g/m2 permukaan tubuh sehari (18 g untuk orang dewasa) tanpa diimbangi olah kenaikan ekskresi. Kekurangan kalium dapat terjadi karena kebanyakan kehilangan melalui saluran cerna atau ginjal. sepanjang seseorang cukup makan sayuran dan buah segar. lesu. diare kronis atau kebanyakan menggunakan laksan (obat pencuci perut).