You are on page 1of 4

Kelompok 1, BAB 1 SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU 1. Denok Woro Sawitri 2. Rifki Dita Anggraini 3. Reny Dyah Febriyanti 4.

Zidnie Karimatanisak , 2302409017 , 2302409041 , 2302409069 , 2303408039

Soal B/S : 1. Filsafat pertama kali muncul di Babilonia. Jawaban: SALAH, (filsafat pertama kali muncul di Yunani) 2. Perkembangan pengetahuan di Babylonia lebih maju dan berkembang daripada di Mesir B/S Jawaban : Salah 3. Menurut teori kedokteran kuno India , tubuh manusia terdiri atas 5 unsur alami: tanah, air, api, angin dan ruang kosong. Jawaban: Benar 4. Manusia tidak lagi merasakan dirinya terkepung oleh kekuatan-kekutan gaib dan bersikap mengambi jarak dari obyek disekitarnya serta memulai melakukan penelaahanpenelaahan terhadap obyek tersebut dikatakan bahwa manusia berada pada tahap FUNGSIONAL. Jawaban : Salah (tahap ontologis) 5. Ilmu Phytagoras percaya bahwa pada dasarnya benda-benda di alam terdiri atas bilangan atau angka. Jawaban : Benar B/S B/S B/S B/S

Dalam menghadapi masalahnya manusia mememberikan reaksi yang berbeda sesuai dengan ? (B) a. Agama yang berpengaruh besar dalam perkembangan pengetahuan di India adalah« ( C ) a. India c. Keagungan b. kemampuan b. Kata filsafat berasal dari bahasa Yunani ³philosophia´. Charles Darwin d. Cina c. mistis b. kepribadian 8. Manusia berpendapat bahwa terdapat hukum2 tertentu dalam dunia empiris yang terlepas dari dunia mistis adalah perkembangan kebudayaan tahap? ( C ) a. Yang merupakan tokoh filsafat pada masa Yunani klasik adalah« (A) a. Bahwa benda berasal dari 2 macam kekuatan yaitu Yin dan Yang. Islam b. babilonia d. (B) a. Kebijaksanaan c. cinta) dan ³sophia´ yang berarti«. hal itu terjadi karenaadanya proses? ( A ) a. cara berfikir 5.Pilihan Ganda 1. Aristoteles 3. Mesir b. Benda-benda yang digunakan manusia zaman batu mengalami kemajuan dan perbaikan. trial and error b.. Kemakmuran 2. Budha d. Rene Descartes c. Thales b. Hindu c.. Immanuel Kant d. Orang Yunani pertama yang diberi gelar filsuf dan dijuluki Bapak Filsafat ialah«. Plato c. Karl Mark 4. perkembangan zaman 7. yang terdiri dari kata ³philia´ (persahabatan. (A) a. Merupakan perkembangan pengetahuan dari« ( B ) a. Ontologis c. Kristen . takdir Tuhan c. Keindahan d. fungsional 6. Socrates b.

dan pengetahuan bagi kepentingannya. tahap fungsional: manusia terbebas dari kepungan goib. 367 b. Orang babilonia sudah mampu membagi waktu sejak ± 2000 SM. tahap ontologis: manusia tidak lagi terkepung oleh kekuatan goib. Appollomeus Essay 1. c.Menambah ilmu pengetahuan sehingga dapat membantu menyelesaikan masalah dengan bijaksana . bahwa 1 tahun terdiri atas « hari. Seorang ahli astronomi Yunani yang juga ahli matematika yang mengadakan pengamatan di Rhodes sejak tahun 162-126 SM dan telah menulis 14 buku tentang hasil pengamatannya adalah:« ( C ) a. 3. 356 10. tahap mistis: manusia merasa terkepung oleh kekuatan ghoib b. mereka mengambil jarak dari objek di sekitarnya dan mulai melakukan penelaahan terhadap objek tersebut. memfungsikan . Archimedes c. Apa yang dimaksud yin dan yang dalam asal mula sebuah benda? Jawaban : Yin adalah asal benda yang buruk.Membuat manusia lebih tanggap (peka) terhadap diri dan lingkungannya 2. Aristarchus b. Hipparchus d. Van pursen membagi perkembangan kebudayaan menjadi 3 tahap. 344 c. Sebutkan manfaat mempelajari flsafat! Jawaban : . Jika logam buruknya diambil dam baiknya ditambah akan menjadi logam mulia. ( C ) a. Dan yang adalah asal benda yang baik.9. 365 d. sebutkan dan jelaskan! Jawaban : a.mempunyai pengetahuan berdasarkan penelaahan terhadap objek disekitarnya.