Tuesday, Oct 26, 2010 BNBR Akhirnya Garap Pipa Kalija by Harian Kontan JAKARTA.

Rencana PT Bakrie Brothers Tbk (BNBR) menggarap proyek pipa gas Kalimantan-Jawa (Kalija) akhirnya mulus. Induk usaha Grup Bakrie itu akan segera menggarap pipa gas Kepo-dang, yang merupakan tahap pertama dari proyek Kalija. Proyek pipa itu menghubungkan lapangan gas Kepo -dang di lepas pantai Jawa Tengah ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) milik PLN di Tambak Lorok, Semarang, Jawa Tengah. Direktur Utama BNBR Bobby Gafur Umar menyebutkan, nUai proyek Kepodang sebesar US$ 135 juta hingga US$ 145 juta. Untuk mendanai proyek ini, BNBR akan menggunakan sebagian dana dari kasinternal dan sisanya akan dipenuhi dari pinjaman. Sayang, Bobby enggan menyebut persentase kedua sumber pendanaan tersebut. Ia hanya Dengar, biaya tersebut untuk menutupi operasional pembangunan proyek yang diperkirakan memakan waktu selama 22 bulan. "Harga yang sudah disepakati antara BNBR dengan pemerintah untuk menyalurkan gas ini adalah US$ 0,37 per kaki kubik," ucapnya, Senin (25/10). Jaringan transmisi pipa gas K.ili|...... r up.ik.in bagian l;n itiga ruas proyek yang telah ditetapkan pemenangnya oleh pemerintah. Pertama, ruas Semarang-Gresik yang dimenangkan PT Pertamina, ruas Semarang-Cirebon yang digarap PT Rekayasa Industri, dan Kalija yang dimenangkan BNBR. Ketiga ruas proyek itu telah ditetapkan sejak 2006. Bobby menyatakan, proyek ini akan digarap tahun ini setelah BNBR meneken gas sales agreement (GSA) dan gas transportation agreement (GTA) dengan BP Migas. Abdul Wahid Fauzie

Proyek Kalija kian tak jelas
09 Apr 2011
y y

Bisnis Indonesia Nasional

Alokasi gas dari Kalimantan ke Jawa tidak cukup BISNIS INDONESIA JAKARTA Proyek pembangunan ruas pipa transmisi gas Kaliman-tan-Jawa yang menghubungkan Bontang-Semarang semakin tidak jelas karena tidak ada kepastian pasokan gas yang akan dialirkan.

" ujarnya ketika dihubungi Bisnis kemarin. "Saat dilakukan lelang tersebut pada 2006. terpaksa dimatikan mulai pertengahan tahun ini. Tengah. di mana tahap pertama adalah pada ruas Kepodang. Harus ada alokasi . Namun. pada neraca berikutnya temyata gasnya tidak mencukupi untuk dialirkan ke Jawa karena sudah ada komitmen-komitmen tertentu di Kalimantan. Tubagus mengatakan pada 11 April 2011 pihaknya akan bertemu dengan PT Bakrie Brothers Tbk dan Petronas Carigali Mu-riah Ltd selaku operator lapangan Kepodang untuk membicarakan kembali soal GTA. Dalam perjalanannya. dengan perkiraan biaya USS135juta-USS145juta. itu kami matikan karena nggak dapat gas. Pembangunan pipa akan memakan waktu 22 bulan atau paling lambat 2013. Dia menjelaskan pemenang hak khususnya sudah terpilih yakni PT Bakrie Broth ers Tbk. Pupuk Kaltim." ujarnya. "Kami sedang membahas GTA-nya. dasarnya adalah neraca gas bumi 200S. alokasi gas yang akan dialirkan dari Kalimantan ke Jawa itu ternyata tidak cukup karena telah ada komitmen-komitmen gas tertentu. Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara Dahlan Iskan mengatakan PLN berencana meng-istirahatkan PLTGU Tambak Lorok jika hingga Juli 2011 belum ada kepastian gas yang akandialirkan melalui pembangunan pipa transmisi gas Kepodang-Tambak Lorok. Perkembangan dari proyek itu. Namun. sehingga gas yang dialirkan ke Jawa tidak cukup. Belum dibangunnya ruas pipa transmisi gas Kalija tahap I yakni di ruas Kepodang-Tambak Lorok akhfmya PLTGU Tambak Lorok di Semarang. cuma memakai BBM.000 MMscfd yang bisa dialirkan ke Jawa. Gas Sales Agreement (GSA) ruas tersebut sudah rampung pada Maret lalu dan tinggal pembahasan Gas Transportation Agreement (GTA). Namun. PLTGU Tambak Lorok sekarang masih hidup.Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Tubagus Haryono mengatakan lender hak khusus untuk pembangunan ruas pipa transmisi gas Kalimantan-Jawa (Kalija) telah dilakukan sejak 2006. Jawa . termasuk Bakrie dan Petronas.Tambak Lorok yang bisa mengangkut 200 MMSCFD. tetapi dalam perjalanannya. Kalau Juli ketika pembangkit-pembangkit batu bara itu jalan semua. sudah ada komitmen-komitmen untuk LNG. dan PLN (di Kalimantan). semula direncanakan kapasitas 1. nanti kita hidupkan lagi. Menurut Tubagus. setelah dihitung ulang. Senin nanti [11 April] kami undang rapat semuanya. Bakrie Brothers sebelumnya menjanjikan akan segera membangun pipa setelah GSA dan GTA selesai." ujarnya ketika dihubungi Bisnis. pembangunan ruas pipa tramsmisi gas Kalija diusulkan di bagi dalam dua tahap. kalau kelak temya-ta gasnya ada. paparnya.

Jadi bisa dibangun piece by piece (sepotongsepotong). temyata tidak sampai 1 bulan kemudian pemerintah mengatakan pihaknya harus mencari gasnya sendiri.200 km yang dibayarkan kepada Bakrie. yaitu US$0. Bakrie Brothers memenangi tender proyek pipa gas Kalija dengan menawarkan sewa atau toll fee terendah. dua pesaingnya yakni PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Barata Indonesia masing-masing menawarkan USS0. Proyek Kalija pembangunan pipa gas sepanjang 1. gas kemudian ditransmisikan ke seluruh Pulau Jawa melalui pipa Semarang-Cirebon milik PT Rekayasa Industri dan Semarang-Gresik milik PT Pertamina. nggak sampai 1 bulan (pemerintah) bilang silakan gasnya cari sendiri.coM) Petronas Kehilangan Tagihan US$ 170 Jt INILAH. Seperti diketahui. Dari jalur pipa itu. Senin (23/3). " Kalau silakan cari sendiri." tegasnya.26 miliar itu akan mengalirkan gas dari Bontang hingga Semarang. harus ada alokasi gas dan perusahaannya seyogyanya dipersilakan membicarakan dengan penjual gasnya secara business to business.Sebelumnya Presiden Direktur PT Bakrie Brothers Tbk Bobby Gafur Umar mengatakan setelah pihaknya memenangi tender pembangunan ruas pipa transmisi gas Kalija. Habis ditender. (14) (miaksi@bisnis. Tubagus mengakui batas waktu yang diberikan kepada Bakrie untuk pelaksanaan pembangunan pipa Kalija hingga 2011. sudah jelas tidak diberi gasnya.000 MMscfd itu direncanakan untuk mengangkut gas dari Bontang ke Semarang. Pipa dengan dimensi 36 inci dan kapasitas angkut 700 -1. Namun kenyatannya Bakrie Brothers sebagai pemegang hak khusus pembangunan pipa baru membuat jalur pipa dari lapangan gas Kepodang milik Petronas ke PLTGU Tambak Lorok milik PT PLN sepanjang 200 k ilometer.219 km senilai US$ 1. "Untuk pipa Kalija sekarang ini.84 per juta Btu {British thermal unit).Perusahaan migas. di Gedung Energi dan Sumber Daya Mineral. Kamis. "Memang waktu diberikan hak khusus kepada Bakrie dengan tidak menyebutkan koordinatnya. Jakarta . Bobby mengatakan mestinya kalau sudah ditender. "Kalija itu proyeknya yang ditender pemerintah.COM. namun toll fee (biaya pengaliran) gasnya tetap sepanjang 1.1 per juta Btu. usai menyaksikan penandatangan pasokan gas rumah tangga untuk kota Palembang dan Surabaya. Jakarta. kami sudah sepakat dibangun bertahap. Adapun. Petronas Malaysia diperkirakan mengalami potensi kehilangan tagihan hingga US$ 170 juta dari skema cost recovery akibat perubahan pembangunan pipa gas Kalimantan ke Jawa (Kalija). Demikian diungkapkan Kepala BPH Migas Tubagus Haryono." katanya.98 per juta Btu dan US$1. Dan seluruh . tetapi yang tidak menjalankannya juga pe-merintah." ujar Bobby ketika berkunjung ke kantor redaksi Bisnis. Cost recovery merupakan biaya operasional proyek kontraktor kontrak kerjasama proyek (KKKP) yang diganti oleh negara dalam proyek upstream (hulu).

" tukasnya. salah satunya seperti yang akan dilakukan Pertamina ± PGN (baca disini). mari kita lihat perkembangan kedua project diatas. mana yang akan masuk fase tender EPC duluan dan mana yang akan segera terealisasi. "Justru pemerintah nanti dapat iuran dari transmisi pipa gas yang bisa mengalirkan 100-120 MMSCFD (juta kaki kubik gas per hari). Pipanisasi yang terbentang dari Muriah Power Plant ke platform CPP (Central Processing Platform) akan dikelola oleh Bakrie karena dianggap sebagai bagian dari konsesi pipanisasi Kalimantan ± Jawa (Kalija) dimana Bakrie adalah pemenang lelangnya. kecuali jika dibangun dalam waktu yang lebih cepat. yang jadi perhatian saya adalah. dari pengamatan saya. [*/cms] banyak diberitakan di media bahwa BP Migas kelihatannya akan memutuskan bahwa pipanisasi proyek Kepodang milik Petronas Carigali akan µdiambil -alih¶ oleh Bakrie. lebih murah dan lebih flexible.pembiayaan akibat pembangunan pipa gas ini tidak lagi dibebankan sebagai cost recovery. tidak dimasukkannya biaya pembangunan pipa ini ke dalam cost recovery untuk menekan pengeluaran pemerintah. kelihatannya project Pertamina-PGN di atas sudah cukup antisipatif. "Cost recovery sekarang sudah diatur dalam Undang-undang APBN. Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro." kata Purnomo." katanya. sehingga asetnya bukan aset tetap karena akan mudah untuk dipindahkan oleh operatornya jika konsesinya sudah selesai. karena yang akan dibangun adalah Project terapung yang flexible. . sudah menjadi pengetahuan umum bahwa project LNG hanya akan kompetitif jika tidak ada pipeline. pipanisasi Kalija (Kalimantan Jawa) ini juga dikhawatirkan akan µmengganggu¶ strategi banyak perusahaan yang berencana membangun LNG regasification. jika pipanisasi sudah terbentang." ujarnya. maka project LNG akan sulit secara keekonomiannya. Tubagus menambahkan. keuntungan dengan dibangunnya pipa Kalija secara be rtahap itu adalah tidak dibebankannya negara atas biaya pembangunan pipa gas. Menurutnya. "Jalur pipa ini disesuaikan dengan Rencana Induk Transmisi Gas Bumi melalui pipa yang disusun bersama Ditjen Migas. dari pembangunan pipa Kepodang-Tambak Lorok nantinya diharapkan lapangan-lapangan gas marginal bisa berkembang. selain akan mengubah skenario pembangunan lapangan Kepodang yang dikelola Petronas. posisi CPPnya Petronas Carigali yang tepat berada di tengah Jawa dan Kalimantan ± padahal ada ratusan platform perusahaan minyak lain yang juga berposisi tidak jauh beda ± menyebabkan klaim dari Bakrie ini menjadi µsulit ditolak¶ oleh BP Migas.

di mana kebanyakan jenis tangki adalah membran atau "moss".com: JAKARTA ± PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) tengah menyiapkan dana sebesar US$ 135145 juta untuk pembangunan jalur pipa gas Kepodang tahap I dari Kalimantan-Jawa (Kalija). ³Saat ini kami menunggu penetapan dari pemerintah untuk pipa Kepodang tersebut dibangun dengan skema Hilir Open Access dan merupakan bagian dari Kalija. ³Rencana pembangunan pipa tersebut adalah segera setalah ditandatanganinya GSA (Gas Sales Agreement) plus Gas Transportation Agreement (GTA). maka biaya pembangunan pipa tidak masuk dalam cost recovery yang tentunya menguntungkan negara dan akan banyak sumur-sumur gas marginal sepanjang jalur pipa dapat memanfaatkan pipa Open akses tersebut LNG Gas alam cair (Liquefied natural gas. LNG ditransportasi menggunakan kendaraan yang dirancang khusus dan ditaruh dalam tangki yang juga dirancang khusus.7 and 870 . Pembiayaannya dengan menggunakan skema project financing dan equity. tetapi biaya produksi yang relatif tinggi dan kebutuhan penyimpanannya yang menggunakan tangki cryogenic yang mahal telah mencegah penggunaannya dalam aplikasi komersial. Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Bobby Gafur Umar mengatakan. Saat ini.berita tentang Kalija dapat diintip di pme-indonesia. LNG) adalah gas alam yang telah diproses untuk menghilangkan ketidakmurnian dan hidrokarbon berat dan kemudian dikondensasi menjadi cairan pada tekan atmosfer dengan mendinginkannya sekitar -160° Celcius. Fakta dasar LNG LNG menawarkan kepadatan energi yang sebanding dengan bahan bakar petrol dan diesel dan menghasilkan polusi yang lebih sedikit. sudah membicaraka secara intensif dengan pemerintah untuk dapat membangun pipa Kepodang sebagai realisasi tahap I dari Kalija.´ kata Bobby kepada wartawan. imbuh Bobby. jadwal pembangunan pipa 22 bulan dengan perkiraan biaya USD 135-145 juta. tarif yang sudah disepakati yang memberikan keuntungan optimum kepada pemerintah adalah 37 cent USD. Rabu (27/10). Kondisi yang dibutuhkan untuk memadatkan gas alam bergantung dari komposisi dari gas itu sendiri. lanjut Bobby. namun umumnya menggunakan suhu sekitar 120 and -170 derajat celsius (methana murni menjadi cair pada suhu -161. membuatnya lebih hemat untuk ditransportasi jarak jauh di mana jalur pipa tidak ada. Bakrie & Brothers selaku pemegang konsesi gas Kalimantan-Jawa (Kalija) yang jalurnya sejalan dengan pipa Kepodang. dia dapat ditransportasi oleh kendaraan LNG. Ketika memindahkan gas alam dengan jalur pipa tidak memungkinkan atau tidak ekonomis. LNG memiliki isi sekitar 1/640 dari gas alam pada Suhu dan Tekanan Standar.´ ujarnya.6 C) dengan tekanan antara 101 dan 6000 [kilopascal|kPa]] (14. Jakarta. pasar yang akan menerima serta proses yang digunakan. Dengan skema hilir tersebut.

harga umumnya dikaitkan dengan JCC (Japan Crude Oil).8 MT). Nilai panas tertinggi LNG berkisar sekitar 24MJ/L pada suhu -164 derajat Celsius dan nilai terendahnya 21ML/L. LNG berasal dari gas alam yang merupakan campuran dari beberapa gas yang bereda sehingg tidak memililiki nilai panas yang spesifik. Pada tahun 2003. Di Asia. dan pengangkut LNG AS$0. yang mana adalah harga Cost. Di Eropa. tekanan. harga LNG juga bersaing dengan harga gas pipa.5-1 milyar. Pembangunan pabrik LNG menghabiskan biaya AS$1-3 milyar.5 kg/L. di mana Asia memiliki porsi yang cukup signifikan dalam kontrak tersebut. volume LNG yang diperdagangkan di pasar spot mencapai 14. harga lebih ditentukan oleh penawaran dan permintaan berdasarkan perdagangan gas alam pada berbagai hub seperti Henry hub (titik yang terdapat di Lousiana di mana 17 pipa gas bertemu. saat ini juga telah terdapat kontrak jangka menengah 3 sampai 10 tahun. Freight (CIF) rata-rata minyak mentah Jepang. Pada 1964 Inggris dan Prancis adalah pembeli LNG dalam perdagangan LNG pertama dunia dari Aljazair. Penentuan harga LNG berbeda setiap wilayah. volume kontrak jangka menengah dan panjang ini mencapai 138.79 MT. yang berarti pensuplai LNG awalnya memastikan pembeli bawah dan kemudian menandatanganni kontrak 20-25 tahun dengan isi perjanjian yang ketat dan struktur penghargaan gas. Insurance. Pengembangan komersial LNG adalah sebuah gaya yang disebut rantai niai. Sebagian kecil LNG diperdagangkan pada pasar spot. sangat dimungkinkan bahwa perdagangan spot LNG akan meningkat pesat. pasar gas alam kecil namun matang. Meskipun baru mencapai 8. dengan besarnya ekspansi kapasitas produksi dan penggunaan yang lebih efektif dari kapasitas tersebut.8 Bcm (10.Gas alam bertakanan tinggi yang telah didapat kemudian diturunkan tekanannya untuk penyimpanan dan pengiriman. Kepadatan LNG kira-kira 0. biaya perawatan dan transportasi LNG sangat besar sehingga pengembangannya melambat pada setengah abad terakhir. dan komposisi. [sunting] Perdagangan LNG Perdagangan LNG sebagian besar dilakukan berdasarkan kontrak jangka panjang 20 tahun atau lebih.0 kg/L. Sebagai perbandingan. air memiliki kepadatan 1. tergantung suhu. Karena kebanyakan pabrik LNG terletak di wilayah "terpencil" yang tidak memiliki jalur pipa. Di Eropa.3 milyar.lbf/in²). Di Amerika Serikat.2-0.7% dari perdagangan total LNG.41-0. sebagai saksi dari era baru energi. Dibandingkan dengan minyak mentah. . harga impor LNG biasanya dikaitkan dengan produk perminyakan dan harga minyak mentah Brent. Pada tahun 2004. biaya terminal penerimaan AS$0. sehingga menciptakan titik referensi kompetitif) ditambah faktor perbedaan geografi.Nilai panasnya bergantung pada sumber gas yang digunakan dan proses yang digunakan untuk mencairkan bentuk gasnya. Meskipun demikian.

cuma memakai BBM. Cairan dapat menguap jika dilepas dan menyebar dengan cepat. Menurut spesifikasinya. terpaksa dimatikan mulai pertengahan tahun ini. Elpiji yang dipasarkan Pertamina adalah elpiji campuran. Pasokan Gas Tak Pasti. elpiji dibagi menjadi tiga jenis yaitu elpiji campuran. Elpiji juga mengandung hidrokarbon ringan lain dalam jumlah kecil.LPG LPG (liquified petroleum gas. Spesifikasi masing-masing elpiji tercantum dalam keputusan Direktur Jendral Minyak dan Gas Bumi Nomor: 25K/36/DDJM/1990.2 bar) bagi butana murni pada 20 °C (68 °F) agar mencair. jam 19. Jawa Tengah. harafiah: "gas minyak bumi yang dicairkan"). gas berubah menjadi cair. Volume elpiji dalam bentuk cair lebih kecil dibandingkan dalam bentuk gas untuk berat yang sama. misalnya etana (C2H6 ) dan pentana (C5H12). itu kita matikan karena ngga dapat gas.2 MPa (22 bar) bagi propana murni pada 55 °C (131 °F). "PLTGU Tambak Lorok sekarang masih hidup. Untuk memungkinkan terjadinya ekspansi panas (thermal expansion) dari cairan yang dikandungnya. tabung elpiji tidak diisi secara penuh. Tekanan di mana elpiji berbentuk cair. Dalam kondisi atmosfer. hanya sekitar 80-85% dari kapasitasnya. elpiji akan berbentuk gas. Kalau Juli ketika pembangkit-pembangkit batu bara itu jalan semua. Karena itu elpiji dipasarkan dalam bentuk cair dalam tabung-tabung logam bertekanan. Rasio antara volume gas bila menguap dengan gas dalam keadaan cair bervariasi tergantung komposisi. Dengan menambah tekanan dan menurunkan suhunya. dinamakan tekanan uap-nya. tetapi biasaya sekitar 250:1. sebagai contoh. dibutuhkan tekanan sekitar 220 kPa (2.52 Vega Aulia Pradipta JAKARTA : Belum dibangunnya ruas pipa transmisi gas Kalimantan-Jawa (Kalija) tahap I yakni di ruas Kepodang-Tambak Lorok membuat PLTGU Tambak Lorok di Semarang. dan sekitar 2. tidak berwarna dan biasanya berbau menyengat Gas dikirimkan sebagai cairan yang bertekanan di dalam tangki atau silinder. Komponennya didominasi propana (C3H8 ) dan butana (C4H10). Gas ini lebih berat dibanding udara sehingga akan banyak menempati daerah yang rendah. tekanan dan temperatur. elpiji propana dan elpiji butana. [sunting] Sifat elpiji Sifat elpiji terutama adalah sebagai berikut: y y y y y Cairan dan gasnya sangat mudah terbakar Gas tidak beracun. adalah campuran dari berbagai unsur hidrokarbon yang berasal dari gas alam. . Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara Dahlan Iskan menga takan PLN berencana mengistirahatkan PLTGU Tambak Lorok jika hingga Juli 2011 tidak juga ada kepastian gas yang akan dialirkan melalui pembangunan pipa transmisi gas Kepodang-Tambak Lorok. PLTGU Tambak Lorok Akan Disetop 2011-04-08. juga bervariasi tergantung komposisi dan temperatur.

. Cara kedua. yaitu menentukan siapa yang harus membangun pipanya dari sumur gas ke pembangkit." ujar Dahlan. PLN memperkirakan bahwa harga gas kemungkinan akan lebih tinggi dari US$5 per mmbtu. dr kepodang ke semarang. fokus u/ buat pipeline route. Harga gas di bawah US$5 per mmbtu dengan titik serah di pembangkit Tambak Lorok. kalau kelak ternyata gasnya ada. Tapi kelaknya itu kan entah kapan. maka jumlah gas yang diproduksi turun menjadi 290 bcf. knp bisa gt. pemerintah menyetujui usulan PT Bakrie & Brothers Tbk (selaku pemenang tender pembangunan ruas pipa transmisi gas Kalija) agar pengaliran gas dari sumur gas ke pembangkit PLN dilakukan melalui pembangunan pipa transmisi gas Kalija tahap I. kebutuhannya. yang melintang dari Jakarta ke Surabaya lewat Semarang yang hingga saat ini pembangunannya tidak pernah nyata.kenapa bgt. Nur mengatakan karena konsesi Petronas di lapangan Kepodang akan berakhir pada 2021.000 MW semestinya dipasok oleh gas.. Bakrie siap membangun Kalija October 30.." jelas Nur. Pengaliran gas dari sumur ke pembangkit akan dilakukan oleh Petronas. Namun. PLN juga tidak boleh. "Gara-garanya sepele. Kontur mesti dicari. justru karena proyek tersebut termasuk bisnis yang amat menggiurkan. Namun pada 2010." ujar Dahlan ketika dihubungi Bisnis hari ini. bukan karena sulit. informasi di migas 2. Dengan demikian. 3 alternatif jalur. yakni melalui proyek pipa gas trans-Jawa... 2010 kampungmelayu Leave a comment banyak diberitakan di media bahwa BP Migas kelihatannya akan memutuskan bahwa pipanisasi proyek Kepodang milik Petronas Carigali akan µdiambil -alih¶ oleh Bakrie. gas balance. atau mundur tiga tahun dari rencana semula.Namun.. Petronas tidak boleh. yakni Kepodang-Tambak Lorok. Sebelumnya.. Kalau pun sampai sekarang pipa itu belum terbangun. Gasnya sendiri diperoleh dari dua cara. lnading pointny gmana. negosiasi jual-beli gas lapangan Kepodang ini yang dimulai sejak akhir 2010 hingga hari ini belum berhasil mencapai kesepakatan. Pembangkit listrik Tambak Lorok sebesar hampir 1. "Hal ini menyebabkan mundurnya realisasi penyaluran gas ke PLN yang diperkirakan menjadi kuartal IV/2014. nanti kita hidupkan lagi..seabedny gmana.(jha) Persoalan :1. Direktur Energi Primer PLN Nur Pamudji mengatakan pada akhir 2008. PLN dan Petronas sudah menyepakati jumlah gas yang akan diproduksi yaitu 354 bcf. keluar n mask drmana.. gas bisa didapatkan dari lapangan Kepodang milik Petronas Carigali. lwt onshore bisa g. .. Pipanisasi yang terbentang dari Muriah Power Plant ke platform CPP (Central Processing Platform) akan dikelola oleh Bakrie karena dianggap sebagai bagian dari konsesi pipanisasi Kalimantan ± Jawa (Kalija) dimana Bakrie adalah pemenang lelangnya.. dengan jadwal gas masuk kuartal IV/2011..

tarif yang sudah disepakati yang memberikan keuntungan optimum kepada pemerintah adalah 37 cent USD. berita tentang Kalija dapat diintip di pme-indonesia. Saat ini. Bakrie & Brothers selaku pemegang konsesi gas Kalimantan-Jawa (Kalija) yang jalurnya sejalan dengan pipa Kepodang. Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Bobby Gafur Umar mengatakan. mana yang akan masuk fase tender EPC duluan dan mana yang akan segera terealisasi.´ ujarnya. Dengan skema hilir tersebut. maka project LNG akan sulit secara keekonomiannya. sudah menjadi pengetahuan umum bahwa project LNG hanya akan kompetitif jika tidak ada pipeline. ³Rencana pembangunan pipa tersebut adalah segera setalah ditandatanganinya GSA (Gas Sales Agreement) plus Gas Transportation Agreement (GTA).com: JAKARTA ± PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) tengah menyiapkan dana sebesar US$ 135145 juta untuk pembangunan jalur pipa gas Kepodang tahap I dari Kalimantan-Jawa (Kalija). selain akan mengubah skenario pembangunan lapangan Kepodang yang dikelola Petronas. kelihatannya project Pertamina-PGN di atas sudah cukup antisipatif. mari kita lihat perkembangan kedua project diatas. kecuali jika dibangun dalam waktu yang lebih cepat. sehingga asetnya bukan aset tetap karena akan mudah untuk dipindahkan oleh operatornya jika konsesinya sudah selesai. karena yang akan dibangun adalah Project terapung yang flexible.posisi CPPnya Petronas Carigali yang tepat berada di tengah Jawa dan Kalimantan ± padahal ada ratusan platform perusahaan minyak lain yang juga berposisi tidak jauh beda ± menyebabkan klaim dari Bakrie ini menjadi µsulit ditolak¶ oleh BP Migas. ³Saat ini kami menunggu penetapan dari pemerintah untuk pipa Kepodang tersebut dibangun dengan skema Hilir Open Access dan merupakan bagian dari Kalija. jadwal pembangunan pipa 22 bulan dengan perkiraan biaya USD 135-145 juta. jika pipanisasi sudah terbentang. lebih murah dan lebih flexible. pipanisasi Kalija (Kalimantan Jawa) ini juga dikhawatirkan akan µmengganggu¶ strategi banyak perusahaan yang berencana membangun LNG regasification. yang jadi perhatian saya adalah. lanjut Bobby. Jakarta. dari pengamatan saya. Pembiayaannya dengan menggunakan skema project financing dan equity. Rabu (27/10). salah satunya seperti yang akan dilakukan Pertamina ± PGN (baca disini). maka biaya pembangunan pipa tidak masuk dalam cost recovery yang tentunya menguntungkan negara dan akan banyak sumur-sumur gas marginal sepanjang jalur pipa dapat memanfaatkan pipa Open akses tersebut . imbuh Bobby.´ kata Bobby kepada wartawan. sudah membicaraka secara intensif dengan pemerintah untuk dapat membangun pipa Kepodang sebagai realisasi tahap I dari Kalija.