P. 1
Bab 12 Konsep Leverage

Bab 12 Konsep Leverage

|Views: 582|Likes:
Published by Nadia S. Wijaya

More info:

Published by: Nadia S. Wijaya on May 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/24/2013

pdf

text

original

BAB 12 KONSEP LEVERAGE

Leverage dapat ditentukan oleh penggunaan modal atau biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membayar biaya tetap atau pengembalian tetap. Biaya tetap atau pengembalian mungkin sebagai titik pengungkit. Ketika pendapatan lebih sedikit dari biaya-biaya variabel atau laba sebelum bunga dan pajak melebihi biaya tetap atau pengembalian tetap, hasil keseimbangannya akan menguntungkan atau positif. Ketika perusahaan tidak mengetahuinya, hasilnya adalah keseimbangan yang tidak menguntungkan. Dalam bab ini, kita akan membahas tentang prinsip-prinsip solvabilitas operasional dan keuangan, baik secara terpisah dan bersamasama. Hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam pembahasan solvabilitas operasional adalah hanya dalam kontrak,secara eksplisitnya yaitu biaya keseluruhan dengan solvabilitas. Dalam bab selanjutnya kita kita akan membahas secara implicit tentang biaya keseluruhan dengan leverage keuangan. 1. Operasi Leverage Operasi leverage terjadi setiap waktu dalam perusahaan dimana tingkat biaya tetapnya kurang baik. Dalam jangka yang panjang, tentunya semua biaya tersebut akan berubah-ubah. Oleh karena itu, analisis kita memerlukan jangka pendek. Kita menggunakan modal dengan biaya tetap yang diharapkan akan menghasilkan pendapatan yang lebih dari cukup untuk mmenutup seluruh biaya tetap dan biaya variable. Salah satu contoh operasi leverage adalah dalam industri penerbangan, dimana sebagian besar dari total biaya adalah tetap. Diluar factor beban yang impas (tidak untung/rugi), setiap penumpang tambahan mewakili keuntungan yang sebenarnya terhadap penerbangannya. 2. Analisis Break Even Untuk mengilustrasikan analisis break even, sebagai sebuah perusahaan yang memproduksi sebuah mesin uji coba yang berkualitas yang dijual seharga 50 dollar per unit. Perusahaan memiliki biaya tetap tahunan sebesar 100.000 dollar dan biaya variable sebesar 25 dollar per unit dari jumlah penjualan. Kami berharap untuk mempelajari hubungan antara total biaya dan total pendapatan. Salah satu cara untuk melakukannya ditampilkan pada break even 1

Tabel 12-1 menunjukkan keuntungan untuk berbagai tingkat volume. Untuk penurunan biaya tetap dari 100. Kita melihat bahwa break even point berkurang dari 4000 unit menjadi 2500 unit sebagai hasil dari kenaikan harga. Penurunan Biaya Tetap. tidak termasuk bunga dan pendapatan lainnya dan beban. Gambar 12-3 mengilustrasikan kasus ini. dan. diwakili oleh daerah berbaris.000 dolar untuk 50. biaya variabel. dan volume. Biaya tetap yang harus pulih dari dollar penjualan setelah dikurangi biaya variabel menentukan volume yang diperlukan untuk mencapai titik impas. tentu saja. The break even point diturunkan untuk 2 . break even point berkurang lebih jauh. Kenaikan Harga. Break even point yang sekarang adalah 2. biaya variabel ditambah biaya tetap sama dengan total pendapatan: F + V(X) = P(X) Keterangan : F = biaya tetap V = biaya variable per unit X = banyaknya output ( dalam unit ) P = harga per unit Untuk setiap kenaikan tambahan volume di atas break even point.000 dolar untuk semua tingkat volume. Perpotongan garis total biaya dengan garis total pendapatan merupakan titik impas.000 unit. Gambar 12-2 menunjukkan perubahan untuk peningkatan harga dari 50 dolar sampai 65 dolar per unit. dengan 50 dolar asli harga per unit. biaya tetap. kami maksud laba usaha sebelum pajak. yang menggambarkan hubungan antara keuntungan.chart pada Gambar 12-1. dengan volume turun di bawah break even point. Kita melihat bahwa semakin dekat volume ke break even point. dan total keuntungan meningkat sebesar 50. terjadi peningkatan kerugian. Pada titik impas. Penurunan Biaya Variabel. Demikian juga. Gambar 12-4 menunjukkan perubahan bila variabel biaya per unit diturunkan dari 25 dolar sampai 20 dolar. Dalam Gambar 12-1.000 dolllar. Akhirnya. break even point ini adalah 4000 unit output. keuntungan adalah 15 dolar per unit yang lebih besar untuk setiap tingkat volume. ada kenaikan profit diwakili oleh daerah yang diarsir dalam gambar. semakin besar perubahan persentase laba dalam hubungannya dengan perubahan persentase volume. Dengan keuntungan.

Salah satu asumsi dari metode ini adalah bahwa ada harga tetap dan biaya variabel per unit. Meskipun sejumlah keterbatasan yang kita akan mengambil lama. banyak biaya sesuai dengan kategorisasi yang jelas karena mereka sebagian tetap dan sebagian variabel. Keterbatasan ini harus diakui dan metode yang dimodifikasi jika ingin memberikan hasil yang berarti. namun kisaran ini dibatasi oleh kapasitas fisik langsung dari perusahaan.333 unit. 3. Dalam banyak kasus. Mengingat perkiraan ab break even point. kami mengasumsikan bahwa biaya diklasifikasikan sebagai biaya tetap tidak berubah selama rentang seluruh volume. Pengetahuan stabilitas ini penting untuk manajer keuangan dalam menentukan kemampuan perusahaan untuk membayar hutang. Kolom terakhir tabel menunjukkan hubungan antara laba dan volume suara jika ketiga perubahan terjadi secara bersamaan. meningkatkan output dapat mengakibatkan penurunan harga pasar. kurang efisien tenaga kerja atau mahal membantu lembur mungkin harus digunakan. Selain itu. volume penjualan perusahaan mamy mempengaruhi harga pasar dari produk. dan keuntungan adalah 5 dollar lebih per unit output. Keterbatasan Meskipun analisis break even tampaknya cukup sederhana dalam konsep dan kesederhanaan ini adalah salah satu kebijakan yang-efektivitas terbatas dalam beberapa cara. Dalam prakteknya. misalnya. Biaya tersebut dikenal sebagai biaya semivariabel.3. Misalnya. Sebuah perusahaan baja dapat memiliki tanaman margnal sia-sia yang dapat dimasukkan ke dalam operasi jika dibutuhkan output tambahan. manajemen dapat membandingkan fluktuasi volume masa depan yang diharapkan dengan titik ini untuk memastikan stabilitas keuntungan. terlepas dari volume. tetapi menempatkan tanaman menjadi operasi mungkin akan meningkatkan biaya tetap. Kesulitan lain dengan analisis titik break even adalah klasifikasi biaya yang tetap atau variabel. Jika kisaran volume dianggap termasuk tanaman ini. Selain itu. Tabel 12-2 merangkum keuntungan bagi berbagai tingkat volume bawah alternatif dikutip. analisis break even manajemen memberikan banyak informasi yang baik mengenai resiko operasi dan bisnis perusahaan. biaya variabel cenderung meningkat karena perusahaan pendekatan kapasitas penuh. biaya tetap tidak akan konstan tetapi akan meningkat secara fungsi step 3 . Analisis seperti ini penting juga saat ia berencana akuisisi aset yang akan membutuhkan tambahan biaya tetap.

mungkin tidak ada preseden sejarah. Untuk kebanyakan situasi. LEVERAGE KEUANGAN Leverage keuangan. dan 2. (2) hutang semua. Perhitungan Laba Per Saham Untuk menggambarkan analisis leverage. Dalam rangka untuk menentukan break EBIT bahkan. melibatkan penggunaan dana yang diperoleh dengan biaya tetap dengan harapan meningkatkan kembali ke pemegang saham biasa. misalkan Cherokee Perusahaan Ban dengan kapitalisasi jangka panjang 10 juta dolar. istirahat bahkan analysisis relevan untuk volume sampai saat itu. kita mulai dengan menghitung laba per saham untuk beberapa 4 . dinilai dalam hal dampaknya terhadap laba per saham kepada pemegang saham biasa. hubungan ini tidak mungkin sangat stabil sepanjang waktu. Akibatnya. Leverage yang tidak menguntungkan atau negatif terjadi ketika perusahaan tidak memperoleh sebanyak biaya dana. atau "diperdagangkan pada ekuitas" seperti yang disebut.000 dolar. tarif pajak penghasilan federal pajak 50 persen. sebagaimana didefinisikan sebelumnya. pada 9 bunga persen. ingin menaikkan lagi 5 juta dolar untuk ekspansi melalui salah satu dari tiga rencana pendanaan yang mungkin. Saham biasa dapat dijual pada 50 dolar per saham dalam opsi pembiayaan 1 atau 100. bagaimanapun. Leverage menguntungkan atau positif adalah dikatakan terjadi ketika perusahaan dapat lebih atas aset yang dibeli dengan dana dari biaya tetap penggunaannya.000 lembar saham tambahan saham. 5.400. Namun. Kami tertarik dalam menentukan hubungan antara laba per saham dan laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) di bawah berbagai alternatif pembiayaan dan titik ketidakpedulian antara alternative. atau (3) semua saham Preffered dengan Dividen 7 persen.000 saham yang beredar saat ini. penting untuk menunjukkan bahwa kita tidak mempertimbangkan biaya kesempatan yang terkait dengan utang dalam bab ini namun di akhirat. leverage keuangan. Perusahaan dapat membiayai dengan: (1) semua saham biasa. Informasi masukan untuk break even analisis biasanya didasarkan pada hubungan historis. Untuk purposesin kami bab ini. Untuk perubahan volume ekstrim. kapasitas fisik baru harus dibangun jika volume yang akan meningkat di luar beberapa titik kritis.pada titik volume di mana pabrik itu akan dibuka kembali. Sekali lagi. terdiri seluruhnya dari saham biasa. 4. poin antara berbagai alternatif pembiayaan. atau ketidakpedulian. Hadir laba tahunan sebelum bunga suatu pajak 1.

Untuk alternatif saham biasa. Mengingat. Sekali lagi.38 dolar. Misalkan kita ingin tahu apa laba bersih per saham akan berada di bawah tiga rencana pembiayaan jika EBIT adalah 2 juta dolar.tingkat hipotetis EBIT. Yang pertama adalah EPS dihitung untuk beberapa tingkat hipotetis EBIT. Kami hanya plot ini laba per saham pada 2 juta tanda dalam EBIT.88 dolar dan 3. laba bersih per saham (EPS). satu tingkat sebagus berikutnya.29. Untuk menggambarkan. Tingkat leverage keuangan pada tingkat tertentu EBIT hanyalah perubahan persentase laba per saham sehubungan dengan apercentage perubahan EBIT. Untuk alternatif utang. atau sekitar 64. kita harus menarik garis lurus untuk mencerminkan EPS untuk semua tingkat kemungkinan EBIT. umum. kita dapat membangun grafik bahkan mirip dengan apa yang kita lakukan untuk operasi leverage.25 dolar untuk utang. kita perlu 700. dan saham preferen alternatif pembiayaan. 50 persen. Untuk melakukannya. tidak ada biaya tetap. 6. kita perlu dua titik acuan untuk setiap alternatif. Saat ini persentase kenaikan diambil alih persentase kenaikan EBIT.88 dolar untuk 6. Titik datum kedua hanyalah EBIT yang diperlukan untuk menutup semua biaya keuangan tetap untuk sebuah rencana pembiayaan tertentu. kita lihat dalam Tabel 12-3 bahwa laba per saham 3. 3. Kenaikan 1 juta dolar akan meningkatkan laba per saham dari 3. Untuk 2 juta dolar di EBIT. sehingga mencegat pada sumbu horizontal adalah nol. kita harus membagi total dividen tahunan oleh minus satu tarif pajak dalam rangka untuk memperoleh EBIT yang diperlukan untuk menutupi dividen.33 dolar. dan diplot pada sumbu horisontal. kita menarik garis lurus melalui dua set poin.000 dolar dalam EBIT untuk menutupi 350. Adalah penting untuk menyadari bahwa tidak masalah yang tingkat hipotetis EBIT kita memilih untuk menghitung EPS. perpotongan sumbu horisontal dan laba per saham untuk beberapa tingkat hipotetis EBIT. 5 . kira EBIT adalah 2 juta dolar dalam contoh kita.000 dolar dalam dividen saham yang dipilih.4 persen. Pada sumbu horisontal kita plot laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) dan pada sumbu vertikal. Jadi. dengan asumsi tarif pajak 50 persen. dividen disukai dikurangi setelah pajak. sehingga dibutuhkan lebih banyak dalam laba sebelum pajak untuk menutupi mereka daripada yang dilakukannya untuk menutup bunga. Dengan asumsi kertas grafik yang baik. tingkat leverage keuangan yang ditemukan 1. Impas atau analisis Ketidakpedulian Mengingat informasi dalam Tabel 12-3. Untuk setiap alternatif pembiayaan.

Oleh karena itu. saham jumlah saham biasa yang beredar adalah 10.F. penggunaan informasi ini dianggap dalam konteks keseluruhan menentukan struktur modal yang memadai. dan F adalah tetap biaya. efek dari perubahan pendapatan pada laba bersih per saham diperbesar. (Rumus) 6 .000 dalam bunga utang sebesar 8 persen.000 lembar saham dan bahwa kita ingin menentukan tingkat gabungan leverage sebesar 8. dengan itu untuk tingkat leverage keuangan.Melalui analisis EBIT-EPS. Ingat bahwa harga jual $ 50 unit. Persamaan. Persamaan.000 unit output. Persamaan. kami memperoleh (Rumus) Kita melihat bahwa jumlah biaya keuangan tetap. di mana X adalah unit output. Asumsikan bahwa tarif pajak adalah 50 persen. P adalah harga per unit. V adalah biaya variabel per unit. Untuk mengetahui pengaruh perubahan dalam unit output pada pendapatan per saham. (12-4) dapat dinyatakan sebagai (Rumus) Menggabungkan persamaan dengan bahwa untuk tingkat leverage operasi. PENGARUH GABUNGAN DUA JENIS LEVERAGE Ketika leverage keuangan dikombinasikan dengan operasi leverage. (12-4).000. Pada saat itu. Misalkan contoh kita hipotetis perusahaan digunakan untuk menggambarkan operating leverage memiliki $ 200. Kombinasi dari dua meningkatkan dispersi dan risiko yang mungkin laba per saham. biaya variabel $ 25 unit. 7. (12-3). Presentasi dalam bab ini telah dikhususkan terutama untuk pembangunan grafik untuk menyediakan alat-alat lain untuk analisis leverage keuangan. C. Persamaan. Dalam bab 13. (12-3). meningkatkan derajat leverageover gabungan apa yang akan terjadi dengan operasi leverage saja. Karena EBIT hanya X (PV) . kita dapat mengevaluasi berbagai rencana pembiayaan atau derajat leverage keuangan sehubungan dengan pengaruh mereka terhadap laba per saham. biaya implisit maupun eksplisit akan dipertimbangkan. kami menggabungkan persamaan untuk tingkat leverage operasi. dan biaya tetap per tahun adalah $ 100.

Dengan memvariasikan faktor-faktor ini. Kita bisa mempelajari leverage operasi perusahaan dengan menggunakan istirahat bahkan graph. memperoleh understandingof lebih baik risiko operasional perusahaan. RINGKASAN Leverage operasi dapat didefinisikan sebagai employment aset dengan biaya tetap dengan harapan bahwa pendapatan yang cukup akan dihasilkan untuk menutup semua biaya tetap dan variabel. 3. Dapatkah konsep operating leverage dianalisis secara kualitatif? Apakah merupakan kuantitatif konsep? Jelaskan.This grafik memungkinkan kita untuk menganalisis hubungan antara laba. 5. Definisikan tentang operasi hitung leverage.Jadi. 10 persen peningkatan jumlah unit yang diproduksi dan dijual akan menghasilkan peningkatan 23. Kita melihat maka efek relatif dari penambahan leverage keuangan di atas operasi leverage. Mengapa perusahaan memilih alternatif pendanaan yang tidak memaksimalkan EPS? 7 . Kisaran grafik produktif (EPS-EBIT) menunjukkan bahwa semakin tinggi rasio utang. dengan demikian. 4. volume biaya variabel. manajemen dapat menentukan sensitivitas profitsand. Pertanyaan 1. keterbatasan tertentu untuk efektivitasnya harus diakui. semakin tinggi laba per saham dari setiap tingkat EBIT di atas dalam titik ketidakpedulian. Dapatkah konsep financial leverage dianalisis secara kualitatif? Jelaskan. Definisikan tentang konsep financial leverage. Diskusikan persamaan dan perbedaan antara financial leverage dan operating leverage. dan harga. Sedangkan impas analisis adalah sebuah alat yang sangat berguna.00 untuk operasi leverage saja. Laba bersih per saham pada dua tingkat output adalah: (Rumus) Tingkat leverage ini dikombinasikan dibandingkan dengan 2. 2. 6. 8.7 persen laba per saham.

8 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->