You are on page 1of 14

TUGAS TERSTRUKTUR KELOMPOK 7

CEMARAN LOGAM BERAT PADA BAHAN PANGAN

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kimia Unsur yang dibina oleh

Oleh: Hayatunnufus Zahir (0810923012) Priska Pardede Rosaleni T. Geli Agus Farid Fadli (0810923020) (0810923024) (0810923032)

JURUSAN KIMIA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2011

Pencemaran lingkungan oleh logam berat dapat terjadi jika industri yang menggunakan logam tersebut tidak memperhatikan keselamatan lingkungan. yaitu udara yang dihirup saat bernapas. racun dalam bahan pangan bisa merenggut nyawa dalam hitungan jam. berbagai jenis pangan dapat dibuat lebih awet. batang. daun dan buah). prot in. Salah memilih bisa membahayakan kesehatan tubuh. dan susu). Sumber utama kontaminan logam berat sesungguhnya berasal dari udara dan air yang mencemari tanah. serat dan mineral Komponen-kompenen ini berperan penting dalam memberikan karakter bahan pangan baik si at fisik. lebih aman. . dan udara). tanah. air minum. l mak. Selanjutnya semua tanaman yang tumbuh di atas tanah yang telah tercemar akan mengakumulasikan logam-logam tersebut pada semua bagian (akar. Selanjutnya manusia yang termasuk ke dalam kelompok omnivora (pemakan segalanya). jika formalin berdampak karsinogen untuk jangka panjang. Ternak akan memanen logam-logam berat yang ada pada tanaman dan menumpuknya pada bagian-bagian dagingnya. tanaman (sayuran dan buah-buahan). Makanan merupakan sumber nutrisi bagi tubuh. Secara alami maupun kontaminasi mikroba terdapat senyawa beracun dalam bahan pangan. Pencemaran logam berat terhadap alam lingkungan merupakan suatu proses yang erat hubungannya dengan penggunaan bahan tersebut oleh manusia. vitamin.B B E ULU Bahan pangan umumnya t usun atas ai . Adanya kemajuan ilmu dan teknologi pangan. Akhir-akhir ini kasus keracunan logam berat yang berasal dari bahan pangan semakin meningkat jumlahnya. lebih menarik penampilannya. Logam-logam tertentu dalam konsentrasi tinggi akan sangat berbahaya biladitemukan di dalam lingkungan (air. telur. biologi. serta ternak (berupa daging. Racun dalam bahan pangan memang sangat berbahaya. tetapi juga akibat mengasup makanan yang tercemar logam berat. kimia.Apalagi racun dalam bahan pangan seringkali tidak terdeteksi dari sisi rasa. aroma. maupun fungsionalnya. Akan tetapi harus diperhatikan dalam memilih dan mengolah bahan pangan yang akan dikonsumsi. karbohi rat. terutama saat membuang limbahnya. Manusia bukan hanya menderita sakit karena menghirup udara yang tercemar. lebih enak dan lebih praktis bagi konsumen. akan tercemar logam tersebut dari empat sumber utama. Faktor penyebab keracunan adalah kontaminasi mikroba dan pencemaran senyawa-senyawa beracun seperti logam-logam berat. dan kenampakannya.

nikel (Ni). sehingga yang termasuk ke dalam kriteria logam beratsaat ini mencapai lebih kurang 40 jenis unsur. spesies. istilah logam berat hanya ditujukan kepada logam yang mempunyai berat jenis lebih besar dari 5 g/cm3. Beberapa logam mempunyai sifat karsinogenik. kadmium (Cd). pada kenyataannya. kebiasaan makan makanan tertentu. kondisi fisik. Keracunan logam berat pada manusia menyebabkan beberapa akibat negatif. tetapi terutama adalah timbulnya kerusakan jaringan pada hati dan ginjal. tembaga (Cu). .Sesungguhnya. dan seng (Zn). Beberapa contoh logam berat yang beracun bagi manusia adalah: arsen (As). Daya keracunan logam ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kadar logam yang termakan. merkuri (Hg). timbal (Pb). 009). umur. unsur-unsur metaloid yang mempunyai sifat berbahaya juga dimasukkan ke dalam kelompok tersebut. lamanya mengkonsumsi. dan kemampuan jaringan tubuh untuk mengakumulasi logam (anonym. jenis kelamin. Namun.

Kandungan logam tersebut dapat meningkat bila limbah perkotaan. Bagaimana enceng gondok dapat me-absorpsi logam berat dari perairan? 5. Hal ini disebabkan senyawa atau unsur logam berat dimanfaatkan dalam berbagai industri.B B S L E ELES . Dari berbagai limbah tersebut. pertanian. Arsen dalam air tanah terbagi dalam dua bentuk. terbentuk dalam kondisi anaerobik. Jelaskan efek yang ditimbulkan oleh logam dikonsumsi oleh manusia ? 3. asalah . tergantung pada kadar pencemaran oleh ulah manusia atau perubahan alam. katalisator. pertambangan. d dan s ketika . logam-logam tersebut terakumulasi ke lingkungan. maupun sebagai bahan tambahan. baik sebagai bahan baku. Bentuk lainnya adalah bentuk . dan perindustrian yang banyak mengandung logam berat masuk ke lingkungan. embahasan . Jelaskan apa saja yang menjadi kontaminan pada bahan pangan? Jawab : Kandungan alamiah logam pada lingkungan dapat berubah-ubah. yaitu bentuk tereduksi. g. Akibatnya. terutama mengendap di dasar perairan membentuk senyawa kompleks bersama bahan organik dan anorganik secara adsorbsi dan kombinasi. Hal ini disebabkan arsen merupakan salah satu mineral yang memang terkandung dalam susunan batuan bumi. Arsen banyak ditemukan di dalam air tanah. umumnya yang paling banyak mengandung logam berat adalah limbah industri. Penyebab utama logam berat menjadi bahan pencemar berbahaya adalah karena sifatnya yang tidak dapat dihancurkan (nondegradable) oleh organisme hidup yang ada di lingkungan. Bagaimanakah cara untuk bioakumulasi logam berat misalnya kadmium (cd) menggunakan sianobakteria? 4. Jelaskan apa saja yang menjadi sumber kontaminan pada bahan pangan ? . seperti erosi. sering disebut arsenit. Bagaimanakah pengaruh pencemaran logam berat merkuri dan cadmium ke dalam tubuh? an bagaimanakah pencegahan bahaya logam bagi kesehatan? b. Adapun sumber kontaminan pada bahan pangan yaitu : a.

buangan limbah. 1992): Semua komponen merkuri dalam jumlah cukup. Bila bakteri itu kemudian termakan oleh ikan. komponen merkuri juga banyak tersebar di karang. Logam ini digunakan secara luas untuk mengekstrak emas dari bijihnya. dan sampai saat ini belum dapat disembuhkan. Para penambang emas tradisional menggunakan merkuri untuk menangkap dan memisahkan butir-butir emas dari butir-butir batuan. Transformasi biologi dapat terjadi di dalam lingkungan atau di dalam tubuh. akumulasi. Hg anorganik (logam dan garam Hg) terdapat di udara dari deposit mineral dan dari area industri. Walaupun mekanisme keracunan merkuri di dalam tubuh belum diketahui dengan jelas. udara. dan biologi yang kompleks. Hg akan membentuk amalgam dengan emas atau perak. dan waktu retensinya di dalam tubuh. kimia. Kerusakan tubuh yang disebabkan merkuri biasanya bersifat permanen. terjadi pada kondisi aerobik. beracun terhadap tubuh. umum disebut sebagai arsenat (Jones. Air sisa-sisa penambangan yang mengandung Hg dibiarkan mengalir ke sungai dan dijadikan irigasi untuk lahan pertanian. Endapan yang tersaring kemudian diremas-remas dengan tangan. 2000). distribusi. dan akitivitas vulkanik.teroksidasi. Ketika Hg dicampur dengan bijih tersebut. Untuk mendapatkan emas dan perak. Masing-masing komponen merkuri mempunyai perbedaan karakteristik dalam daya racun. yang terutama dihasilkan oleh mikroorganisme (bakteri) di air dan tanah. Logam Hg dapat pula bersenyawa dengan karbon membentuk senyawa Hg organik. ikan tersebut cenderung memiliki konsentrasi merkuri yang tinggi. amalgam tersebut harus dibakar untuk menguapkan merkurinya. baik sebelum maupun sesudah proses sianidasi digunakan. air. b. saat komponen merkuri diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Senyawa Hg organik yang paling umum adalah metil merkuri. Endapan Hg ini disaring menggunakan kain untuk mendapatkan sisa emas. dan organisme hidup melalui proses fisik. . atau pengumpulan. beberapa hal mengenai daya racun merkuri dapat dijelaskan sebagai berikut (Fardiaz. Logam Hg yang ada di air dan tanah terutama berasal dari deposit alam. Pengaruh buruk merkuri di dalam tubuh adalah melalui penghambatan kerja enzim dan kemampuannya untuk berikatan dengan grup yang mengandung sulfur di dalam molekul enzim dan dinding sel.Selain itu. tanah.

tembaga (Cu) 0. merkuri (Hg). Meskipun demikian.1 sampai dengan 1. timah (Sn) 40 mg/kg dan air raksa 0. Beberapa logam berat yang dibutuhkan manusia untuk kesehatan antara lain tembaga (Cu) untuk metabolisme sel. timbal (Pb) 0. bersifat racun.03 sampai dengan 0. tidak berbau dan sangat tahan terhadap korosi. Cd dan As ketika dikonsumsi oleh manusia ? Jawab : Logam berat merupakan bahan kimia yang biasanya mempunyai berat jenis di atas 5. pengaruh proses pengolahan akan dapat mempengaruhi status keberadaan tersebut dalam bahan pangan.5 mg/kg. Jelaskan efek yang ditimbulkan oleh logam Pb. berwarna putih abu-abu kebiruan.1 sampai dengan 150 mg/kg.03725/B/SK/VII/1989 tentang batas maksimum cemaran logam dalam makanan diatur bahwa batas maksimum cemaran logam yang diperbolehkan dalam beberapa produk pangan yaitu : arsen (As) 0. seng (Zn) 2. Sumber kontaminan timbal (Pb) terbesar dari buatan manusia adalah bensin beraditif timbal untuk bahan bakar kendaraan bermotor. 2. Sesuai dengan keputusan Direktur Jendral Pengawasan Obat dan Makanan No. dalam bentuk ion logam berat dan menyebabkan gangguan fungsi ginjal. .0 mg/kg. d. dan mangan (Mn). Cemaran logam Cu pada bahan pangan pada awalnya terjadi k arena penggunaan pupuk dan pestisida secara berlebihan. kadmium (Cd) dan arsen (As).Timbal (Pb) merupakan logam berat berbentuk padat. Logam berat ini hanya bisa diekskresikan oleh tubuh melalui ginjal.c.0.1 sampai dengan 10 mg/kg. kobalt (Co). Hg. besi(Fe) untuk sitesis protein haema yang berfungsi dalam proses tranport oksigen dan metabolisme oksidatif.0 sampai dengan 100 mg/kg. Beberapa logam berat beresiko tinggi (high risk) pada kesehatan seperti timbal (Pb). seng (Zn) sebagai pembentuk enzim di dalam tubuh. Logam berat dapat berpotensi racun karena tidak dapat dimetabolisme menjadi bentuk senyawa kimia lain. Diperkirakan 65 persen dari semua pencemaran udara disebabkan emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor. lunak. Dapat diperoleh di alam secara alamiah atau sebagai akibat dari aktivitas manusia (anthoropogenic) misalkan pertambangan.

sarung kabel. Timbal yang ditimbun dalam tulang seorang perempuan yang sedang mengandung. Penimbunan timbal berpotensi menimbulkan dampak jangka panjang atau efek kronis. mudah menguap pada suhu kamar dan tidak berbau. Timbal tidak dapat terutai secara biologis dan toksisitasnya tidak dapat berubah sepanjang waktu. Metil merkuri dan garam merkuri yang larut dalam air merupakan bentuk yang paling beracun. keramik dan gelas kristal yang menggunakan timbal oksida dan silikat. diserap kembali dalam ginjal dan otak. dimobilisasi dan masuk ke dalam peredaran darah. Logam air raksa dan senyawanya dapat mengakibatkan kerusakan susunan saraf pusat. timbal juga digunakan di berbagai industri sepeti industri baterai. Senyawa timbal juga digunakan dalam formulasi cat dan mainan anak-anak. stabilisator pada plastik polivinil klorida. lalu masuk ke janin dan pada girlirannya mengganggu kesehatan janin. .Timbal biasanya digunakan sebgai bahan aditif dalam bahan bakar bensin dalam bentuk timbal tetraetil (TEL) sebagai anti knocking agent. paduan logam (alloy). air raksa juga terdapat sebagai senyawa organik dan garam anorganik.Air raksa (Hg) merupakan satu-satunya logam yang berbentuk cairan. mudah bergerak. Timbal sangat berbahaya. Air raksa di alam dapat dirubah menjadi metil merkuri atau campurannya oleh bakteri. Selain terdapat dalam bentuk logam Hg. Metil merkuri bersifat teratogenik. ginjal dan hati. bayi yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi ikan yang tercemar metil merkuri mengalami abnormalitas syaraf termasuk retardasi mental. cat dan mainan anak. ditimbun dalam tulang dan gigi. Pada anak-anak paparan kronik timbal dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif dan penurunan kecerdasan. zat warna/pigmen. dapat menurunkan IQ rata-rata sebesar 3 pin. Timbal yang terhirup atau tertelan akan beredar mengikuti aliran darah. gangguan bicara. Semua senyawa air raksa beracun dan toksisitasnya sangat beragam. amunisi. seperti pada kasus di minamata-Jepang. uap air raksa sangat berbahaya dapat menyebar ke paru masuk ke dalam darah dan otak yang mengakibatkan kerusakan otak. Di beberapa negara penggunaan timbal telah dilarang dalam bensin. tinta cetak. Oleh Internasional Agency for Research on Cancer (IARC) timbal bersifat karsinogenik kategori 2B. berat. apabila mengenai kulit akan terserap dan masuk peredaran darah yang dapat menyebabkan efek serius pada sistem syaraf dan organ-organ lain. Setiap kenaikan kadar timbal dalam darah sebesar 10-20 µg/dl. gangguan dalam mencium. Selain itu. gangguan menelan dan refleks yang tidak normal (tremor). gangguan jalan (disturbances gait). warna abu-abu keperakan.

dalam industri kulit. isotop As radioaktif dalam toksikologi. pusing berat (vertigo). Di alam arsen biasanya terdapat dalam bentuk mineral pada kerak bumi. Menurut Internasional Agency for reseach on Cancer (IARC).Arsen ( As) merupakan unsur metaloida (semi logam) berbentuk padat yang rapuh berwarna kuning. industri petasan dan gas perang. Kadmium digunakan sebagi bahan pematri/ solder alumunium.Alkil merkuri dapat terakumulasi dalam jaringan karena sifatnya yang lipofilik sehingga ditimbun dalam jaringan lemak. gelas (penjernih dari kotoran noda besi) dan kertas dinding. merkuri tidak bersifat karsinogenik. Persenyawaan arsen dapat anorganik dan organik. perasaan sesak di tenggorokan. Jika terpapar dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan pembengkakan paru. orpiment (As S ). Senyawa arsen anorganik arsen bervalensi 3 merupakan senyawa arsen yang paling beracun. pembesaran pembuluh cabang tenggorokan. Kadmium bila terhirup akan mengakibatkan iritasi ringan di saluran pernafasan atas. radang selaput lendir hidung. Unsur arsen maupun persenyawaannya sejak dulu dikenal sangat beracun. pankreas dan kelenjar anak ginjal (adrenal glands) dapat merubah metabolisme glukosa. keramik. industri cat. misalnya . abu-abu dan hitam. industri pengawet kayu (bersama dengan tembaga dan krom). kematian sel ginjal yang akut dan atau kerusakan hati. dan sel fotoelektrik. Senyawa anorganik lebih beracun daripada senyawa organik. arsenolit (As O ) dan mineral besi seperti arsenopirit (FeAsS) dan loellingit (FeAs ). berkilau. seperti realgar (As S ). elektroda lampu kadmium.Kadmium (Cd) merupakan logam berat berupa padatan serbuk berwarna putih. tidak berbau dan hampir tidak berasa. dalam pembutan barang-barang ukiran. dari pelindung cacing. seperti kegagalan ginjal dan gangguan fungsi hati yang permanen (irrevesible). dalam proses elektroplating. radang pada kulit dan kerusakan pada organ lainnya. Paparan akut yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya jaringan ikat paru yang permanen. untuk pelapis perunggu (menjadikannya warna merah tua). kadmium dan persenyawaanya dapat menyebabkan kanker pada manusia dan masuk ke dalam kategori 1. Penggunaan arsen sangat bervariasi antara lain pada industri pengerasan tembaga dan timbal sebagai bahan pengisi pembentukan campuran logam. Senyawa bentuk ini mudah diserap pada saluran pencernaan dan paru. Perubahan fungsi hati. dan mengganggu pembelahan sel DNA dengan menghambat fungsi enzimatik. rasa logam di mulut dan batuk.

. Pb dan Cd . yaitu antara 95% sampai 98%. tertelan atau diabsorbsi melalui kulit. (2002). Gleocapsa spp. disamping mudah dibudidayakan dalam sistem akuakultur. Oscillatoria spp. disamping dapat menyebabkan gangguan reproduksi. Jika terpapar dalam jangka lama (15 sampai 30 tahun) dapat mengakibatkan kanker kulit dan paru. Sianobakteria merupakan organisme selular yang mempunyai spektrum habitat yang sangat luas. Dalam hal ini.Beberapa jenis sianobakteria yang diketahui mampu mengakumulasi logam berat tersebut adalah Spirulina platensis. Berdasarkan hal ini pula. diketahui bahwa secara umum kemampuan bioakumulasi sianobakteria relatif sama . serta beberapa jenis yang lain . seperti Hg. Regulasi yang memuat ketentuan tentang batas cemaran logam berat dalam produk pangan di banyak negara digunakan sebagai alat pengendali dengan maksud untuk melindungi publik. Kemampuan bioakumulasi sianobakteria ini mendekati dengan apa yang dilaporkan Inthorn et al. (Dra. Bioakumulasi Cd ini ditunjukkan oleh sianobakteria jenis Lyngbya heironymusii. Gloeocapsa sp. Phonidium mole. Nostoc sp. mengingat tingkat bahayanya yang besar. bahwa sianobakteria mempunyai efisiensi bioakumulasi Cd sebesar 94-97%. Phormidium molle. Bagaimanakah cara untuk bioakumulasi logam berat misalnya kadmium (cd) menggunakan sianobakteria? Sianobakteria merupakan salah satu organisme selular yang diketahui mempunyai kemampuan sebagai bioakumulator logam berat tertentu.senyawa arsen trioksida (AsO ). Stigonema spp dan Nostoc spp. Badan POM RI mempunyai peran yang sangat menentukan dalam hal pengawasan dan pemantauan kandungan cemaran logam berat dalam produk pangan. dapat tumbuh dengan cepat dan tidak membutuhkan persyaratan tertentu untuk hidup.Dalam konteks keamanan pangan. 3. dan menurut IARC arsen masuk ke dalam kategori 1. Dumaria Pangaribuan. dan Oscillatoria jasorvensis. Kultur sianobakteria mempunyai kemampuan efisiensi bioakumulasi Cd yang relatif tinggi. Apt. Lyngbya spiralis. Tolypotrix tenuis./Direktorat pengawasan Produk dan Bahan berbahaya). peluang terjadinya kontaminasi logam berat dalam pangan melalui berbagai cara perlu mendapatkan perhatian yang memadai. senyawa ini berbau seperti bawang putih. Arsen dan persenyawaannya berakibat fatal jika terhirup.

seperti ditunjukkan gambar 1. bahwa r Polycyctis merupakan genus sianobakteria terbesar dengan jumlah 374. (1999). bahwa sianobakteria dari genus Oscillatoria mempunyai efisiensi bioakumulasi Cd sebesar 1.dengan mikroalgae dari golongan algae hijau (chlorophyta). yaitu berkisar antara 88-94%. Sianobakteria pilihan dimasukkan dan ditumbuhkan Selanjutnya dikontakkan dengan air yang tercemar ion-ion logam berat tersebut. diduga karena sianobakteria yang digunakan masih merupakan polikultur sianobakteria yang tergabung kedalam kultur mikroalgae. Untuk mengeliminasi ion logam berat di lingkungan tercemar dengan melibatkan sianobakteria relatif mudah dilakukan..9-3. Proses pengontakkan dilakukan dalam jangka waktu tertentu yang ditujukan agar sianobakteria berinteraksi dengan ion-ion logam berat Selanjutnya biomassa sianobakteria ini dipisahkan dari cairan Proses terakhir. misalnya Chlorococcum sp. yaitu sebesar 94%. Namun nilai bioakumulasi ini didapatkan dari persamaan yang berbeda.. Tingginya efisiensi bioakumulasi Cd oleh sianobakteria. (2002).790 (sel/liter). Fischerella sp. vulgaris dan Scenedesmus acutus. Meskipun demikian. Adapun menurut Matsunaga et al. Berdasarkan gamba tersebut. biomassa sianobakteria yang terikat dengan ion logam berat diregenerasi untuk digunakan kembali atau kemudian dibuang ke lingkungan .0%. sianobakteria ini diduga merupakan bioakumulator terbesar logam Cd dalam larutan. Oleh karena itu. Hal ini seperti ditunjukkan Inthorn et al. Chlorella vulgaris var. bahwa sianobakteria jenis Oscillatoria jasorvensis mempunyai efisiensi bioakumulasi yang relatif tinggi. dua genus sianobakteria yang lain yaitu Oscillatoria dan Chlorococcus diduga pula merupakan bioakumulator yang potensial.

yang akan diikuti oleh difusi dan terjadi ikatan dengan protein dalam sel. Bagaimana enceng gondok dapat me-absorpsi logam berat dari perairan? Proses absorbsi logam berat oleh tanaman air seperti enceng gondok.karena dalam massa pertumbuhan konsentrasi logam berat mencapai maksimum dan kemudian menurun pada waktu jumlah protein sel menurun juga. Mungkin atom N merupakan tempat utama dalam ikatan tersebut .4. adalah logam berat akan masuk ke dalam membran sel. gugus karboksilat adalah gugus yang penting dalam mengikat ion logam. Metal protein: dimana ion logam mudah saling bertukar dengan protei lain karena ikatan logam ini sangat labil. Kemampuan molekul protein yang mempunyai banyak rantai ikatan asam amino. Rangkaian penelitian seputar kemampuan eceng . tetapi sebenarnya ia berperan dalam menangkap polutan logam berat. b.laju oksidasi dan reduksi ion logam dalam suatu lingkungan protein. Metaloenzim: protein berikatan kuat dengan ion logam. Interaksi komplek antara ion logam dengan protein ada 2 bentuk: a. Pengikatan oleh protein merupakan kontrol konsentrasi logam berat dalam sel .sehingga dianggap sebagai ikatan yang sangat stabil dan lama. Eceng gondok dianggap sebagai gulma di perairan.kemampuan oksidasi ion. Struktur kompleks dan adanya tempat ikatan dalam prptein menyebabkan naiknya kemampuan mengontrol pelekatan ion logam dan mengantrol fungsi dan reaksi dari logam tertentu.Protein dapat mengontrol tempat dan jumlah ikatan ion.

berdasarkan penelitian. bawang putih menyebabkan turunnya akumulasi air raksa dan kadmium dalam tubuh tikus percobaan itu. Proses Keracunan oleh logam berat itu timbul karena logam berat tersebut diikat oleh radikal (gugus) belerang tiol. logam Cr semula berkadar 15 ppm turun hingga 51. bisa merusak gusi. orang yang bersangkutan akan menderita anemia. 5. Lalu timbul macam-macam gejala keracunan di atas.88 mg/g dan Ni 0.85 persen. masing. merontokkan gigi dan merusak ginjal. - Kadmium Sedangkan kadmium yang terhirup dari udara tercemar menimbulkan kegelisahan. bergantung pada bagian mana yang terkena. Akibatnya. Hg 1. TBC atau jantungan. dan 1. Akan tetapi di samping itu.23 mg/g. . merkuri (Hg). Penyakit-penyakit sepele. kering tenggorokan. jika yang terkena itu sel-sel otak.35 mg/g. dari protein dan enzim.77 mg/g. Mungkin tidak begitu bahaya kalau dibandingkan dengan kanker. bisa juga orang jadi mudah tersinggung dan gampang kaget.gondok oleh peneliti Indonesia antara lain oleh Widyanto dan Susilo (1977) yang melaporkan dalam waktu 24 jam eceng gondok mampu menyerap logam kadmium (Cd). penyakit yang idtimbulkan akan sangat berpengaruh pada kehidupan kita. tugas protein dan enzim dalam tubuh orang yang bersangkutan terhambat. Bagaimanakah pengaruh pencemaran logam berat merkuri dan cadmium ke dalam tubuh? Dan bagaimanakah pencegahan bahaya logam bagi kesehatan? - Merkuri Air raksa yang terhirup tiap hari dari udara tercemar. Kalau terminum bersama air tercemar. tetapi meski sepele. Lubis dan Sofyan (1986) menyimpulkan logam chrom (Cr) dapat diserap oleh eceng gondok secara maksimal pada pH 7. Akumulasi logam berat dalam tubuh dapat diatasai oleh bawang putih yang ditambahkan dalam makanan. radang paru-paru dan muntah. Eceng gondok juga menyerap Cd 1. Dalam penelitiannya.16 mg/g bila logam itu tak bercampur. 1.masing sebesar 1.35 mg/g berat kering apabila logam-logam itu berada dalam keadaan tercampur dengan logam lain. selain menyebabkan muntah. dan nikel (Ni). Kalau diteruskan. juga diare dan kegagalan fungsi ginjal.

Patrick J.Kerusakan pada jaringan tubuh juga lebih kecil. Baru tampak.2009. 1992. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jeremy Boyd Jones. Srikandi.Mikrobiologi Pangan. dibandingkan dengan tikus-tikus "blanko" yang hanya diberi logam berat itu saja tanpa bawang putih. Institut Pertanian Bogor. Dumaria Pangaribuan.html DAFTAR PUSTAKA http://herbalobatalami. Mulholland./Direktorat pengawasan Produk dan Bahan berbahaya).STREAMS AND GROUND WATER.blogspot. anonim./Direktorat pengawasan Produk dan Bahan berbahaya).blogspot.7% dalam makanannya. Khasiat bawang putih terhadap keracunan logam berat itu disebabkan oleh senyawa aktif berisi gugus belerang yang mirip dengan dimerkaprol. kalau kadarnya 3.ANALISA KADAR LOGAM BERAT PADA BAHAN MAKANAN.html (Dra. yaitu allisin (suatu alilester dari asam tiopropensulfinat) dan alliin (sejenis proteida propenil sulfinilalanina). Menurunnya kadar logam berat itu berbeda-beda.com/2009/06/bawang-putih-mencegah-keracunan-logam.2000.USA Fardiaz.com/2009/06/bawang-putih-mencegah-keracunan-logam.35%. Apt.7%. Gugus-gugus belerang inilah yang suka mengikat air raksa dan kadmium dengan khelasi.elsevier. http://herbalobatalami. bergantung pada jumlah bawang putih yang diberikan. (Dra. Dumaria Pangaribuan. Efeknya tidak tampak pada kelompok tikus yang diberi bawang putih 1. . Apt. Akumulasi air raksa dan kadmium dalam jaringan tubuh menurun lebih dari 40% kalau bawang putih diberikan sebanyak 6. PAU Pangan dan Gizi.

html .com/2009/06/bawang-putih-mencegah-keracunan-logam.blogspot.http://herbalobatalami.