Modul VB MYSQL

BAB

1
Database
1. Mengenal Database
Database (basis data) dapat diartikan sebagai suatu pengorganisasian data dengan bantuan komputer yang memungkinkan dapat diakses dengan mudah dan cepat. Dalam hal ini, pengertian akses dapat mencakup pemerolehan data maupun pemanipulasian data, seperti menambah dan menghapus data. Manfaat database banyak dijumpai di sekeliling kita. ATM (Anjungan Tunai Mandiri) merupakan sebuah contoh teknologi informasi yang pada dasarnya memenfaatkan databse, yang memungkinkan seseorang bisa mengambil uang dimana saja dan kapan saja. Aplikasi databse yang lain dapat dikumpai pada toko-toko swalayan, perpustakaan, dan bahkan pada Internet.

2. Komponen Database
Komponen terbesar dalam suatu Sistem Database adalah Database itu sendiri. Data dalam database dapat dikelompokkan dalam beberapa tabel. Tabel merupakan kumpulan data sejenis. Sebuah tabel biasanya terdiri dari beberapa field (kolom) dan record (baris), sebuah field menerangkan sebuah informasi dalam tentang identitas data dalam tabel, sedangkan record menerangkan sebuah data dalam tabel secara lengkap. Hirarki dari sebuah database dapat dilihat pada gambar 6.1.

Database

Tabel1

Tabel2

Tabel3

Tabeln

Field1 Field2 Field3 Fieldn
Rec1 Rec2 Rec3 Recn

Gambar 6.1. Hirarki Database

Sebagai contoh sebuah lembaga pendidikan memiliki database pengajaran dengan struktur sebagai berikut :

Tantri HS

Page 1 of 9

Cempaka 19 Telepon 0274-955667 0274-977033 0274-766554 Tantri HS Page 2 of 9 . 3. 3. Nama Field Kode_MK Kode_Dos Waktu Tempat Tipe Data Text Text Date/Time Text Panjang Field 3 3 30 15 Keterangan Kode Matakuliah Kode Dosen Waktu Kuliah Ruang Kuliah Hubungan antar tabel : Dosen Kode_Dos Nama_Dos Alamat_Dos No_Telp Kuliah Kode_MK Kode_Dos Waktu Tempat Matakuliah Kode_MK Nama_MK SKS Semester Data Dosen : Kode_Dos D01 D02 D03 Nama_Dos Marsyid.Kom. Syaidah. Qoryati.T. 2. S.Modul VB MYSQL Nama Database : Pengajaran Nama Tabel : 1. 3. Alamat_Dos Jl. Tabel Dosen No. Nama Field Kode_MK Nama_MK SKS Semester Tipe Data Text Text Number Text 3 Panjang Field 3 30 Keterangan Kode Matakuliah Nama Matakuliah Jumlah SKS Semester 3. 1. 4. S. Mawar 30 Jl. Gelas 11 Jl. Tabel Matakuliah No. 4. Tabel Kuliah No. 4. 1. S. Nama Field Kode_Dos Nama_Dos Alamat_Dos No_Telp Tipe Data Text Text Text Text Panjang Field 3 30 30 15 Keterangan Kode Dosen Nama Dosen Alamat Dosen Nomor Telepon 2. 2. 1. 2.H.

Modul VB MYSQL Data Matakuliah : Kode_MK MK1 MK2 MK3 MK4 Data Kuliah : Kode_MK MK1 MK2 MK3 MK4 Kode_Dos D02 D03 D01 D01 Waktu 11:00 08:00 13:00 14:00 Tempat R. Untuk dapat membuat database dengan MySQL menggunakan web browser. Mengenal Database Management System Database Management System atau yang biasa disingkat dengan DBMS merupakan perangkat lunak atau program komputer yang dirancang secara khusus untuk memudahkan pengelolaan database.1 R.4 1 record Nama_Field Nama_MK Pengenalan Komputer Kewarganegaraan Dasar Pemrograman Aplikasi Komputer SKS 3 2 3 3 Semester 1 1 3 3 3. Database yang dibuat menggunakan MySQL juga dapat dihubungkan dengan program aplikasi pembangun progam lain termasuk Visual BASIC. Membuat Database dengan MySQL Seperti yang telah diuraikan sebelumnya. maka kita harus mengaktifkan terlebih dahulu program phpMyAdmin melalui web browser dengan cara mengetikkan pada address bar: http://localhost/phpmyadmin.2 R. yang menggunakan model basis data relasional atau dalam bentuk tabeltabel yang saling terhubungkan. Salah satu macam DBMS yang populer dewasa ini berupa RDBMS (Relational DataBase Management System). Untuk lebih mudah memahami cara pembuatan database. Microsoft Access dan MySQL merupakan contoh produk RDBMS. sehingga akan menghasilkan tampilan berikut: Tantri HS Page 3 of 9 . 4. MySQL merupakan salah satu program aplikasi pengolah database berbasis RDBMS yang sering digunakan dalam pemrograman database. kita akan langsung membuat Database Pengajaran diatas dengan menggunakan MySQL.3 R.

dapat dilakukan dengan mengetikkan nama database pada kotak isian ciptakan database baru. Membuat Tabel Untuk membuat tabel pada database pengajaran dapat dilakukan dengan mengisikan nama tabel dan jumlah field pada kotak isian ciptakan tabel baru. seperti terlihat pada tampilan berikut: Tekan tombol Ciptakan untuk membuat database pengajaran. dapat dilakukan dengan melihat daftar database pada jendela sebelah kiri pada tampilan Pada tampilan tersebut terlihat bahwa mysql memiliki 6 database. Membuat Database Untuk membuat database baru dengan nama pengajaran. Melihat Daftar Database Untuk melihat daftar database yang terdapat pada komputer. b. Sebagai contoh jika kita ingin Tantri HS Page 4 of 9 .Modul VB MYSQL a. sehingga akan menghasilkan tampilan berikut: c.

sehingga akan ditampilkan tampilan isian nama field dan atributnya. seperti terlihat pada contoh berikut: Tantri HS Page 5 of 9 .Modul VB MYSQL menciptakan tabel dosen dapat dilakukan dengan mengisikan nama tabel dengan Dosen dan mengisikan jumlah field dengan 4. tipe data dan lebar field yang telah kita tentukan diatas. sehingga akan dihasilkan tampilan berikut: d. isikan kotak isian tersebut sesuai dengan nama field. seperti terlihat pada gambar berikut: Klik tombol Go. kemudian isikan data sesuai field. anda dapat lakukan dengan mengaktifkan tab Sisipkan(Insert). seperti tampilan berikut: Klik tombol Simpan untuk menyimpan struktur tabel Dosen tersebut. sehingga kotak isian tersebut kita isikan sesuai tampilan berikut: Aktifkan radio button primary key untuk field Kode_Dos. Untuk memasukkan data ke tabel Dosen. Memasukkan Data ke Tabel.

sehingga akan dihasilkan tampilan berikut: e. kemudian klik tombol Go untuk menyimpan perubahan data. cobalah untuk melihat daftar data dalam tabel dosen dengan menekan tab Browse. Mengubah Data dalam Tabel. anda dapat lakukan dengan menekan tanda silang merah ( ) yang terletak pada sebelah kiri data yang akan dihapus.Modul VB MYSQL Klik tombol Go untuk mengisi tabel dengan data tersebut. Tampilan berikut ini menjelaskan bahwa data anda telah tersimpan kedalam tabel Dosen Setelah anda melakukan pemasukan data diatas. anda dapat lakukan dengan menekan tanda pensil ( ) yang berada disebelah kiri data yang ingin dirubah sehingga akan menghasilkan tampilan berikut: Isikan perubahan data. f. Menghapus Data dalam Tabel Untuk menghapus data dalam tabel. Untuk mengubah data dalam tabel Dosen. Tantri HS Page 6 of 9 .

Menghapus Tabel Untuk menghapus tabel Dosen. klik Data Source(ODBC). kita dapat lakukan dengan mengaktifkan kembali database pengajaran dengan menekan tombol home ( klik Tabel Pengajaran. Menghapus Database Untuk menghapus database pengajaran. i. kita dapat lakukan dengan menekan tab hapus ( sehingga akan ditampilkan kotak dialog berikut: ). Koneksi Database MySQL dengan ODBC Connector Untuk menghubungkan database MySQL pengajaran dengan ODBC Windows. kemudian akan ditampilkan kotak dialog berikut : Klik tombol OK untuk konfirmasi menghapus database Pengajaran. Buka Control Panel 2.Modul VB MYSQL g. sehingga akan ) pada jendela sebelah kiri. sehingga akan ditampilkan kotak dialog berikut: Tantri HS Page 7 of 9 . Pilih Administrative Tools . kemudian dihasilkan tampilan berikut : Klik Tab Hapus ( ). dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut : 1. Tekan tombol OK untuk konfirmasi penghapusan tabel Dosen. h.

klik Finish.51 Driver. Pada kotak dialog yang muncul isikan konfigurasi data sebagai berikut: Tantri HS Page 8 of 9 . sehingga akan ditampilkan kotak dialog berikut : 4. Pilih MySQL ODBC 3.Modul VB MYSQL 3. Klik tombol Add.

Kemudian Klik OK. Tantri HS Page 9 of 9 . Klik OK. telah ditambahkan sebuah data source dengan nama Pengajaran sebagai berikut: 6.Modul VB MYSQL 5. sehingga pada jendela kotak dialog Data Source. Selesai.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful