You are on page 1of 34

PINRANG BERSERI Disusun Oleh

:
Hj.Irmayanti Syamsi Barsri Rahma Bahrun

LETAK

DAN SEJARAH PINRANG

KOTA

Hasil Penelitian dan Simposium Sejarah menyebutkan Lahirnya Kabupaten Daerah Tk. II Pinrang, Maret 1988 dan Profil Kabupaten Pinrang, Desember 2003, Wilayah Pinrang sebelum abad ke-20 adalah sebuah wilayah kerajaan bernama Kerajaan Sawitto. Kerajaan ini membawahi kerajaan-kerajaan kecil, seperti kerajaan Batulappa, Kassa, Suppa, Alitta, Sidenreng, Dan Rappang.

LANJUTAN«
Kerajaan-kerajaan ini, merupakan sebuah satu kesatuan kerajaan yang disebut "Lima Ajattappareng". Lima Ajattappareng, merupakan sebuah persekutan perjanjian yang disepakati oleh 5 raja dalam suatu pertemuan yang berlangsung di Suppa pada abad ke-15, meliputi kerajaan Sawitto, Suppa, Sidenreng, Rapang, dan Alitta.

ASAL MUASAL KAB. hal ini disebabkan oleh karena pada awal pembukaan daerah Pinrang yang tepatnya saat ini di pusat kota kabupaten Pinrang. . fersi kedua menyebutkan bahwa hal ini disebabkan oleh karena suatu ketika Raja Sawitto yang bernama La Paleteang. masih berupa daerah rendah yang sering tergenang dan berawa.PINRANG Asal Muasal Pemberian nama pinrang masyarakat Pinrang sendiri. Fersi yang pertama menyebut bahwa Pinrang berasal dari bahasa bugis yaitu kata "benrang" yang berarti "air genangan" bisa juga berarti "rawa-rawa".

LANJUTAN« La Paleteang bebas dari pengasingan dari kerajaan Gowa berkat bantuan To barani pole' Kassa disambut gembira oleh rakyatnya. Namun mereka terheran-heran karena wajah sang raja berubah dan mereka berkata "pinra bawangngi tappana puatta pole Gowa"yang artinya berubah saja mukanya Tuan Kita dari Gowa. . maka setelah itu rakyat mulai menyebut daerah tersebut sebagai Pinrayang artinya berubah kemudian berubah penyebutan menjadi Pinrang.

KECAMATAN Batulappa ´ Cempa ´ Duampanua ´ Lanrisang ´ Lembang ´ Mattiro Bulu ´ Mattirosompe ´ # Paleteang # Patampanua # Suppa # Tiroang # Wattang sawitto .

Lasinrang lahir di Desa Dolangan.LASINRANG KAB. Dalam lembaran sejarah. I Makkanyuma.PINRANG PAHLAWAN Lasinrang merupakan salah satu pejuang bugis asal pinrang yang memimpin para pemuda di tanah addatuang (kerajaan) Sawitto melawan penjajah Belanda. Lasinrang adalah salah seorang pejuang yang tak bisa dikalahkan Belanda selama masa penjajahan. Addatuang Sawitto. Taktik keji Belanda-lah yang menahan ayahnya. . Pinrang pada tahun 1856 dan wafat di tahun 1936. dan istrinya. membuat Lasinrang menyerah.

MAKANAN KHAS PINRANG Mungkin teman-teman belum pernah mencicipi songkolo plus cuwiwi? Songkolo adalah jenis makanan yang dimasak dari beras ketan. Setelah masak ditaburi kelapa diatasnya yang telah dicampur sedikit garam. . Yang paling enak adalah dari beras ketan hitam atau bahasa bugisnya pulu' bolong.

. Makanan ini memakai daging itik atau bebek sebagai bahan dasar. Setelah menyantap makanan ini. Rasa pedas pada masakan ini biasanya ditandai oleh aroma yang menyengat dan tercium dari jarak jauh. yang banyak diincar oleh pengunjung itu.LANJUTAN« -NASU PALEKKO Salah satu masakan khas asal Kabupaten Pinrang. adalah nasu palekko. atau masak palekko. pemesan meminta masakan palekko dengan rasa pedas.

dan sayursayuran. . Biasanya barobbo(sop jagung) dibuat apabila ada acara kumpul bersama keluarga atau pada saat salah satu warga didaerah kami panen jagung di kebunnya. beras. nah maka dari itu barobbo disimpulkan sebagai makanan kebersamaan keluarga yang dibuat apabila salah satu keluarga besar berkumpul.LANJUTAN« BAROBBO·(SOP JAGUNG) Barobbo(sop jagung) adalah salah satu makanan khas kabupaten pinrang yang bahan utamanya berupa jagung muda yang diiris kecil-kecil dan dicampur dengan udang.

Kue ini terbuat dari tepung beras dan gula merah (gula aren). 10.Anda hanya merogoh kocek Rp. Kue ini memiliki rasa yang sangat enak dan manis.KUE KHAS PINRANG KARASA Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang kue khas Pinrang yang disebut karasa'. . Karena gula yang cair diteteskan sedikit demi sedikit sampai terbentuk kue karasa' tersebut.000 maka anda bisa membawa pulang kue tersebut untuk ole-ole buat keluarga. Kue ini banyak dijual di Pasar dengan harga yang sangat terjangkau. Dalam proses pembuatannya dibutuhkan konsentrasi dan kesabaran tingkat tinggi. Bila anda ke Pinrang tidak lengkap rasanya bila belum mencoba kue ini.

karena masih berada dalam wilayah kota. . merupakan permandian alam yang mengundang sejuta kehangatan. Untuk mengunjungi obyek wisata ini.Lokasinya sangat mudah dijangkau. Obyek wisata Air Panas Sulilie. melengkapi kenyamanan dalam berenang.POTENSI PARIWISATA PINRANG ´ KABUPATEN Permandian Air Panas Sulili. Fasilitas kolam renang yang tersedia dikawasan ini. Tak heran bila kawasan permandian air panas ini digemari oleh semua kalangan masyarakat didaerah ini dan sekitarnya. pengunjung dapat menemuh jarak sejauh 5 kilometer aau sekitar 15 menit perjalanan dari kota Pinrang.

jika pada sore hari kita dapat menikmati angin pantai yang sejuk dan terbenamnya matahari dan tempat ini ramai dikunjungi oleh masyarakat. Kawasan ini meiliki daya tarik tersendii. terutama pada hari libur. Kecamatan Mattiro Sompe. Untuk mencapai tempat ini memerlukan waktu perjalanan sekitar 20 menit melalui jalan darat dan beraspal. sekitar 25 km arah barat kota Pinrang. .LANJUTAN« ´ Pantai Ujung Tape Salah satu obyek wisata bahari yang terletak di Kelurahan Pallameang.

pondok karaoke dan lain-lain Permandian air panas ini beradadi kawasan menuju arah PLTU Bakaru. Berada di atas lahan seluas 20 hektar dengan fasilitas yang tersedia antara lain kolam renang. bangunan-bangunan peristirahatan.LANJUTAN« ´ Permandian Air Panas Lemo Susu salah satu obyek wisata yang terletak di kecamatan Lembang ± 45 Km arah utara kota Pinrang. sekitar 12 km dari Pinrang .

Sekitar 30 km arah selatan kota Pinrang. Pulau Kamarrang adalah wilayah Kabupaten Pinrang yang berhadapan dengan Kota Parepare. . Kawasan ini diapit laut.LANJUTAN« Pulau Kamarrang. sehingga menarik untuk di kunjungi. sehingga bila kita mau menyeberang kepulau ini lebih dekat bila lewat pelabuhan Parepare naik perahu tradisional dan hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit. ´ Salah satu obyek wisata bahari yang terletak di Kecamatan Suppa.

sekitar 50 km arah utara Kabupaten Pinrang atau 1. . Air Terjun ini memiliki daya tarik tersendiri. karena kita dapat menikmati dinginnya udara pegunungan serta panorama alam yang indah diselingi kemurh air terjun yang mengalir dari pengunungan. ada sepasang muda-mudi yang berhasil membangun rumah tangga karena bermunajat di air terjun ini.LANJUTAN« Air Terjun Kalijodoh. ´ Air Terjun Kalijodoh juga memiliki cerita tersendiri. ´ Letaknya di Kecamatan Lembang.5 jam perjalanan darat. pada jaman dahulu. Cerita yang masih diyakini masyarakat sekitar.

Tempat ini banyak dikunjungi masyarakat. luas kawasan ini mencapai ratusan hektar.LANJUTAN« Rumah Makan Terapung. . terutama pada siang hari untuk bersantai sabil meikmati makanan dan udara sejuk serta memancing ikan yang ada didanau Benteng Paremba ´ Dengan hamparan pohon buah-buahan berbagai jenis yang sedang tumbuh. sekitar 20 km arah timur kota Pinrang. Kecamatan Patampanua. Letaknya ± 40 Km arah utara kota Pinrang. yaitu tepatnya diperbatasan Kabupaten Polmas. mempunyai prospek yang cukup menjanjikan sebagai obyek wisata agro. ´ Letaknya di Malimpung.

. salah satu obyek wisata alam yang banyak di kunjungi masyarakat.7 Jam. jalan menuju ke tempat ini sebagian beraspal dan sebagian pula jalanan pengerasan. salah satunya adalah Air Terjun arah Utara Kota Pinrang.LANJUTAN« Permandian Air Terjun Karawa ´ Di kecamatan Lembang terdapat beberapa tempat wisata. dalam menempuh perjalanan sampai ke tempat ini memerlukan waktu ± 1. Air Terjun Karawa. terutama pada hari raya atau hari libur. sebab Permandian Air Terjun ini mempunyai Pesona alam.

cakalang.µ . rawa. merupakan salah satu andalan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam bidang perikanan. Bupati Pinrang Drs H. ikan tuna. potensi perikanan laut yang berhasil digarap mencapai 11. kakap dan lainnya lago. kolam dan sawah melalui kegiatan mina padi. potensi perikanan di daerah itu meliputi perikanan laut dan darat. waduk.132. kerapu.06 ton. Pada 2004. dikenal sebagai penghasil rumput laut.Dari potensi perikanan laut dan darat itu. Sedang potensi perikanan darat meliputi usaha perikanan di sungai.04 ton per tahun.PEMBANGUNAN DAERAH PINRANG.Andi Nawir Pasinringi MP mengutarakan. produksinya mencapai 854. udang windu.429 jiwa yang memiliki panjang pantai 93 km itu. terdapat ragam jenis ikan yang dapat dieksploitasi untuk dipasarkan. ANDALAN SULSEL DI SEKTOR PERIKANAN ´ ´ ´ ´ Kabupaten Pinrang yang terletak 150 km dari Kota Makassar. Daerah berpenduduk 322.

. larangan berdasarkan adat dan kebiasaan. Pemmali dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi ´pemaliµ yang memiliki makna pantangan.BUDAYA ISTIADAT ´ DAN ADAT PEMMALI DALAM BUDAYA MASYARAKAT BUGIS Pemmali merupakan istilah dalam masyarakat Bugis yang digunakan untuk menyatakan larangan kepada seseorang yang berbuat dan mengatakan sesuatu yang tidak sesuai.

´ Pemmali Bentuk Perkataan Pemmali bentuk ini berupa tuturan atau ujaran.LANJUTAN« Bentuk-bentuk Pemmali Pemmali dalam masyarakat Bugis dapat dibagi menjadi dua bagian. yaitu pemmali dalam bentuk perkataan dan pemmali dalam bentuk perbuatan. Biasanya berupa kata-kata yang dilarang atau pantang untuk diucapkan. Kata-kata yang pantang untuk diucapkan disebut kata tabu ´ .

. ´ Riappemmalianggi matinro esso taue ri sese denapa natabbawa ujuna taumate engkae ri bali bolata (Pantangan orang tidur siang jika jenazah yang ada di tetangga kita belum diberangkatkan ke kuburan).BEBERAPA ´ CONTOH YAITU« PAMALI Riappemmalianggi anaâ daraE makkelong ri dapurennge narekko mannasui (Pantangan bagi seorang gadis menyanyi di dapur apabila sedang memasak atau menyiapkan makanan). ´ De· nawedding ana· daraE matinro lettu tengga esso nasaba· labewi dalle·na (Gadis tidak boleh tidur sampai tengah hari sebab rezeki akan berlalu).

Misalnya acara pernikahan dan acara khusus menjamu tamu kehormatan seperti terlihat pada gambar diatas.. .TARI PADDUPPA Tari padduppa adalah salah satu tarian adat bugis pinrang yang dimana sampai sekarang ini masih aktif dilakukan pada saat ada acaraacara tertentu. Ada 6 penari mengiringi di depan tamu kehormatan yang hendak manemui bapak bupati pinrang.

Musik tari bosara lebih sendu di dengar dan lambat lalu jumlah penarinya biasanya hanya berjumlah 4 orang. . Tari bosara sering juga kita jumpai pada saat acara akad nikah untuk menjamu kedatangan pengantin mempelai laki-laki.TARI BOSARA Tari bosara hampir sama dengan tari padduppa yang membedakan adalah jumlah penari dan musiknya. Tari bosara sering kita lihat pada saat perayaan 17-an setiap tahunnya diadakan pertandingan tari bosara yang di hadiri oleh lasinrang.

masyarakat bugis juga memiliki tradisi dalam proses pernikahan. akad nikah. . pra akad nikah.ADAT ISTIADAT PERNIKAHAN PINRANG BUGIS Adat Pernikahan ´ Seperti suku ² suku yang lainnya yang ada di nusantara ( Indonesia ). sampai dengan pasca akad nikah. Semuanya terangkai dalam suatu proses yang cukup unik. Mulai dari lamaran.

BERBAGAI PERNIKAHAN ´ PROSES PROSESI Madduta ( Pinangan / Lamaran ) ´ Mappettu ada(putusan lamaran) ´ Mappaisseng ( Undangan ). ´ Mappacci ( Selamatan di Malam Akad Nikah ) ´ Akad Nikah ´ Marola ( Prosesi Mempelai wanita ke rumah mempelai pria ) .

. Cemmé passili·.PELAKSANAAN ´ ´ Ripasau Sementara dalam kesibukan mempersiapkan pesta pernikahan maka diadakan pula persiapan-persiapan yang tak kalah pentingnya yaitu perawatan pengantin (ripasau/mappasau). agar supaya ´dadasaµ yaitu riasan hitam pada dahi yang akan dipakai pada calon mempelai perempuan pada waktu dirias dapat melekat dengan baik. Mappassili· Disebut juga cemmé tula· bala yaitu permohonan kepada Allah SWT agar kiranya dijauhkan dari segala macam bahaya atau bala. yang dapat menimpa khususnya bagi calon mempelai Macceko Macceko berarti mencukur rambur-rambut halus yang ada pada dahi dan di belakang telinga.

Dua orang saksi dari kedua belah pihak. Passompa berarti dipanggulnya salah seorang anggota keluarga mempelai wanita yang termuda. Akad Nikah ´ Orang bersiap melakukan akad nikah adalah bapak atau wali calon mempelai perempuan atau imam kampung atau salah seorang yang ditunjuk oleh Departemen Agama.LANJUTAN« Madduppa botting ´ Diartikan menjemput kedatangan pengantin laki-laki. Sebelum penganting laki-laki berangkat ke rumah perempuan Rombongan Erang-erang ´ Iring-iringan pengantin dalam baju bodo yang bersiap menuju kediaman mempelai wanita Passompoa ´ Passompa adalah salah satu bagian penting dalam prosesi perkawinan. .

Acara ini merupakan kegiatan mempertemukan mempelai laki-laki dengan pasangannya Maréllau Dampeng ´ Setelah prosesi mappasiluka maka dilanjutkan dengan acara memohon maaf kepada kedua orang tua pengantin perempuan dan seluruh keluarga dekat yang sempat hadir pada akad nikah tersebut .LANJUTAN« Mappasiluka ´ Setelah akad nikah selesai maka dilanjutkan dengan acara mappasiluka atau mappasikarawa.

Salah satu upaya untuk menyalurkan naluri seksual suami istri dalam rumah tangga sekaligus sarana untuk menghasilkan keturunan yang dapat menjamin kelangsungan eksistensi manusia di atas bumi. Keberadaan mikah itu sejalan dengan lahirnya manusia di atas bumi dan merupakan fitrah manusia yang diberikan Allah SWT terhadap hamba-Nya. .PANDANGAN ISLAM TERHADAP PERKAWINAN Nikah artinya menghimpun atau mengumpulkan.

baik itu tanggung jawab keluarga. kaum kerabat (sompung lolo) bahkan kesaksian dari seluruh masyarakat yang ada di lingkungannya.PANDANGAN MASYARAKAT BUGIS TERHADAP PERKAWINAN Perkawinan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena perkawinan bukan hanya merupakan peristiwa yang harus ditempuh atau dijalani oleh dua individu yang berlainan jenis kelamin. tetapi lebih jauh adalah perkawinan sesungguhnya proses yang melibatkan beban dan tanggung jawab dari banyak orang.2006) .C. (Pelras.

Silisureng woroané (saudara laki-laki iyya) 8. Iyya. Eppo (cucu kandung iyya) 12. istri atau suami dari anak kandung iyya) . Nene· (nenek kandung Iyya baik dari pihak ibu maupun dari ayah 5. Amauré (paman kandung iyya) 11. Lato· (kakek kandung Iyya baik dari ibu maupun dari ayah) 6.. Baine atau indo· ¶ana·na (istri iyya) 2. Anauré (keponakan kandung iyya) 10. SISTEM KEKERABATAN ´ ´ Adapun anggota keluarga yang tergolong réppé maréppé yaitu: 1. Ana· (anak kandung iyya) 9. Ambo· (ayah kandung iyya) 4. Ipa woroané (saudara laki-laki istri iyya) 4. Matua (ibu ayah/ kandung istri) 3. Manéttu (menantu. Silisureng makkunrai (saudara kandung perempuan Iyya ) 7. Indo· (ibu kandung iyya) 3. Inauré / amauré makkunrai (bibi kandung iyya) Sedangkan anggota keluarga yang termasuk siteppang maréppé yaitu : 1. Ipa makkunrai (saudara kandung perempuan istri iyya) 5. Saya (yang bersangkutan) 2.

NAWIR PASINRINGI.A.PINRANG Masjid agung al-munawir adalah salah satu masjid terbesar di kabupaten pinrang yang mana kata munawir adalah nama mantan bupati kabupaten pinrang periode 2002-2009. kemudian lantai kedua berfungsi untuk beribadah(melaksanakan sholat 5 waktu secara berjama ah). lantai satu dibuat sebagai aula untuk kepentingan majelis ta lim dan manasik haji.A.Nawir pasinringi mantan bupati pinrang. Nama ini adalah inisiatif sendiri dari mantan bupati pinrang yang bernama H. Masjid ini terdiri dari 2 lantai. Masjid ini berdiri dari penggalangan dana dari semua pegawai negeri sipil kabupaten pinrang dan masjid ini bertempat disebelah timur kantor bupati kabupaten pinrang dan yang sangat berperan besar dalam terbentuknya masjid ini yaitu H.MASJID AGUNG AL-MUNAWIR KAB. .

ANA¶ SAWITTO« SEKIAN DAN TERIMA KASIH .