You are on page 1of 32

PROGRAM STUDI ILMU HUKUM

STANDAR I VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN STRATEGI

VISI
“Terwujudnya Program Studi Ilmu Hukum sebagai Program Studi yang unggul, handal, dan terdepan dalam

MISI
Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang integrative dalam Ilmu Hukum, khususnya Hukum Kelembagaan Negara. Mengembangkan dan menerapkan Ilmu-Ilmu Hukum khususnya Hukum Kelembagaan Negara. Menghasilkan sarjana yang memiilki kompetensi keilmuan Hukum khususnya Hukum Kelembagaan Negara. Memberikan landasan moral dan akhlak yang terpuji bagi pengembangan dan praksis keilmuan Hukum, khususnya Hukum Kelembagaan Negara dalam kehidupan masyarakat.

dan kesetaraan dengan tetap kritis. Menyelenggarakan manajemen modern Program Studi yang berorientasi pada kualitas. akuntabilitas dan profesionalitas. innovatif dan responsive terhadap perubahan sosial baik dalam skala lokal. Memberikan perhatian serius terhadap upaya implementasi hukum. . transparansi.MISI Membina dan mengembangkan kehidupan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran. keadilan. kreatif. nasional maupun global. Menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan LembagaLembaga Pemerintah dan Non-Pemerintah baik didalam maupun diluar negeri. khususnya bidang Hukum Kelembagaan Negara dalam konteks kemodernan dan keindonesiaan. keterbukaan.

. Menghasilkan lulusan/sarjana yang memiliki daya analisis dan kreatif dalam memecahkan permasalahan-permasalahan hukum yang timbul dalam masyarakat.TUJUAN Menghasilkan lulusan/sarjana yang memiliki pemahaman yang luas dan integral baik teori maupun praktek Hukum Konvensional dan hukum Islam. Menghasilkan lulusan/sarjana yang mampu memberikan advokasi dalam bidang Hukum Konvensional Dan Hukum Islam . Menghasilkan lulusan/sarjana yang mampu memberikan kontribusi terhadap Negara dan bangsa dalam rangka pembentukan dan reformasi hukum di Indonesia.

SASARAN DAN STRATEGI Peningkatan penyelenggaraan dan sistem pendidikan dan pengajaran di Program Studi Ilmu Hukum Peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan karya ilmiah dosen Peningkatan kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat yang dilakukan dosen Program Studi Ilmu Hukum .

MISI. TUJUAN DAN SASARAN PROGRAM STUDI ILMU HUKUM .ALUR DAN MEKANISME PENYUSUNAN VISI.

KEGIATAN SOSIALISASI Sosialisasi kepada jajaran pimpinan Fakultas Syariah dan Hukum Sosialisasi kepada Dosen Sosialisasi kepada pegawai dan tenaga kependidikan Sosialisasi kepada mahasiswa .

dan peran dalam program studi. KEPEMIMPINAN. SISTEM PENGELOLAAN. DAN Sistem Tata Pamong MUTU PENJAMINAN Sistem tata pamong berjalan secara efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama. fungsi. serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur. Tata pamong didukung dengan budaya organisasi yang dicerminkan .STANDAR II TATA PAMONG.

etika. serta mampu membuat keputusan yang tepat dan cepat. Kepemimpinan mampu memprediksi . SISTEM PENGELOLAAN. norma. mengikuti nilai.TATA PAMONG. KEPEMIMPINAN. DAN PENJAMINAN MUTU Kepemimpinan Kepemimpinan efektif mengarahkan dan mempengaruhi perilaku semua unsur dalam Program Studi. dan budaya organisasi yang disepakati bersama.

controlling dalam kegiatan internal maupun eksternal. SISTEM PENGELOLAAN.TATA PAMONG. organizing. leading. Sistem pengelolaan Program Studi adalah: Planning -> Organizing -> Staffing -> Leading -> Controlling •Planning . KEPEMIMPINAN. staffing. DAN PENJAMINAN MUTU Sistem Pengelolaan Sistem pengelolaan fungsional dan operasional Program Studi mencakup planning.

SISTEM PENGELOLAAN PROGRAM STUDI .

Penjaminan mutu eksternal dilakukan dengan cara memenuhi tuntutan evaluasi . Penjaminan mutu internal dilaksanakan oleh lembaga LPJM. DAN PENJAMINAN MUTU PENJAMINAN MUTU Penjaminan mutu Program Studi Ilmu Hukum dapat dilihat dalam dua bentuk: Internal dan ekstrernal. KEPEMIMPINAN. SISTEM PENGELOLAAN.TATA PAMONG.

STANDAR III KEMAHASISWAAN DAN LULUSAN Sampai saat ini. Program studi Ilmu Hukum belum memiliki lulusan. . sehingga evaluasi kinerja lulusan oleh pihak pengguna lulusan belum dapat dilakukan.

STANDAR IV Sumber Daya Manusia A. Karena itu. UIN Syarif Hidayatullah dan Program Studi harus pro aktif menjaring dan menyaring para calon dari Perguruan Tinggi terkemuka antara lain melalui seleksi administrasi. tes . Sistem Seleksi dan Pengembangan Rekrutmen dan seleksi dosen sebagai SDM kampus harus menjamin bahwa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memperoleh kandidat atau calon dosen yang unggul dan berkualitas. tes bidang studi.

dan monitoring dan evaluasi kinerja dosen dalam tridarma serta dokumentasinya).Sumber Daya Manusia B. . serta rekam jejak kinerja akademik dosen dan kinerja tenaga kependidikan (termasuk informasi tentang ketersediaan pedoman tertulis. Monitoring dan Evaluasi Sistem monitoring dan evaluasi.

PEMBELAJARAN.STANDAR V KURIKULUM. silabus. serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok. DAN SUASANA AKADEMIK KURIKULUM Kurikulum dalam Prodi Ilmu Hukum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya. rencana .

.KURIKULUM Kompetensi utama lulusan Program Studi Ilmu Hukum adalah: Kompetensi memadukan prinsip moralitas Hukum Islam dan wacana formalitas Hukum Konvensional baik pada ranah ilmu pengetahuan (kompetensi kognitif) maupun aplikasi (kompetensi psikomotorik). pada tataran teoritisasi maupun empirisasi.

kepekaan akademis yang kritis dan praktikalitas yang kreatif. dan responsif dalam memecahkan permasalahanpermasalahan hukum yang muncul dan berkembang di masyarakat saat ini dan mendatang Memiliki kemampuan yang komprehensif untuk memberikan advokasi dan pembelaan pada kelompok masyarakat yang terutama berasal dari golongan sosial ekonomi lemah dan terpinggirkan baik di bidang Hukum Islam ataupun Hukum Konvensional Memiliki komitmen yang tinggi untuk menghargai nilai-nilai etik profesionalitas hukum . mendalam dan integral baik teori maupun praktik tentang Hukum Islam dan Hukum Konvensional Memiliki daya nalar analitis. antisipatif.KURIKULUM Kompetensi pendukung lulusan Program Studi Ilmu Hukum adalah: Memiliki pemahaman dan wawasan yang luas.

.KURIKULUM Kompetensi lainnya/pilihan lulusan Program Studi Ilmu Hukum adalah: Memiliki kemampuan dalam mengelola usaha yang terkait dengan ilmu yang diperoleh Memiliki keterampilan dalam memberikan bimbingan praktek baik hukum umum maupun Islam di kalangan masyarakat luas.

mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis bereksplorasi. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang menantang.PROSES PEMBELAJARAN Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan. ranah belajar dan hierarkinya. berkreasi dan bereksperimen dengan memanfaatkan .

Otonomi keilmuan Otonomi kelimuan merupakan kegiatan keilmuwan yang berpedoman pada norma dan kaidah keilmuan yang harus ditaati oleh para anggota sivitas akademika. Untuk itu dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Universitas dan sivitas akademik berpedoman pada sebuah .SUASANA AKADEMIK A.

. Kebebasan Akademik Kebebasan akademik merupakan kebebasan yang dimiliki anggota sivitas akademik untuk melaksanakan kegiatan yang terkait dengan pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dijiwai nilainilai keislaman dan keindonesiaan secara bertanggung jawab dan mandiri.SUASANA AKADEMIK B.

Untuk itu. Rektor mengupayakan dan menjamin agar setiap anggota sivitas . Kebebasan Mimbar Akademik Kebebasan mimbar akademik berlaku sebagai bagian dari kebebasan akademik yang memungkinkan dosen menyampaikan pikiran dan pendapat di kampus Universitas sesuai dengan norma keislaman dan kaidah keilmuan.SUASANA AKADEMIK c.

STANDAR VI PEMBIAYAAN. SARANA DAN PRASARANA. Pengorganisasian Sistem Perencanaan Penyusunan dan Penganggaran (SP4) Universitas didasarkan pada kinerja kolektif dari semua personil dan unit kerja yang terkait sehingga dapat memenuhi ü . SERTA SISTEM PEMBIAYAAN INFORMASI ü Universitas telah menetapkan Pedoman dan Prosedur Sistem Perencanaan Penyusunan dan Penganggaran (SP4).

tempat praktek ibadah. Ruang kelas yang mencukupi sehingga mahasiswa tidak merasa kekurangan ü ü . Memiliki perpustakaan fakultas.PEMBIAYAAN. SARANA DAN PRASARANA. ruang mahkamah semu. lab. Bahasa dan sarana prasarana lainnya. SERTA SISTEM INFORMASI SARANA DAN PRASARANA ü Universitas memiliki sarana dan prasana memadai guna menunjang kegiatan belajar dan mengajar.

dll. . SARANA DAN PRASARANA.PEMBIAYAAN. software. e-learning. perpustakaan.). SERTA SISTEM INFORMASI SISTEM INFORMASI Sistem informasi dan fasilitas yang digunakan oleh Program Studi untuk proses pembelajaran (hardware.

KEGIATAN Dialog Bedah buku Pekan hukum keluarga Sharia event Muhasabah (orientasi) Launching buku profil alumni .

PELAYANAN/PENGABDIAN PENELITIAN KEPADA MASYARAKAT. karya tulis ilmiah. DAN KERJASAMA Para dosen dilibatkan dalam penelitian langsung sesuai dengan bidangnya. . karya seni.STANDAR VII PENELITIAN. Dosen menulis beberapa kajian berupa artikel ilmiah. dan buku.

PENELITIAN. PELAYANAN/PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. DAN PELAYANAN/PENGABDIAN KEPADA KERJASAMA MASYARAKAT (PKM) Salah satu bentuk pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi yang dilakukan mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah Kuliah Kerja Nyata/Sosial (KKN/S) yang merupakan kegiatan intrakurikuler dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. .

Menteri Pemuda dan Olahraga RI. Kerjasama dalam melaksanakan pembangunan di bidang kepemudaan. DAN KERJASAMA Instansi-instansi dalam negeri yang menjalin kerjasama yang terkait dengan program studi/jurusan antaralain: 1. . Annual Lecture mengenang tokoh diplomasi Mohammad Roem. 2.Kementerian Luar Negeri RI. PELAYANAN/PENGABDIAN KEPADA KERJASAMA MASYARAKAT.PENELITIAN.

TERIMA KASIH .