LOMBA KOMPETENSI SISWA SMK TAHUN 2011

Hotel Nusantara, Tanggal 15 – 18 Juni 2011

PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG DINAS PENDIDIKAN 2011

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Pendidikan sebagai bagian dari proses pengemba-ngan sumber daya manusia (SDM) diharapkan menghasil-kan lulusan yang mampu berkiprah untuk peningkatan perekonomian bangsa dan mampu bersaing di dunia global akan tetapi pendidikan pada SMK juga dimaksud-kan tidak hanya untuk membekali peserta didik dengan seperangkat pengetahuan dan Kompetensi teknis yang terkait dengan struktur kurikulum semata, tetapi juga diarahkan agar peserta didik memiliki kemampuan–kemampuan generik yang harus dikuasai oleh setiap lulusan satuan pendidikan, meskipun belum tentu terstruktur dalam kurikulum sebagai program pembelajaran. Hal itu, sesuai dengan hakikatnya pendidikan harus dipandang lebih luas dari sekedar pengajaran. Program pengembangan ekonomi kreatif oleh pemerintah, yang berfokus pada penciptaan barang dan jasa dengan mengandalkan keahlian, bakat, dan kreativitas sebagai kekayaan intelektual, adalah harapan bagi ekonomi Indonesia untuk bangkit bersaing dan meraih keunggulan dalam ekonomi global. Peran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan tamatan yang memiliki potensi seperti di atas diharapkan memiliki kemampuan menggerakan perekonomian Negara, karena pada Sekolah Menengah Kejuruan dilakukan pengembangan pendidikan kreatif yang menjadikan peserta didik menjadi subyek pembelajaran sepanjang hayat dibentuk tamatan yang memiliki karakter, kompetensi, mandiri, bertanggung jawab, kreatif, inovatif, dan berkewirausahaan. Banyak ahli berkeyakinan, bahwa di samping materi-materi pembelajaran yang distrukturkan menjadi mata-mata pelajaran dalam kurikulum, ada sejumlah kemampuan yang secara umum sangat penting untuk dikuasai oleh lulusan pendidikan dan sekaligus harus menjadi karakter manusia terdidik. Kemampuan berkomunikasi, siswa setidak-tidaknya dapat berbicara, membaca, menulis, dan mendengar secara efektif. Memahami dan berkomunikasi terhadap oudiences yang berbeda sesuai dengan konteksnya masing-masing, baik verbal, nonverbal, maupun melalui simbol-simbol visual. Kemampuan berfikir kritis, kemampuan berfikir secara jelas dan kritis, menggunakan alasan dan pengalaman untuk membentuk penilaian (judgements)

dengan penuh pertimbangan. Karena itu diperlukan kemampuan untuk membedakan antara fakta, pendapat dan kesimpulan; menganalisis dan meringkas argumentasi; mensintesis (menyatukan) gagasan dari berbagai sumber, dan menemukan hubungan antar gagasan, fakta dan pengalaman yang berbeda-beda. Kemampuan memecahkan masalah, seorang siswa yang menguasai dengan baik kompetensi ini akan mampu mengenali berbagai cara untuk memecahkan permasalahan; belajar bagaimana cara mendefinisikan permasalahan dan situasi yang mempengaruhinya; merumuskan strategi yang specifik untuk setiap situasi yang berbeda, dan menerapkan rencana, menunjukan fleksibelitas dan strategi penilaian yang efektif. Kemampuan berinteraksi dalam kelompok, diperlukan kemampuan bekerjasama secara efektif dengan orang yang lain, karena dalam kelompok biasanya dapat mencapai lebih dibandingkan individu dilihat dari sisi waktu, keahlian, dan belajar. Interaksi kelompok yang efektif berarti bahwa para siswa harus bisa menciptakan (create) tujuan dan pemahaman bersama, memahami dan memilih peran dan tugas, membuat keputusan dan langkah kemajuan secara kolaboratif, serta merundingkan konsensus, kompromi dan konflik . Kemampuan pemahaman global, pemahaman global meliputi kemampuan untuk menghormati perspektif dan cara-cara yang berbeda dari berbagai budaya, suku, agama, dan geografis. Memahami bahwa teknologi telah membuat dunia menjadi kecil secara politis, secara social, secara ekonomis, dan secara kultural,. Menghargai interkoneksi dari masyarakat global dan lokal,serta memahami berbagai format hidup di lingkungan. Kemampuan memanfaatkan teknologi informasi, dengan kemampuan teknologi informasi para siswa akan memahami bagaimana cara menggunakan dan membuat aneka pilihan mengenai teknologiinformasi dan informasi yang ada dan baru. Seorang siswa yang terampil dalam penggunaan teknologi informasi akan mampu memilih teknologi yang sesuai dengankebutuhannya, belajar teknologi baru dengan penuh percaya diri, serta menempatkan, mengevaluasi, dan menggunakan informasi dengan efektif.

Panduan Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa SMK Ke XIX Tahun 2011

2|P a ge

Dalam situasi “kompetisi” seperti pada lomba Kompetensi Siswa SMK (LKS-SMK) ini, para peserta tidak cukup hanya menguasai kemampuan teknis bagaimana mengerjakan sesuatu sesuai dengan bidang keahliannya, tetapi perlu dibekali oleh kemampuan-kemampuan generik bagaimana berkomunikasi secara efektif, berfikir kritis, merancang strategi pemecahan masalah, bekerja dalam kelompok di samping bekerja mandiri, toleran terhadap berbagai perbedaan, serta mampu memanfaat-kan informasi dan teknologi yang ada untuk memfasilitasi penyelesaian tugas-tugasnya. Sangat dipahami, kalau dalam tatanan global dikenal adanya World Skills Competition (WSC), Asean Skills Competition (ASC), dan hampir tiap Negara memiliki kegiatan-kegiatan sejenis. Karena ternyata melalui kegiatan kompetisi tersebut akan mampu mendorong lembaga-lembaga yang berkiprah dalam bidang pendidikan dan pelatihan tenaga kerja untuk mempersiapkan lulusan lebih berkualitas sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Dalam kerangka itulah, lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) Tingkat Provinsi XVIII Tahun 2010 ini diselenggarakan, yaitu untuk memacu SMK meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajarannya, agar para siswa dan lulusanya mampu menembus dan berkiprah pada skala Provinsi bahkan global. Baik dalam rangka kompetisi maupun real sebagai calon tenaga kerja yang siap memasuki dunia kerja. Artinya kegiatan LKS-SMK dalam perspektif provinsi sangat terkait dan merupakan bagian integral dari program strategis “peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan pada SMK serta sebagai penggerak ekonomi kreatif bangsa”.

B.

Tujuan Tujuan diselenggarakannya Lomba Kompetensi Siswa LKS-SMK adalah untuk : 1. Meningkatkan citra Sekolah Menengah Kejuruan dan mempromosikan perkembangan kualitas performansi kerja yang dimiliki siswanya; 2. Memacu setiap SMK meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajarannya sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja. 3. Meningkatkan kerjasama yang lebih erat, antara lembaga pendidikan (SMK) dengan dunia usaha/dunia industri, dan asosiasi profesi; 4. Memupuk persahabatan dan kerjasama secara nasional dalam membangun pendidikan menengah kejuruan;

Panduan Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa SMK Ke XIX Tahun 2011

3|P a ge

5. Menyediakan wahana pengembangan dan pengakuan keunggulan kerja bagi siswa SMK yang memiliki Kompetensi sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

C.

Tema Tema kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS-SMK) Tingkat Provinsi ke XIX adalah :

Raih Prestasi dengan Kompetensi Unggul untuk menjadi tenaga Pofessional dan Mandiri

D.

Motto Motto Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Lampung XIX Tahun 2011 adalah “SMK Bisa Indonesia Bisa” dengan tangan tergenggam dan acungan ibu jari yang melambangkan keteguhan SMK dalam menjawab berbagai tantangan guna meningkatkan kualitas sumberdaya manusia menuju generasi cerdas, terampil, dan kompetitif.

Panduan Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa SMK Ke XIX Tahun 2011

4|P a ge

PELAKSANAAN LOMBA

A.

Bidang Lomba 1. Jumlah dan Jenis Bidang Lomba Jumlah dan jenis bidnag lomba LKS-SMK Tingkat Provinsi Lampung XIX tahun 2011 sebanyak 16 Bidang; yang terdiri atas 3 Kelompok dengan rincian sebagai berikut :

No. A. 1 2 3 4 5 6 7 8 B 1 2 3 4 5 6 C 1 2

Bidang Lomba Kelompok Technologi Automobile Tecnolgy Welding Production Machine Elektrocal Instalation/C.W Cadd Building ( Auto Cad) Application Electronic Kimia Industri Web Design Kelompok Bisnis Pariwisata Restaurant Service Ladies Dressmaking Hotel Accomodation Secretary Marketing Accouting Kelompok Pertanian, Perikanan dan Peternakan Fishery Agronomy 5|P a ge

Panduan Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa SMK Ke XIX Tahun 2011

2.

Materi Lomba Materi lomba mengacu pada standar industri yang ada dalam SKKNI dan standar Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Nasional ( Indonesian Skill Competition ).

B.

Kontingen 1. Setiap Kabupaten/Kota mengirimkan satu orang peserta juara satu Kabupaten/Kota masing-masing bidang lomba; 2. Setiap Kabupaten/Kota wajib mengikuti Technical Committee Meeting (TMC) per bidang lomba; 3. Guru pendamping menkordinir hal-hal teknis dan non teknis peserta lomba tiap bidang lomba ;

C.

Peserta Lomba 1. Peserta lomba adalah siswa SMK yang terdaftar sebagai siswa aktif pada tahun pelajaran 2010/2011; 2. Peserta lomba adalah juara satu LKS-SMK tingkat Kabupaten/Kota; 3. Belum pernah menjadi juara (1,2 3, harapan 1dan 2) pada LKS tingkat Nasional sebelumnya untuk bidang lomba yang sama; 4. Peserta harus memahami panduan dan semua instruksi sesuai dengan bidang lomba yang diikuti; 5. Setiap Kabupaten/Kota haya berhak mendaftarkan 1 orang peserta untuk setiap bidang lomba.

D.

Jumlah peserta Jumlah peserta perseorangan per bidang lomba ditetapkan sebagai berikut :

Panduan Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa SMK Ke XIX Tahun 2011

6|P a ge

No A. 1 2 3 4 5 6 7 8 B 1 2 3 4 5 6 C 1 2

Bidang Lomba Kelompok Technologi Automobile Tecnolgy Welding Production Machine Elektrocal Instalation/C.W Cadd Building ( Auto Cad) Aplication Electronic Web Design Kimia Industri Kelompok Bisnis Pariwisata Restaurant Service Ladies Dressmaking Hotel Accomodation Secretary Marketing Accouting Kelompok Pertanian, Perikanan dan Peternakan Fishery Agronomy

Peserta 1 1 1 1 1 1 1 1

1 1 1 1 1 1

1 1

Panduan Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa SMK Ke XIX Tahun 2011

7|P a ge

E.

Pendamping/Pembimbing 1. Setiap bidang lomba yang diikuti oleh masing-masing Kabupaten/Kota didampingi oleh satu orang guru pembimbing; 2. Pembimbing harus mempunyai pengalaman yang berkaitan dengan bidang lomba dan aktif pada uji kompetensi yang sesuai; 3. Pembimbing harus memahami secara umum deskripsi kompetensi dan materi bidang lomba yang bersangkutan dan syarat lomba;

b. Penetapan peringkat Penetapan peringkat kejuraan setiap bidang lomba diatur sebagai berikut: 1). Juara l,II dan III dengan persyaratan nilai ≥ 70; Penetapan juara bagi peserta yang memenuhi persyaratan ≥ 70 diurutkan dari nilai tertinggi. a) Apabila terjadi hanya 1(satu) peserta yang memenuhi persyaratan ≥ 70 maka: Nilai pada interval ≥ 90-100 ditetapkan sebagai juara I; Nilai pada interval ≥ 80-89 ditetapkan sebagai juara II; Nilai pada interval ≥ 70-79 ditetapkan sebagai juara III b) Apa bila terjadi hanya 2(dua) peserta yang memenuhi persyaratan ≥ 70 maka; o o o o o o Nilai pada interval ≥ 90-100 ditetapkan sebagai juara I dan II; Nilai pada interval ≥ 80-89 ditetapkan sebagai juara II dan III; Nilai pada interval ≥ 70-79 ditetapkan sebagai juara II dan III; Nilai pada interval ≥ 90-100 dan ≥ 80-89 masing-masing satu orang maka ditetapkan berturut-turut sebagai juara I dan II; Nilai pada interval ≥ 90-100 dan ≥ 70-79 masingmasing satu orang ditetapkan sebagai juara I dan III; Nilai pada interval ≥ 80-89 dan ≥ 70-79 masing-masing satu orang ditetapkan sebagai juara II dan III; b) Apabila ada 3 peserta yang memenuhi kualifikasi (≥ 70 ) maka penetuan juara diatur sesuai peringkat nilai sebagai juara I,II dan III;

4. Pembimbing diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan peserta dan memberikan dorongan dan semangat kepada peserta;

F.

Pengamat dan penggembira 1. Pengamat dan pengembira dari Kabupaten/Kota tidak dibatasi jumlahnya;

2. Pengamat dan pengembira hanya boleh berperan sebagai penonton/pengunjung;

G.

Kejuraraan. 1. Kejuaraan a. Peringkat Kejuaraan Setiap bidang lomba ditetapkan 3 peringkat kejuaraan sebagai berikut : 1) Juara I 2) Juara II 3) Juara III

Panduan Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa SMK Ke XIX Tahun 2011

8|P a ge

2. Penghargaan a. Juara Umum adalah kontingen dengan perolehan juara terbanyak ; b. Tropi/piala bergilir menjadi piala tetap bagi Kabupaten/Kota yang menjadi juara 3 kali berturut-turut dengan catan akan dibuat piala pengganti sesuai dengan bentuk piala bergilir yang pertama. c) Bagi peserta diberikan sertifkat I, II dan III diberikan piala dan sertifikat; d) Peserta juara I setiap bidang lamba akan diikutsertakan pada Lomba Kompetensi Siswa ( LKS-SMK) pada Tingkat Nasional; e) Pembimbing dan peserta diberikan sertifikat keikutserta Kompetensi Siswa (LKS-SMK) Provinsi Lampung tahun 2011. Lomba

H.

Tata Tertib Lomba 1. Durasi Lomba 1. Durasi efektif lomba antara 15 sampai dengan 30 jam ( setara 4 hari ); 2. 3. sehari sebelum lomba atau pada hari pertama akan diadakan technical comitee meeting (TCM) Hasil kejuraan, penetapan pemengan paling lambat pada hari terakhir sudah terkumpul pada sekretariat ;

4. Acuan penilaian lomba mengacu pada kriteia penilaian LKS–SMK Nasional. 5. Pembulatan Nilai, pembulatan nilai menggu-nakan pembualatan dua desimal di belakang koma, nilai < 0,05 dibulatkan kebawah dan ≥ 0,05 dibulatkan keatas :

2.

Saat Pelaksanaan Lomba 1. Setiap peserta harus mengenakan identitas peserta yang telah disediakan oleh panitia ; 2. Setiap peserta mendapat nomor urut lomba (nomor peserta ); 9|P a ge

Panduan Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa SMK Ke XIX Tahun 2011

3. Setiap peserta harus menuliskan nomor peserta pada setiap materi dan hasil lomba; 4. Setiap peserta bertanggungjawab atas peralatan, instrument da alat bantu yang digunakan jika tidak dapat digunakan harus segra menghubungi juri; 5.memulai dan menghentikan pekerjaan seuai dengan isyarat yang diberikan juri ; 6.Peserta tidak boleh berbicara dengan orang lain atau tamu selama pekerjaan berlangsung,kecuali ada persetujuan juri; 7.Peserta boleh meminta penganti alat/bahan jika terjadi kerusakan atau kehilangan; 8. Memenuhi ketentuan keamanan dan perlindungan sebagaimana tertuang deskripsi bidang lomba, atau sesuai dengan instruksi juri jika terjadi kerusakan mesin dan atau peralatan harus segra dilaporkan;

9. Jika ada peserta yang sakit, harus segera diberitahukan kepada juri, juri dapat memutuskan untuk memberi kompensasi waktu, bila dinilai perlu; 10. Setelah selesai peserta diberi kesempatan untuk bertukar pendapat dan pengalaman dengan sesama peserta,Juri;

I.

Waktu dan Tempat Lomba Kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS-SMK) tingkat Provinsi Lampung mulai tanggal 15 sampai dengan 18 Juni 2011 di Bandar Lampung tempat pelaksanaan lomba sebagai berikut:

Panduan Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa SMK Ke XIX Tahun 2011

10 | P a g e

No.
1.

BIDANG LOMBA
1. Teknik Pemesinan 2. Teknik Mekanik Otomotif 3. Teknik Listrik Instalasi 4. Auto CAD 5. Web Design 6. ITPC Net Work Support 7. Las ( Welding ) 8. Kimia Industri 9. 10. 11. 12. 13. Akuntansi Sekretaris Penjualan Budidaya Tanaman Budidaya Perikanan

TEMPAT
SMK 2 Mei B. Lampung SMK Negeri 2 Bandar Lampung

ALAMAT
Jl. Abdul Muis Gd. Meneng Bandar Lampung Jl. Prof.Sumatri Brojonegero Bandar Lampung Jl. Jend.Sudirman Bandar Lampung Jl. Prof.M.Yamin Bandar Lampung Tulang Bawang Barat Jl. Cut Mutia Telukbetung

2.

SMK TI Bandar Lampung SMK Negeri 1 B. Lampung SMK N 1 Tulangbawang Tengah SMKNegri 3 B. Lampung SMK Kridawisata Bandar Lampung

3. 4.

5.

14. Tata Busana

6.

15. Akomodasi Perhotelan 16. Restaurant Service

Jl. Urip Sumoharjo Bandar Lampung

Panduan Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa SMK Ke XIX Tahun 2011

11 | P a g e

TIM Pelaksana Lomba Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan lomba dibentuk Panitia pelaksana Kegiatan yang terdiri dari : Ketua Panitia/Penanggunjawab Kegiatan, Sekretaris , dan anggota panitia pelaksana.

II. Penutup Kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS-SMK) XIX tingkat Provinsi Lampung tahun 2011, merupakan peningkatan citra Sekolah Menengah Kejuruan dalam mempromosikan perkembangan kualitas performansi kerja yang dimiliki siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan memacu setiap Sekolah Menengah Kejuruan untuk meningkatakan kualitas proses dan hasil pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Dengan LKS-SMK ini, siswa harus memiliki keunggulan, kemampuan, keunggulan mental dan motivasi, untuk selalu ingin jadi yang terbaik layaknya seorang sang juara, selalu berusaha menjadi yang terbaik dalam segala suasana. Hanya mereka yang memiliki keunggulan, kompetitif dan mampu memiliki dalam menghadapi persaingan, yang akan memperoleh kesuksesan dalam kehidupan. Semoga Kegiatan Lomba Kompetensi Siswa XIX Provinsi Lampung tahun 2011 berjalan dengan lancar. Demikian panduan secara umum kegiatan pelaksanaan Lomba Kompetensi (LKS-SMK) XIX tahun 2011 tingkat Provinsi Lampung, disusun yang masih banyak kekurangnya, semoga dapat dipergunakan sebagai panduan dalam pelaksanaan kegiatan Lomba Kompetensi (LKS-SMK)XIX tahun 2011. Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak, baik dari tingkat Kabupaten/Kota, Ketua MKKS SMK, Anggota MGMP SMK se Provinsi Lampung yang telah memberikan suport dan dukungan atas terlaksananya kegiatan ini demi untuk pekerkemba-ngan dan kemajuan SMK di Provinsi Lampung, semoga Allah SWT selalu memberikan berkah kepada kita amin.

Panduan Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa SMK Ke XIX Tahun 2011

12 | P a g e

JADWAL KEGIATAN LOMBA KOMPETENSI SISWA (LKS SMK) TINGKAT PROVINSI LAMPUNGKE XIX BANDAR LAMPUNG 15 – 18 Juni 2011
Waktu
Rabu, 15 Juni 2011 08.00 - 14.00 14.00 - 16.00 16.00 - 17.00 17. 00 - 18.00 18.00 - 19.30 19.30 - 21.00 Kamis, 16 Juni 2011 07.00 - 08.00 08.00 - 13.00 13.00 - 14.00 14.00 - 17.00 17.00 - 18.30 18.30 - 21.00 21.00 Jumat, 17 Juni 2011 07.00 - 08.00 08.00 - 13.00 13.00 - 14.00 14.00 - 17.00 17.00 - 19.30 19.30 - 21.00 21.00 Penutupan Pelaksanaan Lomba Break Fast Pelaksanaan Lomba Lokasi Lomba Istirahat Lokasi Lomba Istirahat Nusantara Hotel Istirahat Panitia Panitia Panitia Pelaksanaan Lomba Pelaksanaan Lomba Pelaksanaan Lomba Break Fast Lokasi Lomba Istirahat Lokasi Lomba Istirahat Lokasi Lomba Istirahat Panitia Panitia Panitia Lanjutan Technical Meeting Technical Meeting Check in/Registerasi Acara Pembukaan Nusantara Hotel Nusantara Hotel Istirahat Nusantara Hotel Istirahat Nusantara Hotel Panitia Panitia Panitia Panitia

Uraian

Tempat

Petugas

Panduan Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa SMK Ke XIX Tahun 2011

13 | P a g e

Waktu
Sabtu, 15Juni 2011 07.00 - 08.00 08.00 - 10.30 10.30 -

Uraian

Tempat

Petugas

Break Fast Penyelesaian Administrasi Nusantara Hotel Peserta Kembali Ke Daerah Panitia

Panduan Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa SMK Ke XIX Tahun 2011

14 | P a g e