SUJUD, ENING, RACUT DAN OLAHRASA SEBAGAI SUATU SELF HEALING : STUDI KASUS WARGA KEROHANIAN SAPTA DARMA

OLEH : ARIF SETYO UPOYO

marang sapa bae Warga Sapta darma kudu suminar pindha baskara" .SESHANTI: "Ing ngendi bae.

PENDAHULUAN y Pemahaman akan budaya yang merupakan salah satu keunikan manusia dapat sebagai acuan perawat dalam menetapkan pendekatan maupun strategi dalam memberikan asuhan keperawatan. . y Salah satu budaya pengobatan yang merupakan warisan budaya Indonesia dipraktekan oleh warga kerohanian Sapta Darma. y Warga mempunyai keyakinan dapat ngusadhani diri sendiri (self healing) dan orang lain.

SELF HEALING WARGA SAPTA DARMA y SUJUD y ENING y RACUT y OLAHRASA .

Allah Hyang Maha Rohim.SUJUD y Allah Hyang Maha Agung. Allah Yang Maha Adil y Hyang mahasuci nyuwun ngapura Hyang Maha Kuwoso y Hyang mahasuci mertobat Hyang Maha Kuwoso .

SUJUD y Sujud merasakan Air sari atau air suci berasal dari sari-sari bumi yang akhirnya menjadi bahan makanan yang dimakan manusia yang tempatnya di ekor (Jawa = Cetik/silit kodok/brutu). kekuatan ini disebut Atom Berjiwa yang ada pada pribadi manusia. . y Bila bersatu padunya getaran sinar cahaya dengan getaran air sari yang merambat berjalan halus sekali di seluruh tubuh. menimbulkan daya kekuatan yang besar sekali.

Allah Hyang Maha Rahim. Allah Hyang Maha Adil.ENING y Ening adalah salah satu ajaran Sapto Darmo yang dilakukan dengan cara menenangkan semua fikiran seraya mengucapkan: Allah Hyang Maha Agung. .

RACUT Racut adalah ajaran dan praktek dalam Sapto Darmo yang intinya adalah usaha untuk memisahkan rasa. fikiran. atau ruh dari jasad tubuhnya untuk menghadap Allah (mati sajroning urip ) .

OLAHRASA .

elektrical resistance dari kulit. ketegangan otot skeletal. produksi gelombang alpha lambat dan meningkatkan aktivitas natural killer cells sehingga meningkatkan sistem imun Menurunkan konsumsi oksigen. keasaman dan motilitas lambung. heart rate. respirasi rate.SUJUD DAN ENING Relaxation Respon Meditation Meningkatkan peripheral blood flow. pengeluaran karbodioksida. aktivitas kelenjar keringat dan tekanan darah khususnya pasien hipertensi. . kadar epineprin. kadar laktat darah.

penurunan kecemasan. . menurunkan ketegangan otot. menyediakan waktu istirahat. meningkatkan perasaan sejahtera. peningkatkan sistem imun. meningkatkan insight dan kreativitas. meningkatkan aliran darah. meningkatkan kemanjuran obat nyeri. menenangkan respon simpatis.RACUT DAN OLAHRASA RELAKSASI Penurunan nyeri. memfasilitasi tidur.

. Hal ini merupakan sugesti pada diri ( self hipnosis) untuk sehat atau sembuh dari penyakit.Ritual diakhiri dengan Sabdo Waras yang berarti sembuh atau sehat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful