cBiar Koneksi Cepat Apakah anda semua tau kalau selama ini Windows memakai Bandwit kita 20%

? Untuk mengambil bandwidth kita kembali dan koneksi lebih cepat lakukan langkah berikut ini : Klik start, run trus ketik gpedit.msc Pada computer configuration administrative template klik Network. Klik Qos packet scheduler Double Klik pada Limit Reservable Bandwith. Klik ENABLED reservable bandwith dan ubah settingannya ke 0 (nol)% habis itu Klik Apply dan Klik OK. Restart Komputer anda. Tapi semua itu juga tergantung dengan kecepatan koneksi anda sendiri. Tips ini bisa mempercepat koneksi anda jika memakai OS Windows XP dan Vista. Semoga Berhasil..

3. Mematikan Fitur Auto Update

Di sistem operasi windows, setting default (bawaan) diatur agar windows senantiasa melakukan pengecekan update ketika terkoneksi ke internet, dan jika ada update terbaru akan langsung melakukan download tanpa konfirmasi. Sehingga tanpa kita sadari sering bandwith internet terpakai sedangkan kita tidak menyadarinya.

Kita bisa mematikan fitur ini dan jika ingin melakukan update bisa di proses secara manual atau mengaktifkan kembali di lain waktu. Mematikan fitur auto Update : Klik kanan My COmputer > Properties ( atau Pilih Start menu > Run dan ketikkan sysdm.cpl lalu tekan ENTER) Pilih tab Automatic Update Pilih Turn off Automatic Updates

Ada software lainnya yang menyertakan tools atau fasilitas untuk mengoptimalkan akses internet atau setting jaringan, dan kita tidak perlu langsung membuka atau mengedit registry. Misalnya Advanced SystemCare ( dengan Firefox TCP Optimizernya), TuneUp Utilities ( dengan TuneUp System Optimizernya) dan lainnya. Jika mempunyai tips meningkatkan/mengoptimasi koneksi internet lainnya, silahkan dilengkapi (ebsoft.web.id ) Jika komputer terinfeksi malware ( trojan, worm, virus ) dan spyware, maka bisa menyebabkan koneksi atau akses internet lambat, tidak hanya kinerja komputer. Untuk scan spyware bisa menggunakan Spybot Search and Destroy, Spyware Terminator dan lainnya.

o DnsPriority=1 o HostsPriority=1 o LocalPriority=1 o NetbtPriority=1 6. Kita bisa meminimalkan agar koneksi internet tidak terlalu lambat banget. Tutup registry restart komputer. anda terpaksa harus sedikit bersabar dengan koneksi internet yang ³lemot´ bagaikan bekicot heeeeee«««. fosSpeedconsole dll. update blog. Pada kotak dialog Run ketikkan regedit. dan untuk mengubahnya kita bisa menggunakan software TCP/IP Optimizer. Cache DNS. 4. mencari informasi dan lain sebagainya. mengurangi Bandwidth Update Windows dll. Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan atau mempercepat koneksi internet. Ada beberapa setingan yang harus dirubah di registry komputer kita. Sebenarnya ada banyak tool/applikasi yang bisa dipakai untuk mempercepat koneksi internet baik yang gratisan atau yang berbayar seperti Speed ConnectInternet Accelerator. Sekarang kita cari alamat registry ini : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Current ControlSet\Services\Tcpip\ServiceProvider. setting file temporary pada browser. web accelerator. seperti Setting Shared Folder dan boot jika komputer kita terhubung dengan jaringan komputer lain. ashampho internet accelerator. Namun kali ini yang akan kita lakukan adalah dengan tweak registry yang ada di komputer kita (tanpa software). Pada postingan kali ini saya akan bahas cara mempercepat Koneksi Internet dengan tweak registry pada komputer kita dan tweak konfigurasi browser Mozilla Firefox. Setelah kita berada di direktori ServiceProvider ubah nilai-nilai dibawah ini semuanya menjadi 1. Klik menu Start > Run 2. 3. . Apalagi jika hal tersebut menyangkut pekerjaan.KONEKSI BIAR CEPAT Bagi anda yang suka browsing tentunya penggunaan internet menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Jika koneksi internet anda sudah broadband. 3G dan sekelasnya mungkin tidak terlalu bermasalah (bukan berarti tidak ada masalah sama sekali lho«). Caranya : 1. Mudah-mudahan dengan tips dan trik berikut ini koneksi internet yang kita gunakan sedikit menjadi lebih baik. Kali ini yang akan kita lakukan adalah Optimalisasi DNS Lookup. Namun jika koneksi internet anda masih menggunakan dial up apalagi masih menggunakan GPRS dari HP sebagai modemnya. 5. lalu klik OK. Misal untuk cek email.

karena setelah tweaking tidak ada opsi/menu untuk mengembalikan settingan default firefox. untuk mengembalikan ke default harus dilakukan secara manual. 4. klik kanan pilih New. Set ³browser. 1.xul.cache.enabled : true´ . Untuk merubahnya. 6. namun jika anda berani mencoba resiko ditanggung sendiri yaaa kalau anda salah memasukkan nilainya.error_pages. pilih Integer. Akan keluar peringatan seperti ini : 3. Untuk data berupa angka. Klik Saya berjanji akan berhati-hati.disk_cache_ssl : true´ 2. Ketik : ³about:config´ tanpa tanda petik di firefox anda kemudian enter.=== Tweeking Firefox ==== Peringatan !!! : Saya tidak menyarankan anda untuk melakukan cara ini jika anda belum mahir betul. Tweaking ini sendiri sebenarnya dikeluarkan oleh pengembang firefox jadi tidak sembarang tweaking. setelah itu akan keluar sebuah settingan untuk tweaking firefox. 7. klik 2 kali pada masing-masing nama pengaturan dan masukkan data perubahannya. Jika data dibawah tidak terdapat dalam settingan default firefox. Set ³browser. Jadi jika anda berani melakukannya tolong dicatat satu persatu semua perubahan tweaking yang anda lakukan. untuk true/false pilih Boolean. 2. 5. Untuk pengguna Dial Up 1. Parameter-parameter setting : I.

http. Misal. 3.pipelining : true´ 10. Set ³signed.max-persistent-connections-per-server : 4? 7.notify.max-connections : 32? 4. Set ³content.tokenizing. Set ³content.telkom.proxy. Set ³content. jika ingin membuka ³http://www.threshold : 750000? Shortcut untuk mempercepat browsing : 1.codebase_principal_support : true´ 12. Set ³plugin.http.max-persistent-connections-per-proxy : 8? 6.http. Set ³network.interval : 750000? 17. 2. caranya adalah ketikkan nama domainnya saja kemudian klik Ctrl+Shift+Enter. Set ³content. ini untuk membuka domain yang menggunakan .com) kemudian klik ctrl+enter.time : 3000000? 14.com´ jadi ketiklah ³google´ tanpa tanda petik yaaa kemudian klik ctrl+enter.switch. Set ³network.maxrequests : 8? 9.pipelining.ontimer : true´ 18.wordpress.http. Set ³network.google. Contohnya. ini untuk membuka domain yang menggunakan . caranya adalah ketikkan nama domainnya saja (tidak perlu menambahkan ³http://www´ dan akhiran .net´ maka cukup ketiklah ³telkom´ tanpa tanda petik yaaa kemudian klik shif+enter.org. Set ³content. Set ³content. Set ³network.http. Contoh. Share This Article : .interrupt.com. Shift+Enter.notify. anda ingin membuka ³www. ini untuk membuka domain yang menggunakan . Set ³network.maxtextrun : 8191? 15.pipelining : true´ 8.3.notify.backoffcount : 5? 16. Set ³content. Ctrl+Shift+Enter.parsing : true´ 13.net.http.http. Ctrl+Enter.applets.max. Set ³network.expose_full_path : true´ 11.org´ jadi cukup ketiklah ³wordpress´ tanpa tanda petik yaaa kemudian klik Ctrl+Shift+Enter. caranya adalah ketikkan nama domainnya saja kemudian klik shif+enter. Set ³network.max-connections-per-server : 8? 5. jika kita ingin membuka ³http://www.

.tentunya mereka juga haus akan informasi maupun tips yang bisa mereka gunakan..cache. Itulah mengapa semakin banyak Anda membuka web. Setelah keluar tampilan seperti disamping ini maka klik tulisan performance 4. 1. Semakin banyak Anda membuka tab / web maka semakin besar memori yang dihabiskan dan semakin sibuk pula CPU Anda bekerja. Ikuti tips berikut: 1. Dari sisi manajemen memori tampaknya browser ini masih kalah dibanding rivalnya Opera. Buka Browser OPERA anda 2..namun bagaiman dengan adik2 kita yang baru saja mengenal komputer. Firefox otomatis akan menyimpannya dalam cache memori. Browser ini tergolong tambun dan boros. Lalu klik save maka akan ada perintah untuk merestart OPERA. Untuk pertama kali dijalankan saja browser ini (versi 3.Sebenarnya tips ini sudah lama sekali dan bagi beberapa orang bisa dikatakan basi. Pada alamat browser ketikkan opera:config . Secara default Firefox menggunakannya sebesar jumlah maksimal RAM yang Anda miliki. Batasi kapasitas cache memori Setiap kali Anda membuka sebuah halaman web.. .memory.capacity. Ada sedikit tips yang mungkin berguna untuk Anda. Centang Non-Compliant 100 Server Continue 5. dan 20 mega di Windows.. Meski populer rupanya Firefox bukanlah browser ringan.. Semoga membantu..0) menghabiskan paling sedikit 10 mega memori di Linux. memori komputer Anda semakin habis. karena menghabiskan resource komputer yang lumayan tinggi.gak perlu berkecil hati dan lekas-lekas memutuskan berpindah ke browser lain. Untuk membatasinya tambahkan opsi: browser... Untuk settingan maksimal dari bandwith limit. Karena dengan sedikit tune up Anda bisa memperbaiki kinerja Firefox kesayangan. Eiittss. Caranya klik kanan.: a. terutama bagi yang koneksi dan spec komputernya lemot Bagi Anda pengguna setia Mozilla Firefox pernahkah Anda frustasi saat berselancar dengan firefox tiba tiba komputer Anda melambat atau bahkan ngadat? Mengapa hal ini bisa terjadi? Salah satu penyebab utamanya adalah karena firefox itu sendiri.. Anda bias mengeceknya via aplikasi semacam top dan free di console atau ksysguard di KDE. New > Integer. Network Buffer Size = 64 d..dan kemudian enter 3. Max Connection Total = 64 c. Centang No Connection Keep Alive e. maka ubah settingan dengan isi berikut. Max Connection Server = 10 b.

Mensetnya menjadi 2 MB dapat memberikan performa yang positif khususnya bagi komputer dengan memori dibawah 128 MB dan harddisk model lama.cache.max_total_viewers. Caranya dengan perintah: $ firefox -safe-mode. Batasi extension/add-ons Semakin banyak add-ons yang Anda gunakan. Karena semakin banyak download history yang disimpan. Disable Flash Tahukah anda bahwa animasi flash yang di load saat Anda membuka web memakan resource RAM yang lumayan besar? Konsekuensinya adalah waktu loading menjadi lebih lambat dan berat. semakin besar RAM yang dihabiskan. namun usahakan merupakan kelipatan dari 1024. Apabila Anda jarang memakai back dan forward. 5. ubah nilai -1 menjadi 3. Gerah? Ada baiknya anda disable flash. 2048 disini artinya gunakan cache memori maksimal hanya 2 Mega.5. Caranya mudah. ada baiknya Anda set dengan nilai kecil guna menghemat memori. pilih menu Tools > Options > Privacy. Disable Download History Sebaiknya anda nonaktifkan fitur history ini.capacity. lalu hilangkan pilihan pada Remember what I ve downloaded 7.capacity. resource RAM yang dipakai merupakan akumulasi dari jumlah flash yang dibuka sebelumnya. 2. Default -1 artinya gunakan semaksimal RAM yang ada. Anda bisa coba . hanya bedanya peruntukan cache disini oleh Firefox lebih ditujukan untuk mempercepat loading halaman saat Anda menekan tombol back dan forward pada browser. ubah nilai 50000 menjadi 2000.disk. nilai default dari Firefox benar-benar rakus bukan? 3. Pada filter ketikkan: browser.coba dengan angka yang lain.5) 6.cache. maka akan menurunkan performa Firefox..sessionhistory. Tentunya ini pemborosan memori. 4. Bahkan pada plugin flash sebelum versi 9. hmm. Untuk membandingkan performa memori yang digunakan saat menggunakan dan tanpa add-ons dapat dilakukan dengan mencoba menjalankan Firefox pada kondisi safe-mode.Ketik browser. masukkan angka 2048. Silahkan download dan install flashblock addon disini (untuk firefox > 1. Pada pilihan yang muncul pastikan Anda beri tanda pada opsi: Disable all add-ons.memory. Batasi kapasitas cache history Sama seperti cache memori. Pada filter ketikkan: browser. Disable add-ons yang kurang Anda gunakan. Batasi kapasitas cache disk Secara default Mozilla menset ukuran cache disk sebesar 50 Mega. Load yang Perlu Saja . Apalagi bila media penyimpannya pada media removeable seperti disket. enter.

118.34.delay menjadi 0. klik dua kali. Hal ini meniru taktik Google yang mencache terlebih dahulu result pertama dari link pencarian yang dia temukan. new > integer > nglayout.10 Google DNS Public 8.220 203.178.8 dan 8.178.67.4 OpenDNS Public 208.langkah diatas telah Anda kerjakan.initialpaint.67.8. dan performa CPU.245 <=>202. sehingga dapat dipakai untuk proses aplikasi lainnya.4.delay Tips untuk menghemat memori lainnya adalah dengan mengaktifkan fitur config. Umumnya firefox akan menunggu beberapa saat setelah download untuk mulai menampilkan halaman yang dituju. langkah terakhir adalah me-restart Firefox Anda.com/mengganti-dns-dengan-dns-publik-milik-google-danopendns/#ixzz1K6JlNESU .Secara default Firefox tanpa kita sadari merusaha melakukan predownload pada link halaman web yang mungkin akan kita klik.8. new > boolean. Untuk menonaktifkan fitur ini ketik pada filter: network.12 203. Caranya klik kanan. ketikkan config.initialpaint.222 <=>208. Hanya saja fitur ini hanya efektif pada lingkungan Windows.67.222. apabila langkah .220. Apabila belum ada silahkan klik kanan.trim_on_minimize. otomatis memori yang di pakai akan dilepas/dibebaskan. 8. Tips ini mungkin berguna buat yang tidak sabaran.222 dan 208.43.8. Set nilainya True. OK.prefetch-next. Download dan Segera Tampilkan.220 Read more: http://blog.fastncheap.34. agar nilainya menjadi false. Untuk memaksa Firefox agar segera menampilkan halaman web yang didownloadnya Anda bisa menset nilai: nglayout.Dengan cara ini setiap kali Firefox di minimize.67. referred DNS Alternate DNS 202.118.244 208.222. Tentu cara ini hanya memboroskan bandwdith.trim_on_minimize.220.43.

LanmanServer . silakan klik Start.Regedit. tentukan dimana kita akan menyimpannya.Explorer. sebelum memulai. di dalam folder NetTrans ini kita akan menemukan beberapa folder lain dengan nama 000x (x di sini mewakili digit ke empat dari nama folder tersebut). dengan memilih Import).3.exe2. Start . kemudian ketik regedit.Run .Software . Setelah masuk ke Registry Editor.exe Semoga bermanfaat. 1. dan beri nama file tersebut. dan pilih Export.Services . file ini kita gunakan jika kita ingin me-restore. kemudian pilih Run. . HKEY_LOCAL_MACHINE . HKEY_CURRENT_USER .Parameters Buat dengan nama value DWORD ( SizReqBuf ) Isi dengan nilai FFFF dalam hexaCatatan : Jika regedit dikunci admin anda ketikan ini di window explorer computer anda C:WINDOWS. Selanjutnya silakan masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Services\Class\NetTrans. Isi value registry ini : DefaultTTL isi value 00000040 EnablePMTUBHDetect isi value 00000000 EnablePMTUDiscovery isi value 00000001 GlobalMaxTcpWindowSize isi value 0005ae4c SackOpts isi value 00000001 Tcp1323Opts isi value 00000003 TcpWindowSize isi value 0005ae4c Restart Komputer.Buat dengan nama value DWORD( NoRecentDocsNetHood ) Isi dengan nilai 1 . Kita masuk ke Registry Editor.Current Version Policies . Langkah-langkah untuk menyesuaikan MTU adalah sebagai berikut.SYSTEM . regedit.4.Windows .CurrentControlSet . ada baiknya kita backup dulu (pilih menu File.Microsoft . untuk yang belum tau caranya. Pada bagian HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Servic es\Tcpip\Parameters . Buat lagi dengan nama value DWORD ( UseDesktopIniCache ) Isi dengan nilai 1 .Klik start menu > run lalu ketik regedit .

selanjutnya kita edit value dari key tersebut dengan mengklik kanan pada key MaxMTU dan pilih Modify. Ganti Value data dengan 1002 (sebelumnya ubah pilihan Base dengan decimal). demikian juga dengan value MaxMTU pada folder 000x lainnya. silakan buat key baru dengan cara mengklik kanan mouse pada folder 000x. String Value dan beri nama key tersebut dengan MaxMTU. kita ganti dengan 1002. . kemudian pilih New. jika di dalamnya belum ada key MaxMTU (pada kolom kiri). Jika key telah dibuat atau key tersebut sudah ada sebelumnya.Berikutnya kita lihat isi dari masing-masing folder tersebut.

dan kita bisa mencoba perubahannya.Jika sudah kita simpan dengan menekan Ok. . Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Sampai di sini proses modifikasi Registry MTU sudah selesai.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful