Tugas PBA Pertemuan ke-4

Kelompok : 2 Anggota : 1. Ayu Ning Diah 2. Iim Malichatun 3. Rika Aprianti

1. Buku yang dipilih; y y y y y y y y Judul : Cerdas Belajar Fisika untuk Kelas X SMA /MA Penulis : Kamajaya Penerbit : Grafindo Media Pratama Tahun terbit : Mei 2007 Editor : Asep Hapiddin Layouter : Heri Sutanto Illustrator : B. Melga Design Sampul : G. Nugraha

Kriteria penilaian buku berdasarkan : 1) Penyajian Layout buku ini sudah baik tulisan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil juga tidak terlihat menumpuk. Sehingga buku enak untuk dibaca. Pada beberapa kata penting dicetak dengan huruf tebal atau dicetak miring. Bahasa yang digunakan baku dan mudah dipahami oleh siswa serta cukup komunikatif. 2) Materi Materi dalam buku sudah sesuai dengan tingkat pemahaman siswa SMA. Dalam buku ini dilengkapi dengan aplikasi fisika yaitu bagian buku yang menjelaskan aplikasi dari konsep yang dipelajar. Namun tidak semua bab terdapat aplikasi materi, sehingga materi yang tersaji dirasakan masih kurang kontekstual dan kurang dikaitkan dengan permasalahan lingkungan. Materi masih terlalu teoritis. 3) Media

Terdapat contoh soal. uji pemahaman dan kerja ilimiah di setiap bab. Analisis Kelebihan Buku y y Buku disjikan secara sistematis dan komunikatif pada setiap bab Buku ini dilengkapi dengan  Advance Organizer (uraian singkat diawal bab) berisi gambaran dan manfaat dari materi yang akan dipelajari  Uji Materi Prasyarat berfungsi mengukur pemahaman awal siswa terhadap materi bab  Dunia Fisika (Physics World) disajikan secara bilingual yang dapat mengajak siswa mengenal fisika lebih luas. soal essai serta soal uji kemampuan dan keterampilan fisika. eureka. pembahasan soal olimpiade. serta terdapat cara mengukur ketuntasan belajar siswa. 2. Pada setiap akhir bab terdapat uji kemampuan yang terdiri dari soal PG. diagram. Gambar sudah berwarna tetapi ukuran gambar kecil. kemampuan menerapkan konsep. Appendiks berupa.  Lensa Fisika berisi informasi tentang ilmu fisika dalam berbagai bidang teknologi dan kehidupan . grafik dan tabel dilengkapi dengan keterangan. rangkuman. data-data besaran fisika. grafik. selain itu dibagian akhir buku terdapat glosarium dan indeks. Lambang-lambang satuan. beberapa konstanta fisika . Gambar. 4) Pembelajaran Materi tersusun sistematis dari mudah ke sukar. kemampuan hipotesis. kemampuan menginterprestasi data serta kemampuan memprediksi dan komunikasi. yang berupa . tabel. serta terdapat bagian ³ apa yang Anda peroleh setelah mempelajari bab ini?´ siswa diharapkan dapat menuliskan manfaat apa yang dirasakan setelah mempelajari materi tersebut. Di setiap akhir bab terdapat tugas portofolio.Buku ini banyak menyajikan gambar baik ilustrasi maupun foto. kunci jawaban. symbol matematika. kata kunci. huruf Yunani. Sedangkan dibagian akhir buku terdapat Daftar pustaka. nama-nama notasi bilangan. foto tokoh fisika. sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik. kemampuan menginterprestasi grafik. Pada pertengan bab dan diakhir bab terdapat evaluasi kemampuan semester. faktor-faktor konversi.

berkreasi. bekerja sama.  Eureka mengulas tentang tokoh-tokoh yang memiliki andil dalam kemajuan ilmu fisika yang dapat menjadi teladan bagi siswa  Kerja Ilmiah akan melatih siswa untuk berpikir kritis. dan bersaing melalaui percobaan-percobaan yang dilakukan berkelompok. y y Gambar ilustrasi dan foto berwarna Buku ini dapat meningkat kemampuan kognitif dan psikomotori siswa jika digunakan dengan benar karena buku ini menyajikan banyak soal beserta kunci jawabannya dan kegiatan ilmiah.  Aplikasi Fisika berisi tentang penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari yang dapat menambah wawasan siswa.  Uji Kemampuan Bab disajika dalam berbagai bentuk soal dengan tingkat kesulitan beragam. memperkuat dan memperdalam konsep yang telah dikuasai.  Peta Konsep merupakan garis besar hubungan antar konsep didalam bab. Pembahasan Soal Olimpiade Fisika berisi soal-soal olimpiade fisika dalam bahasa Inggris serta sarana untuk menguji. 3.  Glosarium memudahkan siswa dalam memahami istilah dan konsep fisika yang terdapat dalam teks materi pembelajaran. Analisis Kelemahan Buku y y Tidak dilengkapi dengan KD dan tujuan pembelajaran diawal bab Materi yang disajikan masih terlalu teoritis .  Evaluasi Kemampuan Semester untuk mengevaluasi pemahaman materi siswa dalam satu semester.  Evaluasi Kemampuan Akhir Tahun untuk mengevaluasi pemahaman materi siswa dalam satu tahun.  Tugas membantu siswa lebih memahami fisika melalui kelompok maupun studi literatur.  Tugas Proyek merupakan penelitian fisika yang menuntut sikap ilmiah siswa dalam menyelesaikan masalah.  Uji Pemahaman Konsep untuk menguji pemahaman siswa tentang konsep yang disajikan. berinovasi.

y y y Ukuran gambar kecil Peta konsep terletak dibagian akhir bab Tidak semua soal memiliki kunci jawaban 4. y Terdapat banyak soal di buku. y Peta konsep dapat diberikan pada layar melalalui LCD sebelum pelajaran dimulai hal ini agar siswa tahu alur konsep yang akan dipelajari. seperti. y Menggunakna LCD untuk menampilka gambar yang sesuai materi pada layar sehingga semua siswa dapat melihat gambar. guru dapat memberikan beberapa soal yang memang sudah tersedia kunci jawabannya di bagian belakang buku kepada siswa aturan siswa harus menuliskan alas an atau langkah kkerja menyelesaikan soal. y Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa sebelum memasuki materi pembelajaran y Memberikan gambaran-gambaran dari kehidupan sehari-hari untuk memudahkan siswa memahami konsep yang dipelajari. Cara yang dapat dilakukan untuk menutupi kelemahan buku. .