1.

Menurut Baldwin dan Meier, agar perkembangan ekonomi dapat berjalan seperti yang diharapkan, ada beberapa syarat yaitu adanya kekuatan dari dalam masyarakat itu sendiri, adanya mobilitas faktor produksi, akumulasi kapital, kriteria dan arah investasi yang sesuai dengan kebutuhan, penyerapan kapital dan stabilitas nilai-nilai serta lembaga-lembaga yang ada. Untuk perkembangan ekonomi suatu negara antara faktor-faktor ekonomi dan nonekonomi mempunyai peranan yang seimbang, karena antara keduanya saling ketergantungan dan saling melengkapi, sebab kemakmuran ekonomi itu hanya sebagian saja dari kemakmuran sosial. Untuk mengalokasikan kapital terlebih dahulu harus ditiadakan kriteria dan arah investasi, namun pemilihan ini tidak mudah maka ada 3 hal dapat dipergunakan sebagai pedoman yakni: Penempatan investasi diusahakan pada kondisi capital output ratio-nya rendah Proyek-proyek yang dipilih harus dapat memaksimisasikan tenaga kerja (produktivitas tenaga kerja yang tertinggi). Investasi hendaknya mengurangi kesulitan-kesulitan neraca pembayaran internasional sehingga dapat memaksimisasikan perbandingan antara ekspor dan investasi. Industri yang efisien pada umumnya adalah industri yang berskala besar, dan industri skala besar hanya bisa dimungkinkan bila ada jaminan pasar yang luas. Pasar yang luas hanya dapat terjadi dalam perdagangan internasional, yang merupakan syarat bagi terlaksananya pengembangan sektor industri. Sektor industri yang berkembang bila mampu menciptakan surplus maka akan mendorong perkembangan industri yang lain. Suatu negara akan memperoleh peluang surplus hanya kalau negara tersebut menganut sistem perdagangan yang bebas atau perekonomian yang terbuka. http://rit-spirit.blogspot.com/2010/10/ek-pembangunan-modul-viii.html 2. Kebijakan dalam pembangunan ekonomi dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu kebijakan ekonomi dalam negeri dan kebijakan ekonomi luar negeri. Kebijakan ekonomi dalam negeri meliputi: peranan pemerintah dalam hal campur tangan terhadap proses pembangunan ekonomi, pendidikan dan kesehatan, fasilitas pelayanan umum, perbaikan di bidang pertanian, kebijakan di bidang fiskal, dan kebijakan moneter. Kebijakan ekonomi luar negeri meliputi: 1. Kebijakan pemerintah dalam perdagangan barang-barang manufaktur yang lebih menguntungkan daripada barang-barang pertanian, di samping juga memberikan subsidi untuk meningkatkan term of trade dan kebijakan perdagangan yang restriktif untuk memperbaiki neraca pembayaran internasional. 2. Bantuan teknis, mengatur dan membentuk tim internasional untuk memberi nasihat kepada pemerintah negara yang belum maju dalam hubungannya dengan rencana pendidikan di luar negeri untuk menyediakan tenaga ahli. 3. Investasi asing swasta, baik investasi langsung maupun investasi portofolio dengan membeli

Investasi asing pemerintah. yaitu perubahan dalam sistem politiknya. 4. yang dapat mencapai tahap prasyarat lepas landas tanpa harus merombak sistem masyarakat yang tradisional karena masyarakat Negara-negara itu terdiri dari imigran yang telah mempunyai sifat-sifat yang diperlukan oleh sesuatu masyarakat untuk tahap prasayarat lepas landas. dan struktur kegaitan ekonominya. Kenaikan produktivitas di sektor pertanian dan perkembangan di sektor pertambangan. Kanada. pertambangan.html 3. Kedua adalah yang dicapai oleh Negara-negara yang dinamakan oleh Rostow born free. dan Selandia Baru. pola dasar dalam negeri. yaitu Amerika Serikat. pengaturan tata niaga dan permasalahannya. yang meliputi pola umum pengembangan sektor industri. Peranan Sektor Pertanian . yang dilakukan dengan merombak masyarakat tradisonal yang sudah lama ada. nilai-nilai masyarakatnya. 5.saham-saham perusahaan di negara yang sedang berkembang. kenaikan tabungan peningkatan kegiatan penanaman modal dan pertumbuhan ekonomi. Kebijakan tata niaga. Pembangunan : Perubahan yang Bersifat Multidimensi Menurut pandangan ini. struktur sosialnya. dan harus dapat melakukan tugasnya dengan disiplin kerja yang tinggi. Asia. yang pada dasarnya juga untuk mendorong investasi swasta asing dan dalam negeri. kuota. akan memungkinkan mempercepat tingkat Sebagian besar masyarakat harus bersedia mendapat didikan dan latihan untuk pekerjaan-pekerjaan di sektor industri. http://rit-spirit. dan Afrika. dan prasarana harus terjadi bersama-sama dengan proses peningkatan penanaman modal. Australia.com/2010/10/ek-pembangunan-modul-viii. tarif.blogspot. Tahap prasyarat untuk lepas landas dibedakan oleh Rostow dalam dua bentuk. misalnya: pola ekspor. Yang pertama adalah tahap prasyarat lepas landas yang dicapai oleh Negara-negara Eropa. Timur Tengah. dan penunjukan importir. Perombakan Struktur Ekonomi Kemajuan-kemajuan di sektor pertanian. Ciri Tahap Prasyarat untuk Lepas Landas Rostow mengartikan pembangunan ekonomi sebagai suatu proses yang menyebabkan perubahan ciri-ciri penting dari suatu masyarakat.

. yaitu (Sukirno. suatu proses dalam pembentukan modal/investasi.Sektor Pertanian yang menyebabkan peranannya penting dalam masa peralihan mencapai tahap lepas landas.ac.html 4. proses perubahan yang terjadi dalam alokasi tenaga kerja dalam berbagai sektor. pengumpulan pendapatan pemerintah dan kegiatan dalam menyediakan pendidikan bagi masyarakat. Berdasarkan kepada sifatnya yang istimewa ini pengembangan prasarana terutama harus dilakukan oleh pemerintah. proses dalam menggunakan sumber-sumber daya yang ada terhadap perubahan struktur permintaan domestik. akan tetapi (iii) manfaatnya akan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.com/2011/05/tahap-tahap-pertumbuhanekonomi. tingkat kelahiran dan kematian serta distribusi pendapatan. dimana prubahan-perubahan tersebut dibedakan menjadi 3 (tiga) golongan. Ini berarti pemerintah memegang peranan yang sangat penting dalam menjamin tercapainya tahap prasyarat untuk mencapai lepas landas.blogspot.uns. Peranan Sektor Prasarana Prasarana mempunyai tiga cirri yang khusus. b. urbanisasi. Kesanggupan sektor pertanian untuk menyediakan bahan makanan yang cukup bukan saja menghindarkan bahaya kelaparan.digilib. struktur produksi dan struktur perdagangan. 6. c. Kemajuan pertanian diperlukan untuk menjamin persediaan bahan makanan bagi penduduk yang bertambah. yaitu : (i) masa antara pembangunan dan pemetikan hasil pembangunan sangat panjang. dan agar penduduk kota yang bertambah dengan cepat sebagai akibat dari industrialisasi dapat memperoleh bahan makanan yang cukup. Proses Akumulasi. 1985: 93): a. http://bebhenarief.id/upload/dokumen/16090612200511562. Proses Demografi dan Distributif. berdasarkan analisis dari Chenery dan Syrquin menghasilkan suatu corak dari sepuluh jenis perubahan dalam struktur ekonomi yang berlaku dalam proses pembangunan negara-negara berkembang. (ii) pembangunannya harus dilakukan secara besar-besaran sehingga dengan demikian memerlukan biaya yang besar pula. www. Proses Alokasi sumber-sumber daya.doc 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful