Nama Kelas

: Rahmat H. : 3 TKJ A

No. Absen : 27

Konfigurasi Frame-Relay pada Topologi Jaringan Rumah Zakat

Tanggal : 2 Mei 2011 Pemateri : Bpk Rudi Ibu Netti Diagnosa WAN

1. TUJUAN
    Siswa dapat memahami implementasi frame relay di lapangan (topologi real) Siswa mengerti bagaimana scenario frame relay di lapangan Siswa dapat mengkonfigurasi frame-relay Siswa dapat memahami bagaimana dlci bekerja dalam protocol frame relay

2. PENDAHULUAN
Frame Relay adalah protokol WAN (Word Area Network) yang menggunakan teknologi paket switching dimana frame relay ini beropasi pada lapisan fisik dan lapisan data link pada model OSI layer. Frame Relay adalah protokol WAN yang beroperasi pada layer pertama dan kedua dari model OSI, dan dapat diimplementasikan pada beberapa jenis interface jaringan. Frame relay adalah teknologi komunikasi berkecepatan tinggi yang telah digunakan pada ribuan jaringan di seluruh dunia untuk menghubungkan LAN, SNA, Internet dan bahkan aplikasi suara/voice. Frame relay bekerja diantara peralatan DTE dan DCE mempergunakan Permanent Virtual Circuit (PVC), yaitu sluran virtual yang dibuat secara manual menjadikan hubungan permanent antara pengirim (DTE) dan penerima (DCE). Sebagai tanda pengenal saluran virtual tersebut digunakan Data Link Connection Identifiers (DLCI) yang berfungsi memetakan suatu nomor DLCI dengan IP address yang dipakai. Nomor pengenal DLCI yang dapat dipakai adalah 16 sampai 1007. Nomor pengenal DLCI ini hanya berlaku lokal tidak berlaku secara global. Oleh sebab itu, nomor DLCI yang sama dapat dipakai oleh jaringan lokal yang berlainan. Virtual Circuit (VC) Suatu jaringan frame relay sering digambarkan sebagai awan frame relay (frame relay cloud), karena jaringan frame relay network bukan terdiri dari satu koneksi fisik antara “endpoint” dengan lainnya, melainkan jalur/path logika yang telah didefinisikan dalam jaringan. Jalur ini didasarkan pada konsep virtual circuit (VC). VC adalah dua-arah (two-way), jalur data yang didefinisikan secara software antara dua port yang membentuk saluran khusur (private line) untuk pertukaran informasi dalam jaringan.Terdapat dua tipe virtual circuit (VC):

 

Switched Virtual Circuit (SVC) Permanent Virtual Circuit (PVC)

Switched Virtual Circuit (SVC) Switched Virtual Circuits (SVC), adalah koneksi sementara yang digunakan ketika terjadi transfer data antar perangkat DTE melewati jaringan Frame Relay. Terdapat empat status pada sebuah SVC:

Empat status pada SVC : 1. 2. 3. 4. Call setup Data transfer Idling Call termination

Permanent Virtual Circuit (PVC)

PVC adalah jalur/path tetap, oleh karena itu tidak dibentuk berdasarkan permintaan atau berdasarkan “call-by-call”. Walaupun jalur aktual melalui jaringan berdasarkan variasi waktu ke waktu (TDM) tetapi “circuit” dari awal ke tujuan tidak akan berubah. PVC adalah koneksi permanen terus menerus seperti “dedicated point-to-point circuit”.

Perbandingan PVC vs SVC

PVC lebih populer karena menyediakan alternatif yang lebih murah dibandingkan “leased line”. Berbeda dengan SVC, PVC tidak pernah putus (disconnect), oleh karena itu, tidak pernah terdapat status “call setup” dan “termination”. Hanya terdapat 2 status :
 

Data transfer Idling Format Frame “Frame Relay” Struktur Frame

Dalam sebuah frame Frame Relay, paket data user tidak berubah, Frame Relay menambahkan header dua-byte pada paket. Struktur frame adalah sebagai berikut:

 

Flags - menandakan awal dan akhir sebuah frame Address - terdiri dari DCLI (data link connection identifier), Extended Address (EA), C/R, dan “Congestion control information”
   

DLCI Value - menunjukkan nilai dari “data link connection identifier”. Terdiri dari 10 bit pertama dari “Address field”/alamat. Extended Address (EA) - menunjukkan panjang dari “Address field”, yang panjangnya 2 bytes. C/R - Bit yang mengikuti byte DLCI dalam “Address field”. Bit C/R tidak didefinisikan saat ini. Congestion Control - Tiga bit yang mengontrol mekanisme pemberitahuan antrian (congestion) Frame Relay.

 

Data - terdiri dari data ter-encapsulasi dari “upper layer” yang panjangnya bervariasi. FCS - (Frame Check Sequence) terdiri dari informasi untuk meyakinkan keutuhan frame.

3. ALAT DAN BAHAN
   1 unit PC Software Boson Netsim Topologi real Source : Topologi jaringan Rumah Zakat, Jl. turangga 25C Bandung 40263

4. LANGKAH KERJA
a) Gambar Toplogi Jaringan Rumah Zakat

b) Buatlah topologi tersebut menggunakan software Boson, seperti gambar dibawah ini:

Skenerio : Ke Rkantorpusat Rjayapura Rbalikpapan Rmedan DLCI 32 DLCI 33 DLCI 34 Ip Address Ip Address Ip Address 30.30.30.1/24 30.30.30.1/24 30.30.30.1/24

Soal

Rkantorpusat

Rjayapura Dari Rbalikpapan

Rmedan

DLCI 41 DLCI 43 DLCI 44 Ip Address Ip Address Ip Address 30.30.30.2/24 30.30.30.2/24 30.30.30.2/24 DLCI 51 DLCI 52 DLCI 54 Ip Address Ip Address Ip Address 30.30.30.3/24 30.30.30.3/24 30.30.30.3/24 DLCI 61 DLCI 62 DLCI 63 Ip Address Ip Address Ip Address 30.30.30.4/24 30.30.30.4/24 30.30.30.4/24

c) Setting cloud frame-relay sepeti skenario diatas, seperti gambar dibawah ini:

d) Konfigurasikan setiap router menggunakan perintah frame-relay, seperti gambar dibawah ini: Konfigurasi Router Kantor Pusat

Konfigurasi Router Jayapura

Konfigurasi Router Balikpapan

Konfigurasi Router Medan

5. HASIL KERJA
Hasil uji koneksi (ping) dari Router Kantor pusat ke Router Jayapura, seperti gambar dibawah ini:

Hasil uji koneksi (ping) dari Router Kantor pusat ke Router Balikpapan, seperti gambar dibawah ini:

Hasil uji koneksi (ping) dari Router Kantor pusat ke Router Medan, seperti gambar dibawah ini:

6. KESIMPULAN
Dengan melakukan praktek ini kita mengerti dan memahami bagaimana implementasi frame relay pada topologi real,karena jangan lupa bahawa frame relay membagi informasi menjadi frame atau paket.Satu hal yang harus kita ingat adalah bagaimana kita melakukan addressing pada dlci di topologi frame relay ini dimana disini kami engimplementasikannya pada topologi rumah zakat bandung.DLCI Value - menunjukkan nilai dari “data link connection
identifier”. Untuk layer 2 addresing FR memanfaatkan DATA Link Control Interface (DLCI). DLCI merupakan penomoran untuk VC. DLCI bersifat local significan artinya dalam satu VC, nomor DLCI harus unik.Range nomor DLCI: 0-1023,yang useable: 16-1007.