Teorema 7.10 dan akibat Teorema 7.10 Teorema 7.11 dan akibat Teorema 7.

11

Oleh: Rohmah Indahwati (073174009) Novia Q. Aini (073174011) Asita Warda (073174025)

Teorema 7.10 Dalam geometri netral. maka ada sebuah persegipanjang . jika ada sebuah garis dan sebuah titik yang memenuhi sifat kesejajaran Euclides.

S yang masing-masing siku-siku m P S Q R ℓ . üBuat sebuah garis melalui P yang tegak lurus m di S. üBuat garis m melalui P yang tegak lurus dengan ℓ di R. PQ tegak lurus dengan ℓ di Q üPilih titik R (yang berbeda dengan Q) yang terletak di ℓ. üDidapatkan segiempat PQRS dengan sudut Q.Bukti : Misalkan diketahui garis ℓ dan titik P. R.

.....(akibat 3 teorema 2 geometri netral) § PQ tegak lurus ℓ di Q dan PS sejajar ℓ..Akan dibuktikan PQRS persegi panjang m = P S Q = R ℓ § karena PS dan ℓ keduanya tegak lurus terhadap m.... maka PS sejajar ℓ ..(akibat 1 teorema 2 geometri netral) § karena PS dan ℓ memenuhi sifat kesejajaran Euclides.. maka PQ tegaklurus PS di P § Segiempat PQRS adalah persegipanjang .. maka PS satusatunya garis yang melalui P dan sejajar ℓ .

jika ada sebuah garis dan sebuah titik yang memenuhi kesejajaran Euclides maka setiap segitiga jumlah sudutnya adalah 1800 Bukti : Teorema 7.AKIBAT Teorema 7. 5 Jika ada sebuah persegi panjang maka setiap segitiga jumlah sudutnya adalah 1800 .10 Jika ada sebuah garis dan sebuah titik yang memenuhi sifat kesejajaran Euclides maka ada sebuah persegi panjang Teorema 6.10 Dalam geometri netral.

maka Jika ada sebuah garis dan sebuah titik yang memenuhi sifat kesejajaran Euclides maka setiap segitiga jumlah sudutnya adalah 1800 .Menggunakan Prinsip Silogisme : Misalkan : P = ada sebuah garis dan sebuah titik yang memenuhi sifat kesejajaran Euclides Q = ada sebuah persegi panjang R = setiap segitiga jumlah sudutnya adalah 1800 Silogisme P → Q (Benar) Q → R (Benar) P → R (Benar) .

Jadi bukti teorema ini juga bisa menggunakan bukti teorema tersebut.Teorema 7. jika ada sebuah garis dan sebuah titik yang memenuhi sifat kesejajaran Lobachevsky maka ada segitiga yang jumlah sudutnya kurang dari 180o Bukti : Teorema ini sesungguhnya sesuai dengan teorema 2 yang telah dibuktikan. .11 Dalam geometri netral.

Akibat Teorema 7.11 Dalam geometri netral. jika ada sebuah garis dan sebuah titik yang memenuhi sifat kesejajaran Lobachevsky maka setiap segitiga jumlah sudutnya kurang dari 180° .

jika ada sebuah garis dan sebuah titik yang memenuhi sifat kesejajaran Lobachevsky maka ada segitiga yang sudutnya kurang dari 180°. jumlah .Bukti : Menurut Teorema 7.6 : Jika ada sebuah segitiga yang jumlahnya kurang dari 180° maka setiap segitiga jumlah sudutnya kurang dari 180° Berdasarkan prinsip silogisme dapat disimpulkan bahwa : Jika ada sebuah garis dan sebuah titik yang memenuhi sifat kesejajaran Lobachevsky maka setiap segitiga jumlah sudutnya kurang dari 180°.11 : Dalam geometri netral. Menurut Akibat 2 Teorema 7.