P. 1
Pengaruh Web promosi “Aqua it’s in me” Terhadap Branding Produk Aqua pada mahasiswa IT Telkom, IM Telkom dan Poltek Telkom

Pengaruh Web promosi “Aqua it’s in me” Terhadap Branding Produk Aqua pada mahasiswa IT Telkom, IM Telkom dan Poltek Telkom

|Views: 530|Likes:

More info:

Published by: Rusyda Millati Hakim on May 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/12/2014

pdf

text

original

Pengaruh Web promosi Aqua it s in me Terhadap Branding Produk Aqua pada mahasiswa IT Telkom, IM Telkom dan Poltek Telkom

Nama Kelompok : Rusyda Millati Hakim-108300034 Araz Agung Pagusai-108300048 Gema Ganeswara-108300059 Rian Rachmat-108300077 Desain Komunikasi Visual 2011

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Aqua merupakan Brand Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) terbesar di Indonesia. Aqua diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi. Perusahaan ini kemudian diakuisisi oleh Danone pada tahun 1998. Penjualan ini bertujuan untuk meningkatkan persaingan karena pasar AMDK telah memiliki banyak kompetitor baru. Pada awal berdirinya, tahun 1978, Aqua memproduksi kemasan dalam kaca sama seperti Polaris di Thailand. Produksi AMDK oleh Aqua sendiri karena ingin menghadirkan minuman dalam kemasan yang dapat dibawa pergi oleh ekspatriat. Penggunaan bahan baku Aqua awalnya merupakan sumur bor di kawasan Bekasi. Namun, kemudian menggunakan mata air pegunungan. Hal ini disebabkan karena menurut penelitian mata air dari pegunungan memiliki banyak kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh. Kebutuhan mineral ini coba untuk diangkat untuk mempromosikan produk Aqua. Setelah mendapatkan Best Brand pada millennium baru, Aqua mulai melakukan promosi yang lebih menimbulkan kesan tentang kehidupan sehat. Namun, beberapa kali Aqua mendapat protes dari masyarakat di sekitar pabrik Aqua karena tidak mendapatkan air bersih akibat kegiatan produksi Aqua. Selain itu pada tahun-tahun ini, Aqua mengeluarkan produk Mizone untuk menggantikan Aqua Splash of Fruit yang kurang laku dipasaran. Produk Mizone ini sendiri kemudian cukup mendapatkan respon yang baik di masyarakat.

Kemudian Aqua mengeluarkan kampanye 1 liter untuk 10 liter untuk menguatkan brand Aqua yang peduli terhadap masyarakat. Dilanjutkan dengan kampanye pemiliharan lingkungan dan penelitian terhadapap air yang Aqua gunakan. Setelah kegiatan promosi yang hanya menggunakan media konvensional seperti TV, Billboard, dan koran, Aqua mengeluarkan promosi dalam bentuk website yang bersifat interaktif. Nama programnya adalah Aqua it s in me. Walaupun, media perkenalan iklan untuk program ini adalah iklan TV, media internet menjadi media utama untuk menguatkan brand Aqua di kepala para konsumennya. Aqua memberikan pengalaman kepada pengunjung websitenya untuk merasakan sensani berjalanjalan di sebuah kota yang sehat. Pemberian pengalaman ini kepada para konsumen ini bertujuan untuk mengingatkan konsumen tentang manfaat meminum Aqua. Dalam hal ini memasuki tahap reminding produk ini sudah masuk pada fase maturity. Aqua menggunakan metode yang disebut Brand Activation. Brand Activation adalah suatu cara yang memberikan pengalaman kepada konsumen untuk menguatkan suatu brand atau memberikan suatu citra suatu produk. Selain itu, brand activation bukan hanya alat promosi namun juga suatu metode yang untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas produk. Penggunaan metode Brand Activation pada produk Aqua untuk mem-branding produk dan menggaet konsumen baru yang berusia lebih muda dan mengetahui teknologi informasi. Oleh karena itu, penulis mengangakat Brand Activation Aqua it s in me sebagai penelitian saat ini.

1.2 Pertanyaan penelitian Dari latar belakang di atas dapat dibuat pertnyaan penelitian sebagai berikut :

1. bagaimana promosi Aqua it s in me terhadap mahasisiwa IT Telkom, IM Telkom dan Poltek Telkom? 2. bagaimana branding produk Aqua terhadap mahasiswa IT Telkom, IM Telkom dan Poltek Telkom? 3. Bagaimana hubungan promosi Aqua It s In me terhadap branding produk Aqua pada mahasiswa IT Telkom, IM Telkom dan Poltek Telkom? 1.3 Tujuan penelitian Dari pertanyaan penelitian di atas dapat dibuat tujuan penelitian : 1. Pengaruh promosi Aqua it s in me terhadapa mahasiswa IT Telkom, IM Telkom, dan Poltek Telkom. 2. Pengaruh branding Aqua terhadap mahasiswa IT Telkom, IM Telkom, dan Poltek Telkom. 3. Hubungan promosi Aqua it s in me terhadap branding produk Aqua pada mahasiswa IT Telkom, IM Telkom dan Poltek Telkom.

1.4 Batasan penelitian Penelitian ini hanya dilakukan pada mahasiswa IT Telkom, IM Telkom dan Poltek Telkom. Selain itu bahasan hanya dibatasi pada branding dan brand activation. 1.5 Sistematika penelitian BAB I Pendaluan 1.1 Latar Belakang Latar belakang berisi tentang alasan penulisan proposal penelitian ini. 1.2 Pertanyaan Penelitian Pertanyaan penelitian ini berisi tentang pertanyaan yang berhubungan dengan penelitian ini. 1.3 Tujuan Penelitian Tujuan penelitian berisi jawaban terhadap pertanyaan penelitian ini. 1.4 Batasan Penelitian Batasan penelitian berisi tentang batasan wilayah dan teori dari penelitian ini. 1.5 Sistematika Penelitian Sistematika berisi susunan dari penelitian ini. Bab II Landasan Teori 2.1 Teori Teori berisi teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini. 2.2 Kerangka Teori

Kerangka teori adalah kerangka dasar dalam menetapkan suatu teori penelitian.

Bab III Metodelogi Penelitian 3.1 Jenis Penelitian/Riset Menetukan jenis penelitaan ini. Apakah bersifat kualitatif atau kuantitatif. 3.2 Operasionalisasi Riset Operasionalisasi riset berhubungan dengan operasionalisasi teori dan pertanyaan penilitinaan yang akan muncul. 3.3 Populasi dan Sample Populasi dan sample berhubungan dengan lokasi dan sample yang akan diambil dari penelitian ini. 3.4 Teknik Pengumpulan data Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dari penelitian ini. 3.5 Uji Validitas Data Uji validitas dilakukan untuk mengetahui valid tidaknya suatu data.

BAB II LANDASAN TEORI

2.1 Teori Penelitian ini akan menggunakan teori yang dianggap relevan yaitu teori INTERACTIVE ADVERTISING, CREATIVE STRATEGY, dan CONCEPT OF BRANDING.

2.1.1 Teori Interactive Advertising Iklan interaktif adalah iklan yang dibuat agar konsumen bisa turut memberikan respon dan tanggapan terhadap suatau iklan. Dengan demikian sang konsumen akan merasa sebagai salah satu bagian dari iklan. Dari buku ADVERTISING Priciples and Effective IMC Practice, halaman 21, Interactive advertising is deleivered to individual consumers who have access to computer and the internet. Sehingga untuk menyampaikan suatu iklan interaktif dibutuhkan koneksi internet dan komputer. Konsumen dapat langsung menolak atau melanjutkan untuk melihat informasi lebih lanjut di dalam web site tersebut. Iklan Aqua it s in me pun menggunakan media internet dan komputer untuk menyampaikan informasi. Sedangakan iklan televisi hanya digunakan untuk menyampaikan informasi tentang keberadaan halaman web site tersebut.

2.1.2 Teori Concept of Branding Branding adalah proses untuk menciptakan sebuah arti khusus tentang suatu sebuah produk. Hal ini didasarkan pada pengalaman seseorang menggunakan produk tersebut. Dengan demikian proses ini akan terbentuk suatu kesan bagi konsumen baik nama maupun kelebihan produk. Sebagai contoh adalah produk air minum dalam kemasan. Kebanyakan masyarakat Indonesia akan menyebut brand Aqua saat membeli produk walaupun produk yang akan dibeli bukan produk aqua. Ini menunjukkan bahwa brand aqua sudah tertanam di dalam pikiran masyarakat Indonesia sebagai produk air minum dalam kemasan. Pada contoh lain tentang kelebihan produk adalah Volvo, pada saat konsumen mendengarkan produk Volvo, konsumen akan membayangkan sebuah mobil dengan tingkat keamanan yang tinggi dan terbaik di kelasnya. Hal ini didasarkan pada pengalaman konsumen mobil Volvo sendiri. Dengan terbentuknya kesan ini akan muncul Brand Equity yaitu arti yang memberikan keuntungan finansial bagi perusahaan. Produk Aqua sendir memerlukan sebuah strategi branding dengan sebutan it s in me untuk memunculkan kesan sebagai produk minuman yang penting untuk kesahatan.

2.1.3 Teori Creative Strategy Strategi kreatif adalah suatu usaha untuk menciptakan suatu kampanye yang bersifat kreatif dan menghibur untuk konsumen. Strategi kreatif adalah poin penting dalam pembuatan suatu iklan karena menyebabkan perbedaan dan originalitas suatu iklan. Penciptaan pembeda ini akan membuat konsumen makin tertarik pada suatu kampanye iklan produk. Selain itu originalitas akan menciptakan suatu trend baru dapat pembuataun suatu iklan.

Pada kasus aqua it s in me strategi kreatif yang digunakan adalah untuk menciptakan Behavior pada konsumennya. Behavior ini ditujukan agar konsumen ikut berpartisipasi pada produk ini baik langsung maupun dan tak langung dengan tujuan untuk membeli kembali produk Aqua.

2.2 Kerangka Teori Tujuan pembuatan kerangka teori adalah untuk membatasi pembahasan bahasan yang ada di atas. Pembuatannya dengan membagi dalam beberapa variable : y Variable bebas (X) Variable bebas adalah variable yang muncul untuk mempengaruhi variable terikat. Variable yang masuk dalam hal ini adalah website Aqua it s in Me y Variable terikat (Y) Variable terikat adalah variable yang dipengaruhi atau ditentukan oleh variale bebas. Dalam hal ini adalah brand activation produk Aqua.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

3.1 Jenis Penelitian Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berdasarkan pada data dan teori yang telah ada. Pada dasarnya penelitian ini digunakan untuk mengetahui suatu fenomena pada kegiatan pemasaran. Penelitian ini bersifat kausal yang menghubungkan dua macam hal untuk mengatahui pengaruhnya satu sama lain. Dalam penelitian ini biasanya terdapat dua variable yang akan saling mempengaruhi. Variable pertama adalah variable bebas yang muncul untuk mengetahui variable terikat dan variable terikat yang dipengaruhi variable bebas. 3.2 Operasionalisasi Penelitian
Variable bebas dari iklan Aqua it s in me adalah konsumen yang telah melihat halaman web site Aqua it s in me. Dengan demikan dapat dilihat tentang : a. Interactive Advertising mengetahui tentang interaktifitas dari iklan Aqua it s in me kepada konsumennya. Dengan demikian dapat dinilai melalui tampilan website dan kemudahaan penggunaan website tersebut b. Creative Strategy adalah suatu usaha kreaif untuk mempengaruhi konsumen. Dari sini dapat dinilai dengan mengetahui keinginan konsumen untuk menggunakan produk Aqua. Variable terikat adalah variable yang dipengaruhi oleh variable bebas. Pada dasarnya ini dapat dilihat pada Concept Banding. Branding yang tercipta pada produk Aqua akan memberikan nilai pada variable terikat. Hal ini dilihat dari kesan yang tercipta pada benak konsumen.

3.3 Populasi dan Sample 3.3.1 Populasi Populasi adalah keseluruhan objek yang berada pada suatu lokasi pada satu waktu. Populasi dibatasi oleh lingkungan geografis. Pada penelitian kali ini populasi yang diambil adalah mahasiswa IM Telkom, IT Telkom, dan Politeknik Telkom. Populasi yang diambil oleh peneliti dikarenakan keterbatasan waktu dan dana sehingga diperlukan populasi yang kecil untuk melakukan penelitian. 3.3.2 Sample Sample adalah sebagian dari populasi yang diambil untuk mengetahui keinginan dari keseluruhan populasi. Sample tidak akan keluar dari batasan geografis yang telah ditentukan dalam halm ini adalah IT Telkom, IM Telkom, dan Poltek Telkom. Sample yang kali ini diambil adalah tiga puluh orang untuk menguji validitas data yang ada di dalam penelitian. 3.4 Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah random sampling. Random sampling adalah teknik mengumpulkan data dengan cara acak. Cara ini hanya dibatasi oleh lingkungan geografis. Teknik ini dilakukan karena keterbatasan waktu penulis dalam mengumpulkan datadata dari responden. Data-data yang tersaji di dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan langsung penulis dari lapangan atau lokasi riset.

3.5 Uji Validitas Data
Item-Total Statistics \ Scale Mean if Item Deleted 33.3333 33.6000 33.6333 33.8000 34.0000 32.9667 33.4000 33.3667 35.4000 33.4000 Scale Variance if Item Deleted 8.437 6.869 7.757 9.476 7.931 9.757 7.559 8.309 9.766 9.214 Corrected Item-Total Correlation .352 .568 .647 .077 .387 .010 .499 .360 -.100 .095 Squared Multiple Correlation .381 .640 .695 .365 .463 .309 .460 .510 .154 .297 Cronbach's Alpha if Item Deleted .548 .470 .488 .604 .534 .613 .503 .544 .683 .606

VAR00001 VAR00002 VAR00003 VAR00004 VAR00005 VAR00006 VAR00007 VAR00008 VAR00009 VAR00010

Reli bility t ti ti

Cronbach's Alpha .592

Cronbach's Alpha Based on Standardized Items .607

Item Statistics VAR00001 VAR00002 VAR00003 VAR00004 VAR00005 VAR00006 VAR00007 VAR00008 VAR00009 VAR00010 Mean 4.1000 3.8333 3.8000 3.6333 3.4333 4.4667 4.0333 4.0667 2.0333 4.0333 Std. Deviation .60743 .83391 .55086 .55605 .72793 .50742 .71840 .63968 .92786 .66868

Summar Item Statistics \ Mean 3.743 Minimum 2.033 Maximum / Minimum 2.197

Item Means

¦

Maximum 4.467

Range 2.433

Variance .441

¤

¢£ ¢   ¡
N of Items 10 30 30 30 30 30 30 30 30 30 30
of Items 10

 

¥

Item-Total Statistics Scale Variance if Item Deleted 8.437 6.869 7.757 9.476 7.931 9.757 7.559 8.309 9.766 9.214 Corrected Item-Total Correlation .352 .568 .647 .077 .387 .010 .499 .360 -.100 .095 Squared Multiple Correlation .381 .640 .695 .365 .463 .309 .460 .510 .154 .297 Cronbach's Alpha if Item Deleted .548 .470 .488 .604 .534 .613 .503 .544 .683 .606

Scale Mean if Item Deleted VAR00001 VAR00002 VAR00003 VAR00004 VAR00005 VAR00006 VAR00007 VAR00008 VAR00009 VAR00010 33.3333 33.6000 33.6333 33.8000 34.0000 32.9667 33.4000 33.3667 35.4000 33.4000

Scale Statistics

Inter-Item Correlation Matrix

1.000 .442 .474 .010 .289 .179 .150 .248 -.067 -.178

.442 1.000 .601 -.136 .350 .190 .470 .151 .052 .196

.474 .601 1.000 .090 .396 -.025 .453 .528 .081 -.075

.010 -.136 .090 1.000 .406 -.350 .204 .071 .025 -.059

§

Mean 37.4333

Variance 10.047

Std. Deviation 3.16972

of Items 10

.289 .350 .396 .406 1.000 -.193 .367 .084 -.175 .182

.179 .190 -.025 -.350 -.193 1.000 -.044 .220 -.034 .054

.150 .470 .453 .204 .367 -.044 1.000 .370 -.157 .285

.248 .151 .528 .071 .084 .220 .370 1.000 -.062 .075

-.067 .052 .081 .025 -.175 -.034 -.157 -.062 1.000

-.178 .196 -.075 -.059 .182 .054 .285 .075 -.113

LAMPIRAN
Kuisioner 1. Tampilan halaman web Aqua it s in me menarik a. Sangat Setuju b. Setuju c. Ragu-ragu d. Tidak Setuju d.STS

2. Halaman website Aqua it s in me mudah diakses a. Sangat Setuju b. Setuju c. Ragu-ragu d. Tidak Setuju d.STS

3. Website Aqua it s in me memiliki fitur yang mudah digunakan a. Sangat Setuju b. Setuju c. Ragu-ragu d. Tidak Setuju d.STS

4. Website ini layak untuk dikunjungi berkali-kali a. Sangat Setuju b. Setuju c. Ragu-ragu d. Tidak Setuju d.STS

5. Website ini dapat dibuka untuk waktu yang lama a. Sangat Setuju b. Setuju c. Ragu-ragu d. Tidak Setuju d.STS

6. Nuansa biru pada website ini memberikan kesan tentang Aqua a. Sangat Setuju b. Setuju c. Ragu-ragu d. Tidak Setuju d.STS

7. Iklan ini membuat tertarik untuk membeli kembali produk Aqua a. Sangat Setuju b. Setuju c. Ragu-ragu d. Tidak Setuju d.STS

8. Setelah melihat iklan Aqua it s in me,saya tertarik untuk hidup sehat a. Sangat Setuju b. Setuju c. Ragu-ragu d. Tidak Setuju d.STS

9. Aqua hanya digunakan sebagai minuman sehari-hari a. Sangat Setuju b. Setuju c. Ragu-ragu d. Tidak Setuju d.STS

10. Aqua mengandung unsur-unsur yang baik untuk kesehatan a. Sangat Setuju b. Setuju c. Ragu-ragu d. Tidak Setuju d.STS

Tabel Kuisioner

no 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30

1
4 2 4 5 5 5 4 4 4 4 4 3 4 4 5 4 4 4 4 4 4 5 4 4 4 4 4 5 4 4

2
2 2 4 4 4 4 4 5 4 4 4 4 4 2 5 3 4 4 4 2 4 4 4 4 4 4 5 5 4 4

3
3 3 4 4 4 4 4 4 4 3 3 4 4 3 5 3 4 4 4 4 4 4 4 4 3 4 4 5 4 3

4
4 4 4 4 4 4 4 3 3 3 4 4 4 3 4 4 4 4 2 4 3 3 4 4 4 3 3 4 4 3

pertanyaan 5 6
4 2 3 3 4 4 4 4 3 2 4 4 3 2 4 3 3 4 2 4 4 3 4 4 3 3 4 4 4 4 4 4 5 4 5 4 5 5 5 5 4 4 5 5 4 5 4 4 4 4 4 5 4 4 4 5 5 5 4 5

7
4 4 5 4 4 5 5 4 4 4 3 4 4 2 5 4 3 5 4 3 5 3 4 4 4 4 4 5 4 4

8
4 4 4 4 4 5 5 4 4 3 2 4 5 4 5 4 4 3 4 4 4 4 4 4 4 5 4 5 4 4

9
2 2 1 2 2 1 1 1 4 3 2 4 2 2 2 2 3 1 2 2 2 2 1 3 3 1 2 4 1 1

10
4 4 4 3 4 5 5 5 4 5 4 5 3 4 4 4 3 3 4 3 4 3 5 4 4 4 4 4 5 4

DAFTAR PUSTAKA Wells, Wiliam; Moriarty Sandra; Burnett, John; dan Lwin, May. 2007. ADVERTISING : Principles and Effective IMC Practice. Singapore : PEARSON Education WEBSITE http:// www.aqua.com/it s in me http:// www.aqua.com :

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->