Hubungan Industrial Hubungan industrial sangat berhubungan dengan manajemen personel dimana manajemen personel lebih pada kebijakan

eksekutif dan aktivitas-aktivitas yang mengarahkan pada perencanaan personel, sedangkan pada hubungan industrial lebih pada hubungan antara manajemen dengan pekerja di dalam setiap organisasinya. Adapun definisi hubungan industrial yang disampaikan oleh Dale Yoder adalah sebagai berikut: Whole field of relationship that exists because of the necessary collaboration of men and women in the employment process of an industry . Atau dengan kata lain hubungan industrial adalah keseluruhan pola hubungan yang terjadi karena adanya kebutuhan kolaborasi individu dalam sebuah proses ketenagakerjaan di sebuah industry.

Proses Negosiasi

Proses negosiasi

Teknik negosiasi

Persiapan untuk negosiasi Perlunya persiapan dalam melakukan negosiasi agar suatu keputusan dapat memperoleh jalan tengah penyelesaiannya yang dilakukan pihak manajemen atau pihak ketiga melalui lembaga bipartit atau tripartit. Sementara pihak serikat pekerja menyusun proposal mereka. Hal ini diharapkan agar mereka memperoleh titik temu tawar menawar yang positif. Banyak kontrak yang secara spesifik menyatakan bahwa pihak lain yang mengharapkan perubahan dalam persetujuan yang tengah berlangsung harus disebutkan sebelum akhir dari kontrak persetujuan tersebut. Adapun data yang harus dikumpulkan merupakan hal-hal yang menjadi isu utama antara lain upah dan gaji, jumlah jam kehadiran, jumlah jam kerja dan sebagainya.

Teknik untuk negosiasi Negosiasi merupakan cara terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan rumah yang ada. Secara garis besar, proses negosiasi meliputi:

Signal indikasikan dan tunjukkan bahwa anda siap untuk bekerja sama 6. 2. Prepare mengetahui apa yang kita ingikan dan berusaha memahami mereka. . 7. Argue dukung kasus anda dan jelaskan pada mereka 4. Explore gali hal-hal yang ada untuk mencari pemahaman dan pengertian 5. 3. 8. Sustain yakinkan bahwa persetujuan telah tercapai. Close capai persetujuan akhir.1. Open buka kasus yang ada dan dengarkan mereka. Package persiapkan kemungkinan-kemungkinan yang potensial.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful