TUGAS MATA KULIAH POLITIK DAN PEMERINTAHAN DI NEGARA-NEGARA TIMUR-TENGAH M E S I R : DEMONSTRASI MENUNTUT TURUNNYA HOSNI MUBARAK

(REVISI)

Disusun oleh: 1. Alfi Revolusi 2.Nur Halimah 3. Fazsa Bachti 4.Dian Retno P. (090910101014) (090910101015) (090910101017 ) (090910101035)

5. Heppy Fananda M. (090910101048) 6. Riska Oktavina 7. Lilik Dewi A. 8. Kintan Sasti 9. Sari Zulkarnaen 10.friska Pricilia (090910101052) (090910101052) (090910101067 ) (100910101023) (100910101060 )

JURUSAN HUBUNGAN INTERNASIONAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS JEMBER 2011

1

dibahas mengenai Mesir dan isu-isu aktual yang sedang hangat di Mesir. Rakyat terkungkung oleh tirani Mubarak yang cenderung menjalankan pemerintahan secara otoriter-militeristik.BAB 1.PENDAHULUAN 1. artinya kekuatan rakyat (people power) mempunyai pengaruh besar dalam proses kejatuhannya dengan cara demonstrasi besar-besaran menuntut Mubarak mundur dari jabatnnya sebagai presiden. karena selama pemerintahan Mubarak tidak berhasil mengentaskan kemiskinan dan menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup bagi rakyat Mesir. Alasan secara umum kemunduran Mubarak dikarenakan desakan rakyat yang merasa kepemimpinan Mubarak selama 30 tahun tidak dapat membangun Mesir lebih baik dari pemerintahan sebelumnya. rumusan masalah dalam makalah ini sebagai berikut : ³ Apa yang menyebabkan rezim pemerintahan Hosni Mubarak runtuh dengan cara revolusioner sipil (people power) pada tanggal 11 Februari 2011 ? 1. Kemunduran Hosni Mubarak disambut gembira oleh jutaan rakyat Mesir.3 Kerangka Teori/Konsep Dalam makalah ini.2 Rumusan masalah Berdasarkan latar belakang yang telah penulis jelaskan diatas. Kekecewaan rakyat terhadap kegagalan pemerintahan Mesir ini lah mendorong pecahnya demonstrasi massa secara masive. Pada tanggal 11 Februari 2011. Untuk sementara pemerintah Mesir dikendalikan oleh militer dengan dibentuknya Dewan Militer yang dipimpin oleh Oemar Sulaiman sampai pemilu yang akan diadakan pada September mendatang. sangat kontradiktif dengan kehidupan rakyat Mesir yang mayoritas hidup dibawah garis kemiskinan.1 Latar belakang Rezim Hosni Mubarak yang telah berkuasa selama 30 tahun. pada tahun 2011 telah mengalami keruntuhan dengan cara Revolusioner Sipil. yang meminta Mubarak untuk turun dari jabatannya. Husni Mubarak dinyatakan turun dari jabatannya sebagai presiden. Kekayaan Mubarak yang mencapai jutaan dollar AS. misalnya peristiwa runtuhnya rezim Hosni Mubaraq dengan cara 2 . 1.

identitas. pukul 20. diakses pada 04 Mei 2011.jam 10:56 WIB Lihat http://kompasiana. pengakuan.3 Hal ini menunjukkan bahwa pemerintahan Mesir tidak dapat membawa kesejahteraan untuk masyarakatnya. Perasaan tertekan dan terhambatnya akses masyarakat Mesir mendapatkan hak-hak sebagai warga negara.41 WIB Lihat http://www. dan otonomi.com.dan sosial-budaya. Keamanan. Kekecewaan masyarakat Mesir terhadap pemerintahan Hosni Mubaraq semuanya berakar pada masalah sosial-ekonomi.id/ teori-michael-E-Brown. Gerakan ini merupakan suatu bentuk protes terhadap pemerintah berkuasa. sering menjadi inti dari terciptanya suatu konflik.2  Teori kebutuhan manusia / teori identitas Dalam teori ini dipaparkan bahwa konflik terjadi karena kebutuhan dasar manusia-fisik. diakses tanggal 7 Mei 2011. Konflik timbul karena identitas yang terancam. Dalam menjelaskan makalah ini penulis menggunakan 2 teori mengenai penyebab konflik.co.com. sering berakar pada hilangnya sesuatu atau penderitaan dimasa lalu yang tidak bisa diselesaikan. People Power merupakan gerakan masa dalam jumlah yang besar dengan tujuan untuk menumbangkan suatu rezim yang sedang berkuasa. partisipasi. pukul 20. Mesir. Namun ternyata Mesir termasuk dalam kategori miskin mencapai angka sekitar 40% dari seluruh jumlah penduduk yang ada. Mesir memang merupakan negara yang terkenal sebagai pusat pembelajaran dan pengkajian agama Islam di dunia. politik. diakses pada 04 Mei 2011.gooogle. dan adanya pihak yang dapat memobilisir massa untuk melakukan aksi People Power merupakan kunci utama terwujudnya gerakan tersebut1. dengan adanya universitas Al-Azhar di Cairo. yaitu. mental.revolusioner sipil (people power). Diwujudkan dengan membentuk gerakan masa yang sangat besar untuk menggulingkan rezim yang tengah berkuasa selama 30 tahun tersebut dengan cara berdemonstrasi besar-besaran.  Teori transformasi konflik Konflik disebabkan oleh masalah-masalah ketidaksetaraan dan ketidakadilan yang muncul sebagai masalah-masalah ekonomi. Fakta tersebut sangat kontradiktif dengan hasil satu data yang 1 Lihat http://haluan. sosial yang tidak terpenuhi atau dihalangi. munculnya rasa kejenuhan terhadap pemimpin yang berkuasa terlalu lama tanpa dapat mendistribusikan kesejahteraan masyarakat secara merata.41 WIB 2 3 3 .

rakyat Mesir kemudian menggelar aksi turun ke jalan pada 25 Januari 2011 yang berpusat di Tahrir Square. 4 Praktek-praktek korupsi. 4 .4 Hipotesa Runtuhnya rezim Hosni Mubarak yang telah berkuasa selama 30 tahun dikarenakan rakyat Mesir yang merasa kecewa terhadap kinerja Presiden dan pemerintahannya yang dinilai gagal dalam mensejahterakan rakyat. Selain itu. tingkat pengangguran di Mesir yang cukup tinggi yakni mencapai sekitar 15 %. Hal-hal tersebut dapat dikategorikan sebagai factor-faktor internal yang mempengaruhi munculnya aksi ketidaksenangan masyarakat Mesir terhadap pemerintahan Hosni Mubaraq. kolusi dan nepotisme kerap terjadi di kalangann para elite. sikap kediktatoran Hosni Mubaraq yang ototarian mengekang kebebasan demokrasi yang seharusnya ada di Mesir karena negara tersebut merupakan bentuk negara demokrasi. Selain itu. penguasaan terhadap media massa.menyebutkan bahwa secara ekonomi Mesir mendapat keuntungan tinggi dari penguasaan Terusan Suez. Tercatat hampir 10% perdagangan dunia memanfaatkan jalur Terusan Suez. Di samping itu. pembatasan bahkan penghilangan hak suara sehingga secara berturut-turut diadakan pemilu sehingga Hosni Mabaraq dapat bertahan selama 30 tahun. utamanya komunikasi yang memudahkan satu masyarakat dengan masyarakat lain dapat termobilisisasi untuk melakukan gerakan protes yang dimotori oleh kaum pem uda Mesir. Selain itu. Ferdinand De Lessep pada tahun 1850. 4 Ibid. Maka. dengan demikian. Wujud kediktatoran dan pengekangan terhadap hak-hak masyarakat antara lain berupa penguasaan lembagalembaga negara dibawah kendali presiden. 1. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi tumbuhnya aksi perlawanan terhadap Mubaraq adalah perkembangan teknologi. 35 juta barel perhari minyak mentah didistribusikan dari kawasan Timur Tengah ke Eropa dan AS melalui terusan Suez yang dibangun oleh arsitek Perancis. melihat negara Tunisia yang telah berhasil menggulingkan rezim presiden Zine El-Abidine Ben Ali menjadi dorongan kepada rakyat Mesir untuk optimis juga dapat menggulingkan rezim Mubaraq yang diktator.

rakyat Mesir tidak mendapatkan kesejahteraan secara layak.6 Standar kehidupan yang rendah karena miskin secara langsung telah mempengaruhi tingkat kesehatan. Kemiskinan struktural hampir melanda seluruh wilayah Mesir. talc. 6 5 .Hampir 10% perdagangan dunia memanfaatkan jalur Terusan Suez. kehidupan moral. Selain itu 35 juta barel perhari minyak mentah didistribusikan dari kawasan Timur Tengah ke Eropa dan AS melalui Terusan Suez. dan sosial-budaya yang semuanya menimbulkan implikasi bagi kejatuhan Presidan Hosni Mubarak : 2. tetapi faktor eksternal juga mempengaruhi.1. tercatat kemiskinan di Mesir mencapai angka 40% dari seluruh penduduk yang ada di Mesir. Kebijakan ekonomi yang tidak adil dengan hanya memberikan keuntungan kepada segelintir elit penguasa yang otoriter dan distribusi aset yang tidak diproduksi secara merata menyebabkan kemiskinan meningkat sepanjang tahun pemerintahan Mubarak. timah. politik. PEMBAHASAN Penyebab Runtuhnya Rezim Hosni Mubarak Runtuhnya rezim Hosni Mubarak tidak hanya disebabkan oleh faktor internal saja. 5 http ://kompasiana.1 Faktor ekonomi  Kemiskinan Pada masa pemerintahan Hosni Mubarak. batu kapur. hasil tambang tersebut berupa bijih besi.BAB 2. Pemberdayaan kekayaan alam Mesir meliputi hasil tambang. (Jusuf Kalla : Harian Kompas Edisi Jumat Tanggal 04 Februari 201 1). Berikut berupa penjelasan lebih lanjut mengenai faktor internal dan faktor eksternal : 2. asbes. migas dan non-migas tidak difungsikan secara maksimal untuk kesejahteraan rakyat.sedangkan faktor-faktor eksternal berasal dari AS dan Timur Tengah utamanya berasal dari Tunisia. pukul 20:41 WIB Ibid. Faktor internal meliputi faktor-faktor yang berasal dari dalam negeri.diakses pada 04 Mei 2011. gypsum.5 Fakta tersebut sangat kontradiktif dengan hasil data yang menyebutkan bahwa secara ekonomi Mesir mendapatkan keuntungan tinggi dari penguasaan Terusan Suez.com.1 Faktor Internal Dapat dibedakan kedalam aspek ekonomi. dan rasa harga diri mereka yang tergolong sebagai orang miskin.

yang cenderung 7 Ibid.wikipedia. Pada umumnya lapangan pekerjaan ini berupa badan usaha negara yang dikuasai oleh pemerintah bertindak korupsi. Pengangguran menyebabkan penghasilan masyarakat Mesir rendah. Keadaan ini semakin diperparah dengan jumlah modal perkapita terus berkurang akibat tingkat pertumbuhan penduduk pertahun yang lebih cepat dari tingkat akumulasi modal. Militer menggunakan hasil tambang tersebut untuk peningkatan kekuatan militernya melalui pembelian dan pengadaan senjata-senjata guna mempertahankan pemerintahannya yang bersifat otoriter-militeristik sehingga perhatian pemerintah kepada rakyat semakin menurun menyebabkan kemiskinan meraja rela di Mesir. dan nepotisme. daya tahan tubuh. Akibatnya tabungan nasional cenderung rendah sehingga menyebabkan investasi dalam negeri yang sangat diperlukan untuk pembangunan ekonomi Mesir menurun.  Pengangguran Perangkap kemiskinan menyebabkan faktor kesehatan mengalami gangguan seperti gangguan pertumbuhan fisik.org diakses tanggal 14 April 2011 8 6 . Tercatat Mesir merupakan negara Arab paling banyak penduduknya sekitar 74 juta orang. mental dan intelektual Selanjutnya menyebabkan tingginya angka kematian dan kesakitan. Hal demikian menyebabkan 7 tingkat pengangguran cukup tinggi di Mesir yakni mencapai 15%. dan produktifitas kerja. Pengangguran juga diperkuat dengan adanya kesempatan warga Mesir untuk mendapatkan lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan tersedianya lapangan pekerjaan. mangan. kolusi.8 Keuntungan investasi sebagian besar dialihkan untuk kepentingan pemerintah yang memiliki kebiasaan hidup dan budaya suka berfoya-foya untuk meningkatkan prestige tanpa mempedulikan rakyat. berkurangnya potensi belajar. dan fosfat cenderung dikuasai oleh militer yang bertindak tidak hanya sebagai militer yang independen tetapi juga menguasai roda pemerintahan dan aset-aset ekonomi.seng. karena secara terpaksa seluruhnya dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari guna menanggung kebutuhan orang yang menganggur dalam keluarganya. http://www.

Sedangkan efek multidimensional yang bersifat jangka pendek berupa penyalahgunaan investasi dalam pengelolaan dan manajemen ekonomi menyebabkan pembangunan infrastruktur tidak dapat dijalankan secara maksimal. Mengingat pada masa presiden Anwar Sadat pada tahun 1970-an telah mengeluarkan kebijakan yang infitah (pintu terbuka) sebagai permulaan liberalisasi dibidang ekonomi. Utang luar negeri Mesir terus membengkak sepanjang tahun membuat sebagian besar hasil SDA baik hayati dan non-hayati diekspor tanpa diimbangi dengan pemenuhan kebutuhan rakyat guna menutupi utang-utang tersebut. Hal tersebut kian memperparah kemiskinan struktural dan pengangguran di Mesir. Investasi yang Berdampak Negatif Dalam penanaman investasi baik dalam maupun luar negeri. Efek multidimensional yang bersifat jangka panjang berupa ketergantungan Mesir secara terus-menerus terhadap IMF dan World Bank yang berpengaruh besar sebagai sumber likuiditas dan pembangunan Mesir. Harga-harga kebutuhan pokok kian melambung tinggi akibat pengurangan subsidi dalam proses produksi perusahaan negara. Sebagian besar masyarakat Mesir tidak memiliki akses kesehatan yang memadai dan pendidikan yang rendah. Pembangunan ekonomi yang bersifat sentralistik-otoritarianisme ketimpangan ekonomi semakin tajam disetiap distrik. Mesir mengalami banyak masalah. Efek-efek ini dapat ditekan seminimal mungkin apabila dalam pengelolaan dan manajemen investasi sesuai dengan kebijakan-kebijakan yang mendukung kesejahteraan rakyat. 7 . Azas kondisionalitas yang harus dipenuhi Mesir berupa privatisasi ekonomi dan liberalisasi pasar telah membuat perekonomian Mesir mengalami krisis ekonomi yang semakin meningkat secara signifikan. akibatnya penduduk Mesir banyak yang mengalami keterasingan baik secara geografis dan sosiologis. Ransangan pada investasi asing dengan pencanangan kurs yang kompetitif dan bebas menyebabkan penentuan suku bunga didasarkan pada mekanisme pasar akibatnya perusahaan negara tidak mampu bersaing dengan MNC. Investasi asing yang mempengaruhi proses modernisasi menyebabkan menyebabkan diskriminasi ekonomi semakin tajam di Mesir. Peran pemerintah sebagai pengawas semakin kecil mendorong swastanisasi perusahaan negara yang pada akhirnya semakin menjerat rakyat Mesir dalam kemiskinan. Terutama masalah efek multidimensional yang bersifat jangka panjang dan jangka pendek yang menyebabkan menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat.

kekuatan militer Mubarak sangat kuat.2.  Degradasi Pemilu Parlemen Multipartai Mesir juga mengadakan pemilu parlemen multipartai. Pada akhir Februari 2005. Secara teoritis. Namun.or. seperti Ayman Nour. Budaya politik paternalistic dikalangan para 9 http:blog. sehingga berhasil menekan kekuatan oposisi walaupun seradikal Ikhwanul Muslimin.id/ mesir. aturan yang baru juga menerapkan berbagai batasan sehingga berbagai tokoh. kekuasaan eksekutif dibagi antara presiden dan perdana menteri namun dalam prakteknya kekuasaan terpusat pada presiden. sampai tahun 2005 presiden tidak dipilih suara rakyat tetapi dicalonkan oleh dua-pertiga dari Majelis Rakyat (majelis Al-Shaab) kemudian disetujui oleh referendum popoler.diakses tanggal 28/05/2011.2 Faktor Politik  Pemilu dengan Kandidat Tunggal Pada masa pemerintahan Hosni Mubarak sistem pemilu yang diterapkan bersifat kandidat tunggal. Hal demikian menyebabkan otoritarianisme berkembang pesat di Mesir dan kepemerintahan Mubarak berlangsung langgeng sampai 5 periode. rakyat Mesir mendapat kesempatan untuk memilih pemimpin dari daftar berbagai kandidat.re. Presiden Mubarak mengumumkan perubahan aturan pemilihan presiden menuju ke pemilu multikandidat.48 WIB 8 . Hal ini menyebabkan instabilitas pemerintahan dan mendorong rakyat melakukan revolusioner sipil (people power) yaitu : 1) Lembaga eksekutif Legitimasi eksekutif berada ditangan presiden. tidak bisa bersaing dalam pemilihan dan Mubarak pun kembali menang dalam pemilu. Untuk pertama kalinya sejak 1952.  Disorganisasi Lembaga Kekuasaan Ada 4 lembaga kekuasaan Mesir yang mengalami disorganisasi semenjak Mubarak berkuasa.1. Bahkan pada masa Mubarak menetapkan Ikhwanul Muslimin sebagai organisasi terlarang.9Presiden dipilih untuk masa jabatan enam tahun (tanpa batas masa jabatan).html. terjadi pergeseran alokasi kekuasaan yang bersifat sentralistis. Hal tersebut menyebabkan sistem pemerintahan yang cenderung bersifat otoriter-militeristik dan mengindikasikan terjadinya KKN. Kekuasaan pemerintah Mesir diatur dengan sistem semipresidensial multipartai.jam 11. Selama ini presiden dalam pemilu dipilih sebagai kandidat tunggal.

Semenjak Presiden Mubarak berkuasa. Mengingat pengaruh militer sangat kuat dalam pemerintahan Hosni Mubarak. dikawatirkan akan menyebabkan militer melakukan kudeta. kemudian dapat menempatkan masalah ini ke referendum populer yang memerlukan dana besar dalam penyelenggaraannya. dan nepotisme terus meraja rela. Kekuatan presiden yang besar dalam proses pemilihan calon legislatif mengindikasikan terjadinya pemerintahan yang bersifat otoritarianis dan tirani. kolusi. bercorak elitis. 10 ditunjuk oleh presiden. 9 .pejabat menyebabkan korupsi. 88 ditunjuk oleh presiden). sehingga ada kecenderungan pemerintahan mengarah pada otoritarianisme. hal ini merupakan langkah awal menggantikan posisinya sebagai presiden. atau wakil perdana menteri namun mosi tidak percaya tidak memiliki kekuatan kepada perdana menteri. egois-sentrik (mementingkan dirisendiri). Pemerintahan Mesir mempunyai budaya yang bertolak belakang dengan hakekat pembangunan. status quo. majelis rakyat yang terdiri dari 454 wakil mengalami fluktuasi. arogan dan memupuk kekayaan dengan uang negara (penggelapan) di bank bank luar negeri. 2) Lembaga legislatif Presiden mempunyai pengaruh besar dalam proses nominasi lembaga legislatif sampai tahun 2005. Apabila keadaan ini berlangsung secara terus-menerus akan menimbulkan degradasi pemerintahan dan cenderung menimbulkan korupsi dan kleptokrasi. 176 dipilih melalui pemilu. Nepotisme terbukti dengan adanya misi Mubarak menempatkan anaknya. Namun Gamal Mubarak berasal dari latar belakang non-militer. masa jabatan 5 tahun) serta Dewan pertimbangan atau majelis al Syura yang berfungsi hanya sebagai lembaga konsultasi (dengan komposisi 264 kursi. Referendum popular merupakan proses pemilihan beberapa calon legislative dengan mendapatkan suara popular langsung. Hal ini dapat membawa keluhan terhadap perdana menteri. wakil menteri. Nominasi yang ditetapkan presiden disebut sistem bikameral yang terdiri atas majelis rakyat atau majelis Al-Shaab ( dengan komposisi 454 kursi. Mosi tidak percaya dapat diberikan kepada setiap menteri. Gamal Mubarak sebagai ketua biro politik NDP menguasai anggota-anggota legislatif di parlemen.

nepotisme.com/video/1378/wni-di-sekitar-kairo-dievakuasi.blogspot. Bahkan mereka tidak jarang malah memanfaatkan pilar-pilar demokrasi untuk kepentingan pribadi. Tidak mengherankan bila sekarang ini kepercayaan masyarakat di Mesir terhadap pemimpinnya perlahan mulai luntur. diakses tanggal 27 April 2011. 11 Ketetapan ini kian memperparah keotoriteran kaum eksekutif yang notabene Presiden Mubarak untuk dapat tetap mempertahankan kekuasaanya selama 5 periode berturut-turut.html. Lars Knucel. 140 anggota dipilih secara langsung dan sisanya dipilih oleh presiden.antaranews. ³Saya dapat memastikan Swiss telah membekukan asset yang mungkin dimiliki mantan presiden Mesir selama tiga tahun. Selanjutnya merancang suatu bentuk hukum baru menurut hukum yang berlaku seperti di Barat.´10 3) Dewan Syuro / Penasehat Lembaga penasehat ini tidak memiliki otoritas legislative. karena sistem barat yang telah dilaksanakan cenderung bersifat tirani dan tidak mampu membangun Mesir kearah lebih baik. http://bukahalaman. 4) Lembaga Yudikatif Penghentian yurisdiksi hakim syariah sebagai kode pidana dan perdata. http://www. Dewan Syuro mempunyai anggota berjumlah 210 orang. Ketidakberhasilan dan ketidakmampuan Mesir dalam menerapkan sistem pemerintahan Islam membuat roda-roda pemerintahan tidak berjalan dengan baik. Hal ini menyebabkan banyak pemerintah Mesir yang tidak mengikuti pilarpilar pemerintahan Islam lagi sebagai wujud jati diri dan identitas nasional mereka. Sebagai contoh pilar mengenai kekuasaan yang diberikan secara penuh kepada presiden diselewengkan dan mereka artikan sebagai kekuasaan yang absolut. Lebih dari itu mereka menggunakan hukum untuk melindungi mereka dari tindakan-tindakan mereka yang tidak baik seperti korupsi. Diakses tanggal 28 Mei 2011.Terbukti dengan pernyataan juru bicara kementerian luar negeri Swiss. dan kleptokrasi.com/2011/03/negara-yang-menerapkan-parlemen. Kekuasaan Yudikatif yang cenderung manipulatif dan tertutup membuat rakyat tidak dapat membedakan kasus secara bijak dan transparan. kolusi. 11 10 10 .

Kecakapan manajemen modern baru yang dikuasai tentara serta organisasinya memaksa mereka meningkatkan partisipasi politik dan pada akhirnya mendorong orientasi politiknya. dinding -dinding rumah warga Mesir sudah menjadi telinga pemerintah. Hal ini menyebabkan perasaan tertekan dan ketakutan yang dialami masyarakat karena intimidasi berkepanjangan yang dilakukan pemerintah.Rajawali Press .3 Faktor Sosial-Budaya  Penduduk Mesir Hampir Homogenous Mayoritas penduduk Mesir mempunyai latar belakang yang hampir sama dalam kondisi demografis.hal. yang sebenarnya bertujuan untuk memperbaiki keadaan sosial dan ekonomi.  Dwifungsi militer Para kaum profesional militer menghendaki otonomi organisasi dan penekanan otoritas pada rezim nasionalis sipil untuk menghindari disposisi pada pemerintahan.kompasiana. aktivitas rakyat Mesir selalu dikontrol secara ketat oleh pemerintahnya.Jakarta.13Homogenous menghendaki adanya 12 Amos Perlmutter.com/2010/09/30/mengenal-kristen-coptic/ diakses pada tanggal 18 April 2011 11 .1. Seperti Marsekal Mohammed Hussein Tantawi yang menguasai beberapa perusahaan hasil tambang dan perusahaan migas di Mesir.12Kedudukan yang sama didalam struktur politik memicu terjadinya konflik antar tentara dan birokrasi sipil.298 13 http://luar-negeri. seperti hampir 90% dari populasinya adalah pemeluk Islam dan sisanya Kristen (terutama denominasi Coptic). Partisipasi Politik Warga Negara Dikontrol Secara Ketat Sebagaimana diketahui selama ini. Militer dan Politik. masyarakat mencari alternatif lain untuk menyalurkannya dalam bentuk unjuk rasa dan demonstrasi besarbesaran bersama oposisi pemerintah yang lebih memberikan kepedulian pada sistem input dan output yang mengarah pada kesejahteraan rakyat. Maka wajar ketika saluran aspirasi tidak dapat terakumulasi secara maksimal. Rezim Mubarak membebani ekonomi negara dengan pengeluaran-pengeluaran untuk persenjataan yang berdampak pada pengalihan fungsi sumber-sumber daya. 2. Terbukti dengan banyaknya pejabat militer Mesir yang merangkap menjadi politisi dan menguasai aset-aset ekonomi yang sangat vital bagi rakyat.2000. manufaktur dan sebagainya. Bahkan ada yang menganalogikan. Militer Mesir secara diam-diam menguasai sentra-sentra bisnis seperti hotel. airport. Saluran aspirasi disumbat dan dikontol secara ketat. konstruksi.

Diakses tanggal 27 April 2011. dan sepanjang Delta Nil dan dekat Terusan Suez. Rabu 26 Januari 2011. 15 12 . http://www. Terbukti dari 6 ribu pekerja berdemonstrasi untuk hari kedua.  Perkembangan Iptek (Twitter dan Facebook) Pengaruh globalisasi mempercepat proses perkembangan teknologi.org. yaitu Mesir merupakan negara Arab yang paling banyak penduduknya sekitar 74 juta orang. Keadaan ini dimanfaatkan oleh masyarakat Mesir untuk memobilisasi massa melalui situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook. Aktivis anti Mubarak dan eksekutif Google.15 People power menuntut terbentuknya reformasi kepemimpinan. agama. satu komponen utama ekonomi Mesir. informasi. dan tempat tinggal yang sama. Dua ribu pekerja tekstil berdemonstrasi di Suez sementara ribuan orang yang dirugikan oleh keruntuhan industri pariwisata mengadakan protes di Luxor.com/2011/02/10/strategi-baru-demo-oposisi-mesir-ikut-sertakanburuh. kebiasaan-kebiasaan sosial dimasyarakat.14 Kondisi ini mempermudah masyarakat sipil untuk melakukan people power karena mekanisme integrasi dalam melakukan demonstrasi secara besar besaran tidak mengalami hambatan yang cukup signifikan. membakar beberapa bagian kantor gubernur. Terbukti dengan pernyataan penulis sebelumnya pada halaman 3. diakses pada tanggal 15 April 2011. terutama Iskandariyah dan Kairo.etnisity atau nasionaliti.google. menentang upah rendah dan persyaratan kerja yang buruk di 5 perusahaan milik Otoritas Terusan Suez. Pada tanggal 7 Februari 2011. bahasa. karena mereka marah atas kurangnya perumahan. dan komunikasi di Mesir. situasi ini banyak melibatkan para aktivis anti Mubarak dan oposisi pemerintah termasuk Ikhwanul Muslimin dengan tokoh reformasinya Mohamed ElBaradei.wikipedia. seorang karyawan perusahaan situs pencari Amerika yang bernama Wael Ghonim dibebaskan dari tahanan karena disinyalir telah melakukan gerakan massa (demonstrasi) melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Ia disambut suka cita oleh rakyat Mesir atas pembebasannya dari tahanan. Ratusan orang penghuni rumah kumuh di kota Terusan Suez. Port Said. Wael Ghonim telah memposting catatan di Facebook mengenai pertemuan antara pemimpin militer dan perwakilan 14 http://www. Hampir seluruh populasi terpusat di sepanjang Sungai Nil. pengalaman sejarah.html.

Presiden Zine al-Abidine Ben Ali meminta perlindungan Arab Saudi karena terjadinya bentrokan antara demonstran dan aparat selama berhari-hari yang telah menewaskan puluhan orang. Aksi revolusioner sipil menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk bersatu menumbangkan rezim Mubarak berkumpul di Lapangan Tahrir saat jam malam. Mengingat tentara Mesir adalah kekuatan militer nomor 10 terbesar di dunia.co. Terinspirasi kejatuhan Presiden Ben Ali di Tunisia. Hal ini menyebabkan kekuatan people power semakin meningkat dalam mempertaruhkan mereka untuk menumbangkan rezim Mubarak. hanya terpisah dengan Libya.com/read/20110207/15592/mantan-jenderal-dan-kepala-badan-intelejen-mesir-omarsuleiman-bakal-pengganti. 2.pemuda. (Lauren Frayer.id). ribuan rakyat Mesir menuntut diakhirinya kekuasaan Presiden Mubarak dengan mengadakan demonstrasi besar-besaran yang pada akhirnya menimbulkan bentrokan antara demonstran dan polisi. 14 Februari 2011). Pertukaran informasi melalui komunikasi langsung memicu rakyat Mesir untuk melalukan hal serupa dengan melakukan demonstrasi besar-besaran seperti di Tunisia. yaitu :  Efek Domino dari Gejolak Tunisia Pada tanggal 14 Januari 2011. Ia mengatakan sebuah komite independen sedang mempersiapkan amandemen konstitusi selama 10 hari ke depan. Krisis Tunisia mendorong sebagian warganya untuk mengungsi ke tempat yang lebih kondusif. mereka akan cenderung mengungsi ke daerah yang lebih dekat yaitu Mesir sebagai negara tetangga yang mempunyai pertahanan dan keamanan yang kuat.2 Faktok Eksternal Beradsarkan faktor eksternal. ( sumber: republika. penulis memaparkan ada 2 faktor yang menyebabkan revolusioner sipil di Mesir. situs jejaring sosial berhasil menggalang massa secara massive dalam proses penggulingan rezim Hosni Mubarak. Selain itu juga diperkuat dengan kondisi geografis Mesir yang berdekatan dengan Tunisia. Aspirasi politik kian terbuka lebar dengan kemajuan teknologi internet.16 Pada saat itu belum terjadinya instabilitasi di Mesir. 16 13 . Warga Mesir melakukan pertukaran informasi secara simultan dengan penduduk Tunisia melalui facebook dan Twitter.Vina Mubtadi: Senin. diakses tanggal 18 April 2011. menuntut Mubarak mundur. http://rimanews.

Demonstrasi-demonstrasi pro demokrasi di Mesir dan Tunisia seharusnya mendorong pemerintahan untuk bergerak kearah yang lebih positif guna menyelesaikan beban politik dan ekonomi rakyat mereka. Mesir telah melakukan kerjasama secara intens dengan AS semenjak Presiden Mesir ke-2.17 Kebijakan-kebijakan yang ditetapkan Mesir pada masa Mubarak justru menimbulkan kompleksitas permasalahan seperti mengundang kekuatan asing untuk menyelesaikan masalah internal. mantan direktur Badan Tenaga Atom PBB sebagai oposan Mubarak yang bernaung dalam organisasi Ikhwanul Muslimin mendapat dukungan dari AS untuk melakukan demonstrasi walaupun sebelumnya AS mendukung Mubarak dalam setiap kebijakan politik dan pemerintahannya. Menteri pertahanan Amerika.html. Gates mengatakan penting bagi Mesir untuk menjalankan transisis politik secara bertahap dimana rakyat bisa melihat kemajuan Mesir yang lebih mantap dan dinamis. Anwar Sadat mendesak AS untuk melibatkan diri dalam penyelesaian sengketa Arab-Israel pada perang Oktober 1973.voanews. Robert Gates mengatakan ³sangat mendesak´ bagi pemerintahan Presiden Hosni Mubarak untuk melangkah maju dan memenuhi janji-janji reformasinya. Masalah semakin rumit karena oposan juga melakukan koalisi dengan kekuatan asing untuk menggulingkan penguasa. Mohamed ElBaradei.diakses tanggal 18 April 2011 17 14 .com/indonesian/news/special-report/politics/Demonstrasi-di-Mesir11490234. Strategi ganda dipakai AS untuk menghancurkan satu pemerintahan otoriter yang dinilai sudah tidak sejalan dengan hegemoni AS. meskipun diterapkan dengan kekerasan dan perang. Tentara Mesir adalah kekuatan militer nomor http://. Kapabilitas AS yang Besar Dalam Menekan Mesir Di satu sisi AS mendukung pemerintahan Mubarak. Mubarak bekerja sama dengan AS dalam modernisasi militer guna menambah kuantitas persenjataan dan perombakan strukturisasi dalam tubuh militer Mesir. misalnya membantu pemerintahan yang syah untuk menumpas oposan. tetapi di lain sisi mendukung aksi protes yang dilakukan di Mesir. Strategi ganda ini membuat AS leluasa dalam menghancurkan negara kecil seperti Tunisia dan Mesir. Pengaruh AS semakin kuat pada masa Mubarak. Strategi ganda ini bertujuan merubah transisi pemerintahan dan pola kepemimpinan yang otoriter menjadi lebih demokratis.ww. hal ini dilakukan untuk menjaga hubungan baik dengan Israel.

18 Sehingga ketika AS tidak lagi mendukung Mubarak. Dengan 468. diakses tanggal 18 April 2011.10 terbesar di dunia. militer menjadi pusat kekuatan tersendiri di Mesir sejak Revolusi 1952 yang menghancurkan monarki bentukan Inggris.500 tentara aktif dan 479 ribu tentara cadangan. http://rimanews.com/read/20110207/15592/mantan-jenderal-dan kepala-badan-intelejenmesir-omar-suleiman-bakal-pengganti. 18 15 . legitimasi kekuasaan yang didapatkan Mubarak selama 5 periode kepemimpinanya harus secara terpaksa diberikan kepada Dewan Militer yang beralih memegang kendali atas Mesir.

dwifunsi militer. Berdasarkan faktor sosial-budaya yaitu homogenous demografi Mesir.1 Kesimpulan Keruntuhan rezim Hosni Mubarak yang telah berkuasa selama 30 tahun dikarenakan disparitas yang tinggi pemerintahan di Mesir. pengangguran. perkembangan internet dan situs jejaring sosial seperti twitter dan facebook. degradasi pemilu parlemen multipartai. sedangkan faktor eksternal berupa runtuhnya rezim presiden Tunisia Zine Al-Abidin Ben Ali dan tekanan Amerika Serikat tidak lagi mendukung rezim Mubarak untuk merombak sistem pemerintahan yang lebih demokratis.BAB III. Adanya ketimpangan ekonomi yang sangat tajam antara masyarakat dan kekayaan yang berlebihan pada elit. Dalam faktor politik berupa pemilu dengan kandidat tunggal. Penyebab runtuhnya rezim Presiden Hosni Mubarak meliputi faktor internal berupa gagalnya rezim Mubarak mensejahterakan rakyat dan tidak mampu membangun Mesir lebih baik seperti kemiskinan. 16 . investasi berdampak negatif. PENUTUP 3. degradasi pembagian kekuasaan. dan partisipasi politik warga negara yang dikontrol secara ketat.

com/2011/01/06/demokrasi-dalam-perspektif-barat-danislam/ diakses pada tanggal 18 April 2011 E:\³Pemaksaan´ Sistem Politik di Timur Tengah.kompasiana.com/headline/aliran-realisme-keseimbangan-strategis-danpeople-power-di-mesir.kompasiana.com/politik/people-powe-20/ diakses pada tanggal 2 Mei 2011 http://deafman. diakses pada tanggal 18 April 2011 http://iqbalpermanaputra.id/translate/diakses pada tanggal 18 April 2011 http://muallaqat-negaraarab.borneotribune.wordpress.org http://miftah19.wikipedia.com/2010/09/30/mengenal-kristen-coptic/.php/read/cetak/2011/02/21/137545/10/MenjagaGerakan-demokrasi-Timur-Tengah diakses pada tanggal 2 Mei 2011 17 .blogspot.com/pemaksaan-sistem-politik-di-timur-tengah/ diakses pada tanggal 18 April 2011 http://tapeulie.html diakses pada tanggal 2 Mei 2011 http://sulfikar.html diakses pada tanggal 2 Mei 2011 http://politikana.com/ diakses pada tanggal 18 April 2011 http://luar-negeri.com/baca/2011/01/29/people-power.wordpress.com/2009/03/22/deaf03-teori-teori-politik/ diakses pada tanggal 2 Mei 2011 http://berlysuryadharma.com/2009/04/02/sistem-pemilihan-umum-sebuah-perkenalan/ http://www.com/selamat-datang-facebook-jamal-ibrahim.google.html diakses pada tanggal 2 Mei 2011 http://blog.blogspot.tempointeraktif.co.com/v1/index.com/2011/02/13/goresan-sejarah-politik-di-mesir/ diakses pada tanggal 18 April 2011 http://politik.wordpress.html diakses pada tanggal 2 Mei 2011 http://suaramerdeka.DAFTAR PUSTAKA Website http://www.com/2011/03/people-power-runtuhkan-rezimmubarok.wordpress.htm diakses pada tanggal 18 April 2011 http://translate.

diakses pada 04 Mei 2011 18 .scribd.com/doc/50437644/TUGAS-KELOMPOK-PHI-1 diakses pada tanggal 2 Mei 2011 http://kompasiana.html diakses pada 2 Mei 2011 http://haluan.http://id-id.connect.html diakses 2 Mei 2011 http://rimanews.blogspot.blogdetik.facebook.com/politik-luar-negeri-mesir.com/note.com.php?note_id=199778053378371 diakses pada tanggal 2 Mei 2011 http://asrul.com/read/20N0212/16340/Mubarak-mundur-saham-melambung.com diakses pada 2 Mei 2011 http://chebonk.com/tag/mesir/ diakses pada tanggal 2 Mei 2011 http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful