Instrumen Penilaian Kualitas Pembelajaran IPS (Responden Siswa

)

Nama Siswa Nama Guru IPS Petunjuk:
a. b.

: :

Kelas:……….

Pengisian instrument ini tidak memengaruhi nilai anda. Pilihlah jawaban pernyataan di bawah dengan cara member tanda silang (x) atau cek (p) pada kolom yang dianggap paling sesuai. Tidak pernah Jarang Sekali Jarang Sering Selalu

No. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17

Kinerja Guru IPS dalam Kelas Guru mengaitkan materi IPS dengan situasi kehidupan sehari-hari Guru menyampaikan materi dengan jelas Guru menyampaikan materi IPS dengan menarik Guru menjawab pertanyaan siswa dengan jelas Guru mengunakan salah satu sumber buku IPS sebagai acuan dalam pembelajaran IPS Mengunakan sumber lain disamping buku acuan yang relevan dengan materi IPS Membuat ringkasan materi pelajran IPS dari berbagai sumber Memperlakukan siswa sebagai pribadi yang utuh Memperlakukan siswa secara adil tanpa memandang suku, agama, ras dan status sosial Mencipatakan hubungan yang akrab dengan siswa (misalnya dengan biasa memanggil nama siswa) Menciptakan interaksi yang positif antara siswa dengan guru dan antara siswa dengan siswa Membimbing siswa untuk berprestasi secara optimal sesuai dengan potensinya Tepat waktu dalam memulai dan mengakhiri pelajaran Bersemangat dalam mengajar Mengupayakan proses pembelajaran IPS berlangsung dalam suasana yang menyenangkan Membuat joke (lelucon) untuk menyegarkan suasana pembelajaran IPS Mengunakan metode pembelajaran yang bervariasi

1

2

3

4

5

OHP. seperti tugas terstruktur. foto pahlawan. computer.18 19 20 21 22 23 24 25 Mengunakan alat peraga dalam mengajar IPS Melakukan penilaian terhadap berbagai komponen. dan atau portofolio Mengunakan tes sesuai dengan materi pembelajaran Menilai hasil pekerjaan atau tes siswa dengan objektif dan adil Menentukan nilai akhir IPS dengan objektif dan adil Mengembalikan pekerjaan siswa yang telah dikoreksi Memberikan balikan (komentar) terhadap tugas-tugas yang telah dikerjakan siswa Membahas hasil pekerjaan siswa dikelas Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Ragu-ragu Setuju Sangat setuju No. LCD) Alat peraga IPS yang tersedia masih dapat digunakan dengan baik Media pembelajaran yang ada masih dapat digunakan degan baik Di sekolah tersedia buku-buku maupun sumber-sumber pelajaran IPS yang cukup memadai Siswa diberi kemudahan untuk menggunakan buku maupun sumber pembelajaran IPS yang tersedia Buku-buku IPS yang tersedia sebagaian besar merupakan terbitan ≤ 10 tahun terakhir 1 2 3 4 5 . jalan raya. gambar. aktivitas belajar siswa di kelas. dan sebagainya) Ruang kelas cukup nyaman untuk belajar (tidak terlalu panas ataupun dingin) Meja dan kursi cukup memadai dan layak digunakan Meja dan kursi mudah diatur sesuai dengan strategi pembelajaran yang digunakan Dalam ruang kelas tersedia alat peraga IPS yang cukup memadai (peta. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Fasilitas pembelajaran IPS Penerangan ruang kelas cukup terang Ruang kelas cukup tenang untuk belajar (jauh dari pisat keramaian seperti pasar. globe) Dalam ruang pembelarajan IPS tersedia media pembelarajan yang cukup memadai (papan tulis.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 Iklim Kelas Saya berkawan dengan semua siswa di kelas Beberapa siswa di kelasku bukan sahabatku Beberapa siswa dikelasku tidak menyukai satu dengan yang lainnya Ada beberapa kawan dikelasku yang tidak ramah denganku Saya selalu menerangkan ide saya kepada siswa lain Semua keputusan untuk kelas mata pelajaran IPS dibuat hanya oleh beberapa siswa tertentu saja Apa saja yang dilaksanakan dikelasku diputuskan oleh semua siswa Saya selalu berpartisipasi setiap ada diskusi mata pelajaran IPS Semua siswa dikelasku berusaha untuk selalu menyelesaikan tugastugas mata pelajaran IPS Para siswa di kelasku merasa menikmati (enjoy) mengikuti pelajaran IPS Para siswa tampak senang mengikuti pelarajan IPS Pelajaran IPS di kelasku menyenangkan Beberapa siswa di kelasku tidak menyukai IPS Di kelasku ada siswa yang takut mengikuti pelajaran IPS Guru IPS-ku selalui menghargai pendapat siswa Siswa diberi waktu yang cukup sebelum menjawab pertanyaan guru Pendapat siswa yang berbeda dalam pelajaran IPS direspons negative oleh guru IPS-ku Guru IPS-ku selalu membantu ketika siswa mengalami kesulitan belajar IPS Di kelasku siswa kurang diberi kesempatan oleh guru IPS untuk mengajukan pertanyaan/pendapat 1 2 3 4 5 .Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Ragu-ragu Setuju Sangat setuju No.

Saya berdiskusi dengan teman untuk menambah kesempurnaan tugas-tugas pelajaran IPS saya Saya mencari sumber-sumber terbaru untuk menunjang tugas mata pelajaran IPS Bersantai tetap penting bagi saya walaupun dikejar untuk menyelesaikan tugas IPS Saya ingin berprestasi yang setinggi-tingginya dalam IPS meskipun untuk meraihnya dilakukan secara bertahap Saya menetapkan target prestasi IPS jangka pendek dan jangka panjang Saya tetap ingin memenangkan persaingan meskipun kemampuan saya dibawah pesaing Saya berusaha mengatasi setiap kendala yang dapat menghambat pencapaian presatasi IPS terbaik saya Saya lebih suka mendiskusikan tugas-tugas dari pada sekedar ngobrol Saya tidak kecewa saat nilai pelajaran IPS rendah Saya mencari cara paling singakt untuk memahami pelajarn IPS Saya mengunakan alat-alat bantu untuk menyelesaikan tugas pelajaran IPS Dalam menyelesaikan tugas IPS. Sikap Siswa terhadap Pembelajaran IPS Materi IPS cuku memadai sebagai bekal hidup dalam masyarakat Mata pelajaran IPS penting untuk dipelajari siswa SMP Keberhasilan hidup dalam masyarakat tidak tergantung pada penguasaan mata pelajaran IPS Saya senang belajar mata pelajaran IPS Saya tertarik dalam hal-hal yang berhubungan dengan IPS IPS merupakan mata pelajaran yang membosankan Pada waktu guru mengajar IPS. saya mengikuti langkah-langkah seperti yang dilakukan teman Saya tertantang untuk mengerjakan tugas IPS yang bagi kebanyak teman dianggap sulit Saya baru puas bila telah mengerjakan tugas IPS dengan usaha yang semaksimal mungkin Saya cenderung mengalah jika ada teman yang ingin berkompetisi dengan saya dalam pelajaran IPS Setiap tugas IPS. saya lengkapi dengan gambar maupun media visual lainnya yang relevan Saya mengerjakan tugas IPS dengan sebaik-baiknya dengan segenap kemampuanku Saya tidak peduli bila tugas IPS yang saya kerjakan tidak sempurna. 7. tidak peduli bagaimana kualitasnya. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 NO. yang penting sudah selesai Saya dapat menyelesaikan tugas-tugas IPS dengan kemampuan 1 2 3 4 5 . 1. saya kurang memperhatikan Jika ada ulangan. maka saya lebih mempersiapkan diri belajar IPS dari pada yang lain Jika tugas IPS saya mendapat nilai rendah maka saya berusaha untuk menanyakan kepada teman di kelas Motivasi Belajar IPS Saya belajar tekun agar dapat mencapai prestasi tinggi dalam pelajaran IPS Dengan memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas3 4. 8 9 10 11 12. 6.Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Ragu-ragu Setuju Sangat setuju No. 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 tugas IPS prestasi tinggi akan dapat saya capai Bagi saya yang utama adalah menyelesaikan tugas IPS tepat waktu. 5.

………….2011 ………………………… Nama Siswa INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU IPS .Kesulitan/hambatan yang ditemui dalam pembelarajan IPS: Saran-saran untuk perbaikan pembelajaran yang akan datang: ………………………….

Tidak Pernah Jarang sekali Jarang Sering Selalu No. jurnal) yang relevan dengan materi IPS Membuat ringkasan materi pelajran IPS dari berbagai sumber Mengetahui kelebihan dan kelemahan masing-masing siswa Berusaha mengenali variasi gaya belajar siswa Menciptakan hubungan yang akrab dengan siswa (misal dengan biasa memanggil nama siswa) Menciptakan interaksi yang positif antara guru-murid dan muridmurid Membimbing siswa untuk berprestasi secara optimal sesuai dengan potensinya Merencanakan dan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia di sekolah dan alam sekitar Mengunakan berbagai strategi dan tata cara pengelolaan kelas Menggunakan media pembelajaran dalam mengajar Melakukan penilaian terhadap proses belajar mengajar Menganalisis pekerjaan siswa yang terlah dikoreksi Membahas hasil pekerjaan siswa di kelas 1 2 3 4 5 : Kelas: INSTRUMEN PENILAIAN FASILITAS PEMBELAJARAN IPS (Responden Guru IPS) Nama Guru : Kelas: .(Responden Guru IPS) Nama Guru Petunjuk: Dibawah ini ada beberapa pernyataan yang menyangkut kegiatan pembelajaran IPS. Bacalah setiap penyataan dan beri tanda silang (X) pada kotak yang paling sesuai dengan kondisinya. majalah. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 Iklim Kelas Mengaitkan materi pelajaran IPS dengan situasi kehiduapn siwa sehari-hari atau dengan permasalahan yang relevan mengunakan salah satu sumber buku IPS sebagai acuan dalam pembelajaran IPS Mengunakan sumber lain disamping cukup acuan (buku teks lain.

LCD) Alat peraga IPS yang tersedia masih dapat digunakan dengan baik Media pembelajaran yang ada masih dapat digunakan degan baik Di sekolah tersedia buku-buku maupun sumber-sumber pelajaran IPS yang cukup memadai Ada kemudahan bagi siswa untuk menggunakan buku maupun sumber pelajaran IPS yang tersedia Buku-buku IPS yang tersedia sebagian besar buku terbitan ≤ 10 tahun terakhir Komentar terhadap fasilitas pembelajaran IPS yang tersedia: 1 2 3 4 5 Saran-saran yang terkait fasilitas pembelajaran IPS yang tersedia: …………………………. dan sebagainya) Ruang kelas cukup nyaman untuk belajar (tidak terlalu panas ataupun dingin) Meja dan kursi cukup memadai dan layak digunakan Dalam ruang kelas tersedia alat peraga IPS yang cukup memadai (peta.Petunjuk: Dibawah ini ada beberapa pernyataan yang menyangkut ketersediaan fasilitas pembelajaran IPS dikelas yang bapak/ibu mengajar. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 Iklim Kelas Penerangan ruang kelas cukup terang Ruang kelas cukup tenang untuk belajar (jauh dari pisat keramaian seperti pasar. globe) Dalam ruang pembelarajan IPS tersedia media pembelarajan yang cukup memadai (papan tulis.Absen: . Beri tanda silang (X) pada kotak yang paling sesuai dengan kondisinya. foto pahlawan. Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Ragu-ragu Setuju Sangat setuju No.…………. gambar. computer.OHP. jalan raya.2011 Penilai …………………… INSTRUMEN PENILAIAN KECAKAPAN PERSONAL (Komponen Kecakapan Memecahkan Masalah) Nama Siswa: Kelas/No.

Anda tentu sering mengalami masalah.Petunjuk: Dalam Kehidupan sehari-hari. Tidak Pernah Jarang Sekali Jarang Sering Selalu No. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Pernyataan Meneliti penyebab timbulnya masalah yang dihadapi Dalam mencari alternating penyelesaian masalah saya melibatkan orang lain Memperkirakan sasaran dari masing-masing alternative pemecahan masalah Setiap mengambil keputusan. Kelas/No.Absen: . Bacalah setiap penyataan dan beri tanda silang (X) pada kotak yang paling sesuai dengan pendapat anda. saya mendapatkan dukungan dari orang lain Memberikan kesempatan kepada orang lain untuk melaksanakan keputusan yang telah diambil Mencari berbagai alternative memecahkan masalah yang tepat Memperhitungkan keuntungan dan kerugian dari berbagai alternatif pemecahan masalah yang telah dibuat Memberi kesempatan oran g lain untuk mengkritik dan memberi saran atas keputusan yang diambil Memberikan akibat yang mungkin ditimbulkan oleh suatu permasalahan bila tidak segera ditindaklanjuti Memberi kesempatan kepada orang lain untuk ikut terlibat dalam menentukan cara pemecahan masalah. 1 2 3 4 5 INSTRUMEN PENILAIAN KECAKAPAN SOSIAL (Komponen Kecakapan Bekerja Sama) Nama Siswa: Petunjuk: Di bawah ini ada beberapa pernyataan yang menyangkut aktivitas anda dalam kegiatan kelompok. Bacalah pernyataan di bawah ini dan pilihlah salah satu jawaban yang sesuai dengan pengalaman Anda dengan member tanda silang (X) pada kotak yang tersedia.

saya membagi tugas dengan adil Anggota kelompok cukup menghormati saya Saya dapat bekerja dengan mudah dengan orang lain Saya mau mendengarkan saran orang lain Saya mau menerima kritik orang lain Setiap ada kerja kelompok saya memelihara keutuhan kelompok Saya menghargai pendapat orang lain Saya selalu membantu orang lain Saya dapat membangun semangat kelompok 1 2 3 4 5 . 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Pernyataan Setiap ada kelompok saya sering senang menjadi ketua Setiap ada kerja kelompok.Sangat Tidak setuju Tidak Setuju Ragu-ragu Setuju Sangat Setuju No.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful