You are on page 1of 19

Praktikum Kosmetologi Pasta Gigi

Kelompok III : Abu Dzarrin Al Ghifari --- Akhmad Ismail Febrina Kartika Chrisanti --- Heni Maielasari Chadidjah Rahman --- Hana Pertiwi C Farmasi VI B

juga mendapat pahala. Salah satu syarat gosok gigi efektif. tentu dengan menggunakan pasta gigi.Alasan pembuatan pasta gigi  Mulut dan gigi mutlak bersih dan segar. Selain menjadikannya sehat dan kuat. Menggosok gigi teratur merupakan kebiasaan yang harus dijalani untuk menjaga kebersihan gigi. penampilan pun semakin pede. . Apalagi kalau pekerjaan membersihkan gigi dan mulut itu diniatkan untuk ibadah. Selain memperoleh sehat dan bersih.

Karena kadar keasaman mulut. fosfat.Pada tulang dan gigi terdapat kristal apatit yang mengandung kalsium. dan hidroksil. magnesium. email (lapisan keras dan bersinar yang menjaga gigi) akan cepat larut. Ion hidroksil bermuatan negatif dan mudah larut. maka rongga mulut menjadi asam. Misalnya. jika kita makan. .

yang terjadi karena kotoran (sisa makanan) yangmenempel pada gigi. Kuman-kuman tersebut masuk lapisan dentin. makanan yang tersisa di dalam mulut membusuk dan kuman-kumanpun mulai menggerogoti email. menjalar ke syaraf gigi sehingga menimbulkan rasa sakit.Gigi berlubang disebabkan oleh plak. Ketika email perlahan runtuh. maka gigi pun menjadi berlubang. dan ditumbuhi kuman. . Lama kelamaan gigi menjadi mati dan busuk sehingga terjadi pembengkakan. Dalam beberapa menit.

Struktur & Susunan Gigi .

umumnya tidak begitu berlemak.Pengertian Pasta Gigi  Pasta gigi adalah suatu bentuk sediaan pembersih yang berupa massa lembek. bagian terbesar terdiri dari padatan. .

Tujuan penggunaan pasta gigi     Memperkuat gigi Membantu mencegah proses pembusukan gigi menjadi semakin parah Membuat nafas menjadi segar Pemeliharaan gigi secara estetika (memutihkan gigi) .

kalsium karbonat. Bahan abrasi (silika. SLS) 3.Tiga unsur pokok dalam pasta gigi 1. Rasa segar (biasanya mint) . Efek detergen (fluoride. alumina) 2.

Efek detergen (Flouride. .1. pemberian flouride pada anak-anak sebaiknya tidak dilakukan. Sodium Lauril Sulfat) Flouride akan melapisi struktur gigi agar lebih tahan terhadap proses pembusukan dan memperlancar proses remineralisasi. dapat memberikan kesegaran di mulut. keracunan fluoride yang berakibat gigi rapuh dan mudah berlobang. Kalau sampai tertelan bisa menimbulkan efek sebaliknya. Namun. Karena itu. dosis dari fluoride ini sangat terbatas. 2. Bahan abrasif Fungsinya untuk membersihkan permukaan gigi. Rasa segar Rasa segar-umumnya rasa papermint. 3. Unsur kimia yang terdapat pada flouride ketika bersenyawa dengan email gigi mengakibatkan email bertambah keras.

025 0.Formula Pasta Gigi (50 g) R/ Kalsium karbonat Gliserin Propilenglikol Tragacanth Sakarin (garam Na) Paraffin cair Natrium lauril sulfat Propyl paraben Menthol Oleum menthae Air 20 15 2.5 0.6 0.5 0.6 0.8 .4% qs 10.1% 0.

pembasah Pengawet anti mikroba Pewangi Flavouring agent Pelarut .Nama bahan Kalsium karbonat Gliserin Propilenglikol Tragacanth Sakarin (garam Na) Paraffin cair Natrium laurilsulfat Propyl paraben Oleum menthae Menthol Air Fungsi Bahan abrasif Pelarut. humektan Viscosifying agent Suspending agent Pemanis Emolient Detergent.

Sakarin dan natrium lauril sulfat dilarutkan dalam air. ditambahkan ke dalam campuran M1. diaduk terus hingga homogen. Propyl paraben dilarutkan dalam propylenglikol. diaduk terus hingga menjadi massa homogen. 2. . ditambahkan kedalam M1. Ditambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk terus menerus hingga terjadi lendiran (M1) Kalsium karbonat diayak dan digerus. 3.Cara pembuatan 1. Tragakan dibasahi dengan gliserin secukupnya. ditambahkan gliserin secukupnya. diaduk hingga menjadi massa homogen. 4. ditambahkan kedalam campuran M1. lalu diaduk homogen.

lalu tambahkan ke dalam M1. Oleum menthae ditambahkan secukupnya. lalu diaduk homogen. 8. 9.5. 7. Dimasukkan ke dalam wadah. Parafin cair ditambahkan ke dalam campuran M1. Menthol dilarutkan dalam gliserin secukupnya. Pasta dibiarkan selama 24 jam. 6. pasta akan menjadi lebih kental. .

Contoh proses pembuatan pasta gigi secara sederhana .

hendaknya dihindarkan terjadinya busa. Dalam hal terdapat detergen. . Perhatian pada saat pembuatan Pengadukan dan pencampuran harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi pengaruh udara pada massa.

Massa pasta harus homogen Bebas gumpalan Wadah dan penyimpanan  Tube dan dalam wadah tertutup rapat. 2. .Persyaratan pasta 1.

3. 5. 2. 4.Evaluasi pasta gigi 1. Pengamatan organoleptis Daya busa/daya bersih pasta gigi Viskositas Uji pH Uji mikrobiologi .

Cara menggosok gigi yang baik .