RANGKUMAN FISIKA SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

NAMA : DERIVEN S.TEWENG KELAS : X-7

SMAN 2 PALANGKA RAYA

SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

1

PEMBAHASAN Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat walau tidak ada medium. yang dibedakan berdasarkan frekuensi atau panjang gelombangnya. Karena kecepatan energi elektromagnetik adalah konstan (kecepatan cahaya). Semakin tinggi level energi dalam suatu sumber energi. Tetapi spektrum gelombang elektromagnetik masih terdiri dari berbagai jenis gelombang lainnya. karakteristik khusus masing-masing gelombang elektromagnetik di dalam spectrum dan contoh dan penerapan masing-masing gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang dengan beberapa karakter yang bisa diukur. sehingga kedua medan memiliki harga maksimum dan minimum pada saat yang sama dan pada tempat yang sama. Frekuensi adalah jumlah gelombang yang melalui suatu titik dalam satu satuan waktu. Perubahan medan listrik dan medan magnetik terjadi pada saat yang bersamaan. Frekuensi tergantung dari kecepatan merambatnya gelombang. PENDAHULUAN Kemajuan teknologi saat ini semakin meningkat berikut dalam penggunaan gelombang elekromagnetik dalam kehidupan sehari-hari. frekuensi. atau dilepaskan. yaitu: panjang gelombang/wavelength. Perbedaan karakteristik energi gelombang digunakan untuk mengelompokkan energi elektromagnetik. panjang gelombang dan frekuensi berbanding terbalik. kecepatan. Untuk itu disini kita akan mempelajari tentang rentang spektrum gelombang elektromagnetik. dan semakin tinggi frekuensinya.GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK I. sedangkan panjang gelombang adalah jarak antara dua puncak. Seperti apakah gelombang elektromagnetik. Contoh lain adalah gelombang radio. salah satu contohnya adalah sinar matahari. oleh semua masa di alam semesta pada level yang berbedabeda. II. semakin rendah frekuensinya. amplitude/amplitude. SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK 2 . Semakin panjang suatu gelombang. apa contoh gelombang elektromagnetik itu? Gelombang elektromagnetik sebenarnya selalu ada disekitar kita. semakin rendah panjang gelombang dari energi yang dihasilkan. Amplitudo adalah tinggi gelombang. dan semakin pendek suatu gelombang semakin tinggi frekuensinya. Ciri-ciri gelombang elektromagnetik : Dari uraian tersebut diatas dapat disimpulkan beberapa ciri gelombang elektromagnetik adalah sebagai berikut: 1. Energi elektromagnetik dipancarkan. gelombang ini tidak memerlukan medium perantara dalam perambatannya.

Juga mengalami peristiwa polarisasi karena termasuk gelombang transversal. 3.2. Beberapa teori-teori yang mendukung pendapat Al Hasan diantaranya adalah : SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK 3 . Teori ini akhirnya dapat diterima oleh orang banyak sampai sekarang ini. Pendapat James Clerk Maxwell menunjukkan bahwa gelombang elektromagnetik lain. HAKIKAT GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK Pada pertengahan abad ke sepuluh seorang ilmuwan Mesir di Iskandaria yang bernama Al Hasan (965-1038) mengemukakan pendapat bahwa mata dapat melihat benda-benda di sekeliling karena adanya cahaya yang dipancarkan atau dipantulkan oleh benda-benda yang bersangkutan masuk ke dalam mata. sinar infra. Seperti halnya gelombang pada umumnya. berbeda dengan cahaya yang tampak oleh mata dalam dia punya panjang gelombang dan frekuensi. Cepat rambat gelombang elektromagnetik hanya bergantung pada sifat-sifat listrik dan magnetik medium yang ditempuhnya. Dari ciri no 2 diperoleh bahwa gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal. 4. gelombang elektromagnetik mengalami peristiwa pemantulan. Semuanya bisa dipelajari lewat hasil pemikiran Maxwell. 5. Kini. dan difraksi. pembiasan. interferensi. Arah medan listrik dan medan magnetik saling tegak lurus dan keduanya tegak lurus terhadap arah rambat gelombang. sinar ultraviolet adalah contoh-contoh dari radiasi elektromagnetik. sinar X. Cahaya yang tampak oleh mata bukan semata jenis yang memungkinkan radiasi elektromagnetik. Beberapa tahun kemudian Guglielmo Marconi memperagakan bahwa gelombang yang tak terlihat mata itu dapat digunakan buat komunikasi tanpa kawat sehingga menjelmalah apa yang namanya radio itu. TEORI YANG MENDASARI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK A. sinar gamma. kita gunakan juga buat televisi. bisa saja ada. yang sanggup menghasilkan dan menemui kedua gelombang yang tampak oleh mata yang diramalkan oleh Maxwell itu. Kesimpulan teoritis ini secara mengagumkan diperkuat oleh Heinrich Hertz.

maka manusia akan mendapat kesan melihat benda tersebut. Teo i Gelo b n "  !  Menurut Ch isti n uy ens (1629-1695 se rang ilmuwan berkebangsaan Belanda. Teo i lekt o ' & netik 1 Percobaan James Clerk Maxwell (1831 . ataupundifraksi cahaya dapat dijelaskan secara tepat. Pada teori Huygens ini peristiwa pemantulan. Percobaan seorang ilmuwan berkebangsaan Belanda. Teo i ¨££   ¦ isi t u Teo i ¤  £   £ £ ¡   ti el 4 .1879 seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris (Scotlandia) menyatakan bahwa cepat rambat gelombang elektromagnetik sama dengan cepat rambat cahaya yaitu 3×108 m/s. pembiasan. oleh karena itu Maxwell berkesimpulan bahwa cahaya merupakan gelombang elektromagneti .1894) yang membuktikan bahwa gelombang elektromagnetik merupakan gelombang tranversal. Bila partikel partikel ini mengenai mata. Perbedaan cahaya dan bunyi hanya terletak pada panjang gelombang dan frekuensinya. Peter Zeeman (1852 . Heinrich Rudolph Hertz (1857 .    % $ © § 2. Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa cahaya dapat menunjukkan gejala polarisasi. 3. k Kesimpulan Maxwell ini di dukung oleh : Seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman.1943) yang menyatakan bahwa medan magnet yang sangat kuat dapat berpengaruh terhadap berkas cahaya. interferensi. SPEK R EL ELEK R E IK ¥   ( & 0) # ¢ 1. namun dalam teori Huygens ada kesulitan dalam penjelasan tentang sifat cahaya yang merambat lurus. bahwa cahaya pada dasarnya sama dengan bunyi dan berupa gelombang. Pada teori ini Huygens menganggap bahwa setiap titik pada sebuah muka gelombang dapat dianggap sebagai sebuah sumber gelombang yang baru dan arah muka gelombang ini selalu tegak lurus tehadap muka gelombang yang bersangkutan.i s Newton (1642-1727 me ilmuwan be ebangsaan Inggris yang mengemukakan pendapat bahwa dari sumber cahaya dipancarkan partikel -partikel yang sangat kecil dan ringan ke segala arah dengan kecepatan yang sangat besar.

seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman yang mengungkapkan bahwa medan listrik yang sangat kuat dapat mempengaruhi berkas cahaya. 2. Teori Kuantum Teori kuantum pertama kali dicetuskan pada tahun 1900 oleh seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman yang bernama Max Karl Ernst Ludwig Planck (1858 . Fotolistrik adalah peristiwa terlepasnya elektron dari suatu logam yang disinari dengan panjang gelombang tertentu. Karena foton tidak bermassa sedangkan partikel pada teori Newton memiliki massa Pernyataan Planck ternyata mendapat dukungan dengan adanya percobaan Albert Einstein pada tahun 1905 yang berhasil menerangkan gejala fotolistrik dengan menggunakan teori Planck. Hukum Coulomb mengemukakan : Muatan listrik statik dapat menghasilkan medan listrik. 4. GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK Beberapa kaidah tentang kemagnetan dan kelistrikan yang mendukung perkembangan konsep gelombang elektromagnetik antara lain: 1.1957). 2 SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK 5 .Percobaan Stark (1874 .1947). besarnya kecepatan elektron yang terlepas dari logam ternyata tidak bergantung pada besarnya intensitas cahaya yang digunakan untuk menyinari logam tersebut. Akibatnya percobaan Einstein justru bertentangan dengan pernyataan Huygens dengan teori gelombangnya. Sedangkan menurut teori gelombang seharusnya energi kinetik elektron bergantung pada intensitas cahaya. . Dalam percobaannya Planck mengamati sifat-sifat termodinamika radiasi benda-benda hitam hingga ia berkesimpulan bahwa energi cahaya terkumpul dalam paket-paket energi yang disebut kuanta atau foton. B. Akan tetapi dalam teori ini paket-paket energi atau partikel penyusun cahaya yang dimaksud berbeda dengan partikel yang dikemukakan oleh Newton . Hukum Biot & Savart mengemukakan : Aliran muatan listrik (arus listrik) dapat menghasilkan medan magnet .Pada efek fotolistrik. 3. Kemudian dari seluruh teori-teori cahaya yang muncul dapat disimpulkan bahwa cahaya mempunyai sifat dual (dualisme cahaya) yaitu cahaya dapat bersifat sebagai gelombang untuk menjelaskan peristiwa interferensi dan difraksi tetapi di lain pihak cahaya dapat berupa materi tak bermassa yang berisikan paket-paket energi yang disebut kuanta atau foton sehingga dapat menjelaskan peristiwa efek fotolistrik. Hukum Farada mengemukakan : Perubahan medan magnet dapat menghasilkan medan listrik . Dan pada tahun 1901 Planck mempublikasikan teori kuantum cahaya yang menyatakan bahwa cahaya terdiri dari peket-paket energi yang disebut kuanta atau foton.

Perambatan medan listrik dan medan magnet inilah yang disebut sebagai gelombang elektromagnetik. 6 63 5 35 43 7 7 35 Kebenaran hipotesa Maxwell ini pada akhirnya dibuktikan oleh Heinrich Hertz melalui eksperimennya. maka dan agn dapa Maxwell mengajukan suatu hipotesa baru : Jika p ubahan nimbu kan medan istrik maka perubahan medan listrik juga harus dapat menimbulkan medan magnet Hipotesa ini dikenal dengan sifat simetri medan listrik dengan medan magnet. Antena pemancar dan penerima yang ada saat ini menggunakan prinsip seperti ini. positif dan negatif yang berdekatan) sebagai pemancar dan dipol listrik lain sebagai penerima.Didasarkan pada penemuan Faraday Perubahan medan magnet dapat menghasilkan medan listrik dan arus pergeseran yang sudah dihipotesakan Maxwell sebelumnya. konsekuensinya perubahan medan listrik akan mengakibatkan medan magnet yang juga berubah serta sebaliknya dan keadaan ini akan terus berulang. SKETSA GEL MBANG ELEKTROMAGNETIK SPEK R EL 8 ELEK R E IK 6 . Eksperimen Hertz sendiri berupa pembangkitan gelombang elektromagnetik dari sebuah dipol listrik (dua kutub bermuatan listrik dengan muatan yang berbeda. Medan magnet atau medan listrik yang muncul akibat perubahan medan listrik atau medan magnet sebelumnya akan bergerak (merambat) menjauhi tempat awal kejadian. Apabila Hipotesa Maxwell benar.

B. Lampu merkuri menghasilkan ultra violet. pelenturan (difraksi). Penembakan elektron dalam tabung hampa pada keping logam menghasilkan sinar X (digunakan untuk rontgen). dengan panjang gelombang tinggi dan frekuensi rendah. Dapat mengalami pemantulan (refleksi). Gelombang Radio Gelombang radio dikelompokkan menurut panjang gelombang atau frekuensinya. jadi dapat mengalami polarisasi.SUMBER GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK A. 4. Perubahan medan listrik dan medan magnet terjadi secara bersamaan. C. maka pasti frekuensinya rendah atau sebaliknya. D. F. pembiasan (refraksi) perpaduan (interferensi). Inti atom yang tidak stabil menghasilkan sinar gamma.SIFAT-SIFAT GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK A. 3. Frekuensi gelombang radio mulai dari 30 kHz ke atas dan dikelompokkan berdasarkan lebar SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK 7 . Gambar spectrum elektromagnetik di bawah disusun berdasarkan panjang gelombang (diukur dalam satuan _m) mencakup kisaran energi yang sangat rendah. Gelombang elektromagnetik dapat merambat dalam ruang tanpa medium B. Tidak memiliki muatan listrik sehingga bergerak lurus dalam medan magnet maupun medan listrik. Merupakan gelombang transversal (arah getar arah rambat).2. sehingga medan listrik dan medan magnet sefase dan berbanding lurus. seperti gelombang radio sampai ke energi yang sangat tinggi. Sinar matahari menghasilkan sinar infra merah. C. dengan panjang gelombang rendah dan frekuensi tinggi seperti radiasi X-ray dan Gamma Ray Spektrum gelombang elektromagnetik dari frekuensi kecil ke besar dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari adalah : 1. D. E. Jika panjang gelombang tinggi.SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK Susunan semua bentuk gelombang elektromagnetik berdasarkan panjang gelombang dan frekuensinya disebut spektrum elektromagnetik. Osilasi listrik. pengutuban (polarisasi) E.

2. Kamu tidak dapat mendengar radio secara langsung. Caha a tampak Cahaya tampak sebagai radiasi elektromagnetik yang paling dikenal oleh kita dapat didefinisikan sebagai bagian dari spektrum gelombang elektromagnetik yang dapat dideteksi oleh mata manusia. Jika makanan menyerap radiasi gelombang mikro. 5. Karena cepat rambat glombang elektromagnetik c = 3 X 108 m/s. sehingga tidak dapat dipancarkan oleh lapisan ionosfer. tetapi penerima radio akan mengubah terlebih dahulu energi gelombang menjadi energi bunyi. maka akan muncul efek pemanasan pada benda itu. 9 SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK 8 . 3. Gelombang radio ini dipancarkan dari antena dan diterima oleh antena pula. maka dengan mengamati selang waktu antara pemancaran dengan penerimaan. Jika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda.frekuensinya. maka jarum ampermeter sedikit diatas ujung spektrum merah.Sinar infamerah dihasilkan oleh elektron dalam molekul-molekul yang bergetar karena benda diipanaskan. Gelombang mikro Gelombang mikro (mikrowaves) adalah gelombang radio dengan frekuensi paling tinggi yaitu diatas 3 GHz. Sinar yang tidak dilihat tetapi dapat dideteksi di atas spektrum merah itu disebut radiasi inframerah. 4. gelombang ini menggunakan gelombang UHF. Kegunaan cahaya salah satunya adlah penggunaan laser dalam serat optik pada bidang telekomunikasi dan kedokteran. Gelombang mikro juga dimanfaatkan pada pesawat RADAR (Radio Detection and Ranging) RADAR berarti mencari dan menentukan jejak sebuah benda dengan me nggunakan gelombang mikro. Sinar Inframerah Sinar inframerah meliputi daerah frekuensi 1011Hz sampai 1014 Hz atau daerah panjang gelombang 10-4 cm sampai 10-1 cm. Jumlah sinar inframerah yang dipancarkan bergantung pada suhu dan warna benda. Panjang gelombang tampak nervariasi tergantung warnanya mulai dari panjang gelombang kira-kira 4 x 10-7 m untuk cahaya violet (ungu) sampai 7x 10-7 m untuk cahaya merah. jika kamu memeriksa spektrum yang dihasilkan oleh sebuah lampu pijar dengan detektor yang dihubungkan pada miliampermeter. Pesawat radar memanfaatkan sifat pemantulan gelombang mikro. Gelombang TV Gelombang TV (108 Hz). Gelombang radio dihasilkan oleh muatan -muatan listrik yang dipercepat melalui kawat-kawat penghantar. Jadi setiap benda panas pasti memancarkan sinar inframerah. Muatan-muatan ini dibangkitkan oleh rangkaian elektronika yang disebut osilator. maka makanan menjadi panas dalam selang waktu yang sangat singkat. Proses inilah yang dimanfaatkan dalam microwave oven untuk memasak makanan dengan cepat dan ekonomis.

5. Pemanasan bahan untuk body mobil maka chamber untuk pemanasan tidak akan panas tapi body mobil akan panas sesuai dengan yang kita inginkan. Sinar ultraviolet Sinar ultraviolet mempunyai frekuensi dalam daerah 1015 Hz sampai 1016 Hz atau dalam daerah panjang gelombagn 10-8 m 10-7 m. kayu tebal beberapa sentimeter dan pelat aluminium setebal 1 cm. SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK 9 . 8. panjang gelombangnya sangat pendek yaitu 10 cm sampai 10 cm. gelombang ini dihasilkan oleh atom dan molekul dalam nyala listrik. Daya tembus paling besar. 7.45 GHz. Microwave oven menggunakan gelombang mikro dalam band frekuensi ISM sekitar 2. yang menyebabkan efek yang serius jika diserap oleh jaringan tubuh. dapat menembus buku tebal. Matahari adalah sumber utama yang memancarkan sinar ultraviolet dipermukaan bumi. Pemanasan Kita tentu tidak asing dengan nama microwave oven yang sehari-hari kita pakai untuk memanaskan makanan.APLIKASI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK DALAM KEHIDUPAN 1. Sistem autoclave yang konvensional sangat boros energi karena chambernya ikut panas sehingga perlu proses pendinginan yang memakan energi juga. Gelombang mikro juga dimanfaatkan untuk pemanasan material dalam bidang industri. Sinar X Sinar X mempunyai frekuensi antara 10 Hz sampai 10 Hz . Sinar Gamma Sinar gamma mempunyai frekuensi antara 10 Hz sampai 10 Hz atau panjang gelombang antara 10 cm sampai 10 cm.lapisan ozon yang ada dalam lapisan atas atmosferlah yang berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan meneruskan sinar ultraviolet yang tidak membahayakan kehidupan makluk hidup di bumi. meskipun seperti itu tapi sinar X mempunyai daya tembus kuat.6.

Radar biasa dipergunakan untuk mendeteksi benda bergerak. meskipun sinyal sangat lemah tetapi dapat dikuatkan kembali sehingga object bisa terdeteksi. Begitu juga dengan sistem GPS. Dengan membandingkan jarak antara beberapa satelit ini dapat ditentukan letak gps receiver tersebut. pada sistem radar. vertical maupun circular. di Eropa khususnya di Jerman sudah jarang terlihat penggunaan gelombang mikro untuk komunikasi dengan metode WDM antara BTS dengan BSC. Operator telekomunikasi juga memanfaatkan gelombang mikro untuk komunikasi antara BTS ataupun antara BTS dengan pelanggannya. Jaringan backbone komunikasi sudah memakai jarinagn fiber optis. Radar memancarkan dan menerima sinyal pantulan secara bergantian dengan sistem switch. Sesuai dengan namanya radio detection and ranging. Setiap satelit secara periodis mengirimkan pesan yang isinya adalah waktu pengiriman pesan dan informasi orbit satelit. pengolahan sinyal memainkan peranan yang penting untuk mengurangi interferens. Pantulan tersebut berasal dari polarisasi horizontal. 900MHz dan 1800MHz. Receiver GPS akan menghitung jarak receiver dengan setiap satelit yang mengirimkan pesan2 tersebut. Untuk komunikasi ke end user operator GSM di indonesia memak ai frekuensi di sekitar 800 MHz. Telekomunikasi Bagi yang senang memanfaatkan fasilitas hotspot tentunya tidak asing dengan WiFi yang menggunakan band frekuensi ISM. Radar dan Navigasi Radar juga memakai gelombang mikro untuk mendeteksi suatu object. Begitu juga yang gemar menggunakan bluetooth untuk transfer file antara handphone atau handphone dnegan komputer. Untuk komunikasi ke end user pada sistem selular tetap menggunakan gelombang mikro. SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK 10 . 3.2. radar memanfaatkan pantulan gelombang dari object tersebut untuk pendeteksian. Untuk di indonesia pada towertower operator telekomunikasi sangat sering kita jumpai antena directional untuk komunikasi antara BTS . GPS mempunyai prinsip yang mirip dengan radar. Waktu antar transmit dan receive itu yang dipergunakan untuk mengitung jarak objek tersebut.

kanker.4. Fokus pemanasan pada volume sel kanker dapat dioptimasi ari perancangan antenna dan pengaturan daya serta jarak antena dengan sel kanker tersebut.Cahaya tampak digunakan untuk membantu pengelihatan mata manusia. Kesehatan Dengan sifat selecting heating teknik pemanasan gelombang mikro dipakai untuk terapy kanker yang sering disebut dengan hyperthermia.Sinar Infra Merah digunakan dalam bidang kesehatan untuk mendeteksi penyakitgangguan dalam sirkulasi darah. Sinar Ultra Violet dimanfaatkan dalam bidang kesehatan untuk menyucihamakan peralatan operasi dalam rumah sakit. dsb. Pengaturan daya dan perancangan antena merupakan hal yang utama dari terapi ini. Pemanfaatan Sinar X Inframerah SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK 11 .

5. Penutup SPEKTRUM GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK 12 . III. Industri Sinar gamma mempunyai daya tembus yang sangat besar. bahkan dapat menembus baja sehingga dalam bidang industri dimanfaatkan untuk memotong baja dan memeriksa cacatcacat pada logam. Sinar gamma merupakan zat radioaktif sehingga membahayakan bagi kesehatan manusia.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.