P. 1
11-kuliner

11-kuliner

|Views: 100|Likes:
Published by tajud

More info:

Published by: tajud on May 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/07/2011

pdf

text

original

Sections

  • Pengantar
  • Daftar Isi
  • Kapan Makanan Menjadi Haram?
  • Makanan Halal
  • Kenapa Babi Haram?
  • Anjing
  • Membeli Daging Halal di Jepang
  • Hewan yang Disetrum
  • Daging Buaya
  • Bekicot
  • Kodok dan Kepiting
  • Daging Biawak
  • Kurma Nabi
  • Khamar dan Alkohol
  • Minuman Bebas Alkohol
  • Marsmallow
  • Tissue Pembersih Galon Air Minum
  • Rokok dan Kopi
  • Kepiting
  • Sembelihan dan daging halal
  • Makanan di Tempat Takziah
  • Tape dan Khamar
  • Daun Ganja
  • Sushi & Sashimi
  • Masakan Natal
  • Diundang Makan Non Muslim
  • Mengundang Makan Non-Muslim
  • Makan Sambil Berdiri
  • Minum Sambil Berdiri

Ahmad sarwat, lc

FIQIH
kuliner

DU CENTER

Judul Buku Fiqih Kuliner Penulis Ahmad Sarwat

Penerbit DU CENTER

Cetakan Pertama Kedua Ketiga Keempat

.

Pengantar .

.

..................................... 95 Daun Ganja.................. 37 Bekicot .......... 29 Hewan yang Disetrum.................................................................................................. 111 Mengundang Makan Non-Muslim......... 103 Masakan Natal............................................................... Lc Daftar Isi Pengantar ............................................................. 81 Kepiting ................................................................................... 119 Minum Sambil Berdiri .................................... 91 Tape dan Khamar................... 23 Membeli Daging Halal di Jepang .............................................................................................. 9 Makanan Halal ............................ 17 Anjing .............................. 59 Minuman Bebas Alkohol .... 47 Daging Biawak ................................................................................................. 7 Kapan Makanan Menjadi Haram?................ 69 Marsmallow.......... 87 Sembelihan dan daging halal................................... 99 Sushi & Sashimi......................................................................... 41 Kodok dan Kepiting.......................................................... 115 Makan Sambil Berdiri .......... 79 Rokok dan Kopi......... 107 Diundang Makan Non Muslim ................................................................................................................................ 89 Makanan di Tempat Takziah .............................................................................................. 5 Daftar Isi....................................................................................................................................................................... 51 Kurma Nabi .................................. 55 Khamar dan Alkohol.............................Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat........................ 33 Daging Buaya ................... 73 Tissue Pembersih Galon Air Minum ..................................... 125 7 .... 13 Kenapa Babi Haram?...................................

Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Lc 8 .

Yusuf Qardhawi bahkan sebaliknya? Gimana nich? Jazakallah. Lc Kapan Makanan Menjadi Haram? Assalamu'alaikum Wr. Wb. Haram karena Zat Misalnya daging babi. Kedua. Sebab apa saja yang menyebabkan makanan yang secara zat bersifat halal akhirnya menjadi haram? Yang halal itu jelas dan yang haram itu kan jelas seperti yang terdapat dalam Al-Qur'an dan sunnah nabi. Wassalam. darah. Padahal yang pernah saya baca dl kitab Halal dan Haram karya Ust. tetapi karena unsur-unsur luar. Jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Sebagaimana firman Allah SWT: 9 . Pertama. haram karena zatnya yang memang haram. haram bukan karena zatnya. Keharaman makanan itu bisa terjadi karena dua hal. Tetapi banyak sekali fatwa ulama yang makin mempersempit batasan halal dan makin memperluas batasan haram.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. bangkai serta hewan yang disembelih dan ditujukan untuk persembahan selain Allah.

. Meski jenis makanannya halal.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Haram karena Hukum Selain zatnya yang haram. yang ditanduk. yang jatuh. kecuali yang sempat kamu menyembelihnya. Contoh lainnya adalah hewan ternak yang halal dimakan seperti kambing. yang dipukul. namun hukum memakannya haram. Hukumnya bisa berubah menjadi haram ketika tidak disembelih dengan prosedur penyembelihan yang memenuhi aturan syariah. darah. Semuanya dalam kasus tidak sempat untuk disembelih. maka hukumnya ikut menjadi 10 . dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. yang tercekik.(QS Al-Maidah: 3) Termasuk ke dalam kategori ini adalah makanan yang zatnya halal. tetapi kemudian mengalami proses tertentu sehingga zatnya itu berubah menjadi haram. dan yang diterkam binatang buas. namun ketika mengalami fermentasi atau peragian. Yaitu makanan halal yang dibeli dengan menggunakann uang yang haram. Semua makanan yang asalnya halal. Ketika sudah menjadi khamar. tapi bila dibeli dengan menggunakan uang yang haram. sapi atau ayam. daging babi. lama kelamaan zatnya akan berubah menjadi khamar yang memabukkan. karena bersumber dari harta yang haram. Lc Diharamkan bagimu (memakan) bangkai. Wujudnya semula adalah makanan halal. makanan bisa juga menjadi haram meski secara zatnya tidak haram. Misalnya makan harta anak yatim secara zhalim dan di luar batas kewajaran. Hukumnya berubah dari halal menjadi haram. Misalnya dengan cara dipukul. Tetapi karena ada suatu kejadian atau kondisi tertentu. maka hukumnya haram. Contohnya adalah perasan buah anggur.. dicekik. ditanduk atau diterkam binatang buas. dibanting. atau tape singkong atau air beras. (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah.

sedangkan yang bukan hasil korupsi. Sedangkan hukum haram ini tidak berlaku buat orang lain yang tidak tahu menahu asal usulnya. tetapi ada di antara keduanya. Wallahu a'lam bishshawab. Lc. tentu tidak haram. Lc haram. warahmatullahi wabarakatuh. Terutama berlaku buat pelakunya langsung atau pun orang lain yang tahu persis asal usulnya. Ahmad Sarwat.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Yang haram hanya yang hasil korupsi. Seperti makan pemberian seseorang yang kita tidak kenal. ternyata dia adalah seorang koruptor yang memberi subangan. yaitu di luar hukum halal dan haram. Dalam kasus seperti ini. Dalam hal ini yang lebih tetap hukumnya adalah syubhat. kita pun tidak bisa langsung main vonis bahwa semua harta yang dimiliki oleh seorang koruptor itu pasti haram. wassalamu 'alaikum 11 .

.

Jadi 13 ." (QS.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. sapi. Seorang teman saya berkata bahwa ia pernah mendengar seorang ustadz berceramah bahwa "jika kita ragu terhadap kehalalan makanan yang akan kita makan maka ucapkanlah bismillah tiga kali dan makanan itu menjadi halal." Ragu di sini misalnya ketika kita tidak tahu apakah ayam. Secara sharih dan jelas sekali bahwa Allah SWT berfirman tentang kehalalan sembelihan ahli kitab. "Hari ini dihalalkan yang baik-baik buat kamu dan begitu juga makanan orang-orang yang pernah diberi kitab (ahli kitab) adalah halal buat kamu. Dan ada satu pendapat lagi bahwa "jika hewan ternak (ayam. Kehalalan sembelihan ahli kitab adalah sebuah ketentuan yang telah Allah SWT tetapkan di dalam Al-Quran al-Kariem. dan sebaliknya makananmu halal buat mereka. Lc Makanan Halal Assalamualaikum Wr. jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. kambing) dipotong oleh ahlul kitab maka makanan tersebut halal juga. sapi atau hewan ternak lainnya dipotong sesuai ketentuan syariah.Dan sembelihan ahli kitab pun halal dan sebaliknya sembelihan ummat Islam pun halal buat mereka. Al-Maidah: 5) Maksud ayat di atas secara ringkas: bahwa semua yang baik hukumnya halal. Terima kasih." Benarkah hal-hal yang dikemukakannya tersebut Ustadz? Mohon jawabannya. Wb.

Al-Maidah: 5). bahwa suatu kaum bertanya. asalkan penyembelihnya ahli dalam masalah itu. Kalau ada yang berpendapat demikian." (HR. (QS.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. ada orang yang memberi kami daging dan kami tidak tahu apakah disembelih dengan basmalah atau tidak? Rasulullah SAW menjawab. maka bukan pendapat yang mutlak. Sebenarnya syariat Islam tidak mensyaratkan dalam penyembelihan hewan membaca basmalah. Dalil yang mendasari tidak harus membaca basmalah adalah hadits berikut: Dari Aisyah ra. di mana sembelihan mereka halal dimakan oleh umat Islam dan sebaliknya sesuai dengan firman Allah SWT: Dan makanan (sembelihan) ahli kitab halal bagimu dan makanan (sembelihanmu) halal bagi mereka. Wahai Rasulullah. Sedangkan Imam Abu Hanifah membolehkan tidak membaca basmalah bila karena lupa dan bila disengaja tidak boleh. "Bacalah basmalah dan makanlah. Bahkan bila kita tinggal di negeri mayoritas Kristen pun kita bisa memakan daging sembelihan mereka karena mereka adalah Ahli kitab. dan sebaliknya. Karena itu silahkan anda membaca basmalah dan makanlah daging itu sebagaimana mazhab Imam As-Syafi`i dan lainlainnya yang tidak mensyaratkan basmalah dalam menyembelihnya. Yang diharamkan adalah sembelihan musyrikin seperti penyembah berhala dan Majusi. Tapi pendapat sebagian mazhab seperti mazhab Imam Malik dan lainnya seperti Ibnu Sirin dan sebagian para mutakallimin. Lc umat Islam boleh makan binatang yang disembelih dan diburu oleh ahli kitab. Imam As-Syafi`i tidak mensyaratkan membaca basmalah dalam penyembelihan hewan. 14 . Bukhari dan lainnya).

Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. 15 . warahmatullahi wabarakatuh. Lc. Lc Wassalamu 'alaikum Ahmad Sarwat.

.

Saya mempunyai kesulitan untuk menjawab pertanyaan anak saya yang baru berumur 6 tahun. temennya banyak yang non muslim makan juga tidak sakit. Saya sudah tidak bisa jawab lagi. wb. Yaitu agama samawi yang turun dari Allah SWT untuk umat terdahulu.Lc yang dimuliakan Alloh. dia menanyakan kenapa orang Islam diharamkan memakan daging babi sedangkan non muslim tidak.Ahmad Sarwat. Lc Kenapa Babi Haram? Assalamu 'alaikum wr. Saya memberikan jawaban karena banyak mengandung penyakit dan binatang menjijikan tapi anak bertanya lagi. 17 . jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kesempatan berdialog dengan anak anda seperti ini.wb Bapak Ust. justru anda bisa memanfaatkannya untuk menambah dan mengoreksi kesalahan dalam memahami agama kita dan agama lainnya. Padahal yang benar tidak demikian. Mohon bantuannya pak Ustadz untuk jawaban terhadap pertanyaan anak saya.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Selama ini kita seringkali beranggapan bahwa agama lain membolehkan pemeluknya memakan daging babi. Yang benar adalah bahwa daging babi itu termasuk makanan yang diharamkan buat pemeluk agama lain itu. Kristen dan Yahudi. Wassalam wr. Terima kasih.

Al-Baqarah: 79) Para rahib dan pendeta mereka telah mengubah ayat-ayat Taurat dan Injil yang turun dari langit dengan selera mereka sendiri. Apa yang telah dihalalkan Allah SWT. akibat dari apa yang mereka kerjakan. Lalu para pendeta dan rahib mereka melakukan tindakan jahat yang dicatat dalam tinta sejarah. dan kecelakaan besarlah bagi mereka. akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri. jelaskan bahwa babi itu bukan hanya haram buat umat Islam. apa yang telah Allah SWT haramkan. Lc Jadi sekalian saja dikoreksi pemahaman keliru anak anda. Lalu hasil penyelewengan terhadap perintah dan ayat-ayat Allah SWT kemudian diikuti secara takqlid buta oleh para pemeluk agamanya. yaitu mengubah ayat-ayat Allah SWT itu dan digadaikan dengan harga yang murah sekali. secara tegas mengharamkan babi. (QS. memutar18 . tetapi juga haram buat umat Kristiani (Nasrani) dan juga Yahudi. Kami haramkan apa yang telah Kami ceritakan dahulu kepadamu dan Kami tiada menganiaya mereka. Maka kecelakaan besarlah bagi mereka. Sebab kitab suci yang turun kepada mereka dahulu. mereka haramkan. akibat dari apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri. Sebaliknya. Meski pun para pendeta dan rahib itu jelasjelas merusak kesucian kitab suci. ketahuilah bahwa mereka sedang melakukan maksiat dan kemungkaran kepada Allah SWT. Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al-Kitab dengan tangan mereka sendiri. Dan terhadap orang-orang Yahudi. (QS. mengubah isinya.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. lalu dikatakannya: "Ini dari Allah". An-Nahl: 118) Kalaupun sekarang mereka memakan babi. justru mereka halalkan.

Sebab sepanjang pengetahuannya. Peristiwa ini tercatat dalam sejarah dan hingga hari ini masih bisa dibaca oleh umat manusia. Maka Rasulullah SAW mengatakan bahwa sikap taqlid membabi buta atas penyelewengan para rahib adalah bentuk penuhanan kepada mereka. (QS. dikomentari oleh Nabi terakhir yang diutus kepada umat manusia. tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Kembali kepada pertanyaan anak anda. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan." Jadi para pemeluk agama Kristen dan Yahudi dikatakan sebagai penyembah pendeta dan rahib mereka sendiri. jawablah bahwa babi itu diharamkan oleh tiga agama: Islam. 19 . serta sikap mereka yang tidak mau menolak penyelewengan para pendeta itu. Yahudi dan Kristen. dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah. mereka memang tidak menyembah pendeta dan rahib. Ketika mereka mengubah isi Taurat dan Injil dengan hawa nafsu. Tetapi para pendeta kedua agama itu memalsukan larangannya dan menggantinya dengan kehalalan versi mereka sendiri. sebagai sikap "menyembah pendeta" dan menjadikan mereka sebagai "tuhan. At-Taubah: 31) Salah seorang shahabat nabi SAW yang dahulu pernah memeluk agama itu penasaran. Maka tindakan diam saja dari pemeluk agama itu. Rasulullah SAW. Lc balikkan hukumnya bahkan menghapusnya dan menggantinya sesuai dengan hawa nafsu mereka sendiri.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. meski tidak melakukan ruku' dan sujud. itulah hakikat peribadatan kepada pemuka agama. padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan Yang Maha Esa. Mereka menjadikan orang-orang alimnya. dan (juga mereka mempertuhankan) Al-Masih putra Maryam. Tetapi Allah SWT telah menyebutkan bahwa tindakan mereka itu tidak ada bedanya dengan menjadikan para rahib dan pendeta itu sebagai tuhan tandingan selain Allah SWT.

keduanya bersih. sama sekali tidak ada kaitannya dengan alasan logis yang dipahami manusia. tidak kotor. (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah. juga karena kita percaya kepada Rasulullah SAW. darah. Secara fisik.(QS. daging babi. Al-Maidah: 3) Kalau alasan kita tidak makan babi hanya semata-mata alasan ilmiyah dan kesehatan. bahwa haram tidaknya suatu makanan atau perbuatan. Lc Tetapi keharamannya tetap tidak berubah. Tetapi karena kita percaya kepada Allah SWT. tidak ada bedanya antara ayam yang disembelih dengan mengucapkan basmalah dengan yang disembelih dengan menyebut nama tuhan selain Allah. Demikian pula secara pisik. Bukan hanya semata-mata karena mengandungcacing pita. Diharamkan bagimu (memakan) bangkai. Kalau pun ada hikmah. Inilah kesempatan bagi anda untuk menanamkan aqidah yang benar kepada anak anda. Sampaikan sejelas-jelasnya kepada anak anda. Sebab di zaman sekarang ini sudah banyak ditemukan teknis memasak babi yang bisa mematikan semua jenis virus. bahwa haramnya itu karena Allah SWT mengharamkannya. bahkan tidak ada racun 20 . Katakan padanya.. Mengapa babi diharamkan oleh tiga agama? Kalau kita mau konsekuen dengan sistem aqidah Islam sekaligus mengembalikan cara beraqidah yang benar. Dan setiap pemeluk Kristen atau Yahudi yang memakan babi. maka babi itu sudah halal hukumnya. suci. tetap berdosa dan tetap disiksa di neraka atas semua pelanggaran syariat yang mereka lakukan. sama sekali tidak berpengaruh kepada substansi hukumnya.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. juga karena kita percaya keaslian kitab suci. sifatnya hanya tambahan.. inilah kesempatannya. bakteri dan cacing pita. bahwa babi itu haram karena Allah SWT telah menetapkan keharamannya. bakteri. virus atau alasan apapun.

ilmiyah atau aspek fisik semata. Sesungguhnya jawaban oran-orang mu'min. Kita tidak akan memilih merah atau hitam. dan kami patuh. tanpa ditunda. Tetapi di pandang dari sudut syariat. bila mereka dipanggil kepada Allah dan rasul-Nya agar rasul menghukum di antara mereka ialah ucapan. maka kita ikut bilang merah." Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung. yang berarti percaya kepada Allah SWT. Yang satu halal karena disembelih dengan basmalah. "Kami mendengar. Ahmad Sarwat. sedangkan yang satunya haram. karena disembelih dengan menyebut nama tuhan selain Allah. Lc apapun. warahmatullahi wabarakatuh. Kalau Allah bilang merah. An-Nuur: 51) Wallahu a'lam bishshawab. tanpa ditanya-tanyai sebabnya dan tanpa dimintai alasannya. Lc wassalamu 'alaikum 21 .Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Padahal landasan agama itu adalah iman. hukum keduanya berbeda. kecuali karena Allah yang menetapkan. Sebaliknya. maka bubarlah agama ini. tentu saja semua apapun yang ditetapkannnya harus kita patuhi tanpa reserve. Kalau agama yang kita jalani ini harus selalu dikembalikan kepada alasan-alasan yang bersifat kebendaan. kalau Allah bilang hitam.(QS. maka kita pun bilang hitam. Mengapa kita harus bersikap demikian? Jawabnya adalah karena Allah SWT itu tuhan. Sebagai tuhan.

.

Lalu bagaimana halnya dengan kisah Ashhabul Kahfi yang membawa anjing dalam persembunyiannya. Jazakallah khoiron katsiro atas jawaban Ustadz. jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hukum yang terkait dengan najisnya air liur anjing bukan didasarkan pada ayat Al-Quran tetapi didasarkan dari sunnah nabawiyah. 23 . Ustadz. Tetapi di luar Al-Quran. saya mohon penjelasan tentang dasar hukum haramnya anjing. yaitu Sunnah Nabawiyah. Demikian pertannyaan saya. perkataan dan hal yang didiamkan oleh Rasulullah SAW. kedudukan sunnah nabawiyah pada hakikatnya adalah wahyu dari Allah juga. kita punya sumber syariah yang lain. Lc Anjing Asslaamulaikum Warohmatullahi wabarokatuh. tidak akan didapat dalilnya.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Sunnah nabawiyah adalah semua perbuatan. Tidak boleh kita membedakan dalil yang terdapat yang ada di dalam Al-Quran dengan dalil yang terdapat di dalam hadits. tetapi beda format dibandingkan dari Al-Quran. Sama dengan Al-Quran. karena dalam QS Al-Maidah ayat ke 3 hanya menjelaskan tentang daging babi. Kalau anda cari di dalam Al-Quran.

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda. 91. bahkan levelnya najis yang berat (mughallazhah). Ahmad 2/427) Maka seluruh ulama sepakat bahwa air liur anjing itu najis. apakah kita akan bilang bahwa air kencing dan kotoran manusia itu suci boleh dimakan? Dan apakah kita akan mengatakan bahwa kalau seseorang habis buang air kecil dan besar. maka cucilah 7 kali. 24 . kita diharamkan hanya berdalil pada Al-Quran saja tanpa melihat kepada sunnah nabawiyah. Muslim 279. Sebab untuk mensucikannya harus dengan air tujuh kali dan salah satunya dengan menggunakan tanah. Dalil Najisnya Air Liur Anjing Adapun dalil dari sunnah yang telah diterima semua ulama tentang najisnya air liur anjing adalah sebagai berikut: Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda. Kufur kepada sunnah nabawiyah sama saja artinya dengan kufur kepada Al-Quran. 90). boleh langsung solat hanya karena di dalam Al-Quran tidak disebutkan kenajisannya? Dalam memahami syariah Islam. (HR Bukhari 172. Sebab Allah SWT dan Rasulullah SAW telah menegaskan kenajisan air liur anjing itu.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat." Dan menurut riwayat Ahmad dan Muslim disebutkan salahsatunya dengan tanah. Lc Bukankah di dalam Al-Quran tidak pernah disebutkan bahwa dalam sehari semalam kita wajib shalat sebanyak lima kali dan 17 rakaat? Bukankah di dalam Al-Quran juga tidak disebutkan najisnya (maaf) kotoran manusia dan juga air kencing? Lalu kalau tidak disebutkan di dalam Al-Quran.`Sucinya wadah kalian yang dimasuki mulut anjing adalah dengan mencucinya 7 kali." (HR Muslim 279. Siapa yang menentang hukum ini. Karena sunnah nabawiyah itu bersumber dari wahyu Allah SWT juga. maka dia telah menentang Allah dan rasul-Nya.`Bila seekor anjing minum dari wadah milik kalian.

dalam hal ini umumnya ulama mengatakan bahwa karena air liur itu bersumber dari tubuh anjing. Mazhab Al-Hanafiyah Dalam mazhab ini sebagaimana yang kita dapat dikitab Fathul Qadir jilid 1 halaman 64. Lalu bagaimana dengan kenajisan tubuh anjing. kitab Al-Badai` jilid 1 halaman 63. maka otomatis tubuhnya pun harus najis juga. a. Namun kita akui bahwa ada satu pendapat menyendiri yang mengatakan bahwa tubuh anjing itu tidak najis. Mereka bukan ingkarussunnah yang hanya memakai Quran lalu kafir kepada hadits. Lc Khilaf Dalam Penetapan Najisnya Tubuh Anjing Seluruh ulama telah membaca hadits-hadits di atas. tentunya mereka semua sepakat bahwa air liur anjing itu najis berat. namun kita hormati pendapat mereka dengan alur logika berfikirnya. Namun yang disepakati adalah kenajisan air liurnya. Meski kurang masuk akal. disebutkan bahwa 25 . tidak menyebutkan bahwa badan anjing itu najis.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Lebih dalam tentang bagaimana perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang kenajisan anjing ini. Karena hadits-hadits itu hanya menyebut air liurnya saja. Namun yang pasti. Sangat tidak masuk akal kalau kita mengatakan bahwa wadah air yang kemasukan moncong anjing hukumnya jadi najis. sementara tubuh anjing sebagai tempat munculnya air liur itu kok malah tidak najis. Pendapat ini dikemukakan oleh para ulama kalangan mazhab Malikiyah. Yang najis hanya air liurnya saja. Mereka adalah mazhab fiqih yang beraliran ahlussunnah wal jamaah juga. kita bedah satu persatu sesuai apa yang terdapat dalam kitab-kitab fiqih rujukan utama. ulama kalangan mazhab Maliki tidak pernah menolak dalil dari sunnah nabawiyah.

b. bahkan umumnya anjing bermanfaat banyak buat manusia. Misalnya sebagai hewan penjaga atau pun hewan untuk berburu. Sedangkan tubuh dan bagian lainnya tidak dianggap najis. Mengapa demikian? Sebab dalam hadits tentang najisnya anjing. c. Mazhab As-Syafi`iyah dan Al-Hanabilah Kedua mazhab ini sepakat mengatakan bahwa bukan hanya air liurnya saja yang najis. Silahkan periksa kitab Asy-Syarhul Kabir jilid 1 halaman 83 dan As-Syarhus-Shaghir jilid 1 halaman 43. wajiblah dicuci tujuh kali sebagai bentuk ritual pensuciannya. Bahkan hewan lain yang kawin dengan anjing pun ikut hukum yang sama pula. Maka hanya bagian mulut dan air liurnya saja (termasuk kotorannya) yang dianggap najis. Kedudukannya sebagaimana hewan yang lainnya. Logika yang digunakan oleh mazhab ini adalah tidak mungkin kita hanya mengatakan bahwa yang najis dari anjing hanya mulut dan air liurnya saja. yaitu: air liur. maka logika fiqih mereka mengantarkan mereka kepada pendapat bahwa tubuh anjing tidak najis. Lc yang najis dari anjing ada tiga. Mazhab Al-Malikiyah Seperti sudah disebutkan di atas. termasuk keringatnya. nazhab inimengatakan bahwa badan anjing itu tidak najis kecuali hanya air liurnya saja. Bila air liur anjing jatuh masuk ke dalam wadah air. Tetapi karena dalil sunnah nabawiyah tidak menyebutkan najisnya tubuh anjing. Sebab sumber air liur itu dari 26 . Dan untuk mensucikannya harus dengan mencucinya tujuh kali dan salah satunya dengan tanah. yang ditetapkan sebagai najis hanya bila anjing itu minum di suatu wadah air. mulut dan kotorannya. tetapi seluruh tubuh anjing itu hukumnya najis berat.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat.

Pertama. Ketika ditanyakan kepada beliau apa sebabnya beliau tidak mendatangi undangan yang kedua. sedangkan anjing itu najis. Seperti untuk berburu. Kedua. salah satunya ada anjing. Kecuali ada ketetapan hukum dari Rasulullah SAW. terutama bila digunakan untuk hal-hal yang berguna. kisah itu sama sekali tidak memberikan informasi tentang hukum tubuh anjing. kaum yang lain mengundangnya dan beliau tidak mendatanginya. Pendapat tentang najisnya seluruh tubuh anjing ini juga dikuatkan dengan hadits lainnya antara lain: Bahwa Rasululah SAW diundang masuk ke rumah salah seorang kaum dan beliau mendatangi undangan itu. Lc badannya. beliau bersabda. Lihat kitab Mughni Al-Muhtaj jilid 1 halaman 78."Di rumah yang kedua ada anjing sedangkan di rumah yang pertama hanya ada kucing." (HR Al-Hakim dan Ad-Daruquthuny). Kisah itu hanya menceritakan bahwa di antara penghuni gua. mereka bukan umat nabi Muhammad SAW. apakah najis atau tidak. Di kala lainya. Ada dua alasan mengapa kami katakan demikian. sama sekali tidak ada kaitannya dengan hukum najisnya anjing. Anjing Ashabul Kahfi Kisah ashabul kafi yang menghuni gua dan memiliki anjing. Maka badannya itu juga merupakan sumber najis.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Bahkan kita 27 . Maka syariat yang turun kepada mereka tidak secara otomatis berlaku buat kita. Termasuk air yang keluar dari tubuh itu juga. kitab Kasy-syaaf Al-Qanna` jilid 1 halaman 208 dan kitab Al-Mughni jilid 1 halaman 52. kotoran dan juga keringatnya. mencari jejak dan sebagainya.air kencing. Dan memelihara anjing dalam Islam tidak diharamkan. Dari hadits ini bisa dipahami bahwa kucing itu tidak najis. Dan kucing itu itu tidak najis.

yang dimaksud dengan binatang buas yang telah diajar dengan melatihkan untuk berburu di dalam ayat ini adalah anjing pemburu. "Apakah yang dihalalkan bagi mereka?" Katakanlah. Mereka menanyakan kepadamu. hukumnya boleh dimakan dan tidak perlu disembelih lagi. warahmatullahi wabarakatuh. Lc wassalamu 'alaikum 28 . Ahmad Sarwat. kamu mengajarnya menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu. Tentu bekas gigitannya pada tubuh binatang buruan tidak boleh dimakan. dan sebutlah nama Allah atas binatang buas itu. Al-Maidah: 4) Menurut para ahli tafsir. Tapi selain itu. Dan bertakwalah kepada Allah.(QS. sesungguhnya Allah amat cepat hisab-Nya. "Dihalalkan bagimu yang baik-baik dan oleh binatang buas yang telah kamu ajar dengan melatih nya untuk berburu.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Wallahu a'lam bishshawab. Al-Quran mengistilahkannya dengan sebutan: mukallab. Maka makanlah dari apa yang ditangkapnya untukmu. Lc dibolehkan memakan hewan hasil buruan anjing telah diajar.

harus pesan dulu tiga hari sebelumnya. Begini ustadz. Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana dengan kami yang tinggal di Jepang ini? Apakah kami tidak boleh makan daging sapi atau ayam yang dijual di negeri ini? Sebab ustadz bilang bahwa orang Jepang bukan termasuk ahli kitab. Bahkan kalau kita mau makan. terutama buat kami pelajar yang harus hidup hemat. Lc Membeli Daging Halal di Jepang Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesediaan pak Ustadz menjeguk kami yang sedang belajar di negeri sakura. apakah kami boleh memakan daging impor dari Australia itu. pak Ustadz? 29 . tapi harganya sangat mahal. Sebenarnya daging halal itu bukannya tidak ada. Kami menemukan daging sapi Australia yang dijual cukup murah. Tentu ini sangat menyusahkan. Pertanyaan kami. Kebetulan ada beberapa tempat yang menjual daging import dari negeri yang notabene beragama ahli kitab. ada satu hal pertanyaan yang belum tuntas ketika sesi tanya jawab kemarin yang ingin saya tanyakan.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Pak Ustadz kemarin mengatakan bahwa sembelihan orang kafir yang bukan ahli kitab hukumnya haram. seperti yang dijula di Hanamasa. Saya salah satu peserta Daurah yang diadakan oleh Keluarga Masyarakat Islam Indonesia di Tokyo yang sekarang sedang berlangsung (2-4 Mei 2008).

ataukah harus keturunan dan berdarah yahudi? 30 . Memang kami temukan sedikit masalah dalam mengkonsumsi daging sembelihan di Jepang. maka hukumnya halal. ada metodologi yang ditetapkan Allah SWT. Semoga Allah memberikan kesehatan dan kekuatan. karena akan terus ke Nagoya. Kedua. Tinggal masalahnya. Hiroshima dan kota-kota lainnya di Jepang. Kobe. ada sedikit perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang siapakah ahli kitab. Allah SWT menetapkan bahwa semua makanan itu halal hukumnya. atau ahli kitab. Namun bila hewan itu disembelih oleh seorang muslim. Dan ketika Allah mengharamkan makanan itu. dalam membedakan mana makanan halal dan mana makanan haram. Pertama. Lc Sebelumnya kami ucapkan terima kasih dan selamat berdakwah di negeri Sakura. maka Allah menyebutkan dengan tegas keharamannya. karena perjalanan ustadz masih panjang.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Jadi sembelihan orang Jepang adalah sembelihan yang haram dimakan oleh kita yang muslim ini. yaitu tentang hukum memakan daging import Australia. jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. di antara makanan yang haram adalah hewan yang disembelih oleh orang yang bukan muslim dan bukan pula ahli kitab. Sesuai dengan karakter hukum syariah. Dalam diskusi dan tanya jawab acara Daurah kemarin. memang ada pertanyaan yang belum secara tegas terjawab. Apakah mereka yang semata-mata secara statistik beragama kristen dan yahudi.

Di mana kita membeli daging impor dari negeri seperti Australi. harganya pun tidak semahal yang dibayangkan. Memang ada perbedaan dalam menetapkan siapa ahli kitab itu. dalam daurah kemarin ada salah satu peserta yang memberikan alamat homepage yang menyediakan daging halal. sebenanya ada peluang. Dan menurut beliau. Pembahasan tentang masalah ini sudah sering kali kami tuliskan di rubrik ini. Sebab kita memang harus membiasakan punya beberapa alternatif dalam hidup ini.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Wallahu a'lam bishshawab. ditanggung besok sudah bisa diterima di rumah. warahmatullahi wabarakatuh. yaitu kita membeli daging impor dari negara yang mayoritas beragama ahli kitab. Silahkan cari sendiri. maka upayakan terlebih dahulu untuk mendapatkan daging yang halal. Daging Impor Alternatif lain apabila kita tidak mendapatkan daging halal. wassalamu 'alaikum 31 . yang nota bene penduduknya beragama kristen. Dan alhamdulillah. Jadi sebagai orang yang tinggal di Jepang. Setidaknya. masih ada alternatif mendapatkan daging sembelihan yang halal. walau pun hanya sebatas status. namun setidaknya ini merupaka aliternatif kedua yang bisa diambil. pada saat misalnya kita tidak bisa menggunaka alternatif pertama. Dan sebelum sampai ke upaya terakhir yang berdasarkan kedaruratan. Lc Kami cenderung kepada pendapat mayoritas ulama yang mengatakan bahwa ahli kitab adalah mereka yang secara status disebut sebagai yahudi dan kristen. ini masih lebih baik dari pada membeli daging yang disembelih oleh orang Jepang. Beliau memberi jaminan bahwa bila kita pesan pakai internet hari ini.

Lc Ahmad Sarwat.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Lc 32 .

Wassalam jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. kita boleh memakan daging sembelihan ahli kitab. Lc Hewan yang Disetrum Assalamualaikum wr. apa hukumnya memakan daging hewan yang mati karena disetrum? 2. apakah kita boleh memakannya (kalau memang daging setruman hukumnya haram)? Karena setahu saya. 1. Apabila kita diundang makan oleh nonmuslim di negara yang menerapkan penyetruman hewan. Bagaimana hukum memakan daging tersebut kalau kita tidak mengetahui apakah daging itu disembelih atau disetrum? Terima kasih atas jawabannya. sehingga ada kemungkinan daging yang disajikan merupakan daging setruman. Metode ini dinilai lebih praktis dan efisien. Prinsip dasar penyembelihan adalah penumpahan darah hewan hingga mati. Ada dua pertanyaan yang ingin saya tanyakan. sudah banyak hewan-hewan yang tidak disembelih lagi sebelum dimasak. Yang ingin saya tanyakan. Bahkan di negara-negara maju. Seiring dengan perkembangan teknologi. metode penyembelihan hewan pun sudah berkembang sedemikian rupa.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. melainkan disetrum. Dan tempat yang paling tepat untuk 33 . wb.

dan yang diterkam binatang buas. yang ditanduk. daging babi. yang tercekik. Namun penyembelihan di leher tetap dilakukan dan prinsip darah mengalir keluar tetap terjadi. Karena masih tetap ada prinsip penyembelihan. Diharamkan bagimu (memakan) bangkai. mati tertanduk. Atau terkadang digunakan gas bius dan beberapa cara lainnya. yang dipukul. haram untuk dimakan. Maka syariat yang Allah SWT turunkan sejak dari dulu para nabi adalah penyembelihan di leher hingga darah tumpah membasahi bumi. Di berbagai rumah potong hewan di Australia misalnya. mati tercekik. kecuali yang sempat kamu menyembelihnya. (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah. Hanya dengan cara penyembelihan saja hewan menjadi halal dimakan. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. penyembelihan secara prinsip tetap dilakukan. meski kalangan orang tidak beragama dan tidak percaya kepada tuhan sekalipun. mati karena jatuh dari ketinggian dan sebab-sebab lainnya. seperti mati dipukul. (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Al-Maidah: 3) Yang kami ketahui setruman terkadang digunakan untuk melemahkan perlawanan sapi yang hendak disembelih. Dan cara ini hukumnya halal dan diperbolehkan dalam syariat Islam. Ada pun hewan yang mati dengan cara lain. yang jatuh. Dan semua itu tetap relevan di masa modern ini berkat para ahli yang mengatakan bahwa dengan keluarnya darah dari tubuh 34 . walau pun dengan mesin otomatis. darah. dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Lc menumpahkan darah adalah di leher. di mana sebelumnya hewan itu dilemahkan dengan gas tertentu sehingga memudahkan penyembelihan. (QS. Boleh dibilang bahwacara penyembelihan seperti ini sudah diakui oleh semua orang.

tapi malah menyetrumnya hingga mati. Lc wassalamu 'alaikum 35 . sebab para ahli mengatakan bahwa cara seperti itu tidak higienis dan beresiko tinggi pada kesehatan. Tidak cukup sebuah dugaan untuk mengubah hukum suatu yang asalnya halal menjadi haram.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. boleh anda kirimkan data dan beritanya kepada kami. Kalau memang ada negeri pengekspor daging sapi dan tidak dengan cara disembelih. Maka kami tidak tahu kalau seandainya ada di suatu tempat. rasanya kita perlu bukti otentik yang merupakan realita. Kalau memang benar apa yang anda katakan itu. maka resiko daging itu mengandung penyakit menjadi semakin kecil. Agak tidak masuk akal memang. Lc hewan karena disembelih. bukan sekedar dugaan atau berita dari mulut ke mulut. orang tidak melakukan penyembelihan. warahmatullahi wabarakatuh. Wallahu a'lam bishshawab. melainkan disetrum sampai mati. Ahmad Sarwat.

.

di tengah gurun pasir saat tidak ada makanan untuk menyambung hidup. yang utama alasannya karena buaya adalah binatang buas. Sedangkan kebolehan memakan sesuatu yang haram hanya berlaku dalam kondisi darurat yang terkait dengan keselamatan jiwa. apakah bila daging tersebut dimakan fungsinya sebagai obat. Misalnya. kita dibolehkan memaka ular gurun yang kebetulan kita temukan. selain karena hidup di dua alam. Buaya termasuk hewan yang haram dimakan.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. tetapi dengan alasan darurat. saya mau bertanya haramkah memakan daging buaya? Saya pernah dengar hewan yang hidup di 2 alam yakni air maupun darat haram hukumnya? Bila haram. boleh dimakan sekedar untuk menyambung hidup. wb. untuk saat itu saja. jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Ustadz. 37 . Lc Daging Buaya Assalamualaikum wr. Meski ular itu haram dimakan pada dasarnya. terima kasih. Binatang buas pemakan daging termasuk kelompok hewan yang haram dimakan. harta dan agama. apakah menjadi halal atau tetap haram? Karena sepengetahuan saya bila makanan yang haram bila dijadikan obat hukumnya akan tetap haram.

Lalu Rasulullah SAW bersabda. Keharamannya 38 . pengobatan dengan menggunakan khamar tetap diharamkan. Tidak dibenarkan memakan bagian dari tubuh buaya. makanan yang haram bila dijadikan obat hukumnya akan tetap haram. bertanya kepada Rasulullah SAW tentang hukum khamar yang dijadikan obat. karena buaya termasuk binatang buas yang hukumnya haram dimakan. Adapun untuk pengobatan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut ini: Dari Ummi Salamah ra bahwa Nabi SAW bersabda. Muslim) Hadits ini juga diriwayatkan oleh Abu Daud dan lainnya juga."Sesungguhnya Allah SWT tidak menjadikan obat untuk kamu pada hal-hal yang telah diharamkannya. Maka pandangan anda benar. "Khamar itu bukan obat melainkan racun" (HR. Dan obat yang Allah turunkan itu bukan pada makanan yang diharamkan. Karena itu. Minum khamar tetap haram meski tujuannya untuk obat. lantaran khamar adalah minuman yang diharamkan Allah. Tapi hanya sekedar alternatif biasa. Maka tidak mungkin Allah SWT menjadikannya sebagai obat untuk suatu penyakit. Semua ini menganut pada asas dan kaidah bahwa kedaruratan itu bisa menghalalkan yang haram. Maka prinsip dasar yang telah ditetapkan syariah adalah bahwa Allah telah menurunkan penyakit dan juga obatnya. Dari Wail Al-Hadhrami bahwa Thariq bin Suwaid ra.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Lc Ular itu langsung berubah menjadi haram kalau tiba-tiba ada jenis makanan lain yang halal." (HR AlBaihaqi dan Ibnu Hibban menshahihkan hadits ini). namun keharaman akan segera kembali bila kedaruratan itu hilang. apalagi bila tidak terkait dengan kepentingan pertolongan pertama yang bersifat darurat. meski harus berjalan jauh untuk mendapatkannya. sebenarnya tidak ada istilah darurat.

kan? Wallahu a'lam bishshawab. wassalamu 'alaikum 39 . Lc ditambah lagi dengan satu hal. karena tidak pernah mati dengan cara disembelih sesuatu syariah. Lc. Ahmad Sarwat. Kita tidak pernah mendengar ada buaya mati dengan cara disembelih. yaitu buaya itu mati sebagai bangkai.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. warahmatullahi wabarakatuh.

.

banyak penduduk yang membudidayakan bekicot ini. Jerman dan Amerika Serikat.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Dan Indonesia termasuk salah satu negara eksportir bekicot. Beberapa negara lain juga selalu mengimpor daging bekicot. Di Jepang pun bekicot juga digemari. Kanada. Sehingga mengekspor bekicot memang sebuah peluang tersendiri yang bepotensi mendatangkan devisa. Yunani. Luxemburg. Ada 41 . Lc Pertemuan Keenam Bekicot Di Perancis ada masakan yang kondang disebut escargot yang berbahan baku daging bekicot. Tapi volume dan kontinuitasnya belum memenuhi kebutuhan pasar importir. Belanda. Taiwan. seperti Hongkong. rempeyek bekicot. sate bekicot. dan sebagainya. Belgia. yang mengolah jadi keripik bekicot. Di daerah Kediri. Kedua negara itu banyak mengimpor daging bekicot.

asam aspartat 5. 88 gr. Jawabnya. 62 gr. Namun setelah diteliti. Sumber data lain menunjukkan. 16 gr. Kandungan lain adalah lemak 1%. fospor 78 mg. dan asam glutamat 8. hidrat arang 2%. Fe 1. arginin 4. ternyata terdapat perbedaan pandangan di kalangan ulama tentang hukum makan bekicot. Apakah hukum bekicot itu? Halalkah atau haram? Bagaimana dalil yang terkait dengan masalah ini. batuk. Kenapa bisa begitu? 42 .Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. protein yang terkandung sekitar 12 gram per 100 gram dagingnya. Tidak jelas sumbernya. 35 gr. Sedangkan cangkang bekicot kaya kalsium. sebagai muslim kita harus berhadapan terlebih dahulu dengan hukum halal haram. Lc Kandungan Gizi Ada beberapa penelitian yang umumnya menyebutkan bahwa bekicot mengandung protein yang tinggi. 98 gr. kudis dan sebagainya. Selain itu kandungan asam amino daging bekicot cukup menonjol. dan dalam daging tersebut masih terdapat banyak asam-asam amino. daging itu dapat menyembuhkan penyakit gatal-gatal. 7 mg serta vitamin B komplek terutama vitamin B2. ternyata ada sebagian lainnya yang berpedapat tidak cukup dalil untuk mengharamkannya. karena belum diteliti secara ilmiyah. Dalam 100 gr daging bekicot kering antara lain terdiri atas leusin 4. menurut mereka yang biasa makan daging bekicot. Temuan di Kediri. Ada sebagian kalangan ulama yang tegas mengharamkannya. lisin 4. Hukum Bekicot Lepas dari masalah kandungan gizi. kalsium 237 mg. khasiat atau pun peluang bisnis mengekspor bekicot.

tentu saja tidak akan terjadi perbedaan pendapat. ternyata perbedaan pendapat ini dipicu dari tidak ditemukannya dalil yang tegas menyebutkan bahwa hewan yang namanya bekicot itu haram. Seandainya ada ayat yang mengharamkan dengan menyebut nama bekicot sebagai hewan yang haram dimakan. yaitu perasaan jijik kalau melihat bekicot. Ar Rafii sungguh telah berkata dalam masalah kepiting: Sesungguhnya bekicot itu haram karena di dalammnya terdapat kemudaratan. kalangan Nahdliyyin di Jawa Timur dalam Bahtsul Masail tahun 1997 menetapkan keharaman bekicot. yang secara tegas disebut di dalam Al-Quran. kotor dan jijik langsung muncul. 43 . 1. pasti kesan jorok.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Coba saja seandainya di dalam rumah kita ada sepuluh bekicot nempel di dinding ruang tamu. dan karena bekicot itu masuk dalam ke umuman dari keharaman rumah kerang. Pendapat ini dikuatkan oleh penjelasan dalam kitab 'kuning'. Lc Penjelasannya. Dengan menggunakan pendapat dari Ar-Rafi'i. Pendapat Yang Mengharamkan Sebagian ulama mengharamkan bekicot dengan dasar bahwa hewan itu menjijikkan. Dan secara umum memang setiap orang akan merasakan hal yang sama. masalah ini menyisakan ruang buat para mujtahid untuk berbeda pendapat. yaitu Kitab Hayatu al-Hayawan al-Kubra juz 1 halaman 237: (bekicot) … (dan hukumnya) di haramkan karena menjijikkan. Seperti ketika Allah SWT mengharamkan babi. Perasaaan inilah yang kemudian dijadikan landasan untuk mengharamkan makan bekicot. Walhasil. Namun kita memang tidak menemukan kata 'bekicot' baik di dalam Al-Quran maupun di dalam hadits nabawi.

Dan kedudukan hukum halal ini tidak bisa berubah kecuali bila telah datang dalil yang tegas untuk mengharamkannya. Hewan yang diharamkan untuk membunuhnya. Dan ternyata dalil yang mengharamkan secara tidak langsung pun juga tidak ditemukan. Al-Jallaalah. Hewan yang diperintahkan untuk membunuhnya. Pendapat Yang Tidak Mengharamkan Sementara kalangan ulama yang tidak mengharamkan bekicot berangkat dari kaidah fiqih. yaitu tentang hewan yang menjijikkan. di mana cakar dan kukunya digunakan untuk memangsa buruannya. Dalil itu bisa saja berupa ayat Quran ataupun hadits nabawi yang menyebutkan keharamannya secara langsung. yaitu halal. bahwa segala sesuatu termasuk makanan. yaitu hewan berkaki empat atau dua (al-an'am) yang tidak matinya tidak disembelih secara syar'i. Hewan yang bercakar dan berkuku. tidak ada satu pun ayat atau hadits yang menyebutkan keharaman bekicot secara langsung. kecuali hanya dengan menyebutkan kriterianya saja.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Tidak ada satu pun kriteria keharaman makanan yang termasuk di dalamnya daging bekicot Kriteria Hewan Yang Haram Dimakan Bangkai. namun bisa juga secara tidak langsung. punya hukum asal. yaitu hewan yang makanan pokoknya benda najis dan kotoran Hewan yang hidup di dua alam (ini pun masih khilafiyah) Hewan Yang Menjijikkan Dari keenam kriteria di atas. ada satu kriteria yang diperdebatkan oleh para ulama. Lc 2. 44 . menurut mereka. Nah.

masing-masing bersikeras untuk mempertahankan pendapatnya. bila memang benar ada dalil yang menyebutkan bahwa rasa jijik = haram. Masalah kedua. maka hewan itu hukumnya haram. manakah dalil yang menyebutkan bahwa bila seseorang merasa jijik atas suatu hewan. lalu rasa jijik menurut standar siapa? Sebab tiap orang ternyata punya standar rasa jijik yang berbeda-beda. Lc Masalah pertama. Apakah standar untuk memberikan batasannya? Karena itu pada akhirnya urusan bekicot ini tetap menjadi polemik di kedua belah pihak.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. 45 .

.

“Dari Abdurrahman bin Utsman Al-Quraisy bahwanya seorang tabib (dokter) bertanya kepada Rasulullah SAW. maka Rasulullah SAW melarang membunuhnya. 47 . Lc Pertemuan Ketujuh Kodok dan Kepiting Dari segi dalil. kita menemukan sebuah hadits yang menyebutkan tentang memakan hewan kodok. Meski pun tidak tidak disebutkan bahwa hewan itu najis atau haram dimakan. ditakhrijkannya pula Abu Daud dan Nasa’I). Sementara di kalangan ulama berkembang sebuah kaidah bahwa hewan-hewan yang diperintahkan untuk membunuhnya. tentang kodok yang dipergunakan dalam campuran obat. Sebab Rasulullah SAW melarang untuk membunuhnya.” (Ditakharijkan oleh Ahmad dan dishahihkan Hakim. Dari hadits ini. hukumnya haram dimakan.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. para ulama umumnya mengatakan bahwa memakan daging kodok itu halal.

umumnya pendapat mazhab ini merujuk kepada dalil secara apa adanya. Dan mengkategorikan hewan-hewan itu sebagai khabaits (kotor). Bila di dalam dalil itu tidak tertuang secara eksplisit tentang najis atau haramnya suatu hewan. Seandainya boleh dimakan. kecenderungan jumhur ulama berpendapat bahwa kodok itu tidak halal dimakan berdasarkan dalil dan kaidah di atas. Lc Demikian juga dengan hewan yang dilarang untuk membunuhnya. maka mereka akan bersikukuh untuk tidak mengharamkannya. Mereka berpendapat bahwa memakan kodok dan hewan semacamnya seperti serangga. Sebagaimana sudah seringkali dijelaskan. 48 . meski tidak ada keterangan bahwa dagingnya najis atau haram dimakan.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. maka tidak akan dilarang untuk membunuhnya. juga kitab Takmilatul Fathi jilid 8 halaman 62. kura-kura dan kepiting (cancer) hukumnya boleh selama tidak ada nash atau dalil yang secara jelas mengharamkannya. Mereka yang mengharamkan kodok juga mendasarkan larangan ini dengan dalil bahwa kodok itu termasuk hewan yang menjijikkan secara umum. Mereka yang Menghalalkan Mereka yang menghalalkan adalah kalangan mazhab Maliki. bagi mereka dianggap tidak bisa dengan standar masing-masing individu. Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Daud. Silahkan periksa kitab Al-Lubab Syarhil Kitab jilid 3 halaman 230. kitab Mughni Al-Muhtaj jilid 4 halaman 298 dan kitab AlMuhazzab jilid 1 halaman 250. hukumnya pun haram dimakan. karena pasti akan bersifat subjektif. Alhakim dari Abdurrahman bin Utsman atTamimi. Walhasil. Ahmadn Ishaq.

sehingga tidak butuh disembelih. Hukum Kepiting Menurut Imam Ahmad bin Hanbal. Sehingga untuk mengharamkannya tidak cukup dengan itu. tidak ada nash yang melarang secara tegas memakan hewan-hewan itu. Dan menurut Al-Malikiyah. kepiting tidak punya darah. tapi harus ada nash yang jelas. Lc Ada orang yang tidak merasa bahwa hewanb itu menjijikkan atau kotor dan juga ada yang sebaliknya. maka untuk memakannya wajib dengan cara menyembelihnya. kepiting itu boleh dimakan karena sebagai binatang laut yang bisa hidup di darat. Silahkan periksa kitab Bidayatul Mujtahid jilid 1 halaman 656 dan kitab Al-Qawanin Al-Fiqhiyah halaman 172. Sedangkan bila hewan dua alam itu punya darah. 49 .Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Silahkan periksa kitab Al-Mughni jilid 8 halaman 606 dan kitab Kasysyaf Al-Qanna` jilid 6 halaman 202.

.

ada dua hal penting yang perlu diperhatikan. Sementara para peneliti kemudian mengkritisi lebih lanjut dan menemukan bahwa ternyata hewan yang dimaksud itu bukan biawak. terbukti memang bukan biawak. Dalam menjawab pertanyaan ini. Ustadz. Pertama. langsung saja. wb. Masalah Pertama: Apakah Biawak terjemahan kata Dhabb? Banyak orang di masa lalu menerjemahkan kata dhab (ضب) dengan biawak. karena memang bukan biawak. wb. Memang gambarnya mirip dengan biawak. Wassalamu''alaikum wr. Apa hukumnya memakan daging biawak? Syukron. 1. masalah biawak yang oleh sebagian kalangan dianggap sebagai terjemahan dari kata dhabb.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. hukum dhabb sendiri yang ternyata menjadi bahan perbedaan pendapat para ulama. lebih sering ditulis dengan: hewan mirip biawak. jawaban Assalamu ''alaikum warahmatullahi wabarakatuh. karena terdapatnya beberapa hadits yang berbeda hukumnya tentang hewan itu. Sehingga pada penerjemahan berikutnya. namun setelah diteliti lebih lanjut. Kedua. Walhasil. maka hukumnya tidak terkait dengan masalah dhabb sebagaimana yang terdapat dalam hadits-hadits nabawi. 51 . Lc Daging Biawak Assalamu''alaikum wr. Ustadz.

(HR Abu Daud) Dari Abduurahman bin Hasnah bahwa para shahabat memasak dhabb. Hadits-hadits yang Melarang Makan Dhabb Bahwa Rasulullah SAW melarang (makan) dhabb. b. maka beliau menjawab. maka beliau menjawab. "Makanlah hewan itu karena hukumnya halal. lalu nabi SAW bersabda."Aku makan dhabb pada hidangan Rasulullah SAW.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. "Sesungguhnya satu umat dari bani Israil diubah menjadi hewan melata di tanah. Hadits yang Menghalalkan Dhabb Dari Ibnu Abbas ra berkata. "Aku tidak memakannya namum tidak mengharamkannya. kecuali ada kemiripan bentuk. a." (HR Muslim) Ijtihad Para Ulama 52 ." (HR An-Nasa''i) Rasulullah SAW bersabda. 2. Sebagian dari matan hadits itu menunjukkan kebolehan memakan dhabb. aku khawatir mereka itu adalah hewan ini. Masalah Kedua: Perbedaan Ijtihad Ulama tentang Hukum Dhabb. Namun hewan itu bukan makananku. Keduanya tidak ada kaitannya. berkata bahwa Rasulullah SAW ditanya tentang hukum dhabb. biawak adalah nama jenis binatang tertentu." (HR Bukhari Muslim) Dari Ibnu Umar ra. "Hukumnya sama. sedangkan dhabb adalah nama jenis binatang yang lain. Ibnu Hibban dan Ath-Thahawi) Ibnu Hibban dan Ath-Thahawi menshahihkan hadits ini dengan sanad sesuai syarat dari Bukhari. jadi buanglah. namun sebagian lainnya menunjukan ketidak-halalannya. Ada beberapa hadits yang saling berbeda terkait dengan hukum memakan daging dhabb. Lc Maksudnya." (HR Ahmad." Beliau juga ditanya tentang hukum makan belalang.

sebagaimana hasil peniliaian para ulama berikut ini: Ibnu Hazam mengatakan bahwa hadits riwayat Abu Daud tentang Rasulullah SAW melarang (makan) dhabb itu adalah hadits yang bermasalah pada isnadnya. Menurut beliau perawi ini termasuk kategori: laisa bihujjah (tidak bisa dijadikan dasar argumen). Sedangkan terhadap hadits-hadits yang membolehkannya. Demikian juga dengan Al-Baihaqi. b. Karena kalau halalatau sekedar makruh. Mereka juga mengatakan bahwa hadits yang melarang makan dhabb karena Rasulullah SAW khawatir hewan itupenjelmaan manusia yang dikutuk. meski tidak doyan. beliaumengatakan bahwa dalam isnad hadits ini ada perawi yang bernama Ismail bin Ayyash. Bahkan Rasulullah SAW sampai memerintahkan untuk membuangnya. hukumnya haram. mereka mengatakan bahwa kedudukan hadits-hadits itu lemah dan bermasalah. meski beliau sendiri tidak memakannya. a. karena beliau khawatir hewan itu adalah penjelmaan dari umat terdahulu yang dikutuk jadi hewan.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Perintah untuk membuangnya berarti makanan itu haram. Sebagian dari mereka mengharamkannya dan sebagian lainnya menghalalkannya. tidak mungkin beliau perintahkan untuk membuangnya. Beliau mengatakannya perawinya dhaif (lemah) dan majhul (tidak diketahui). Sebab membuang makanan. Mereka yang Menghalalkan Mereka yang menghalalkan makan daging dhabb tentu saja berhujjah dengan hadits-hadits yang membolehkan. tidak 53 . Mereka yang Mengharamkan Pengharaman mereka berangkat dari adanya hadits-hadits di atas yang esensinya mengharamkan seorang muslim memakan daging dhabb. maka para ulama pun berbeda pendapat tentang hukum memakannya. Lc Dengan adanya perbedaan sekian hadits tentang dhabb di atas. Yaitu Rasululah SAW membolehkan makan dagingnya.

" Asal hadits ini dari riwayat Imam Muslim. Wallahu a''lam bishshabwab. Lc bisa diterima. Sebab bertentangan dengan hadits lainnya yang menyebutkan bahwa Allah SWT tidak mengutuk orang jadi hewan lalu hewan itu bisa beranak pinak dan berketurunan. 54 . apakah hewan itu penjelmaan (orang yang dikutuk di masa lalu)? Beliau menjawab. bahkan setelah jadi hewan. Ahmad Sarwat. Kemungkinan saat itu Rasulullah SAW belum menerima wahyu lebih lanjut bahwa umat terdahulu yang dikutuk menjadi hewan tidak akan punya keturunan. tidak lama kemudian mereka mati. Bulughul Maram. Lc. sebagaimana ditulis oleh Ashshan''ani di dalam kitab beliau.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. "Sesungguhnya Allah SWT tidak menghancurkan suatu kaum atau mengutuknya jadi hewan sehingga mereka punya keturunan. Dari Ibnu Mas''ud ra. bahwa Rasulullah SAW ditanya tentang kera dan babi. wassalamu ''alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bukhari bab kitab Ath-`Imah bab al-`Ajwah). Lc Pertemuan Kedelapan Kurma Nabi Masalah itu memang ada dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitabnya Ash-Shahih pada kitab Ath-`Imah bab al-`Ajwah. (HR. hadastana Marwan.”Barang siapa yang pada setia pagi hari memakan 7 kurma `ajwah. akhbarana Ibnu Sa`d dari ayahnya berkata bahwa Rasulullah SAW telah bersabda. 55 .Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. maka dia tidak akan terkena bahaya racun dan sihir pada hari itu”. Lengkapnya sbb : Hadatsana Jum`ah bin Abdillah. Hadits ini oleh Bukhari juga dikeluarkan dalam masalah Tibb (pengobatan) dari Ali bin Abdillah. akhbarana Hasyim ibnu Hasyim.

Juga dari Abi Hurairah. seperti : Siapa yang makan kurma ajwah Madinah 7 kali dan memakannya selama tujuh hari maka akan terhindar dari penyakit juzam”. Juga diriwayatkan pula oleh An-Nasai dalam bab walimah dari hadits Ishaq bin Ibrahim. Sebagian menerimanya sebagai bagian dari syariat yang resmi. Namun sebagian lagi menerima namun tidak dikategorikan dari hukum syariah secara resmi. Hadits ini tidak dikenal perawinya dan asing. Dan tidak perlu nalar atau logika dalam menerimanya. karena masalah ini sama kasusnya dengan masalah jumlah bilangan shalat atau nishab 56 . Ad-Daruquthuny juga meriwayatkan hadits ini dengan matan yang sedikit berbeda : “Siapa yang makan 7 kurma dari kedua perbatasan Madinah maka dia tidak akan terkena bahaya racun dan sihir pada hari itu”. Lc Selain itu Muslim pun meriwayatkan hadits ini dalam bab Ath-`Imah dari hadits Abi Bakar bin Abi Syaibah.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. PENJELASAN HADITS : Para ulama berbeda pendapat dalam mengistimbath hadits ini.”Dalam kurma `ajwah itu ada penyembuhan (obat)”.”Kurma `Ajwah itu berasal dari surga dan mengnadung obat penawar racun”. Juga ada hadits dari Aisyah ra. Imam An-Nawawi berkomentar atas hadits ini bahwa kita wajib mengimaninya secara apa adanya karena merupakan sabda Rasulullah SAW yang bernilai syar`i. Selain itu juga ada hadits-hadits dhaif dan lemah tentang kurma `ajwah ini. Juga diriwatkan pula oleh Abi Daud dalam bab pengobatan dari hadits Utsman bin Abi Syaibah.

Wallahu A`lam Bish-Showab. 57 . yang mungkin tidak dijumpai di negara lain. Karena pengaruh tanah. banyak sekali tumbuhan yang di suatu negara menjadi obat eapi di negeri lain malah menjadi racun yang mematikan. tetapi tidak dapat dimanfaatkan ketika tumbuh di tempat lain. seperti penduduk Madinah dan wilayah sekitarnya saja. Dan sebaliknya. Sehingga tanaman di sekitar situ bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Dengan demikian hadits Rasulullah SAW itu adalah bersifat umum yang dikhususkan. Sedangkan Imam Ibnul Qayyim sedikit berbeda dalam mengomentari masalah hadits-hadits Nabi yang berkaitan dengan masalah kesehatan atau kedokteran. Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh. Lc zakat. Manfaat kurma `ajwah itu boleh jadi bereaksi pada jenis racun tertentu. udara atau keduanya. Beberapa tempat tertentu memiliki tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk obat-obatan.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat.”Hadits ini merupakan teks nash yang konotasinya khusus ditujukan kepada penduduk tertentu saja. Beliau mengomentari hadits ini. Jadi sudah merupakan ketentuan baku yang sudah pasti datangnya dari Allah.

.

Lc Pertemuan Kesembilan Khamar dan Alkohol Khamar atau yang lebih dikenal dengan minuman keras diharamkan oleh Allah SWT dalam beberapa ayat Al-Quran. Dari yang sekedar sindiran tentang mudharatnya hingga yang mengharamkan secara total. Tahap 1.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. 59 . Ada empat ayat Al-Quran yang diturnkan dalam waktu yang berbeda dan dengan kandungan hukum yang berbeda.

Tapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya. Al-Baqarah : 219) Tahap 3. sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan… (QS. (QS. .Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. (QS. ‫ﻳﺎ أﻳﻬﺎ اﻟﺬﻳﻦ ﺁﻣﻨﻮا إﻧﻤﺎ اﻟﺨﻤﺮ واﻟﻤﻴﺴﺮ واﻷﻧﺼﺎب واﻷزﻻم رﺟﺲ ﻣﻦ ﻋﻤﻞ اﻟ ﺸﻴﻄﺎن‬ ‫ﻓﺎﺟﺘﻨﺒﻮﻩ ﻟﻌﻠﻜﻢ ﺗﻔﻠﺤﻮن‬ Hai orang-orang yang beriman.”Pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Al-Maidah : 90) ‫إﻧﻤﺎ ﻳﺮﻳﺪ اﻟﺸﻴﻄﺎن إن ﻳﻮﻗﻊ ﺑﻴﻨﻜﻢ اﻟﻌﺪاوة واﻟﺒﻐﻀﺎء ﻓﻲ اﻟﺨﻤﺮ واﻟﻤﻴﺴﺮ وﻳ ﺼﺪآﻢ ﻋ ﻦ‬ ‫ذآﺮ اﷲ وﻋﻦ اﻟﺼﻼة ﻓﻬﻞ أﻧﺘﻢ ﻣﻨﺘﻬﻮن‬ 60 . janganlah kamu shalat dalam keadaan mabuk. . (QS. ‫ﻳﺴﺄﻟﻮﻧﻚ ﻋﻦ اﻟﺨﻤﺮ واﻟﻤﻴﺴﺮ ﻗﻞ ﻓﻴﻬﻤﺎ إﺛﻢ آﺒﻴﺮ وﻣﻨﻔﻊ ﻟﻠﻨﺎس وإﺛﻤﻬﻤﺎ أآﺒﺮ ﻣﻦ ﻧﻔﻌﻬﻤﺎ‬ Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Lc ‫وﻣﻦ ﺛﻤﺮات اﻟﻨﺨﻴﻞ واﻷﻋﻨﺎب ﺗﺘﺨﺬون ﻣﻨﻪ ﺳﻜﺮا و رزﻗﺎ ﺣﺴﻨﺎ‬ Dan dari buah kurma dan anggur. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. An-Nahl : 67) Tahap 2. An-Nisa : 43) Tahap 4. sesungguhnya khamar. berkorban untuk berhala. ‫ﻳﺎ أﻳﻬﺎ اﻟﺬﻳﻦ ﺁﻣﻨﻮا ﻻ ﺗﻘﺮﺑﻮا اﻟﺼﻼة و أﻧﺘﻢ ﺳﻜﺎرا ﺣﺘﻰ ﺗﻌﻠﻤﻮا ﻣﺎ ﺗﻘﻮﻟﻮن‬ Hai orang-orang yang beriman. judi. mengundi nasib dengan panah adalah perbuatan kejitermasuk perbuatan syetan. kamu buat minuman yang memabukkan dan rezki yang baik. Katakanlah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang yang memikirkan. .

Sedangkan jumhur ulama memberikan definisi khamar yaitu : segala sesuatu yang memabukkan baik sedikit maupun banyak. 1 Al-Fiqhul Islami Wa Adillatuhu. Muslim dan AdDaruquthuny). Lc Sesungguhnya syetan itu bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian diantara kamu dengan khamar dan judi serta menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat. 149 61 . Ahmad dan Ashhabussunan). Definisi ini didasarkan pada hadits Rasulullah SAW : Dari Ibni Umar RA. (HR. Dr. Maka berhentilah kamu dari pekerjaan itu. Al-Maidha : 91) Pengertian Khamar Khamar dalam bahasa Arab berasal dari akar kata “kamara” yang bermakna sesuatu yang menutupi”. (QS. Rasulullah SAW bersabda. Paling tidak ada lebih dari 26 orang shahabat yang meriwayatkan hadits seperti ini dengan beragam lafaznya.”Maa Khaamaral aql” yaitu sesuatu yang menutupi akal. bahwa Rasulullah SAW bersabda.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Disebutkan.” (HR. jilid 6 hal.”Segala yang memabukkan adalah khamar dan segala yang memabukkan hukumnya haram”.”Segala yang memabukkan itu adalah khamar dan semua jenis khamar itu haram.1. Wahbah Az-Zuhaili.

Syarat diberlakukannya hukuman hudud bagi peminum khamar Berakal Peminumnya adalah seorang yang waras atau berakal. maka tetap dihukum. Hal itu disebabkan mereka mempunyai definisi tersendiri dalam masalah khamar. sehingga bila seorang anak kecil di bawah umur minum minuman keras. Sedangkan minuman memabukkan lainnya bukan termasuk khamar dalam pandangan mereka. bila seseorang minum sesuatu minuman memabukkan yang bukan termasuk khamar. Baligh Peminum itu orang yang sudah baligh. Muslim Hanya orang yang beragama Islam saja yang bila minum minuman keras yang bisa dihukum hudud. Sedangkan non 62 . Lc Sedangkan Al-Hanafiyah sedikit membedakan antara hukum mabuk dengan hukum minum khamar. Namun demikian.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Pembedaan itu menyangkut urusan bila seseorang minum khamar dan tidak mabuk. orang yang mabuk karena minum minuman memabukkan tetap dihukum juga sesuai dengan aturan syariat. tetap dihukum. maka tidak boleh dihukum hudud. definisi khamar adalah air perasan buah anggur yang telah berubah menjadi minuman memabukkan. Dan sebaliknya. Sehingga orang gila bila meminum minuman keras maka tidak boleh dihukum hudud. Bahwa tidak semua minuman memabukkan itu termasuk khamar dalam pendapat mereka. Dalam mazhab Al-Hanafiyah.

Artinya bentuknya sudah menjadi ketentuan dari Allah SWT. yaitu hukum yang bentuk. Lc muslim tidak bisa dihukum bahkan tidak bisa dilarang untuk meminumnya. syarat. Sehingga tidak boleh diganti dengan bentuk hukuman lainnya seperti penjara atau denda uang dan sebagainya. maka dia tidak bisa dijatuhi hukuman hudud. Tahu bahwa itu adalah khamar Bila seorang minum minuman yang dia tidak tahu bahwa itu adalah khamar. Sehingga pelakunya dalam kondisi itu tidak bisa dijatuhi hukuman hudud.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Bisa memilih Peminum itu dalam kondisi bebas bisa memilih dan bukan dalam keadaan yang dipaksa. pembuktian dan tatacaranya sudah diatur oleh Allah SWT. Bentuk hukuman hudud peminum khamar Peminum khamar yang telah dijatuhi vonis dan dinyatakan bersalah oleh sebuah institusi pengadilan (mahkamah syar`iyah) hukumannya adalah dipukul. 63 . Dalam istilah fiqih disebut hukum hudud. Tidak dalam kondisi darurat Maksudnya bila dalam suatu kondisi darurat dimana seseorang bisa mati bila tidak meminumnya.”Siapa yang minum khamar maka pukullah”. Rasulullah SAW bersabda. Bentuk hukuman ini bersifat mahdhah. maka pada saat itu berlaku hukum darurat.

Ada perbedaan pendapat dikalangan ulama dalam menentukan jumlah pukulan. Pendapat mereka didasarkan kepada perkataan Sayyidina Ali ra.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. maka bentuk hukumannya adalah dicambuk sebanyak 80 kali. Mereka adalah Abu Hurairah.”Rasulullah SAW mencambuk peminum khamar sebanyak 40 kali. (HR. Kesemuanya adalah sunnah. berkata. Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Ali ra. Dasarnya adalah sabda hadits Rasulullah SAW : 64 . Syarhabil bin Aus dan Ghatif ibn Harits. Abdullah bin Amru. Bila mabuk maka meracau. Ibnu Umar.. Lc Hadits ini termasuk jajaran hadits mutawatir. Sedangkan Utsman 80 kali. As-Syarid bin suwaid. Tapi yang ini (80 kali) lebih aku sukai”. hadits ini diriwayatkan oleh 12 orang shahabat yang berbeda. Sedangkan Imam Asy-Syafi`i ra. Abu bakar juga 40 kali. Ad-Daruquthuni. Jumhur fuqoha sepakat bahwa peminum khamar yang memenuhi syarat untuk dihukum. Muslim). Jarir bin Abdillah. Bila meracau maka tidak ingat. Qubaishah bin Zuaib. yaitu hadits yang diriwayatkan oleh sejumlah besar perawi pada tiap thabawatnya (jenjang) dan mustahil ada terjadi kebohongan diantara mereka. Jabir. Ibnu Mas`ud. (HR. Muawiyah. Di tingkat shahabat. berpendapat bahwa hukumannya adalah cambuk sebanyak 40 kali. Abu Said Al-Khudhri. Malik). Dan hukumannya adalah 80 kali cambuk”.”Bila seseroang minum khamar maka akan mabuk.

Haram memilikinya.”Khamar itu diharamkan baik sedikit atau banyak. bisa digunakan beberapa alat antara lain : tangan kosong. 65 . Al-`Uqaili) Yang menghalalkannya diancam menjadi kafir Keharaman khamar itu sudah jelas dan qath`i. Rasulullah SAW bersabda. Sehingga para ulama mengatakan bila ada orang yang mengatakan bahwa khamar itu halal diminum. Kecuali dalam keadaan darurat. sandal. Dan juga diharamkan mabuk akibat meminum apa saja”. sebagaimana yang telah difirmankan dalam surat Al-Maidah : 91. Abu Daud). berkata bahwa Rasulullah SAW mencambuk kasus minum khamar dengan pelepah dan sandal sebanyak 40 kali”.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Tirmizy. Muslim. Lc Dari Anas ra. Bukhari. Sehingga tidak bisa ditawar-tawar lagi hukumnya. maka orang tersebut termasuk orang yang kafir. Sebab Allah telah menyebutkan bahwa khamar itu najis. Hukum-hukum yang terkait dengan khamar Haram meminumnya Khamar itu baik sedikit maupun banyak hukumnya haram untuk diminum. (HR. HR. Alat untuk memukul Para ulama mengatakan bahwa untuk memukul peminum khamar. ujung pakaian atau cambuk. perbuatan syetan dan harus dijauhi.

”Sesunggunya minuman yang diharamkan untuk meminumnya maka diharamkan juga menjualnya”. Lc Seorang muslim bukan saja haram untuk meminum khamar. Bahkan menerima hadiah cendera mata dalam bentuk khamar pun haram hukumnya. Sehingga bila terkena pakaian sebesar uang satu dirham. (HR Muslim) Dari Ibnu Abbas ra. maka bila dirusak atau dibuang oleh seroang muslim lainnya. (HR. Maka siapa yang menulis ayat ini dan masih memilikinya janganlah meminumnya dan jangan pula menjualnya. sesungguhnya Allah tabaraka wa ta`ala telah menurunkan pengharaman khamar. Muslim. Najis Khamar itu selain haram untuk diminum. Tapi buang saja di jalan-jalan kota Madinah”. Ahmad.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. wajib untuk dicuci. tapi sekedar memiliki atau menyimpannya sebagai koleksi pun haram. Namun bila khamar itu milik non muslim. Termasuk juga menjual atau membelinya.”Wahai penduduk Madinah. juga hukumnya najis. tapi najis mughallazhah atau najis berat. Bahkan mazhab Al-Hanafiyah menyatakan bahwa khamar itu bukan sekedar najis. 66 . tidak perlu menggantinya. maka wajib menggantinya bila merusaknya atau menumpahkannya. Rasulullah SAW bersabda. Hal itu didasarkan pada dalil Al-Quran dimana Allah menyebutkan najis. An-Nasai) Yang merusaknya tidak wajib mengganti Bila seorang muslim masih memiliki khamar. bahwa Rasulullah SAW bersabda.

Peminumnya wajib dihukum dengan hukuman hudud yaitu 80 kali menurut jumhur ulama Dilarang hadir atau duduk di suatu majelis yang terhidang khamar. HR. Dalam hadits dijelaskan tentang najisnya khamar ini : Dari Abi Tsa`labah ra. Tapi bila tidak ada lainnya. Rasulullah SAW bersabda. Meski yang dimaksud dengan kata-kata “najis” dalam ayat tersebut bukan najis hakiki tapi najis maknawi. 67 .”Bila kalian punya yang selain dari milik mereka maka makan dan minum bukan dari panci dan bejana mereka. Namun ayat itu juga mewajibkan untuk menjauhi khamar. Ad-Daruquthuni).”Kami bertetangga dengan ahli kitab.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Mereka memasak babi dalam panci mereka dan minum khamar dalam wadah mereka. maka cucilah dengan air baru boleh dimakan dan diminum”. Lc Sedangkan jumhur ulama mengatakan bahwa khamar itu najis karena secara tegas telah dilarang dan harus dijauhi.

.

Begitu beragamnya makanan dan minuman ini membuat saya seringkali bingung apakah makanana dan minuman ini dikategorikan hala atau haram. Lc Minuman Bebas Alkohol Seiring dengan perkembangan zaman. Wassalamu'alaikum Wr Wb jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salah satunya adalah minuman ringan Green Sand yang berbandrol Bebas Alkohol ini masih membuat saya kebingungan. Namun sekarang minuman Green Sand berubah kemasan dengan menonjolkan bandrol Green Sand bebas Alkohol. tapi tegas sekali menyebutkan bahwa kandungan alkoholnya 0%. Hal ini didasarkan pada dahulu produk Green Sand mengandung alkohol +/.2% yang berarti haram untuk dikonsumsi. Kita memang seringkali melihat iklan merek minuman yang selama ini dikategorikan sebagai khamar. Sebab produk tersebut 69 . Iklan seperti ini tentunya sangat membingungkan. terimakasih atas perhatiannya. saat ini kita sebagai konsumen dihadapkan dengan berbagai pilihan makanan dan minuman. Yang menjadi pertanyaan saya adalah apakah minuman Green Sand various rasa dengan label "bebas alkohol" ini halal untuk dikonsumsi atau masih meragukan atau tetap haram? Demikian pertanyaan saya.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat.

lantaran sudah tidak mengandung alkohol. Boleh jadi kandungan alcoholnya di bawah 0. 2. di antaranya 1. kenapa tiba-tiba memajang tulisan besar Alkohol 0%? Apakah berarti produk minuman itu bukan khamar? Tidak jelas. "Tidak boleh mengkonsumsi dan menggunakan makanan/minuman yang menimbulkan rasa/aroma (flavor) benda-benda atau binatang yang diharamkan. Lalu bagaimana sikap kita dengan klaim ini? Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menegaskan bahwa Bir Bintang dan Green Sand yang sekarang ini berkampanye menyatakan bahwa kandungan minuman produk mereka tidak mengandung Alkohol adalah tetap haram. Tidak terdeteksinya alkohol pada alat yang digunakan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika.1% atau 1 ppm." 70 . Majelis Ulama Indonesia (LP-POM MUI) bisa jadi dikarenakan limit deteksi alat yang dimiliki lebih tinggi dari kandungan alkohol yang mungkin ada dalam kedua minuman tersebut. Masalah tidak terdeteksinya kadar Alkohol itu bukan berarti jaminan bahwa minuman itu sudah 100% tidak ada Alkoholnya.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Disebutkan dalam fatwa itu. Sehingga jika hasil pengukuran kemudian didapatkan tidak terdeteksi. tetapi pesan yang mungkin banyak ditangkap seolah ingin menghilangkan mitos bahwa produk tersebut bukan termasuk khamar. Lc selama ini dikenal sebagai khamar (minuman keras). Ada beberapa alasan yang dikemukakan. Alasan lain adalah dasar yang mengacu kepada Fatwa MUI no 4 tahun 2003. Adapun alat yangdi gunakan memiliki limit deteksi 0. maka bukan berarti produk tersebut tidak mengandung alkohol.1 persen.

Dengan demikian. adanya proses pengimitasian terhadap barang haram sehingga akan mengajarkan konsumen muslim untuk menyukai sesuatu yang haram. 71 . proses pembuatannya sama sekali tidak berbeda dengan pembuatan bir. Produk itu tetap haram. di mana pada tahap akhir ada usaha untuk menghilangkan alkohol. karena jati dirinya tetap khamar.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. iklan itu sama sekali tidak membuat produk itu menjadi halal dikonsumsi. Sedangkan pada Green Sands. Lc Untuk kasus Bintang Zero.

.

mereka masih ingin bukti bahwa mars mallow itu halal atau haram. Dua hari yang lalu. Muti 73 . jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh Kekhawatiran anda itu barangkali karena banyak tulisan yang cenderung berhati-hati dalam masalah kehalalan makanan. Seperti masih ada yang menjadikan Hoka-hoka Bento sebagai komsumsi anak-anak. Mohon ustadz jelaskan bagaimana sebenarnya mars mallow itu. anak-anak didik saya mendapat katering yang salah satu itemnya adalah makanan kecil berupa mars mallow. Mereka memang banyak yang belum tahu. Terima kasih untuk jawabannya. tidak saya simpan. sedangkan artikel tentang mars mallow. Dan bagaimana caranya supaya saya bisa meyakinkan rekanrekan di sekolah supaya tidak mengkonsumsi suatu yang syubhat. Walaupun sekolah saya sekolah Islam terkenal tapi perhatian ke arah makanan halal dan haram. Saya adalah guru di sebuah SD Islam. sebab pernah baca bahwa mars mallow mengandung minyak babi. Ketika saya konfirmasi lagi ke guru lain dan wakil kepsek. Lc Marsmallow Assalamualaikum. agak kurang. Apalagi pada kemasan makanan itu tidak ada tanda halalnya dan berupa tulisan Cina.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Saya cukup kaget. Salah satunya barangkali apa yang ditulis di Republika oleh Ir.

Sementara. Sebagai petugas.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. penggunaan gelatin ikan pada produk marshmallow masih sangat terbatas. Menurut beliau. Beliau menuliskan bawa bahan utama yang digunakan untuk membuat marshmallow modern adalah gelatin. Dan kita yakin bahwa niat dan tujuannya baik. Kaidah Fiqih 74 . kewaspadaan terhadap produk marshmallow ini semakin perlu dipertinggi karena pada kenyataannya. Dan menurutnya. marshmallow yang beredar di negeri kita. Lc Arintawati MSi. produk marshmallow yang beredar di pasaran Indonesia masih merupakan produk impor. auditor LP POM MUI. yang menurutnya banyak yang terbuat dari babi. Akan tetapi meskipun berasal dari sapi. Jenis gelatin yang digunakannya jarang dinyatakan secara jelas. putih telur. beliau sudah menjalankan tugasnya dengan baik. gula atau sirup jagung. Sikap beliau sebagai auditor memang perlu kita hargai. Ada beberapa produk marshmallow untuk vegetarian yang menggunakan gelatin ikan atau bahkan membuatnya secara tradisionil menggunakan bahan baku akar marshmallow. cara penyembelihannya perlu diketahui untuk memastikan kehalalannya. adalah hasil impor dari luar negeri. yang tidak ada jaminan gelatinnya bukan dari babi. yaitu mengingatkan kita agar terjaga dari mengkonsumsi dari memakan makanan yang haram. Letak kekhawatirannya ada pada gelatin. Jika gelatin berasal dari babi maka sudah jelas statusnya menjadi haram. dan flavoring. Akan tetapi sayangnya produk-produk vegetarian tersebut tergolong mahal. Intinya beliau mengingatkan kepada kita agar berhati-hati mengkonsumsi makanan yang mengandung gelatin.

pisang. prinsipnya sederhana. nasi. Karena itu. Segala makanan itu halal hukumnya. kalau semua harus disebutkan di dalam Al-Quran. Bahwa keharaman gelatin babi ini ternyata tidak sepenuhnya disepakati para ulama.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. kecuali yang disebutkan keharamannya. 75 . prinsipnya terbalik. bakmi. Lc Di sini kami akan memberikan ulasan singkat tentang kaidah fiqih dalam masalah kehalalan makanan. Sebab kalau tidak ada keterangan yang menghalalkannya di dalam Al-Quran atau AsSunnah. kecuali bila ada dalil shahih dari Rasulullah SAW untuk melakukannya. Ada yang menyatakan haram seperti LPPOM MUI. Prinsip dasar ibadah ritual adalah segala bentuk ibadah ritual itu haram dikerjakan. Kalau logikanya mengikuti logika ibadah ritual. maka hanya sedikit sekali yang boleh dimakan umat Islam. Lalu bagaimana kita boleh makan mangga. kecuali bila ada dalil yang memerintahkannya. Yaitu asal hukum semua makanan itu halal. kecuali yang disebutkan keharamannya. hukumnya haram. Segala gerakan shalat itu haram. Gelatin Babi dalam Pandangan Ulama Dunia Ada satu informasi menarik yang perlu juga kita pahami. termasuk masalah kehalalan makanan. ketahuilah bahwa dalam masalah makanan dan kehalalannya. jeruk. Hukum halal tidaknya suatu makanan. Sedangkan masalah di luar ibadah ritual. pecel dan tahu gejrot. lontong. rambutan. sementara tidak ada satu pun hadits yang menerangkan bahwa Rasulullah SAW pernah memakannya? Demikian juga dengan makanan hewani. namun nyatanya ada juga para ulama dunia yang menghalalkannya. Jadi hukumnya masih boleh dibilang ikhtilaf di antara para ulama. tentu kita tidak bebas memilih makanan. berbeda dengan hukum ibadah ritual atau mahdhah.

Hal tersebut didasarkan adanya ijma' (konsensus) para ahli ilmu atas kenajisan lemak babi dan ketidak-halalan memakannya. biskuit. maka: Gelatin yang terbuat dari prosaes penyulingan tulang hewan yang najis dan kulitnya adalah suci dan halal dimakan. cokelat dan es krim adalah haram dan tidak halal memakannya secara mutlak. mentega. Wahbah Zuhaili jilid VII halaman 5265. Dan disebabkan tidak adanya kedaruratan untuk mengkonsumsi bahan makanan tersebut. 76 . Muktamar yang digelar dari tanggal 22-24/12/1415 bertepatan dengan 22/24/5/1995 adalah muktamar para ulama kaliber dunia yang duduk bersama membahas hal-hal yang berkaitan dengan zat-zat yang diharamkan dan najis yang terdapat dalam makanan dan obat-obatan. Dengan memperhatikan hal tersebut. maka bisa menjadi halal. Lc Menarik untuk kita kaji fatwa para ulama yang tertuang dalam Rekomendasi Muktamar ke VII Munadzomah Al-Islamiyyah dalam bidang ilmu kedokteran di Kuwait. Berikut ini cuplikannya yang barangkali bermanfaat buat Anda yang bisa anda rujuk ke kitab Al-Fiqhul Islami Wa Adillatuhu karya Dr. minyak.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. merubah dzat-dzat yang najis dan yang mengandung najis menjadi dzat-dzat yang suci dan merubah dzat-dzat yang haram menjadi dzat-dzat yang dihalalkan secara syara'. Para ulama itu menyebutkan bahwa bila babi sudah mengalami proses perubahan jati diri (istihalah). Dzat-dzat makanan yang mempergunakan lemak babi dalam pengolahannya tanpa ada perubahaan dzatnya (istihalatul 'ain) seperti dalam keju. Sabun yang dihasilkan dari proses penyulingan lemak babi atau bangkai menjadi suci dengan proses istihalah tersebut dan boleh untuk dipergunakan. Al-istihalah (perubahan wujud/penyulingan) berarti perubahan satu dzat menjadi dzat yang lain yang berbeda sifatsifatnya.

Keduanya adalah pilihan yang sama-sama dilandasi ijtihad para ulama. Sebab dengan amat yakinnya beliau menyatakan bahwa gelatin babi itu haram. Namun kalau boleh kami memberi saran. bila benar akan mendapat 2 pahala dan bila salah akan mendapat 1 pahala. Semuanya adalah ijtihad. tiba-tiba para ulama dunia yang berkumpul di Kuwait menyatakan kehalalannya. 77 wassalamu 'alaikum . Lalu bagaimana sikap kita? Makan atau tidak? Kembali kepada keyakinan mana yang kita pegang.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Mungkin anda akan sedikit bingung dengan fatwa para ulama kaliber dunia dalam kehalalan gelatin ini. apa adanya kita ungkap dan kita sampaikan. antara yang menghalalkan dan yang mengharamkan.. sebaiknya kita meninggalkan hal-hal yang meragukan kepada hal-hal yang kita yakini kebenarannya. Tetapi jika hal tersebut tidak terbukti maka semuanya masih dianggap najis. Antara yang terlalu berhati-hati dengan yang memudahkan. Lc. Sama-sama boleh dipegang dan sama-sama punya kajian mendalam. Wallahu a'lam bishshawab warahmatullahi wabarakatuh Ahmad Sarwat. Akan tetapi kita tetap harus jujur dengan kajian ilmiyah para ulama dengan ragam pendapatnya. Namun keterkejutan mereka tidak perlu terlalu lama. Selalu ada perbedaan pandangan. Muti Arintawati. Bahkan mungkin yang paling bingung adalah Ibu Ir. auditor LP POM MUI. Tetapi pilihan kembali kepada masing-masing kita. MSi. sebab memang demikianlah wajah dunia fiqih. Lc Krim dan bahan-bahan kosmetika yang dalam proses pengolahannya mempergunakan lemak babi tidak boleh dipergunakan kecuali jika proses istihalah telah terbukti dan dzatnya telah berubah.

.

Sebab umumnya orang berpandangan bahwa alkohol itu identik dengan minuman keras atau khamar. pada umumnya kita sudah terbiasa dengan mengkonsumsi air mineral dari aqua galon. Memang masalah yang anda tanyakan ini cukup menggelitik rasa ingin tahu kita. Namun perlu anda cermati hal-hal berikut ini agar menjadi jelas persoalannya. 1. Nah. tempat kerja saya. 79 . jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bahwa para ulama tidak sepakat mengatakan bahwa alkohol itu identik dengan minuman keras atau khamar. dikesankan menjadi tidak halal. padahal alkohol yang ikut terlarut sedikit? Mohon pula keterangan haditsnya. dan pada saat membalikkan botol kemudian ikut terlarut dalam air mineral yang akan kita minum. Terima kasih. Lc Tissue Pembersih Galon Air Minum Ustadz yang terhormat.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Setiap kita akan menggunakannya tentu di sekitar tutup botolnya dibersihkan dengan tissue terlebih dahulu. Setelah saya cermati tissue pembersih tersebut mengandung cairan beraroma ethanol (alkohol). apabila di sekitar mulut botol yang dibersihkan itu masih tersisa butirbutir cairan (beralkohol) tersebut. Saya kenal aroma tersebut karena sering menggunakannya di lab. maka bagaimana hukum meminum air mineral tersebut. Maka bila sebagian dari alkohol itu bercampur dengan apa yang kita makan dan minum.

Toh kita tidak akan mengatakan tape dan beras ketan itu khamar lantaran mengandung alkohol. Namun untuk menghindari rasa syak di hati. Bukankah alkohol itu memang cepat menguap dalam waktu singkat? Jadi setelah kering. ada baiknya sebelum galon itu dipasang kembali. dibandingkan dengan kadar alkohol di dalam makanan kita? 2. Maka anda aman dari rasa ragu. Namun bukan berarti segala zat makanan atau minuman yang di dalamnya terkandung alkohol boleh dikategorikan sebagai khamar. Wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Kalau dibandingkan dengan butiran sisa alkohol di galon minuman anda. bila memang diperlukan. bukan? Jadi apalah artinya butir-butir sisa alkohol bekas membersihkan mulut botol galon. 3. Hanya saja kadar maksimalnya tidak boleh lebih dari%. Ahmad Sarwat. tetap masih aman. anda pasti tahu bahwa sesungguhnya alkohol itu secara alami terdapat di dalam sebagian jenis makanan. Sebagai orang yang mengerti kimia. Misalnya untuk pelarut obat. Lc Memang benar bahwa kebanyakan minuman keras itu mengandung alkohol. Misalnya di dalam tape dan beras ketan. dibiarkan saja dulu selama beberapa saat agar butiran sisa alkohol menguap. Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan LP-POM-nya telah menetapkan kehalalan jenis makanan atau obat-obatan yang mengandung alkohol.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. sudah pasti tidak akan melebihi 1% kan? Jadi kalau mau pinjam fatwa MUI. Lc 80 . barulah anda pasang.

Lc Rokok dan Kopi Dalam literatur fiqih Islam klasik. tidak kita temukan pernyataan mereka tentang rokok. Itu pun belum lagi diketahui sejauh mana bahayanya pada kesehatan. Atau belum mendapatkan informasi yang akurat berkaitan dengan bahaya rokok tersebut. Sedangkan para ulama masa kini –diantaranya Al-Banna dan lainnya.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Tapi untuk lebih memperdalam informasi bahaya rokok kami kutipkan beberapa informasi yang berkaitan dengan bahaya rokok untuk kesehatan : 81 .banyak berbicara tentang bahaya rokok serta melarang umat Islam mengkonsumsinya karena alasan-alasan yang sangat nyata. Kemungkinan besar karena rokok di zaman itu belum lagi dikenal. Maka memang masih ada sementara kalangan yang membolehkannya atau sekedar memakruhkannya dan tidak sampai mengharamkannya. Jadi bila ada sementara `tokoh` agama yang masih tetap merokok. hampir seluruhnya melarang. Karena itu bila kita mengacu pada literatur klasik. masalah rokok tidak pernah ditulis. Baru pada beberapa abad yang lalu peradaban manusia mengenal rokok. besar kemungkinan beliau belum lagi menelaah fatwa para ulama masa kini tentang bahaya rokok. Maka bila kita menelaah fatwa ulama masa kini dalam masalah rokok.

Racun utama pada rokok adalah tar. dan karbon monoksida. Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah. Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok): . Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Karsinogen Zat-zat karsinogen (pemicu kanker) yang terkandung pada rokok adalah: .2x serangan jantung Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung. membuat darah tidak mampu mengikat oksigen. Zat ini bersifat karsinogen.nitroso-nor-nicotine Satu-satunya zat yang lebih berbahaya daripada asap rokok dalam memicu kanker paru-paru adalah zat-zat radioaktif. serta tekanan darah tinggi. perokok cenderung menyedot asap rokok secara lebih keras.2x kanker kandung kemih . karena untuk mengikuti kebutuhan akan zat adiktif itu. dan lebih lama. Kanker Kematian umumnya bukan terjadi karena kesulitan bernafas yang diakibatkan oleh membesarnya kanker. Hingga dapat dikatakan : TIDAK ADA BATAS AMAN BAGI ORANG YANG TERPAPAR ASAP ROKOK.vinyl chloride .benzo (a) pyrenes . nikotin. Menggunakan rokok dengan kadar nikotin rendah tidak akan membantu. dan tenggorokan .14x menderita kanker paru-paru. dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan. mulut. Lc Bahaya Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemenelemen.4x menderita kanker esophagus . lebih dalam. Itu pun jika dimakan atau dihidap dalam kadar yang cukup.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. tetapi karena posisi paru-paru dalam sistem peredaran darah 82 . dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan.

5. Dr. 90% dari 660 orang yang terkena penyakit kanker di salah satu rumah sakit Sanghai Cina adalah disebabkan rokok. 4. kopi tidak selalu berbahaya. WHO juga menyebutkan bahwa di Amerika. niscaya bisa memenuhi kesehatan asasi manusia di muka bumi. 2. Kenyataannya. 2. Prosentase kematian orang yang berusia 46 tahun atau lebih adalah 25 % lebih bagi perokok. 6. Penelitian lain menunjukkan bahwa kopi dapat memperbaiki penampilan mental dan menyembuhkan sakit kepala. Lc menjadikan kanker mudah menyebar ke seluruh tubuh. Penyebaran metastase ke arah otak dan bagian kritis lainnya lah yang mengakibatkan kematian itu. 83 . Selain itu juga ada fakta-fakta yang tidak mungkin dipungkiri lagi : 1. Prosentase kematian disebabkan rokok adalah lebih tinggi dibandingkan karena perang dan kecelakaan lalulintas. Wendy Doyle dari British Dietetic Association mengatakan kopi sering disalahkan untuk banyak hal. Rekomendasi WHO. tetapi bagaimana kopi dihasilkan. Tetapi sebagian besar para dokter setuju. 10/10/1983 menyebutkan seandainya 2/3 dari yang dibelanjakan dunia untuk membeli rokok digunakan untuk kepentingan kesehatan. sebagian besar ahli gizi berpendapat bahwa keuntungan kopi lebih besar dari pada kerugiannya. Hukum Kopi Para dokter telah lama berbeda pendapat apakah kopi baik bagi Anda atau tidak selama bertahun-tahun.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. yakni zat asasi pembentuk darah merah. 20 batang rokok perhari menyebabkan berkurangnya 15% haemoglobin. 3. 90% penderita meninggal dalam 3 tahun setelah diagnosis. sekitar 346 ribu orang meninggal tiap tahun dikarenakan rokok. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat memicu keguguran pada awal kehamilan dan mendorong serangan jantung.

jika Anda tidak hamil. Terlalu banyak kaffein mendorong pankreas mengeluarkan lebih banyak insulin. Saat ini. Apakah kopi mengakibatkan kegugupan? Orang dengan ukuran berat badan yang lebih kecil cenderung lebih sensitive terhadap kopi karena mereka memiliki sedikit darah untuk menyerap kaffein. Meskipun kopi menimbulkan tetapi kopi tidak memiliki resiko kesehatan. Ini akan menurunkan kadar gula darah. Lc “Kenyataannya. Apakah kopi dilarang dalam diet? Penelitian menunjukkan jika Anda memiliki masalah berat badan. d. Apakah kopi timbulkan penyakit jantung? Bukti menunjukkan bahwa bukan hanya kopi yang tidak baik bagi Anda tetapi bagaimana kopi dibuat. Berikut enam hal yang sering dipertanyakan tentang kopi: a. Apakah kopi yang tidak berkaffein lebih baik dari kopi yang berkaffein? Hasil dari suatu penelitian menunjukkan empat cangkir kopi berkaffein setiap hari tidak menunjukkan resiko timbulnya rheumatoid arthiritis (RA). membuat Anda lapar dan cenderung lebih banyak minum. sedikit meningkatkan tekanan darah yang menimbulkan pada “kegugupan. kita telah minum kopi selama berabad-abad.” ujarnya.” c. Tetapi para peneliti menunjukkan bahwa kopi tidak berkaffein memiliki resiko penyakit. Ahli diet menyarankan untuk mengurangi minum kopi hanya satu atau dua cangkir setiap hari. Ketika kaffein berpengaruh pada penutupan pembuluh darah. Anda harus mengawasi kaffein yang Anda konsumsi dari kopi dengan hatihati. kopi dianggap memiliki jenis resiko paling banyak adalah kopi saring yang didiamkan selama beberapa jam.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. tidak ada bukti konklusif yang membuktikan bahwa kopi tidak baik untuk Anda. Apakah kopi timbulkan sakit kepala? Hal ini tergantung sebarapa banyak Anda minum kopi dan bagaimana sensitivitas 84 . b. e.

Maka wajarlah bila tinjauan fiqih atas masalah kopi juga menjadi beragam pula.(ya2n) Pandangan Syariah Bila melihat hasil penelitian para ahli di atas. Lc Anda. maka semua usaha dan kerja yang menuju kepada sesuatu itu pun ikut haram. yang mencatat dan dua saksinya. yang memberi. Abu Daud. f. Beliau bersabda : mereka semua sama Diriwayatkan oleh Ahmad. semakin cepat ginjal Anda terbiasa untuk mematahkannya. 85 . ‫ ﻟﻌ ﻦ رﺳ ﻮل اﷲ ﺁآ ﻞ اﻟﺮﺑ ﺎ وﻣﻮآﻠ ﻪ وآﺎﺗﺒ ﻪ و ﺷ ﺎهﺪﻳﻪ وﻗ ﺎل : ه ﻢ ﺳ ﻮاء‬Artinya : Rasulullah saw melaknat pemakan riba. maka dapat disimpulkan bahwa masih ada perbedaan pendapat di antara mereka sendiri tentang seberapa berbahaya kopi terhadap kesehatan. Begitu juga dengan masalah kopi. Sehingga begitulah hukum yang berlaku bila rokok dihukumi sebagai sesuatu yang haram. Konsekuensi Pengharaman dalam Syariat Islam Bila syariat Islam telah mengharamkan sesuatu. Mulai dari menanam tembakau. Sedangkan bila dihukumi sebagai makruh. Apakah kopi membuat sering ke toilet? Kopi tidak cenderung memiliki pengaruh terhadap urine jika Anda minum secara teratur. pemasaran serta distribusinya juga ikut menjadi haram. Dan ada juga yang mengatakan makruh. Hal ini karena makin banyak Anda minum. maka sebagai konsekuensinya semua pelaku operasi ribawi itu juga dilarang. Semua akan kembai kepada pendpat para ahli dalam memandang kopi. Orang yang minum kopi secara teratur sedikit mengurangi sakit kepala dibanding mereka yang sering. Ketika riba diharamkan.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. pembuatan rokok di pabrik. maka pekerjaan lainnya pun ikut menjadi makruh pula. 3. Tirmizy. Ibnu Majah dari Ibnu Mas’ud. Ada diantara para ulama yang membolehkan dan ada pula yang membatasi untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsinya.

Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat, Lc

Wallahu a`lam

86

Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat, Lc

Kepiting

Memang terjadi banyak silang pendapat tentang hukum kepiting di tengah masyarakat. Ada sementara kalangan yang mengharamkannya, tetapi tidak sedikit yang menghalakannya. 1. Pendapat yang Mengharamkan Mereka yang mengharamkannya umumnya berangkat dari pemahaman bahwa hewan yang hidup di dua alam, air dan darat, adalah hewan yang haram dimakan. Misalnya, katak, penyu dan lainnya. Biasanya orang menyebutkan dengan istilah amphibi, atau dalam istilah fiqihnya disebut barma'i. Keharaman hewan amphibi ini banyak kita dapat di banyak kita fiqih, terutama dari kalangan mazhab As-syafi'i. Salah satunya adalah kitab Nihayatul Muhtaj karya Imam Ar-Ramli. Di sana secara tegas disebutkan haramnya hewan yang hidup di dua alam. Namun sebenarnya kesimpulan bahwa hewan yang hidup di dua alam itu haram dimakan, juga masih menjadi ajang perbedaan pendapat. Hal itu disebabkan lantaran dalil-dalil yang digunakan oleh mereka yang mengharamkan hewan amphibi dianggap kurang kuat. 2. Pendapat yang Menghalalkan Selain karena menilai dalil-dalil tentang haramnya hewan amphibi kurang kuat, mereka berdalil bahwa kepiting itu bukan termasuk hewan amphibi. Sehingga kalau pun bisa diterima
87

Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat, Lc

pendapat bahwa hewan yang hidup di darat dan di air itu haram, toh kepiting tidak termasuk di dalamnya. Pendapat bahwa kepiting itu bukan hewan dua alam dikemukakan oleh banyak pakar di bidang perkepitingan. Umumnya mereka memastikan bahwa kepiting bukan hewan amfibi seperti katak. Katak bisa hidup di darat dan air karena bernapas dengan paru-paru dan kulit. Tetapi tidak demikian halnya dengan kepiting. Kepiting hanya bernapas dengan insang. Kepiting memang bisa tahan di darat selama 4-5 hari, karena insangnya menyimpan air, sehingga masih bisa bernapas. Tapi kalau tidak ada airnya sama sekali, dia mati. Jadi kepiting tidak bisa lepas dari air. Penjelasan bahwa kepiting bukan hewan amphibi disampaikan oleh ahli dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Sulistiono. Walhasil, tidak ada alasan untuk mengharamkan kepiting, sehingga hukumnya kembali ke asalnya yaitu halal. Dan kehalalannya dikuatkan oleh fatwa Majelis Ulama Indonesia setelah berkonsultasi dengan beliau.

88

Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat, Lc

Sembelihan dan daging halal

89

.

Sebagian orang cenderung mengharamkan memakan makanan yang dihidangkan di tempat takziyah atau di tempat 91 . Wb. Salam jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Masalah ini termasuk masalah klasik yang sering mengusik persaudaraan di tengah umat. karena ada dua pandangan yang jelas-jelas saling berbeda dan saling menyalahkan satu sama lain. Lc Makanan di Tempat Takziah Ada berita bahwa salah seorang dari kerabat temen saya meninggal dunia dan dimakamkan pada siang hari itu juga. namun malam harinya kami datang ke tempat duka (setelah jenazah dimakamkan)." Demikian disampaikan atas jawaban ustadz disampaikan terima kasih.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Karena informasi yang kami dapatkan mendadak/terlambat kami tidak bisa ikut bertakziah di rumah duka. Pertanyaan kami: Bolehkan (halalkah) kita memakan makanan yang disajikan pihak tuan rumah (sohibul bait) sementara kami dengar ada hadir yang artinya kurang lebih " jika ada saudaramu meninggal datanglah dan hiburlah atau berikan sesuatu. Wasalamu alaikum wr.

" jika ada saudaramu meninggal datanglah dan hiburlah atau berikan sesuatu . dikeluarkan fatwa keharamannya. Dan keadaan ini malah akan menambah duka bagi keluarga yang memang sedang berduka. Bila ada sebuah rumah yang kematian anggota keluarganya. apa pun bentuknya. Dasarnya antara lain apa yang anda kutipkan itu." Sedangkan sebagian lainnya tidak sampai mengharamkan makanan di tempat takziyah itu. meski berbeda pandangan dengan pendapat yang pertama.Buat sebagain orang. dengan niat ibadah dan menghormati tamu yang datang. Lc kematian. Walau pun hanya seteguk. Sebab hidangan itu diberikan pihak keluarga dengan sepenuh keikhlasan hati. mereka akan merasa kecewa dan merasa kurang dihargai. Kalau pun dihidangkan. Ada banyak dalil yang disodorkan hingga mengunci mati kebolehan makan dan minum di tempat duka. 92 . kalau tamunya tidak mau makan atau minum. Alasannya pun masuk akal. Justru keluarga yang sedang berduka akan tambah dukanya. karena itu haram bagi kita untuk memakan hidangan. segelas air pun haram dihidangkan. sekedar memberi seteguk dua teguk air minum dan menghidangkan makanan kecil dengan niat menghormati tamu. bila tamu tidak mau memakan hidangan yang disediakan. barangkali duduk masalahnya ada pada bagaimana menilai hidangan dan memakannya. Titik Masalah Kalau kia tarik garis tengahnya. Bagi mereka. keluarga shahibul bait akan tambah dibuat susah. Apakah memakan hidangan itu semakin membuat keluarga berduka atau malah bahagia? Pendapat pertama mengatakan bahwa dengan memakan hidangan. tidak mengapa.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat.

kalau dapat uang duka cita 100 kali lipat dari biaya menghidangkan. Anggaplah kita buat hitung-hitungan secara materi. Kira-kira.000. Yang penting kita beri mereka 'uang pengganti' yang lebih banyak. Misalnya. bukan? Katakanlah untuk menghormati para tamu yang datang bertakziyah. Lc Pendapat kedua mengatakan bahwa keluarga shahibul bait tidak dibuat susah dengan sekedar menghidangkan minuman kemasan atau makan kecil. 'modal' hanya 10 juta tapi dapat uang menjadi 1 milyar. asalkan kita bisa duduk bersama dengan hati tenang. Karena menghidangkan sesuatu kepada tamu sudah merupakan tradisi yang berlaku.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. biar tuan rumah lega hatinya. Bukan dengan semangat untuk saling menyalahkan. Justru mereka tambah bahagia dengan kedatangan tamu dan bisa menghidangkan sesuatu sekedar untuk menghormati tamunya. tetapi uang duka yang terkumpul menjadi 10. pelecehan atau kurang hormat kepada tuan rumah. Ini berarti 100 kali lipatnya. 93 .000 x 100 = Rp 1. atau ingin menang sendiri.000.000. justru bagi keluarga merupakan sebuah penghinaan. kalau tuan rumah menghidangkan air minum kemasan gelas yang harganya Rp 500. Jalan Keluar Mungkin kita bisa coba cari titik temu di antara kedua. apakah tuan rumah akan sedih atau akan bahagia? Rasanya mereka akan bahagia. kita beri kesempatan agar mereka menghidangkan makanan atau minuman.000. -. dalam keadaan apa pun. tuan rumah harus merogoh kocek total 10 juta. Kalau tamunya tidak mau memakan hidangan itu. Kami kira tuan rumah akan bahagia hatinya.000. maka kita beri sumbangan uang duka cita seharga Rp 50.

Islam itu akan menjadi indah. yang waras mengalah saja. tiba-tiba di kotak uang duka terkumpul 1 Milyar. atau kelompok majelis taklim dan sebagainya. Sebaliknya. misalnya tetangga. Yah. kalau kita hobi berbeda pendapat dan tidak mau saling mengalah. Wallahu a'lam bishshawab. warahmatullahi wabarakatuh. maka Islam adalah debat tidak habis-habisnya. Lc Apalagi bila semua urusan konsumsi dan hidangan sudah ditangani oleh pihak lain.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Jadi seandainya kita bisa mencari titik-titik temu dalam berpendapat. maka pasti sangat berbahagia. Jadi tuan rumah sama sekali tidak perlu merogoh kocek sepeser pun. wassalamu 'alaikum 94 . teman.

melainkan khamar. Intinya. Tapi saya pernah mendengar. Terima kasih. Wb jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Sebenarnya informasi yang anda terima itu agak bias. Sebab yang haram itu sesungguhnya bukan alkohol. Lc Tape dan Khamar Assalamu'alaikum wr. tidak semua khamar itu harus berbentuk minuman beralkohol. Dan hubungan antara khamar dengan alkohol itu cukup unik. saya ingin menanyakan tentang status kehalalan tape (tapai) yang menurut saya simpang siur. tetapi tetap haram dihirup karena memabukkan. (Sedangkan khamr adalah minuman yang memabukkan).Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Semula saya mengira halal. Sebaliknya. karena berupa makanan dan tidak memabukkan. Contohnya nasi yang kita makan sehari-hari. hukumnya sama dengan khamar. bahwa apapun namanya. Asap ganja sama sekali tidak mengandung alkohol. yaitu haram. Wb Ustadz. Wassalamu'alaikum wr. Bagaimana Pak Ustadz? Mengingat makanan tape sangat luas dikonsumsi komunitas muslim di Indonesia. tetapi siapa yang pernah mengharamkan nasi? 95 . Di dalamnya ada unsur pembentuk alkohol. tidak semua zat yang di dalamnya terkandung varian alkohol dianggap sebagai khamar. kalo ada usaha pembentukan alkohol (dalam tape kan perlu ragi).

maka hukumnya menjadi haram untuk diminum oleh siapa saja. buahdurian. melainkan mual. Ketika vonis sebagai khamar telah dijatuhkan. Polisi Jalan Raya di Barat sana menilang pengemudi yang membawa mobil karena mabuk dengan kesalahan drunk. Sementara kita sering mendengar isitlah mabuk. Pengertian Khamar Maka batasan khamar bukanlah benda yang mengandung alkohol dan variannya. tetapi belum pernah ada ulama yang mengharamkan buah durian. mabuk duren dan lainnya. 96 . mabuk asmara. sehingga tidak bisa membedakan mana isterinya dan mana ibunya. hilang akalnya. Misalnya. akan menimbulkan efek mabuk. Sebagian ulama menyebutkan bahwa seorang yagn mabuk itu. Mabuk yang dimaksud di sini adalah hilangnya kewarasan otak untuk sementara waktu. maka minuman itu ditetapkan sebagai khamar. Definisi khamar adalah zat (makanan atau minuman atau yang dikonsumsi). Sebenarnya bukan mabuk. Karena hanya namanya saja. mabuk pangkat.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. mabuk harta. Mabuk secara syar'i adalah mabuk yang menghilangkan kewarasan atau membuat seseorang berada dalam keadaaan fly. Lc Contoh lain. yang bila digunakan oleh seorang normal (bukan pemabuk). Sebenarnya. Justru para kiyai dan ulama hobi makan durian. Buah itumengandung senyawa sejenis alkohol. tetapi dengan pengertian lain. Orang Inggris menyebutnya bukan mabuk. mabuk judi. Ada lagi istilah lain. semua istilah mabuk itu bukan mabuk secara pengertian syar'i. Khamar: Sedikit atau Banyak Hukumnya Haram Ketika suatu minuman telah bisa membuat seorang awam yang tidak pernah mabuk (dunk) sebelumnya menjadi mabuk. tetapi sickseason. mabuk laut.

maka hukumnya tidak bisa disamakan dengan khamar. yaitu ketika seseorang yang bukan peminum diminta untuk meminumnya dan kemudian dia mabuk. tidak fly. Lalu kitalihat pengaruhnya. sakit perut. Ahmad Sarwat. kalau perlu diberi lagi hingga kenyang. Meski ada orang yang mampu meminumnya segelas tanpa mabuk. Lc sedikit atau banyak. Berarti tape itu bukan makanan yang memabukkan. adakah dia mengalami mabuk atau gejala lain? Kalau gejalanya hanya kekenyangan. Bila tidak mengakibatkan mabuk. tidak bicara ngaco. Lc wassalamu 'alaikum 97 .Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Makan Tape Bisa Mabuk? Sekarang kita lakukan test/ uji pada tape. Dan test-nya dilakukan pada orang yang sama sekali belum pernah minum khamar. Wallahu a'lam bishshawab. Begitu ketahuan minuman itu memabukkan dirinya. mabuk atau tidak mabuk. sementara kesadarannya masih 100% utuh. Dan karena tidak memabukkan. Kitaminta kepada seseorang yangbukan pemabuk dan tidak pernah minum khamar seumur hidupnya untuk makan tape.Siapa pun yang meminumnya. ingin ke belakang. Batas haramnya adalah pada saat diujikan tadi. Maka definisi khamar adalah segala yang mengakibatkan mabuk. maka vonis bahwa minuman itu adalah khamar sudah tetap. tetap hukumnya haram. tetap haram. maka dia tidak mabuk. Makanlah sampai habis. warahmatullahi wabarakatuh. maka bukan khamar. atau perut terasa hangat/ panas.

.

Di luar itu. semua orang lantas menghukumi bahwa khamar itu haram. jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Wassalamualikum wr. untuk penyedap rasa dan agar pelanggan ketagihan.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Lc Daun Ganja Assalamualaikum wr. mansion atau cognac. yaitu mabuk 99 . tentunya mungkin dalam kadar tertentu. vodka. mereka menggunakan daun ganja sebagai salah satu bumbunya. wb. atau jenis buah tertentu. Dan disimpulkan bahwa 'illatnya bukan pada nama. Al-Quran tidak pernah menyebutkan bahwa beer. Pak Ustadz yand dimuliakan Allah. Ketika Allah SWT mengharamkan khamar di Al-Quran. Lalu atas dasar apakah minuman tersebut bisa ikut dikategorikan sebagai khamar? Para ulama ushul mencoba mencari 'illat ketika mengqiyas antara khamar dengan minuman keras lainnya. Bagaimana tanggapan ustadz mengenai hal ini? Terima kasih. wb. Namun khamar yang dikenal oleh bangsa Arab saat itu adalah perasan buah kurma atau anggur yang mengalami proses fermentasi hingga level tertentu. Saya sering mendengar kata orang bahwa ada beberapa masakan tertentu. brandy. melainkan pada efek yang ditimbulkan. bangsa Arab tidak mengenal jenis minuman keras lain.

Selama buah kurma dan anggur masih tidak memabukkan bila dimakan atau diolah. sudah termasuk kategori khamar. secara lebih luas dan tidak terbatas pada perasan kurma atau anggur saja. akan menimbulkan iskar (mabuk). Dengan demikian jelas termasuk khamar. 'Illatnya adalah karena asap ganja itu mengakibatkan mabuk (iskar) bila dihisap. 100 . manis dan enak tanpa efek memabukkan. Maka yang termasuk khamar tidak lagi terbatas pada minuman. bagaimana dengan kurma atau anggur yang diperas namun belum sampai kepada kategori memabukkan? Misalnya masih berupa air fermentasi pada level tertentu yang bila diminum masih menyegarkan. bisa dimasukkan ke dalam kategori khamar. bagaimana hukumnya? Daun ganja bila diolah sedemikian rupa menjadi lintingan rokok. Bahkan daun ganja yang diproses sedemikian rupa lalu dibakar dan asapnya dihisap hingga mabuk. tetapi juga apa saja yang dimakan bahkan apa yang dihirup. Sebab batasan atau 'illat haramnya khamar bukan pada jenis buahnya. maka statusnya bukan khamar dan hukumnya halal. Definisinya adalah segala yang bila diminum/ dikonsumsi akan mengakibatkan iskar (mabuk). Dari 'illat yang telah disepakati ini. Kurma dan Anggur Sebelum Jadi Khamar Kemudian timbul masalah. Lc (iskar). Maka minuman tadi karena bisa mengakibatkan iskar. dibakar lalu asapnya dihirup. melainkan pada efek mabuk (iskar) yang ditimbulkannya. Kemudian kita beralih pada daun ganja. Dalam hal ini para ulama sepakat mengatakan hukumnya halal.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. kemudian dikembangkan sebuah ta'rif (definisi) dari khamar.

benda itu sudah dianggap khamar dan najis. meski belum memberi efek mabuk. Sedangkan efek ketagihan tentu bukan 'illah dari keharaman. Lc Tetapi bagaimana dengan daun ganja yang baru dipetik dan diolah bukan untuk menjadi zat yang memabukkan. meski digunakan bukan untuk mabuk. Sebaliknya ada yang tetap menetapkannya sebagai khamar. tetap terhitung sebagai khamar yang haram hukumnya. Pendapat kedua Mereka mengatakan bahwa daun ganja itu tetap haram hukumnya. Maka sejak masih jadi daun di pohonnya. Meski tidak menghasilkan efek mabuk. daun itu adalah khamar dan hukumnya haram dihirup serta najis. dan bila dimakan sama sekali tidak menimbulkan efek mabuk dalam arti yang sesungguhnya. selama daun ganja itu belum diolah menjadi zat yang memabukkan. kecuali hanya sekedar menambah lezat. Pendapat pertama Logikanya. maka tidak ada alasan untuk menggolongkannya sebagai khamar. Sebab efek mabuk (iskar) tidak terjadi. ada yang mengatakan tidak bisa dibilang khamar. Ketika menjadi lintingan yang dihirup asapnya. Sebab banyak zat lain yang bila diminum atau dimakan bisa membuat orang ketagihan. adakah daun itu sudah langsung bisa dicap sebagai khamar? Pertanyaan ini akan melahirkan dua pendapat yang berbeda. ketika digunakan untuk bumbu penyedap. namun 101 . Meski hadits yang menetapkan kenajisan anjing hanya sampai sebatas air liurnya saja. Bagi pendapat ini. tetapi bukan termasuk khamar. a. meski dimakan banyak atau sedikit. b.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Karena secara umum telah digunakan sebagai zat yang memabukkan. Logika pendapat yang kedua adalah logika yang digunakan untuk menajiskan tubuh anjing.

maka kita semua sepakat mengharamkannya. Perbedaannya berangkat dari logika penarikan hukum. Dan kalau perut anjing itu najis.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Dan air keringat itu keluar lewat pori-pori. warahmatullahi wabarakatuh. maka semuanya juga ikut najis. Ahmad Sarwat. otot dan lainnya. maka apapun yang keluar dari perutnya juga najis. meski sumber dalilnya sama. maka air keringatnya najis. Dengan demikian. kulit. yang memang diperdebatkan oleh para ulama. Air keringat anjing sumbernya juga dari perut. Dan fenomena khilaf seperti ini seringkali terjadi. Adapun bila masakan yang menggunakan daun ganja sebagai penyedap itu memberikan efek iskar (mabuk). kita dihadapkan pada dua pilihan hukum. maka tempat asal air liur itu najis juga. Wallahu a'lam bishshawab. Lc. wassalamu 'alaikum 102 . Maka dalam hal ini perut anjing sebagai sumber air liur hukumnya najis. Maka masalah akan terpulang kepada si pengolah masakan. daging. Lc para ulama yang menajiskan tubuh anjing mengambil kesimpulan bila air liurnya najis.

Secara umum. Terima kasih. daging babi. Sebagaimana disebutkan di dalam firman Allah SWT berikut ini: Diharamkan bagimu (memakan) bangkai. sedangkan ikan yang saya makan sama sekali tidak ada darahnya (ikan salmon dan udang). (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah. Bagaimana hukumnya memakan salmon mentah atau sushi jenis lainnya. Lc Sushi & Sashimi Ass. (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. darah itu memang hukumnya najis. yang tercekik. Wassalaam.Wr. jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. darah. dan yang diterkam binatang buas. saya suka sekali makan sashimi (irisan daging/ikan mentah). sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. yang ditanduk. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu. dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Tapi saya hanya makan sashimi ikan. yang dipukul. yang jatuh.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. kecuali yang sempat kamu menyembelihnya. Pada hari ini telah 103 . sehingga haram untuk dimakan.Wb Ustadz. Ada sedikit keraguan di hati saya karena saya pernah mendengar bahwa kita tidak dibenarkan makan makanan yang masih berdarah (mentah).

Tapi bekal air itu pasti tidak cukup bila digunakan untuk wudhu'. Padahal mereka tetap wajib shalat dengan berwudhu' sebelumnya. (Laut itu) suci airnya dan halal bangkainya. Lc Kusempurnakan untuk kamu agamamu. Hanya cukup untuk minum saja. Suatu ketika ada serombongan shahabat melakukan perjalanan di laut lepas. sebenarnya bukan secara langsung membicarakan hukum makan ikan. Sekembalinya mereka bersama Rasulullah SAW. bukan hanya kebolehan berwudhu' dengan air laut. bahkan juga hukum lainnya tentangkebolehan memakan bangkai hewan laut. Bekal air yang mereka bawa sangat terbatas.Jawaban yang diberikan oleh beliau SAW ternyata juga dilengkapi dengan penjelasan lainnya. Salah satunya adalah pengecualian hukum memakan bangkai. segera saja mereka bertanya tentang hukum berwudhu' dengan menggunakan air laut. dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu. Jawaban beliau SAW singkat tapi padat. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa. Kalau di dalam ayat di atas. 104 . sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. namun bila ada dalil lainnya yang menyatakan kehalalan jenis bangkai tertentu. (QS. Lantas mereka berijtihad untuk berwudhu' dengan menggunakan air laut. Melainkan jawaban atas pertanyaan tentang kebolehan berwudhu' dengan menggunakan air laut. Hadits ini kalau kita rujuk kepada sebabnya. maka yang dikecualikan itu hukumnya halal. Untuk menjawab masalah ini. kami ingin menyampaikan sebuah hadits dari Rasulullah SAW tentang hukum hewan yang hidup di laut. Al-Maidah: 3) Namun apa yang diharamkan di suatu dalil. dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku. boleh jadi dikecualikan dengan dalil lainnya.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. secara umum bangkai itu haram.

Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat, Lc

Dari penjelasan nabi SAW ini jelaslah bahwa jangankan darah ikan, bahkan bangkai ikan sekalipun tetap halal dimakan. Selain itu kehalalan bangkai ikan itu juga diperkuat dengan adanya hadits lainnya, sebagaimana yang kami kutipkan berikut ini: Dari Ibnu Umar ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Telah dihalalkan untuk bagi kita (muslim) dua bangkai dan dua darah. Dua bangkai itu adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah itu adalah hati dan limpa." (HR. Ad-Daruquthuni) Maka memakan darah ikan, atau bahkan bangkai ikan, hukumnya halal dan dibenarkan dalam syariah Islam. Bahkan meski ikan itu masih mentah, sebagaimana kebiasaan bangsa Jepang. Kalau pun seseorang merasa jijik karena tidak terbiasa memakan ikan mentah, rasa jijiknya itu tidaklah mengubah hukumnya. Hukumnya halal, tetapi kalau masalah selera seseorang tentu tidak bisa dipaksakan. Demikian jawaban kami, wallahu a'lam wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Ahmad Sarwat, Lc. bishshawab,

105

Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat, Lc

Masakan Natal

Assalamu'alaikum wr. wb. Ustadz, mohon penjelasan tentang bolehkah kita menerima dan makan masakan yang diberikan (diantar ke rumah) oleh orang Nasrani pada acara keagamaan mereka (Natal)? Kalau pun kita tidak boleh memakannya apa kita boleh memberikan ke orang lain? Mohon penjelasan ustadz. Apakah Rasullullah pernah mencontohkan sesuatu untuk hal ini? Wassalamu'alaikum wr. wb. jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Kita tidak bisa menerima penyelewengan umat kristiani yang telah menuhankan nabi Isa alaihissalam. Tindakan ini adalah sebuah tindakan syirik yang dosanya tidak akan diampuni. Ditambah lagi mereka juga menyembah tiga tuhan (trinitas). Karena itulah mereka ini ditetapkan sebagai kafir oleh AlQuran Al-Kariem. Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata, "Sesungguhnya Allah ialah Al-Masih putera Maryam", padahal Al-Masih berkata, "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu." Sesungguhnya orang yang mempersekutukan Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun. (QS Al-Maidah: 72)
107

bila kamu telah membayar maskawin mereka dengan maksud menikahinya. padahal sekalikali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. darah. Bahkan dalam AlQuran telah ditegaskan bahwa hewan sembelihan ahli kitab halal buat umat Islam. tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa sedang dia tidak menginginkannya dan tidak melampaui batas. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu. (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al-Kitab sebelum kamu. dan binatang disembelih selain untuk Allah. maka tidak ada dosa baginya.(QS. pasti orangorang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih. Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai. daging babi. (QS Al-Maidah: 73) Hukum Makanan Natal Namun lepas dari ketidak-setujuan kita dengan aqidah mereka. (QS Al-Maidah: 5) Sedangkan yang diharamkan adalah hewan yang disembelih untuk dipersembahkan kepada selain Allah. Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al-Kitab itu halal bagimu. khusus dalam masalah makanan yang mereka buat. pada dasarnya tidak ada larangan khusus. Barang siapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari akhirat termasuk orang-orang merugi. Al-Baqarah: 173) 108 .Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. dan makanan kamu halal pula bagi mereka. seperti juga kebalikannya. Lc Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan. "Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga".

Mulai dari menanam budi tapi ujung-ujungnya banyak juga yang bergantung. warahmatullahi wabarakatuh. beasiswa serta kebutuhan hidup yang lain. meski untuk acara natal sekalipun. narkoba dan sejenisnya. bila tidak untuk berhala melainkan sekedar hidangan konsumsi biasa. Meski tidak ada yang salah dari segi zat dan nilainya. Sedangkan haram secara nilai misalnya karena hasil curian. Atau karena zatnya memang berbahaya buat manusia seperti racun. Lc Maka makanan yang ketika disembelih diniatkan untuk berhala misalnya. tentu tidak ada kaitannya dengan zat dan nilainya. wassalamu 'alaikum 109 . anjing. Karena itu umat Islam perlu waspada dan hatihati menerima hadiah atau bantuan dari agama lain. obat. atau dipersembahkan untuk berhala. makanan itu haram untuk kita makan. Sebab bisa saja makanan itu mengandung unsur lain seperti menjaring umat Islam untuk murtad dari agamanya. Wallahu a'lam bishshawab. Dengan masuknya bantuan makan. Tapi sebaliknya. Atau karena berupa khamar yang diharamkan. sekolah. bukan berarti kita bebas begitu saja memakannya. drugs. sebenarnya tidak ada 'illat yang membuatnya menjadi haram. seringkali terjadi kemurtadan di tengah umat. babi dan sebagainya. Sedangkan bila makanan itu pernah diedarkan untuk sebuah perayaan agama lain namun bukan buat persembahan berhala.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Baik secara zatnya atau pn secara nilainya. Haram secara zat misalnya karena makanan itu najis seperti bangkai.

.

Saya menjadi ragu setiap makan di acara tersebut. karena pasti tuan rumah memasak menggunakan alat memasak yang pernah dipakai untuk memasak daging babi. Maka 111 . Lc Diundang Makan Non Muslim Assalamu'alaikum wr. kami mengadakan pertemuan setiap 2 bulan sekali semacam reuni. Kalau mau diikuti logika fiqihnya memang demikian. saya memiliki kawan non -muslim. Atas perhatian ustadz saya ucapkan terima kasih. wasalamu'alaikum wr wb wy jawaban Assalamu 'alaikum warahamatullahi wabarakatuh. sehingga untuk membersihkannya bukankah harus dilakukan pencucian sebanyak tujuh kali yang salah satunya dicampur dengan tanah seperti membasuh sesuatu yang terjilat anjing? Saya mohon kesediaan ustadz untuk menjawab pertanyaan saya agar saya tidak selalu ragu untuk makan makanan pada acara tersebut. Ustadz.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. wb. di mana dalam acara tersebut kami mengadakan acara makan-makan yang biasanya diadakan di rumah teman saya yang non muslim tersebut. Saya pernah bertanya pada khadimatnya bahwa di rumah itu sering dimasak daging babi sebagai menu masakannya. Daging babi itu haram dan termasuk najis besar kalau saya tidak salah.

112 . terutama bila dikaitkan dengan masalah hukum. setiap muslim tidak diwajibkan sampai menanyakan sejauh itu. Atau dia harus kuat mental untuk tidak malu menanyakan status kehalalan makanan kepada tuan rumah. Yaitu mereka yang berupaya secara maksimal untuk menjaga diri dari hal-hal yang diharamkan Allah SWT. Yaitu anda perlu sedikit terbuka dengan kawan anda yang bukan muslim itu. Kita menetapkan hukum berdasarkan apa yang nampak. apalagi sampai bertanya kepada pembantunya. tanpa dibebani dengan kewajiban untuk bertanya terlalu jauh. sedangkan yang tidak nampak menjadi urusan Allah. Seharusnya kita cukup berhusnudzdzan dengan apa yang dihidangkan. Sikap hati-hati seperti ini memang baik bahkan perlu dipupuk. Namun kita pun mengakui adanya kecenderungan sikap hatihati (wara') dari sebagian muslim. Sebab kita mengenal ungkapan: Nahnu nahkumu bizh-zhawahir wallahu watawallas-sarair. Paling tidak sebagian ulama berpandangan demikian. kita tidak dibebani untuk terlalu mendalami asal usul makanan yang dihidangkan. Paling tidak. Lc solusinya sederhana saja sebenarnya. asalkan diiringi juga dengan mentalitas yang kuat. dia harus kuat menahan diri untuk tidak makan di suatu jamuan makan. namun dalam kepercayaan anda tetap saja alat masak yang pernah digunakan untuk memasak babi perlu disucikan secara benar. Sehingga kalau mengikuti kaidah itu. Sebenarnya kalau kita melihat secara aturan umum. Namun meski teman anda itu tidak menghidangkan babi.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. sebagaimana saran kami di atas. anda tidak boleh makan babi. Sampaikan saja dengan baik-baik dan sopan bahwa sebagai muslim. di mana dia merasa kurang sreg dengan kehalalannya. meski sudah melampaui batas-batas yang tersembunyi sekalipun dan di luar kelaziman.

sebaiknya kembali saja kepada dasar yang sudah baku. tidak perlu terlalu merepotkan diri dengan hal-hal yang di luar jangkauan. yaitu kita melihat lahiriyah saja. Wallahu a'lam bishshawab. Sebab ini masalah halal dan haram. warahamatullahi wabarakatuh. Namun bila tidak siap mental. Sikap kehati-hatian itu harus diiringi dengan resiko siap mental. Lc. Ahmad Sarwat.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Wassalamu 'alaikum 113 . Tidak ada alasan kurang etis atau kurang sopan. tidak boleh asal-asalan. Lc Sikap mental ini penting untuk dipelihara dan dipupuk. Terutama bila seseorang cenderung untuk berhati-hati dalam kehalalan makanan.

.

Dia tidak memberikan kesimpulan hukum tapi hanya menyodorkan hadits tersebut. Dalam diskusi lepas tarawih. jawaban Assalamu ''alaikum warahmatullahi wabarakatuh. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda. Sedangkan Al-Munawi mengatkan bahwa 115 . Syukron. Wassalaam. teman kami dari Tunisia mengutip salah satu hadits yang artinya kurang lebih adalah: Jangan jadikan teman kecuali dia mukmin dan jangan makan makanan-mu kecuali orang bertaqwa. Jazakallaahu khoir. Maaf ingin menanyakan tentang hukum mengundang makan orang non muslim ke rumah kita." (HR Abu Daud. Ahmad. Ibnu Hibban. Lc Mengundang Makan Non-Muslim Assalaamu`alaikum wr wb. Ad-Darimi) Dari sisi derajat hadits. Abu Daud dan Al-Munziri bersikap no comment dalam keshahihannya. Nah bagamana sebenarnya hukum mengundang makan orang non muslim ke rumah kita? Mohon penjelasannya.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. "Janganlah kamu berteman kecuali dengan orang mukmin dan jangan pula seseorang memakan makananmu kecuali orang yang bertaqwa. ada sedikit perbedaan pandangan. Hadits yang anda tanyakan itu tepatnya adalah: Dari Abi Said al-Khudhri ra.

shahabat serta orang terdekat. akibat pertemanan itu. tidak makan secara serakah dan juga menjaga adab-adabnya. Hadits ini bukan untuk dipahami bahwa kita hanya boleh berteman dengan sesama muslim saja. Lebih jauh lagi. duduk bersama mereka. Beliau meletakkan hadits ini pada bab mengunjungi orang baik-baik. Dan orang yang bertakwa itu sifatnya wara'' (menjaga) diri. Sedangkan orang kafir harus dimusuhi. Nampaknya hadits ini lebih berbicara kepada masalah bagaimana memilih teman yang dijadikan rujukan. Hadits ini tercantum dalam banyak kitab. di antara asnaf yang berhak menerima zakat adalah para muallaf. Bukan makanan yang sangat dibutuhkan karena hajat. Lc sanad-sanad hadits ini shahih. Mereka ini tidak terbatas pada orang yang sudah masuk Islam saja. tetapi termasuk 116 . bukan berteman dalam arti umum. Latar belakangnya agar orang-orang yang buruk itu tidak memberi pengaruh yang tidak baik. Hadits ini terdapat dalam kitab shahih Ibnu Hibban. salah satu di antaranya adalah kitab Riyadhush-Shalihin karya Al-Imam AnNawawi rahimahullah yang legendaris itu. Doktor Fahad Misy''almengatakan bahwa maksud hadits ini adalah anjuran agar kita tidak berteman dengan orang yang jelek perangainya. bersahabat dan mencintai mereka. Sebab bergaul dengan selain muslim dibenarkan. Dari sisi pengertian hadits. atau orang munafiq atau fasik.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Sedangkan larangan orang yang tidak bertaqwa memakan makanan kita. maksudnya adalah makanan walimah (pesta undangan makan). bahkan memberi makan seorang non muslim yang fakir atau miskin malah dianjurkan. hingga meminta doa dari mereka.

melainkan untuk masalah kecintaan. Wallahu a''lam bishshawab. Bahkan di masa risalah. persahabatan dan suri teladan serta teman pergaulan yang punya pengaruh baik. Lc mereka yang belum masuk Islam. bukan semata-mata mengharapkannya masuk Islam. Ahmad Sarwat. Seharusnya semua itu kita dapat dari sesama muslim. namun sangat diharapkan suatu saat masuk Islam. tetapi paling tidak orang itu berhenti dari memusuhi kaum muslimin. Rasulullah SAW pernah memberi dari harta zakat kepada orang kafir yang sangat memusuhi umat Islam. wassalamu ''alaikum 117 . Lc.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. warahmatullahi wabarakatuh. Maka kesimpulan kami. hadits ini memang bukan untuk digunakan sebagai dalil memusuhi non muslim.

.

tetapi ada istilah party. Sedangkan makan dan minum sambil berdiri. Lc Makan Sambil Berdiri Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Yang ingin kami jawab adalah apa hukum makan dan minum sambil berdiri. Kami katakan bahwa keduanya beda. Kami mungkin tidak akan menjawab apa yang anda tanyakan tentang istilah standing party. Lho apa bedanya? Mungkin begitu Anda akan balik bertanya.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Mau tanya. sebuah standing party sejak awal memang diniatkan agar para tamu sengaja tidak duduk ketika makan dan minum. Gimana? jawaban Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hukum Makan dan Minum Sambil Berdiri 119 . gimana hukumnya makan di acara standing party yang sekarang banyak dilakukan saat resepsi pernikahan? Padahal di situ kan minim tempat duduk. yaitu pesta. Maka jelas ada beda antara standing party dengan sekedar makan atau minum sambil berdiri. bukan semata-mata disengaja sejak awal. bisa saja dilakukan karena kebetulan. Setidaknya. Standing party tidak semata-mata hanya urusan makan atau minum sambil berdiri.

keseringan kita pun juga akan mengatakan hal yang sama. benar. kalau ada pertanyaan seperti itu. “Janganlah kalian minum sambil berdiri. Lc Dari umumnya tulisan para ulama dan literatur yang kita baca di mana-mana. Dan hadits itu juga kuat dari segi sanadnya. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri. beliau mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang minum sambil berdiri.” (HR Bukhari no. 2025) Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. kita menemukan juga hadits-hadits yang sekiranya malah membolehkan makan dan minum sambil berdiri. jawabannya mudah ditebak. Hadits-hadits Yang Membolehkan Ternyata setelah ditelurusuri baik-baik di beberapa kitab hadits. 2027) 120 . Maka beliau lantas minum dalam keadaan berdiri. Ahmad no. Salah satunya adalah dalil berikut ini: Dari Anas radhiyallahu ‘anhu. 1637. (HR Muslim no. Ya. (HR Muslim no. Antara lain: Dari Ibnu Abbas beliau mengatakan. hukumnya haram. dan Muslim no. beliau mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang sambil minum berdiri.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya. 2024. 11775 dll) Dari Abu Sa’id al-Khudriy. yaitu makan dan minum sambil berdiri hukumnya haram.” (HR Ahmad no 8135) Sehingga dengan banyaknya literatur yang menyebutkan keharaman makan dan minum sambil berdiri. Dan dalilnya adalah dalil yang juga sering kita temukan dalam berbagai situs keIslaman. “Aku memberikan air zam-zam kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

oleh sebagian ulama dikatakan hasan dan oleh ulama lain disebut shahih.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Dan At-Tirmizy yang meriwayatkannya tegas menyatakan bahwa statusnya adalah Hasan Shahih. juga kami minum sambil berdiri. “Sesungguhnya banyak orang tidak suka minum sambil berdiri. maka ada dua kemungkinan. Lepas dari masalah pro dan kontra. Setelah itu beliau mengatakan. Bahkan Rasulullah SAW pun disebutkan minum air zamzam sambil berdiri. beliau menceritakan bahwa Ali radhiyallahu ‘anhu mendatangi pintu ar-Raghbah lalu minum sambil berdiri. Lc Dari An-Nazal.” (HR Bukhari no. Sanad pertama hasan dan sanad kedua shahih. 5615) Dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu berkata. kalau Al-Imam At-Tirmizy mengatakan suatu hadits berkekuatan hasan shahih. padahal aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan sebagaimana yang baru saja aku lihat. Maksudnya? Menurut sebagian ulama. hadits itu punya 2 sanad. Hadits Lainnya 121 . atau minum sambil berdiri. Kemungkinan kedua. kenyataannya haditshadits itu memang nyata ada. hadits itu punya 1 sanad saja. "Nabi SAW minum air zamzam dalam keadaan berdiri (HR At-Tirmizy 4/301 dengan status Hasan Shahih) Maka kalau kita simpulkan. 1. "Dahulu kami makan di zaman Rasulullah SAW sambil berjalan. Kemungkinan pertama. 2. ternyata memang ada haditshadits yang menyebutkan bahwa para shahabat makan sambil berjalan. (HR At-Tirmizy 4/300 dengan status Hasan Shahih) Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu berkata.

” (HR Ahmad no 4587 dan Ibnu Majah no. 3301 serta dishahihkan oleh al-Albany) Di samping itu Aisyah dan Said bin Abi Waqqash juga memperbolehkan minum sambil berdiri. Jika aku minum sambil duduk maka sungguh aku pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam minum sambil duduk.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. 1720 . Kami juga tidak diajarkan untuk terlalu mudah menafikan jawaban para ulama. Apa yang memang dikatakan oleh para ulama. harus secara ikhlas kita 122 . Lc Dalam riwayat Ahmad dinyatakan bahwa Ali bin Abi Thalib mengatakan: “Apa yang kalian lihat jika aku minum sambil berdiri. karena selalu disuguhi dengan perbedaan pendapat dan dalil yang saling bertentangan. “Di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kami minum sambil berdiri dan makan sambil berjalan. kenapa kalau bertanya di rubrik ini. Sungguh aku melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah minum sambil berdiri. kami tidak pernah dididik untuk membuang suatu dalil yang sekiranya masih dijadikan landasan oleh para ulama.” (HR Ahmad no 797) Dari Ibnu Umar beliau mengatakan. biar tidak selalu dalam keadaan bimbang? Jawabnya. Rupanya pendidikan di Fakultas Syariah LIPIA selalu mengajarkan bahwa kita harus jujur dengan ilmu. Kenapa tidak ditampilkan satu dalil saja yang paling kuat lalu yang lain ditolak? Juga kenapa tidak diambil satu pendapat saja. (lihat al-Muwatha. lalu yang lain dibuang. diriwayatkan dari Ibnu Umar dan Ibnu Zubaer bahwa beliau berdua minum sambil berdiri. selalu malah tambah bingung. lepas apakah kita sepakat atau tidak dengan pendapat mereka.1722) Beda Pendapat Mungkin anda akan balik bertanya.

makan dan minum sambil berdiri hukumnya adalah karahah tanzih. maka kita akan dapat keterangan seperti itu. Bahwa kemudian kita sepakat dengan pendapat mereka. tetap harus dijunjung tinggi. Pendapat 4 Ulama Mazhab Tentang Makan dan Minum Sambil Berdiri 1. Mazhab Al-Hanafiyah Menurut pandangan mazhab ini. 2. Mazhab Al-Malikiyah Dalam pandangan mazhab ini. lain urusannya. balance. Pendapat mazhab ini bisa kita lihat dalam Ibnu Abidin jilid 1 halaman 387. Kalau kita teliti kitab-kitab seperti Al-Fawakih Ad-Dawani jilid 2 halaman 417 dan Al-Qawanin Al-Fiqhiyah halaman 288.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Untuk itu kami tampilkan juga hadits-hadits dan pendapatpendapat yang sekiranya membolehkan makan dan minum sambil berdiri. Rasanya bukan pada tempatnya untuk menggiring opini pribadi kepada suatu pendapat pribadi. 123 . Namun mazhab ini mengecualikannya dengan mengatakan bahwa dibolehkan minum air zamzam atau air bekas wudhu sambil berdiri. hukum makan dan minum sambil berdiri dibolehkan. Jadi siapa pun boleh untuk makan atau minum sambil berdiri. namun setidaknya upaya untuk bersikap seimbang. Lc sampaikan. Maksudnya dibenci atau tidak disukai. atau tidak sepakat. tidak ada larangan. dan adil. Mungkin hal itu memang tidak bisa dihindari 100%. Tentunya kami pun tahu bahwa sekian banyak pembaca rubrik tercinta ini terdiri dari beragam latar belakang paham dan mazhab fiqih.

semisal kitab Raudhatuttalibin jilid 7 halaman 340 dan kitab lainnya seperti Mughni Al-Muhtaj jilid 1 halaman 250. Silahkan periksa Kitab Kasysyaf Al-Qinna' jilid 5 halaman 177 dan juga kitab Al-Adab Asy-Syar'iyah jilid 3 halaman 175176. dikatakan bahwa mazhab ini cenderung tidak mengatakan ada karahah (kebencian) untuk minum dan makan sambil berdiri. Jadi bukan berarti haram hukumnya secara total. Mazhab Al-Hanabilah Dalam pandangan salah satu riwayat mazhab ini. hukumnya khilafiyah juga. Lc wassalamu 'alaikum 124 . warahmatullahi wabarakatuh. Lc 3. Kesimpulan: Jadi kesimpulannya. Wallahu a'lam bishshawab. yaitu mereka mengatakan justru ada karahah (kebencian). Intinya. 4. Silahkan periksa kitab Asy-Syafi'iyah. Namun dalam riwayat yang lain malah disebutkan sebaliknya. makan dan minum sambil berdiri ada yang mengatakan haram. Mazhab As-Syafi'iyah Mazhab ini mengatakan bahwa minum sambil berdiri adalah khilaful aula (menyalahi keutamaan). makruh dan ada yang mengatakan boleh tanpa karahah. Ahmad Sarwat.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat.

jawaban Assalamu ''alaikum warahmatullahi wabarakatuh. berkata. kemudian Rasulullah Saw pun menegur Ali agar tidak melarang sesuatu hal yang RasulullahSaw pun tidak pernah melarangnya. Mohon penjelasanantum tentang hal tersebut. "Aku memberi minum nabi SAW air zam-zam. Sebagian membolehkan kita minum sambil berdiri dan sebagian lagi tidak demikian. Bagaimana bisa demikian? Apa dalilnya? Ada beberapa dalil hadits yang saling berbeda esensinya. pernah menegur seseorang yang minum sambil berdiri bahwa tersebut tidak boleh dilakukan.a. Jawaban singkatnya adalah bahwa minum sambil berdiri hukumnya boleh. Lc Minum Sambil Berdiri Assalamu''alaikum warahmatullahi wabarakatuh Ustaz. terutama apakah ada hadist yang melarang kita untuk minum berdiri? Jazakumullah khairan kastira. tapi lebih baik bila sambil duduk. ana pernah membaca tulisan di buku/majalah beberapa waktu yang lalu yang isinya bahwa Ali bin Abi Thalib r.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. maka beliau meminumnya sambi berdiri. Hadits pertama adalah: Dari Ibnu Abbas ra. (HR Bukhari dan Muslim) 125 .

berdalil dengan menggunakan hadits shahih ini. Beliau berkata. "Aku pernah melihat Rasulullah SAW minum sambil berdiri dan sambil duduk. Dari Anas ra. Hadits-hadits ini justru menyebutkan bahwa Rasulullah SAW melarang kita minum sambil berdiri. berkata. Maka kalangan yang membolehkan minum sambil berdiri." (HR. "Ali ra datang ke pintu Rahbah dan beliau minum sambil berdiri. bahkan sampai harus dimuntahkan kembali. "Sungguh aku melihat Rasulullah SAW minum sebagaimana kalian melihat aku minum. Qatadah berkata. "Bagaimana bila makan sambil berdiri?" Beliau 126 . berkata. dari nabi SAW bahwa beliau melarang seorang laki-laki mium sambil berdiri. "Dahulu kami pernah di zaman Rasulullah SAW makan sambil berjalan dan minum sambil berdiri. ternyata hadits-hadits berikut ini juga tidak kalah shahihnya. Bukhari) Dari Umar ra. Hadits ini tegas sekali menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah minum air zam-zam sambil berdiri. Dari An-Nazzal bin Sabrah ra. Lc Hadits ini dishahihkan bukan hanya oleh Imam Bukhari tetapi Imam Muslim juga sepakat bahwa kedudukannya shahih. Kesemua hadits di atas menunjukkan kebolehan minum sambil berdiri." (HR Tirmizy) Dari Amru bin Syu''aib ra dari ayahnya dari kakeknya berkata. "Kami bertanya kepada Anas. Tapi kita juga mempunyai beberapa hadits lainnya yang secara esensi sangat berbeda hukumnya." (HR Tirmizi) Imam At-Tirmizi menjelaskan bahwa derajat kedua hadits ini adalah hasan shahih.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Selain dilakukan oleh Rasulullah SAW. juga dilakukan oleh para shahabat beliau. Dan hebatnya.

" (HR. Dan dalam riwayat Muslim disebutkan bahwa nabi SAW melarang keras minum sambil berdiri. Sedangkan Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berbeda pendapatnya. Dengan lafadz itu pula beliau menuliskan pendapatnya dalam kitab Riyadhus-Shalihin. kecuali dalam keadaan udzur. secara tegas beliau mengatakan bahwa minum sambil berdiri hukumnya tidak makruh. Sedangkan di dalam kitab Ar-Raudhah. Meski pun demikian beliau pun menerima keshahihan hadit yang melarang minum sambil berdiri. Maka kesimpulan beliau bahwa minum itu boleh sambil berdiri. Dari Abi Hurairah ra. tapi lebih utama bila sambil duduk. di dalam kitabnya As-Silsilah Shahihah. beliau lebih cenderung untuk melarang seseorang minum sambil berdiri. beliau tetap mengakui keshahihan hadits-hadits yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW minum sambil berdiri. 127 . Muslim) Lalu bagaimana mungkin bisa terjadi hadits-hadits yang sama-sama shahih itu saling bertentang satu dengan yang lain? Jawabnya. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda. Misalnya saja Syeikh Al-Albni rahimahullah. Lantaran ada hadits shahih yang cukup banyak yang menyebutkan bahwa nabi SAW melakukannya. "Itu (makan sambil berdiri) lebih jahat lagi (hukumnya). Sehingga amat wajar bila para ulama satu sama lain saling berbeda dalam menarik kesimpulan hukum atas masalah ini. bisa-bisa saja dan bukan merupakan aib.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Bila lupa maka muntahkanlah. Lc SAW menjawab. Menurut beliau hukum minum sambil berdiri mutlak dibolehkan." Maksudnya lebih buruk lagi. "Janganlah kalian minum sambil berdiri. Meski pun demikian.

wassalamu ''alaikum 128 . Bahkan sebagian lain mengatakan bahwa haditshadits itu sudah dihapus hukumnya. Lc Lain lagi dengan sebagian ulama dari kalangan mazhab Malik mengatakan bahwa hadits-hadits yang melarang minum sambil berdiri adalah hadits yang mansukh.Fiqih Kuliner : Ahmad Sarwat. Lc. yaitu hadits yang dhaif derajatnya. warahmatullahi wabarakatuh. Wallahu a''lam bishshawab. Lihat Al-Mausu''ah AlFiqhiyah Al-Kuwaitiyah. Ahmad Sarwat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->