You are on page 1of 9

TUGAS MATA KULIAH ILMU SOSIAL DASAR EDISI REVISI “ MENELANJANGI KARYANYA ERIYONO BUDI WIJOYO”

Nama NIM Progam Studi Fakultas

: : : :

Wasisto Raharjo Jati 08 / 267284 / SP / 22844 Ilmu Pemerintahan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada

Dikumpulkan sebagai persyaratan tugas yang diberikan dosen pengampu mata kuliah Ilmu Sosial Dasar

Desa Panggungharjo. Gempa bumi yang demikian besar tentunya menimbulkan ketidakstabilan tatanan masyarakat tersebut baik ditilik dari materiil dan moril. di depan pintu rumah . Dalam perkembangannya selama di lapangan. Peneliti merupakan salah satu dari korban gempa bumi di lingkungan masyarakat Janganan tersebut. Kab.  Adanya “grundhelan” diantara pengungsi korban gempa di tenda pengungsian selama masa tanggap darurat. Propinsi DIY) ini mengkaji dampak-dampak sosial yang terjadi dalam masyarakat tersebut pasca Gempa Bumi yang melanda Propinsi DIY dan sekitarnya. Penelitian yang awal mulanya ingin mengobservasi dampak-dampak sosial menjadi penelitian mengenai fenomena sosial yang terjadi dalam masyarakat tersebut. Dalam hal ini. Peneliti pun tertarik mengangkat dampak-dampak sosial tersebut untuk dijadikan suatu karya ilmiah. Sewon. Fenomena-fenomena sosial yang ditemui peneliti selama proses penelitian ternyata menarik untuk dikaji antara lain  Pengadaan “tenda mesra” untuk memenuhi kebutuhan biologis pasutri. Kec. Tentunya hal-hal tersebut “ menggelitik “ untuk dikaji lebih dalam dimana tatanan masyarakat yang katakanlah telah porak-poranda akibat dampak yang sedemikian besar sehingga menimbulkan fenomena-fenomena sosial yang selama ini belum pernah timbul dalam masyarakat tersebut. Artinya.DESKRIPSI SEKILAS TENTANG KARYA ILMIAH Karya ilmiah yang berjudul Menguak Fenomena Sosial Dalam Masyarakat Yogyakarta Pasca Gempa Bumi 27 Mei 2006 Selama Masa Tanggap Darurat (Studi Kasus di Masyarakat Janganan.peneliti menengetahui secara detail dampak-dampak sosial yang terjadi dalam tatanan masyarakat tersebut.  Hal-hal yang berbau tabu “klenik” seperti anjuran memasak sayur lodeh 7 macam sayuran dan memasang “janur kuning” dimaksudkan untuk menghalau mara-bahaya. Bantul. Berangkat dari hal itu.  Kegiatan peribadatan di tempat ibadah menjadi meningkat tajam.

11 Ibid hal 12 3 Ibid hal 13 4 Dikutip dari Benjamin Flankin disitir oleh Deborah C Andrews (1978 : 68-69) .HAL MENDASAR DALAM PENULISAN ILMIAH Tulisan / karangan ilmiah pada hakikatnya adalag ide / pesan tertulis berdasarkan hasil pengamatan. (3) Objektif Objektif dalam hal ini penulis tidak boleh menggunakan pandangan subjektif dalam penulisan ilmiah. dan pemikiran. peneliti harus menerrma masukan dari orang lain baik itu berupa kritikan. Penulisan ilmiah yang baik adalah tulisan yang mampu menjelaskan sesuatu yang belum diketahui secara jujur dan ringkas tanpa harus membingungkan pembacanya4 1 2 Lihat Ekosusilo. peninjauan. (4) Terbuka3 Terbuka. penelitian dalam bidang tertentu1 Berikut ini merupakan dasar-dasar penulisan ilmiah Dasar – dasar penulisan ilmiah (1) Mengandung permasalahan dan cara penyelesaiannya (2) Masalah harus objektif (3) Tulisan harus lengkap (4) Tulisan harus mengikuti metode tertentu (5) Tulisan disusun sistem tertentu2 Ciri-ciri penulisan ilmiah (1) Logis Logis dalam hal ini kegiatan penulisan ilmiah haruslah mengikuti logika dan dapat dinalar / diketahui jalan pemikiran peneliti sehingga peneliti tidak kebingungan. (2) Sistematis Sistematis artinya proses penulisan karya ilmiah mengikuti kaidah-kaidah penulisan ilmiah yang telah baku. sanggahan. Pedoman Penulisan Ilmiah. Semarang : Effhar & Dahara Press.1995. Madyo. hal.

Substansi Pokok.KORELASI DENGAN KAJIAN KARYA ILMIAH “ Menelanjangi Karyanya Eriyono Budi Wijoyo “ Setelah mengkaji dengan detail karya ilmiah dari Sdr. ( KIR.dan Kesimpulan. Jakarta: PT Rineka Cipta. hal 26)  Poin kedua Masalah harus Objektif Masalah yang dikemukakan dalam karya ilmiah ini jelas yaitu Fenomena Sosial yang terjadi akibat dari goncangan sosial / dampak sosial yang terjadi pasca gempa 27 Mei 2006. .. Bab I hal 1 & 2)  Poin ketiga Tulisan harus lengkap Pola penulisan ilmiah dalam karya ilmiah ini jelas sudah lengkap dari Pendahulan. Maria. 6 Lihat Arikunto.5  Poin kelima Tulisan disusun sistem tertentu Pola penulisan karya ilmiah ini sudah mengikuti sistematika penulisan ilmiah yang benar 6 5 Lihat Sumardjono. 1997.Pedoman Pembuatan Usulan Penelitian. Suharsimi.  Poin keempat Tulisan harus mengikuti metode tertentu Penulisan dalam karya ilmiah ini mengikuti metode penulisan laporan penelitian. Adapun pemecahan / pembahasannya yaitu adanya korelasi antara gejolak sosial dengan fenomena sosial serta korelasi gejolak sosial yang timbul di tenda pengungsian. peneliti berusaha meneliti korelasi antara gejolak sosial yang terjadi dengan timbulnya fenomena sosial dalam tatanan masyarakat tersebut serta kaitan gejolak sosial yang terjadi di tenda pengungsian selama masa tanggap darurat ( KIR. (1) Melalui Dasar Penulisan Ilmiah  Poin pertama Mengandung permasalahan dan cara penyelesaiannya Dalam karya ilmiah tersebut. Maka dapat saya tarik / menilai dari karya ilmiah tersebut antara lain.Bab I bagan D Rumusan Masalah hal 3). Eriyono Budi Wijoyo dan membandingkan teori-teori dari berbagai macam literatur buku penunjang.1997 . ProsedurPenelitian.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. ( KIR.

No 1 Dasar Tahapan Penelitian 7 Realita Objektif Ya. saya bisa mengerti logika penulisan ilmiah peneliti sebagaimana alur bagan tersebut.Peneliti mengejewantahkan Referensi Tahapan penelitian menurut Bailey : Lihat Ekosusilo. peneliti mematuhi sistematika yang benar7  Poin ketiga Objektif Objek penelitian yang dilakukan peneliti sudah jelas yaitu Fenomena Sosial di Masyarakat Janganan. Kec. Kab.(2) Melalui karakateristik penulisan ilmiah  Poin pertama Logis Dalam hal ini. Bantul.  Poin keempat Terbuka “Penulis senatiasa menerima kritik dan saran dari berbagai pihak demi perbaikan untuk masa yang akan datang “.(KIR hal 19) Hidup di tenda pengungsian selama masa tanggap Gempa bumi 27 Mei 2006 Banyak korban dan banguna n hancur Timbul fenomen a sosial Timbul gejolak sosial di dalam masyarakat  Poin kedua Sistematis Bila dirunut dari halaman judul sampai dengan lampiran. Sewon. . Propinsi DIY.1995. Desa Panggungharjo. Semarang : Effhar & Dahara Press. Madyo. ( KIR hal iii Kata pengantar) (3) Melalui pandangan realita objektif dan subjektif Saya dalam hal ini sebagai pengkaji karya ilmiah dari saudara Eriyono Budi Wijoyo menilai bahwa karya ilmiah ini sebagai karya yang objektif dengan argumen antara lain. Pedoman Penulisan Ilmiah.

1997 Pembuatan Penelitian. Maria. Kerangka 2 Laporan Ya.New York : Free Press. Tahapan Penelitian menurut Lembaga Penelitian Universitas Gadjah Mada  Persiapan  Pelaksanaan  Olah Data  Penyebarluas Sumber : Sumardjono.1982.Kenneth.tahapan dapar hal Analisa / proses di >  Pemilihan Masalah dan Hipotesa  Pengumpulan Data  Coding  Analisa Data  Interpretasi Hasil Sumber : Bailey.Persiapan lihat Bab I Latar Belakang Masalah hal 2 paragraf 5 > Pemilihan Masalah lihat Bab II C > Hipotesis hal 14 Gramedia Pustaka Utama.C. Ilmiah Penulisan yang Kerangka Laporan .Pedoman Usulan : PT penelitiannya yang dilihat 18-19 lihat Bab IV B. Method of Social Research 2nd.E Pengumpulan dan Data.Jakarta .

Peneliti mengambil sampel . Peneliti Penelitian besar Bab I  Latar Masalah  Tujuan  Tinjauan  Landasan  Hipotesis  Rencana Bab II  Bahan  Alat  Analisa Bab III  Hasil Penelitian dan pembahasan Bab IV  Simpulan  Saran Daftar Pustaka Sumber : Sumardjono. Maria.dilakukan sebagaian kerangka penelitian.1997 Pembuatan Penelitian.Jakarta .Pedoman Usulan : PT belakang laporan telah sesuai dengan Gramedia Pustaka Utama. Teknik 3 Pengambilan Ya.

Pengantar Filsafat Ilmu.Suat Segi 4 Penelahaan Data Babbie (1986 :14) Sumber : Gie.1993.Jakarta : Bina Aksara. : Arikunto.2007.Data area penelitian 19 dalam Pernyataan Babbie random ini memungkinkan dipilih melakukan wilayah “Penarikan lihat Bab IV F hal sampel Untuk dilakukan penelitian terbatas sehingga tercapai generalisasi” Sumber u Pendekatan praktik. Bab VII .Suharsini.The Liang.Yogyakarta : Penerbit Liberty hal 96.

George.itb.Pedoman Pembuatan Usulan Penelitian.Dr. 2005. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.ac. Sumardjono. Gie. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.1997 .1969. Azwar. Nasution Prof. Metode Penelitian.Rinehart and Winston.2007.pdf http://fpmipa.gd.Exploration of the Universe.sabda.Santana. Sumber Internet : http://pelitaku.Saifuddin. Ekosusilo. New York:Holt.pdf . 1988.edu/bi/pdf/Karya%20ilmiah. Madyo. Pedoman Penulisan Ilmiah.org/memahami_struktur_karya_tulis_ilmiah http://geodesy..Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.2007.Yogyakarta : Penerbit Liberty. Bandung. Maria.Pengantar Filsafat Ilmu.DAFTAR PUSTAKA Abell. Septiawan.The Liang.upi. Menulis Ilmiah : Metode Penelitian Kualitatif. Semarang : Effhar & Dahara Press.id/hzabidin/wp-content/uploads/2007/08/tata-carapenulisan.Metode Penelitian Kualitatif.1995.